Tak Perlu ke Venezuela

Keindahan Indonesia sudah tidak diragukan lagi, tidak hanya mata domestik yang berdecak kagum, dunia internasional pun terpana bahkan berbondong-bondong membedah surga tersembunyi di negeri ini. Tak aneh, kalau saya selalu membanggakan dan mengabadikan setiap km perjalanan di bagian nusantara ini.

Salah satu perjalanan yang begitu mempesona adalah Air Soda Tapanuli Utara. Konon ceritanya, bahwa air soda yang luas hanya ada 2 (dua) di dunia ini. Pertama terdapat di Venezuela dan satu lagi berada di Desa Parbubu, Tarutung, Tapanuli Utara.

Dalam hati mengapa mesti jauh-jauh melancong ke Venezuela, wisata yang langka sekalipun sudah disediakan Sang Pencipta di bumi pertiwi ini. Meski sudah 5 (lima) tahun berada di kabupaten Toba Samosir, namun belum ada kesempatan untuk menjelajah ke kabupaten tetangga yaitu Tapanuli Utara.

Dewasa ini, Tarutung terkenal dengan wisata rohani yaitu Salib Kasih. Sebuah tempat di mana pemberita Injil ke Tanah Batak yaitu Ludwig Ingwer Nommensen yang berdoa di atas bukit dan menghadap ke kota Tarutung.

Pagi itu, tepat di hari libur saya mengajak seluruh anggota keluarga untuk merasakan lembutnya air soda yang begitu menggoda. Cerita dari para tetangga bahwa saat berenang di kolam soda, badan jadi terasa lebih ringan dan rasanya takjub melihat sekumpulan soda bekerja sama ke luar dari sumbernya dan membuai para pengunjung yang datang.

Perjalanan ini di mulai dari Balige (arah Medan) menuju Tarutung. Kalau dari Medan memiliki waktu tempuh sekitar 5 jam. Setibanya di pusat kota Tarutung, maka membutuhkan waktu sekitar 10 menit menuju lokasi. Ajaibnya, di daerah ini sangat langka dengan kata macet jadi perhitungan waktu akan sesuai.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi Air Soda, kita akan disambut oleh padi-padi menguning yang sangat indah di tatapan mata. Di sekitar lokasi terdapat petenun-petenun cantik yang mulai beraksi dengan keahlian mumpuni untuk membuat ulos dan kain adat batak. Jadi, bagi kaum hawa yang mau cuci mata melihat keindahan tenunan dengan harga yang lebih murah dari pasar maka dapat singgah ke tempat ini.

Atraksi Gelembung Soda Parbubu

Tiba di wisata air soda maka semua pengunjung akan disambut dengan lapangan parkir yang lumayan luas. Saat menuju kolam soda, kita harus memasuki sebuah rumah sederhana layaknya warung makan. Karena lokasi wisata yang mendunia ini hanya dikelola oleh orang pribadi/keluarga, memang masih terkesan sederhana dalam pengelolaan.

Menariknya, lokasi wisata ini sama sekali tidak dipungut biaya alias free. Pengunjung dapat mandi sepuasnya dan selama mungkin. Saat menginjak kaki di kolam, maka semburan air soda langsung menusuk lembut ke pori-pori sehingga pengalaman ini sulit dilupakan. Kehangatan air soda mengalahkan dinginnya udara di desa ini. ย 

Cerita masyarakat lokal, jika berendam di air soda dapat menghilangkan kelelahan tubuh dan air soda dapat berfungsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit kulit ringan. Sama halnya dengan rematik serta pegal di beberapa bagian tubuh.

Walaupun berbentuk soda, air yang terkena tubuh tidak lengket dan cukup dibilas. Di samping itu, air soda ini memiliki rasa yang cukup unik terasa sedikit asin dan khas di lidah. Namun, saat memasuki kolam harap memperhatikan langkah karena dasar kolam soda adalah bebatuan bukan lantai keramik.

Gelembung-gelembung soda akan menari-nari disukujur tubuh yang membuat keanehan tersendiri dan pengalaman langka ini tidak didapatkan dimanapun kecuali di kolam air soda. Tak aneh, banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara menyerbu tempat ini. Terkadang jumlah wisatawan โ€˜membludakโ€™ hingga menutupi keindahan seluruh area kolam soda. Alhasil, kolam soda yang langka di dunia ini menjadi salah satu icon di kota Tarutung

Seruput Kopi di Tepi Kolam Soda

Pengelola tempat ini hanya satu keluarga, sehingga tempat menunggu juga tidak terlalu banyak sekitar 10 meja, apalagi hari libur maka beberapa pengunjung tidak mendapatkan tempat. Pengelola tidak memungut biaya, hanya cukup memesan makanan ringan seperti aneka macam mie, makanan ringan, serta minuman dengan harga bersahabat. ย 

Di samping itu, tersedia ban yang disewakan untuk anak-anak yang ingin berenang di kolam. Tak usah kuatir, semua harga yang ditawarkan di tempat ini cukup murah dan hampir sama dengan harga pasar. Toko-toko souvernir, pakaian mandi, permainan air anak juga tersedia.

Satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah menyeruput kopi ala toba sambil menatap kolam yang dikelilingi padi maka sungguh wisata ini sangat besinergi dengan alam. Berbagai jenis kopi mulai dari kopi sidikalang, kopi lintong juga tersedia di tempat ini yang rasanya juga sudah diacungi jempol.

Biru Soda Menggoda

Birunya air soda memikat setiap rasa untuk berendam dengan waktu yang cukup lama. Namun, setiap pengunjung diharapkan membawa tetes mata karena jika air terkena mata maka dapat menyebabkan mata sedikit perih.

Disamping itu, jika pengunjung datang membawa anak kecil harap diperhatikan dan dalam pengawasan karena kondisi lantai kolam yang licin, serta dasar kolam yang bebatuan. Dasar kolam juga cukup dalam, sehingga tidak aman untuk jangkauan anak kecil.

Setelah seharian menikmati biru soda di Desa Parbubu, tibalah matahari terbenam dan semilir angin dingin mulai menusuk tubuh. Kami kembali berkemas dan meninggalkan keindahan yang langka bahkan hanya ada 2 (dua) di dunia ini.

Berdasarkan pengalaman kali ini, maka terdapat beberapa kredit plus untuk wisata ini:

  1. Air Soda tempat wisata yang langka di dunia jadi beruntung banget ada di Indonesia dan berkunjung.
  2. Bebas biaya masuk alias gratis, tentunya hal ini berbeda dengan lokasi wisata umumnya di Indonesia.
  3. Cukup mudah dijangkau, jalanan lurus dan tidak ada tantangan dalam berkendara.
  4. Makanan, minuman serta fasilitas lainnya dengan harga yang relatif murah.
  5. Parkir cukup luas dan tarif seiklasnya.
  6. Fasilitas lain seperti meja dan tempat duduk, toilet, kamar ganti semuanya free.
  7. Suasana nyaman dan menyatu dengan alam.

Kredit negatif dan harus dibenahi untuk tempat wisata ini:

  1. Tempat duduk untuk menunggu masih minim.
  2. Kebersihan kurang dijaga.
  3. Terbatasnya toilet dan kamar ganti.

Nah, tertarik untuk ke lokasi wisata air soda yang hanya ada satu di Indonesia ini? Dan hanya 2 di dunia ini… Kamu dapat melalui Bandara Kuala Namo Medan atau Bandara Silangit.

Kalau tiket pesawat ke Medan dapat diperoleh di Pegipegi, alasan utamanya adalah mudah dan murah. Apalagi saat ini Kementrian Perhubungan merilis skema tarif tiket dalam Peraturan Menteri Nomor 20 Tahun 2019. Jadi, sekarang melancong kemanapun di nusantara ini jadi lebih mudah.

Di Pegipegi, kita dapat melihat harga tiket pesawat ke berbagai tujuan. Caranya juga sangat mudah tinggal mengisi asal dan tujuan perjalanan, tanggal serta jumlah penumpang. Tak berapa lama, Pegipegi akan menampilkan harga tiket pesawat murah dari berbagai maskapai penerbangan.

Jadi, tunggu apalagi buat semua teman-teman yang belum pernah datang ke Medan dan menjelajahi berbagai keindahan alam di Sumatera Utara ayuk segera pesan tiket dan hampiri wisata air soda yang begitu fenomenal yang menjadi wisata kebanggan Indonesia.

Sumber:

www.pegipegi.com

Foto : Dokumentasi www.ardasitepu.com

Categories: Blog

23 Comments

Ratri Anugrah · April 13, 2019 at 3:37 am

Wah, aku belum pernah ke Sumatra sama sekali nih. Ngebayangin sodanya kayak minuman soda yang dijual biasa itu. Benarkah? Sekalian ditambahi sirup sama susu kental manis kali ya ๐Ÿ˜› Kalau berenang pakai kacamata renang apa air masih bisa masuk mba?

iidYanie · April 13, 2019 at 3:55 am

Wah saya baru tau nih ada kolam gelembung air soda, padahal selalu ke Sibolga lewat Tarutung ini, apakah tampak pas lewat jalan lintas sumatera ya mba?

Apura · April 13, 2019 at 6:50 am

Ini beneran air soda ya mba? Bukan air belerang gitu? Penasaran mau nyobain gimana rasanya

Diyanika · April 13, 2019 at 8:17 am

Ini tuh sama nggak ya, Mbak, dengan air mendidih di Mrapen? Kebetulan dekat dengan rumahku. Sifat airny hampir sama. Kalau nggak salah sih airnya banyak mengandung bahan yang bisa mengobati penyakit kulit. Kayak mendidih tapi airnya nggak panas. Sayang, kubangannya nggak besar-besar banget. Jadi, pengunjung kalau ke sana membawa pulang sebotol atau seperlunya. Bahkan, banyak yang memakainya untuk cuci muka.

Esti Sulistyawan · April 13, 2019 at 10:16 am

Wah, aq baru tahu ada tempat wisata ini mbak. Kolam air soda? Wow banget ini mah. Gak perlu jauh2 ke Venezuela ya.

Sulistya Nanda · April 13, 2019 at 10:18 am

Seger ya kalau nyemplung di sini, tapi kalau anak balita belum bisa sepertinya ya, mbak.

Mpo ratne · April 13, 2019 at 5:32 pm

Wah mandi di pemandian alam memang sensasi berbeda. Semoga pemprov lebih peduli lagi dan memperbaiki fasilitas. Biar makin banyak oy yang berkunjung ke air soda

Helena Magdalena · April 13, 2019 at 6:43 pm

Sebagai orang yang kampung halamannya di Sumatera Utara, gue belom pernah kesini *cry*
Bisa jadi salah satu destinasi kalau pulang kampung berikutnyaa ๐Ÿ™‚

Helena · April 13, 2019 at 11:58 pm

baru dengar tentang berendam di air soda. Rasanya gimana sih? apa seperti minuman soda? kalau terminum, enggak apa-apa?

Rach Alida · April 14, 2019 at 4:25 am

Mbaa, aku baru tahu ada danau soda seperti ini. Ada sensasi rasa yang berbeda ni. Mau ah kapan kapan pas mampir ke Sumut ๐Ÿ™‚

Sri Al Hidayati · April 14, 2019 at 8:08 am

Pengen deh ngerasain air soda.. kalo keminum gapapa kayaknya ya mba haha.. moga bisa ngerasain suatu saat kesana.

Afifah Mazaya · April 14, 2019 at 11:11 am

Unik banget, Mbak. Baru tau nih ada kolam soda. Biasanya kan kolam air panas atau kolam belerang, ya.

susie ncuss · April 14, 2019 at 1:58 pm

wah, aku udah beberapa kali ke Medan dan sekitarnya, tapi baru tau tempat inih.
semoga someday bisa main lagi ke Sumatera Utara dan main ke sinih

Nabilla DP · April 14, 2019 at 3:20 pm

Baru kali ini aku tau kolam soda mbaa ahaha asli jadi penasaran pengen nyobain ikut nyemplung. Unik dan jadi daya tarik khas ya mba :S

Noorma · April 14, 2019 at 5:45 pm

Aku tahunya ada air soda ini dari TV mba. Waktu itu di trans tv kalo ga salah. Aku pengen ke sana ini, lagi gatel2 kulit ku. Udh ke dokter padhaal

Nyi Penengah · April 14, 2019 at 11:42 pm

Surga banget ini kolam sodanya mbaaa
Pengen ke Medan jadinya.
Semoga kapan kapan isa main ke sana
Belum pernah menjejakkan kaki di sana

Uniek Kaswarganti · April 15, 2019 at 12:31 am

Mba, ini bagus banget misal dikembangkan yaaa… unik banget loh kolam soda, tidak ada tandingan lainnya di Indonesia. Kolamnya diperluas dan pengelolaan bisa diperbaiki manajemennya. Bakalan makin membludak deh pengunjungnya.
Semoga suatu saat ada rejeki bisa piknik ke kolam soda ini bersama keluarga.

Yoanna Fayza · April 15, 2019 at 1:06 am

jadi penasaran dengan sensasi berendam di dalam air bersoda gitu, apalagi pemandangannya hijau semua, pasti bikin relaks banget yaa.. semoga suatu saat aku bisa ke sini ๐Ÿ™‚

Lidya · April 15, 2019 at 1:06 am

Aku jadi mau minum air sodanya mbak hihihi. Unik banget ya tempat wisatanya dan ini langka di dunia. Bener banget gak perlu jauh-jauh ke Venezuela kalau di Indonesia aja ada yg seindah dan seunik ini. AKu belum pernah ke Medan mbak, mau banget ke sana

April Hamsa · April 15, 2019 at 2:45 am

Aaaahh noted nih kalau ke Sumut bisa ke sini hehe. Luar biasa berarti ya alamnya Indonesia ada jg pemandian air soda ๐Ÿ˜€
Ooo jd gratis masuknya ya mbak?
Mungkin bisa sih fasilitas dibenahi tapi ya mungkin bayar berapa gtu kali ya ๐Ÿ˜€

Isti Adzah Rohyati · April 15, 2019 at 4:06 pm

Ih lucu ya aku baru tahu kalau di Sumut ada pemandian air soda. Dulu cuma tahu pembadian air belerang aja, yang kalau mandi di sana masyaAllaah baunyaaa ga ilang2 di baju. Nempeeelll berhari-hari. ๐Ÿ˜€

Doagama · April 24, 2019 at 5:34 pm

widih… ada pemandian air soda.. gimana ya? di sini ada yang pernah nyoba gak? wkwkwk
Pengin nyoba sih, tapi takut kena infeksi, efek samping dan sebagainya,..
Kira kira aman untuk kulit orang tropis gak ya?? hmm..

    ardasitepu · April 25, 2019 at 1:13 pm

    Aman banget, silahkan kalau ke Sumatera Utara datang berkunjung.

Leave a Reply to Uniek Kaswarganti Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!