Hadirnya pandemi covid 19 di awal tahun 2020 memaksa kebanyakan orang untuk berpikir kreatif khususnya dalam hal menambah penghasilan. Hal ini dikarenakan tak sedikit karyawan yang diberhentikan dari perusahaan. Begitu juga berbagai sektor yang harus mengalami kerugian cukup besar.

Pandemi berimbas pada sektor industri, manufaktur, pariwisata, sosial, seni dan sebagainya. Tak hanya itu, kehadiran covid 19 juga meruntuhkan sebagian besar UMKM yang menjadi pendorong penghasilan bruto negara setiap tahunnya. Sehingga sangat berpengaruh terhadap penghasilan setiap keluarga khususnya di ekonomi menengah.

Bersyukur, di tahun 2020 digital sudah berkembang pesat sehingga menjadi sebuah sarana untuk mendulang tambahan penghasilan. Semua sudah serba online sehingga memudahkan berjalannya transaksi barang ataupun jasa dari berbagai penjuru Indonesia.

Melalui dunia online, banyak jenis usaha baru yang berjalan dan berkembang pesat. Apalagi di masa pandemi, untuk memenuhi kebutuhan baik pangan dan sandang dapat diperoleh melalui online. Hal ini juga mengurangi aktivitas masyarakat untuk berada di luar rumah demi meredam perkembangan covid 19.

Supply dan demand barang atau pun jasa cukup tinggi di dunia digital membuat banyak orang pribadi maupun kelompok mengembangkan usahanya melalui online. Sama halnya, saat saya melihat sebuah peluang untuk menambah pundi penghasilan dengan membuka usaha atau toko online.

Tjetak kardus

Awal berdirinya usaha online tersebut adalah karena kebutuhan akan pakaian di rumah yang cukup penting. Karena selama pandemi, kegiatan sebagian besar berada di rumah. Sehingga dibutuhkan lebih banyak pakaian rumah yang nyaman dengan harga terjangkau.

Sehingga pertengahan tahun 2020, saya memberanikan diri untuk membuka online shop dengan produk daster, baju tidur dan pakaian di rumah untuk wanita. Keputusan ini memiliki pertimbangan yang cukup besar karena modal yang dibutuhkan serta kepiawaian menjajakan barang dagangan melalui media sosial atau website.

Alhasil, online shop yang saya dirikan sudah berjalan selama 4 (empat) bulan. Setiap bulan omset terus bertambah dan juga reseller yang berdatangan dari berbagai daerah. Tantangan untuk usaha online pastinya banyak namun jika dijalani dengan optimis maka semua hambatan dapat dengan mudah dilalui.  

Berikut 7 (tujuh) tips memulai usaha online shop bagi pemula:

1. Kemampuan dan Kemauan

Hal terpenting saat akan mendirikan usaha online adalah kemampuan dan kemauan. Terkadang banyak orang yang memiliki kemampuan tapi tidak ada kemauan atau sebaliknya. Sehingga di awal kita harus memeriksa bagaimana kita mampu dan mau untuk memulai usaha di dunia online.

Seperti contoh, baju tidur dan daster adalah sebuah kebutuhan bagi semua wanita khususnya Ibu Rumah Tangga (IRT) yang sebagian besar kegiatannya berada di rumah. Kemampuan untuk menilai sebuah bahan/kain menjadi modal dasar saya membuka usaha tersebut. Kemudian kemauan untuk berjualan adalah modal terbesar kedua dan setiap waktu belajar untuk medapatkan hasil yang lebih baik.

2. Modal Usaha

Selanjutnya adalah modal usaha, memang ada beberapa usaha online yang tidak terlalu banyak mengeluarkan modal seperti dropshipper. Tidak perlu stok barang cukup membagikan foto produk di berbagai media sosial kemudian melakukan penjualan lalu mendapatkan keuntungan. Modal hanya pada pulsa dan kuota untuk internetan.

Nah, jika ingin lebih berkembang maka usaha online harus memiliki modal untuk menyediakan barang atau produk yang dijual secara online. Modal usaha dapat berupa materi ataupun tenaga kerja. Salah satu cara untuk mendapatkan modal usaha dapat melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) melalui pinjaman bank dengan bunga yang kecil.

3. Supplier

Langkah selanjutnya adalah memilih supplier yang tepat dan terpercaya. Apalagi jika supplier didapat secara online maka harus berhati-hati dalam pembelian produk yang sesuai harapan atau jauh dari penipuan online. Di samping itu, lakukan cek harga setiap bulan untuk mendapatkan supplier yang lebih murah dengan kualitas barang yang sama.

4. Konsisten

Salah satu tantangan dalam usaha online adalah konsisten. Banyak usaha online yang redup saat mereka tidak konsisten melakukan penjualan, promosi, share produk dan sebagainya.

Konsisten adalah kata kunci dari usaha online sehingga usaha dapat berkembang pesat apalagi di tengah pandemi maka dibutuhkan effort lebih dibanding masa normal.

5. Digital Marketing

Selama pandemi, produk atau barang yang ditawarkan tidak dapat dilakukan door to door maka dilakukan secara digital. Oleh karena itu belajar untuk mempromosikan produk ke berbagai media sosial.

Jika sudah mahir membuat desain, maka berusaha untuk membuat logo dan juga website tempat jualan secara online. Update model terbaru setiap hari agar menarik konsumen.

6. Pelayanan Terbaik

Salah satu ujung tombak dari sebuah usaha online adalah pelayanan yang maksimal, ramah dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tidak mudah mengeluh, menghargai customer serta jujur akan produk yang dijual. Oleh karena itu, usaha online akan bertahan terus jika memiliki service yang baik.

7. Produk dan Packaging

Tips terakhir dari berjalannya sebuah usaha online untuk pemula adalah menjual produk di mana harga sesuai dengan kualitas. Maksimalkan margin dengan kualitas yang bagus. Jika produk yang dijual kurang memuaskan maka margin pun dikurangi dengan cara harga miring. Hal ini berkaitan dengan kepuasan konsumen terhadap barang dan jasa.

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah packaging. Dulu, saat rajin belanja online maka terdapat online shop yang membungkus produk dengan asal-asalan. Alhasil, baju yang diterima kusut dan kotor dikarenakan packaging yang tidak rapi.

Sehingga packaging menjadi salah satu alasan konsumen repeat order. Tak hanya itu, packaging yang bagus dan tahan akan menyelamatkan barang saat perjalanan jauh melalui ekspedisi.

Demikian 7 (tujuh) hal yang harus diperhatikan saat memulai usaha baru. Nah, untuk packaging produk yang dijajakan secara online dapat dipesan secara offline maupun online. Namun, di masa pandemi seperti ini maka pilihan yang tepat adalah memesan kardus atau packaging produk melalui online.

Bersyukurnya, pemesanan kemasan secara online saat ini dapat melalui tjetak.com. Tjetak.com merupakan perusahaan yang bergerak untuk membuat kemasan produk. 

Salah satu jenis kemasan yang dihasilkan adalah Box Kardus. Kardus box atau corrugated box adalah jenis kardus kemasan berbentuk box yang dapat digunakan untuk penyimpanan dan pengemasan barang. Kardus box terbuat dari bahan karton yang bagus. Karakteristik umum berwarna coklat dan memiliki lapisan gelombang sehingga aman untuk produk. Cetak kardus bisa dilakukan di banyak percetakan baik offline maupun online.

Untuk beberapa produk yang saya jual seperti tas handmade maka kardus box menjadi pilihan yang tepat untuk mengemas produk tersebut. Kardus box karya tjetak.com ini memiliki pelindung ekstra sehingga pakaian atau produk yang dijual tidak mudah rusak atau pun kotor.

Menariknya, melalui tjetak.com online shop dapat mencetak logo, brand atau nama produk di kardus. Keuntungan lain yang diperoleh saat memesan kardus box secara online di tjetak adalah:

  1. Pelayanan maksimal
  2. Harga terbaik
  3. Custom atau desain sendiri
  4. Kualitas tinggi
  5. Pengiriman ke seluruh Indonesia

Kualitas yang ditawarkan dari tjetak.com sangat mumpuni, struktur box yang tahan lama. Bahan corrugated berbentuk lembaran karton yang terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan tersebut mampu memberikan kekuatan pada kardus. Berdasarkan jumlah lapisan kardus maka berikut 2 (dua) jenis corrugated:

  1. Corrugated Single Wall

Jenis lembaran karton yang terdiri dari dua lembar ply dan satu lapisan gelombang (flute). Umumnya, single wall ini untuk mengemas produk yang membutuhkan perlindungan tidak terlalu besar.

Kardus Single ply
Kardus double ply

2. Corrugated Double Wall

Lembaran karton yang terdiri dari tiga lembar ply dan dua lapisan gelombang (fluting). Biasanya digunakan untuk perlindungan yang cukup besar seperti produk cair dan alat elektronik.

Kardus box yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan tentunya baik untuk kemasan setiap produk. Nah, berikut beberapa jenis cetak packaging lainnya yang ditawarkan oleh Tjetak.com:

  1. Packaging Tapes
  2. Box Produk Classic
  3. Box Produk Two Piece
  4. Box Pengiriman
  5. Paper Bag
  6. Lunch Box, dsb.

Tjetak.com menjadi solusi bagi setiap online shop dalam menyediakan berbagai jenis kemasan dengan logo atau brand dan kualitas yang baik. Di samping itu, harga yang ditawarkan terjangkau dan bersaing. Kerennya lagi, dapat dipesan secara online dan dikirim ke seluruh daerah di Indonesia.

So, kembangkan usaha online shop di masa pandemi dengan berbagai tips pemula. Di samping itu yang tidak kalah penting adalah memiliki packaging yang menarik, aman dan tahan.

Categories: All Post

34 Comments

Gioveny · October 24, 2020 at 1:09 pm

Aku juga seneng kalo dapet paket yg dikemas menarik sama penjual, rasanya tuh kaya dikasih kado

ainun · October 25, 2020 at 3:11 pm

dari dulu pengen buka usaha online kecil-kecilan, tapi masih belum terealisasi
apalagi jikan konsepnya bener bener dipikirkan dengan baik sampai ke soal kemasannya yang unik, pasti orang tertarik

Santi Dewi · October 29, 2020 at 7:49 am

wah.. Alhamdulillah ya, ada bnyak hikmah dibalik segala kejadian di dunia. Semoga sukses dan kancar terus ya usahanya

nurulrahma · October 29, 2020 at 9:40 am

Asiiik, ini bisa aku infokan ke sodara aku yg mau serius menekuni online bisnis.
Packaging memang kudu dibikin menarik dan profesional ya mba
Makasii infonya

Keke Naima · October 29, 2020 at 11:31 am

Sekarang banyak seller yang memperhatikan kemasan. Gak sekadar dibungkus dengan kresek hitam dan lakban. Sebagai pembeli, saya senang dengan kemasan yang sekarang

Twitter: @iffiarahman · October 29, 2020 at 3:23 pm

Bagus nih inovasi usahanya. Kalau versi offlinenya, outlet tjetakdotcom adanya di kota mana saja ya?

Husnul · October 30, 2020 at 8:07 am

Keren sekali mbak Arda, meskipun belum lama. Yang sulit itu menurut saya memulai ya mbak… mulainya sulit, tapi mempertahankan juga gak kalah sulit sih haha.. Semoga makin berkembang ya mbak, kan udah ahli Ig’an juga, ilmu itu 😀

Azifah · October 30, 2020 at 10:19 am

Pas banget lagi searching packaging gini. Makasih mbak share nya aku mau coba kepoin dulu hehehe

iidYanie · October 30, 2020 at 10:49 am

Paling senang kalau beli online tuh packingnya rapi dan berkualitas ya mba, dulu saya jualan pakenya plastik aja jadi kawatir kondisinya waktu di perjalanan, packing box ini jadi pilihan untuk kirim2 barang ya

indah AiJ · October 30, 2020 at 12:25 pm

Terima kasih kak atas 7 tipsnya yang sangat bermanfaat. Tentu ini menjadi sebuah semangat buat para online shop yang baru memulai langkahnya kak

Rach Alida · October 30, 2020 at 2:03 pm

Adik iparku rencana mau buka online shop mba. Dan kayaknya tipsnya ini sangat dia butuhkan. Makasih ya

Kurnia amelia Subarkah · October 30, 2020 at 3:21 pm

Dulu pernah punya usaha tp berhenti gegara sakit akibat keteteran huhu ini semua mungkin kurang ilmu mengenai usaha kali ya. Pengen mulai usaha lagi tapi sekarang kerja sambi sana-sini. Btw baca ini aku jadi tau nama jenis kardus hehe.

Ida Tahmidah · October 30, 2020 at 11:25 pm

Saya di rumah jualan online juga tapi karena satu macam jadi ga maksimal, jadi pengen mengembangkan ke reseller produk lain tapi belum mulai aja. Kerasa banget masa pandemi ini menurun drastis….jd kyaknya perlu varian barang lain ya..

Leyla Imtichanah · October 31, 2020 at 2:40 am

Keren banget mba Arda udah buka usaha online shop ya. Semoga lancar dan sukses. Kemasan kardusnya cantik banget tuh..

lendyagasshi · October 31, 2020 at 2:41 am

Aku salut sama kak Arda…
Terus mengembangkan usahanya dan kini packanging memang jadi sesuati yang perlu dilakukan demi kepuasan konsumen.

Helena Magdalena · October 31, 2020 at 4:34 am

Sekarang semua orang harus melek digital marketing ya mak, biar ga ketinggalan dan bisa bermanfaat nambahin penghasilan utk di rumah. thankyou tipsnya 🙂

demia · October 31, 2020 at 5:00 am

selama pandemic berlangsung ini emang jadi banyak banget tenmen temen yang punya bisnis yaaa, terutama di dunia kuliner kalo rtemen temenkuu, kalo aku bagan ngeramein nya aja hihihi

Siska Dwyta · October 31, 2020 at 5:47 am

Kalau mau jualan online emang kudu memikirkan juga soal kemasan dan pastinya pelanggan bakal suka ya kalau pesanannya dikirimi dengan kemasan yang bagus gitu

Heni Puspita · October 31, 2020 at 8:44 am

Packaging yang kelihatan lebih niat, walau desain sederhanapun akan terlihat lebih pro. Kalau paket dikemas rapi dan aman. Konsumen juga senang. Saya pernah dapat paket yang dikemas asal2an. Untung tdk rusak isinya

Uniek Kaswarganti · October 31, 2020 at 4:51 pm

BAgus ya bentuk kemasannya, bikin tampilan produk makin bagus di mata pelanggan.
Yes, harus konsisten juga ya mba melakukan aktivitas jualan agar enggak mandeg begitu saja.

duniamasak · November 3, 2020 at 3:02 am

yess bener, packaging adalah salah satu yang cukup menopang 😀 apalagi hampir banyak customer yang suka kalau kemasannya instagram able ya hehehe

Diyanika · November 6, 2020 at 2:12 am

Hai Mbak, aku juga pernah punya ide untuk ada usaha jualan daster. Tapi, sekarang malah kesibukan jadi guru makin meningkat. Untuk modal usahanya juga aku belum ada. Tapi, memang ada keinginan untuk buka usaha khusus daster, apalagi khusus perempuan dengan big size. Hihihi.

Dessy Achieriny · November 7, 2020 at 12:31 am

Kemasan menarik dan aman memang jadi poin lebih untuk kita balik lagi selain penjualnya yang ramah dan respon yang cepet kalau beli online

Gina · November 7, 2020 at 7:19 pm

Pandemi memaksa kita utk berpikir kreatif dan berusaha. Sukses mbak arda buat usahanya ya…semoga penjualan dasternya semakin naik

Yuni · November 7, 2020 at 9:30 pm

Pandemi ini menjadi sebuah tantangan untuk memulai usaha OlShop ya mbak. Khawatir tidak mendapat pelanggan seperti harapan mungkin sempat terbersit dalam benak ya mbak…tapi jika membaca tips di artikel ini, saya yakin usaha OlShop dimasa pandemi tetap mendapat tempat di hati pelanggan…apalagi bila barang yang kita jual dikemas menarik, pasti pelanggan puas.

Indah Nuria · November 7, 2020 at 10:22 pm

Many thanks for the tips mbaaa… semoga all is well dan bisnis yang dimulai bisa berhasil

Rach Alida · November 7, 2020 at 11:07 pm

Sekarang kemasan yang menarik masih menajdi pilihan orang untuk berbelanja ya mbq. Apalagi kalau harganya ya terjangkau

Yuniari Nukti · November 8, 2020 at 12:00 am

Salah satu alasan saya suka belanja online karena packaging bagus-bagus. Ada pula yang menambahkan ucapan atau quote menarik. Padahal bungkusnya sederhana aja. Wah, mbak Arda jualan daster sama baju tidur ya? Sekarang motifnya bagus-bagus ya mbak..

Kata Shyntako · November 8, 2020 at 1:32 am

Aku sebagai pembeli, seneng banget loh kalo belanja online terus packagingnya oke. Already steals my heart, 1 point plus untuk OSnya, karena aku pasti mau order lagi apalagi kualitas produknya oke

Desri Desri · November 8, 2020 at 3:00 am

menarik banget mba, kebetulan aku lagi nyari vendor buat bikin box kardus gitu untuk usaha yang sedang dirintis. Makasi banget infonya, semoga harganya sesuai budget nih hehe

Sulung Siti Hanum · November 8, 2020 at 3:08 am

Infonya oke banget kak. Hebat mulai bisnis dalam 4 bulan omset naik terus. Aku juga ingin memulai bisnis pakaian sepertinya. Doakan ya kak

Monica Anggen · November 8, 2020 at 4:29 am

Bisnis online saat ini bisa jadi solusi buat yang mau usaha dan dapat penghasilan ya. Apalagi udah banyak dukungan teknologi dan kemudahan juga mulai dari perangkat pendukung dan kemasan.

Uniek Kaswarganti · November 8, 2020 at 4:44 am

Kemasannya jadi tampil menarik ya mba kalau pesan secara khusus gini. Customer bakalan happy juga saat menerima barangnya kalau packaging kece.

Rizka Edmanda · November 8, 2020 at 5:16 am

Keren banget Kak Arda dan online shopnya, saat ini daster emang lagi laku banget ya karena kebanyakan orang dirumah aja. Sukses selalu Kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!