Kebanyakan ibu pasti setuju jika anak merupakan anugerah yang luar biasa serta menjadi titipan terbaik dari Sang Pencipta untuk seluruh keluarga. Setiap anak yang diberikan merupakan anak istimewa dan anak pilihan yang akan menjadi sahabat orang tua dalam setiap kondisi.

Oleh karena itu, sudah selayaknya orang tua merawat, menjaga dan memberikan yang terbaik dalam tumbuh kembang anak. Semenjak si kecil hadir di dalam rahim, saya berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik. Terbaik dalam tindakan, mengurus, memberikan nutrisi dan juga selalu belajar untuk mengembangkan kecerdasan yang dimiliki anak.

Setiap anak memiliki kecerdasan yang luar biasa. Tugas orang tua melihat, memperhatikan dan menstimulasi kecerdasan tersebut. Sebagai seorang Ibu, tentunya peranan dan tanggung jawab ini lebih besar dibandingkan seorang Ayah/Bapak.

Sehingga umumnya, Ibu sangat mengerti kondisi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Apalagi di masa usia emas yang sangat cepat mengalami perubahan dan jika Ibu cepat melihat kondisi kecerdasan si kecil maka anak juga mampu dengan mulus melewati setiap tahap pertumbuhan.

Menurut Howard Gadner setiap anak begitu istimewa dengan kecerdasannya masing-masing. Kecerdasan anak tidak bersifat tetap namun sebuah kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat dikembangkan di setiap tahapan usia.

Gardner juga menyatakan terdapat 8 (delapan) kecerdasan anak yang dapat dikembangkan semenjak dari lahir. Oleh karena itu, peran Ibu sangat penting dalam mendukung setiap kecerdasan dan kemampuan si kecil.

Kecerdasan yang dimiliki anak ada yang menonjol ada juga yang tidak. Kepekaan seorang Ibu mampu menganalisis setiap kecerdasan anaknya. Dalam hal ini, saya bersyukur mampu melihat kecerdasan anak pertama  di mana linguistik dan interpersonal-nya lebih menonjol.

Kinata

Setiap bulan saya memantau dan membuat catatan tersendiri setiap perkembangan yang ditunjukkan anak. Untuk anak kedua yang beranjak 3 tahun juga sudah saya pantau dan perhatikan kecerdasan apa saja yang dimilikinya. Biasanya, saya memantau si kecil melalui buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Memonitor jadwal imunisasi anak, memperhatikan berat badan, tinggi dan sebagainya. Namun, buku KIA sudah tidak dapat digunakan lagi karena sudah robek atau rusak. Oleh karena itu, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah melalui aplikasi Tumbuh Kembang Anak yang bernama Primaku.

Saya mengenal aplikasi ini di kelahiran anak ke 2 dan tampilan Primaku saat ini jauh lebih baik dan sangat bermanfaat untuk pegangan setiap ibu. Primaku sebagai aplikasi yang memonitor tumbuh kembang anak setiap waktu.

Lebih Dekat dengan PrimaKu!

PrimaKu merupakan aplikasi yang sangat membantu ibu untuk memantau tumbuh kembang anak. Pada dasarnya aplikasi Primaku sama dengan buku KIA (warna pink) yang didapat dari Posyandu. Nah, aplikasi ini membuat pekerjaan ibu menjadi sederhana karena semua dapat di monitor melalui handphone.

Memantau anak merupakan hal yang penting sama seperti yang disampaikan oleh dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes  (Dokter Spesialis Kesehatan Anak) dalam acara Webinar via zoom bersama Primaku pada Kamis, 16 Desember 2021 kemarin.

Menurut dokter terdapat beberapa indikator anak sehat yaitu:

  1. Anak yang sehat memiliki pertumbuhan yang baik, hal ini terlihat dari bertambahnya volume tubuh seperti tinggi, berat dan lingkar kepala.
  2. Anak sehat juga memiliki perkembangan yang bagus seperti berbagai kecerdasan seperti kognitif, bahasa, sensorik, motorik dan lain-lain.
  3. Anak sehat juga anak yang tidak mudah sakit, solusi anak tidak mudah sakit adalah melalui pemberian imunisasi sesuai dengan usia.
Primaku
Webinar Primaku

Tentunya, ibu ingin melihat anak tetap sehat serta bertumbuh dan berkembang baik sesuai dengan penambahan usia. Perlunya ada pemantauan yang baik serta konsisten melihat tumbuh kembang anak.

Primaku membantu ibu untuk mencatat data anak karena dalam Primaku terdapat buku anak yang melimputi tinggi, berat badan, lingkar kepala serta imunisasi. Jika setiap bulan ibu mencatat via buku KIA di posyandu. Nah, Primaku membuatnya semakin mudah karena tinggal isi di aplikasi dan dapat dengan mudah memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dalam aplikasi Primaku, terdapat grafik tumbuh kembang anak. Setelah mengisi seluruh data yang dibutuhkan maka, Primaku membuat grafik tumbuh kembang anak. Setiap garis menunjukkan kondisi anak apakah kekurangan gizi, kecerdasan anak serta penilaian tumbuh kembang anak lainnya.

Keunggulan Aplikasi PrimaKu

Keunggulan aplikasi PrimaKu karena memiliki banyak fitur yang membantu ibu dalam memantau tumbuh kembang anak. Fitur yang tersedia adalah:

  1. Fitur Buku Anak

Melalui fitur ini kita dapat melihat tumbuh kembang anak, tinggal mengisi data serta melihat grafik pertumbuhan yang sudah disediakan. Saya memasukkan data si kecil dari lahir hingga usia saat ini. Setelah itu akan terdapat informasi mengenai perkembangan anak misalnya gizi, kondisi dan sebagainya.

  1. Fitur Imunisasi Anak

Fitur ini berisi tentang jadwal imunisasi IDAI 2020 dan juga pengingat jadwal untuk imunisasi anak. Tentunya, fitur ini sangat membantu ibu yang lupa jadwal imunisasi anak.

  1. Fitur Konsultasi

Pada fitur ini, terdapat berbagai dokter yang dapat dikunjungi di klinik serta dapat konsultasi melalui telepon, video call atau chat melalui aplikasi PrimaKu.

  1. Fitur Artikel Kesehatan

Fitur ini terdiri dari berbagai macam artikel kesehatan serta tips untuk ibu dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadi, ibu dapat membaca serta melihat berbagai artikel yang mendukung.

  1. Fitur Komunitas

Pada fitur komunitas, ibu dapat melihat pengalaman dari para ibu lain tentang tentang tumbuh kembang anak. Serta ibu juga dapat membagikan pengalaman dalam fitur komunitas.

  1. Fitur Rekam Medis

Dalam fitur rekam medis, orang tua dapat mencatat berbagai keluhan atau penyakit yang pernah diderita si kecil. Rekam medis ini nantinya sangat bermanfaat untuk melihat tumbuh kembang si kecil serta jika dokter membutuhkan riwayat penyakit anak.

Di samping aplikasi yang memiliki fitur komplit untuk membantu para ibu, PrimaKu juga aktif memberikan informasi seputar tumbuh kembang anak melalui Instagram @official.primaku silahkan follow dan dapatkan informasi parenting setiap harinya.

Primaku
Categories: All Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!