Tanya Veronika Asisten Virtual merupakan sebuah inovasi layanan Telkomsel kekinian. Di mana layanan ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh para pelanggan Telkomsel. Apalagi bagi seorang pebisnis online yang sebagian besar bergantung pada komunikasi antara supplier dengan penjual atau sebaliknya. Juga antara penjual dengan pembeli.

Komunikasi menjadi salah satu bagian terpenting dalam dunia bisnis. Hal ini dikarenakan komunikasi pemasaran dapat menjadi sebuah strategi memperluas pasar. Umumnya, pebisnis online akan menggunakan media dalam proses komunikasi.

Media yang tepat akan melancarkan jalannya usaha, menambah pelanggan dan berbanding lurus dengan pertambahan keuntungan. Banyak media komunikasi yang digunakan oleh pebisnis atau penjual online dalam memasarkan produknya. Seperti iklan media cetak, sosial media, website, serta pemasaran melalui grup atau pesan elektronik.

Berdasarkan pengalaman sebagai pedagang online maka media yang paling efektif saat ini adalah pemasaran melalui website, sosial media dan whatsapp. Oleh karena itu, peran provider sangat menentukan kelancaran pemasaran usaha online.

Semenjak terjun menjadi pedagang online, saya mulai pemilih dalam menentukan provider telepon dan internet. Pilihan jatuh kepada Telkomsel yang sudah lama diandalkan dalam kebutuhan internet dan komunikasi dengan para pelanggan.

Berdasarkan pengalaman berikut 7 (tujuh) keuntungan menggunakan provider Telkomsel dalam mendukung bisnis online:

1. Operator Senior & Handal

Telkomsel merupakan perusahaan seluler pertama di Indonesia. Perusahaan operator komunikasi senior dari segi inovasi dan pelayanan terbaik yang diberikan kepada setiap penggalan.

Operator senior ini menjadi keuntungan tersendiri untuk para pelanggannya. Hal ini dikarenakan sudah mumpuni di bidangnya, handal dan terpercaya dalam masalah komunikasi baik melalui layanan telpon ataupun internet.

2. Jaringan Luas

Salah satu keuntungan menggunakan Telkomsel adalah jaringan yang luas. Apalagi saat ini sudah menjangkau hingga 382 kota/kabupaten dengan jaringan yang stabil.

Tentunya hal ini sangat membantu pedagang online yang jauh dari pusat kota. Walau berada di kabupaten, pedang tetap dapat menjajakan barang dagangannya dengan bantuan jaringan internet dari Telkomsel yang luas.

3. Kualitas Jaringan

Telkomsel memiliki basis pelanggan terbesar di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kualitas jaringan telekomunikasi yang cepat dan bebas hambatan. Saat berada di daerah jauh jangkauan pun jaringannya masih bagus.

Berdasarkan uji coba test koneksi yang dilakukan oleh OpenSignal dan nPerf maka Telkomsel menjadi juara koneksi atau jaringan tercepat. Ketika jaringan cepat dan stabil maka sangat membantu para pedagang online yang sedang melakukan siaran langsung dalam menjajakan barang dagangannya.

4. Inovasi Produk

Setiap tahun Telkomsel melakukan sebuah perubahan, inovasi produk dan layanan. Apalagi dengan hadirnya berbagai layanan seperti MyTelkomsel, Layanan Veronika Asisten Virtual, dan produk-produk lainnya. 

Satu hal lagi yang menarik adalah adanya Telkomsel Poin dengan undian hadiah yang melimpah. Di samping itu, Poin Telkomsel pun dapat ditukar langsung dengan hadiah langsung tanpa diundi.

5. Paket Internet Unlimited & Cepat

Untuk mempromosikan, memasarkan jualan online maka saya memilih paket internet yang unlimited agar tidak terhalang dengan sisa kuota. Nah, menariknya lagi pengalaman menggunakan Telkomsel unlimited selama ini mendukung jaringan internet yang cepat.

Apalagi Telkomsel sudah menghadirkan Paket UnlimitedMAX yang menawarkan kuota internet hingga 55GB dengan harga dimulai Rp20.000. Harga dan kuota yang diberikan sangat maksimal.

6. Tarif Terjangkau

Umumnya, tarif yang ditawarkan Telkomsel terjangkau. Sama halnya dengan berjualan dalam menentukan harga barang jika barang yang ditawarkan semakin bagus maka harga juga semakin mahal.

Untuk layanan super cepat dengan kuota maksimal maka harga yang dibanderol sesuai. Apalagi kualitas jaringan serta layanan yang diberikan tentunya sesuai dengan harga yang diberikan.

7. Layanan Veronika Asisten Virtual

Keuntungan terakhir bagi pedang online saat menggunakan provider Telkomsel adalah Veronika Telkomsel. Veronika Asisten Virtual merupakan layanan digital yang diluncurkan Telkomsel berbasis chat yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa, mengecek sisa kuota internet, menukar Telkomsel POIN, lokasi MyGraPARI serta seputar informasi layanan Telkomsel lainnya.

Menariknya, layanan Veronika Asisten Virtual ini dapat ditemukan pada My Telkomsel merupakan aplikasi yang dapat diunduh dari playstore, Telkomsel.com, WhatsApp, Line, Facebook dan Telegram. Bayangkan, pelanggan dimanjakan dengan kemudahan mengakses Veronika dengan berbagai layanan atau pun masalah seluler pelanggan.

Demikian ketujuh keuntungan saat pedagang online seperti saya menggunakan provider dengan kualitas mumpuni seperti Telkomsel. Apalagi hadirnya Layanan Veronika Asisten Virtual membantu setiap pelanggan yang bertanya. Tak hanya menjawab permasalahan, Veronika juga memberikan pelayanan pembelian pulsa, paket data dan sebagainya.

Cara Mengakses Veronika Asisten Virtual

Perkembangan dunia digital yang sangat pesat membuat Telkomsel berinovasi menciptakan Veronika menjadi layanan chat yang praktis dan sederhana. Kalau sebelumnya, pengguna Telkomsel hanya mendengar layanan Veronika melalui telpon tapi saat ini Tanya Veronika dapat diakses kapan dan dimana pun.

Cara mudah mengakses Veronika Layanan Virtual adalah melalui:

1. MyTelkomsel

Pertama kali layanan Tanya Veronika Virtual yang diunduh adalah MyTelkomsel. Karena aplikasi ini sangat memberikan kemudahan apalagi untuk pembelian paket, cek masa aktif, sisa kuota, informasi Telkomsel dan sebagainya.

Berikut cara mudah menggunakan Tanya Veronika di My Telkomsel:

  1. Unduh MyTelkom di playstore dan app store.
  2. Lengkapi data dan verifikasi nomor.
  3. Kemudian link login akan dikirim melalui SMS.
  4. Klik link login dan masuk ke halaman utama.
  5. Terdapat beberapa kategori, Tanya Veronika berada pada kategori Customer Service.
  6. Klik kemudian chat Veronika sesuai dengan layanan yang dibutuhkan atau pertanyaan.
  7. Veronika akan membalas dalam bentuk chatbot sesuai kata kunci yang ditanyakan.

2. Telkomsel.com

Cara selanjutnya untuk mengakses Tanya Veronika adalah melalui website. Sebagian orang belum mengunduh MyTelkomsel maka lebih mudah melalui browser. Berikut langkah mudahnya:

  1. Kunjungi website Telkomsel.
  2. Klik logo Veronika yang berada di sebelah kanan bawah.
  3. Kemudian isi nama lalu mulai
  4. Tanya Veronika akan menanyakan nomor Telkomsel yang terdaftar.
  5. Menariknya, sebelum Veronika menjawab untuk nomor yang dimaksud maka Veronika akan mengirimkan kode rahasia agar dapat berinteraksi dengan Asisten Virtual Telkomsel.
  6. Selanjutnya Veronika akan membalas sesuai dengan pertanyaan sesuai dengan sistem.

3. Whatsapp

Salah satu aplikasi pesan elektronik yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat adalah whatsapp. Sehingga Telkomsel pun menyajikan Tanya Veronika melalui nomor whatsapp resmi. Berikut cara mengakses Virtual Assistant Telkomsel melalui whatsapp:

  1. Simpan nomor resmi Veronika Asisten Virtual di kontak handhone.
  2. Nomor resmi yang dikeluarkan oleh Telkomsel adalah 0811.1111.111
  3. Mulai sapa Veronika dengan Hai, Hallo dan sebagainya.
  4. Tanya Veronika akan membalas dengan berbagai layanan promo, bayar tagihan, beli paket, tukar poin, kirim paket ke teman, ganti kartu dan bantuan lainnya.
  5. Melalui whatsapp, pelanggan juga dapat dengan mudah langsung berkomunikasi melalui chat dengan Customer Service Digital Telkomsel yang sedang bertugas.
  6. Jangan lupa sertakan penilaian terhadap CS Telkomsel jika pertanyaan dan permasalahan sudah diselesaikan. Tujuannya menambah pelayanan maksimal dari CS dan Tanya Veronika.

4. LINE

Selain whatsapp, Telkomsel juga memanjakan para pelanggan penguna LINE. Berikut cara mudah mengakses Telkomsel Virtual Assistant melalui media LINE:

  1. Klik atau buka aplikasi LINE di handphone.
  2. Buka tab teman pada aplikasi LINE.
  3. Kemudian ketuk tombol tambah teman di kanan atas layar. Pilih kode QR lalu pindai kode QR berikut:
  4. Atau cari @Telkomsel di kolom pencarian lalu lakukan percakapan atau pertanyaan melalui chat.

5. Facebook

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Facebook. Oleh karena itu, Telkomsel juga menghadirkan layanan Tanya Veronika melalui media sosial tersebut:

  1. Kunjungi facebook Telkomsel yang sudah diverifikasi.
  2. Klik kirim pesan atau
  3. Kemudian lakukan percakapan dengan chat Veronika Telkomsel.

Untuk percakapan lebih maksimal maka layanan chat ini akan meminta kode rahasia yang akan dikirim langsung ke nomor handphone yang diberikan.

6. Telegram

Cara terakhir untuk memudahkan pelanggan bertanya dan mendapatkan layanan maksimal dari Telkomsel adalah melalui aplikasi Telegram. Berikut cara mengaksesnya:

  1. Unduh aplikasi Telegram di handphone.
  2. Ketik Telkomsel Care pada kolom pencarian.
  3. Kemudian klik ‘mulai’. Veronika akan memberikan berbagai informasi seperti promo dan sebagainya.
  4. Masukkan nomor handphone kemudian masukkan kode rahasia yang dikirim melalui pesan di handphone.
  5. Selanjutnya dapat melakukan chat sesuai dengan kebutuhan mengenai berbagai produk dan layanan Telkomsel.

Keenam cara mengakses Tanya Veronika tersebut memudahkan pelanggan dalam menjawab berbagai permasalahan. Apalagi saat kartu seluler sedang bermasalah, butuh pengisian paket data secara cepat dan menjawab pertanyaan secara tepat.

Layanan Chatbot Veronika

Layanan chatbot merupakan layanan yang memudahkan dalam memeriksa dan mengisi ulang pulsa, membayar tagihan, mengetahui paket data serta menukar poin Telkomsel. Beberapa tahun lalu, Telkomsel menggandeng perusahaan Kata.ai untuk menciptakan layanan Chatbot Veronika.

Secara sederhana layanan chatbot Veronika ini merupakan Grapari Virtual yang mampu menangani berbagai keluhan para pelanggan Telkomsel. Chatbot Veronika sendiri merupakan sistem virtual berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Teknologi artificial intelligence merupakan mesin yang menyesuaikan input dan melaksanakan tugas seperti manusia. AI sendiri tercipta di tahun 1956 dan semakin berkembang menirukan penalaran manusia mendasar.

AI Chatbot Veronika menganalisis data lebih mendalam dan mencapai keakuratan jawaban dari setiap pertanyaan yang disampaikan. Sehingga dapat dimanfaatkan setiap waktu dan menjawab permasalahan pelanggan dalam waktu 24 jam.

Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi pelanggan baik dari sisi tenaga dan waktu dimudahkan dengan Chatbot Veronika tersebut tanpa harus ke GraPARI. Di samping itu, tidak harus menghabiskan pulsa ketika menanyakan layanan melalui bantuan nomor di 188.

Fungsi dan Fitur Veronika Asisten Virtual

Keuntungan yang diperoleh dari Tanya Veronika adalah melayani berbagai permasalahan yang dihadapi pengguna Telkomsel. Di samping itu, banyak info yang mulai dari lokasi GraPARI, mengisi pulsa dan menukar poin.

Fitur yang ditawarkan oleh Veronika Asisten Virtual yaitu:

1. Promo

Awal mula saat melakukan komunikasi melalui Tanya Veronika maka chat akan dibalas dengan berbagai penawaran promo yang sedang berlangsung. Menariknya promo tersebut memberikan keuntungan buat pelanggan yang sedang berkomunikasi melalui chatbot tersebut.

2. Profil Kartu

Setela menyampaikan berbagai promo yang berjalan, Veronika akan menyampaikan informasi profil kartu seperti masa berlaku serta total kuota yang masih tersedia.

3. Cek Pulsa

Salah satu kemudahan melalui chat Veronika adalah memeriksa kondisi pulsa yang masih tersedia. Veronika menyajikan informasi sisa pulsa saat pertama kali menyapa asisten virtual tersebut.

4. Cek dan Bayar Tagihan

Pengguna atau pelanggan kartu Halo dengan mudah memeriksa atau mengetahui berapa nilai tagihan yang harus dibayarkan. Selanjutnya, terdapat tahapan untuk pembayaran tagihan kartu prabayar tersebut.

5. Cek Telkomsel Poin

Veronika juga menyediakan fitur cek telkomsel poin. Poin yang sudah dikumpulkan dapat ditukar dengan berbagai hadiah atau penukaran voucher.

6. Pembelian Paket & Mengirimkan Paket

Tak perlu repot ke counter atau sebagainya untuk pembelian paket data. Melalui asisten virtual Veronika juga dengan mudah memenuhi pembelian paket data. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengirimkan paket data ke teman atau saudara dengan memasukkan nomor Telkomsel yang dituju.  

7. Ganti Kartu & GraPARI Terdekat

Pelayanan yang tidak kalah penting adalah mudahnya mengganti kartu Telkomsel. Jika ingin mengganti kartu cukup mengirimkan data seperti foto diri memegang e-KTP, Foto/Copy e-KTP dan Kartu Keluarga lalu diemail ke cs@telkomsel.co.id

Di samping itu, untuk nomor Telkomsel yang ingin diganti jika terhubung dengan layanan perbankan maka pengguna diwajibkan menghubungi GraPARI terdekat. Menariknya, layanan Tanya Veronika juga dapat menginformasikan GraPARI terdekat yang ada di kota atau wilayah pengguna.

8. Customer Services

Walaupun Tanya Veronika Asisten Virtual umumnya dijawab oleh chatbot tapi pelanggan atau pengguna Telkomsel juga dapat langsung dihubungkan dengan Customer Services yang sedang bertugas. Sehingga pertanyaan-pertanyaan yang lebih detail dapat dijawab langsung.

Fungsi dan fitur layanan Tanya Veronika tersebut sangat memudahkan pelanggan dan tinggal chat saja maka semua permasalahan akan dipenuhi. Cara bertanya kepada layanan chat ini juga sangat sederhana tinggal menyapa lalu Veronika akan menyajikan berbagai varian pilihan fitur yang dibutuhkan.

Keuntungan Menggunakan Layanan Tanya Veronika Asisten Virtual

Setiap inovasi yang dibuat setidaknya memberikan berbagai keuntungan terhadap pelanggan atau pengguna. Dari sisi kemudahan tentunya, hal ini sangat membantu pengguna. Apalagi sebagai pedang online yang tidak ingin bermasalah dengan kartu seluler, paket data dan sebagainya demi kelancaran usaha.

Asisten Virtual Veronika sendiri sudah hadir sejak 24 Agustus 2017 dan dapat diakses melalui enam cara yang mudah. Cara memulai percakapan dengan Asisten Virtual Telkomsel ini cukup mengetik “Hai”, “Halo” atau pilih menu “Quick Response” yang sudah disajikan.

Untuk mengakhiri percakapan dengan layanan ini cukup mengetik kata “Batal” atau “Cancel”. Kerennya, setiap Veronika akan meminta Kode Verifikasi (OTP) saat berinteraksi, hal ini sangat baik untuk menjaga keamanan nomor Telkomsel.

Selain memiliki cara yang mudah, praktis Assistant Virtual Veronika ini memberikan kemudahan dan keuntungan bagi pengguna tanpa harus pergi ke GraPARI. Dilayani selama 24 jam sehingga dapat dikatakan sebagai GraPARI 24 jam full time.  Apalagi keluhan pengguna yang dapat dijawab dalam hitungan detik.

Sebagai pengguna setia Telkomsel hadirnya Tanya Veronika sangat memudahkan. Apalagi saat membutuhkan jawaban atas masalah kartu secara cepat. Terlebih dengan jaringan Telkomsel yang cepat dan luas membuat omset bertambah serta pemasaran digital menjadi mudah. Semua solusi dapat diberikan melalui satu chatbot Tanya Veronika.

Categories: All Post

error: Content is protected !!