Bilamanakah Pandemi ini selesai?

Selalu ada jawaban dalam setiap tantangan dan selalu ada harapan selama matahari masih bersinar. Sama halnya, dengan apa yang dialami Indonesia saat ini yaitu bergumul dengan virus COVID 19 yang hampir 3 (tiga) bulan bertahan.

Tidak hanya sebagian, mungkin hampir seluruh masyarakat merasa jenuh di rumah saja dan membatasi diri untuk bepergian. Hal ini menjadi pilihan yang tepat dalam memutus rantai penyebaran virus berbahaya ini.

Banyak doa yang dipanjatkan agar penyebaran virus ini berakhir dan masyarakat kembali melakukan aktivitas serta berbagai pekerjaan secara normal. Di samping itu, keinginan sebagian orang saat ini adalah dapat kembali beraktivitas dengan normal di luar rumah.

Berbulan-bulan di rumah saja tentunya ada begitu banyak kegiatan yang akan dilakukan seperti pergi ke tempat wisata, kembali mengantarkan anak ke sekolah, perawatan di salon dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan tingkat kejenuhan atau kebosanan di rumah sudah cukup tinggi.

Terlebih beberapa waktu ke depan pemerintah akan mulai menerapkan new normal life, di mana mengembalikan kondisi Indonesia seperti semula. Relaksasi aturan social distancing pun mulai dilonggarkan dengan cara gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, fasilitas publik dan sebagainya kembali dibuka.

Walau di lapangan masih dalam kondisi pro dan kontra, namun bagaimana pun cara pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi masalah pandemi ini, semoga tetap menemukan titik temu. Meski demikian, protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dan sebagainya harus semakin taat untuk dilakukan.

Harapannya, sebelum diberlakukan kehidupan kembali normal semoga penyebaran virus covid 19 ini semakin kecil dan pandemi dapat berakhir dari Indonesia. Pandemi usai maka kegiatan pertama yang saya lakukan dengan keluarga adalah berlibur ke Danau Toba yang merupakan wilayah sekeping surga di Sumatera Utara.

5 Wilayah Sekeping Surga

Sekeping surga adalah sebutan yang tepat untuk Danau Toba. Pasalnya, tempat ini menyajikan keajaiban alam yang sangat indah dan sulit untuk dilupakan. Pertama kali berkunjung dan mengelilingi tempat ini, maka kesan yang didapat sangat menyenangkan, sehingga menjadi tujuan wisata terbaik untuk dikunjungi pasca pandemi.

Berikut 5 (lima) wilayah sekeping surga yang wajib di kunjungi:

1. Bukit Tara Bunga

Bukit Tara Bunga menjadi tempat pertama yang akan dikunjungi. Bukit ini menyajikan pemandangan Danau Toba yang begitu luas dan indah. Sepanjang mata memandang akan melihat keindahan danau dengan air yang biru dari ketinggian.

Udara di bukit ini sangat sejuk, kita dapat duduk di rumput hijau sambil memandang danau toba. Perjalanan menuju bukit ini tidak terlalu terjal, jalan sedikit sempit namun pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan sawah yang hijau.

Tara Bunga

2. Pantai Bul Bul

Sebutan pantai ini menurut saya sangat istimewa yaitu Bul Bul. Pantai ini merupakan bagian dari Danau Toba yang melewati wilayah Kota Balige. Balige sendiri merupakan kota kecil yang terkenal dengan seribu tugu pemakaman raja Batak serta berbagai makanan yang khas seperti Pizza Andaliman dan ombus-ombus.

Saat memasuki wilayah pantai maka pengunjung akan disambut dengan pasir putih yang lembut. Walau bermain pasir seharian tidak akan terasa karena tempat ini bersih ditata sedemikian rupa untuk wisatawan. 

Fasilitas di tempat ini sangat lengkap mulai dari warung, pondok untuk bersantai, beragam makanan khas Balige, perahu serta permainan air.      

3. Taman Eden 100

Perjalanan menyenangkan selanjutnya adalah Taman Eden 100. Wilayah ini penuh dengan bunga, tanaman hias, pepohonan dan buah-buahan. Di samping itu, tempat ini juga sebagai konservasi beberapa hewan.

Keindahan berbagai tanaman dan bunga membuat tempat ini layaknya taman eden. Di samping itu, terdapat warung kopi dengan suguhan berbagai kopi asli Sumatera Utara.

Tak hanya itu, terdapat air terjun yang sangat indah berada di ujung taman. Alhasil, saat berkunjung ke tempat ini terdapat beberapa tempat wisata sekalian seperti kuliner, taman bunga dan hewan serta air terjun untuk mandi bersama keluarga.

Taman Eden 100

4. Air Terjun Gibeon

Salah satu ikon yang sangat unik yang berada di wilayah sekeping surga adalah Air Terjun Gibeon. Kerennya, air terjun ini tidak biasa karena di bawah air terjun langsung terdapat kolam renang.

Umumnya, jika mengunjungi air terjun maka akan sedikit sulit untuk dapat menikmatinya apalagi jika ingin mandi langsung. Namun, di Air Terjun Gibeon ini dibangun sebuah kolam renang yang besar atau dewasa sehingga sambil merasakan air terjun juga dapat berenang di kolam.

Di samping itu, pengunjung tidak perlu kuatir karena terdapat berbagai makanan yang disuguhkan dengan harga yang cukup terjangkau. Menariknya, tempat ini juga menyajikan berbagai permaianan anak secara gratis.

Air Terjun Gibeon

5. Sidihoni Samosir

Tempat terakhir yang tidak kalah indahnya untuk dikunjungi adalah Danau Sidihoni. Danau ini tidak seperti danau pada umumnya, karena merupakan danau ini berada di atas Danau Toba. Kebayang betapa indahnya pemandangan danau di atas danau.

Ketika berkunjung ke tempat ini maka pemandangan yang tidak biasa karena memiliki keindahan luar biasa. Terlebih udara di tempat ini sangat sejuk ditemani dengan hamparan rumput yang luas. Sebagian orang datang kemari untuk menginap atau berkemah di padang rumput sambil menikmati pemandangan Danau Toba.

Demikian kelima keindahan wilayah Danau Toba yang menjadi sekeping surga dan ingin sekali mengunjunginya kembali usai pandemi. Di samping itu, salah satu makanan yang rasanya selalu nempel di lidah adalah Pizza Andaliman yang menjadi andakan Kota Balige.

Pizza ini diracik dengan khas andaliman yaitu rempah asli dari tanah Batak yang rasanya getir saat dilidah namun memberikan cita rasa sendiri dan sangat nikmat. Oleh karena itu, makanan ini sangat diidamkan saat ini dan rasanya ingin mengulang kembali perjalanan ke Danau Toba untuk mencicipi makanan tersebut.

Pizza Andaliman

Nah, mencapai wilayah ini sangat mudah. Apalagi saat ini jalur Tol Medan – Tebing Tinggi sudah dibuka sehingga mempercepat tiba di tempat wisata ini. Kelima daerah di atas dapat dituju melalui 2 (dua) Bandara Internasional yaitu Kuala Namu dan Silangit.

Bandara Silangit

Bandara ini terletak di Siborong-Borong, Tapanuli Utara. Bandara ini terdapat taksi atau angkutan umum yang mengantarkan wisatawan ke daerah wisata yang ingin dituju.

Bandara Silangit

2. Bandara Kuala Namu

Bandara Internasional ini berada di wilayah Deli Serdang sekitar 25 km dari Kota Medan. Nah, untuk mencapai Kota Medan terdapat beberapa angkutan seperti Bus dan Kereta Api.

Jika traveler ingin langsung menikmati keindahan sekeping surga Danau Toba maka dapat melalui Bandara Silangit. Namun, jika terdapat kegiatan lain yang harus melalui Kota Medan maka dapat memilih Bandara Kuala Namu.

Pandemi Usai, Kuy Melenggang Ke Danau Toba!

Danau Toba

Satu-satunya harapan yang saat ini banyak diminta oleh masyarakat adalah pandemi berakhir. Sehingga masyarakat dapat melaksanakan berbagai kegiatan secara normal.

Selesai pandemi maka satu hal yang akan dilakukan adalah melenggang atau melakukan destinasi Danau Toba. Merupakan wilayah sekeping surga yang sangat mampu menyegarkan pikiran, tubuh serta jiwa yang sudah lelah di rumah saja selama berbulan-bulan.

Destinasi wisata ini merupakan tempat terbaik untuk dikunjungi dengan berbagai sajian keindahan alam melalui danau terbesar di Indonesia tersebut. Semoga harapan dan doa kita semua terwujud, semoga Indonesia lebih baik dan bisa keliling Indonesia.

Categories: All Post

119 Comments

Dessy Achieriny · May 30, 2020 at 6:57 am

Aku selalu suka baca tulisan tentang traveling, jadi ikutan jalan-jalan juga melalui isi tulisan. Banyak destinasi yang terekam, jika suatu saat ke lokasi yang sama.

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:29 pm

    Iya mbak menyenangkan bisa traveling, semoga pandemi berlalu dan kita jalan2 lagi ya mbak.

      Yati Rachmat · June 5, 2020 at 9:44 am

      Begitu indah ya Danau Toba dengan surtoindings views-nya hotel dll yg memukau. Ditambah lg penyajian postingan Arda ini sangat canggih dengan skill perbloggingan yg luar biasa. Entah kapan bunda bisa menguadai “secuil” skill semacam ini. Jd blog bunda gak terlalu standar seperti yg sekarang. Bunda harus banyak bljr. Salut sama Arda
      Salam buat keluarga bahagia, ya.

        ardasitepu · June 9, 2020 at 11:43 am

        Terima kasih Bunda, semoga selalu memberikan yang terbaik untuk dunia penulisan bunda.

          Yati Rachmat · June 21, 2020 at 1:13 pm

          Lagi-lagi bunda kembali ke blog ini untuk mengagumi tampilan blognya yang kece bagai. Gimana sih ya triknya?

Santi · May 30, 2020 at 12:16 pm

Wah ini tempat yang menarik apalagi Danau Toba itu tempat yang paling keren jadi beneran mantap untuk dikunjungi pasca pandemi mbak.

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:30 pm

    Iya mbak, asik banget bisa berkunjung ke Danau Toba dan pengen lagi usai pandemi ini.

Bibi Titi Teliti · May 30, 2020 at 1:55 pm

wah, baca ini jadi beneran kangen jalan-jalan dan travelling lagi nih mbak
Nanti kalo si covid-19 udahan dan semuanya aman pengen ajakin anak-anak ke Danau Toba nih dan menjajal Pulau Samosir hehe

    ardasitepu · May 30, 2020 at 4:31 pm

    Asik, ayuk mbak saya yakin bakalan menikmati indahnya Danau Toba dan sekitarnya .

    Yati Rachmat · June 3, 2020 at 8:40 am

    Sejak sekolah kelas 3 SD bunda sdh bida membayangkan indahnya Danau Toba dengan pulau Samosirnya. Namun hingga usia bunda menapaki 80+ tetap melekat dlm mimpi. Namun membaca tulisan Arda tentang tempat2 indah di sekeping sorga, serasa bunda sedang berselancar di Danau idaman ini. Tampilan postingan pun memukau, Luar Biasa kreasinya. Entah kapan bunda bisa punya skill secanggih ini. Salut buat Arda.

      ardasitepu · June 4, 2020 at 3:59 pm

      Terima kasih Bunda Yati, salam sehat selalu ya Bunda sayang.

    Eni Martini · June 8, 2020 at 5:58 pm

    Keren semua destinasi wisatanya, kuingin banget ke Danau Toba. Memginap di penginapan sekitar Danau Toba, lalu ingin belanja buah di Pasar Brastagi. Tapi klo jangka pendek setelah Covid 19 usai pengen ke Yogya sekeluarga nengok buyutnya anak-anak.

      ardasitepu · June 9, 2020 at 11:44 am

      Iya mbak semoga pandemi berakhir dan kita bisa melancong lagi ke Danau Toba.

Ely Nurul · May 30, 2020 at 9:58 pm

Semoga pandemi ini segera berakhir ya mbak.. kita semua bisa melepas rasa ini yang sudah amat sangat merindukan bisa kembali menikmati keindahan alam Indonesia.. salah satunya danau toba.. selama ini baru lihat gambar saja.. ingin rasanya bisa langsung kesana merasakan keindahannya ya mba..

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:16 am

    Amin semoga berakhir dan bisa kembali melancong ke seluruh Indonesia mbak.

Husnul Khotimah · May 30, 2020 at 11:39 pm

Danau Toba, udah sejak kecil dengernya.. semoga bisa kesampaian main kesana, Apalagi sekarang memang lebih mudah karena banyak penginapan kayak RedDoorz ya mbak.. Gak rempong cari tempat tinggal sementara. sebenernya sayapun juga udah rada bosan dirumahaja hahahhaa

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:16 am

    Iya mbak enggak rempong sekarang cari penginapan yang bagus melalui reddoorz.

handriati · May 31, 2020 at 2:41 am

Dari dulu pengen banget ke Danau Toba, mudah-mudahan setelah pandemi ada rezeki dan umurnya. Amin 🙂

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:17 am

    Amin, semoga terwujud ya kak bisa melancong ke Danau Toba.

Lidya · May 31, 2020 at 3:02 am

Mau banget aku berkunjung ke Medan nanti mampir Danau Toba ya. Sementara baca-baca tulisan mbak Arda dulu supaya ada gambaran saat ke sana beneran

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:17 am

    Makasih mbak, kalau ke Danau Toba kabarin ya hihi.

    Husnul Khotimah · June 5, 2020 at 6:32 am

    Berdoa yang banyak juga Mbak Lidya hihi.. jangan lupa colek saya yaa… pengen keliling Indonesia, masak sampe Kalimantan aja nih, kurang jauh haha

      ardasitepu · June 9, 2020 at 11:44 am

      Wah aku juga pengen ke Kalimantan nih mbak.

Nchie Hanie · May 31, 2020 at 5:16 am

Aaaak, tahun lalu aku cuuma mampir depannya aja Mbaaa.
Ga keburu eksplor Danau Toba yang ngehits ini, mengejar skedul pesawat .
Nah waktu itu aku sendiri, abis dari Aceh, nengok temen yang lagi bertugas di Medan. Nyempetin naik KA Bandara Railink, seruuu.

Semoga next bisa balik lagi dan kopdar kitaaa.

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:21 am

    Wah sayang banget mbak. Pemandangan di sini indah banget semoga ada kesempatan di lain waktu ya.

Demia · May 31, 2020 at 10:12 am

berharap banget nih pandemic ini bisa segera membaik dan bisa segera berlalu, semoga bisa segera normal yang bener bener normal ya huhuu

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:21 am

    Amin segera normal dan aktivitas kembali berjalan lancar ya kk.

    Yeni Sovia · June 4, 2020 at 11:18 pm

    Wah bunsay seperti biasa graphis di tulisannya suka keren *eh kok aku galfok ya bukannya komenin tulisannya malah grapish hahaha. Maafkan. Ngomong-ngomong aku itu pengennnnn banget keliling indonesia. Misalnya kayak ke danau toba. Orang luar negeri aja pada udah pernah ke danau toba. Nah aku orang indonesia sendiri, belum pernah. Hiks

      ardasitepu · June 9, 2020 at 11:44 am

      Iya Bunda, pengen banget ya keliling Indonesia dan menginap di tempat asik seperti RedDoorz ini.

Mechta · May 31, 2020 at 10:46 am

Danau Toba. Sudah lama ingin menikmati langsung keindahannya, semoga pandemi ini segera berlalu ya mba, agar kita bisa segera bebas menikmati alam lagi..

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:21 am

    Iya pandemi berlalu kita bebas menikmati berbagai keindahan alam Indonesia ya mbak.

winda - dajourneys.com · May 31, 2020 at 12:54 pm

semoga corona cepat berlalu ya mbak jadi bisa secepatnya liburan lagi 🙁 anakku udah nanyain terus kok lama banget di kurung di rumah hahahaa *kasian

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:22 am

    Waduh, anakku juga mbak semoga bisa segera jalan-jalan ke luar lagi.

    winda - dajourneys.com · June 5, 2020 at 3:23 am

    btw aku belum pernah ke danau Toba mbak, semoga suatu hari nanti sempat berkunjung ke sana 🙂 amiinn

      ardasitepu · June 9, 2020 at 11:45 am

      Semoga ada kesempatan untuk berkunjung ke Danau Toba dengan sajian pemandangan yang luar biasa ya mbak.

Eka Rahmawati · May 31, 2020 at 3:32 pm

Teman SMA saya sekarang lagi tinggal di Sumatra Utara ikut suaminya. Trs beberapa kali posting foto di danau toba. Dan sebagus itu sih. Pasti happy bgt deh bisa liat dari dekat danau toba hehe

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:22 am

    Iya mbak, senang banget nih kalau banyak teman di Sumut, kalau ada kesempatan main kemari ya mbak.

Rizka Edmanda · May 31, 2020 at 10:56 pm

Kayaknya setelah pandemi nanti pariwisata akan meningkat pesat deh . Karena orang sudah sangat stuck dirumah aja.

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:22 am

    Setuju mbak Rizka, pandemi selesai tempat pariwisata akan meningkat pesat.

Ainhy Edelweiss · June 1, 2020 at 1:15 am

Wah udah lama pengen banget ke Danau Toba, selama ini cuma list di sosmed doang huhu, setelah pandemi berakhir, ingin rasanya jalan2 ke sana apalg bsa nginap pake Reddorsz

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:23 am

    Iya mbak e, aku juga pengen banget sudah buat list mau kemana aja nih usai pandemi.

indah nuria · June 1, 2020 at 1:51 am

We don’t know yet mba. One thing for sure we have to follow all the healthy protocol to make sure we ‘r e on the right track towards betterment

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:23 am

    Amin mbak, semoga semua dalam keadaan baik dan melakukan semuanya sesuai protokol kesehatan.

Monica Anggen · June 1, 2020 at 4:24 am

Berdoa dengan sangat agar pandemi ini segera berlalu dan bisa jalan-jalan lagi. Aku kangen banget ini jalan-jalan. Lihat foto-foto destinasi wisata di tulisannya Mbak Arda malah jadi pengen nangis saking pengennya berburu air terjun dan main di pantai lagi… hahaha

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:24 am

    Iya nih mbak Monica, aku juga pengen banget jalan bareng anak-anak.

Zia · June 1, 2020 at 4:31 am

Salah satu destinasi wisata yang ingin banget aku kunjungi dari zaman dulu nih Danau Toba. Belum ada kesempatan mampir ke Sumatra Utara. Semoga Corona cepet berlalu, ga sabar pengen bisa traveling.

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:24 am

    Ayuks mbak Zia bisa jalan ke Danau Toba pasti menyenangkan banget dengan suguhan alamnya.

Uniek Kaswarganti · June 1, 2020 at 4:53 am

Mba, aku kok ingat banget Tara Bunga ini dijadikan setting lokasi novel Toba’s Dream yang terus difilmkan juga, dibintangi Vino G. Bastian. Emang ternyata indah sekali ya lokasi itu.
Entah kapan ya bisa sampai ke Sumatra Utara untuk menikmati keindahan alamnya. Semoga aja ada rejeki untuk menyaksikan Danau Toba yang menakjubkan itu.

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:25 am

    Iya mbak, Danau Toba memang sering banget dijadikan lokasi syuting gitu. Alam dan Danaunya indah banget.

Susie Ncuss · June 1, 2020 at 4:56 am

udah pernah main ke Danau Toba…
tapi kayaknya waktu itu saya nggak main ke tempat2 yang disbutin di atas deh.
Jadi pingin balik lagi nih, mbak. hehe

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:25 am

    Ayuks mbak balik lagi dan kunjungi beberapa tempat di atas yang hits.

Eni Martini · June 1, 2020 at 5:43 am

Pengen banget deh bisa jalan ke Danau Toba. Aku lihat dari fotonya indah banget danau Toba, udaranya juga kan sejuk, moga kapan-kaoan bisa kesana aamiin

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:25 am

    Udaranya sejuk banget mbak, semoga ada kesempatan main kemari lagi ya.

Sri Widiyastuti · June 1, 2020 at 5:48 am

duh jadi kepingin banget ke danau toba mbak, dulu cuma taunya lewat legenda danau toba itu, lho, sampai sekarang cuma baru bisa berharap hehe kebayang indahnya danau toba

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:26 am

    Indah banget mbak Sri, saya aja pengen berkali-kali lihat danau terbesar ini.

Rahmah · June 1, 2020 at 1:41 pm

Huhuhu ada Samosir
Sejak kecil mau ke situ karena lihat di buku cetak sekolah
Sayangnya ini pandemi
Semoga segera berakhir

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:26 am

    Iya mbak Ama, semoga pandemi selesai kita bisa jalan2 lagi ya.

ainun · June 1, 2020 at 2:05 pm

air terjunnya unik, pasti air kolam renangnya dijamin segar, karena lansung dari alam
semoga wabah ini cepat berlalu biar bisa explore medan dan sekitarnya

    ardasitepu · June 3, 2020 at 6:26 am

    Iya mbak ini tempat yang asik banget jadi bisa mandi di bawah air terjun sekalian berenang hehe.

Susie Ncuss · June 4, 2020 at 3:22 am

kangen banget suasana danau toba yang super adem…
pingin balik lagi ke sana bareng sama suami nih mbak

    ardasitepu · June 4, 2020 at 3:58 pm

    Iya mbak, aku juga pengen banget nih main lagi ke Danau Toba.

Rizka Edmanda · June 4, 2020 at 2:44 pm

Sebelum pandemi aku rajin pakai RedDoorz kalau pergi, jadi kangen liburan. Semoga pandemi segera usai ya.

    ardasitepu · June 4, 2020 at 3:58 pm

    Yeay asik ya mbak nginap di RedDoorz kesukaan aku banget nih.

Mporatne · June 4, 2020 at 2:48 pm

Mpo dirumah ada andaliman. Suka dipakai buat masak.. Kaya asik makan pizza andaliman di pantai bul bul. Nama pantainya. Unik banget. Terasa kaya di pantai hawai makan pizza yang ada nanasnya

    ardasitepu · June 4, 2020 at 3:58 pm

    Iya mpok pantai Bul Bul yang menyenangkan dengan berbagai sajiannya yang mantap.

Arina Mabruroh · June 4, 2020 at 4:53 pm

Lumayan seger sih baca seputar traveling, lumayan bisa ‘piknik virtual’ tipis2. Heheh.

Btw saya penasaran banget sama andaliman, Mbak. Adek ipar sekeluarga sama bapak/ibu mertua pernah tuh jalan ke danau Toba dan sekitarnya. Kebetulan adik iparku ini kerja di Sibolga. Mereka nyarter mobil buat traveling ke Danau Toba. Sayangnya nggak bawa pulang andaliman jadi makin pengen bisa sampai sana deh

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:43 pm

    Iya mbak kalau ke Sibolga lewat Danau Toba mbak dan pernah juga jalan ke sana bareng keluarga mbak.

Dian Radiata · June 4, 2020 at 5:58 pm

Danau Toba ini salah satu wishlist-ku yang belum kesampaian. Pengen banget ke sana. Semoga pandemi ini segera usai ya.. Biar bisa jalan2 lagi. Btw, aku juga suka RedDoorz. Harganya murah tapi gak murahan.. Jadi tetap bisa menginap nyaman dan dompet pun tetap aman

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:44 pm

    Wah iya mbak apalagi kalau ada waktu kesana pasti menyenangkan. Nginap di RedDoorz selalu jadi andalan banget mbak.

Ida Tahmidah · June 5, 2020 at 1:09 am

Wah asyik ya… dulu saya punya banyak foto2 dan video Danau Toba tapi disimpan di dalam komputer dan komputernya rusak. Blm sempat dibuka-buka apakan file di hardisknya bisa diselamatkan apa tidak ya… Baca ini jadi keingetan menyelematkan file2 itu…

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:45 pm

    Wah pernah datang ke Danau Toba dan menyenangkan banget ya mbak. Wah sayang banget foto2 lamanya hilang. Semoga sempat berkunjung lagi kemari ya mbak.

    Annafi · June 7, 2020 at 10:28 pm

    Masya Allah pemandangannya indah banget mba! Aku pingin banget mengunjungi danau Toba juga pantai bul bul dan air terjun gibeon!

      ardasitepu · June 9, 2020 at 11:46 am

      Iya mbak, pantai Bul Bul ini salah satu favorit aku kalau jalan ke destinasi Danau Toba mbak.

Eka Mustika · June 5, 2020 at 2:56 am

Aku pengen banget ke danau Toba karena banyak sahabat dari sana. Tahun lalu padahal sudah sampai Medan tapi tak juga sampai ke Danau Toba. Semoga next ada rezeki nya

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:45 pm

    Iya mbak semoga ada kesempatan ke Danau Toba dan ada rezeki main kemari lagi ya mbak.

Prita HW · June 5, 2020 at 3:34 am

Kangen banget jalan2, mumpung lagi stay at home, bagus bikin rencana kek gini dulu ya mbak. Ah, jadi pengen ke Danau Toba Reddoorz jg jd andalanku kalo pergi2 butuh stay mbak, bener bgt affordable tapi punya kualitas

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:46 pm

    Iya mbak semoga bisa jalan ke Danau Toba dan nginap di RedDoorz ya mbak.

Lina W. Sasmita · June 5, 2020 at 4:25 am

Semoga pandemi ini segera usai, saya kangen traveling ke Danau Toba. Ingin menginap di salah satu illa yang ada di lereng bukitnya. Memandang permukaan danau yang berkilauan oleh cahaya matahari dan menatap bukit-bukit di sekeliling yang berselimut kabut.

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:47 pm

    Iya mbak aku juga pernah menikmati kilauan Danau Toba yang menyenangkan. Abis pandemi ini semoga bisa kembali ke Danau Toba ya mbak.

Uniek Kaswarganti · June 5, 2020 at 5:06 am

Pizza Andalimannya ini kok bikin penasaran sih mbaaa… Selain di lokasi itu, daerah-daerah lain di sekitar mungkin menyediakan juga ya. Selalu penasaran klo ada yang posting tentang makanan berbumbu andaliman karena di Jawa sini tak ada.

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:48 pm

    Iya mbak Pizza Andaliman ini memang enak banget mbak, aku juga kalau ke Danau Toba pasti singgah di Pizza Andaliman mbak.

Suciarti Wahyuningtyas · June 5, 2020 at 5:18 am

Jujur sih aku pun sudah menyiapkan beberapa destinasi wisata yang bakalan dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Sepertinya boleh juga nih memasukan Danau Toba jadi destinasi wisata sekalian nengok keluarga yang ada di Medan.

    ardasitepu · June 5, 2020 at 1:49 pm

    Iya mbak destinasi impian dan pengen banget jalan ke Danau Toba abis pandemi gini.

Rahmah · June 5, 2020 at 3:42 pm

Kalau saya mau pergi ke Air Terjun Gibeon dulu
Soalnya ada teman info, katanya bagus banget di sana kalau dinikmati secara langsung
Tambah ga sabar mau ke Medan

    ardasitepu · June 5, 2020 at 3:54 pm

    Iya ya mbak enggak sabar nih selesai pandemi pengen segera meluncur ke Danau Toba lagi.

Nathalia DP · June 5, 2020 at 9:52 pm

Ternyata dalam satu wilayah danau toba tuh banyak tempat yang bisa dikunjungi ya.. Pengen coba deh pizza andalimannya

    ardasitepu · June 9, 2020 at 11:46 am

    Pizza Andaliman ini idola banget mbak rasanya beda dan benar2 nempel di lidah banget.

Angela · June 6, 2020 at 9:08 am

Kak, bagus banget tulisannya.
Aku kampung halamannya juga di sekitar Danau Toba
Senang banget bacanya, jadi rindu pulang kampung. Padahal mah sekarang tinggal di Medan aja, tapi karena pandemi serasa jauh banget itu kampung kak.

    ardasitepu · June 9, 2020 at 11:47 am

    Iya nih rindu banget bisa keliling Danau Toba, semoga pandemi selesai dan kita bisa keliling lagi ya.

Dewi Setyowati · June 6, 2020 at 9:26 am

Duh Mbak,,pengen banget bisa ke Danau Toba. Apalagi itu ada danau di atas danau.. indah bangeet. Belum pernah jalan-jalan khusus ke Medan. Melewati kota Medan hanya untuk transit pas perjalanan ke Aceh. Kapan-kapan insya Allah..hehe..

    ardasitepu · June 9, 2020 at 11:49 am

    Iya mbak kalau ke Aceh memang lewat Medan, semoga ada kesempatan untuk berkunjung ke Danau Toba ya.

Visya Al Biruni · June 7, 2020 at 6:12 am

Ternyata Danau Toba bukan sekedar danau yah mom beneran baru tahu aku banyak spot wisatanya plus indah pula. Aku belum pernah nih ke Sumut apalagi ke Toba. Keindahan alamnya sangat menawan, pantai BulBul, Bukit dll trus penasaran juga dengan cita rasa pizza andaliman

    ardasitepu · June 9, 2020 at 11:50 am

    Banyak mom spot wisatanya dan semuanya keren-keren karena sebutan sekeping surga jadi sekelilingnya kecipratan tempat yang luar biasa keren.

Ria Fasha · June 7, 2020 at 3:44 pm

Sudah lama sekali sejak terakhir mengunjungi danau toba. Semoga bisa kembali kesana dan menyusuri wisata keren disana

    ardasitepu · June 8, 2020 at 8:47 am

    Iya mbak pasti menyenangkan banget bisa kembali ke Danau Toba ya mbak, semoga pandemi selesai dan kita segera melancong.

ria fasha · June 7, 2020 at 4:04 pm

wah pemandangannya cantik sekali. sudah lama banget saat terakhir mengunjungi danau toba
semoga nanti bisa kesana lagi

    ardasitepu · June 8, 2020 at 8:48 am

    Semoga bisa berkunjung kembali ke Danau Toba ya mbak.

Dian · June 7, 2020 at 9:18 pm

Baca postingan ini bikin makin kangen travelling…
Kangen staycation juga…
Oh semoga pandemi segera berlalu…
Pengen jalan jalan euy

    ardasitepu · June 8, 2020 at 8:48 am

    Kangen staycation apalagi di RedDoorz ya mbak. Lihat pemandangan sambil resfresh diri dan keluarga.

Duniasimbok · June 7, 2020 at 9:57 pm

Destinasinya menggiurkan ini mbak, kaya akan potensi alam. Wah jauh² hari harus nabung dulu ini pengin nyobain pizza dengan khas rempahnya, hmmmm penasaran

    ardasitepu · June 9, 2020 at 11:50 am

    Iya mbak destinasi alamnya sangat luar biasa, semoga ada rezeki bisa jalan ke Danau Toba ya mbak e.

Melina Sekarsari · June 7, 2020 at 11:24 pm

Aduuuh, sejak bertahun-tahun lalu kepengen banget ke Danau Toba. Tapi mikir berat karena ongkos mahal, harus mikirin akomodasi, dan lain-lain. Nggak punya saudara atau teman di sana. Eh tapi kalau sedang wisata apalagi sama keluarga kan ya nggak enak numpang tidur di rumah orang meskipun saudara.

Ternyata, di Medan juga ada RedDoorz, ya? Wah, anggaran untuk akomodasi bisa ditekan banyak, nih. Tinggal menabung buat tiket pesawat dan jajan-jajan di sana, hihihi …

Erny Kusuma · June 7, 2020 at 11:29 pm

Wooww…Danau Toba udah dr jamanaku kecil dah terkenal. Tapi sampai setua ini blm juga kesana. Wahh jd seperti kepingan surga ya . Insha allah ada rejeki pengen kesini. Lengkap sih ya ada danau, pantai, taman bubga, air terjun. Hmmm kpn ya bs kesini?

Aisy Wijaya · June 8, 2020 at 2:21 am

Semoga setelah Pandemi selesai bisa ke danau Toba sekeluarga

Susindra · June 8, 2020 at 2:50 am

Saya mencoba membayangkan bagaimana pemandangan danau di atas danau. Pastilah luar biasa. Dan asri, sejuk, bau alam, adalah yang muncul. Karena baru itu referensi jalan-jalan ke danau yang saya miliki.

Ternyata… di sekitar dana Toba ada banyak destinasi wisata nan indah ya

lendyagasshi · June 8, 2020 at 3:25 am

Membaca tulisan kak Arda, aku jadi semakin rindu dengan tanah kelahiranku. Medan.
Dan ingin merasakan menginjakkan kaki ke bandara baru, Kuala Namu.

tukang jalan jajan · June 8, 2020 at 3:43 am

bikin kangen banget buat dikunjungi si Danau Toba ini. sungguh menyenangkan bisa melepas kepenatan disini. tapi sekarang belom bisa dulu ya, karena pandemi

andiyani achmad · June 8, 2020 at 5:05 am

maasyaaallah Danau Toba emang sebagus itu ya, pemandangan di sekitarnya juga gak kalah cakep

Silvie · June 8, 2020 at 12:36 pm

Menarik banget destinasi wisatanya mba. Aku belum pernah ke medan kemarin pas paksu tugas kesana aku lagi hamil jadi gak bisa ikut.

Ternyata banyak banget tempat yg keren ya.. semoga bisa.kesana suatu hari nanti. Aamiin

Jeanette Agatha · June 9, 2020 at 1:37 pm

Pengen banget bisa maen ke Danau Toba. Karena banyak banget pemandangan yang bagus banget disana 🙂
Terima kasih untuk rekomendasi penginapannya, tempatnya sangat nyaman dan harga terjangkau

Irra · June 10, 2020 at 6:06 pm

Baca ini rasanya pengen pergi ke Danau Toba sekarang juga. Hehe. Indah banget.. mulai suntuk juga 3 bulan gak kemana-mana.

Triani Retno · June 10, 2020 at 11:33 pm

Waaaah….andaliman dijadiin toping pizza. Jadi penasaran pengen nyoba. Apa bikin sendiri aja ya, soalnya jauh banget kalo mesti ke Toba duulu.

zahra · June 11, 2020 at 2:21 pm

Huhu jiwaku makin meronta ingin bisa segera jalan2 setelah baca tulisan iini.
Cakep banget ya danau toba. Wisata khas buat keluarga karena nggak.terlalu tracking banget

Sefa Yulanda · June 12, 2020 at 7:20 am

Pernah aku menjelajah danau toba ini aaahh senang nya dengan makan durian ditepi danau dan kami pun menikmati sejuk nya udara disana…ahhh aku jadi kangeeenn kaa

Asih Mufisya · June 13, 2020 at 2:54 am

Hal yang paling diinginkan banyak orang setelah pandemi ini berakhir adalah bisa travelling. Menikmati panorama yang indah dan mempesona, seperti Danau Toba. Bakal jadi betah dan males pulang kalau sudah menikmati keindahan tempat ini deh.

Wenda · June 13, 2020 at 3:00 pm

Luar biasa lengkap infonya kakak aku pengen banget kesana semogs tercapai makasih tulisannya sangat membantu kak

rizkha andhini · June 15, 2020 at 1:42 am

Amiin smoga pandemi cepat selesai ya mba, aq juga pengen buru2 rekreasi bersama keluarga

TIAN LUSTIANA · June 15, 2020 at 2:52 am

Semoga Pandemi ini segera berakhir yah, ku juga inginjalan-jalan ke Danau Toba. aamiin semoga terlaksana.

Elva Susanti · June 19, 2020 at 4:23 am

Serunyaaa kesana bareng keluarga, saya baru sebatas tau namanya aja mbak, tapi blm pernah kesana.

Leave a Reply to indah nuria Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!