“Lihat kebunku, penuh dengan bunga

Ada yang merah dan ada yang putih

Setiap hari kusiram semua

Mawar, melati semuanya indah…”

Kebanyakan orang tua milenial pernah mendengar lagu karya Saridjah Niung atau yang dikenal dengan Ibu Sud ini. Tak jarang sambil membaca lirik, kita juga mendendangkan lagu tersebut. Lagu anak yang sederhana dan diingat sepanjang masa.

Tak aneh, kalau hampir semua karya dari Ibu Sud dapat bertahan sampai hari ini. Banyak pencipta lagu anak legendaris lainnya seperti AT Mahmud, Pak Kasur & Ibu Kasur serta Papa T.Bob dimana karya-karyanya begitu membekas dan berjaya di tahun 90-an.

Tentunya, anak-anak yang berada di era tersebut sangat menikmati berbagai sajian lagu anak di televisi. Walaupun layar televisi masih hitam-putih saat itu, tapi ratusan lagu anak telah ditayangkan serta memberikan respon positif terhadap tahap perkembangan anak.

Kalau sekarang dikenal dengan commercial break namun dulu dikenal dengan jeda mendidik. Setiap jeda dari satu tayangan ke acara lain biasanya diselingi dengan lagu anak-anak pada jam-jam tertentu.

Pada umumnya, anak-anak dapat dengan mudah menghapal lagu yang singkat. Tak hanya singkat tapi memiliki makna yang dalam dan berkenaan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, lagu anak Indonesia cukup berjaya pada masanya.

Tak hanya ratusan judul lagu anak yang sangat populer, penyanyi anak-anak pun terbilang sangat mengisi dan mewarnai dunia anak-anak. Sebut saja Melisa pelantun ‘Semut-Semut Kecil’, Tasya Kamila dengan ‘Anak Gembala’, dan sebagainya.

Nah, bagaimana dengan jaman now? Jaman serba digital yang sangat mudah mengakses berbagai informasi dan media. Namun, lagu anak yang baru dan memiliki defenisi baik tidaklah terlalu banyak bahkan terbilang minim.

Sejujurnya agak miris melihat anak-anak dengan usia dini menyanyikan lagu dewasa. Bahkan bagi sebagian orang tua cukup bangga ketika anaknya mampu menyanyikan lagu orang dewasa di depan umum.

Masalahnya, sang anak sendiri belum mengerti lirik dan makna dari lagu yang dinyanyikan. Tak hanya itu, lagu tersebut tidak relevan dengan usia serta kehidupan sehari-hari.

Generasi alfa yang merupakan keturunan generasi milenial saat ini tidak memiliki ruang yang banyak di dunia musik dan media. Di dunia musik, hampir dikatakan tidak ada lagi para pencipta lagu anak bahkan yang serius memperhatikan lagu khusus anak-anak.

Sama halnya dengan tontonan, di mana media menyajikan film animasi yang terkadang dibalut dengan cerita orang dewasa. Di dalamnya, terdapat kekerasan, pembalasan dendam, bully dan sebagainya. Tak aneh, anak-anak pada masa kini kurang menikmati masa kecil yang dikatakan bahagia khususnya dunia musik.

Masa anak-anak dulu mungkin lebih terakomodasi dibanding saat ini. Tentunya sangat jauh berbeda dengan hari ini sehingga sebagai seorang Ibu ada kerinduan untuk berkontribusi di dunia musik anak.

Walau dengan keterbatasan memainkan alat musik namun terus berharap nantinya dapat menciptakan berbagai lagu anak sesuai dengan usia pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga tak lagi melihat anak usia dini menyanyikan lagu ‘Syantik’ yang jelas bukan merupakan konsumsi anak-anak.

Berawal dari suka bernyanyi, mengulik lagu dan menciptakan beberapa lagu diharapkan di kemudian hari mampu berkreasi dan menghasilkan ratusan lagu anak-anak. Lagu yang memang sesuai dengan usia perkembangan khususnya di usia emas anak.

Lagu anak yang dihadirkan kiranya dapat menjadi inspirasi baru bagi para orang tua untuk lebih mengenalkan lagu dengan notasi yang dasar serta pesan dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, lagu-lagu anak ini akan di publish ke umum.  

Lagu atau musik bagi anak sangat berperan penting dalam mendukung kecerdasan, pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga, ketika anak di usia dini mulai mendengarkan musik dan bernyanyi terdapat beberapa manfaat seperti:

  1. Mampu Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Hadirnya musik mampu memberikan pemahaman dan kemampuan seorang anak dalam mengenali emosi dari lagu. Tak hanya itu, anak lebih mudah mengembangkan fleksibilitas dalam menanggapi kondisi dan situasi seseorang.                                                                                                                            

  1. Membantu Perkembangan Otak Anak

Musik dan lagu yang dinyanyikan anak membantu perkembangan otak agar terus fokus terutama untuk nada-nada sederhana yang diulang secara terus-menerus.

  1. Mengurangi Stress

Lagu yang dinyanyikan mampu membuat anak lebih rileks. Alhasil, di masa pertumbuhan mereka yang ingin mengetahui berbagai hal dapat di kontrol sehingga anak tidak mudah stress.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Setiap musik atau lagu yang dinyanyikan membantu dalam meningkatkan rentang perhatian dan menyimpan informasi memori. Setiap anak yang suka bernyanyi atau alat musik pada umumnya akan lebih mudah mengatur konsentrasi.

  1. Memicu produktivitas dan sebagai pembaca serta pendengar yang baik.

Musik mampu meningkatkan kemampuan verbal anak serta mempertajam kemampuan seorang anak untuk memproses sebuah peristiwa dan menuangkannya dalam kata-kata. Di samping itu, musik mampu menambah produktivitas anak dan menjadi pendengar yang baik.

Banyak hal positif yang didapat seorang anak ketika mendengarkan musik dan menyanyikan lagu-lagu. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan lagu anak yang dikemas dengan musik yang baik.

Tak hanya itu, minimnya lagu anak di Indonesia dapat menggugah para kreator musik untuk menciptakan lebih banyak lagu anak dengan notasi dasar dan memiliki manfaat mengajar dalam kehidupan sehari-hari.  

Salah satu keinginan yang kuat untuk sedikit berkontribusi bagi anak Indonesia adalah dengan menciptakan lagu-lagu anak. Setidaknya dengan talenta yang dimiliki mampu membuat ratusan lagu anak yang memiliki manfaat dan mengajar.

Mengingat saya bukan seorang yang ahli di bidang musik, namun setidaknya ada beberapa perangkat yang dapat mendukung pekerjaan ini:

1. Ruang Kerja

Salah satu hal yang mendukung untuk berkarya khususnya dalam menciptakan lagu anak adalah ruang kerja. Ruang kerja yang kondusif dan mampu mendukung dalam menciptakan berbagai ide lagu.

Ruang kerja setidaknya jauh dari kebisingan dan memiliki suasana yang nyaman untuk bekerja di saat-saat tertentu. Apalagi untuk seorang IRT yang memiliki anak-anak aktif dengan kecerdasan kinestik yang cukup baik. Sehingga ruang kerja tersendiri mampu memberikan ketenangan sehingga mampu menciptakan lirik dan notasi lagu.

2. Alat Musik

Dalam menciptakan lagu anak-anak tidak terlepas dari alat musik yang digunakan. Alat musik sederhana yang biasa digunakan seperti gitar, piano atau keyboard.

Walaupun tidak ahli memainkan alat musik tersebut, setidaknya punya dasar dalam membuat lagu anak. Di samping ketiga alat musik tersebut, dapat ditambahkan instrumen lainnya seperti biola, saxephone, flute, drum dan sebagainya.

3. Home Recording

Sebagai Ibu Rumah Tangga yang memiliki keterbatasan untuk bepergian ke studio musik, maka saya memberanikan diri untuk membeli sebuah alat rekaman. Hal ini bertujuan agar dapat merekam berbagai lagu ciptaan dan dibuat menjadi digital.

Alat-alat home recording yang umum digunakan adalah Audio Interface (Sound Card), Mikrofon, Studio Monitor (Speaker), Kabel, Standing Mic, Studio Headphones dan sebagainya. Alat-alat tersebut sangat mendukung tercapainya karya lagu anak dan dapat dibuat dalam berbagai sajian seperti MP3, Video dan sebagainya.

4. DAW (Digital Audio Workspace)

Salah satu perangkat yang sangat penting adalah DAW. Digital Audio Workspace ini merupakan sistem rekaman berbasis komputer. Mampu merekam berbagai lagu serta mix lagu antara vokal dan alat musik.

Peranan DAW ini sangat menentukan kualitas rekaman yang dihasilkan, apalagi saat proses mixing. Terdapat berbagai jenis DAW, walaupun sangat repot mengurus anak-anak namun selalu berusaha untuk mempelajari proses rekaman dari rumah.

5. Laptop Mumpuni

The last but not least adalah laptop mumpuni. Software berupa DAW yang berat sangat mempengaruhi kerja dan berjalannya rekaman lagu anak. Oleh karena itu, dibutuhkan laptop yang ringkas dan cangggih.

Jika menggunakan laptop yang lama, maka akan sangat sulit untuk mempercepat berbagai rekaman lagu. Apalagi saat loading pemasangan DAW di dalam sebuah laptop.

Tak jarang, mood menjadi turun jika laptop tidak mampu bekerjasama dalam proses rekaman. Apalagi jika laptop tidak memiliki prosesor dan kapasitas yang mumpuni.

Tak hanya itu, laptop yang ringan dan grafis yang bagus sangat mendukung proses rekaman. Serta kecepatan saat men-transfer  berbagai file.

Kelima perangkat di atas setidaknya dimiliki saat memulai menciptakan serta merekam berbagai lagu anak. Walaupun masih dalam tahap belajar, setidaknya ada usaha yang senantiasa dilakukan dalam mewujudkan ratusan lagu anak khususnya untuk anak Indonesia.

Berbicara soal laptop mumpuni maka satu-satunya laptop dengan kualitas terbaik di tahun ini adalah ASUS VivoBook Ultra A412A yang resmi dikeluarkan oleh brand Asus pada Juni 2019 lalu. Laptop mungil nan ringkas yang akan mewarnai para pencipta lagu anak di Indonesia.

Dari dulu senang dengan kualitas ASUS yang mumpuni dan handal di kelasnya. Apalagi varian ASUS VivoBook Ultra A412A yang ringkas, performa mumpuni dan dihiasi dengan warna-warni yang menyejukkan mata.

Hal pertama yang diperhatikan seorang pencipta lagu baik dewasa maupun anak adalah kapasitas dari sebuah laptop yang akan dipakai. Pasalnya, kapasitas ini sangat berpengaruh terhadap berbagai program audio yang akan dipakai dalam memproduksi sebuah lagu.

Digital Audio Workspace (DAW) atau software yang digunakan pada umumnya menghabiskan ruang yang cukup besar. Oleh karena itu, dibutuhkan laptop yang memiliki kapasitas cukup besar sehingga menampung lebih dari satu DAW.

Menariknya, ASUS VivoBook Ultra A412A ini hadir dengan kapasitas SSD (Solid State Drive) sebesar 512 GB dan HDD (Hard Disk Drive) hingga 1 TB. Ruang penyimpanan yang besar tersebut mampu membantu berbagai pekerja baik content creator, blogger, traveler sampai kepada pencipta lagu.

Kapasitas yang disediakan membuat ASUS VivoBook Ultra A412A ini menjadi pilihan tepat. Khususnya dalam mendukung program baik penyimpanan software dan berbagai lagu yang telah dibuat.

Software yang digunakan untuk memproduksi sebuah lagu terbilang cukup berat. Sehingga dibutuhkan prosesor  yang mumpuni sehingga proses loading tidak memakan waktu yang lama.  

ASUS tipe VivoBook yang disajikan kali ini paling ringkas di kelasnya dan disematkan prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series baik Ryzen 3 dan 5 yang ada di Indonesia. Kerennya lagi, laptop ini memiliki AMD Grafis Diskrit Rodeon RX Vega 10 terbaru. Sudah kebayang bakalan secepat kilat membuka semua tugas maupun software yang digunakan. Terlebih lagi membantu dalam berbagai multitasking yang produktif, pengeditan multimedia dan proses rekaman lagu.

Hal menarik yang disajikan dalam semua produk ASUS adalah konektivitas keluaran terbaru dengan performa yang tangguh. Untuk ASUS VivoBook Ultra A412A telah ditanamkan Dual Band Wi-Fi 5 (802.11ac) sehingga membuat pengalaman online yang tidak terlupakan dengan kecepatan hingga 867 Mbps.

Di samping itu, ASUS VivoBook Ultra A412A dilengkapi dengan port USB Type-C yang dapat dibalik. Port USB 3.1 Gen 1 dan USB 2.0, Ouput HDMI dan Micro SD. Port yang dimiliki laptop ini semakin memudahkan untuk semua perifal, display atau sambung langsung ke proyektor.

Selain ringkas, ASUS VivoBook Ultra ini juga memiliki daya tahan baterai yang handal. Dengan teknologi ASUS Fast Charging membuat daya terisi cepat untuk pengisian 60% hanya menghabiskan waktu 49 menit. Apalagi jika laptop ini dibawa ke luar ruangan yang tidak memiliki tempat untuk mengisi daya, tentunya sangat terbantu dengan daya yang tahan lama.

Umumnya, laptop ASUS yang dikeluarkan dengan kapasitas dan performa unggul memiliki warna dasar seperti Hitam atau Silver. Tapi kali ini, brand yang terkenal dengan ketangguhan ini menghadirkan ASUS warna-warni yang dikemas dalam ASUS VivoBook Ultra A412A.

Warna yang disajikan mulai dari Transparent Silver, Slate Grey, Coral Crush dan Peacock Blue. Dari warna-warna cantik ini, saya paling suka dengan Coral Crush karena terlihat lebih cantik dan dinamis. Sehingga dapat menambah mood untuk menciptakan berbagai lagu anak.

Asiknya, para pengguna tidak perlu membeli Windows dengan harga yang cukup tinggi. Karena ASUS VivoBook Ultra A412A sudah preinstall Windows 10 asli. Jadi, tidak perlu mencari bajakan software lagi.

Tampilan yang diberikan oleh brand ASUS untuk ASUS VivoBook Ultra A412A ini sangat eye catching. Warna-warni yang colorful dengan berat hanya 1,5 kg. Tentunya dengan laptop yang ringan sangat membantu mobilitas tanpa membuat punggung sakit atau memerah.  

Dimensi hanya 14 inci dan hebatnya lagi, laptop ini memiliki layar NanoEdge (empat sisi tanpa bingkai) dengan bezel ultraslim 5.7 mm. Rasio layar ke tubuh sekitar 87%, sudah kebayang bakalan seru jika membuka software DAW dengan layar sebesar ini. Pandangan pasti lebih nyaman dan visual yang mendalam.

Salah satu laptop ASUS yang saya miliki sudah tersedia sensor fingerprint. Pengalaman menggunakan sensor ini adalah pekerjaan saya tidak mudah diotak-atik oleh anak-anak. Berbeda dengan sebelum memiliki teknologi ini. Asus VivoBook Ultra A412 pun sudah memiliki teknologi ini beserta dengan fitur Windows Hello.

Sama dengan peran fingerprint, maka Windows Hello juga memberikan keamanan serta mempermudah untuk login ke sistem operasi. Sehingga user tidak perlu repot lagi mengetik sandi untuk masuk ke sistem.  

Hal lain yang menarik dari tampilan body ASUS VivoBook Ultra A412A adalah desain engsel Ergolift yang membuat laptop naik sekitar 2 derajat saat dibuka. Tentunya, sangat mendukung posisi badan, mata dan semakin mudah dalam mengetik.

Salah satu keunggulan yang selalu ditawarkan oleh brand ASUS adalah keyboard yang sangat nyaman untuk mengetik. Hal ini dikarenakan ASUS VivoBook Ultra A412A memiliki keyboard backlit ukuran penuh. Di samping itu, daya tahan laptop ini sudah teruji hingga 10.000 ketukan.

Pamungkas dari ASUS VivoBook Ultra A412 untuk mendukung terciptanya lagu anak-anak adalah sound. Hadirnya ASUS Sonic Master, mampu mengontrol suara dari lagu yang diciptakan. Tentunya, pengalaman audio akan semakin menarik dan terbaik saat menggunakan laptop ini.

Di samping itu, pengiriman audio yang kuat, bass yang lebih dalam serta membantu dalam memperbaiki detail suara bising. Tak hanya itu, audio ASUS VivoBook Ultra A412 ini juga mampu meningkatkan kejernihan suara.

Sebagai seorang Ibu yang selalu berusaha melatih kecerdasan anak-anak khususnya di bidang musik membuat saya rajin mengumpulkan beragam lagu anak. Namun, saat ini jarang sekali dijumpai lagu anak-anak yang dikemas dengan nilai kehidupan sehari-hari.

Tak aneh, saat ini banyak sekali anak-anak yang menyanyikan lagu orang-orang dewasa. Apalagi sebagian orang tua mendukung hal tersebut.

Salah satu impian IRT ini adalah dapat menciptakan lebih banyak lagu untuk anak-anak. Harapannya, lagu-lagu ini kelak bermanfaat baik mendidik maupun menjadi referensi bagi orang tua milenial.

Tentunya, impian ini harus didukung dengan perangkat mumpuni, ringkas, tipis dan juga memiliki performa yang tangguh. ASUS VivoBook Ultra A412 menjadi jawaban untuk perangkat yang handal dalam menciptakan ratusan lagu anak.

Hadirnya ASUS VivoBook Ultra A412 akan memberikan warna kepada seluruh pengguna baik pekerja kantoran, blogger, content creator, mahasiswa serta para pencipta lagu. Alhasil, laptop ini akan menjadi  “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook” yang mampu membantu kita untuk meraih berbagai impian.

Selain Rizki Febian dan Ricis, Arda Sitepu juga punya lagu ciptaan untuk ASUS, nyanyi yuks....

Kuraih masa depanku

Menggapai semua impian

Jalani dengan proses

Kan indah pada waktunya

Tak kan pernah berhenti, akan terus berlari

Menciptakan kreasi dengan sebuah prestasi

Tak kan pernah berhenti, akan terus berlari

Menciptakan kreasi dengan ASUS 412 bersamaku

Ooo bersama ASUS selalu menemani langkahku

Ooo bersama ASUS kusiap berkarya untuk Indonesia…2x

  1. Dokumen Pribadi
  2. Unsplash
  3. Google Image

Arda Sitepu diolah dengan Canva


116 Comments

Adhi Nugroho · August 19, 2019 at 2:55 am

Lagu anak! Satu memori yang terlupa akibat gencarnya komersialisasi digital. Terima kasih Ito sudah mengingatkan. Senang rasanya bisa tumbuh bersama Joshua, Ria-Susan, dan Chikita Meidy.

Salam hangat.

    ardasitepu · August 22, 2019 at 3:02 pm

    Iya banget to, makanya semoga bisa memberikan sedikit kontribusi buat anak-anak.

    Amir · August 23, 2019 at 9:49 am

    Lagu Cikita Meidy yang paling saya suka yaitu Takana Jo Kampuang yang entah apa itu artinya ^_^

      ardasitepu · August 26, 2019 at 7:32 am

      Haha bener itu jaman dulu banget ya Mas, masa indah punya lagu-lagu anak yang banyak.

fauziah azzahra · August 19, 2019 at 4:02 pm

saking lengkapnya review ini sampai aku ingin beli laptopnya di online shop. hehehe warnanya itu kok bagus banget sih yang coral crush. lagu anak-anak sekarang udah jarang. punya alat musik dirumah tapi aku ga bisa ngajarin mainnya. ya udah solusinya pas nih punya laptop ini.

    Ida · August 22, 2019 at 4:39 am

    Jadi mupeng sama kehandalan laptop Asus ini… Btw akupun jd kangen muncul lagi2anak yg melegenda nkayak dulu lagi. ..bener2 lagu anak…hehe

      ardasitepu · August 22, 2019 at 3:06 pm

      Iya mbak lagi mau usahakan biar banyak ide untuk lagu anak-anak 🙂

    ardasitepu · August 22, 2019 at 3:05 pm

    Iya mbak, selamat menikmati fasilitas Laptop ASUS yang mumpuni ini dan selamat berkarya ya.

kanianingsih · August 20, 2019 at 2:07 am

saya ga hafal lagu anak2 sekarang, masih nyanyiin lagu anak yg dulu2..

    ardasitepu · August 22, 2019 at 3:07 pm

    Iya bener mbak, saya juga untuk anka-anak saya hehe.

Fendi Haris · August 20, 2019 at 3:15 am

Luar biasa kakak terbaik ini. Selain bakat menulis juga bakat nyanyi. multi talent.. menjadi inspirasi bagi aku..

    ardasitepu · August 22, 2019 at 3:07 pm

    Terima kasih mas Fendi Haris, tetap semangat ya.

Nabila Haqi · August 20, 2019 at 3:37 am

Aku juga sedih kalo denger anak-anak nyanyi lagu dewasa. Kontennya gak cocok buat usia mereka, gak heran kalo anak-anak sekarang banyak yang dewasa sebelum waktunya.

    ardasitepu · August 22, 2019 at 3:08 pm

    Iya setuju banget mbak, maka berusaha untuk mengembalikan dunia anak-anak seperti dulu.

Keke Naima · August 20, 2019 at 3:55 am

Sekarang pencipta lagu anak rasanya langka, ya. Semoga mulai ada yang tergerak membuat lagu-lagu anak. Apalagi sekarang ada berbagai perangkat, salah satunya ASUS, yang bisa diandalkan untuk menciptakan lagu

    Keke Naima · August 21, 2019 at 12:25 pm

    Mbak Arda inimultitalent, ya. Pintar menulis di blog dan juga lagu. Bahkan pintar menjahit juga 🙂

      ardasitepu · August 22, 2019 at 3:08 pm

      Makasih ya mbak e. Semangat kita terus.

Wiwin | Pratiwanggini.net · August 20, 2019 at 6:53 am

Sekarang menyedihkan, anak-anak lebih mudah hafal jingle-jingle iklan yang muncul di sela-sela film anak-anak yang mereka tonton. Ayo mba saya tunggu lagu-lagu anak-anaknya nih.. Pengin banget anak-anak punya lagu-lagu yang mendidik seperti lagu-lagu kita jaman dulu.

    ardasitepu · August 22, 2019 at 3:09 pm

    Terima kasih mbak, semoga beberapa lagu bisa dirilis.

nurulrahma · August 20, 2019 at 10:45 am

Waaahhh, semogaaaa lagu anak yg menghibur plus edukatif bisa tercipta!
Kereenn mbaaa. Akupun rinduu dgn lagu2 anak2 yg so genuine

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:32 am

    Bener mbak, saya sampai sekarang masih suka putar2 lagu lama hehe

Fenni Bungsu · August 20, 2019 at 11:55 am

Lewat laptop yang mumpuni bisa menghasilkan karya elegan dan bermakna untuk orang banyak, wajar aja bila merekomendasikan laptop Asus ini yang speknya cakep banget

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:33 am

    Spesifikasinya cakep dan pas banget buat software DAW mbak.

lianny hendrawati · August 20, 2019 at 12:30 pm

Zaman dulu lagu anak-anak sangat populer ya, sekarang udah jarang yang menciptakan lagu anak-anak. Rada aneh juga liat anak-anak kecil menyanyi lagu2 orang dewasa. Semoga ke depan, banyak yang tergerak untuk menciptakan lagu anak-anak.

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:33 am

    Iya mbak, makanya sekarang mau cicil buat lagu anak mbak.

Suciarti Wahyuningtyas · August 20, 2019 at 4:14 pm

Aku naksir banget deh ini sama ASUS Vivobook yang Peacock Blue ini cakep warnanya, pernah lihat juga soalnya penampakannya. Semoga tahun ini doaku ingin si ASUS ini terkabulkan ya. Btw, ngomongin lagu anak-anak tuh sekarang di zaman serba digital gini tuh nampaknya mereka kurang ngeh ya. Kalau zaman dulu senang sekali banyak lagu anak-anak.

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:34 am

    Wah bagus ya warna Peacock Blue, aku pengen banget yang coral crush mbak.

Reyne Raea · August 20, 2019 at 4:25 pm

Waaahhh jadi kangen masa lalu, saya termasuk yang paling mencintai lagu anak, bahkan sampai saya remaja saya masih suka banget lagu-lagu anak.
Tapi emang zaman sekarang udah nggak sebagus lagu anak zaman dulu ya.

Btw keren banget mah Asus, sukaaaa banget bikin mupeng.
Kan saya jadi naksir berat.
Beneran nih, Asus merajai segala pasar laptop sekarang 🙂

    Reyne Raea · August 22, 2019 at 3:21 pm

    Btw, saya naksir sama yang warna coral crush deh, lucu dan anti mainstream rasanya haahaha, transparant silver juga bagus sih sebenarnya, tapi udah mainstream banget 😀
    Spek nya juga keren banget nih.
    Pas banget nih Asus membersamai lagu-lagu anak Indonesia 🙂

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:34 am

    Sama mbak, saya juga naksir berat sama laptop keren ini.

Firmansyah · August 20, 2019 at 5:01 pm

Ya Ampun, Mbak Arda. Membaca tulisan Mbak ini jujur saya jadi kangen masa-masa kecil dulu, saya dan adik saya suka banget bernyanyi lagu anak-anak yang populer dan merdeka pada zamannya dulu. Hiks… sekarang tidak ada lagi penyanyi-penyanyi cilik seperti Meisy, Trio Kwek-Kwek, Joshua, Cindy Cenora, arrgghhh… banyak deh!

By the way, ASUS VivoBook Ultra A412DA ini keren banget ya, Mbak. Tampilannya mahal tapi harganya terjangkau. 🙂 Cocok tuh buat Mbak dan Si Kecil di rumah kalau mau karaokean lagu anak. Hehehe …

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:35 am

    Cucok banget Mas buat rekaman di rumah hehe. Semoga bisa buat lagu anak-anak yang banyak.

YSalma · August 21, 2019 at 12:36 am

Lagu anak-anak jaman dulu memang lagu sepanjang masa. Malah terkesan tak beregenerasi ya, mungkin karena kemunculan lagu utk konsumsi anak2 terbatas, atau telinga anak2 jaman now yg memang lebih mudah menangkap lagu dewasa.
Semoga semangat kak Arda mengisi ruang dengar anak2 dengan lagu yg sesuai umur semakin dilancarkan dengan teknologi Asus yang menemani dalam berkarya.

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:35 am

    Amin mbak, mau berusaha selalu biar berkontribusi untuk anak Indonesia.

arif · August 21, 2019 at 3:50 am

Salut atas usahanya untuk memajukan lagu untuk anak dan asus A412DA cocok untuk perangkat pendukungnya

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:36 am

    ASUS ini sudah jadi inceran mas hehe. Ringkas banget dan spesifikasinya super keren.

Susie Ncuss · August 21, 2019 at 6:55 am

Ah, jadi ingat sama lagu2 masa kecil… Nostalgia banget.
..
Anw, ternyata kalau mau produksi lagu itu butuh peralatan yg cukup banyak ya…

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:36 am

    Iya mbak, lumayan harus punya yang sederhana gini.

Lidya · August 21, 2019 at 7:09 am

Aku kangen lagu-lagu anak jaman dulu mbak, anak sekarang beda nih musiknya. DI rumah aku menyediakan beberapa alat musik nih mbak ditambah juga punya launchpad mini buat bermain musik yang dikoneksikan ke laptop

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:37 am

    Wah keren juga ada launchpad gini mbak, apalagi buat anak-anak bagus.

Ira Hamid · August 21, 2019 at 8:19 am

cita-cita yang mulia, di tengah gempuran musik dewasa yang banyak dinyanyikan anak-anak. Semoga cita-cita Mba Arda menciptakan lagu anak terkabul yaa, amiiin.

    Lucky Caesar Direstiyani · August 21, 2019 at 6:29 pm

    Mbaaak ardaa bagusss bangeeet suaranyaa. Ya ampuuun semogaa bsa terwujud ya impian berkreasi menciptakan lagu” anak yang berkualitas tentunya dengan Asus Vivobook yg speknya jelas unggul dan tidak perlu diragukan lagi. Suksess selalu mbak yaa. Blognyaa makin kereenn, lama uda nggak mampir kesini hehehe

      ardasitepu · August 26, 2019 at 7:38 am

      Terima kasih mbak Lucky, semoga bisa berkontribusi ke depannya hehe.

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:37 am

    Amin mbak, semoga terwujud ya.

Ira · August 21, 2019 at 8:29 am

sampai saat ini lagu karya Ibu Sud yang ppaling atas itu masih sering saya nyanyikan sebagai pengantar tidur anak saya, Mba 🙂

Lusi · August 21, 2019 at 11:37 am

Anakku juga kalau recording dirumah, udah aku beliin. Mahal euy wkwkwk. Kapan itu dia diminta ngiringi anak2 kecil nyanyi di mall. Waaaah lagunya lagu2 dewasa semua. Tapi anakku tidak/belum bisa nyiptain lagu.

    Lidya · August 23, 2019 at 11:32 am

    Mudah-mudahan bisa segera menciptakan lagu buat anak-anak juga ya mbak, supaya anak Indonesia punya lagu baru

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:38 am

    Semoga anak mbak juga bisa berkreasi ya.

Rach Alida · August 21, 2019 at 12:48 pm

Keren banget idenya mba Arda. Nggak terpikirkan olehku untuk menciptakan lagu untuk anak anak seperti ini. Aih itu laptop inceran aku mba 🙂

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:39 am

    Terima kasih mbak Alida, inceran semua orang ASUS VivoBook Ultra ini hihihi

Joe Candra · August 21, 2019 at 2:03 pm

Wah, kayaknya kita seangkatan nih kak wkwkkwkw. Waktu zaman meisy, cikita medi, dll hahhaa. Ide tulisannya kerennnnnn pokoknya mah kakak satu ini hehhe.

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:39 am

    Hahaaha terima kasih bang 🙂 Seangkatan sepertinya ckckck

Ainhy Edelweiss · August 21, 2019 at 4:05 pm

Setuju kak, seiring waktu di era jaman now, lagu anak bisa dibilang minim, dan mirisnya anak2 jama now lnh sring menyanyikan lagu dewasa, pdhl di jaman sy dulu, ad bxk lagu anak2, tp syukurlah skrg skrg brand seperti ASUS memiliki inovasi yg memperhatikan kebutuhan anak2 khususnya tools DAW

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:40 am

    Iya mbak, DAW pasti lancar banget di laptop ASUS VivoBook Ultra ini mbak.

Rizka Edmanda · August 21, 2019 at 10:47 pm

wah aku jadi gak sabar nunggu karya kak Arda, pasti bagus kemarin aku pernah denger kak Arda nyanyi di IG apa story kakak gitu, suaranya bening bangeeet hihi mantaap btw vivobook ini emang kece ya, favoritku yang coral crus

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:40 am

    Makasih mbak Rizka, ditunggu ya karyanya…

Natara · August 22, 2019 at 12:24 am

dari dulu ampe sekarang aku tuh emang udah jatuh hati ama laptop Asus kak, soale laptop nya ‘bandel’ gitu kaannn…

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:41 am

    Sama mbak, ASUS memang ampuh dan mumpuni.

Nia K. Haryanto · August 22, 2019 at 12:25 am

Wuih, Mbak Arda keren banget. Selain jago nulis, pandai nulis lagu anak juga. Pastinya ya, kalo peralatannya mumpuni, ratusan lagu anak bisa tercipta. Salah satunya dengan laptop Asus Vivobook ini. Semoga terwujud ya Mbak. Dan lagu-lagu anaknya bisa menginspirasi anak-anak Indonesia. 🙂

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:41 am

    Terima kasih mbak, semoga bisa membuat banyak lagu anak ke depannya.

Bety Kristianto · August 22, 2019 at 12:54 am

Wah Mba Arda keren deh. Semoga siis kreatifmu makin berkembang dan bermanfaat untuk banyak orang ya mba. Seneng banget kalo anak-anak punya lagu-lagu yang pas dan cocok untuk mereka. Pasti Indonesia makin cetar membahana, God bless you Mba

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:42 am

    Terima kasih Mbak Bety, semoga bisa berkreasi ke depannya dengan ASUS VivoBook 🙂

cifer · August 22, 2019 at 2:00 am

ya ampun mba, cover kaset melisa yang kanan itu bikin aku keinget masa kecil dulu xD dulu aku punyaa~btw ini blognya keren banget sih, ulasannya lengkap ya tentang asus vivobook ultra 😉

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:42 am

    Terima kasih mbak Cifer, hehe iya nih Melisa kan lagu jadul abis dan lagu anak yang terkenang selalu.

Efa Butar butar · August 22, 2019 at 2:12 am

Iya ya Ka. Inget banget dulu waktu anak anak, ngga ada hari terlewat tanpa nyanyiin lagu lagu anak anak di jaman itu. Dibandingkan dulu, sekarang sudah tergolong sedikit lagu yang memang ditujukan untuk anak anak. Semoga semakin banyak musisi yang kembali memberikan perhatian pada anak anak dengan menyediakan lagu lagu yang layak utk mereka

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:43 am

    Iya nih, semoga makin banyak insan musik yang memperhatikan lagu anak Indonesia.

Meli · August 22, 2019 at 2:14 am

Mbaaak ditunggu albumnya ya. Wah keren nih cita-citanya, semoga bisa terwujud ya mbak. Kalau support sistem nya laptop keren gitu bisalah pasti hehehe

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:43 am

    Amin mbak Meli, semoga terwujud bersama ASUS kece ini hehe

Meli · August 22, 2019 at 2:17 am

Mbaaaaak aku tunggu albumnya ya. Hehehe keren banget cita-citanya. Semoga bisa segera terwujud ya. Kalau support sistem nya laptop Karen macam Asus gitu bisalah pasti.

Uniek Kaswarganti · August 22, 2019 at 2:23 am

Semoga tercipta banyak lagu anak yang bagus yang memperkaya khazanah musik anak ya mbaaa.. Keren banget lho cita-cita Mb Arda ini. Dukungan VivoBook Ultra A412DA cocok banget nih untuk cita-cita mulia ini. Semoga menang ya Mb Arda….

April Hamsa · August 22, 2019 at 4:36 am

Wah cepet juga ya pengiian daya laptop ini, cocok buat yang suka terburu2 suka mobile atau traveling gtu, apalagi desainnya tipis.
Keren banget Mbak Arda bisa menciptakan lagu buat anak2 sukses ya mbak 😀

    April Hamsa · August 22, 2019 at 5:14 am

    #pengisian

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:44 am

    Cepat banget mbak, pengisian baterainya handal dan cepat. 60% cuma 49 menit…

April Hamsa · August 22, 2019 at 5:14 am

Membaca ini aku jadi bertekad buat sering2 dengerin musik dan ngajak nyanyi anak2ku hehe, Ternyata banyak sekali manfaat menyanyi ya, tentu aja kalau anak ya nyanyinya lagu anak2 donk ya 😀

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:44 am

    Iya banget mbak, anak-anak jangan sampai lagu dewasa.

Ajeng Pujianti Lestari · August 22, 2019 at 7:18 am

Mbak Arda, kece banget ih, menyasar ke lagu anak. Pantes banget dikau selalu juara yak, uhuy.
Aku tadi sampai ikutan nyanyi loh di bagian awal karena gimanapun, aku adalah generasi yang tumbuh bersama nyanyian

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:45 am

    Terima kasih mbak Ajeng 🙂 Sama saya juga tumbuh bersama nyanyian..

nurulrahma · August 22, 2019 at 10:18 am

Aku rindu lagu2 Sherina dan tembang2 anak2 jaman aku kecil dulu Maaakkk

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:45 am

    Hahaha saya juga nih, rindu lagu-lagu yang bermanfaat dan sesuai umur.

emanuella christianti · August 22, 2019 at 11:50 am

Mbak Ardaaaaa, aku mendukungmuuuuuu! Asus ini mah nggak cuma bisa buat DAW mbaaa, kayanya pun mumpuni banget kalau mau buat bikin animasi. Jadi konten youtube lagu anak-anak Mbak Arda….

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:47 am

    Terima kasih mbak, semoga bisa berkreasi dalam waktu dekat yeay…

Rahmah · August 22, 2019 at 4:33 pm

Ah, mba Arda nih sudah keren ditambah gadget keren maka makin banyak kreativitas yang muncul sudah ditangannya
Iya nih lagu anak makin langka
Ayo ciptakan yang baru bersama Vivo Asus, Mbak

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:47 am

    Terima kasih mbak, semoga kebagian ASUS yang super keren gini.

Ira Hamid · August 22, 2019 at 8:12 pm

Semoga lagu-lagu anak-anak bisa jaya kembali seperti dulu yaa, Mba. Dan good luck buat lombanya

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:47 am

    Terima kasih mbak Ira, sukses selalu.

Tetty Hermawati · August 22, 2019 at 10:11 pm

huwaaa iyaaa, dulu zamanku lagu anak2 banyak bgt, sedih sekarang udah jarang lagu buat anak, moga banyak musisi indonesia yang mencipta karya buat anak2 lg

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:48 am

    Amin, semoga semakin banyak musisi yang care sama anak-anak ya mbak.

Evalina · August 23, 2019 at 1:49 am

Saat ini sangat jarang lagu anak dihaailkan, sangat dirunggu pencipta lagu untuk anak

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:48 am

    Amin mbak, semoga banyak yang tergerak juga menciptakan lagu anak-anak.

Diah Woro Susanti · August 23, 2019 at 2:00 am

Sedih banget emang klo liat anak kecil nyanyinya lagu cinta-cintaan. Abis gimana ga hapal ya secara lingkungannya sering muterin lagu cinta cintaan. Kebayang pake Asus pasti hasil rekaman lagu anak anak lebih jernih deh

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:49 am

    Iya setuju mbak, agak miris sih semoga kedepannya bisa menciptakan lagu anak yang sesuai usia,

Keke Naima · August 23, 2019 at 7:54 am

Lewat masa Tasya Kamila kayaknya udah gak ada lagi penyanyi cilik. Atau saya aja yang kurang mengikuti, ya? Jadi kangen sama lagu anak-anak

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:49 am

    Iya mbak, sudah jarang sekarang lagu anak-anak yang bermanfaat.

Diah · August 23, 2019 at 8:54 am

bagus nih Mbak lagu ciptaannya, mudah diingat dan semangat banget gitu auranya..
jadi pengen ASUS juga ini, secara segala kebutuhan kayaknya udah kumplit banget dimiliki si Vivobook Ultra ini.

    ardasitepu · August 24, 2019 at 3:35 pm

    Terima kasih mbak Diah, semoga semakin banyak ciptain lagu khususnya anak-anak di kemudian hari.

Amir · August 23, 2019 at 9:38 am

Wah semoga bisa segera on air karya musiknya. Cmangaatttt 😀

Herva Yulyanti · August 23, 2019 at 3:34 pm

aku masih fasilitasi anakku lagu-lagu anak mba di youtube masih ada meski yang berbahasa Inggris lebih banyak kalau yang bahasa Indonesia remake lagu dulu 🙂 leptopnya cakep yah aku belum punya satupun varian asus

    ardasitepu · August 24, 2019 at 3:06 pm

    Wah bisa dicoba mbak, saya malah pakai 4 di rumah ASUS semua hihihi

Leyla Hana · August 23, 2019 at 6:15 pm

Weleeh mba Arda bisa bikin lagu anak juga? Semoga tercipta lagu anak yang ngehits ya Mbaak. Aku naksir laptop Asus yang warnanya orange itu deh. Jarang ada.

    ardasitepu · August 24, 2019 at 3:05 pm

    Terima kasih mbak e. Itu namanya Coral Crush mbak, aku juga naksir banget hihi

Linimasaade · August 23, 2019 at 9:30 pm

Selalu bikin terpukau tulisannya mbak arda. jadi mupengkan lihat Asus yang kesini sini canggih terus. kece banget tampilannya serasa ingin aku bawa kerumah

    ardasitepu · August 24, 2019 at 3:05 pm

    Terima kasih mbak e. Ayuklah segera diadopsi dan dibawa ke rumah hehe.

Dewi Natalia · August 24, 2019 at 12:49 am

Asus Vivobook Ultra ini mantap banget yak spesifikasinya, mba. Bisa mempermudah kita melakukan pekerjaan2 seperti membuat lagu ya dan yang lainnya.

    ardasitepu · August 24, 2019 at 3:03 pm

    Iya mbak, jadi mudah banget, apalagi spesifikasinya mumpuni seperti ASUS Vivo Book Ultra ini.

Elly Nurul · August 24, 2019 at 1:14 am

Akutuh ngga kefikiran untuk ngumpulin lagu anak anak ke laptop gini huhu.. idenye menarik banget ya mbak, jadi bisa punya koleksi lagu lagu anak di laptop dan bisa sering sering dengerin ya.. untuk mengenang masa kecil dan mengenalkan lagu anak anak ke anak sendiri

    ardasitepu · August 24, 2019 at 3:03 pm

    Iya bener banget mbak, ngumpulin lagu anak-anak kalau jaman sekarang juga sulit. Karena kemasan lagu sekarang benar-benar bersifat materi mbak hehe.

lendyagasshi · August 24, 2019 at 1:55 am

Kak Ardaa….
Suaranya baguss.

Aku kaget karena pas nonton videonya ada lagu gubahan kak Arda.
Ini ceritanya, modelnya Rizki sama Ria Richis yaa…’

Asus Vivobook spek nya keren banget…

    ardasitepu · August 24, 2019 at 2:59 pm

    Terima kasih mbak e hehe, semoga selalu bisa berkarya buat lagu-lagu khususnya lagu anak.

Lubnah Lukman · August 24, 2019 at 4:36 am

Mungkin kita semua bangga dan snagat merindukan lagu-lagu anak jaman 90an, dan memnag lagu-lagu jaman dulu mmberi kontribusi banyak untuk kecerdasan anak, anak, dan entah gara2 ulasan mba andra mengenai lagu akupun hunting laptop ini heheh apalagi dengan warna-warnanya sekeren ituu yahh…

    ardasitepu · August 24, 2019 at 2:57 pm

    Iya mbak, warnanya keren-keren banget jadi nambah mood untuk berkarya.

Sri Widiyastuti · August 26, 2019 at 2:20 am

Wah senangnya, tenyata mbak Arda multitalenta ya, masyaAllah. Saya kudu banyak belajar nih, secara saya pengen bisa membuat lagu anak juga hehe setelah bisa menulis cerita anak, saya juga ingin sekali bisa membuat lagu anak. Informatif ulasannya mbak

    ardasitepu · August 26, 2019 at 7:50 am

    Terima kasih mbak Sri, semoga kita semakin bermanfaat. Ayuks belajar bareng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!