Tidak perlu menunggu kaya untuk dapat berbagi, tidak perlu menunggu menjadi seseorang untuk dapat memberi. Lakukan mulai dari hari ini, berbagi dengan sesama, tak harus dengan materi karena kebahagiaan dapat diwujudkan dalam bentuk apa saja.

Hari ini merupakan sebuah momen yang menyenangkan karena mendapatkan banyak pelajaran serta nilai berharga dari acara Deklarasi Hari Bahagia Bersama yang diselenggarakan oleh JNE. Tahun 2021 adalah tahun ke 31 dimana JNE memberikan kebahagiaan kepada banyak orang.

Acara yang berlangsung selama 1 Jam 42 Menit tersebut menghadirkan Mohamad Feriadi Soeprapto merupakan Presiden Direktur JNE, Maman Suherman seorang Penulis dan Pegiat Literasi, Mice Cartoon merupakan Kartunis, Andy F. Noya merupakan Jurnalis dan Pendiri Benihbaik.com, Melanie Subono seorang Seniman dan Pendiri Rumah Harapan Melanie, Ivan Gunawan seorang Fashion Designer dan Entrepreneur. Kegiatan ini sangat menarik dengan berbagai cerita dari masing-masing narasumber dalam hal berbagi.

Buku Hari Bahagia

Kegiatan ini dipandu oleh host Fathia Izzati. Awal kegiatan disajikan sebuah cerita kartun yang berjudul Connecting Happines. Cerita bagaimana dua orang anak yang bersahabat akhirnya berpisah dengan jarak yang jauh. Alhasil, jarak yang jauh tidak lagi menjadi penghalang untuk mereka saling berbagi berbagai macam benda melalui kehadiran JNE.

Acara yang dilaksanakan secara online ini juga meluncurkan sebuah buku tentang Deklarasi Hari Kebahagiaan Bersama. Buku ini ditulis oleh Kang Maman dengan menceritakan bagaimana perjalanan JNE yang diangkat dari 3 (tiga) poin yaitu Berbagi, Memberi, Menyantuni.

Selain peluncuran buku Deklarasi Hari Kebahagiaan Bersama, acara ini juga mengajak narasumber untuk menceritakan pengalaman berbagi kebahagiaan kepada banyak orang.

1. Maman Suherman

Cerita kebahagiaan ketika menerbitkan buku tentang Human Trafficking di mana banyak penyintas yang juga sembuh ketika membaca buku tersebut dan karya yang dihasilkan mampu menyelematkan orang yang ingin mengakhiri hidup. Di samping itu, Kang Maman juga bercerita bahwa buku Deklarasi Hari Kebahagiaan Bersama ini juga memberi arti tersendiri karena begitu banyak pengalaman yang didapatkan. Terkhusus dalam hal memberi, berbagi dan menyantuni dari keluarga Mohamad Feriadi Soeprapto yang merupakan pendiri JNE.

2. Ivan Gunawan

Setelah Kang Maman menceritakan bagaimana berbagai kebahagiaan maka selanjutnya host meminta Ivan Gunawan untuk menyampaikan apa definisi bahagia. Beliau menceritakan bahwa ketika keluarga memberikan kebebasan untuk memilih pekerjaan sebagai Fashion Designer dan Entertainer merupakan sebuah kebahagiaan.

Ivan Gunawan juga menyampaikan bahwa apa yang dicapai dan dimilikinya sampai saat ini bukanlah sepenuhnya miliknya. Sehingga selalu berusaha untuk membahagiakan keluarga inti serta orang-orang yang ada di sekitarnya.

4. Mice Cartoon

Sebagai kartunis, Mice Cartoon menyampaikan bahwa pekerjaannya saat ini mampu membuatnya bahagia. Tak hanya sampai di situ, ketika karya yang dibuat menjadi hiburan untuk orang lain maka rasa bahagianya akan bertambah. Mice Cartoon sudah mendalami profesi ini selama 23 tahun dan dalam berkarya tidak pernah jenuh mendalami kartunis. Sehingga selalu menghasilkan karya yang dapat dinikmati banyak orang.

5. Mohamad Feriadi Soeprapto

Kisah selanjutnya adalah dari Presiden Direktur JNE yang merupakan anak dari founder JNE. Mohamad Feriadi Soeprapto menyampaikan bahwa kesempatan dalam acara ini sangat membahagiakan karena bertemu dengan orang-orang yang senang memberi kebahagiaan. Konsep JNE sendiri berawal dari berbagi dan memberi. Hal ini berawal saat usaha didirikan sudah diminta untuk menyantuni anak-anak yatim serta berbagi dengan lingkungan.

Tentunya, berbanding terbalik dengan definisi berbagi pada umumnya. Biasanya ketika perusahaan sudah besar maka diharapkan dapat memberi dan menyantuni akan tetapi berbeda dengan JNE di mana usaha masih didirikan sudah mendapat tanggung jawab untuk menyantuni. Oleh karena itu, JNE percaya setiap kebaikan yang dilakukan akan memberikan hasil yang baik untuk sesama.

Hari Bahagia Andy F Noya

5. Andy F. Noya

Andy F. Noya menyampaikan bahwa banyak orang berpikir untuk menunggu sejahtera dahulu kemudian baru berbagi. Umumnya, orang-orang seperti ini biasanya menunggu baru berbagi. Mungkin terdapat orang di dunia ini yang sejak lahir hingga meninggal tidak pernah berbagi dan tidak menemukan kebahagiaan.

Berbagi itu diharapkan dimulai dari saat ini, karena Tuhan tidak pernah menilai besaran yang akan kita berikan untuk membantu sesama. Jangan tunggu menjadi kaya baru kita dapat berbagi dengan sekitar.

Andy F. Noya sebagai pendiri Benihbaik.com juga menyampaikan bahwa Benihbaik.com memberi peluang untuk membuat banyak orang merasa bahagia. Hadirnya Benihbaik.com menjadi sarana untuk setiap orang berbuat baik setiap hari. Andy juga menyampaikan bahwa di atas kesuksesan seseorang adalah ketika hidup yang dimilikinya berdampak untuk orang lain maka di situlah akan ditemukan kebahagiaan yang sejati atau hakiki.

6. Melanie Subono

Narasumber terakhir adalah Melanie Subono yang menyampaikan kisah tentang Rumah Harapan Melanie. Rumah harapan ini didirikan sekitar 14 tahun lalu, berawal dari mewujudkan keinginan orang-orang sekitar. Ternyata kegiatan yang kecil tersebut memberikan dampak bahwa berbagi adalah kegiatan yang menyenangkan.

Narasumber menyampaikan bahwa terdapat kebersamaan untuk membuat orang lain bahagia. Karena kebahagiaan yang didapatkan orang lain secara tidak langsung akan kembali ke si pemberi bahagia tersebut.

Setelah narasumber menyampaikan cerita kebahagiaan dan berbagi bersama, JNE di Hari Ulang Tahun ke 31 Tahun juga mendeklarasikan peluncuran buku Bahagia Bersama yang ditulis oleh Kang Maman serta Kartunis Mice. Buku tersebut menyajikan kisah yang mampu membangkitkan keinginan kita untuk selalu berbagi, memberi serta mampu menyantuni. Dari semua itu maka kita akan selalu menemukan kebahagiaan.

Buku Bahagia Bersama ini dapat dibeli secara offline di toko buku Gramedia dan juga online melalui website gramedia.com serta toko resmi JNE di Tokopedia dan Shopee. So, tunggu apalagi jangan lupa bahagia, mulai berbagi dan memberi serta dapatkan kisah inspiratif melalui buku ini…

Buku JNE
Categories: All Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!