Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. (Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 28H ayat 1)

Sudah hampir 7 (tujuh) bulan Indonesia mengalami pandemi covid 19. Hadirnya wabah ini melemahkan beberapa sektor baik manufaktur, pariwisata, UMKM, kesehatan dan sebagainya. Kondisi ini memaksa setiap orang untuk tetap menjaga kesehatan dan hidup sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Begitu pentingnya kesehatan saat ini dikarenakan korban meninggal sampai bulan September 2020 mencapai 10.740 orang. Untuk menanggulangi atau memperkecil korban covid 19 dibutuhkan kerja sama setiap masyarakat dengan pemerintah.

Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya kesadaran dari individu yang hidup di Indonesia maupun instansi atau perusahaan dalam mengedukasi karyawan untuk mematuhi protokol kesehatan. Berbagai upaya dilakukan agar dalam waktu dekat Indonesia bebas dari pandemi.

Tujuannya agar ekonomi semakin bangkit dan fokus kepada pembangunan di berbagai daerah. Apalagi di masa ini, pasti banyak kendala untuk meningkatkan pendapatan per kapita dan mengembalikan ekonomi secara normal. Terlebih untuk daerah-daerah terpencil, tertinggal atau yang berada di perbatasan.

Di daerah terpencil, tertinggal atau yang berada di perbatasan sangat membutuhkan perhatian lebih. Apalagi di masa pandemi seperti ini, tidak hanya dalam peningkatan ekonomi khususnya di masa pandemi, tetapi juga di bidang kesehatan yang memang jauh dari fasilitas kesehatan pada umumnya.

Bagi kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan atau daerah tertentu, fasilitas kesehatan bukanlah barang yang langka. Tapi untuk daerah terpencil, hal ini merupakan menjadi faktor penting. Pasalnya, karena minim fasilitas kesehatan maka banyak masyakat daerah terpencil, tertinggal dan daerah perbatasan yang terserang penyakit dan angka kematian Ibu dan Anak cukup tinggi.

Selain fasilitas kesehatan, tentunya tim medis juga terbatas untuk daerah-daerah terpencil, tertinggal maupun yang berada di perbatasan. Nah, kembali diingatkan dengan Undang-Undang Dasar yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Tentunya, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam menyelesaikan masalah kesehatan di setiap daerah di wilayah Indonesia.

Oleh karena itu, dibutuhkan adanya tanggung jawab ataupun rasa empati berbagai perusahaan. Dalam hal ini membantu berbagai wilayah yang ada di Indonesia agar memiliki fasilitas kesehatan yang baik serta menekan angka kematian dikarenakan penyakit atau Ibu dan Anak saat proses melahirkan.  

Klinik Asiki

Kehadiran pihak swasta dalam membangun negeri merupakan salah satu kontribusi yang membantu pemerintah dalam menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Apalagi untuk wilayah-wilayah yang sulit terjangkau dan minim fasilitas.

Bersyukur, KORINDO hadir di berbagai wilayah dan mengembangkan perusahaan atau bisnis di daerah tertinggal dan memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat yang berada di daerah tersebut. Perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit, perkayuan dan wind tower ini sudah berpuluh tahun memberikan kontribusi kepada negeri. Alhasil, terdapat 5 (lima) pilar yang menjadi motivasi untuk mengembangkan wilayah terdepan, terluar dan tertinggal.

Pilar-pilar tersebut adalah bidang Pendidikan di mana menargetkan anak-anak di daerah tertinggal untuk memiliki pendidikan yang baik, walaupun jauh dari pusat kota anak-anak daerah harus bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Mengembangkan Sumber Daya Manusia di wilayah tertinggal melalui pendanaan, penyediaan fasilitas belajar, bus sekolah dan sebagainya.

Pilar selanjutnya adalah di bidang Ekonomi, di mana KORINDO memiliki tujuan untuk memandirikan masyarakat di bidang ekonomi. Hal ini dilakukan melalui bantuan dana untuk bisnis produktif seperti ternak unggas, ikan, sapi, minyak kelapa sawit dan sebagainya.

Klinik Asiki

Tahap selanjutnya adalah KORINDO berperan dalam melestarikan lingkungan di wilayah tertinggal dengan cara menanam pohon, membersihkan lingkungan dan melakukan konservasi alam. Selain   memperbaiki lingkungan, KORINDO juga berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang lebih baik seperti memperbaiki jembatan, jalan, listrik, gereja, masjid, pasar, aula dan sebagainya.

Pilar yang terakhir adalah Kesehatan, apalagi di masa pandemi ini kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, KORINDO membangun gaya hidup sehat terhadap masyarakat dengan memberikan layanan kesehatan gratis, penyuluhan keliling, obat gratis dan juga klinik. Salah satu klinik yang dibangun oleh KORINDO dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk masyarakat di wilayah Boven Digoel.

Klinik Asiki
Klinik Asiki

Klinik Asiki merupakan jawaban dan doa masyarakat di sekitar Kabupaten Boven Digoel. Kabupaten ini berada di provinsi Papua yang merupakan salah satu daerah tertinggal. Tenaga medis juga harus melewati banyak rintangan seperti sungai dan sebagainya untuk sampai ke tempat ini.

Dulu, kita mengenal Papua dilanda gizi buruk serta angka kematian Ibu dan Anak cukup tinggi. Apalagi wilayah ini minim dukungan infrastruktur memadai. Melihat masalah ini, KORINDO memiliki satu solusi dengan membangun sebuah klinik yang bernama Klinik Asiki.

Berdasarkan data Sekretariat ASEAN angka kematian Ibu dan Anak di wilayah ini dinilai terbesar kedua setelah negara Laos. Sehingga Klinik Asiki memiliki program untuk menekan angka kematian tersebut. Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui Mobile Service di mana dokter dan tim medis mengunjungi para ibu yang berada di pelosok untuk diberikan penyuluhan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Klinik Asiki memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat asli Papua dan berkomitmen non komersial. Pelayanan kesehatan di Klinik Asiki juga lengkap seperti poli umum, poli gigi dan laboratorium yang memadai.

Di samping itu, penyuluhan kesehatan dan perbaikan gizi masyarakat terus dilakukan agar kesehatan masyarakat tetap terjaga dan jauh dari gizi buruk. Karena komitmen pelayanan kesehatan yang baik, sehingga Klinik Asiki pada Agustus 2019 lalu mendapatkan penghargaan terbaik tingkat nasional sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) oleh BPJS Kesehatan.

Klinik Asiki

Meski KORINDO tidak memiliki hubungan bisnis di bidang kesehatan tapi menaruh hati untuk membangun Klinik Asiki. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup warga Asiki dan sekitarnya. KORINDO begitu bersemangat untuk menjalankan klinik ini yang secara keuangan tidak menguntungkan.

Tentunya, hal ini merupakan bagian dari komitmen sebuah perusahaan untuk berkontribusi terhadap negara dalam menjalankan amanat Undang-Undang Dasar bahwa setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Apalagi sebagian besar wilayah Papua merupakan tempat tertinggal di mana secara geografis membutuhkan banyak bantuan terutama di bidang kesehatan dan medis.

Semenjak klinik Asiki berdiri maka pemahaman akan kesehatan bagi masyarakat Asiki dan sekitarnya menjadi baik, gizi masyarakat membaik dan hebatnya angka kematian Ibu dan Anak semakin kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Klinik Asiki

Selain melengkapi klinik Asiki dengan berbagai peralatan medis dan kesehatan, KORINDO juga melatih tenaga medis setempat termasuk dokter, apoteker, perawat untuk membuat kerangka kerja perawatan kesehatan lokal dengan baik dan sesuai dengan kebijakan Kementrian Kesehatan.

Tenaga medis yang dilatih juga berkomitmen untuk menjalankan tugas sebaik mungkin, termasuk mengunjungi desa lembah, hutan dan juga wilayah pelosok untuk memberikan vaksinasi, pengobatan serta perawatan lainnya. Sehingga kolaborasi Klinik Asiki dan tim medis menjadi solusi terhadap daerah tertinggal dalam hal penanganan kesehatan.

Selama pandemi Covid 19, KORINDO juga telah menyumbangkan masker dan pakaian pelindung kepada masyarakat Papua yang kekurangan alat kesehatan dan pelindung. Komitmen ini begitu nyata sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat wilayah Asiki.

Setidaknya jejak yang dibuat oleh KORINDO dapat menjadi cerminan bagi banyak perusahaan untuk berkontribusi maksimal di wilayah bisnis yang ditempati. Apalagi untuk daerah terdepan, terpencil, tertinggal dan sebagainya.

Adanya gotong royong antara pemerintah dan pihak swasta dapat mewujudkan Pasal 28H ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 bahwa setiap orang mendapatkan fasilitas kesehatan. Sehingga kesehatan benar-benar menjadi milik seluruh bangsa Indonesia.

KORINDO sudah melakukannya dan mewujudkan kesehatan yang baik untuk sesama. Nah, sekarang kita juga diajak untuk menaruh hati bagi bangsa ini dengan memberikan kontribusi walau sekecil apapun itu sangat berharga.

Categories: All Post

40 Comments

Elly Nurul · October 5, 2020 at 11:50 am

Aku pernah denger ini klinuk asiki, dan menurut aku sangat layak mendapat award dari BPJS kesehatan.. memang ya niat baik dan didukung dengan fasilitas kesehatan yang baik juga, akhirnya bisa memberikan manfaat bagi orang lain khususnya warga sekitar klinik asiki ini

Rach Alida · October 5, 2020 at 11:07 pm

Wah ini yang ditunggu. Kontribusi nyata langsung ke masyrakat ya mba. Jadi nggak hanya teori aja. Dukunh deh 🙂

winda - dajourneys.com · October 6, 2020 at 1:58 am

semoga sih pemerataan sampai ke sana ya mbak biar saudara2 kita di sana juga hidupnya lebih nyaman dan sehat

Mechta · October 6, 2020 at 2:32 am

Semoga dg adanya Klinik Asiki ini kesehatan masy setempat lebih terjamin ya mba…

    Mugniar · October 12, 2020 at 3:35 pm

    Aamiin. Semoga terjangkau oleh semua masyarakat pedalaman di sana fasilitas kesehatan yang diberikan oleh Korindo.

Twitter: @iffiarahman · October 6, 2020 at 4:13 am

Bagus sekali program yang korindo adakan, sangat bermanfaat untuk masyarakat

Reyne Raea · October 6, 2020 at 1:13 pm

Keren ya kontribusi KORINDO melalui klinik Asiki ini, secara hal-hal seperti ini amat sangat dibutuhkan di daerah-daerah tertinggal, apalagi dilengkapi dengan tenaga medis yang terlatih dan dengan pelayanan yang ramah dan memuaskan.
Semoga bisa diikuti lebih banyak perusahaan lainnya 🙂

Okti Li · October 6, 2020 at 2:26 pm

Salut dengan keberanian klinik Asiki milik Korindo yang berani menjemput bola, terjun langsung ke lapangan yg sebenarnya, masyarakat Papua. Tapi tidak heran, kalau udah juara nasional dari BPJS pasti tidak diragukan lagi kemampuannya dong ya

Lidya · October 7, 2020 at 2:33 am

KEsehatan adalah hak semua orang ya mbak tapi di daerah terpenci; fasilitas kesehatan masih kurang. Melalui Korindo semoga banyak daerah tertinggal yang terbantu kesehatannya.
Semoga bantuan gak cuma di Kabupaten Bovem aja ya tapi di daerah tetinggal lainnya juga

Uniek Kaswarganti · October 7, 2020 at 3:32 am

Kalau saja semua perusahaan yang ada bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedalaman, sesuai dengan 5 pilar Korindo tadi, tentu rakyat akan senang sekali ya. Pemerintah butuh dibantu juga dalam memperbaiki taraf hidup masyarakat di berbagai sektor kehidupan.

Andy Hardiyanti · October 7, 2020 at 5:04 am

Semoga kita semua dapat memberikan kontribusi yang baik bagi bangsa yaa, sekecil apapun itu. Minimal berkontribusi pada lingkungan terdekat kita.

Sri Widiyastuti · October 7, 2020 at 5:39 am

Alhamdulillah ya mbak ada klinik asiki sehingga penduduk paling Timur Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Tak terbayang kalau tak ada yang mrmilikirkan ini,,akses kesehatan di sana jauh banget kualitasnya yaa. Sedih membayangkannya

Khoirur Rohmah · October 7, 2020 at 12:42 pm

Amatlah mulia para tenaga medis yg ikut terlibat dalam membantu pasien yg ada di Klinik Asiki. Smoga adanya klinik Asiki ini, warga sekitar mendapatkan kesehatan yang layak, bahkan di pedalaman

nanie · October 7, 2020 at 5:34 pm

saya setuju, kontribusi sekecil apapun akan sangat berarti. Semoga langkah-langkah baik yang dilakukan Korindo bisa menjadi contoh nyata bagi perusahaan lain yang juga berlokasi di daerah tertinggal dan pedalaman.

Mugniar · October 10, 2020 at 3:55 pm

Memang kita perlu klinik seperti ini untuk menjamin kesejahteraan masyarakat pedalaman. Semoga Korindo juga membantu menjaga lingkungan di sana.

Chairina · October 10, 2020 at 11:13 pm

Semoga semua niat baiknya di mudahkan ya. Memang bener sih sekecil apapun hal baik yang kita lakukan pasti akan bernilai jika di berikan kepada yang memang membutuhkannya ya.

Emma.malika · October 11, 2020 at 12:11 am

Kesehatan adalah hal utama untuk setiap orang baik kota maupun desa semoga Program Korindo ini di harapkan bisa berkesinambungan tidak hanya Papua melainkan Pedalaman di provinsi lainnya di Indonesia

Akarui Cha · October 11, 2020 at 2:09 am

Selalu bersyukur sebab banyak perusahaan yang menyasarkan CSR nya benar benar untuk masyarakat di sekitarnya. Hebar nih Korindo yang sudah nenghadirkan Klinik Asiki di daerah pedalaman dan tertinggal, seperti di Boven Digoel Papua.

Raja Lubis · October 11, 2020 at 8:16 am

Pernah nonton film Boven Digoel, dan ngerasain gimana susahnya akses kesehatan di daerah sana. Semoga dengan hadirnya klinik ASIKI, kesehatan makin mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat

Jihan · October 11, 2020 at 9:43 am

terharu banget ketika baca kalimat, “sekarang kesehatan milik semua orang.” bener banget. Selama ini saya selalu kepikiran sama petugas medis, serta penduduk yang di daerah sekitarnya ngga ada klinik atau puskesmas terdekat. Paling tidak untuk pertolongan pertama. Cerita seorang dokter yang waktu itu sempat viral bikin hati jadi nyutnyutan. Meninggal karena menempuh perjalanan pas mau berobat sangat jauh. Sedih banget rasanya yaa. Mudah-mudahan program seperti ini terus berlanjut, berkembang dan merambah daerah2 terpencil lain

Gina · October 11, 2020 at 11:55 am

Salute buat langkah dan tindakan dari Korindo, semoga makin menginspirasi yang lain dlm membantu org byk

Fenni Bungsu · October 11, 2020 at 2:06 pm

Kesehatan milik semua dan semua berhak mendapatkannya, dimanapun berada. Inspirasi hadirnya klinik asiki oleh Korindo ini jadi masukan untuk kita guna melakukan hal yang bermanfaat bagi banyak orang

Puput Febriina · October 11, 2020 at 2:37 pm

yang dilakukan KORINDO di masa pandemi ini sudah sangat tepat ya. Semoga kita juga bisa membantu sesama walau sekecil apapun ya.

Melina Sekarsari · October 11, 2020 at 5:23 pm

Semoga bentuk dukungan dan kepedulian Korindo terhadap kesehatan masyarakat Papua khususnya Boven Digoel terus bertahan hingga selamanya. Langkah nyata seperti ini patut ditiru oleh perusahaan-perusahaan besar lainnya di Indonesia.

Fitriyani somantri · October 11, 2020 at 10:57 pm

saya baru tau ada klinik asiki di papua dan kliniknya nyaman, bersih dan asri.. sukses terus asiki dalam membantu masyarakat di daerah

Qatrinnadya · October 12, 2020 at 12:36 am

Keren banget sih ini ada klinik bagus untuk rakyat Indonesja di Papua sana. Semoga taraf kesehatan semakin meningkat, yaa…

Salam…

Lia Wahab · October 12, 2020 at 12:47 am

Ini klinik di pedalaman Biven Digoel? Salut buat klinik dan kerja pengabdian para dokter sama perawatnya!

Taumy Alif · October 12, 2020 at 1:10 am

Memang sejak dulu Korindo itu perhatian lebih ke daerah2 terpencil dan pedalaman. Nah klinik ini sih memang setahu saya salah satunya.

Andiyani · October 12, 2020 at 1:47 am

Klinik Asiki bagus ya komitmennya untuk masyarakat Papua, bahkan apalagi tenaga medisnya sudah dilatih

Yudha · October 12, 2020 at 2:32 am

Wah keren banget inisiatif nya klinik asiki milik korindo langsung terjun ke masyarakat melihat fakta yang terjadi. Semangat dan terus menginspirasi

Susindra · October 12, 2020 at 3:06 am

Misi Korindo sangat baik. Semoga diterima semua masyarakat dengan mata dan tangan terbuka.
Jujur saja saya masih agak jerih kalau ingat kondisi medan di sana.

Enny · October 12, 2020 at 3:14 am

Suka banget sama aksi nyata sperti yang dilakukan Korindo ini. Bagaimana sebuah niat baik menjadi kontribusi yang nyata manfaatnya untuk masyarakat. Saluuut.

Ruziana · October 12, 2020 at 3:20 am

luar biasa pengabdian dan perhatian korindo pada masyarakat ya
Pasti masy daerah tertinggal sangat terbantu dgn apa yg sudah dilakukan tuk masy di sana. Semoga program ini terus berkelanjutan

Shyntako · October 12, 2020 at 3:20 am

Keren yaa mba, memang kalo niat baik dilakukan dengan sepenuh hati ya jadinya berfaedah bagi orang banyak. Thanks Korindo, semoga selalu bisa merengkuh semua daerah tertinggal di Indonesia yaa

Nita Juwithafina · October 12, 2020 at 8:27 am

Kalo lagi ada yang ksi penjelasan papua seketika aq ikngat imana kudibesarkan.. 🙂 kangen papua tetiba

Dwi · October 12, 2020 at 11:22 pm

Semoga jejak KORINDO dengan klinik asiki-nya ini bisa diikuti oleh yang lainnya, sehingga bisa merata pelayanan kesehatan di seluruh pelosok Indonesia.

Dian · October 13, 2020 at 2:45 am

Salut ya mbak..
Ada perusahaan yg peduli dgn kesehatan masyarakat di sekitarnya..
Ini contoh penerapan CSR ya mbak

Anisah Widyastuti · October 13, 2020 at 3:44 am

Keren nih kontribusinya Korindo,mantab. Di bidang ekonomi bikin masyarakat Indonesia semakin baik ekonominya.

Asih Mufisya · October 13, 2020 at 4:13 am

Sarana kesehatan memang penting untuk kehidupan. Berdirinya klinik Asiki milik Korindo membuat warga Papua makin terjaga kesehatannya. Perhatian akan kesehatan memang dibutuhkan di seluruh lapisan masyarakat dimanapun berada.

Nurul Sufitri · October 13, 2020 at 6:18 am

Aku pernah menulis tentang Klinik Asiki juga di blog, udah lama. Memang deh salut sama para petugas kesehatan Mereka bersedia menembus hutan, menyeberangi sungai, naik perahu menuju pedalaman demi memajukan kesehatan masyarakat Papua. Klinik Asiki bagus sekali, fasilitasnya juga cukup lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!