90 Hari Di Rumah Aja!

Semenjak virus corona menggema pertama kali di Wuhan China, umumnya masyarakat Indonesia masih menganggap hal ini biasa. Aktivitas berjalan normal bahkan masih banyak masyarakat wara-wiri ke luar negeri. Namun, ketika virus ini datang ke Indonesia maka banyak perubahan terjadi.

Seperti dilansir Kumparan.com, 22 April 2020, ahli epidemiologi Universitas Indonesia, dr Pandu Riono mengatakan, virus corona sejatinya telah masuk ke Indonesia sejak akhir Januari 2020. Sedangkan pemerintah baru mengumumkan hal ini di bulan Maret.

Oleh karena itu, sebagian masyarakat Indonesia menganggap hal ini menjadi serius. Semula saya adalah bagian dari orang yang menganggap bahwa virus ini akan cepat reda dan berakhir. Di samping itu, virus covid 19 ini tidak akan sampai ke daerah-daerah terutama yang jauh dari pusat kota.

Ternyata, prediksi saya salah bahkan virus ini berkembang secara pesat di hampir seluruh Indonesia termasuk kota kecil di mana saya berada. Saya tinggal di Siantar berada sekitar 125 km dari pusat kota Medan. Pemikiran semula, virus ini tidak akan sampai ke kota ini apalagi sampai memakan korban.

Tak lama, pemerintah mengumumkan bahwa Indonesia sudah terinfeksi virus corona maka seseorang juga positif covid 19 yang bertempat tinggal tak jauh dari rumah. Pemikiran semula yang menganggap ini biasa saja menjadi was-was tidak menentu.

Berita penjemputan pasien corona oleh tim medis berpakaian APD (Alat Pelindung Diri) menjadi hal yang menakutkan. Pasalnya, para tetangga tidak mengetahui kemana saja perjalanan yang sudah dilakukan oleh pasien tersebut.

Belum selesai rasa takut diakibatkan pasien covid 19 yang tak jauh dari rumah, maka muncul kembali pasien yang terinfeksi corona yang berprofesi sebagai pedagang mie pecal keliling. Padahal, ibu penjual mie pecal tersebut berkali-kali melintasi depan rumah untuk menjajakan barang dagangannya.

Tak jarang tetangga juga membeli mie pecal tersebut, padahal beliau sudah terinfeksi dan disebut sebagai PDP (Pasien Dengan Pengawasan) Corona. Bayangkan, sudah berkali-kali melintasi gang rumah serta beberapa tetangga melakukan kontak dengan penjual mie tersebut.

Semenjak mengetahui hal tersebut, saya dan keluarga hampir seminggu berada di dalam rumah saja dengan mengkonsumsi persiapan makanan seadanya. Selain memastikan tidak ada orang yang berkunjung, saya juga melakukan penyemprotan disenfektan di sekeliling rumah.

Alhasil, sampai hari ini menuju 90 hari saya dan keluarga tetap berada di rumah. Kegiatan berbelanja dan membeli kebutuhan sudah dilakukan secara terjadwal, tentunya dengan masker dan prosedur agar terhindar dari covid 19. Β 

Tetap Waras Tanpa Was Was Di Masa Pandemi

Bersyukurnya memasuki bulan ketiga, saya dan keluarga masih memiliki kesehatan yang baik. Hal ini membuat rasa cemas dan kuatir perlahan berkurang. Di samping itu, saya juga menjaga suasana rumah agar suami dan anak-anak tetap nyaman dan tidak merasa jenuh.

Tentunya, setiap ibu memiliki peranan besar dalam menciptakan kehidupan keluarga yang normal dan jauh dari rasa was-was terhadap pandemi ini. Tinggal di rumah saja dalam rentang waktu yang ditetapkan pemerintah mampu memutus rantai penyebaran virus ini. Oleh karena itu, berikut 5 (lima) hal yang dilakukan agar tetap waras tanpa was-was di masa pandemi:

Dokumentasi Pribadi

2. Makanan (Food)

Hal kedua agar keluarga tetap sehat di rumah adalah dengan menyajikan makanan yang bernilai gizi seimbang. Selain itu, konsumsi buah serta vitamin C menjadi penting agar kondisi tubuh semakin baik.

Di samping itu, usahakan jarang memesan makanan cepat saji. Apalagi di masa pandemi seperti ini, kita tidak dapat mengukur seberapa aman makanan tersebut atau kemasannya bebas dari virus corona.

  1. Kesehatan (Health)

Berbicara soal kesehatan tugas pertama saya sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) adalah menjaga sistem imun tubuh yang baik untuk seisi rumah. Dilansir dari Kumparan.com, 26 Maret 2020, kekebalan tubuh si pasien covid 19 berhasil pulih dengan cepat. Peneliti berhasil mendokumentasikan proses pemulihan secara bertahap melalui respons imun. Sehingga, menjadi penting untuk saya tetap menjaga imun keluarga dengan baik. Berikut beberapa hal yang dilakukan agar tetap sehat:

  • Rajin mencuci tangan dengan benar terlebih setelah melakukan kontak fisik atau aktivitas di luar rumah.
  • Berjemur di waktu yang tepat. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 10.00 WIB selama 10 menit.
  • Rutin berolahraga di sekitar pekarangan rumah.
  • Memiliki waktu tidur dan istirahat yang cukup, dengan kata lain membatasi waktu lembur.
  • Mengelola stress dengan baik, kurangi kekuatiran dan tetap berpikiran positif.

3. Hiburan

Salah satu yang membuat keluarga tidak jenuh adalah melakukan kegiatan yang menyenangkan di rumah. Hal ini mulai dari menonton bersama, bermain serta bernyanyi.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga memiliki kejenuhan yang cukup tinggi di saat pandemi ini. Oleh karena itu, memberikan permainan serta membuat aktivitas menyenangkan membuat anak-anak merasa bahagia.

Salah satu hiburan untuk anak-anak yang dilakukan adalah dengan bermain di kolam air. Terlebih akhir-akhir ini, cuaca panas dan permainan ini membuat anak-anak tidak merasa jenuh.

4. Sharing & Komunikasi Virtual

Kegiatan berikutnya adalah melakukan sharing atau berkomunikasi dengan suami dan atau anak-anak. Sejujurnya, momen di rumah saja seperti ini tidak akan terulang dalam waktu yang dekat. Oleh karena itu, manfaatkan waktu kebersamaan ini untuk saling berbagi, berkomunikasi dan mengajak anak-anak semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Mengajarkan anak-anak tentang agama, mengajak berdoa serta berserah kepada Tuhan menjadi waktu yang tepat. Di samping itu, komunikasi terbuka kepada anak-anak membuat mereka semakin dekat dengan orang tua begitu pula antara suami-istri.

Mungkin dalam rentang waktu yang lama, kita akan jarang bertemu dengan keluarga besar. Sehingga komunikasi secara virtual dapat membantu melepas kerinduan dan saling mendukung di masa pandemi ini.

5. Cari Informasi Tepat

Sebelum mengetahui bahwa virus corona menjadi serius, saya sering mendapatkan berita simpang siur dari berbagai media digital. Hal ini yang membuat saya semula biasa saja dengan virus covid 19 ini. Namun, setelah membaca literasi yang benar mengenai informasi corona maka saya mulai mengubah pola hidup terkhusus kesehatan untuk seluruh keluarga.

Tak hanya itu, berbagai berita hoax juga bermunculan di media online. Tak jarang berita tersebut seolah-olah menakut-nakuti sehingga membuat kuatir yang berlebihan. Oleh karena itu, sebagai IRT saya berusaha selalu mencari informasi dan berita yang tepat akan virus ini.

Pasalnya, jika informasi yang diterima tidak tepat maka ketakutan, kekuatiran serta hal-hal lain menjadi rancu. Terkhusus untuk berita yang berkenaan dengan virus covid 19. Ketika berita yang benar, terkini atau update diterima maka secara tidak langsung membantu pikiran dalam mengelola stres dengan baik.

Informasi yang tepat akan membantu suasana hati semakin baik dan dapat dengan tenang menikmati kebersamaan dengan keluarga tercinta.Β 


148 Comments

Diiiah · May 26, 2020 at 2:30 pm

Saking gimananya, saya udah menganggap diri ini OTG. Keluar pake masker, rajin cuci tangan, ga berbaur sama orang sebisa mungkin.

Biar tetap waras, saya ga update angka-angka. Kadang suami cerita hari ini positif sekian. Ah udahlah ga saya pikirin. Hahaha..

Tetap di rumah, bikin kegiatan sama anak-anak.

    ardasitepu · May 27, 2020 at 5:38 am

    Iya mbak kegiatan di rumah aja dan buat senyaman mungkin agar anak-anak juga tidak jenuh dengan kondisi ini.

Tetty Hermawati · May 26, 2020 at 10:32 pm

ODP ny udah banyak aja ya, skrg aku mulai slow, ga terlalu ngikutin berita corona dan mulai berdamai dgn keadaan, jadi alhamdulillah sih mudah2an imunitas terjaga, dan ttp rajin bersih2 diri dan rumah

    ardasitepu · May 27, 2020 at 5:39 am

    Iya mbak semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan mampu menjaga diri serta keluarga besar.

    Lina Muryani · May 30, 2020 at 12:13 pm

    Kumparan makin gokil ini bisa menyediakan produk yg dibutuhkan masyarakat karena terus terang informasi ini hrs trs di update

      ardasitepu · June 3, 2020 at 6:30 am

      Iya mbak update nya bahkan kadang kurang dari 1 jam dan aplikasi ini juga cepat banget serta mudah digunakan.

Okti Li · May 27, 2020 at 4:52 am

Saat semua serba pada kalut, kita memang membutuhkan informasi yang akurat dan tepat ya. Greget saya sekelas media online Nasional saat ini justru memberikan fakta yg menjerumuskan. Sekelas Pemerintah saja beritanya dia bikin kabur, apalagi berita biasa… Semoga Kumparan tetap konsisten mengedepankan kebenaran ya…

    ardasitepu · May 27, 2020 at 5:38 am

    Iya setuju teh, saya juga enggak ngerti lagi dengan kondisi saat ini. Kumparan selalu update dan bersyukur banget bisa dapat informasi yang update selalu.

    Nchie Hanie · May 28, 2020 at 6:10 pm

    Menuju 3 bulan, Alhamdulillah masih diberikan kesehatan, semoga seterusnya.
    Menerima kondisi begini, tetep beraktivitas di rumah aja, kalo memang ga ada urgent keluar. Melakukan protokol kesehatann, berdamai dengan diri sendirilah yang utama biar tetep waras.

    Aplagi sebagai Ibu, tetep ada yang harus disemangati yaitu anak dan keluarga. Selain itu menyaring informasi yang masuk penting banget, seperti kumparan yang terapdet.

      ardasitepu · May 30, 2020 at 4:17 pm

      Iya mbak menuju 3 bulan di rumah saja dan kita belajar berdamai dengan diri sendiri agar tetap waras. Memang mbak saya juga support keluarga terus agar selalu betah di rumah mbak.
      Kalau soal berita yang paling update saya cuma percaya Kumparan mbak.

gina · May 27, 2020 at 6:00 am

semakin byk saat ini aplikasi virtual yg sangat membantu kebosanan, saya merasakannya banget kak. Salah satu aplikasi dr kumparan

    ardasitepu · May 27, 2020 at 6:09 am

    Iya kak, senang banget karena sekarang sudah jauh dari Hoaks berkat Kumparan ini ya.

Mechta · May 27, 2020 at 8:19 am

Menyaring berita itu penting ya..termasuk berita2 Corona. Terlalu banyak berita bahkan yg hoax bisa2 justru menurunkan kadar imun kita..hiii.. TFS mba..jadi makin berhati-hati memilih dan memilah berita nih..

    ardasitepu · May 27, 2020 at 5:21 pm

    Iya mbak, semoga selalu dimampukan menyaring berita benar ya mbak.

Susie Ncuss · May 27, 2020 at 10:13 am

Wah… lengkap banget ya informasi tentang corona aka covid-19 di kumparan.
pantesan banyak yang menjadikan kumparan sebagai salah satu sumber informasi yang dapat dipercaya.
\thumbs up buat kumparan!

    ardasitepu · May 27, 2020 at 5:21 pm

    Iya mbak, update dan lengkap banget dan sebagai Pusat Informasi Corona.

winda - dajourneys.com · May 27, 2020 at 2:25 pm

aku memang udah lama ga pernah ngikutin berita2 hoaxs di WAG mbak, soalnya ga bisa dipertanggungjawabkan beritanya, malah bikin stres πŸ™

    ardasitepu · May 27, 2020 at 5:20 pm

    Iya mbak makanya sekarang lihat beritanya di Kumparan aja.

      winda - dajourneys.com · May 29, 2020 at 1:54 pm

      pastinya donk πŸ™‚ soalnya saya salah satu yang suka nulis di kumparan juga hahahaa jadi pasti kalau ada apa2 ngeceknya ke kumparan dulu

        ardasitepu · May 30, 2020 at 4:18 pm

        Iya mbak Winda mulai jeli saya mah sekarang sama berbagai informasi yang ada mbak.

Sri Al Hidayati · May 27, 2020 at 7:24 pm

kadang suka bingung mau cari referensi berita dimana. kadang udah jarang nonton berita di tv karena suka ngalah sama anak apalagi pandemi gini, hihi.. ternyata bisa baca berita di kumparan ya. aplikasinya juga bagus. jadi gak perlu bingung cari berita lagi.. makasih infonya mba πŸ™‚

    ardasitepu · May 28, 2020 at 1:04 am

    Kumparan memang media paling update dan informasi tentang Corona yg tercaya mbak.

Tuty Queen · May 27, 2020 at 10:21 pm

aku juga suka baca berita ter-update dari aplikask kumparan dan nggak pernah nonton Tv malah hehe

    ardasitepu · May 28, 2020 at 1:02 am

    Iya mbak, saya juga udah jarang banget nonton TV jd baca berita dari aplikasi aja.

Lusi · May 28, 2020 at 1:06 am

Di kompleksku nih warga, terutama ibu2 jadi paranoid, semua orang dicurigai. Kalau ada tetangga pergi, pengin tau aja perginya kemana. Takut bawa virus. Kayaknya kesehatan mentalnya udah mulai terganggu. Aku silent group WA kompleks sih biar tetap waras.

    ardasitepu · May 28, 2020 at 5:33 am

    Iya setuju banget mbak, kadang grup WA apalagi keluarga suka bagiin berita hoaks tentang Corona. Mungkin karena belum tahu portal yang benar seperti Kumparan ini.

Jeanette Agatha · May 28, 2020 at 1:42 am

Amin, semoga pandemi ini cepat berlalu ya ,mbak. Jadi kita bisa beraktivitas kembali. Saat awal pandemi ini, saya tersugesti dengan membaca berita yang membuat saya sesak nafas setiap mau tidur.

Tapi tetap perlu membaca berita, tp hanya berita yang positif yang tidak membuat mental dan tersugesti yang negatif. Jadi lebih baik membaca berita di aplikasi yang terpercaya aja ya mbak

    ardasitepu · May 28, 2020 at 5:35 am

    Iya mbak, kita mulai bijak untuk membaca berita dengan baik terkhusus untuk terkait corona. Kumparan bisa jadi solusi untuk hal ini.

leyla hana · May 28, 2020 at 1:52 am

Lebih baik baca berita dari sumber yang terpercaya ya supaya gak kena hoax. Semoga Kumparan terus menyajikan berita-berita yang terpercaya kebenarannya.

    ardasitepu · May 28, 2020 at 5:35 am

    Kumparan bisa jadi role mode untuk portal atau platform lainnya ya mbak.

Lidya · May 28, 2020 at 2:42 am

awal-awal aku sempet stres juga kalau kebanyakan baca berita apalagi pasien bertambah terus. Harus pilih berita yang akurat dan gak hoax ya sambil mengisi waktu dnegan fun di rumah supaya tetap waras

    ardasitepu · May 28, 2020 at 5:35 am

    Iya mbak, semoga bisa melakukan kegiatan positif dan tetap fun di rumah ya.

      Lidya · May 30, 2020 at 1:48 am

      Pilih berita-berita di Kumparan salah satu cara biar gak kena hoax. Aku takut baca berita tapi harus tau informasi juga sesekali

        ardasitepu · May 30, 2020 at 4:18 pm

        Bener mbak, pakai Kumparan semoga jauh dari hoaks mbak.

Risa Mutia · May 28, 2020 at 2:46 am

Salah satu yang penting saat pandemi ini adalah memilih sumber informasi yang terpercaya ya Mbak.karena klo ga bisa bikin panik.

    ardasitepu · May 28, 2020 at 3:52 pm

    Iya bener banget mbak, informasi yang benar, jelas dan update agar terhindar dari hoaks ya mbak.

lendyagasshi · May 28, 2020 at 5:28 am

Seneng banget liat visual blognya kak Arda.
Gemesshh~
Dan baru kerasa kalau zaman sekarang itu saking mudahnya mengakses info, hingga kita gak punya patokan mana yang benar dan salah.
Kumparan bagus banget…menampilkan berita yang update dan terpercaya.

    ardasitepu · May 28, 2020 at 5:45 am

    Makasih mbak e, aku juga suka nih dengan Kumparan dan berbagai informasi yang update dan terkini.

      lendyagasshi · May 30, 2020 at 2:12 pm

      Beneran gak nyangka yaa…Corona bisa sampai seluruh Indonesia.
      Aku awalnya berpikiran, hanya menjangkiti orang-orang berduit yang gemarnya plesiran ke luar negeri.
      Bersama kumparan, informasi aktual dan terpecaya ada dalam genggaman.

        ardasitepu · June 3, 2020 at 6:31 am

        Iya bener banget mbak, yang plesiran kemarin harusnya lebih waspada apalagi ke luar negeri yang sudah terjangkit virus mbak.

          lendyagasshi · June 9, 2020 at 9:55 am

          Saat ini sudah mencapai hampir 30 ribu irang terjangkiti virus ini dan berita di luar sana sudah semakin mengkhawatirkan.
          Perlu banget menyaring bacaan yang informatif dan sesuai fakta di Kumparan.

Novitania · May 28, 2020 at 6:10 am

Kumparan salah satu acuanku nih mba kalau mau cari berita yang valid kebenarannya. Sumpah udh gerah sama berita berita yanh malah bikin kita tambah stress
Makasih ya mba

    ardasitepu · May 28, 2020 at 3:52 pm

    Iya mbak, semoga bisa dapat informasi yang bermanfaat dari Kumparan ya mbak.

Icha Marina Elliza · May 28, 2020 at 12:05 pm

Sejauh ini kumparan memang menjadi rujukan awak buat ngecheck kebenaran berita yang didapat dari media sosial. Syukurnya begitu dapet info yang valid dari kumparan, langsung awak share kembali biar berimbang

    ardasitepu · May 28, 2020 at 3:53 pm

    Setuju banget mbak, aku juga suka share di wa keluarga atau wa teman2. Asiknya pakai aplikasi ini bisa langsung share wa mbak.

      Icha Marina Elliza · May 30, 2020 at 11:11 pm

      Iya kak, praktis ya kan.. bisa langsung klik tombol share tanpa harus copy paste lagi.

        ardasitepu · June 3, 2020 at 6:31 am

        Iya kak tinggal share langsung sampai di wa grup.

Bundabiya.com · May 28, 2020 at 12:18 pm

aku juga konsumsi berita dari kumparan mbak, karena beritanya kredibel dan nggak banyak bumbu2 yang bikin pusing haha.. yg paling penting yg ditampilkan apa adanya, gak banyak klikbait juga pada judul2nya.

    ardasitepu · May 28, 2020 at 3:53 pm

    Setuju bunda dan memang tanpa iklan berjalan yang kadang buat pusing.

Keke Naima · May 28, 2020 at 12:29 pm

IRT salah satu garda terdepan di rumah. Melindungi anggota keluarga dari wabah ini. Makanya memang harus diusahakan update dan cari info di sumber yang tepat

    ardasitepu · May 28, 2020 at 3:54 pm

    Iya mbak, IRT salah satu garda terdepan yang memang fokus untuk kesehatan keluarga seluruhnya.

Dessy Achieriny · May 28, 2020 at 12:39 pm

Informasinya lengkap sekali mbak, harus banyak gali ilmu juga memang untuk menangkal hoax, baca berita di kumparan jadi terbuka info2 terkini secara real tentang Corona virus ya

    ardasitepu · May 28, 2020 at 3:55 pm

    Bener banget mbak dan aku juga baca di Kumparan itu ya karena infonya update banget setiap saat .

Intan Daswan · May 28, 2020 at 1:41 pm

Aku juga setiap hari pantai berita tentang Covid-19 dari Kumparan. Lebih cepat dan tepat. Pokoknya informasi yang disajikan jauh dari hoaks deh.

    ardasitepu · May 28, 2020 at 3:55 pm

    Wah senang banget nih kalau pakai Kumparan juga jad portal kepercayaan untuk Informasi Corona.

Dian · May 28, 2020 at 11:52 pm

Memang ubtuk cari info ttg covid harus hati hati ya..
Harus yg bebas hoaks, mkanya kumparan jadi tujuan terbaik cari info ttg covid

    ardasitepu · May 29, 2020 at 8:27 am

    Iya mbak, memang harus cari informasi terbaik dan Kumparan salah satu medianya.

      Dian · June 8, 2020 at 11:14 pm

      Benar ya mbak..
      Salah info malah bikin gawat..
      Hoax sama bahayanya dgn covid nya

Ida Tahmidah · May 29, 2020 at 1:13 am

Wah sejak dari awal saya sudah berusaha berdamai…. walau sempat sih ga percaya kenapa harus begitu ketat karena waktu itu masih di masa awal2 dan saya pulang dari LN di bandara sudah diminta karantina mandiri 14 hari..

    ardasitepu · May 29, 2020 at 8:28 am

    Iya mbak berusaha untuk berdamai dengan suasana saat ini, sempat di Karantina ya mbak kemarin.

Lia Yuliani · May 29, 2020 at 7:46 am

Wah, ternyata kumparan lengkap juga, ya, ngasih informasi tentang Corona ini. Pandemi ini sudah berbulan-bulan, rasanya kangen beraktivitas normal seperti sedia kala, tapi harus menyiapkan diri untuk new normal deh, katanya. Suka deh tiap main ke blognya Mbak Arda Sitepu ini, infografisnya keren, isinya juga lengkap dan rinci banget.

    ardasitepu · May 29, 2020 at 8:29 am

    Makasih ya mbak Lia. Semoga Kumparan bisa memberikan informasi terbaik dan juga menyiapkan diri untuk new normal life.

lianny hendrawati · May 29, 2020 at 8:08 am

Duh iya nih, sekarang banyak yang share berita2 tentang corona yang mungkin belum jelas kebenarannya. Dibaca kok malah bikin cemas sendiri, padahal mungkin itu hoax. Jadi sekarang baca berita yang terpercaya aja deh seperti kumparan. Semoga tetap update berita2 yang bukan hoax ya.

    ardasitepu · May 29, 2020 at 8:30 am

    Iya mbak semoga Kumparan selalu memberikan informasi positif dalam setiap update.

Demia · May 29, 2020 at 8:58 am

aplikasi kumparan itu info dan beritanya terpercaya yaaa, biar nggak salah baca berita jugaa, mending baca baca artikel di kumparan aja hihihi

    ardasitepu · May 29, 2020 at 10:42 am

    Bener mbak mending baca dari aplikasi yang sudah terpercaya.

Ainhy Edelweiss · May 29, 2020 at 10:14 am

Salfok sama tampilan blog mba Arda kece banget jd gak bosan bacanya
Btw kt memang butuh media berita yg menangkal hoaks disaat sosmed banyak yg menggunakannya untuk menyebar hoaks ttg Corona

    ardasitepu · May 29, 2020 at 10:42 am

    Iya mbak makasih ya. Semoga kita selalu menjadi perpanjangan tangan untuk memberikan informasi yang terbaik untuk semua orang.

Reni Dwi Astuti · May 29, 2020 at 2:12 pm

Semoga selamat 3 bulan di rumah aja keadaan semakin membaik ya meski di daerah saya di Jawa Timur masih naik terus kurva yang positif. Tapi optimis tetap harus. Kita juga harus tetap menjaga kewarasan diri dengan mengkonsumsi berita dari sumber yang tepat, jangan mudah terprovokasi berita hoaks

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:19 pm

    Amin mbak semoga Indonesia semakin membaik dan pastinya tidak terprovokasi dengan berbagai hoaks yang ada.

Lusi · May 29, 2020 at 6:25 pm

Aku sih dari Januari sudah menganggap ini bahaya banget. Kebetulan anakku punya teman mahasiswa China yang pernah datang ke kampusnya. Dari Januari ketika WHO bilang masker hanya untuk yang sakit, temannya itu udah memperingatkan anakku untuk pakai masker & sarung tangan apapun kegiatannya ketika keluar rumah.

    Nia Haryanto · May 30, 2020 at 2:57 am

    Wuih, dari January ya Maklus. Harusnya sejak itu kita sudah aware. Mungkin sekarang gak separah sekarang. Tapi better late than never deh. Semoga kita semua sekarang waspada. Jangan bandel lagi. Supaya tak ada lagi kluster baru. dan yang sudah positif bias segera sembuh. Semoga pandemic lekas kelar.

      ardasitepu · May 30, 2020 at 4:21 pm

      Bener mbak Nia, cuma memang kecolongan dulu tapi sekarang kita cari solusi dan semoga selesai dalam waktu dekat mbak.

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:20 pm

    Wah iya ya mbak Lusi, saya juga kemarin sempat kuatir karena memang pasti Cina berkenaan dengan Indonesia.

Dizaz · May 29, 2020 at 9:02 pm

Dua bulan lebih sudah terlewati di rumah aja. Semoga kita tetap sehat terus baik fisik maupun pikiran hingga wabah ini mereda ya, kak.
Tentunya dengan tetap update informasi dari dumber yang benar dan terpecaya seperti Kumparan.

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:21 pm

    Amin mbak semoga kita tetap baik dan sehat senantiasa. Berita update cuma di Kumparan mbak.

Lina W. Sasmita · May 29, 2020 at 11:26 pm

Ketiga gejala Corona, Flu dan selesma ini hampir semuanya mirip ya Mbak. Sewaktu corona belum muncul saya malah susah bedakan selesma dengan flu.

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:22 pm

    Iya mbak Lina hampir sama nih ketiganya, untung sekarang saya sudah tahu bedanya.

Nia Haryanto · May 30, 2020 at 2:01 am

Ini banget nih yang jadi sebab aku rajin buka Kumparan. Biar dapet info akurat. Biar gak kemakan hoax. Bikin parno banget sih ya hoax ini. Semoga banyak yang buka Kumparan. Biar hoax2 gak laku. Kesel deh sama yang suka nyebar-nyebar hoax. Kasian mereka yang kemakan mentah2.

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:22 pm

    Itu dia mbak banyak banget yang enggak bertanggung jawab dengan berbagai hoaks mbak.

Herva yulyanti · May 30, 2020 at 2:54 am

Aku sudah mulai batasi baca informasi mana aja yang perlu kubaca mba hehehe jmdemi kewarasan sih yah soalna emang berita corona ini bnyk banget yg sebarin hoaksnya

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:23 pm

    Iya bener mbak, saya juga percaya sama aplikasi ini saya yang update banget.

    Linda Nur Muhaimin · May 31, 2020 at 4:58 am

    Wah horor juga ya klo ada tetangga atau orang dekat yang positif Covid19. Benar2 harus ekstra jaga diri dan keluarga. Tetap beraktifitas positif meski di rumah aja dan harus pilih2 berita banget biar gak stress, menjaga kewarasan heheh. Apalagi menjelang new normal niy, semoga semua bisa menerapkan protokol kesehatan meski nyatanya banyak yang cuek aja. Pada akhirnya cuma bisa jaga diri dan keluarga.

      ardasitepu · June 3, 2020 at 6:32 am

      Iya mbak memang akan segera new normal tapi memang harus tetap menyesuaikan diri dengan protokol kesehatan yang ada.

    Herva Yulyanti · June 4, 2020 at 4:59 am

    Kumparan emang update yah mba, sedih banyak yang kasih berita hoaks yah ditengah pandemi begini sih untung masih ada yang actual terpercaya

RRani yulianty · May 30, 2020 at 4:23 am

Salfok sama font di postingan ini, kece banget, dan bisa dibaca dengan mudah, btw saya pun pilih-pilih info tentangvcorona cari website tepercaya seperti kumparan

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:23 pm

    Makasih mbak hehe. Tetap dong percaya sama Kumparan ya hehe.

RRani yulianty · May 30, 2020 at 4:23 am

Salfok sama font di postingan ini, kece banget, dan bisa dibaca dengan mudah, btw saya pun pilih-pilih info tentangvcorona cari webs/media tepercaya seperti koaran dan banyak info bermanfaatnya

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:24 pm

    Semoga Kumparan selalu bermanfaat untuk kita semua ya mbak.

Rizka Edmanda · May 30, 2020 at 4:35 am

Hal yang paling saya suka dari aplikasi kumparan karena gak ada iklan sih beda banget sama portal media online sebelah mau bukanya aja udah males karena belum apa apa, pop up iklan udah nutupin layar

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:24 pm

    Iya bener banget mbak Rizka enggak ada iklan sama sekali dan enggak buat pusing dengan berbagai pop up itu.

Monica Anggen · May 30, 2020 at 4:36 am

Kumparan merupakan salah satu aplikasi yang jadi bacaanku dan untuk rujukan cari referensi memang. Pemberitaannya lebih oke dan lengkap serta tak memihak. Selain itu, sampai hari ini, Kumparan masih bebas dari hoaks. Terus maju dan sukses ya, Kumparan, dan bisa terus jadi media besar dan terpercaya di Indonesia

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:25 pm

    Kumparan salah satu media besar yang berkembang pesat saat ini mbak. Untuk menjaga kredibelitasnya juga selalu update dan terpercaya.

Uniek Kaswarganti · May 30, 2020 at 5:08 am

Awal-awal pandemi ini masuk ke Indonesia, luar biasa banyak informasi yang beredar di masyarakat. Termasuk sebagian besar hoax yang kemudian dishare berulang kali, menambah keresahan deh.
Ada Kumparan gini jadi terbantu dalam mendapatkan informasi yang benar dan bisa dipercaya.

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:25 pm

    Iya bener mbak, banyak berita sana sini tapi sekarang saya lebih percaya sama satu portal ini saja.

Zia · May 30, 2020 at 5:29 am

Di masa pandemi seperti sekarang ini banyak banget informasi yang tersebar baik di media sosial atau di portal portal berita. hanya kita memang harus memilah secara cerdas jadi netizen yang pintar untuk membaca berita, apalagi seputar informasi korona karena banyak banget informasi yang hoax. Nah, ini salah satunya kumparan portal berita atau informasi yang sering saya kunjungi.

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:25 pm

    Memang harus cerdas memilih berita yang ada di medsos dan sebagainya mbak.

Akarui Cha · May 30, 2020 at 7:14 am

Saya sudah mulai terbiasa dengan PSBB, bahkab sudah nggak terlintas lagi rasa bosan karena di rumah saja belakangan ini.

Lebih tenang juga sebab saya menemukan banyak informasi dari Kumparan.

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:26 pm

    Saya juga mbak e, kadang sudah terbiasa dan buat enjoy aja di rumah sambil cari tahu update dari kumparan setiap hari.

Silvia · May 30, 2020 at 12:05 pm

Aku suka baca kumparan, isinya koperatif, ilustrasinya juga bagus dan menarik. Buat yg malas baca bisa langsung lihat gambar, yg butuh detail bisa baca kolam2 keterangan. Luv

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:27 pm

    Iya mbak, bacaannya enggak banyak2 dan to the point gitu.

Visya Al Biruni · May 30, 2020 at 2:10 pm

Kumparan emang terpercaya utk berita-berita yah Mbak. Up-to-date plus valid juga informasinya terutama soal Corona ini yg kadang bikin orang bingung harus nyari info kemana . Kumparan bisa banget jadi jawaban.

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:27 pm

    Berita valid dan selalu menyenangkan saat baca Kumparan, kapan dan dimana saja jadi enggak was-was lagi sama hoaks yang ada.

Kania · May 30, 2020 at 4:59 pm

Bener banget mba banyak hoax terkait covid ini. Kita harus benar-benar pintar mwnyaring informasi. Syukurlah ada website terpercaya yg bisa menyajikan berita ttg covid tanpa hoax

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:32 am

    Kita bisa menyaring informasi dan sedikit bijak untuk hoaks ini mbak. Saya memang senang banget dengan Kumparan dan update nya mantap.

tukang jalan jajan · May 31, 2020 at 10:35 am

Ngga bisa dihindari, kita berada dalam masa pandemi dan harus tegas dengan protokol kesehatan apalagi orang orang disekitar kita yang lembek.
Tak ada yang mau mengambil resiko jadi kudu ditingkatkan bener bener sih kewaspadaannya

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:33 am

    Iya bener kak, kita harus lebih waspada agar rantai virus ini segera hilang.

Irena Faisal · May 31, 2020 at 12:26 pm

Aku selalu ngga pernah gubris berita corona di wag, baca nya mesti di apps nya kumparan, yg terpercaya dan lengkap

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:33 am

    Iya mbak baca di Kumparan lebih percaya dan update juga.

Nurhilmiyah · May 31, 2020 at 6:45 pm

Hiburan bs dg nonton yutub bareng anakΒ² ya Kak. Ada pelonggaranlah yg kami kasih ke anakΒ² biasanya hanya weekend boleh nonton yutub, sejak pandemi jd hampir setiap hari.

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:34 am

    Iya ya mbak, senang juga tetap ada kebersamaan bareng keluarga khusus anak-anak ya mbak.

elya tami · June 1, 2020 at 12:24 am

Aku alhamdulillah semenjak gabung di group WA nya kumparan,, jadi bisa update tanpa khawatir lagi karena di grouo WA selalu memberi berita terupdate dan no hoaxs.
sempat panik juga sih sebenarnya,mengingat keluarga mamak ada yang tinggal di Jakarta. Melihat berita’ atau media online yang kebanyakan menyuguhkan pemberitaan terlalu berlebihan.

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:34 am

    Wah keren mbak sudah gabung di grup WA Kumparan dan update terus pastinya.

Rani Retnosari Mantriana · June 1, 2020 at 5:01 am

Akupun awal diumumkannya kasus corona di indonesia seketika langsung khawatir, selalu update berita tentang corona, dan jadi serem kalo keluar rumah, beruntung saat itu aku boleh langsung WFH. Sekarang aku udah mulai kalem, meski tetep sesekali harus update beritanya dari sumber terpercaya dan tetep mengikuti protokol kesehatan yang ada.

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:35 am

    Iya mbak cari sumber terpercaya dan selalu waspada ya apalagi di luar rumah.

riadiani · June 1, 2020 at 6:06 am

Aq penggemar baca kumparan juga..isinya bagus dan no hoax apagi berita tentang corona ini kumparan selalu terupdate sekali.

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:35 am

    Toss mbak, aku juga penggemar artikel kumparan karena ringan dan lugas.

ainun · June 1, 2020 at 1:59 pm

awal munculnya berita corona ini, banyak di grup bapak bapak ibu ibu soal berita hoax dan akhirnya nyebar kemana-mana.
aku belum donlot aplikasinya, akan kucoba, selama ini palingan buka lewat websitenya

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:35 am

    Ayuks mbak download aplikasinya karena lebih mudah dan nyaman karena update nya langsung ke notiikasi smartphone.

Antung Apriana · June 2, 2020 at 7:06 am

wah makin keren aja ya fiturnya kumparan. lengkap dan pastinya bebas hoax ya mbak kalau baca berita di kumparan ini

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:36 am

    Iya mbak fiturnya sederhana dan cepat. Saya paling suka apalagi enggak ada iklan berjalan atau pop up jadi asik bacanya.

Vicky Laurentina · June 3, 2020 at 2:16 am

Kumparan sebetulnya menyenangkan sebagai website berita. Layout-nya menarik. Interface-nya bagus. UX Design-nya bagus. Tapi saya sendiri sudah terlalu resisten terhadap berita Corona sekarang, sehingga kalau ada teaser tentang Corona, langsung saya skip.

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:37 am

    Iya ya mbak, pakai Kumparan selalu lebih update apalagi designnya cocok untuk saya sebagai pembaca berita.

artha · June 4, 2020 at 12:05 am

saya udah gak mau baca berita dari link2 yg bertebaran di sosmed kecuali dr kumparan. sebab di media lain kan berita diblow up yg serem2 ajah. jd pesimis bacanya kan

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:50 pm

    Iya mbak Artha karena saya juga sudah punya aplikasi Kumparan jadi baca berita dari Kumparan terus.

Anisa Deasty Malela · June 4, 2020 at 2:18 am

Kita mesti rajin menyaring semua berita yang ada ya Moms, ada baiknya tidak panik dan selalu berpikiran positif saat menghadapi keadaan saat ini

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:51 pm

    Iya enggak perlu panik di masa pandemi gini mbak harus selalu berpikiran positif dan tetap tenang selalu ya mbak.

Diah Alsa · June 4, 2020 at 5:56 am

Naah, paling ganggu ya emang kalau pas serius baca ehh pop up muncul atau iklan berjalan ada, huhuh, kudu scroll2 lagi kan jadinya. Kumparan emang pas nih ya jadi idola baru IRT kayak kita ini tuk update berita πŸ™‚

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:52 pm

    Kumparan memang enggak pernah ada pop up dan jadi baca berita atau artikelnya lebih nyaman dan tenang ya mbak.

nessa · June 4, 2020 at 6:27 am

informasinya lengkap banget kak, kumparan selalu on update di handphone , karena emang paling enak bacanya., apalagi untuk berita mengenai covid , harus dari media yang terpercaya..

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:54 pm

    Iya mbak karena ada khusus tentang Pusat Informasi Corona mbak jadi tinggal klik maka kategorinya langsung muncul.

Diah Alsa · June 4, 2020 at 5:49 pm

sebagai IRT, kita harus update berita juga ya Kak, apalagi tentang corona ini, secara banyak banget berita seputaran ini yang dishare sana sini, harus bisa disharing dan dicek kebenarannya ya, syukurnya ada aplikasi kumparan ini yang bisa buat IRT jadi gak kudet berita ya πŸ™‚

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:55 pm

    Iya bener banget mbak sekarang IRT enggak perlu kudet lagi berkat Kumparan dengan berbagai berita yang diberikan.

Triani R · June 4, 2020 at 10:43 pm

Waspada perlu, cari informasi perlu. Bertindak yang benar juga perlu. Lagi prihatin banget dengan ulah beberapa influencer yang ngasih info sesat tentang korona. Mereka nggak pernah baca Kumparan kali, ya.

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:55 pm

    Iya mbak sedih banget kalau sampai ada influencer yang sesat kasih berita apalagi terkait corona mbak.

Rizkha andhini · June 6, 2020 at 12:21 am

aq dah mulai slow utk keluar rumah, tapi tetap mengikuti prosedur memakai masker & sering mencuci tangan, walaupun rumah aq dekat sekali dgn RS.sementara covid yg diwisma atlit, spsertinya aq sudah mulai berdamai dgn keadaan wlaupun anak2 tetap tdk boleh keluar rmh

Milda Ini · June 6, 2020 at 1:14 am

perlu banget update informasi, naun harus dari sumber yang terpercaya, kayak update soal korona ini, jangan sampai kita slaah sumber, bagusnya dari kumparan aja salah satunya

Marfa · June 6, 2020 at 1:20 am

Aku juga senang kalau membaca berita terupdate atau informasi di kumparan karena bukan click bait, tampilannya bagus, dan kalau mau cari info atau berita serupa tinggal klik label tag aja. Dari pada baca berita yang belum jelas gitu kan mending ke web aja langsung kaya kumparan πŸ˜€

Susindra · June 6, 2020 at 5:05 pm

Kumparan makin baik level jadi media nasional yang rekomended dalam menangkap hoax.
Saya jarang cari berita tentang corona, tapi memang harus dari yg terpercaya, kalau cari info. Kumparan bisa jadi salah satunya sekarang

Wenda · June 7, 2020 at 12:46 am

Bagus banget infonya kakak sangat perlu buat kita nih karena kesel kalo ada berita hoaks yg menyesatkan

Bundabiya.com · June 7, 2020 at 3:12 am

aku sekarang cuma ngefollow dan instal app kumparan aja nih, mbak. soalnya beritanya to the point, nggak pake judul2 yg klik bait juga jadi gak bikin pusing dan terlalu stress bacanya πŸ˜€

Dani Ristyawati · June 8, 2020 at 3:21 am

Kumparan juga salah satu portal media yang aku baca soalnya insyaallah terpercaya..semoga penyebaran hoax di negeri ini bisa berangsur berkurang ya..soalnya bikin resah kalau sampai info yang tersebar tidak benar

RianaDewie · June 9, 2020 at 11:20 am

Setuju mbak, saya jg sangat butuh hiburan. Karena kalau gak diimbangi dg aktivitas fun, mungkin udah stress dari kmrn. Ttp bahagia & mikir positif

Ida Tahmidah · June 9, 2020 at 11:40 am

Wah mantaps ya bisa dijadikan referensi terpercaya nih kalau perlu informasi terkait korona…

Meilia Wuryantati · June 9, 2020 at 3:32 pm

Setuju kita mesti bener2 pinter memilah, jangan terpengaruh berita hoaks. Apalagi ditengah kondisi Pandemi Corona seperti sekarang ini. Aku pun dah pakai lho aplikasi kumparan, suka sih, beritanya update dan terpercaya. Bebas hoaks deh

Ubay · June 10, 2020 at 12:38 am

Info yang gak akurat sangat banya beredar saat pandemi buat takut dan binggung. Jadi perlu bijak dalam milih dan baca infotmasi di era digital

Miskah khairani · June 11, 2020 at 12:29 pm

Wh bener bgt di masa kaya gini banyak bgt hoax ya. Makasih atas info appnya nih

Lia · June 16, 2020 at 2:55 am

Sebaik-baiknya cara menghindari virus Corona adalah mempersiapkan perlindungan diri yang terbaik dari sisi kesehatan, kebersihan, ketenangan diri dan perlindungan dengan alat pelindung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!