Hadirnya covid 19 di Indonesia membawa banyak perubahan termasuk siklus aktivitas sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT). Selama 6 bulan lebih hampir 90% kegiatan dilakukan di rumah saja.

Semua aktivitas dilakukan secara online, dimulai dari memesan bahan makanan, pembelajaran anak melalui daring dan sebagainya. Oleh karena itu, kegiatan di rumah menjadi padat.

Walau di rumah saja, banyak hal positif yang didapat seperti memiliki banyak waktu dengan anak dan memperhatikan tumbuh kembangnya secara optimal. Di samping itu, memiliki banyak waktu untuk diri sendiri sehingga menambah kualitas hidup yang baik.

Selain itu, kebiasaan-kebiasaan baru pun terbentuk seperti rajin mengolah berbagai jenis makanan, membuat kerajinan tangan serta membaca. Apalagi sejak menjadi seorang nara blog, maka kegiatan membaca merupakan bagian yang tidak terpisahkan.

Komik Perempuanmu

Setidaknya dalam seminggu terdapat 2-3 judul buku yang dihabiskan untuk menambah wawasan serta memperkaya kosakata dalam penulisan. Di samping itu, kegiatan membaca memiliki banyak manfaat seperti:

  1. Menambah wawasan

Sebagai penulis, kegiatan membaca setidaknya dilakukan secara rutin. Hal ini menambah wawasan, pengetahuan dan memperkaya tulisan yang akan dibuat. Alhasil, tulisan tidak kering dan memiliki nilai manfaat yang baru dan berbeda.

  1. Menambah kemampuan berbahasa dan kosakata

Dalam setiap bacaan setidaknya menemukan banyak kosakata baru dan rangkaian kalimat yang bagus atau menarik. Oleh karena itu, kegiatan membaca mampu menambah kemampuan berbahasa serta menambah kosakata baru yang tidak umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Mencegah penurunan fungsi kognitif

Kegiatan membaca merupakan salah satu cara melatih kognitif bekerja dengan baik. Di samping itu, cara kerja otak lebih efisien dan mencegah penurunan fungsi kognitif.

  1. Menambah ketrampilan

Setiap buku atau bahan bacaan akan memberikan satu atau lebih pengetahuan atau ketrampilan baru. Di samping itu, kegiatan membaca mampu membuat seseorang lebih berpikir kritis terhadap sebuah masalah serta mampu menganalisa dengan baik.

  1. Mengurangi stres

Masa pandemi membuat sebagian besar orang stres dikarenakan kegiatan yang dilakukan di rumah saja dan berkaitan dengan finansial. Oleh karena itu, membaca merupakan sebuah terapi untuk mengurangi stres. Apalagi bahan bacaan yang menarik, ringan dan juga membuat hati bahagia.

Kebiasaan membaca memberikan banyak manfaat yang baik. Apalagi di masa pandemi maka kegiatan membaca adalah pilihan tepat. Sebagai IRT yang menikmati masa pandemi dan tetap bersabar untuk tidak ke luar rumah memilih berbagai bahan/jenis bacaan dan tentunya memberikan manfaat yang baik dalam kehidupan sehari-hari maupun terkait pekerjaan.

  1. Ilmiah

Umumnya, bahan bacaan dibagi menjadi 3 (tiga). Bahan bacaan yang pertama adalah ilmiah, hal ini terkait dengan pekerjaan sebagai nara blog. Buku atau secara online yang sering dibaca adalah bentuk jurnal atau buku seputar parenting atau teknologi.

  1. Semi Ilmiah

Untuk jenis semi ilmiah umumnya membaca berbagai artikel populer, berita terkini dan berbagai opini. Di samping itu, berbagai artikel dari blogger yang sesuai dengan kebutuhan untuk penulisan atau kebutuhan sehari-hari.

  1. Non Ilmiah

Nah, untuk belakangan ini saya lebih sering membaca non ilmiah. Hal ini bertujuan untuk menyegarkan pikiran atau bahan bacaan yang lebih ringan. Biasanya membaca cerpen, novel, drama dan komik. Berhubung jenis buku ini sudah habis dibaca maka solusi untuk tetap membaca adalah dengan membaca webtoons.com/id

Webtoons.com/id merupakan portal yang berisi komik dengan jalan cerita yang sederhana alias sesuai dengan keseharian. Terdiri dari berbagai genre serta dilengkapi dengan ilustrasi yang menyegarkan mata. Bersyukurnya, dari satu genre saya menemukan Komik Perempuanmu.

Komik Perempuanmu

Lebih dekat dengan Komik Perempuanmu

Semenjak duduk di bangku sekolah dasar, saya sudah senang dengan bacaan berbentuk komik. Hal ini dikarenakan ilustrasi atau gambar yang menarik serta jalan cerita yang ringan.

Selama di rumah saja, komik online menjadi pilihan tepat untuk melengkapi kegiatan membaca selama pandemi. Terlebih dalam rangka mendukung lingkungan, sekarang saya lebih suka membaca e-book dibanding dengan buku kertas. Bersyukurnya, webtoons.id menyajikan 8 (delapan) genre yaitu drama, fantasi, komedi, aksi, slice of life, romantis, thriller dan horor.

Komik Perempuanmu

Genre Slice of life terdapat Komik Perempuanmu yang berisi tentang kehidupan perempuan dengan berbagai pergumulan hidup yang sulit untuk disampaikan secara lisan tapi dapat dituangkan dalam tulisan. Namanya juga perempuan, tuntutan dan gunjingan selalu mengikuti.

Jadi perempuan itu memang tidak mudah banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari kepala hingga ujung kaki. Kehidupan kadang palsu demi memuaskan banyak mulut yang mengharapkan sebuah kesempurnaan.

Prolog

Story : Zulfairy, Apitnobaka

Art : Apitnobaka

Komik Perempuanmu

Sama halnya dengan sajian prolog komik perempuanmu yaitu seorang perempuan bernama Fina terlahir sebagai perempuan yang dari lahir sampai mendapat gelar seorang nenek kelak akan terus disuguhi berbagai pertanyaan, tuntutan dan ekspetasi. Apalagi memasuki usia 30 tahun.

Umumnya, perempuan Indonesia di usia 30 tahun akan masuk ke jenjang pernikahan dan membangun sebuah rumah tangga. Namun, tak selamanya apa yang direncanakan sesuai dengan kenyataan.

Prolog dari komik perempuanmu ini membuka sebagian permasalahan perempuan. Kegiatan membandingkan satu dengan yang lain sampai kepada harapan orang tua kepada anak gadisnya.

Saya Tidak Cantik dan Saya Tidak Peduli

Story: Deanna El Sullivan

Art : Apitnobaka

Komik Perempuanmu

Cerita perempuan selanjutnya adalah tertuang melalui kisah Dea yang tidak percaya diri dengan penampilannya. Mungkin, banyak perempuan sekarang yang mengalagi body shaming alhasil berdampak buruk termasuk kondisi psikologis.

Kadang apa yang terlihat itu jauh lebih mudah dinilai daripada hal-hal besar yang kadang bersifat kabur. Mungkin, seorang perempuan tidak memiliki penampilan, bentuk tubuh yang kurang menarik. Namun, di sisi lain memiliki potensi besar seperti kecerdasan, keuletan dan sebagainya.

Kisah ini mengajak perempuan Indonesia untuk terus bersyukur dan menggali talenta lain yang diberikan Sang Pencipta. Karena manusia tidak memiliki kesempurnaan, sehingga tutupi kekurangan dengan keunggulan yang dimiliki.

Drama Mums

Story : Tyas Widjati

Art : Apitnobaka

Komik Perempuanmu

Episode Drama Mums merupakan salah satu judul yang langsung nyantol dengan kehidupan sehari-hari. Saat melepaskan dunia kerja dan menjadi IRT rasanya berat, segudang pekerjaan tidak ada habisnya setiap hari.

Bersyukur komik ini mengingatkan bahwa perempuan harus tangguh seperti ibu atau perempuan-perempuan terdahulu. Hidup penuh perjuangan dan jauh dari kata mengeluh.

Semoga gelar IRT yang disandang semakin menjadi pemicu untuk dapat berkarya, sukses dalam rumah tangga serta dalam pekerjaan lainnya. Semoga hidup drama dalam dunia sosial media dapat hilang dan menghadapi dunia nyata dengan ucapan syukur.

In Your Hands

Story : Liana Bahri

Art : Apitnobaka

Komik Perempuanmu

Setiap kehidupan adalah anugerah, bagaimana skenarionya semua sudah diatur oleh Sang Pencipta. Komik ini bercerita tentang Lia yang merupakan difabel.

Saat usia yang masih mudah, Lia harus menerima kenyataan kalau ia menderita Tarsal Coalition yang merupakan kelainan tulang kaki. Alhasil, Lia memakai kursi roda sampai dewasa.

Di masa-masa ini, tidak hanya Lia mungkin teman-temannya juga tidak mampu menerima kondisi tersebut. Namun, Lia masih memiliki tangan ajaib yang mampu membuat kerajinan tangan.

Persaingan pasar bebas membuat kreasi tangannya tidak lagi dipandang karena barang impor yang merajai pasar. Kondisi tersebut memaksa gadis ini kembali patah semangat.

Kembali dukungan orang terdekat termasuk ibu sangat penting. Beryukurnya, Lia memiliki keahlian lain dalam menciptakan puisi indah dan berprestasi.

Sebagai perempuan, kisah ini sangat menguatkan karena dibalik kekurangan yang kita miliki, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Dia memberikan hal besar melalui anggota tubuh lainnya.

Kepada Sang Pemilik Hati

Story : Haura

Art : Apitnobaka

Komik Perempuanmu

Jatuh cinta di bangku sekolah sangat menyenangkan. Apalagi dengan seorang lelaki yang menjadi kriteria. Namun, apa jadinya ketika cinta sendiri dan tidak berbalas.

Komik ini sangat menarik dan kembali membuka kenangan masa SMU saat menyukai seseorang. Sama seperti Ara, seorang perempuan yang berharap memiliki hubungan spesial dengan lelaki idamannya.

Namun, apa yang diharapkan tidak menjadi kenyataan. Bersyukurnya Ara memiliki sahabat yang akhirnya menuntunnya untuk memperbaiki pola hidup dan pola pikir.

Ternyata, waktu mengejar seorang lelaki adalah sia-sia ketika tidak berbalas. Fokus pada tujuan dan kelak hati akan menemukan pemiliknya.

Kisah sederhana dan sering terjadi di bangku sekolah. Saat membaca episode ini, senyum simpul tak pernah lepas seolah-olah menarik saya ke sebuah dimensi belasan tahun lalu.  

Not My Fault

Story : Ary Nilandari

Art : Apitnobaka

Komik Perempuanmu

Nina dan Maudy adalah dua perempuan yang bersahabat. Duduk di bangku sekolah, menikmati keceriaan masa muda. Namun, keceriaan itu harus hilang saat Maudy menjadi korban pemerkosaan.

Sebagai sahabat Nina merasa terpukul melihat kondisi Maudy. Apalagi di sekolah Maudy pun menjadi bahan perbincangan. Terkadang perempuan terlalu takut untuk menyuarakan atau menentang berbagai perkataan atau tindakan buruk dari lelaki.

Kisah ini mengajarkan dua hal pada saya, untuk berani untuk menentang perbuatan kriminal dan tidak berdiam diri serta mengajarkan anak perempuan untuk selalu berani dan menjaga diri. Kisah ini banyak terjadi di masyarakat, namun kadang hal ini menjadi tabu untuk diketahui banyak orang.

Intermezo : Trouble Talk Perempuan

Story : Zulfairy, Apitnobaka

Art : Apitnobaka

Komik Perempuanmu

Sesi intermezo yang disajikan di komik perempuanmu ini sangat menarik karena mengangkat cerita yang lagi tren. Kisah Bu Tejo dalam film pendek ‘Tilik’.

Tanpa disadari kadang perempuan memiliki banyak kelemahan, salah satunya adalah suka membicarakan orang. Hal ini dikarenakan suka mencampuri kehidupan orang lain.

Cerita ini disajikan dengan ilustrasi gambar yang menarik sehingga membuat kisah ini menjadi hidup. Apalagi banyak pesan moral yang diberikan kepada setiap perempuan.

Demikian episode yang disajikan dalam Komik Perempuanmu. Cerita menarik, sederhana serta ilustrasi gambar yang bagus. Di samping itu, banyak pesan moral yang diberikan kepada setiap pembaca. Komik Perempuanmu ini merupakan hasil karya dari perempuan Indonesia yang kreatif dengan latar belakang seorang desainer, komikus dan semua penulis perempuan. Walau penulisnya perempuan tapi laki-laki juga dapat membaca Komik Perempuanmu ini karena banyak kisah dan nilai berharga yang diangkat dan tentunya lebih memahami perempuan ke depannya.

Soon, dalam waktu dekat akan hadir cerita perempuanmu kisah seorang perempuan dari tanah Papua yang selalu berjuang untuk memiliki pendidikan dan kehidupan yang lebih baik. Penasaran dengan ceritanya, jangan lupa untuk pantengin Komik Perempuanmu dan juga IG Komik Perempuanmu.

Selama pandemi ini, setiap episode dari Komik Perempuanmu menjadi sahabat yang tepat dan selalu menanti episode terbaru. Seandainya, semua perempuan Indonesia dapat berbagi pengalaman dalam berbagai rasa maka Komik Perempuanmu menjadi bacaan yang segar dan kaya akan pengalaman.

Nah, yang penasaran dengan cerita-cerita di atas yuks kunjungi segera Komik Perempuanmu dan unduh agar dapat dibaca saat offline. Jangan lupa untuk share ke media sosial agar semakin banyak perempuan Indonesia yang menikmati sajian hangat di masa pademi.

Quote Favorit dari Komik Perempuamu

Selama ini saya mengorbankan kepentingan saya untuk kepentingan anak dan keluarga, saya juga yakin semua ibu melakukan hal itu…

So tetap jadi ibu yang terbaik untuk keluarga!

Categories: All Post

15 Comments

tukang jalan jajan · September 24, 2020 at 1:18 pm

cerita komik perempuan ini memang ngomongin gender tapi secara perspektif untuk semua gender dan dekat banget dengan kehidupan kita sehari hari ya kak

Mugniar · September 24, 2020 at 2:22 pm

Mencegah penurunan fungsi kognitif ini salah satu manfaat membaca ya. Kebetulan nih saya barusan ikut ajang yang menyosialisasikan alzheimer di mana alzheimer salah satu penyakit karena penurunan fungsi kognitif. Nah, komik ini menarik buat dibaca, ketika malas baca artikel, boleh baca komik Perempuanmu ini.

Enny Mamito · September 24, 2020 at 2:41 pm

Aku suka banget quote nya
Bagaimana pun sikon rumah, atau apa pun masalah yang dihadapi dalam rumah tangga seorang ibu pasti akan selalu berusaha menjadi ibu yang terbaik buat keluarganya ❤️

Chairina · September 25, 2020 at 8:01 am

Aku baru tau ada komik perempuan. Jadi penasaran deh pengen ikutan juga nulis disana.

yunieah.com · September 25, 2020 at 12:30 pm

aku tiap hari pasti baca komik di webtoon. Tapi aku baru tahu sama “Komik Perempuanmu” , secepatnya aku mau baca komiknya, kelihatannya ceritanya menarik banget

Reyne Raea · September 25, 2020 at 8:12 pm

Mbaaa, ini mah menarik banget. apalagi bentuknya komik, bikin penasaran bin kepo ih, jadi pengen meluncur ke IGnya dulu 😀

Ceritanya masalah perempuan banget ya, pas banget nih ditujukan ke kaum yang seringnya ribet dijadiin cerita dalam komik 😀

Li Partic · September 26, 2020 at 12:49 am

Mbak ini ngaksesnya gimana? Dari laptop ya, ga perlu instal aplikasi?

Gina · September 27, 2020 at 12:29 am

Berbagi cerita soal perempuan dpt diaplikasikan dimana aja sih. Salah satunya komik, soalnya perempuan punya banyak kisah yg bs diceritakan

Angrumaoshi · September 27, 2020 at 1:19 am

Seru dan menarik juga nih komik genre perempuannya, pas dibaca saat rebahan di kala pandemi.

Ella · September 27, 2020 at 3:20 am

Pas baca yang seri in your hands beneran pengen nangis mbak Arda. Soalnya kondisi sepupuku demikian. Huhu
Auto ku kasih link Komik Perempuanmu ini, siapa tahu bisa memotivasi dia 🙂

Raja Lubis · September 27, 2020 at 5:09 am

Wah menarik juga ini Komik. Temanya tentang perempuan dan segala ragamnya

wulan · September 27, 2020 at 2:57 pm

gaya-gaya penceritaan komik perempuanmu ini unik ya, sometimes satir, tapi ngena loh sama kondisi rill yang emang kita alamin

Insi Nabihah · September 27, 2020 at 11:28 pm

Wah komik perempuanmu ini ada dalam bentuk aplikasi ? Selama ini aku br baca webtoon aja atau manga online kl mau baca komik

andiyani achmad · September 30, 2020 at 2:30 am

komik perempuan ini bisa jadi teman selama masa pandemi ya.. jadi hiburan

Novi · October 1, 2020 at 2:31 am

Ini bikin sedih sih, aku selama pandemi, bukannya semakir hemat malah semakin boris

Leave a Reply to wulan Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!