Dewasa ini, Indonesia sudah berkembang pesat menjadi penghasil minyak sawit dunia. Alhasil, secara tidak langsung perkebunan kelapa sawit mampu mendongkrak perekonomian nasional.

Dalam membangun perkebunan kelapa sawit tidak hanya membangun pedesaan, akan tetapi membangun perkotaan. Manfaat perkebunan dapat dinikmati banyak orang baik yang secara langsung di desa maupun tidak langsung dari produk yang dihasilkan minyak sawit.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Tanaman dan Perkebunan, Kementerian Pertanian pada 2018, total area kelapa sawit Indonesia seluas 14,3 juta Ha. Hal ini tentunya mendongkrak banyak aspek baik sosial, ekonomi, tenaga kerja, pangan dan sebagainya.

Di antara semua aspek, maka sektor yang cukup signifikan memberi dampak adalah perekonomian terutama dalam penyerapan tenaga kerja serta peningkatan nilai ekspor. Tak hanya itu, perkebunan sawit juga mampu membuat daerah pelosok dengan minim sarana dan prasarana menjadi daerah yang dapat didiami, berkembang menjadi sebuah daerah maju.

Demikian pula, investor menarik masyarakat sekitar untuk turut bekerjasama dalam membangun perkebunan tersebut menjadi maju dan menghasilkan sawit dengan kualitas baik. Alhasil, setiap tahun jutaan orang akan bekerja di perkebunan sawit bahkan menggantungkan hidupnya di sektor tersebut.

Di samping penyerapan tenaga kerja yang maksimal, ekspor sawit ke luar negeri juga meningkat setiap tahunnya. Hal ini menjadikan sawit sebagai industri paling produktif dan memberikan devisa tertinggi bagi negara. Berikut 10 (sepuluh) negara tujuan ekspor minyak kelapa sawit terbesar:

Sebagian masyarakat mungkin menilai bahwa kehadiran sawit kurang memberikan dampak positif, apalagi jika disandingkan dengan isu lingkungan. Pada dasarnya banyak produksi lain atau tanaman lain yang mengganggu lingkungan khususnya dalam penyerapan air tanah.

Jika pengawasan terus dilaksanakan serta melihat berbagai dampak positif yang diberikan, sudah pasti banyak manfaat yang baik dari hadirnya perkebunan sawit di Indonesia. Berikut 7 (tujuh) komoditas sawit yang memberikan nilai positif untuk pembangunan yang berkelanjutan:

  1. Mengurangi Kemiskinan (No Poverty)            
  2. Mengurangi Kelaparan (Zero Hunger)
  3. Kesehatan & Kesejahteraan (Good Health & Well Being)
  4. Kualitas Pendidikan (Quality Education)
  5. Pekerjaan Yang Layak & Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work & Economic Growth)
  6. Mengurangi Ketidaksetaraan (Reduces Inequalities)
  7. Aksi Iklim (Climate Action)

Sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT), tentunya tidak terlepas dari kegiatan memenuhi gizi seluruh anggota keluarga. Alhasil, setiap bahan makanan yang diolah tidak terlepas dari peran minyak kelapa sawit di dalamnya. Apalagi di saat anak-anak dalam masa pertumbuhan, memerlukan berbagai kandungan minyak sawit dalam mendukung masa perkembangan mereka.

Tak hanya, untuk masakan ternyata berbagai kebutuhan sehari-hari pun tidak terlepas dari kandungan sawit di dalamnya. Berikut 10 (sepuluh) hal kehadiran sawit dalam kegiatan sehari-hari seorang IRT:

Selain sawit menjadi sumber pangan dunia, sawit juga memiliki manfaat dalam kesehatan. Hal ini terlihat dari kandungan minyak sawit yang terdiri dari berbagai vitamin, antioksidan dan asam lemak omega-3. Tak hanya itu, kelapa sawit juga menjadi solusi atas gizi buruk dan stunting pada anak.  

Dalam kegiatan sehari-hari bahkan 24 jam penuh, kehadiran minyak sawit melekat disetiap Ibu Rumah Tangga dalam berbagai bentuk. Oleh karena itu, setiap siklus kehidupan tidak terlepas dari minyak sawit dengan berbagai manfaatnya.
Fakta pentingnya peranan sawit bagi masyarakat Indonesia memberikan berbagai dampak positif. Bahkan peranan sawit menyentuh berbagai aspek dari mulai perkebunan sampai ke meja makan.
Oleh karena itu, butuh dukungan semua pihak baik masyarakat, perusahaan maupun pemerintah tetap menjaga dan saling mendukung dan bergandeng tangan terutama agar perkebunan sawit tetap positif dengan lahan yang digunakan sebagai pengembangan. Alhasil, peranan sawit menjadi maksimal, sawit menjadi kuat dan Indonesia menjadi hebat.

Categories: Blog

45 Comments

Rohyati Sofjan · September 17, 2019 at 6:46 am

Dulu kala saya kecil di rumah biasa pakai minyak kelapa seperti tetangga lain di kota. Tak tahu sejak kapan semuanya berubah jadi minyak sawit karena saya kala kecil bukan pengamat yang baik, tetap saja minyak sawit disebut minyak kelapa soalnya biasa beli curah, he he.
Setelah dewasa dan kerja saya bisa beli minyak sawit kemasan sampai berumah tangga. Banyak juga manfaatnya, sih. Praktis dalam hal memasak juga tidak menggumpal. Tentunya jika minyak sawit yang saya beli termasuk kemasan baik. Lumayanlah, dapat nasihat dari teman agar jangan beli minyak goreng curah yang mudah membeku dalam suhu ruang.

Reyne Raea · September 17, 2019 at 9:05 am

Wah banyak ya manfaatnya.
Sama kayak mba Rohyati tuh, dulu waktu kecil mama saya selalu pakai minyak kelapa.
baru kenal minyak sawit setelah ke Jawa.
Sekarang mama saya tetp pakai minyak kelapa, karena di sana mudah didapat sih 🙂

Okti Li · September 17, 2019 at 9:47 am

Perjalanan panjang banget ya sawit sejak bibit di lahan sampai sampai di rumah. Tidak heran minyak sawit terbilang lebih tinggi harganya dibandingkan minyak curah Lian secara guna dan manfaat juga lebih banyak.

Elly Nurul · September 17, 2019 at 9:48 am

Dalam kehidupan sehari hari kita tidak jauh dari sawit ya.. ngga hanya sekedar sebagai minyak goreng saja, tapi sawit hadir dalam banyak industri.. shampo, detergen, kosmetik, roti yang kita gunakan sehari hari.. fix ini sih 24 jam tanpa sawit ngga bisa deh

    Nia K. Haryanto · September 21, 2019 at 2:26 am

    Nah ini yang baru-baru ini saya tahu. Minyak sawit gak cuma untuk minyak goreng saja. Tapi banyak manfaatnya. Kosmetik dan obat juga ternyata banyak yang pakai minyak sawit ya

nurulrahma · September 17, 2019 at 11:14 am

Baca ulasan yg komprehensif di postingan ini, bikin kita jadi melek tentang apa dan gimana sawit itu ya Mba.
Memang pastinya ada pro dan kontra sih ya

    Ida · September 19, 2019 at 3:10 am

    Banyak manfaat nya memang sawit itu ya utk kehidupan kita sayangnya banyak oknum yg merusak citra sawit nih huhu .. sedih akutu..

Yoanna Fayza · September 17, 2019 at 11:42 am

Memang benar yaa, kita nggak bisa lepas dari sawit dalam keseharian, sampai skincare pun ada kandungan sawitnya 🙂

    Yuni · September 18, 2019 at 11:47 am

    Ternyata sawit banyak banget manfaatnya ya mba, untuk segala aspek. Dan tanpa kita sadari ternyata apa yang kita butuhkan dlm kehidupan sehari-hari banyak yang berasal dari bahan sawit. Terimakasih sharing informasi nya mba….semoga industri sawit di Indonesia bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Indonesia.

Nchie Hanie · September 17, 2019 at 2:30 pm

Secara ga sadar sebenrnya berguna banget dan dipake sehari hari dalam kehidupan ini ya, Semoga Sawit ini makin dibudidayakan agar ga punah dan menjadi asset .

    Ujame Gaja · September 19, 2019 at 2:31 am

    Baca ulasan bunda Arda jadi semakin melek pentingnya minyak sawit, dari Hulu ke Hilir dibahas, lengkap. 24jam memang ndak bisa lepas ya dari minyak sawit ini.

lianny hendrawati · September 17, 2019 at 11:52 pm

Ternyata penggunaan sawit banyak sekali, termasuk skincare juga ya. Semoga eksport sawit ke luar negeri tiap tahun meningkat sehingga menghasilkan devisa bagi negara.

Rach Alida · September 18, 2019 at 1:16 am

Lengkap sekali ulasannya mba. Aku belum pernah ke perkebunan sawit dan pengen berkunjung langsung dan lihat pengelolaaannya

Ira Hamid · September 18, 2019 at 2:35 am

Wahhh hampir semua yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari memiliki kandungan sawit yaa 🙂

Rosanna Simanjuntak · September 18, 2019 at 4:05 am

Benar juga ya.
Kadang kalau mendengar sawit, ingatnya perkebunan melulu.
Padahal di rumah juga ada,

Mechta · September 18, 2019 at 12:15 pm

Seperti biasa, ulasan mba selalu runtut dan detil sehingga pembaca menikmati dari awal hingga akhir. Semoga sukses di lomba ini mba..

Linimasaade · September 18, 2019 at 1:13 pm

Ya amun mbak komplit banget ulasannya. AKu baru ahu kalau deterjen dari minyak sawit juga ternyata yah

Kurnia amelia · September 18, 2019 at 2:45 pm

Kemarin aku dateng ke diskusi mengenai sawit ini dan baru tahu kalau ternyata turunan sawit ini banyak sekali ya soale yang aku tahu paling minyak goreng dan margarine juga hehe ternyata untuk kecantikan juga bisa ya.

Cindy Vania · September 18, 2019 at 2:52 pm

Jujur aku baru tahu sebanyak itu manfaat dari sawit. Termasuk yang dekat dengan IRT kayak lipstik sabun dsb.

Aku sebenernya kurang melek hal2 kayak gini, tp dari baca ini jadi sedikit tercerahkan.

Hidayah Sulistyowati · September 18, 2019 at 3:22 pm

Waktu sawit jadi kontra kemarin, aku jadi banyak baca tentang sawit dan turunannya ini. Yang ternyata menjadi bagian dari hidup kita selama ini. Memang sawit itu nggak salah ya, apalagi udah jadi penghasil devisa yang sangat besar bagi negara kita. Butuh literasi yang benar tentang sawit ini pada masyarakat

Desri Desri · September 18, 2019 at 11:14 pm

kalo dilihat dari sawitnya memang betul banyak sekali manfaat sebab dari minyak sawitnya sendiri bisa diolah menjadi berbagai bentuk bahan makanan dan kebutuhan lainnya.

Echi Mustika · September 18, 2019 at 11:42 pm

Sawit memang banyak sekali manfaatnya apalagi mendukung semua produk yg dibutuhkan dalam rumah tangga.

Leyla Hana · September 19, 2019 at 2:31 am

Memang banyak kegunaan sawit dan bermanfaat bagi rumah tangga.

Sri Widiyastuti · September 19, 2019 at 2:52 am

Wah, baru tahu mbak penampakan buah sawit itu seperti itu ya, isinya seperti buah kelapa. banyak juga ya produk yang dihasilkan oleh kelapa sawit.

Nia K. Haryanto · September 19, 2019 at 3:27 am

Sawit memang banyak manfaatnya ya. Gak cuma buat masak, tapi juga buat kecantikan dan kesehatan. Semoga, permasalahan terkait kebakaran hutan yang konon akibat lahan sawit bisa diatasi. Supaya manfaat sawit bisa tak ternodai dengan permasalahan ini.

Indah Nuria · September 19, 2019 at 4:41 am

Dengan banyaknya kebutuhan sehari – hari yang memggunakan bahan baku sawit, makanya produk ini sangat penting yaaa

Monica Anggen · September 19, 2019 at 5:13 am

Di Kalimantan Selatan itu ada kebun sawit yang luasnya luar biasa. Dulu sebelum ada sawit, kehidupan masyarakat setempat terbilang di bawah rata-rata. Semenjak kebun sawit itu ada, perekonomian masyarakat setempat meningkat, distribusi barang dan jasa bertambah, dan masih banyak lagi manfaat baiknya memang. Ini hanya satu wilayah lho, belum lagi di wilayah lain.

Keke Naima · September 19, 2019 at 10:40 am

Kalau saya pribadi selalu beranggapan bahwa apapun yang ada di bumi ini bukanlah sesuatu yang sia-sia, termasuk sawit. Gak menutup mata dengan segala manfaat sehari-hari serta devisa negara. Saya pun gak sepenuhnya lepas dari sawit. Masih merasakan juga manfaatnya. Tetapi, semoga PR besar tentang sawit yang sedang terjadi juga bisa diselesaikan dengan baik.

Fauziah azzahra · September 19, 2019 at 11:28 am

Penjelasannya lengkap sekali mba, memang sawit itu diperlukan dalam kehidupan sehari-hari ya. Semoga perusahaan penanam sawit melakukan prosedur penanaman sesuai standar. Sehingga benar bisa disebut sawit baik. Sawit yang menguntungkan bukan hanya untuk negara tetapi untuk masyarakat indonesia khususnya yang terdekat dari lahan sawit ini.

Rizka Edmanda · September 19, 2019 at 2:03 pm

Sawit memang banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, 24 jam selalu ada sawit yg menemani. Namun sayang disisi lain kita gak bisa menutup mata bahwa tata kelola perkebunan sawit di Indonesia masih banyak yg harus dibenahi. Terlepas dari itu, saya yakin sebetulnya jika perkebunan sawit dikelola dengan baik, dan pengusaha sawit mau taat regulasi, suatu saat sawit kita pasti kuat dan Indonesia semakin hebat

Okti Li · September 19, 2019 at 7:12 pm

Wah sudah banyak tambahan lagi ya info dan gambarnya? Lebih lengkap sekarang dibanding waktu baca artikel ini kemarin2. Semoga beneran sawit baik sampai ke berbagai kalangan masyarakat. Bukan hanya segelintir orang ya

Irena Faisal · September 20, 2019 at 1:44 am

Perkebunan sawit ada dimana2 yaaa termasuk di daerah Banten, semoga bermanfaat bagi banyak orang dan pembukaan lahannya tidak menyusahkan masyarakat 🙂

Gioveny · September 20, 2019 at 2:55 am

Manfaat sawit itu banyak banget emang ya. Mulai dari yg dipake sampe dikonsumsi. Aku pernah lihat juga pohon sawit tuh luas banget tapi kalo malem ngeri gelap gitu deket rumah temenku

Tina · September 20, 2019 at 9:31 am

Memang isi rumah orang Indonesia itu gak jauh-jauh dari sawit sih. Dari ruang tamu sampai dapur, kebanyakan pakai produk dari sawit. Makanya perusahaan-perusahaan sawit harus bisa kelola lahannya agar tidak mencemari lingkungan dan tidak merugikan masyarakat

Suciarti Wahyuningtyas · September 20, 2019 at 1:26 pm

Hasil olahan sawit ternyata selalu menemani kita setiap hari ya mbak. Apalagi dengan sawit juga dapat mensejahterakan masyarakat sekitar juga ya mbak. Kebetulan saudaraku ada yang memiliki perkebunan sawit juga dan memang dibantu oleh masyarakat sekitar juga untuk berkebunnya.

Ludyah Annisah · September 20, 2019 at 5:17 pm

Pembahasannya lengkap dan menarik banget nih mba buat disimak. Terlepas dari kontroversi sawit itu sendiri, emang banyak banget manfaat yang dihasilkan dari si sawit ini. Cuma, si oknum ini lho mba yang nakal dan abai gitu aja terkait tata kelola lahan plus peruntukannya. But, overall ulasannya oke banget

Farhati Mardhiyah · September 21, 2019 at 1:07 am

Banyak banget Miss informasi mengenai sawit, edukasi sawit juga kurang dilakukan dari sejak dulu kalaa ketika banyak lahan non produktif berubah fungsi jadi sawit, memang betul kita tidak bisa lepas dengan sawit apalagi semakin banyak permintaan maka pembukaan lahan sawit akan semakin banyak, disinilah pemerintah harus mengawasi perkebunan sawit agar pembangunan dan pelaksanaannya berkelanjutan

Dian · September 21, 2019 at 3:17 am

Manfaatnya memang banyak..

Mgkn yg jadi pro kontranya adalah proses pembukaan lahan sawit itu sendiri

Wian · September 21, 2019 at 3:22 am

Ternyata swait akrab banget ya dengan kehidupan kita. Tanpa disadari, sebagian besar produk yang kita pakai sehari-hari memiliki kandungan sawit.

Sumiyati Sapriasih · September 21, 2019 at 7:36 am

Minyak sawit berguna untuk kesehatan karena mengandung omega 3 dimana anak-anak suka dengan vitamin dan omega 3 untuk kecerdasan motoric si kecil

Fenni Bungsu · September 21, 2019 at 12:56 pm

Pentingnya sawit untuk kehidupan kita memang gak bisa dielakkan ya, secara konsumsi lewat minyak nya untuk menggoreng adalah bagian dari sawit

lendyagasshi · September 22, 2019 at 1:10 pm

Baru benar-benar paham manfaat sawit.
Aku berharap hasil sawit Indonesia tidak dijual ke luar negeri dan diolah di sana, sehingga Indonesia harus kembali membeli barang jadi dari luar negeri.

Yanti · September 22, 2019 at 10:52 pm

Ternyata bnyak banget y manfaat sawit selama ini saya cuma tahu minyak goreng aja sih hehe eh bnyak bngt manfaat yang didapat..semoga hasil sawit yg didapat bsa lebih bnyak lagi ya

innaistantina · September 23, 2019 at 1:27 am

hampir seluruh produk yang kita pakai sehari-hari gak bisa lepas dari yang namanya sawit ini ya mb. yang sekarang jadi pro kontra memang gak semata-mata hanya bisa nyalahin pihak perusahaannya, tapi juga birokrasi yang ada dan segala elemennya juga perlu diusut sampe tuntas. karena gak mungkin juga menghentikan seluruh aktivitas yang berkaitan dengan sawit, dari mulai produksi sampai konsumsinya. semoga segera ada jalan keluar terbaik!

artha · September 23, 2019 at 1:59 am

ternyata semuanya berasal dari minyak sawit yak. semua yg kita konsumsi. karena itulah kita harus menjaga dan mengkonsumsinya dengan bijak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!