Penghasilan Tambahan IRT untuk Pendidikan Anak

Kehadiran seorang anak merupakan anugerah yang luar biasa dari Sang Pencipta untuk sepasang suami-istri. Saat putri sulung hadir, kebahagiaan mewarnai hari-hari. Kehadirannya seumpama matahari pagi yang hangat menyinari keluarga. Senyumannya mendamaikan seisi rumah.

Oleh karena itu, sebagai orang tua selalu memperhartikan tumbuh kembang anak. Mulai dari pertumbuhan fisik maupun perkembangan motorik dan sensorik yang ada pada anak. Di samping itu, memberikan nutrisi agar anak selalu mencapai pertumbuhan yang baik.

Selain memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangannya, saya dan suami memikirkan kebutuhan pendidikan anak di masa depan. Oleh karena itu, banyak hal dilakukan dalam memberikan yang terbaik untuk anak-anak.

Berbicara soal dunia pendidikan, saat ini hal yang paling dikhawatirkan adalah sekolah yang terbaik serta biaya yang harus dipersiapkan. Pasalnya, biaya pendidikan yang bertambah setiap tahunnya.

Jika melihat kondisi keuangan maka penghasilan dari suami tidaklah cukup untuk berinvestasi untuk mendapatkan biaya pendidikan tinggi di masa depan. Sehingga sebagai seorang ibu, yang full time di rumah berusaha untuk menambah penghasilan.

Blogger

Bagi sebagian ibu yang berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) banyak hal yang dapat dilakukan dalam rangka menambah penghasilan dari rumah. Berikut 4 (empat) kegiatan yang saya lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan:

  1. Penulis/Blogger

Menjadi seorang penulis atau blogger adalah salah satu profesi yang dapat menambah penghasilan. Seperti mengulas produk berupa barang dan jasa. Penghasilan yang didapat bervariasi namun jika dengan tekun dilakukan maka penghasilan tersebut dapat diinvestasikan menjadi biaya pendidikan anak di masa depan. 

  1. Social Media Influencer

Pekerjaan tambahan kedua di dunia digital yang juga menghasilkan adalah sebagai social media influencer. Pekerjaan ini banyak ditekuni oleh IRT yang hanya fokus dari rumah. Penghasilan yang diterima juga baik serta dapat sebagai tambahan investasi.

  1. Berjualan

Pekerjaan selanjutnya yang saya lakukan adalah berjualan. Semenjak pandemi hadir, semua kebutuhan meningkat. Perekonomian semakin sulit dan penghasilan dari suami saja tidak cukup memenuhi kebutuhan keluarga. Oleh karena itu, pekerjaan tambahan yang dilakukan adalah berjualan secara online.

Produk yang saya jual berupa batik, daster, baju kebutuhan sehari-hari. Di samping itu, menjual berbagai tas dan dompet yang dibutuhkan wanita. Alhasil, semenjak berjualan penghasilan meningkat dan juga masih bisa mengurus dan memenuhi kebutuhan keluarga. 

  1. Membuka Jasa Konsultan Online

Latar belakang sebagai sarjana perpajakan membuat saya memiliki keuntungan karena dapat bekerja sebagai konsultan perpajakan secara online. Pekerjaan ini cukup baik karena sangat dibutuhkan dalam menghitung maupun membantu orang pribadi/perusahaan dalam menyelesaikan masalah perpajakannya.

Penghasilan dari jasa konsultan online secara tidak langsung memberikan penghasilan yang cukup tinggi. Namun, pekerjaan ini tidak selalu didapatkan secara rutin.  

Demikian 4 (empat) pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan dalam rangka menambah penghasilan. Bersyukur penghasilan tersebut diharapkan diinvestasikan untuk pendidikan tinggi anak di masa depan.

Pentingnya Pendidikan Tinggi & Biaya Pendidikan Anak

Kinata Velda

Berbicara soal biaya pendidikan anak, saat ini putri sulung saya memasuki dunia pendidikan Sekolah Dasar. Sebelum masuk SD, saya berusaha mencari sekolah yang terbaik di kota tempat tinggal.  

Salah satu SD yang cukup terkenal dan bagus dalam memberikan materi pelajaran anak adalah sekolah swasta. Sekolah ini cukup terkenal dan menghasilkan anak-anak yang terampil. Namun, kembali pada biaya pendidikan anak yang tentunya tidak murah.

Untuk pertama kali sekolah saja harus mengeluarkan dana jutaan rupiah. Demikian dengan uang sekolah bulanan yang mencapai Rp500.000,-. Hal ini yang membuat saya berpikir keras dan cerdas untuk memenuhi setiap biaya pendidikan yang dibutuhkan.

Bayangkan jika masih SD saja sudah menghabiskan jutaan rupiah untuk biaya pendidikan maka tentunya di masa depan aka jauh lebih tinggi. Apalagi untuk biaya kuliah yang mencapai puluhan juta dalam setiap semester.

Bersyukur pada 8 Juli 2021 kemarin saya mengikuti webinar dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia menyampaikan bahwa membekali anak dengan pendidikan yang memadai menjadi penentu bagi lahirnya sumber daya manusia berkualitas.

Prudential Indonesia

Penjelasan dan pengalaman yang disampaikan Jens Reisch membuka mata pikiran saya untuk selalu berjuang memenuhi biaya pendidikan anak-anak di masa depan. Apalagi pendidikan tinggi membuat anak-anak semakin berdaya dan dapat memenuhi kebutuhannya di masa depan dengan baik.

Studi mengatakan bahwa 74,7% masyarakat mengaku masih menempatkan pendidikan sebagai prioritas pengeluaran utama. Namun, hanya sedikit orang tua yang memiliki perencanaan finansial karena berdasarkan survei baru 25% masyarakat yang mempersiapkan perlindungan untuk pendidikan anak.

Melalui webinar ini saya juga mendapatkan penjelasan baru dari Ivan Ahda, Pegiat Pendidikan dan Ketua Jaringan Semua Murid dan Semua Guru. Beliau menjelaskan bahwa pentingnya peranan orang tua untuk menyediakan akses ke pendidikan yang lebih tinggi bagi anak-anak.

Skema Pekerjaan Masa Depan

Ivan Ahda juga menjelaskan bahwa 8 dari 10 pekerjaan membutuhkan high demand, karena banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan pendidikan keterampilan yang lebih baik. Sehingga pendidikan melalui perguruan tinggi akan menghasilkan anak-anak yang lebih terampil.

Terdapat 3 (tiga) dampak positif ketika anak-anak mendapatkan pendidikan tinggi yang lebih baik:

  1. Ekonomi Meningkat

Pada umumnya, pendidikan yang tinggi akan mendapatkan salary yang lebih tinggi pula. Sehingga ekonomi meningkat dan jarang menganggu karena pola pikir lebih kreatif dan dapat memenuhi standar pekerjaan yang dibutuhkan.

  1. Sumber Daya Manusia Unggul

Universitas menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Apalagi jika universitas tersebut diakui dan mampu menyediakan pendidikan terbaik sesuai dengan keahlian mahasiswanya.

  1. Kesejahteraan Meningkat

Setiap anak yang lulus dari perguruan tinggi secara tidak langsung akan kreatif untuk berusaha atau bekerja di sebuah perusahaan. Secara tidak langsung memiliki gelar sarjana berkorelasi positif dengan kesehatan (namun tetap  dipengaruhi oleh jurusan kuliah).

Sehingga setiap orang tua akan mengusahakan berbagai kebutuhan anak, khususnya biaya pendidikan yang cukup tinggi. Skema di bawah ini menunjukkan realita kebutuhan financial pendidikan yang cukup tinggi di masa depan.

Biaya Pendidikan Masa Depan

Sehingga penghasilan yang didapatkan dari berbagai kegiatan yang dilakukan setiap hari adalah untuk mempersiapkan biaya pendidikan tinggi. Menurut penjelasan Ivan Ahda, setiap rumah tangga butuh mempersiapkan biaya pendidikan tinggi.

  1. Rata-rata pekerja lulusan perguruan tinggi memperoleh gaji sekitar 60% lebih tinggi daripada lulusan sekolah menengah.
  2. Dengan 4 tahun untuk menyelesaikan gelar sarjana angka ini menunjukkan bahwa pengembalian ke pendidikan tinggi secara implisit sekitar 15%.
  3. Dibutuhkan setidaknya 14 tahun waktu kerja untuk mengimbangi investasi dalam mendapatkan gelar sarjana.

Oleh karena itu, orang tua sebaiknya sedini mungkin mempersiapkan pendidikan tinggi anak dengan tips sebagai berikut:

  1. Menemukan dan menggali potensi belajar
  2. Eksplorasi peluang karir dan trend kemajuan masa depan
  3. Mencari informasi beasiswa pendidikan
  4. Mempersiapkan biaya pendidikan sedini mungkin (inflasi atau tenggat waktu persiapan.

Bicara soal mempersiapkan pendidikan dengan mengikuti inflasi masa depan maka salah satu program yang akan saya ikuti adalah PRUCerah dari Prudential Indonesia.

PRUCerah Bekal Dana untuk Masa Depan Anak

Himawan Purnama, Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia menyampaikan bahwa strategi yang dapat mengantisipasi risiko biaya serta proteksi dibutuhkan karena pandemi membuktikan bahwa beragam risiko kehidupan berpotensi menghambat atau menghentikan keberlangsungan pendidikan tinggi anak.

PRUCerah merupakan jawaban bagi orang tua Indonesia dengan berbagai manfaat yang didapatkan mulai manfaat dana pendidikan, manfaat bebas kontribusi termasuk yang disebabkan oleh kondisi kritis, manfaat unggulan yang tidak dimiliki oleh produk sejenisnya.

PRUCerah juga ditujukan bertujuan bagi orang tua yang berusia (19-55) tahun yang sedang mempersiapkan pendidikan anak (1-18) tahun. Menariknya lagi, PRUCerah memberikan kontribusi yang fleksibel yaitu selama 5 tahun hingga anak mencapai jenjang pendidikan tinggi.

PRUCerah Solusi Terbaik

PRUCerah merupakan jawaban bagi orang tua Indonesia dengan berbagai manfaat yang didapatkan mulai manfaat dana pendidikan, manfaat bebas kontribusi termasuk yang disebabkan oleh kondisi kritis, manfaat unggulan yang tidak dimiliki oleh produk sejenisnya.

PRUCerah juga ditujukan bertujuan bagi orang tua yang berusia (19-55) tahun yang sedang mempersiapkan pendidikan anak (1-18) tahun. Menariknya lagi, PRUCerah memberikan kontribusi yang fleksibel yaitu selama 5 tahun hingga anak mencapai jenjang pendidikan tinggi.

Himawan Purnama juga menyampaikan bahwa biaya pendidikan jenjang S1 untuk 15 tahun ke depan akan cukup tinggi secara keseluruhan. Dalam menuju perjalanan tersebut mulai dari pendidikan anak sampai kepada persiapan pendidikan tersebut akan banyak sekali risiko yang akan dihadapi orang tua seperti kondisi kritis, cacat total atau meninggal dunia.

Ketika persiapan pendidikan anak sudah baik namun di tengah jalan orang tua mengalami kondisi kritis maka perjalanan pendidikan tersebut akan berhenti. Kemudian bagaimana nasib anak yang tentunya akan berhenti di tengah jalan karena tidak ada persiapan investasi yang baik.

Oleh karena itu, orang tua setidaknya memiliki persiapan yang baik agar perjalanan pendidikan dapat terus berjalan walaupun orang tua dalam kondisi yang tidak baik. Sehingga kita mempersiapkan sebuah asuransi PRUCerah yang merupakan asuransi berbasis tradisional.

Produk PRUCerah ini  sangat sederhana dan menerima manfaat yang sangat baik. Sistemnya membayar kontribusi hingga 5 tahun atau hingga masuk pendidikan tinggi. Nah, bayar kontribusinya dapat dipilih sesuai dengan yang diinginkan.

Menariknya, manfaat yang diterima berupa manfaat sekaligus, manfaat berkala bulanan, tambahan manfaat berkala tahunan, tambahan manfaat akhir kepesertaan. Jika terjadi risiko terhadap pencari nafkah misalkan meninggal dunia sebelum selesai kuliah maka sisanya untuk ke depan akan dibayarkan oleh PRUCerah. Sehingga risiko yang terjadi maka dana pendidikan pun tetap terjaga dan pendidikan anak dapat tercapai.

Oleh karena itu, kehadiran PRUCerah membantu orang tua dan anak-anak dalam mewujudkan pendidikan yang terbaik serta melindungi risiko yang mungkin terjadi bagi orang tua dalam mencari biaya pendidikan tersebut. PRUCerah menjadi solusi terbaik untuk bekal dana pendidikan anak di masa depan.  

Categories: All Post

45 Comments

Bibi Titi Teliti · August 12, 2021 at 1:45 pm

Wah, Prudential emang selalu terus berinovasi dengan berbagai program kecenya yaaah
Baru tahu nih tentang PruCerah yang bisa membantu para orangtua merencanakan dana pendidikan buat anak2 nih

    ardasitepu · August 20, 2021 at 3:31 am

    Bener banget mbak PRUCerah adalah sebuah solusi untuk pendidikan anak di masa depan.

nurulrahma · August 12, 2021 at 2:08 pm

Sambut masa depan cerah bersama PRUCerah!
Keren banget ini konsepnya
bener2 mendukung anak Indonesia utk menggapai pendidikan setinggi mungkin ya.

    ardasitepu · August 20, 2021 at 3:32 am

    Apalagi biaya pendidikan meningkat setiap tahunnya mbak. Jadi hal ini sangat penting.

gina · August 13, 2021 at 4:38 am

kesadaran akan kebutuhan pendidikan anak-anak kita, selayaknya dimiliki oleh setiap orang tua. Semoga kita diberikan semangat dan kesehatan dalam mewujudkannya

    ardasitepu · August 20, 2021 at 3:32 am

    Amin mbak e. Memang perlu adanya kesadaran dini untuk pendidikan anak.

      Gina · August 22, 2021 at 12:24 am

      tapi konsistensi itu lho ya agak susah, apalagi IRT harus pandai mengelola keuangan. Bayar ini itu, bikin pucink banget lho hahaha

winda - dajourneys.com · August 13, 2021 at 8:56 am

waaah dedek cantik udah masuk SD hehee bener banget mba, jaman sekarang asuransi pendidikan tuh penting banget

    ardasitepu · August 20, 2021 at 3:33 am

    Iya mbak udah SD dan semakin semangat untuk mengumpulkan biaya pendidikan si kakak.

      winda - dajourneys.com · August 20, 2021 at 12:12 pm

      bener mba, harus mulai dari sekarang, kalau pas SMA udah terlambat buat ngumpulin biaya kuliahnya ya 🙂

Mechta · August 13, 2021 at 9:51 am

Waah..si kakak sudah SD ya..tak terasa waktu berlalu ya mba.. Dan setuju sekali bahwa biaya pendidikan anak merupakan salah satu hal yg mesti disiapkan sejak dini. Untung ada PRUCerah ya.. Siip deh..

    ardasitepu · August 20, 2021 at 3:33 am

    Ya mbak sebuah program yg baik apalagi menganut sistem tradisional.

Tuty Queen · August 13, 2021 at 3:59 pm

Salut banget dengan Prudential yang punya banyak program asuransi termasuk asuransi pendidikan. Penting banget nih dana pendidikan anak dipersiapkan sejak dini, mengingat biaya pendidikan setiap tahun yang selalu naik.

    ardasitepu · August 20, 2021 at 3:34 am

    Pas banget mbak, kadang harus dipaksa untuk mengumpulkan biaya pendidikan sedini mungkin.

Ria Nugros · August 13, 2021 at 4:15 pm

Bagus nih PRUCerah bisa membantu para orang tua untuk merancang dana pendidikan anak-anaknya

    ardasitepu · August 20, 2021 at 3:35 am

    Kudu diaplikasikan untuk pendidikan anak yg lebih baik.

lianny · August 13, 2021 at 10:39 pm

Dana pendidikan untuk anak memang harus dipersiapkan sejak dini ya karena memang butuh biaya yang tidak sedikit, apalagi biaya untuk anak kuliah nanti.
PruCerah bisa jadi salah satu sarana nih untuk persiapan dana pendidikan anak, manfaatnya juga banyak ya.

    ardasitepu · August 20, 2021 at 3:35 am

    Biaya kuliah di masa depan itu sangat besar jd dr sekarang kudu menabung.

Ainhy E · August 13, 2021 at 11:18 pm

Sebagai IRT saya memanfaatkan peluang usaha secara online ntuk bsa mendapatkan penghasilan, supaya bisa menyisihkan biaya pendidikan bantu suami. Suka sekali dengan program PruCerah ini, sy tertarik banget mencobanya

    ardasitepu · August 20, 2021 at 3:36 am

    Bener banget mbak. Apalagi kalau menambah penghasilan secara online sangat membantu kita untuk mengumpulkan biaya pendidikan anak.

Lita Chan Lai · August 14, 2021 at 12:26 am

bicara sekolah anak emang harus diperjuangkan demi masa depan yang baik bagi mereka. dipersiapkan sejak dini. Asuransi PRUcerah membantu sekali masyarakat yg inginkan pendidikan anaknya hingga capai cita2nya. pilihan yg tepat banget nih bagi orangtua saat ini.

Ida Tahmidah · August 14, 2021 at 1:10 am

Wah iya jadi ibu rumah tangga memang harus bisa berpenghasilan walau di rumah ya supaya tidak tergantung banget pada suami …. alhamdulillah banyak lahan untuk berusaha tinggal kitanya aja kreatif dan selalu bersemangat ya…

    Ida Tahmidah · August 22, 2021 at 4:05 am

    Yang penting kitanya memang harus selalu kreatif ya Mba….itu memang hal yang urgent di masa pandemi ini…

Nchie Hanie · August 14, 2021 at 2:15 am

Solusi banget di jaman sekarang biaya pendidikan yang lumayan besar, namun pengen memberikan yang terbaik buat anak2 ya Mba untuk masdepnya.
PRUCerah dengan banyak manfaatnya, nah aku suka karena manfaatnya produk ini yg diterima bisa Flexible sesuai kebutuhan , mau sekaligus,berkala ataupun tahunan.

Uniek Kaswarganti · August 14, 2021 at 3:25 am

Biaya pendidikan tuh memang tinggi ya mba, harus mulai persiapan dari sekarang. Bagus banget nih Prudential punya program ini. Kita jadi bisa melindungi kepentingan pedidikan anak di masa depan.

Noorma · August 14, 2021 at 3:51 am

sehati banget dengan apa yang aku rasakan juga mbak

jadi IRT kudu tangguh gitu kan ya, butuh penghasilan yang bisa utruk biaya ini itu termasuk biaya sekolah anak

Natara · August 14, 2021 at 4:13 am

Insya Allah selalu ada jalan buat mewujudkan mimpi nyekolahin anak tinggi-tinggi ya kak, Bismillah aja

lendyagassi · August 14, 2021 at 11:26 am

Melihat bagan pertumbuhan biaya pendidikan anak itu, kita jadi bisa memperhitungkan ketika anak-anak usia kuliah, berapa tahun lagi dengan kenaikan biaya sekian.
Sungguh terbantu bila menyiapkan dana pendidikan sejak kini.

    Nunu Halimi · August 22, 2021 at 12:59 am

    Sebagai orangtua ,tiap kali ada pembahasan dana pendidikan anak, rasanya gimana gitu, sedikit banyak ada kekhawatiran nggak bisa memenuhi saat waktunya tiba, belum lagi kebutuhan lain juga banyak dan sama penting. Perencanaan memang kunci yaa untuk mengikis kekhawatiran

    Uniek Kaswarganti · August 22, 2021 at 2:56 am

    Iya loh, inflasi aja pertumbuhannya tiap tahun berapa persen tuh. Klo kita tidak menyiapkan proteksi kayak gini, duuh ga kekejar deh dana pendidikan yaa..

Dw · August 14, 2021 at 1:49 pm

Baru tahu mb arda buka jasa konsultasi pajak sekarang ga bingung lagi deh mau tanya kemana, salut sama mba arda yang udah nyiapin dana pendidikan anak sedari dini semoga saya jg bisa menyusul

Sovi Nur Wakhidah · August 21, 2021 at 2:06 am

Pendidikan sangat penting jika kita ingin mengubah dunia. Bahkan menurutku, bagi mereka yang bercita-cita ingin menjadi Ibu Rumah Tangga yang baik pun perlu pendidikan tinggi loh. Jadi investasi dana untuk pendidikan sangat dibutuhkan. Apalagi tambah tahun, biaya pendidikan tambah naik.

Farida Asadi · August 21, 2021 at 7:03 am

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya terutama dalam hal pendidikan. Menyiapkan asuransi pendidikan untuk anak memang penting ya, Mbak. Karena semakin hari semakin mahal biaya untuk pendidikan.

YSalma · August 21, 2021 at 1:24 pm

Semakin keren aja Prudential, membantu para ortu memperdiapkan perencanaan biaya pendidikan anak dgn PruCerah. Ntar tiba waktunya kuliah tinggal pilih tempat kuliah yg sesuai minat anak, biayanya gak pusing lagi.

Yuniari Nukti · August 21, 2021 at 3:15 pm

Prudential banyak banget ya programnya, yang ini bagus lho buat persiapan pendidikan anak-anak setelah masuk jenjang kuliah. Biaya SD aja sekarang mencapai setengah juta ya, nanti SMA berapaa

Bia direncanakan mulai sekarang ya mbak

nyi Penengah Dewanti · August 22, 2021 at 12:29 am

Semoga kita semua sebagai orangtua bisa menabung biaya pendidikan untuk anak ya mba, kakak udah gede yeee selamat belajar ya Kak. Belajar yang rajin dan terus berprestasi

nurulrahma · August 22, 2021 at 1:08 am

Biaya pendidikan selalu naik naik ke puncak gunung
kena inflasi dll dst nya
pilihan terbijak, ortu memang kudu menyiapkan sedari dini.
Aakk, untunglah ada PRUCerah

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com · August 22, 2021 at 2:43 am

Orang tua memang seharusnya memikirkan biaya pendidikan anak sedini mungkin ya mbak. Apapun deh sebaiknya dilakukan asal halal cari sampingannya. Mengamankan dana dengan asuransi juga baik supaya ada jaminan finansial ke depan ya.

Lidya · August 22, 2021 at 3:34 am

Sebagai orang tua kita wajib memenuhi hak anak ya termasuk di dalamnya pendidikan. Makanay perlu banget menyiapkan dana pendidikan ya mbak, apalagi jaman sekarang biayanya ga murah. Ada PRUCerah yang bisa membantu kita menyiapkan dana masa depan anak. Wah si cantik udah SD ternyata ya mbak Arda

Emanuella Christianti · August 22, 2021 at 3:44 am

Aku juga nasabah prudential ni mbak…. untuk asuransi jiwanya, tapi untuk dana pendidikan aku kelola sendiri. Namun apapun strrateginya aku setuju, memang dana pendidikan adalah satu yang harus disiapkan baik baik ya…. semangaaattt!!!

Novitania · August 22, 2021 at 4:17 am

aku sendiri sudah mulai memikirkan dana pendidikan anak ke depannya nih kak, karena ya seperti kita tahu, biaya pendidikan terus naik tiap tahunnya. ga kebayang nanti pas kuliah gimana. makanya lagi coba cari info tentang PruCerah nih

Monica Anggen · August 22, 2021 at 4:53 am

Aku IRT yang sejak 2013 memutuskan kerja dari rumah karena memang banyak peluang yang bisa dikerjakan asalkan bermodalkan internet. Ini malah bisa bantu untuk siapkan dana pendidikan anak juga. Jadi sambil kerja, bisa sambil urus anak dan keluarga. Buatku ini jauh lebih menyenangkan

Arinta Adiningtyas · August 22, 2021 at 5:02 am

Dana pendidikan anak-anak memang jadi satu hal yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Tentu kita ngga ingin saat anak harus melanjutkan pendidikan nanti, pilihan-pilihannya jadi terbatas karena dana yang belum terpenuhi. Kasihan anaknya kan.

Ini jadi reminder buat saya sih. Saat ini sulung saya udah kelas 5, jadi saya harus nyiapin biaya pendidikannya sejak sekarang, biar nanti ngga kebingungan.

Retno Kusuma Wardani · August 22, 2021 at 5:27 am

galfok sama putrinya, mirip banget sama mama… memang untuk pendidikan anak itu perlu direncanakan jauh jauh hari ya mbak..

lendyagassi · August 22, 2021 at 8:46 am

Mumpung anak-anak masih kecil ya, kak..
Jadi persiapan yang dilakukan orangtua perlu dilakukan sejak dini begini. Dengan PruCerah, mari kita sambut masa depan yang cerah untuk ananda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!