Pemerintah baru-baru ini meluncurkan tiga produk obligasi negara dengan tenor terlama dan terbesar dalam sejarah. Ketiga produk obligasi negara tersebut memiliki seri RI1030, RI1050 dan RI0470. Masing-masing instrumen tersebut memiliki tanggal jatuh tempo yang berbeda.

Pada seri RI1030, pemerintah menetapkan tanggal jatuh tempo atau tenor yang diberlakukan adalah 15 Oktober 2030. Sedangkan pada RI1050, tenornya mencapai tanggal 15 Oktober 2050. Dan terakhir, pada seri RI0470 tenornya mencapai 50 tahun dari sekarang.

Peluncuran obligasi negara terbesar sepanjang sejarah tersebut bukan tanpa alasan. Ekonomi yang sempat meredup karena pandemi corona menjadi salah satu faktornya. Menteri Keuangan, Sri Mulyani, sempat mengatakan bahwa penerbitan 3 seri obligasi negara dengan tenor panjang tersebut dilakukan demi menjaga pembiayaan secara aman serta menambah cadangan devisa negara.

Nah, buat kamu yang sekarang penasaran tentang investasi obligasi negara ini dan mungkin tertarik untuk memilikinya. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mulai dari keuntungan hingga risikonya. Apa saja itu?

Keuntungan Investasi di Obligasi Negara

  1. Kupon atau bunga yang bisa didapat secara berkala

Salah satu keuntungan berinvestasi di obligasi negara adalah kamu bisa mendapatkan bunga dalam bentuk kupon pada setiap periode yang telah ditentukan. Misalnya sebulan sekali atau setahun sekali. Teruntuk investasi deposito negara by digibank obligasi ini bias cair setiap bulan.

Selain bunga yang berbentuk kupon di atas, kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari nilai investasi yang bertambah dari harga beli sebelumnya.

  1. Risiko rendah dan bunga kompetitif yang diberikan

 Obligasi negara bisa disebut sebagai instrumen investasi terbaik karena menawarkan risiko yang rendah sekaligus memberikan bunga investasi yang kompetitif jika dibandingkan dengan deposito. Sehingga, buat kamu investor pemula tak perlu takut atau khawatir untuk berinvestasi pada instrumen yang satu ini.

  1. Sebagai sarana diversifikasi investasi

Dalam berinvestasi, kamu tentu tak boleh hanya mengandalkan satu instrumen saja. Ada baiknya untuk meletakkan modalmu pada beberapa instrumen investasi yang ada.

Jika sebelumnya kamu sudah berinvestasi di saham, maka tak ada salahnya untuk meletakkan modalmu di tempat lain seperti obligasi negara. Hal ini akan memaksimalkanmu dalam mendapatkan keuntungan sekaligus mengantisipasi jika instrumen investasi sahammu mengalami penurunan.

  1. Melindungi modal yang kamu miliki

 Jika kamu memiliki modal yang sedang menganggur alias belum digunakan sama sekali. Kamu bisa meletakkan modal tersebut pada obligasi negara untuk mendapatkan keuntungan sekaligus melindungi nilainya sehingga terhindar dari gerusan inflasi.

  1. Lebih baik daripada menabung konvensional di bank

Yup, berinvestasi di obligasi negara cenderung lebih menguntungkan daripada kamu meletakkanya pada tabungan bank konvensional. Pada obligasi negara pemerintahan, bunga yang bisa kamu dapatkan mencapai 6 hingga 7 persen tiap tahunnya.

Cara Membeli Obligasi Negara Pemerintahan di Aplikasi digibank by DBS

Jika dulu berinvestasi di obligasi negara minimal dana yang harus kamu siapkan adalah Rp 1 milyar. Sekarang kamu tak perlu dana sebanyak itu. Cukup dengan Rp 1 jutaan, kamu sudah bisa membeli produk obligasi negara yang tersedia di Aplikasi digibank by DBS.

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot datang ke bank atau ke broker. Karena di Aplikasi digibank by DBS semuanya bisa kamu lakukan secara online tanpa harus datang ke kantor cabang dan merupakan aplikasi 24 jam selama seminggu jadi tidak perlu khawatir waktu.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, investasi obligasi negara merupakan jenis investasi rendah risiko yang menawarkan return lebih tinggi jika dibandingkan deposito. Dengan berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS kamu bisa mendapatkan profit yang cair setiap bulannya. Menarik, kan?

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Dengan sistem keamanan yang sudah terjamin serta berada di bawah pengawasan OJK membuatmu tak perlu khawatir atau ragu lagi untuk memulai investasi di digibank obligasi.

So, tunggu apa lagi? Yuk, mulai investasi obligasi negaramu sekarang juga!

Categories: Lifestyle

13 Comments

Riawani elyta · May 9, 2020 at 5:18 pm

Mudah banget ya sekarang ikut obligasi. Bisa via digital bank mulai dari 1 jutaan.

Nchie Hanie · May 9, 2020 at 6:35 pm

Digibank makin keren aja nih appsnya, sesuai dengan komitmennya yang menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik, juaraaa!!
Semoga banyak masyarakat yang sadar berinvestasi di digibank obligasi.

mutia nurul rahmah · May 9, 2020 at 7:22 pm

wah bisa jadi bahan petimbangan buat saya ketika ingin berinvestasi nih mba

Indah Riadiani · May 10, 2020 at 2:52 am

Informatif sekali Mba tulisannya. Jujur saya ga tau obligasi itu apa…hehehe tapi setelah baca ini jadi tertarik buat cari tau lebih lanjut. Apalagi bisa pake aplikasi DBS ya buat beli obligasi nya…ko kayanya mudah gtu, sayang kalo ga dicoba.

Gina · May 10, 2020 at 3:27 am

Salah satu investasi yg low risk adalah memiliki obligasi. Pilihan yg tepat. Review yg ok

Dawiah · May 10, 2020 at 12:20 pm

Wah, kalau investasi obligasi negara pastinya aman kan ya..

Dan dengar-dengar ini sangat menguntungkan, apalagi sekarang tidak harus punya dana banyak.

Demia · May 10, 2020 at 2:08 pm

waaa mau aku share ah tulisan ini ke si hubby yang lebih ngerti soal investasi ini hihi, soalnya aku masih kurang paham ehhe

Mechta · May 10, 2020 at 2:59 pm

Wah aku awam banget nih ttg investasi ini.. trims artikelnya mba, jadi ada wawasan dan pengen ngulik lbh jauh ..

Okti Li · May 10, 2020 at 5:04 pm

Tidak perlu datang ke kantor sehingga busa mendaftar dan isi form secara online dari rumah disertai dana awal minimal yang cukup terjangkau, bikin investasi obligasi ini banyak diminati. Semoga jargon digibanking terbaik bisa dipertahankan ya…

Tuty Queen · May 10, 2020 at 8:45 pm

keren banget ini aplikasi nya ya bisa komplit gitu dampai beli obligasi juga bisa.. langsung mau install aku tuh

Kurnia amelia · May 11, 2020 at 3:35 am

Senang ya sekarang investasi jadi lebih terjangkau dengan 1 juta dah bisa beli ORI , bisa investasi sekaligus membantu membangun negeri.

Nurul Fitri Fatkhani · May 11, 2020 at 5:43 am

Saya belum begitu familiar dengan investasi obligasi, Mbak.
Sepertinya harus banyak belajar dulu, baru mencoba berinvestasi obligasi

Eka Rahmawati · May 15, 2020 at 8:29 am

Pengin deh sekali-kali belajar soal investasi. Karena sekarang udah banyak anak2 muda yang berani melakukannya. Obligasi mungkin bisa jadi salah satu pilihan ya heheh

Leave a Reply to Riawani elyta Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!