Libur lebaran tahun ini sama dengan tahun lalu, di mana pemerintah mengeluarkan peraturan untuk tidak bepergian, mudik atau pulang kampung. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran covid 19. Alhasil, temu kangen dengan keluarga besar harus tertunda demi kesehatan bersama.

Tradisi pulang kampung di saat hari raya merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya. Namun, kondisi pandemi seperti saat ini, menyebabkan kegiatan pulang kampung tidak dilakukan. Pulang kampung dilakukan 2-3 minggu setelah lebaran.

Hal ini bertujuan agar arus pulang kampung tidak banyak, lebih aman dan nyaman selama perjalanan. Kegiatan pulang kampung sekarang tentunya tidak sebebas dulu, apalagi meningkatkannya orang yang terpapar virus covid 19 sehingga harus tetap menjaga protokol kesehatan.

Tak hanya tetap harus menjaga protokol kesehatan, ternyata pulang kampung bersama keluarga apalagi anak-anak memiliki effort yang lebih. Pasalnya, lebih mudah mengatur orang dewasa dibanding anak-anak saat melakukan perjalanan jauh.

TRAC

Berikut 6 (enam) tips untuk keluarga yang ingin melaksanakan kegiatan pulang kampung selama masa pandemi:

1. Periksa Kondisi Keuangan

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum merencanakan kegiatan pulang kampung adalah memeriksa kondisi keuangan. Kondisi keuangan seharusnya dalam posisi yang baik karena biaya tidak terduga akan semakin tinggi khususnya di masa pandemi. Seperti, tempat persinggahan makan, istirahat dan sebagainya tentunya lebih diperhatikan dan higienis sehingga dana yang dikeluarkan juga cukup tinggi.

2. Periksa Kondisi Kesehatan

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum merencanakan kegiatan pulang kampung adalah memeriksa kondisi keuangan. Kondisi keuangan seharusnya dalam posisi yang baik karena biaya tidak terduga akan semakin tinggi khususnya di masa pandemi. Seperti, tempat persinggahan makan, istirahat dan sebagainya tentunya lebih diperhatikan dan higienis sehingga dana yang dikeluarkan juga cukup tinggi.

3. Persiapan Barang Bawaan

Hal selanjutnya adalah persiapan barang bawaan. Persiapan barang bawaan untuk anak-anak jauh lebih komplit dibanding dengan orang dewasa apalagi di masa pandemi. Jika perjalanan cukup jauh maka dapat dipastikan sering mengganti pakaian apalagi saat berhenti di suatu tempat. Selain itu, perhatikan berbagai peralatan kesehatan seperti masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan dan sebagainya agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama dalam perjalanan.

4. Persiapkan Obat-obatan

Di samping telah memeriksa kondisi kesehatan seluruh anggota keluarga, salah satu yang tidak kalah penting adalah obat-obatan. Apalagi jika terdapat anggota keluarga yang membutuhkan jenis obat tertentu. Pentingnya P3K selalu tersedia di dalam mobil apalagi dalam perjalanan mobil tidak akan sembarang berhenti untuk mencari kebutuhan obat.

5. Persiapkan Uang Tunai

Salah satu yang sering terlupakan adalah mempersiapkan uang tunai. Untuk mengurangi perhentian mobil di berbagai ATM atau Bank, maka setidaknya sudah mempersiapkan uang tunai. Apalagi uang tunai dapat disterilkan terlebih dahulu dan tidak terlalu banyak bersentuhan dengan uang tunai.

6. Pilih Moda Transportasi

Terakhir adalah memilih moda transportasi yang aman, nyaman serta menerapkan protokol kesehatan. Layanan rental mobil yang menerapkan SMART Protocol yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan dengan disinfektan setiap dan sebelum dan sesudah digunakan. Di samping itu, jika menggunakan bus untuk keluarga besar maka pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

Demikian keenam tips yang dapat dilakukan dalam mempersiapkan rencana pulang kampung atau mudik. Salah satu yang terpenting dalam melaksanaka kegiatan tersebut adalah menemukan moda transportasi yang pas dengan seluruh anggota keluarga.

Karena anggota keluarga berjumlah 4 orang maka pilihan tepat adalah dengan menggunakan layanan rental mobil. Layanan rental yang mendukung protokol kesehatan adalah TRAC. Selain menerapkan Smart Protocol, TRAC juga memiliki 4 (empat) kelebihan yaitu:

Rental Mobil

1. Akses Mudah dan Jaringan Luas

Paling senang dengan layanan baru yang ditawarkan dari TRAC yaitu TRAC To Go. Di samping itu, TRAC didukung dengan jaringan yang luas yang tersebar lebih dari 50 kota besar yang ada di Indonesia.

2. Andal dengan Teknologi Teruji

Sistem yang digunakan terhubung dengan TRAC Fleet Management Solution sehingga mampu memastikan keselamatan serta kenyamanan perjalanan lebih akurat dan real-time.

3. Jaminan Proteksi dan Layanan Prima

Selama perjalanan pelanggan mendapat proteksi asuransi dan jaminan kondisi armada yang selalu prima.

4. Layanan Pelanggan 24/7

Layanan pelanggan setiap hari selama 24 jam, tinggal menghubungi Customer Assistance Center di nomor 1500 009 untuk pusat bantuan, informasi maupun pemesanan.

Untuk memudahkan persiapan pulang kampung maka mengunduh aplikasi TRAC To Go adalah solusi yang tepat. Apalagi aplikasi ini menyediakan berbagai informasi seperti promo, reservasi mobil dan bus. Aplikasi TRAC To Go ini dapat diunduh di :

TRAC
TRAC App Store

Menurut saya, mengunduh aplikasi TRAC To Go jauh lebih mudah dibanding dengan pesan mobil dari website resmi. Apalagi dalam aplikasi ini terdapat Fitur Experience  yang merupakan fitur terbaru dari aplikasi TRAC To Go yang memudahkan keluarga untuk bepergian, melakukan wisata serta layanan ini sudah bekerja sama dengan vendor-vendor terpercaya seperti hotel bintang 4 dan 5, tempat wisata serta beberapa restoran yang otentik. Sehingga TRAC menjadi sahabat untuk setiap keluarga yang akan melakukan liburan keluarga atau bersama dengan keluarga besar.

Selain TRAC akan membantu keluarga untuk pulang kampung dengan nyaman. TRAC juga memberikan pengalaman yang baru untuk menjelajah tempat wisata yang aman dan nyaman di masa pandemi. Fitur Experience di TRAC To Go menyuguhkan Family Package dan Group Package.

Experience
  1. Family Package

Family Package dimulai dari harga Rp88.000/2 orang dengan menggunakan Toyota C + POD selama 1 jam. Mengunjungi daerah wisata Bali seperti Nusa Dua, Tanjung Benoa, Jimbaran, GWK, dsb. Di samping itu, terdapat layanan Hiace Bali Safari Bundling senilai Rp1.250.000/package yang melayani keluarga untuk melakukan wisata Bali Safari.

  1. Group Package

Group Package ini merupakan pelayanan tour untuk grup sekitar 48 orang. Layanan yang ditawarkan dimulai dari Jawa-Bali Overland Package, Jakarta-Jabar Tour, Lampung Trans Sumatera , Palembang Trans Sumatera Overland dan sebagainya.

Fitur Experience ini menjadi list selanjutnya sesudah menggunakan layanan rental mobil dari TRAC untuk pulang kampung. So, buat teman-teman yang berkeinginan untuk pulang kampung di masa pandemi, jangan lupa untuk mempersiapkan tips di atas serta dapatkan rental mobil yang mematuhi protokol kesehatan dari TRAC dan lebih mudah menggunakan aplikasi TRAC To Go serta bersiap untuk berwisata aman di masa pandemi bersama Fitur Experience dari TRAC To Go.

Categories: All Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!