Indonesia merupakan negara yang mudah beradaptasi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi. Salah satunya adalah kemajuan dunia digital dengan memanfaatkan internet. Menurut laporan We Are Social (databoks), pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 204,7 juta. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

Data Pengguna Internet

Kemajuan dunia internet tentunya berpengaruh terhadap sosial budaya, ekonomi, pendidikan serta perubahan gaya hidup di kalangan masyarakat. Tak aneh, kalau saat ini sudah semakin menipis orang yang gagap teknologi. Apalagi di jaman bonus demografi, kebanyakan orang muda yang memanfaatkan dunia internet sebagai sumber penghasilan.

Berikut 8 (delapan) pekerjaan yang memanfaatkan dunia internet sebagai sumber penghasilan:

1. Blogger/Penulis

Blogger

Salah satu pekerjaan atau profesi yang menghasilkan pundi-pundi keuangan adalah menjadi seorang blogger. Nara blog menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan karena selain mengasah keahlian atau kemampuan dalam menulis, ternyata juga mampu menghasilkan.

Selain dari AdSense, blogger juga sering mendapat penghasilan dari sponsor, campaign atau perlombaan menulis. Sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk menjadikan sebagai sumber penghasilan utama atau sampingan.

Tak hanya itu, menjadi penulis di media online seperti IDN App juga menjadi sumber penghasilan. Terkadang, sebagian penulis akan menjadi full timer atau penulis lepas.

2. Jualan Online

Semenjak pandemi di Indonesia, jualan offline sudah berubah menjadi jualan online. Jualan dapat dilakukan melalui sosial media maupun market place yang saat ini berkembang pesat di Indonesia.  

Seperti, salah satu pekerjaan yang dilakukan adalah menjual pakaian wanita serta tas impor. Selama ini, jualan dilakukan secara offline semenjak beralih ke dunia online maka omset bertambah dan berkembang setiap tahun. Hal ini dikarenakan melalui dunia online jangkauan pasar lebih luas dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Bisnis Online

3. Content Creator di Sosmed

Content Creator

Salah satu profesi yang paling hits saat ini adalah menjadi seorang content creator sosial media seperti Instagram dan Tiktok. Tidak dapat dipungkiri, saat ini content creator di Instagram dengan jumlah pengikut alami yang cukup besar mampu memberikan penghasilan. Misalnya melalui, endorse dan lain sebagainya.

Di platform seperti Tiktok juga saat ini banyak dijadikan sebagai sumber penghasilan karena salah satu platform video paling populer saat ini. Penghasilan dapat melalui sponsor konten, donasi dari penonton live atau jasa pembuatan konten.

4. Youtuber

Sudah tidak asing lagi kalau platform youtube menjadi tren untuk menghasilkan uang. Namun, kembali untuk menghasilkan maka terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku.

Penghasilan dari youtube juga cukup besar apalagi dari iklan, tak hanya itu metode monetisasi lainnya seperti dari langganan chanel, super chat atau super sticker dan juga dari Youtube BrandConnect.

Youtuber

5. Kursus Online

Komik

Dewasa ini, banyak sekali berkembang kursus online dengan membuat materi dari sebuah bidang yang dikuasai. Kursus online saat ini juga banyak disukai oleh masyarakat apalagi untuk memenuhi keahlian untuk magang, bekerja, tutorial dan sebagainya.

Di samping itu, beberapa kursus online ditujukan untuk pendidikan ekstrakurikuler anak-anak seperti desain, kelas komik, bahasa dan sebagainya.

6. Jasa Titip Luar Negeri

Sebagian masyarakat memiliki kesulitan untuk mendapatkan beberapa barang yang dijual di Luar Negeri. Saat bepergian ke Luar Negeri menjadi sebuah peluang untuk menerapkan jasa titip dan di share di sosial media atau platform lainnya. Sehingga membuka peluang sebagai penghasilan tambahan.

Tak hanya itu, ketika membeli barang dari Luar Negeri secara online membutuhkan kartu kredit atau PayPal. Ternyata tidak semua orang memiliki alat tersebut, untuk itu kegiatan ini juga sebagai sumber penghasilan sebagai jasa titip pembayaran untuk barang-barang yang dipesan atau dibeli dari luar negeri.

Jasa Titip Luar Negeri

7. Reseller/Drop Shipper

Reseller

Drop Shipper dan Reseller merupakan pekerjaan yang menghasilkan. Apalagi untuk Drop Shipper yang sama sekali tidak membutuhkan modal. Cukup membagikan foto barang dagangan dari supplier dan supplier nantinya akan mengirimkan barang ke alamat pembeli.

Berbeda dengan Reseller yang terkadang melakukan persediaan di rumah. Kedua kegiatan di atas mampu menghasilkan pundi-pundi melalui sarana internet.

8. Live Streamer

Dewasa ini, salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan anak muda di dunia internet adalah Live Streamer. Pekerjaan ini sangat menjanjikan, apalagi untuk sebagian orang yang suka membagikan konten secara live. Mulai dari gamer, musik, tutorial, kolaborasi, demo produk, bakat dan lain sebagainya.

Jika ditekuni maka Live Streamer ini menjadi pekerjaan yang menjanjikan di masa kini dan nanti. Apalagi ketika sudah memiliki subscribers yang banyak. Untuk itu, berikut beberapa hal yang patut untuk diperhatikan ketika ingin terjun ke dunia Live Streamer:

    Hiburan
    1. Fokus pada konten streaming yang dilakukan misalnya game maka setiap live yang berhubungan dengan game.
    2. Konsisten setiap hari untuk melakukan live dan sebaiknya memiliki jadwal yang sama agar followers tahu kapan waktu live.
    3. Paham jenis perangkat yang digunakan waktu live baik software maupun hardware.
    4. Komunikasi yang baik untuk followers dan ada waktu tertentu membagikan gift.
    5. Upgrade skill setiap waktu agar semakin mahir atau andal dalam menjalankan konten setiap hari.

    Setelah menjadi streamer yang terkenal dengan konten yang menarik banyak followers tentunya akan memberikan penghasilan yang lebih banyak juga. Sehingga kebutuhan alat untuk live streaming dapat dipenuhi melalui penghasilan.

    Salah satu aplikasi terbaik yang lagi hits saat ini untuk menghasilkan uang dari internet adalah IDN App. IDN App merupakan aplikasi yang menyediakan berita terlengkap, terpercaya dan update. IDN App ini salah satu produk dari IDN Media dengan fitur yang lengkap mulai dari berita, menulis artikel, serta Live Streaming.

    Aplikasi IDN

    IDN App hadir sekitar 2 tahun lalu, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk berbagai generasi khususnya generasi millenial hingga gen Z di Indonesia. Fitur yang diberikan sangat tepat untuk pembaca maupun penulis dan tampilan saat ini lebih simple.

    Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play dan App Store. Setelah mengunduh langsung dapat mendaftar dan membuat akun baru. Berikut cara mudah mendaftar akun baru di IDN App:

    1. Klik daftar baru kemudian isi data dengan Email/Nomor HP, Username, Nama Lengkap dan Password.
    2. Kemudian verifikasi nomor HP yang telah didaftarkan.
    3. Memasukkan kode verifikasi terdiri dari 6 angka yang dikirim melalui sms.
    4. Selanjutnya IDN App dapat digunakan baik membaca berita maupun langsung menulis berita.
    Registrasi Aplikasi IDN

    Berikut fitur yang disajikan dalam IDN App yang dapat dinikmati oleh para pembaca maupun penulis secara detail:

    1. Home

    Saat meng-click Home, maka terdapat tampilan pada bar atas yaitu Berita (Terbaru dan Trending), IDN LIVE dan Quiz. Pada Berita terbaru akan muncul berbagai berita sesuai dengan waktu terakhir posting. Untuk tampilan trending maka akan muncul berita yang populer atau yang sedang trending dan banyak disukai oleh para pengguna aplikasi.

    IDN LIVE terdiri dari bar All, Trending, E-Sport, Zodiak, Movie, Hiburan, Viral dan Life. Masing-masing live membahas topik yang berbeda, salah satu yang menyenangkan adalah e-sport.

    Selanjutnya adalah Quiz, pada bar ini tersedia berbagai quiz seperti tentang karakter, gaya hidup, fashion, hiasan rambut dan mengenal berbagai artis/aktor. Kolom quiz menarik untuk diikuti pada saat santai atau waktu-waktu senggang.

      Home IDN

      2. Explore

      Pada bagian Explore menyajikan beberapa bagian yaitu:

      a. Event & Promo

       Pada tampilan event dan promo terdapat survey yang secara langsung mendapat e-wallet, Promo menulis yang akan mendapatkan poin, challenge dan sebagainya.

      b. Tag Terpopuler

      Tag terpopuler menampilkan keyword atau tag yang paling populer. Tinggal click maka akan disajikan berbagai berita atau artikel seputar kata yang menjadi tag populer tersebut, seperti ramadan.

      c. Nonton Film Gratis bersama trueID

      Selanjutnya IDN App menyajikan nonton film gratis dengan trueID. Film yang disajikan sangat menarik mulai dari dalam maupun luar negeri dan semua dapat ditonton secara gratis.

      d. Pilihan Media IDN

      Nah, untuk pengguna aplikasi dapat memilih berbagai jenis media IDN yang ada. Seperti IDN Times, PopBela, PopMama, IDN Times Jabar, Jatim, Sumut, Sulsel, Jateng, Jogja, Kaltim, Sumsel, Lampung, Banten, Bali dan Duniaku.  

      e. Pilihan Topik IDN

      Terakhir yang disajikan dalam Explore terdapat berbagai pilihan topik yang disediakan seperti News, Viral, Bisnis, Parenting, Beauty, Food, Life, Sports, Relationship, Korea, Travel, Kesehatan, Fashion, Geek, Tech, Science, Fiksi, Otomotif, Hiburan, Movie, Zodiak, Opini, E-Sport.

      Explore IDN

      3. Tulis Berita (+)

      Menariknya, pada kolom tulis berita maka akan diarahkan pada draft pembuatan berita atau artikel. Langkah pertama adalah menulis pilihan topik yang sudah disediakan yaitu:

      • Automotive , berita otomotif terbaru hari ini generasi milenial.
      • Business, berita bisnis dan ekonomi terbaru hari ini.
      • Fiction, karya tulis fiksi generasi milenial.
      • Food, berita tren makanan dan minuman kekininan.
      • Health, berita kesehatan terbaru hari ini generasi milenial.
      • Hype, berita hype terbaru hari ini.
      • Korea, berita kpop, drama dan knews terbaru hari ini.
      • Life, motivasi hidup untuk generasi milenial.
      • Men, artikel seputar pria generasi milenial.
      • News, berita terkini hari ini di Indonesia dan dunia.
      • Opinion, artikel opini generasi milenial.
      • Science, kumpulan artikel sains terbaru.
      • Sport, berita olahraga terbaru hari ini generasi milenial.
      • Tech, berita teknologi terbaru hari ini generasi milenial.
      • Travel, kumpulan tempat wisata dan rekreasi terbaru di Indonesia.

      Tulis Berita IDN

      Kemudian, tentukan judul yang menarik dan eye catching sehingga menarik pengunjung membaca tulisan yang dibuat. Unggah gambar sampul yang sesuai dengan isi tulisan selanjutnya dapat menulis berbagai berita atau artikel. Tak hanya itu, penulis dapat menyisipkan gambar, menautkan dengan Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube. Setelah selesai menulis konten maka berita akan diterbitkan oleh IDN Times di mana editorial IDN Times akan menerbitkannya dengan label IDN Times.

      4. Notification

      Pada bar notification akan muncul berbagai notifikasi terkait penggunaan aplikasi. Mulai dari postingan tulisan, balasan komentar dan sebagainya.

      5. Profile

      Pada menu profile akan ditampilan berapa followers dan following, selanjutnya Menu Kreator. Pada menu ini, akan disajikan tips atau panduan agar tulisan lolos terbit. Kemudian berapa views dari tulisan yang sudah di-posting oleh IDN Times.

      Pada bar tengah terdapat Draft, Dimoderasi, Revisi, Terbit dan Ditolak. Jadi penulis mengetahui sejauh mana progress dari tulisan yang diajukan untuk diterbitkan.

      Menariknya, terdapat icon Rank pada sudut kanan atas yang menampilkan peringkat tertinggi untuk views terbanyak. Mulai dari Weekly, Monthly dan All-Time.

      Kemudian terdapat icon (+) pada sudut kanan bawah yang terdiri dari Tanya Jawab dan Menulis Berita. Pada kolom Tanya Jawab akan diberikan kolom untuk bertanya dengan topik yang sudah disediakan seperti Entertainment, Indonesia, Inspiration, Women, Humor, Kpop, Economy dan sebagainya. Di samping itu, penanya juga dapat menyisipkan gambar atau foto yang dapat diambil secara langsung dari perangkat kamera HP.

      Terakhir yaitu Pengaturan, di mana pengguna dapat menggunakan Mode Gelap untuk IDN App, Reset Password, Hapus Riwayat, Bantuan IDN Support, Kebijakan Privasi, Penilaian IDN App serta Log Out.

      Profile

      Setelah berselancar dan mengulik IDN App maka dapat dikatakan 1 aplikasi sejuta manfaat. Mulai dari kaya fitur, simple serta mendatangkan cuan bagi pekerja konten. Apalagi saat ini IDN Media memberikan penghargaan berupa dana sebesar Rp50 Miliar untuk para streamer yang membuat streaming yang kreatif dan otentik.

      IDN Live sendiri merupakan fitur baru yang diluncurkan oleh IDN Media pada bulan April 2022. IDN Live merupakan platform streaming yang langsung menghubungkan antara streamer dengan followers disertai dengan interaksi sehingga menjadikan live semakin menarik.

      IDN Media akan akan meluncurkan dana sebesar Rp50 Miliar bagi streamer yang tergabung di IDN Live. Tentunya program ini menjadi ladang cuan untuk streamer. Program ini diharapkan mampu mendukung para streamer dalam membuat konten berkualitas serta menghadirkan content creator baru di Indonesia.

      Tak hanya sampai di situ, IDN Media akan memberikan reward berupa:

      1. Media Coverage, strategi promosi, iklan berbayar pada IDN Media seperti IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, Yummy, FORTUNE, GWWP serta Dunia.com
      2. Fasilitas dari IDN Media yaitu berupa akses untuk menggunakan studio profesional IDN Media untuk membuat konten.
      3. Memiliki kesempatan untuk brand sponsorship yang difasilitasi oleh ICE
      4. Program pelatihan dan mentoring dari tim IDN Media.
      5. Perangkat hardware berupa kamera, mikrofon, mixer, tripod, lighting, green screen, dll.
      Streamer IDN

      Menariknya, IDN Live ini memiliki banyak keunggulan baik sebagai penonton maupun streamer. Apalagi sebagai penyedia konten maka akan mendapatkan banyak sekali manfaat serta keuntungan.

      IDN Live sendiri menyajikan beragam konten seperti E-Sport, Zodiak, Movie, Hiburan, Viral, Life. Apalagi sebagai perempuan yang sering melihat konten IDN Live paling senang dengan konten live musik karena menghibur.

      Interaksi antara penonton dan penyaji konten sangat mudah melalui kolom chat  sehingga dapat menyapa secara langsung. Di samping itu, penonton juga dapat memberikan hadiah sebagai dukungan kepada penyedia konten melalui stiker yang terdapat poin.

      Kerennya, stiker poin diberikan nama-nama khas Indonesia seperti Siomay, Nasi Goreng, Masker, Ikan Bakar, Martabak, Rempeyek, Tumpeng, Komodo, Cendrawasih dan lain sebagainya. Poin yang disediakan bermacam-macam dan untuk memberikan poin maka terlebih dahulu dapat Top Up Gold dengan berbagai nilai, pembayaran dapat dilakukan melalui GoPay.

      Konten-konten yang disajikan di IDN Live sangat menarik dan menonton live secara gratis. Nah, jika tidak ingin hanya menjadi penikmat Live Streaming, maka IDN Media juga membuka peluang sebesar-besarnya untuk menjadi streamer sehingga menghasilkan cuan.

      IDN LIVE
      Cari Cuan IDN Live

      Untuk semua content creator yang saat ini berjuang menambah pundi penghasilan di dunia internet saatnya beralih ke IDN Live. Tidak tanggung, 50 Miliar akan dikucurkan oleh IDN Media dalam mendukung para streamer yang berkarya dan berkreasi di IDN Live. Bayangkan perkiraan bonus yang didapatkan untuk Target Achievement (POIN) 10.000.000 akan mendapat bonus senilai Rp 1.300.000.000,-

      Nah, syarat yang diberikan oleh IDN Media untuk menjadi streamer di IDN Live adalah:

      1. Tinggal di Indonesia
      2. Umur 18 tahun ke atas
      3. Memiliki 100 pengikut di IDN App
      4. Streaming setiap hari
      5. Mempromosikan hal-hal atau konten yang membangun dan bersifat positif
      6. Kreatif, komunikatif dan menyajikan ide-ide baru setiap hari
      7. Sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Komunitas IDN Live
      Bonus Miliaran

      Ketika sudah memenuhi syarat maka sudah dapat mengajukan diri menjadi menjadi IDN Live Streamer. Setelah memiliki IDN App, mendaftar dan membuat akun baru maka selanjutnya adalah:

      1. Submit data diri melalui Google Form Pendaftaran IDN Live New Streamer
      2. Tim IDN akan memverifikasi data yang sudah di submit dan mengaktifkan akun streamer. Untuk kandidat yang tepat yang akan dihubungi oleh pihak IDN Media.
      3. Setelah akun aktif, tim IDN akan menginformasikan melalui email.
      4. Calon streamer akan diminta log out dari aplikasi IDN App terbaru kemudian login kembali.
      5. Klik tombol menu [Live] di bagian atas layar pada halaman Home.
      6. Klik tombol [+] yang ada di bagian bawah layar halaman Home.
      7. Jika muncul Live Streaming menandakan bahwa akun sudah berhasil diperbaharui dan sudah bisa menjadi streamer.
      8. Jika belum muncul maka dapat mengirim informasi ke IDN Live support@idn.media

      Caranya mudah, di formulir pendaftaran streamer akan mengisi data lengkap serta menyisipkan 1 (satu) video perkenalan yang nantinya akan diverifikasi oleh tim IDN. Ketika sudah lolos verifikasi maka siap-siap menuai cuan dari IDN Live. Tidak tanggung-tanggung IDN Media memberikan 50 Miliar sebagai support untuk seluruh streamer.

      Sudah siap jadi Miliarder? Cuss download Aplikasi IDN dan daftarkan menjadi IDN Live Streamer. Selamat berkarya, berkreasi dan menghasilkan cuan.

      Categories: All Post

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      error: Content is protected !!