Dari dulu saya tidak pernah berpikir untuk mendalami bisnis online. Apalagi berhubungan dengan dunia digital dan menjajakan berbagai barang dagangan. Kemampuan untuk berjualan sangat minim apalagi pemasaran produk melalui digital terlebih sosial media.

Kehadiran pandemi di Indonesia menjadi latar belakang saya dalam menjalani bisnis online. Di saat secara total memutuskan menjadi seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) dan  sepenuhnya mengurus keluarga.

Awal mula saat menjadi seorang IRT ada perasaan takut karena tidak lagi mendapatkan gaji secara bulanan. Kemudian harus menetap di rumah sepanjang hari, padahal karakter yang dimiliki harus bekerja di luar ruangan.

Terlebih pandemi yang berkepanjangan memaksa untuk tetap di rumah. Hampir 2 tahun pandemi di Indonesia membuat perekonomian pun melemah termasuk pendapatan keluarga.

Mau tidak mau, IRT ini harus berpikir keras untuk menambah penghasilan untuk membiayai uang sekolah, kebutuhan sehari-hari dan juga beberapa cicilan aset yang telah dimulai sebelum pandemi hadir. Kebutuhan pun semakin meningkat terlebih untuk anak-anak yang belajar daring atau belajar dari rumah.

Belajar online terpaksa menggunakan laptop serta kuota yang harus dipenuhi setiap kali pembelajaran. Pengeluaran yang meningkat seolah menjadi keran yang sangat lebar terbuka dan mengalir deras sedangkan sumber pemasukan menjadi kecil.

Alhasil, akhir tahun 2020 saya memutuskan untuk memulai berjualan secara online. Menggunakan tabungan dana darurat untuk modal awal. Sama dengan pelaku bisnis umumnya, memulai sebuah usaha tidaklah mudah.

Bisnis Online

Apalagi persaingan secara online begitu banyak, teknik pemasaran belum dikuasai maka perasaan maju mundur selalu menyelimuti pikiran. Namun, saat terjun langsung ke bisnis online  maka perlahan memberanikan diri untuk bermimpi lebih tinggi.

Dewasa ini, banyak pengusaha muda yang sukses dimulai dari bisnis online. Tak hanya mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan penghasilan yang didapatkan melebihi ekspetasi. Oleh karena itu, saya bermimpi dikemudian hari memiliki usaha online besar dan menjangkau banyak pasar dari seluruh wilayah Indonesia.

Ternyata pandemi yang sangat dibenci di awal kehadirannya setidaknya saat ini memiliki nilai positif lain yaitu memaksa saya untuk usaha online dan bermimpi menjadi pengusaha yang sukses di masa depan. Tentunya perjuangan yang dihadapi hari ini menjadi proses pembentukan yang baik.

Di samping, memiliki kemauan, semangat serta tekad dalam menjalankan usaha online maka dibutuhkan perangkat yang mumpuni dalam mendukung pembukuan dan cek stok barang. Apalagi ratusan pakaian dan tas yang masuk setiap minggu.

Salah satu pendukung kesuksesan bisnis online adalah memiliki perangkat yang mendukung seperti:

  1. Display Room

Awal memulai bisnis online salah satu bagian yang terpenting adalah display room. Apalagi saat ini berjualan online secara live sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Sehingga Display room menjadi perangkat awal dalam mendukung kelancaran usaha apalagi tempat tersebut menjadi spot foto dari barang dagagan.

  1. Gudang/Rak Penyimpanan

Tempat atau perangkat selanjutya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha online adalah gudang atau rak penyimpanan. Gudang atau rak ini berfungsi untuk menyimpan stok barang. Sehingga memudahkan pengusaha online untuk mencari

  1. Perlengkapan Packing

Selain memiliki tempat untuk semua barang jualan, salah satu perlengkapan yang harus dimiliki adalah perlengkapan packing seperti plastik, lakban,bubble wrap dan sebagainya.

  1. Smartphone

Perlengkapan selanjutnya adalah memiliki smartphone. Umumnya untuk bisnis online dibutuhkan 2-3 buah smartphone untuk menangangi berbagai penjualan. Apalagi no.hape pribadi tidak dapat disamakan dengan bisnis agar tidak terganggu.

  1. Laptop

Perangkat terakhir yang harus dimiliki adalah laptop yang mampu mencatat berbagai pemasukan, pengeluaran serta daftar stock barang setiap minggu atau bulan.

Demikian kelima perangkat yang harus dipersiapkan jika ingin memulai usaha online. Bersyukur setahun menjalani usaha online sudah membuahkan hasil dengan bertambahnya omset dan keuntungan. Di samping perangkat tersebut salah satu yang perlu dimiliki dalam memulai usaha adalah modal. Tentunya, modal didapatkan dengan berbagai cara, salah satu cara yaitu dengan Kredit Online di Tunaiku.

Credit Online

Tunaiku merupakan pinjaman online tanpa jaminan yang merupakan produk dari Bank Amar yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak 2014. Tunaiku memperioritaskan keamanan informasi serta sudah meraih sertifikasi ISO 27001.

Berikut 3 (tiga) hal yang membuat Tunaiku menjadi pilihan yang tepat dalam pengajuan kredit secara online:

  1. Pengajuan yang Praktis

Cukup dengan KTP, tidak perlu NPWP, kartu kredit, disertakan hasil persetujuan pinjaman yang cepat.

  1. Pinjaman Besar dan Ringan

Jumlah pinjaman yang besar hingga 20 juta dalam jangka waktu cicilan panjang 20 bulan.

  1. Aman serta Transparan

PT Bank Amar Indonesia, Tbk terdaftar dan diawasi oleh OJK Indonesia sejak 2014, tanpa biaya tersembunyi.

Oleh karena itu, untuk mengajukan kredit online cukup memenuhi syarat berikut:

  1. Usia 21 sampai 55 tahun
  2. Warga Negara Indonesia (WNI)
  3. Memiliki rekening bank
  4. Memiliki pekerjaan atau penghasilan
  5. Alamat KTP atau berdomisili di area layanan Tunaiku.

So, tunggu apalagi buat teman-teman yang ingin segera mulai bisnis online yuks mulai menambah penghasilan dengan berbagai peluang dan kesempatan yang ada di masa pandemi ini. Nah, untuk tambahan modal langsung aja hubungi Tunaiku atau cek and ricek di website resmi Tunaiku.

Categories: All Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!