Wanita & Pilihannya

Dewasa ini, hampir semua wanita sudah dapat mengendarai motor dan tentunya motor bukan lagi barang tersier akan tetapi barang yang dibutuhkan setiap rumah tangga.Jika dipantau saat ini baik di kota maupun desa, hampir setiap rumah memiliki motor. Alhasil, trend permintaan pasar terhadap motor terus meningkat setiap tahunnya. 

Terkhusus untuk wanita dengan mobilitas tinggi dan tidak terlepas dari motor. Hal ini dikarenakan segudang aktivitas dilakoni setiap hari mulai dari bekerja, mengurus rumah tangga, mengantar anak ke sekolah sampai melakukan kegiatan di luar rumah. Bagi saya, motor sangat berperan penting dalam mendukung semua kegiatan tersebut.

Di samping itu, berkendara dengan motor menjadi pilihan yang tepat untuk menghindari kemacetan yang panjang, lebih simple saat mengantar anak ke sekolah dan tentunya tidak repot untuk mencari tempat parkir. Terlebih bagi seorang wanita yang tak mau ribet dengan urusan perawatan kendaraan.

 

Dalam pemilihan jenis motor saja, sudah terlihat bahwa kebanyakan wanita lebih memilih motor matic dibanding motor bebek atau motor sport. Tak jauh-jauh, 4 dari 5 Ibu Rumah Tangga di sekitar kompleks memilih untuk melakukan aktivitasnya dengan motor matic.

6 Alasan Wanita Lebih Memilih Motor Matic:

Praktis & Sederhana

Mudah dikendarai dan tidak perlu repot untuk memindahkan gigi dan menekan kopling. Terlebih bagi wanita, apabila pergi ke kantor dengan menggunakan rok, sangat sulit untuk menekan kopling dan memindahkan gigi. Belum lagi model sepatu yang tidak mendukung kegiatan ini.

Berbeda dengan motor matic yang sangat sederhana karena memiliki transmisi V-Belt Automatic dimana pengguna hanya mengendarai dengan cara membuka gas dan mengatur kecepatan dengan rem. Alhasil, wanita dapat lebih fokus ke jalan tanpa harus repot memindahkan gigi/persneling atau kopling.

Nyaman Dikendarai

Motor matic memiliki pijakan kaki serta dashboard yang luas, hal ini sangat mendukung mobilitas wanita serta tidak mempengaruhi gaya fashion yang diinginkan wanita saat mengendarai motor.

Bagasi/Muatan Besar

Motor matic yang memiliki bagasi besar sangat dibutuhkan seorang wanita apalagi saat berbelanja atau membawa muatan yang banyak. Selain bagasi, terdapat pula space di sekitar pijakan kaki yang dapat diletakkan barang.

Bobot Kendaraan

Pada umumnya, bobot motor matic tidak terlalu berat dibanding dengan jenis motor lainnya. Apalagi kebanyakan wanita agak kewalahan kalau memiliki motor yang berat.

Spare Part Mudah Didapat

Saat motor matic mogok di tengah jalan merupakan bencana bagi seorang wanita. Karena kebanyakan wanita kurang mengetahui seluk beluk, komponen serta mesin dari motor matic dan hal ini sungguh merepotkan apalagi harus mencari spare part yang harus diganti. Berita baiknya, spare partmotor matic mudah didapatkan bahkan di setiap bengkel memiliki persediaan yang melimpah. 

Perawatan Lebih Mudah

Dulu memiliki motor bebek, sehingga dapat membandingkan perawatannya dengan motor matic. Jika membandingkan perawatannya, motor matic lebih mudah. Nah, berikut kegiatan perawatan motor matic yang sering dilakukan:

Di pagi hari, pertama melakukan starting mesin dengan menggunakan kick starter dengan tujuan membuat aki lebih awet dan lakukan pemanasan selama 3-6 menit.

Rutin memeriksa kondisi busi, apakah masih kering dan bersih atau sudah gelap/gosong. Apabila sudah gosong maka segera ganti dengan yang barubertujuan agar pengapian berlangsung maksimal. Begitu pula dengan aki yaitu dengan membersihkan sel (konektor) dan badan aki.

Motor matic memiliki single shocbreaker, di check apakah masih nyaman atau tidak. Terlebih melihat kondisi jalan yang selalu dilalui. Shockbreaker yang baik akan membuat stabilitas kendaraan terjaga.

Sama halnya dengan motor lainnya, mengganti oli secara berkala merupakan sebuah kewajiban. Oli atau pelumas mesin berperan penting dalam menjaga performa mesin tetap awet dan berkualitas. Mengganti oli motor matic adalah pekerjaan yang tidak terlalu sulit bagi wanita khususnya saya. Hal yang mungkin agak sulit adalah memilih oli yang tepat untuk motor matic kesayangan saya. 

Federal Oil Jodohnya Motor Matic

Oli memiliki fungsi sebagai cairan pelumas pada mesin yang berkaitan dengan gesekan, cooling agent dalam ruang mesin, mengurangi karat dan melindungi permukaan elemen. Oleh karena itu, hadirnya oli membuat kinerja mesin dalam sebuah motor menjadi lebih optimal. Seperti diuraikan di atas bahwa memilih oli tidaklah mudah bagi saya. Menurut beberapa sumber yang dibaca bahwa berikut kriteria dalam memilih oli:

Kualitas Mumpuni

Oli mampu membuat mesin tetap dingin, suara mesin tetap halus dan tetap stabil dalam pemakaian jarak jauh.

Harga Terjangkau

Untuk seorang wanita, biasanya harga menentukan oli mana yang dipilih, kualitas mumpuni tapi harga tidak selangit.

Standar API dan JASO

Oli yang dipakai untuk motor matic haruslah diakui dan memiliki standar dari API dan JASO. Hal ini penting untuk melihat kualitas oli tersebut mumpuni atau tidak.

Sebelumnya, saat memperbaiki motor di sebuah bengkel, abang mekanik menasehati untuk tidak menggonta-ganti jenis oli. Sepertinya, si abang tahu aja pikiran wanita yang sudah dua kali mengganti jenis oli untuk si matic. Tak lama, si abang kasih botol federal oil dan merekomendasikannya. Sempat ragu untuk kembali mengganti jenis oli motor buat si matic, tapi setelah baca sana-sini serta rekomendasi suami juga maka akhirnya si matic mendapat vitamin oli dari Federal Matic 30. Setelah menggunakan Federal Matic 30, terbukti 2x lebih efektif, 2x lebih kencang dan 2x lebih bandel. Motor jadi nyaman banget dan tentunya jarang rewel dan walaupun dipakai dalam perjalanan jauh, mesin tetap dingin. Ini yang dinamakan Federal Oil jodohnya motor matic kesayangan saya.

Ada Apa Dengan Federal Matic Oil?

Federal Matic adalah oli motor matic dengan berbahan dasar Synthetic Base Oil dengan formula spesial untuk mesin motor transmisi otomatis (kopling kering).

Federal Matic 30 SAE 10 W-30API SL JASO MB

Direkomendasikan untuk jenis motor sebagai berikut:

  • PCX 125 series
  • Vario 125 series
  • Vario 150 series
  • Vario 110 series
  • PCX 150
  • Scoopy series
  • Spacy
  • Beat

Federal Matic 40 SAE 10 W-40API SL JASO MB

Direkomendasikan untuk jenis motor sebagai berikut:

Usia motor kurang dari 5 tahun :

  • NMax series
  • Mio series
  • Fino
  • X Ride
  • Xeon
  • NUOVO
  • Grand Filano
  • T Max

Usia motor kurang dari 5 tahun:

  • Nex
  • Skywave
  • Hayate
  • Adress
  • Skydrive
  • Lets
  • Spin
  • Burgman 200
  • LX 150
  • PX 150
  • 946
  • Beverly
  • Liberty
  • MP3
  • Sprint
  • Primavera

Keunggulan Federal Matic

Viscoelastic molecules

Meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin.

Active Moly

Melindungi gesekan seakan antar komponen mesin sehingga menjaga suhu mesin tetap dingin

Double ACT Cleaner

Membersihkan kotoran pada permukaan komponen mesin, sehingga kinerja mesin lebih optimal.

Untuk menjaga performa mesin, sebaiknya ganti oli setiap 2.000 km (2 bulan). Penurunan performa dapat disebabkan faktor kondisi jalan (geografis), debu, macet, bahan bakar, udara panas dan pola kendaraan.

Semula saya juga bingung cocoknya Federal Matic 30 atau 40 setelah dicari ternyata Honda Beat disarankan menggunakan Federal Matic 30.  Buat kamu yang bingung oli mana yang cocok untuk motor matic kamu, yuks test di oil suggestion.

Hasil

7 Alasan Memilih Federal Oil Matic

Berdasarkan pengalaman menggunakan Federal Matic 30, mesin terasa dingin dan dari beberapa oli yang pernah dipakai ternyata Federal Matic 30 yang menjadi Oli Motor Terbaik. Apalagi biasanya kalau sudah terkena macet, mesin pasti bekerja lebih keras dan sepertinya motor matic saya dan kebanyakan motor matic di Indonesia belum menggunakan pendingin cairan (liquid cooler). Untuk itu, sangat dibutuhkan oli yang mampu mendinginkan suasana hati sang mesin motor matic.

1. Revolusi Dingin

Selain macet, perjalanan sehari-hari yang ditempuh juga jauh sejak memakai Federal Matic 30, mesin tetap dingin dan stabil, ini yang dinamakan oli spesialis dingin.

2. Irit Bensin

Oli ini khusus spesialis dingin, oli tidak mudah panas maka kerja mesin semakin enteng, performa mesin bekerja standar. Oleh karena itu, kerja mesin tidak terlalu berat sehingga bahan bakar yang digunakan juga tidak boros. Sedari itu, semenjak menggunakan oli ini pemakaian bensin semakin irit.

3. Tarikan Gas Lebih Enteng

Biasanya kalau memakai oli sebelumnya, saat pergantian oli memang tarikan gas terasa enteng namun seminggu kemudian tarikan gas semakin berat. Berbeda dengan Oli Federal Matic, sampai dengan pergantian oli berikutnya tarikan gas tetap enteng, menurut saya hal ini juga membuat pemakaian bensin irit.

4. Oli Tidak Mudah Berkurang

Pada dasarnya semua oli mengalami penguapan meskipun masing-masing tingkat SAE/viskositas ada batasannya. Penguapan dapat terjadi karena adanya panas dari ruang bakar dan akibat gesekan antar logam. Oli dengan base oli sintetik cenderung lebih stabil dan tidak mudah menguap/susut, karena ikatan kimianya lebih kuat meskipun terkena suhu tinggi. Federal Oil Matic merupakan oli sintetik, oleh karena itu oli ini tidak mudah menguap dan awet sampai 2.000 km berikutnya.

5. Harga Merakyat

Oli dengan inovasi pendingin mesin (2x revolusi dingin) dibandrol dengan harga :

  • Federal Matic 30 (0,8 Liter) : Rp32.000 – Rp37.000 untuk P.Jawa – L.Pulau Jawa.
  • Federal Matic 40 (0,8 Liter) : p31.000 – Rp36.000 untuk P.Jawa – L.Pulau Jawa.

6. Mudah Didapat

Salah satu kehebatan Federal Oil Matic adalah dari kota besar sampai pelosok tersedia. Pasokannya pun selalu siap sedia, jadi dapat konsisten menggunakan produk ini tanpa harus gonta-gantimerk. Di samping itu, 3 (tiga) toko online yang terpercaya juga menjajakan Federal Oil Matic yaitu Tokopedia, Bukalapak & Blibli.

7. Mahakarya Perusahaan Terpercaya

Pada umumya, suatu produk yang terpercaya dan berkualitas lahir dari perusahaan yang sudah terbukti eksistensinya. Saat ini PT Federal Karyatama berada di bawah naungan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPM). Perusahaan yang sejak 1988 sudah mengembangkan sayap di industri pelumas. Berpengalaman puluhan tahun, membawa kualitas Federal Oil semakin mumpuni. Hal ini dibuktikan melalui  penghargaan yang baru di dapat 2 (dua) bulan lalu yaitu Superbrands 2017 untuk kategori Automotive Lubricants.

Beda Dengan Merk Lain

Kehadiran Federal Oil Matic merupakan produk yang memiliki kualitas jauh dari pesaing sejenis. Federal Oil memberikan yang terbaik untuk konsumennya. Hal ini terlihat dari:

     Ketepatan dalam penentuan formula

  • Feasibility study terhadap kondisi dan kebutuhan konsumen terhadap produk oli sesuai dengan kondisi dan iklim di Indonesia.
  • Pemilihan formula yang tepat melalui penelitian di laboratorium dengan peralatan lengkap yang dimiliki PT Federal Karyatama.
  • Selain itu, juga harus dilakukan field test (uji jalan) dan dyno testuntuk mengetahui hasil aktualnya.

Pemilihan bahan baku yang berkualitas juga menentukan hasil oli terbaik

   Teknologi proses produksi yang canggih

  • TVMC (Technology Ventury Molecule Crusher), terobosan teknologi blending yang hanya dimiliki PT Federal Karyatama.
  • Dengan TVMC, pencampuran beberapa bahan baku pelumas akan lebih homogen dan terikat dengan stabil.

 

Nah, karena kualitas Federal Matic Oil melebihi produk sejenis lainnya sedari itu,segera rasakan dinginnya, rasakan manfaatnya, dan panen awetnya mesin motor matic kamu. Di jaman yang serba praktis ini, banyak juga penyalahgunaan produksi Federal Matic Oil ini, cara membedakan oli asli Federal Matic Oil dan palsu adalah:

  1. Distribusi
  • Jika konsumen pengguna : Pastikan membeli oli di tempat yang dapat dipercaya.
  • Jika konsumen retailer : Beli langsung dari salesman distributor atau salesman resmi PT Federal Karyatama.
  • Salesman yang menawarkan harga oli jauh di bawah harga pasaran, patut dicurigai kebenarannya. Hindari tawaran tersebut, sehingga terhindar dari perkara hukum.

      2. Check Kemasan

3. Kondisi Oli

  • Tidak tercium bau menyengat/bau yang berbeda.
  • Warna oli terlihat kuning kecoklatan (produk Ultratec berwarna merah) dan bening tidak keruh.

Pengisian Oli

Ketika sudah memilih Federal Oil Matic yang asli, biasanya saya mengganti oli di bengkel karena sisa pembuangan oli lama di semprot dan tangki oli menjadi bersih. Nah, apabila ingin mengganti oli sendiri di rumah juga bisa berdasarkan pengalaman kalau mengganti sendiri bisa saving Rp10.000,-langkahnya juga mudah:

  1. Persiapkan oli serta alat seperti wadah penampung oli, corong, tang dan kunci ring. Biasanya untuk Motor Matic yang saya gunakan ukuran 12 untuk membuka baut.
  2. Letakkan wadah penampung di bawah baut kemudian buka baut lalu oli lama mengalir keluar.
  3. Buka pula tutup bagian atas. Nah, kalau di bengkel untuk membersihkan tangki oli digunakan kompressor, kalau di rumah mungkin cukup menunggu oli benar-benar habis.
  4. Setelah oli lama benar-benar habis, kunci kembali baut bawah yang telah dibuka. Pastikan baut sudah terpasang dengan sempurna.
  5. Selanjutnya tuangkan Federal Matic Oil melalui corong atau alat lain agar oli tertuang tanpa tumpah.
  6. Tutup kembali penutup bagian atas dan pastikan sudah tertutup dengan sempurna.

Kesimpulan

Wanita dengan segudang kesibukannya memerlukan motor yang mendukung. Oleh karena itu, 4 dari 5 wanita akan memilih motor matic untuk melaksanakan aktivitas setiap hari.

Fenomena yang tak lagi langka adalah kemacetan, hal ini membuat setiap motor matic pilihan wanita akan bekerja lebih keras. Tak jarang mesin terasa panas, apabila hal ini terjadi terus menerus maka akan mempercepat penurunan fungsi mesin. Oleh karena itu, salah satu penyelamat mesin motor matic kesayangan adalah Federal Oil Matic. 

Federal Oil Matic 30 merupakan pilihan tepat untuk motor matic kesayangan saya. Bayangkan saja, walaupun setiap hari terkena macet, perjalanan cukup jauh suhu mesin tetap dingin. Tarikan gas selalu enteng, ini yang dinamakan Federal Matic 2x Revolusi Dingin. Saya sudah membuktikannya, bagaimana dengan kamu?

#OliSpesialMotorku

Bagi kamu yang ingin kenal lebih jauh produk keren ini, silahkan berselancar di:

Sumber :

  1. www.federaloil.co.id
  2. Databooks
  3. www.freepik.com (image)
  4. Googleimage

34 Comments

Ira Duniabiza · August 6, 2017 at 12:36 am

Motor matic itu memang butuh perawatan dengan oli spesial ya mba… jadi bisa lebih awet dan nyaman dikendarai

    ardasitepu · August 7, 2017 at 1:23 am

    Iya Mba, semula gonta-ganti oli, sekarang mah pakai yang super dingin aja hehe

Kang masroer · August 6, 2017 at 12:45 am

Oli federal memang top lah.. Ini ulasannya juga top banget, super lengkap. Gutlak ya mbak..

Farida · August 6, 2017 at 1:04 am

huaaa lengkap bgt infonya.
Terimakasih sudah berbagi :

ardasitepu · August 7, 2017 at 5:25 am

Wah makasih Mba Federal Oil 2x super dingin banget 🙂

Juniawan Arif · August 7, 2017 at 6:49 am

Motor saya juga pakai federal oil mba. Keren ini reviewnya, lengkap dan menarik. Good luck mba 😉

Nureda Ginting · August 7, 2017 at 8:52 am

Ulasan lengkap, motor matic di rumah juga pakai Federal. Mantab pokoknya…

ardasitepu · August 7, 2017 at 8:59 am

Kece banget Mba, si matic sekarang lebih senang pakai Federal dibanding yang lain 🙂

Evrinasp · August 7, 2017 at 9:46 am

Wew lengkap banget mbak infonya, saya belum pemakai motoe matic jadi kurang tau gimana rasanya, soalnya kalau motor matic dibawa ke tempat yg jalanannya gak bagus agak sayang gitu, tapi pingin juga suatu hari punya, sekarang masih motor bebek biasa, oh iya well noted untuk federal oilnya

    ardasitepu · August 7, 2017 at 12:46 pm

    Didoakan segera punya 1 motor matic Mba. Amin 🙂

Irwin · August 8, 2017 at 12:29 am

Wah lum pernah coba Federal oil, mungkin bisa mengatasi panas dimesin perjalanan jauh

    ardasitepu · August 8, 2017 at 12:41 am

    Di coba Mas, untuk perjalanan jauh dan macet cocok bangets… Udah dibuktikan beda dengan yang lain.

emanuella aka nyonyamalas · August 8, 2017 at 1:29 am

Lengkap banger kak. Saya pakai matiiiicccc juga, tapi ga pernah ngurus perawatannya. 😀 suami yg ngurus hihihi

    ardasitepu · August 8, 2017 at 1:40 am

    Pakai matic juga ya, hehe belajar ngurus yuks… Olinya pakai Federal ya 🙂

Desi · August 8, 2017 at 1:50 am

Emang hanya federal oil yg mengerti maunya wanita ya mba 🙂 sukses ngelombanya Mba

Murtiyarini . · August 8, 2017 at 3:21 am

Mba Arda udah pinter naik skuter, paham daleman dan oli terbaiknya. Perempuam emang kudu mandiri.

    ardasitepu · August 8, 2017 at 3:31 am

    Dari jaman ngekos udah ngurus motor matic sendiri mba hehe. Manita setrong katanya mah hihihii

herva yulyanti · August 8, 2017 at 4:00 am

Aku juga pecinta matic mba tapi untuk olinya karena sering ke bengkel resmi jadinya suka dikasi oli merk *itulah* tapi kalau ke bengkel deket rumah pastinya di saranin Federal Oil harganya 37ribu sudah sama biaya pasangnya. gudluck y mba

    ardasitepu · August 8, 2017 at 4:03 am

    Saya biasa ganti oli sendiri tapi kalau malas ya ke bengkel hehe tapi olinya tetap Federal Oil super dingin hehe

Felicia · August 8, 2017 at 4:18 am

ngga pernah ngerti soal oil” untuk kendaraan gini. Tapi ini bisa berguna kelak kalo butuh informasi. that’s nice ! ^^

    ardasitepu · August 8, 2017 at 4:50 am

    Bener banget de. Dulu saya juga belajar tentang oli-olian dan motor juga dari teman dan banyak baca dari internet. Thanks ya 🙂

Elva susanti · August 8, 2017 at 8:30 am

Saya dulunya pakai oli sembarangan mbak, soalnya blm tahu dampaknya. Berdasarkan rekomendasi dari teman2, akhirnya saya memutuskan pakai oli federal. Pakai motor jadi nyaman.

    ardasitepu · August 8, 2017 at 11:39 pm

    Iya Mba Elva, Federal Oil memang yahud ya 🙂

Cintya Anggun · August 9, 2017 at 8:54 am

Waa.. lengkap banget infonya, Mbak:)
Aku biasanya nggak ‘ngeh’ sama oli2an soalnya gak bisa naik motor, LOL. Tapi sekarang mulai belajar sih dan baca artikel ini jadi tau tentang oli yang paling pas buat motor matic ^^
Thank you sharing-nya, Mbak;)

    ardasitepu · August 10, 2017 at 3:01 am

    Makasih Anggun, saya doakan segera mumpuni naik motor matic ya hehe. Jangan lupa olinya Federal Oil Matic 2x super dingin ya 🙂

seluasjagad · August 10, 2017 at 3:51 pm

Juara ini reviewnya mbake . Keren poll, Federal Oil emang tiada duanya ya mbak. Itu beneran ganti oli sendiri apa cuma eksen ya mbak.

    ardasitepu · August 10, 2017 at 8:00 pm

    Thanks Mas, udah biasa ganti oli sendiri dari jaman kuliah mas hehehe

Indri · August 15, 2017 at 5:02 am

Tidak pakai motor matic sih tapi infonya berguna banget. Khusus oli matic ya?

    ardasitepu · August 15, 2017 at 4:54 pm

    Iya Mba Indri, oli matic khusus untuk motor matic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!