IndiHome
Percakapan

Terdengar percakapan di ruang tunggu, 2 orang ibu yang sedang mengantarkan anak di hari pertama sekolah.

Di sudut bangku, saya menguping percakapan kedua ibu tersebut.

Pertanyaan emang enak jadi IRT pernah saya dapatkan ketika memutuskan menjadi seorang Ibu Rumah Tangga.

Di tahun pertama menjadi seorang IRT tidaklah mudah. Apalagi beberapa kali pernah memegang sebuah jabatan di perusahaan.

Saya yang biasa memegang laptop, meneliti laporan keuangan perusahaan hingga perhitungan pajak harus dihadapkan dengan drama rumah tangga setiap waktu.

Mulai dari mengerjakan urusan dapur, mempersiapkan pakaian anak-anak sekolah, memilih menu untuk dimasak setiap hari dan mengatur keuangan yang terbatas.

Tak hanya sekali mungkin sudah sering berurai air mata karena tidak biasa menerima kondisi sebagai ibu yang harus mengerjakan pekerjaan berat dari A-Z.

Saat itu, kami memang memutuskan tidak memperkerjakan ART dengan alasan kondisi keuangan.

Lagi-lagi wanita akan selalu dihadapkan dengan sebuah pilihan yang sulit. Rasanya ingin bekerja di kantor namun anak-anak tidak ada yang mengurus di rumah. Kalaupun ada belum tentu seperti yang diinginkan.

Pilihan terakhir adalah menjadi full timer di rumah dengan kondisi keuangan yang surut karena hanya bertumpu dari penghasilan suami.

Jadi kalau ditanya kembali emang enak jadi IRT? Maka saya dengan tegas menjawab tidak enak sama sekali. Namun, karena ada prioritas yang lebih besar maka harus memilih kondisi dan profesi tersebut.

Sulit Menerima Kenyataan

Dulu sangat sulit menerima pernyataan ibu yang berkata bahwa “setiap wanita setinggi apa pun kariernya akan kembali ke dapur untuk memenuhi kebutuhan keluarga.”

Saya sendiri sering memberontak karena berpikir wanita juga punya kebebasan untuk mengembangkan sayap dengan prestasi di dunia pekerjaan.

Ternyata setelah disadari bahwa keberhasilan itu tidak hanya dari kantor. Ketika menjadi seorang IRT pun dapat memiliki segudang prestasi walau dikerjakan dari rumah.

Tak ingin berpangku tangan dan meratapi kehidupan maka saya memulai membangun sebuah bisnis online.

Usaha yang tidak membutuhkan mobilitas tinggi ke luar rumah, semuanya dapat dilakukan secara online, menghasilkan uang dan tentunya masih bisa stay di rumah menjaga anak-anak.

Sejujurnya, saya sendiri tidak memiliki modal baik skill maupun dana yang cukup untuk memulai bisnis online.

Tak jarang harus maju mundur untuk mulai membuka usaha. Apalagi mendengar cerita teman-teman yang terlebih dahulu terjun ke dunia online di beberapa platform yang terkenal dan akhirnya gagal.

Jualan Online

Foto : Akhir tahun 2020 mulai stock pakaian wanita di rumah

Awal mula saya menjalankan usaha online yang dilakukan adalah melakukan riset sederhana yaitu jenis barang yang disukai serta diminati oleh banyak wanita.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, ternyata pakaian wanita berupa daster atau pakaian resmi banyak disukai oleh wanita.

Di samping itu, wanita akan selalu menjadi pelanggan setia online shop dan paling banyak berbelanja dibanding pria.

Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menjual aneka pakaian wanita terutama daily wear serta produk import berupa tas. 

Berjualan online yang semula dipikir mudah untuk dijalankan ternyata sangat sulit. Pendekatan pada supplier, mencari supplier yang tepat dan jujur. Tak hanya itu, bagaimana melihat target pasar dan cara memasarkan secara digital/online.

Berjualan secara langsung dengan pembeli akan sangat berbeda dengan jualan secara live. Jika secara langsung maka kita akan tahu ekspresi pembeli apakah menyukai barang dagangan atau tidak.

Secara online kita harus meyakinkan produk/barang yang dijual adalah terbaik namun kejujuran adalah terpenting dalam menjaga pelanggan.

Modal 500 RB

Hampir 3 (tiga) tahun menjalankan bisnis online dengan menjual berbagai pakaian wanita serta tas branded impor.

Awal mula memberanikan diri menjadi dropshipper, menjajakan barang dagangan dengan foto dan pihak ke tiga yang akan mengirimkan ke konsumen.

Beberapa kali mendapat supplier yang curang yaitu dengan mengambil pelanggan dan menawarkan harga yang lebih murah. Tentunya ini akan menjadi dilema untuk pemula yang tidak memiliki modal dalam memiliki persediaan barang.

Setelah lelah menjadi dropshipper, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat persediaan barang sendiri di rumah dengan modal Rp500.000,-.

Modal ini digunakan untuk membeli 10 pcs pakaian wanita yang akhirnya di jual secara online. Tak sampai hitungan seminggu, barang langsung habis terjual. Jadi semangat untuk membuka toko online sendiri.

Jualan Daster
Jualan Daster Online

Foto : Awal mula jadi reseller dan modal Rp500.000,-

Kemudian mengumpulkan hasil keuntungan untuk dijadikan modal tambahan. Selama satu tahun usaha online berjalan dengan lancar. Keahlian dalam digital marketing pun diasah setiap waktu.

Thanks God. Semula menjalankan jualan online dengan penuh keraguan, cemas dan takut gagal sekarang sudah berjalan dengan lancar. Mulai banyak pelanggan yang percaya dengan berbagai produk yang dijual.   

Sekarang tak hanya menjual pakaian wanita tapi sudah ekspansi ke jualan tas impor. Semula modal hanya Rp500.000 tapi berkembang hingga puluhan juta. Hasil keuntungan dapat disamakan dengan upah atau gaji saat bekerja di kantor dulu.

Tantangan Bisnis Online

Tak jarang, pebisnis pemula seperti saya harus surut dari usaha online hal ini dikarenakan berbagai tantangan yang harus dihadapi.

Apalagi yang masih meraba-raba tentang strategi marketing, cara berjualan, teknik komunikasi, digital marketing, pencarian supplier yang terpercaya sampai kepada pasang-surut permintaan barang di pasar.

Pernah juga ditipu supplier dengan menjanjikan barang bagus ternyata kena zonk, barang harus ditahan di Bea Cukai berbulan-bulan, barang cargo rusak karena terkena air, dsb.

Berdasarkan pengalaman, berikut tantangan bisnis online yang sering dihadapi untuk pemula atau memulai bisnis:

1. Teknik Digital Marketing

Saat ini, pebisnis yang dulunya menjual secara offline akan sedikit sulit untuk masuk ke dunia digital. Tentunya pemasaran barang secara offline akan berbeda dengan online. Untuk memulai berjualan online memiliki banyak teknik sehingga meyakinkan konsumen bahwa produk yang tanpa dilihat langsung akan tepat untuk dimiliki pembeli. Ketika seorang pebisnis pemula tidak mau belajar maka akan terjadi kebosanan karena target konsumen tidak tercapai.

2. Keahlian Komunikasi

Setelah mengetahui tekknik-teknik dasar menjual barang dagangan secara online. Maka pebisnis online harus belajar untuk memiliki komunikasi yang unggul baik secara lisan maupun tulisan. Ketika memiliki komunikasi yang baik dan menyenangkan maka banyak orang akan tertarik dengan barang atau jasa yang dijual. 

3. Supplier Terpercaya

Kejadian yang menyedihkan saat beberapa kali, saya mendapatkan supplier yang tidak terpercaya. Dulu, pernah memiliki supplier yang tidak jujur terhadap barang yang dijual sehingga akan sulit menjual kembali barang yang tidak sesuai dengan harapan.

Tentunya, hal ini menjadi tantangan besar bagi pebisnis pemula dengan modal yang terbatas. Oleh karena itu, sebelum memulai sebuah usaha maka wajib untuk mencari dan mengenal supplier terpercaya dengan bertanya-tanya dan mencari di internet atau sosial media.

4. Mahir Teknologi

Di jaman yang serba digital maka mau tidak mau setiap orang yang menjalankan bisnis harus mengerti bahkan mahir teknologi. Tidak terbayangkan, jika seseorang akan turun menjadi seorang pengusaha atau penjual online tapi tidak mampu menjalankan perangkat yang dimiliki. Semenjak menjadi penjual online maka kemampuan teknologi ini didukung oleh berbagai perangkat seperti laptop, smartphone serta aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pedagang atau penjual online.  

5. Jaringan Internet Mumpuni

Terakhir adalah jaringan internet yang mumpuni, bebas hambatan, anti ngadat bahkan mampu menolong setiap pebisnis online saat live atau menjajakan barang dagangan. Sebelum menggunakan WiFi, dulu saya menggunakan kartu internet dengan kuota. Alhasil, sering sekali pada saat sedang live tiba-tiba kuota habis dan live terputus.  

Sedihnya lagi, saat membalas chat dari pelanggan yang akan deal barang tiba-tiba kuota internet habis. Tak jarang pelanggan kabur saat kuota internet sudah diisi. Jadi tak aneh kalau kehebatan jaringan internet terkadang mempengaruhi rezeki seorang pebisnis online.

Memiliki jaringan internet yang sempurna tidaklah mudah. Apalagi tinggal di daerah, untuk beberapa titik wilayah jaringan internet belum begitu stabil. Semenjak pindah ke Siantar saya memberanikan diri untuk mendaftarkan layanan internet IndiHome.

Kesiapan Jaringan IndiHome

Pekerjaan suami yang setiap 5 (lima) tahun sekali pindah membuat saya ragu memasang WiFi di rumah. Apalagi perpindahannya selalu ke daerah-daerah terpencil yang kadang sulit menerima sinyal atau jaringan.

Teringat saat berada di Balige, kota kecil di daerah Toba – Samosir, tiang pancang IndiHome sangat jarang berdiri. Jadi, saat itu harus terdapat beberapa keluarga yang mengajukan pemasangan IndiHome baru tiang pancang dapat didirikan.

Bersyukur saat ini sudah pindah ke Kota Siantar di mana hampir setiap sudut kota sudah terdapat banyak tiang pancang IndiHome.

Namun, banyak rumah tangga yang menunggu antrean untuk dapat memasang IndiHome di rumah masing-masing. Tahun 2020, saya mencoba mengajukan pendaftaran internet IndiHome dan ternyata disetujui. 

Awal mula, saya berlangganan IndiHome dengan kecepatan 10 Mbps dengan harga Rp236.500,-. Untuk pelanggan pemula akan ditagih tambahan Rp150.000,- yang nantinya akan menjadi deposit setelah 1 (satu) tahun menggunakan layanan IndiHome.

Jangan khawatir karena deposit tersebut dapat mengurangi jumlah tagihan. Setelah mengisi pendaftaran secara online, petugas akan datang ke rumah untuk memasangkan jaringan internet dengan membawa modem putih IndiHome.

Kemudian, petugas akan memberikan user serta pasword WiFi yang sewaktu-waktu dapat diubah.

Petugas IndiHome
IndiHome

Foto : Petugas IndiHome memeriksa jaringan yang sempat terputus

Sebulan menggunakan layanan internet dari IndiHome banyak perubahan yang terjadi. Bicara soal untung rugi, jelas lebih untung pakai WiFi IndiHome apalagi kebanyakan pekerjaan dilakukan dengan online.

Sebelumnya, saya berlangganan TV Kabel senilai Rp200.000,-/bulan. Kali ini dengan layanan internet IndiHome, TV sudah dapat terkoneksi ke internet sehingga anak-anak juga mendapatkan tayangan yang menarik.

Di samping itu, tentunya persiapan jaringan internet di rumah memberikan kenyamanan dalam menjalankan bisnis online. Tentu, tanpa internet usaha jualan secara online tidak akan berjalan.  

Tagihan Awal IndiHome

Foto : Tagihan Awal Langganan IndiHome Tahun 2020

Tagihan Juli IndiHome

Foto : Tagihan Juli 2022 Langganan IndiHome

Percaya Pada IndiHome

Pada bulan September 2020, IndiHome mulai hadir di rumah dan menemani berbagai aktivitas keluarga. Apalagi anak-anak saat itu belajar online, suami pun Work From Home (WFH) ditambah saya berjualan online maka kehadiran IndiHome sangat bermanfaat.

Belajar Online

Foto : Ketika anak sedang belajar online dan menggunakan internet dari IndiHome

Sudah hampir 2 tahun, IndiHome menemani berbagai aktivitas saya dan keluarga. Manfaat kehadiran layanan digital ini sungguh tidak terbatas. Berikut 5 (lima) alasan mengapa saya menjatuhkan pilihan pada IndiHome:

1. Produk Telkom Indonesia

Saya termasuk orang yang percaya dengan produk sebuah perusahaan besar dan lama berkiprah di bidangnya. IndiHome merupakan salah satu produk Home Service dari PT Telkom Indonesia.

Sepak terjang perusahaan ini di bidang jaringan internet sudah tidak diragukan lagi. Tak hanya di kota besar, bahkan di wilayah terpencil sudah terdapat cabang dari Telkom Indonesia. Sehingga dengan mudah membangun jaringan sampai ke pelosok negeri. Otomatis jaringan maupun pelayanan yang diberikan akan lebih maksimal.

2. Internet Unlimited

Dulu, cuma bisa gigit jari kalau kuota internet habis dan harap-harap cemas untuk mengisi kuota internet. Apalagi saat menjual pakaian dan tas secara online, tiba-tiba live terputus karena keterbatasan kuota. Tentunya, hal ini sangat menyebalkan. Sejak menggunakan layanan internet unlimited dari IndiHome tidak ada istilah habis kuota.  Aktivitas jualan online menjadi tidak terbatas, kapan saja bisa online tanpa harus takut kuota habis atau jaringan ngadat.

3. Jaringan WiFi Cepat dan Stabil

Jika diminta penilaian terhadap jaringan WiFi dari IndiHome maka jaringan internet yang disajikan cepat dan stabil khususnya di daerah saya. Semula sempat khawatir karena perumahan berada di dataran tinggi jadi takut sinyal hilang timbul. Ternyata, dataran tinggi tidak mempengaruhi jaringan internet dari IndiHome. Untuk tahun ini, saya sudah upgrade kecepatan menjadi 20 Mbps dengan tagihan Rp283.050,- walaupun pengguna internet lebih dari 5 user tetap internetnya kencang dan stabil.

4. Harga Sesuai Kebutuhan

Mungkin sebagian orang berkata bahwa harga IndiHome tergolong mahal. Tapi kalau menurut saya, menggunakan layanan internet IndiHome jauh lebih hemat. Sebagai contoh, dulu saya membeli kuota internet 30 Gb senilai Rp 150.000,- namun karena penggunaannya sangat banyak maka dibutuhkan 2-3 kali pengisian setiap bulan. Tak jarang biaya kuota internet menghabiskan sekitar Rp500.000,-,/bulan. Semenjak menggunakan IndiHome dengan kuota internet unlimited maka pengeluaran jauh lebih murah.

Di samping itu, pelanggan juga dapat memilih jenis kecepatan yang dibutuhkan. Semakin besar kebutuhan perangkat yang digunakan maka juga harga menyesuaikan.

5. Customer Service Cepat Tanggap

Suatu kali internet tiba-tiba mati dengan kondisi modem dengan LOS Merah. Umumnya, jika terdapat kode LOS Merah maka terdapat gangguan apakah dari pusat atau terdapat gangguan pada kabel baik di dalam maupun di luar rumah.

Nah, berkat aplikasi My IndiHome yang dapat di download maka saya langsung melaporkan jika terdapat gangguan internet atau langsung menuju Smart Plasa IndiHome terdekat. Tak berapa lama, CS IndiHome akan menelepon dan mencoba mengetahui jenis gangguan bahkan dapat melalui Video Call agar masalah cepat diselesaikan. Jika tidak terselesaikan maka teknisi akan mendatangi rumah untuk diperiksa kondisi modem hingga kabel.

Smart Plasa IndiHome

Foto : Smart Plasa saat melakukan pengaduan ke Telkom Kota Siantar

Manfaat internet IndiHome sangat dirasakan dalam banyak hal terkhusus kelebihan dan keuntungan yang selalu ditawarkan. Sehingga tingkat kepercayaan terhadap provider ini sangat tinggi. Semenjak berlangganan hingga hari ini, kerusakan atau gangguan jaringan dapat dihitung dengan jari.

Manfaat Tak Terbatas Internetnya Indonesia

Kehadiran IndiHome di Indonesia menjadi katalisator pertumbuhan penggunaan internet di masyarakat. Saya sangat bahagia, perkembangan digital begitu pesat terkhusus di daerah.

Secara tidak langsung membantu mengembangkan bisnis online yang saya jalankan. Pelanggan tidak hanya berasal dari kota Siantar, akan tetapi mulai dari Aceh hingga Papua.

Pernah sekali, pembeli yang menonton saya sedang live berasal dari Papua. Beliau mulai bertanya lebih lanjut melalui chat tentang barang yang dijual.

Saat mengetahui bahwa pembeli tersebut berasal dari Papua, tentunya saya sangat senang sekali. Tak hanya pakaian, beberapa tas juga diborong oleh pembeli tersebut.

Pesanan Tas Papua

Foto : Pelanggan dari Papua sedang menggunakan tas dari Olshop

Foto : Pesanan tas melalui Whatsapp

Kehadiran layanan digital bagi seluruh masyarakat Indonesia sangat membantu para pelaku bisnis online apalagi UMKM yang mungkin tidak terjangkau di daerah tertentu atau perkotaan.

Siapa yang menyangka, saya berjualan di kota kecil di wilayah Sumatera dengan pelanggan dari berbagai daerah di penjuru Indonesia bahkan Papua.

Menurut data terbaru pengguna internet Indonesia tahun 2022 yang dilansir dari CNBC Indonesia melalui APJII bahwa pengguna internet mencapai 210 juta. Pengguna internet tersebar dari Sabang hingga Merauke. Jadi tak aneh, kalau pelanggan berdatangan dari luar kota bahkan dari ujung Indonesia.

Manfaat yang diberikan ketika berlangganan IndiHome tentunya sangat menunjang berlangsungnya bisnis online. Mustahil tanpa internet yang mumpuni, segala urusan jual beli secara online dapat terlaksana dengan baik.

Sebagai Internetnya Indonesia, tentunya PT Telkom Indonesia memberikan berbagai kemudahan untuk masyarakat agar dapat mengembangkan bisnis, profesi, tempat wisata, budaya dan sebagainya. Kehadiran internet yang cepat dan stabil tentunya akan memajukan perekonomian secara mikro dan berkembang menjadi makro.

PT Telkom Indonesia

Foto : PT Telkom Indonesia, Kota Siantar

Buat teman-teman yang akan memulai bisnis secara online maka saya menyarankan untuk berlangganan IndiHome dibanding membeli paket kuota yang terbatas. Banyak keuntungan dan kemudahan yang didapat. Salah satunya adalah lebih hemat dan sisa bayar internet dapat dikumpulkan menjadi modal tambahan.

Untuk beberapa promo yang ditawarkan IndiHome sampai akhir bulan Juli 2022 ini adalah:

PROMO SAMPAI 31 JULI 2022

Paket yang dimulai dari kecepatan 20 Mbps hingga 100 Mbps. Untuk harga yang ditawarkan mulai Rp275.000,-/bulan hingga Rp795.000,-/bulan. Di samping itu, pelanggan akan mendapatkan Bebas 50 Menit Nelpon Lokal/Interlokal. Cashback dari Link Aja hingga Rp150.000 serta bebas akses untuk Disney hotstar.

Paket Internet IndiHome

Paket berikut dimulai dari kecepatan 30 Mbps hingga 100 Mbps dengan biaya mulai Rp370.000,-/bulan Rp945.000,-/bulan. Terdapat Cashback hingga Rp150.000,- Link Aja. Paket entry 115 channels dan ekstra channel TV.

Paket Internet IndiHome

Paket terakhir yang dimulai dari kecepatan 30 Mbps hingga 300 Mbps dengan biaya perbulan mulai dari Rp385.000,-/bulan hingga Rp1.725.000,-/bulan. Kecepatan yang diterima akan sangat baik ditambah berbagai tambahan promo seperti Cashback dari Link Aja senilai Rp150.000,-, paket entry 115 channel, ekstra channel TV serta bebas nelpon hingga ratusan menit.

Paket Internet IndiHome

Mumpung masa promo belum habis, silakan registrasi berlangganan melalui website indihome.co.id, aplikasi myIndiHome, Kios myIndiHome, atau Sobat IndiHome.

Penutup Artikel IndiHome

Apakah menjadi seorang wanita karier atau hanya menjadi seorang ibu rumah tangga, sebaiknya seorang wanita selalu mampu melihat peluang dalam setiap kesempatan.

Menjadi pedagang online adalah pilihan saya, dimulai dari keraguan sekarang berkembang menjadi usaha yang mulai stabil dan memiliki pelanggan dari pelosok Indonesia.

Kehadiran IndiHome sebagai broadband terbesar di Indonesia memberikan manfaat yang tidak terbatas bagi seorang pedagang online.

Jaringan yang cepat, stabil serta murah menjadi salah satu penyemangat saya untuk berdagang hari lepas hari. Sebagai pengguna IndiHome, cerita baik ini akan terus ada dan menjadi saksi perjalanan bisnis saya di masa depan.

Apa pun profesi kamu, saat ini internet menjadi sebuah kebutuhan. Untuk pengguna IndiHome apa saja manfaat tak terbatas yang kamu dapatkan? Share yuks di kolom komentar…

Bisnis Online dengan IndiHome

Foto : Saat packing semua pesanan pelanggan

Categories: All Post

68 Comments

Mechta · July 18, 2022 at 12:16 pm

Terima kasih untuk sharing pengalamannya berbisnis online ya mba..sangat menginspirasi nih.. oya, tos dulj ah..saya juga pelanggan indihome dari bbrp tahun lalu nih..emanv keren dan sangat membantu ya..

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:13 am

    Saya juga sudah 2 tahun pakai IndiHome aman dan stabil mbak.

Lusi · July 18, 2022 at 7:01 pm

Aku sudah pakai Indihome untuk online shop-ku. Sejauh ini sih aman2 saja, termasuk buat upload reel promo dsb. Kalaupun ada gangguan, cepat respon perbaikannya

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:12 am

    Iya mbak, buat online shop yg sekarang lagi dikembangkan. IndiHome jadi pilihan terbaik.

Zahra Rabbiradlia · July 18, 2022 at 9:14 pm

Mba Arda… Keren banget artikelnya… Aku larut sama ceritanya dan gmn IndiHome bener2 membuat usaha mba Arda kian melaju. Sukses terus ya mba Arda 🙂

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:12 am

    Terima kasih mbak Zahra. Semoga kita bisa memberikan yg terbaik senantiasa.

Okti · July 19, 2022 at 12:52 am

Bisnis online sudah pasti sangat membutuhkan jaringan internet. Bukan yang la ala pula melainkan yang kecepatannya maksimal. Foto bisa opload cepat dan penasaran makin meningkat. Sukses selalu ya dengan bisnisnya

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:11 am

    Makasih mbak, semoga apa yg kita lakukan selalu penuh berkat

Yuni Handono · July 19, 2022 at 4:13 am

Salut dengan Telkom Indonesia. Berkat IndiHome yang lancar maka bisnis pun makin terbantu. Dengan bantuan internet yang tak terbatas berbisnis dari rumah pun akan dikenal sampai ke berbagai daerah ya mbak. Dengan kata lain IndiHome sangat mendukung UMKM dalam meningkatkan usahanya bahkan membantu memperluas jaringan bisnis sehingga membuat bisnis pun makin menjanjikan.

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:11 am

    Pas banget mbak apalagi sampai ke daerah saya yg jauh juga.

Nchie Hanie · July 19, 2022 at 4:18 am

Hahaaa, obrolan buibu yangs elalu seru dan menggemaskan yaa, huhuu semuanya bakalan enak kalo djalanin dengan happy dan dinikmati baik IRT, ibu bekerja atau menjalani peran keduanya. Truus, capeeek semuaanya hihiii.
Pokoknya cape hilang kalo dah kita menjalani apa yg kita sukai, kek bisnis online apalagi kalo jaringanya kek IH ini, penyemangat banget untuk berselancar di dunia online. Ah, sukses selalu dan laris manis jualannya yaa.

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:10 am

    Pakai IndiHome jaringan stabil dan lancar mbak. Apalagi kalau live jualan membantu banget.

Tetty · July 19, 2022 at 4:58 am

ada internet bisa apapun dari rumah ya Ma, bisa bisnis online, bisa ngeblog, bisa bikin konten, cari tambahan rupiah pun dari internet, kalau aku paling suka belajar atau course pake internet, walau jadi IRT tapi tetap upgrade skill dan pengetahuan

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:10 am

    Iya mbak banyak pekerjaan yang bisa dilakukan.

Reyne Raea · July 19, 2022 at 6:19 am

Luar biasa Mba, saya dulu pernah mulai jualan online dengan modal 500ribu.
Waktu itu pilih jualan baju anak, kenyataannya memang butuh banget ilmu marketing kalau pengen usahanya berjalan.

Dan yang paling penting, di zaman serba digital kayak sekarang, butuh banget pemasaran digital, yang mana kebutuhan internet jadi sangat penting.
Untung ada Indihome ya, koneksi jadi lebih lancar, dan jualan pun lancar juga 🙂

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:09 am

    Iya mbak modal 500RB dan berjuang bisa bertambah terus sehingga menjadi yg terbaik.

      Reyne Raea · August 1, 2022 at 8:21 pm

      Salut banget pokoknya deh, apalagi bisa bertahan hingga kini, dan terus berkembang.
      Dengan adanya internet terutama melalui Indihome yang koneksinya selalu lancar dan bisa menjangkau sluruh Indonesia ya 🙂

Helena · July 19, 2022 at 9:36 pm

selalu salut dengan kesungguhan Mbak Arda. Jualan online modal 500ribu untuk stok barang alhamdulillah sekarang makin berkembang sampai udah jualan tas impor.
pakai IndiHome makin joss lah untuk memasarkan jualan secara digital.

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:09 am

    Terima kasih mbak, selama ini memang terus berusaha agar tetap produktif dari rumah.

lendyagassi · July 19, 2022 at 11:08 pm

Salut banget sama kak Arda.
Semua dilakukan dengan sungguh-sungguh.
Aku yakin banget, dengan kesungguhan tersebut akan menghasilkan kesuksesan, baik saat bekerja di ranah publik ataupun kini bekerja membuka usaha. Mulianya, kak Arda justru membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang di circle kak Arda yaa..

Keren, karena kak Arda sudah menggunakan produk Telkom, jaringan mikro fiber optik yang terpercaya sehingga memperlancar semua aktivitas online.

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:08 am

    Amin. Terima kasih mbak.
    Kenyataannya memang bisnis online tidak akan berjalan dengan baik tanpa provider mumpuni.

Sovi Nur Wakhidah · July 19, 2022 at 11:44 pm

Mbak Arda keren banget daya juang untuk bisnis online. Dari awalnya modal 500rb sekarang omsetnya sudah puluhan juta. Untungnya terus didukung internet dari IndiHome yang super cepat dan unlimited, ya. Semoga makin laris dagangannya, Mbak.

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:07 am

    Semoga bisa selalu berusaha memberikan yg terbaik mbak

Uniek Kaswarganti · July 20, 2022 at 2:26 am

Senang sekali membaca pengalaman bisnis online dari Mba Arda. Semangatmu luar biasa mba. Yes, dengan dukungan layanan provider internet yang oke, koneksi tak ada kendala lagi yaaa… Semua kerjaan berjalan lancar.

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:06 am

    Terima kasih mbak, semoga bisa terus berkembang.

Anggraeni Septi · July 20, 2022 at 2:45 am

Semoga makin lancar usahanya ya mbak, keren banget loh perjuangannya. Meski bangun usaha online tapi tetep aktif ngeblog juga. Mantap emang IndiHome, bisa membantu para pelaku UKM agar bisnisnya makin melesat.

Anggraeni Septi · July 20, 2022 at 2:46 am

Semoga makin lancar usahanya ya mbak, keren banget loh perjuangannya. Inspiratif. Meski bangun usaha online tapi tetep aktif ngeblog juga. Mantap emang IndiHome, bisa membantu para pelaku UKM agar bisnisnya makin melesat.

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:06 am

    Puji Tuhan IndiHome membantu usaha apalagi internetnya yg stabil.

Rizka Edmanda · July 20, 2022 at 3:04 am

ah kak arda keren banget bisa berkarya dan menghasilkan uang dari rumah. semoga lancar bisnisnya ya Mbak pasti jadi termudahkan berkat dukungan internet IndiHome

    ardasitepu · July 20, 2022 at 3:05 am

    Amin mbak, semoga bisa membuka lapangan kerja buat orang terdekat.

Bunsal · July 20, 2022 at 4:08 am

Jaringan stabil dan luas IndiHome eksis membantu eksisnya banyak jenis usaha dari rumah, efek lain dari pandemi panjang selama dua tahun.
Doa terbanyak untuk semakin suksesnya semua jenis usaha tersebut. Aamiin

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:06 pm

    Terima kasih mbak, semoga IndiHome selalu jadi partner terbaik untuk usaha online.

April Hamsa | Mom Blogger · July 20, 2022 at 4:46 am

Kece banget mbak pelanggannya dah nyampek ujung Timur Indonesia ajaa, didoan abis ini dapat pesanan dari negara tetangga 😀
Semuanya jadi mungkin karena ada internet yaa, jd bisa memasarkan secara digital juga.
Huhuhu, emang yah yang namanya dapat supplier yang amanah tuh untung2an, moga dapat supllier yg lbh baik lg yaa

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:06 pm

    Main mbak, semoga semakin banyak lagi yang bisa dikembangkan dari usaha online yang dijalankan.

Jiah Al Jafara · July 20, 2022 at 4:56 am

Perempuan mengambil peran sebagai IRT atau berkarir, pasti gak mudah buat jalani keduanya. Kaya kudu milih gitu

Beruntung sekarang ada internet dan lancar pula. Jadi meski akhirnya memilih di rumah, tetap bisa berkarya

    Uniek Kaswarganti · July 31, 2022 at 3:47 am

    Iya, sama2 beratnya, Ji. Makanya salut banget dengan semua perempuan yang selalu bisa jadi andalan keluarga, dalam hal apapun. Semuanya hebat di bidang masing2.

      ardasitepu · August 2, 2022 at 6:08 pm

      Iya mbak Uniek berdoa semoga semua perempuan dapat diandalkan dalam banyak hal khususnya dalam mendukung perekonomian keluarga.

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:07 pm

    Iya mbak meski di rumah kita tetap bisa berkarya dan menghasilkan serta mendukung perekonomian rumah tangga.

indah savitri · July 20, 2022 at 5:02 am

kondisi saat ini memang menuntut kita untuk selalu semangat dan kreatif dalam mencari penghasilan ya.. dan koneksi internet yang mumpuni akan selalu membantu

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:09 pm

    Iya mbak apalagi pasca pandemi dan perekonomian mulai meningkat kembali.

Sri Widiyastuti · July 20, 2022 at 5:37 am

Selalu menginspirasi saya kalau membaca artikelnya mbak Arda ini, masyaAllah. keren yaa. ternyata dari riset kecilkecilan dan akhirnya bisa makin mantap menggeluti bisnis online ya mbak. Terima kasih mbak, jadi semangat ini. baru coba-coba moga bisa lebih istiqomah seperti mbak Arda menekuni dunia bisnis online apalagi didukung dengan internet yang stabil dari indohome yaa. jadi makin moncer.

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:09 pm

    Terima kasih mbak Sri, semangat selalu dan menjadi yang terbaik dalam banyak hal.

Andy Hardiyanti · July 20, 2022 at 5:52 am

Wahhh..harus banget nih dimanfaatkan promo menarik dari IndiHome, apalagi promonya masih panjang sampai 31 Juli 2022. Cuss deh yang belum pasang internet di rumah, segera manfaatkan promonya. Jadi ingat gimana saya kalau pindah rumah kontrakan yang baru, yang duluan kepikir adalah pasang internet dulu. Hahahah..sebutuh ituuuu

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:09 pm

    Iya mbak pentingnya internet di masa saat ini dan memang pas ada promo langsung disikat hehehe

Eni Martini · July 21, 2022 at 9:12 am

Memang ya kalau didukung internet yang lancar semua usaha dilakukan di rumah jadi tersupport dengan baik, sukses ya Mba

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:10 pm

    Terima kasih mbak, internet yang baik dan stabil adalah modal utama dalam menjalankan bisnis online.

Susie Ncuss · July 21, 2022 at 12:52 pm

Jaringan internet stabil dan kuat mmg membantu banyak orang, tdk terbatas profesi dan kesibukan.
Semoga indihome makin jaya

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:10 pm

    Semoga IndiHome bisa menjadi salah satu provider terbaik di negeri ini dan memenuhi segala profesi.

Eni Martini · July 25, 2022 at 3:28 am

Memang ya dengan adanya internet jadi beneran mendukung banget deh semua aktivitas, dari mulai belajar sampai bisnis online. Ibu rumah tangga juga jadi bisa lebih maju ya

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:11 pm

    IRT menjadi lebih semangat untuk mencari cuan dari rumah khususnya dunia online ya mbak.

Heni Puspita · July 30, 2022 at 9:07 pm

Merasakan banget jualan online memang butuh ilmu dan juga kesabaran. Tentunya harus didukung juga dengan koneksi internet yang okeeee.

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:11 pm

    Iya mbak butuh merintis dan kesabaran yang mendalam agar bisa selalu memberikan dan mendapatkan hasil terbaik.

Okti · July 31, 2022 at 2:12 am

Saya irt. Tinggal di desa pelosok juga. Sampai sekarang belum sampai itu ojek online apalagi food delivery. Tapi Alhamdulillah internet sudah masuk. IndiHome membuat saya memiliki kesempatan terbaik untuk terus berdaya hingga bisa membantu perekonomian keluarga

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:12 pm

    Senang banget ya mbak Okti, bersyukur banget IndiHome bisa sampai ke pelosok dan membuka peluang usaha bagi ibu-ibu yang berada di daerah seperti kita.

lendyagassi · July 31, 2022 at 2:50 am

Seharusnya kita membentuk sebuah lingkungan yang ramah untuk sesama perempuan agar bisa mandiri secara finansial yaa.. Gak pake kata-kata julid, hanya mendukung gitu, rasanya kok langka banget.
Kak Arda sukses mematahkan stigma bahwa menjadi ibu rumah tangga itu gak bermanfaat. Buktinya, dengan indiHome, kak Arda tetap bisa berkarya yang menghasilkan dari rumah.

Kereenn sekali.

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:13 pm

    Terima kasih mbak. Memang berat kadang tantangan atau stigma ini dan itu. Tetap berkarya dan menjadi yang terbaik.

indah savitri · July 31, 2022 at 4:45 am

semoga makin lancar dan sukses ya mba bisnisnya. But that’s true.. koneksi internet yang bagus sekarang penting bangeeet

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:13 pm

    Terima kasih mbak Indah. Internet yang bagus akan memberikan income yang terbaik pula untuk pebisnis online.

Apura · July 31, 2022 at 4:58 am

Eh, aku taunya cuma jual daily wear ternyata ada tas juga yaa. Spill dong toko online-nya mau cek-cek, kali aja ada yang jodoh ama hati dan dompet. Hihi. Urusan internet sih emang Indihome jagonya.

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:13 pm

    Iya mbak check di FB saya khusus untuk jualan online ya mbak : Kinata Mode.

Nyi Penengah · July 31, 2022 at 5:11 am

Barikallah mba Arda. Konsisten dan perjuangnya menghasilkan ya. Apalagi didukung dengan internet yang mumpuni. Jadi makin moncer usahanya.

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:14 pm

    Terima kasih mbak. Semoga sukses selalu.

Nurul Sufitri · August 2, 2022 at 4:25 am

Wow, salut sama mbak Arda yang aktif sebagai ibu rumah tangga, blogger, seller dan sebagainya 😀 Memang deh menyibukkan diri dengan kegiatan yang kita sukai itu keren. Kita berada di rumah bisa jualan online. Dulu aku juga sempat jualan piyama bobo hehehe. Pakai IndiHome dengan jaringan internet yang kencang itu bisa meningkatkan penjualan karena wuzz3x pembeli dan penjual berintarksi daring. Sukses terus ya.

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:14 pm

    Iya mbak, terima kasih atas dukungannya. Semoga kita semakin sukses dalam banyak profesi ya mbak.

Nabilla - Bundabiya.com · August 2, 2022 at 9:19 am

asli deh mba, di rumah ibuku dulu juga pakai indihome dan sangat membantuku pas masih jualan jilbab online. kalau kami lagi berkunjung ke rumah ibu, hampir selalu nonton film dan youtube yang juga bisa berjalan lancar berkat indihome

    ardasitepu · August 2, 2022 at 6:15 pm

    Wah iya mbak Nabilla jualan jilbab juga ya. Senang banget kalau ada IndiHome yang membantu setiap rumah tangga atau istri mengembangkan usaha walau dari rumah saja.

Erin Friyana · August 4, 2022 at 2:07 am

Perjalanan yang cukup panjang ya Mba berjualan online sampe ditipu supplier juga. Tapi, apa pun rintangannya harus tetap bangkit. Kalau soal jaringan internet bisa andalkan IndiHome agar jualan online berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!