HAL KECIL BERDAMPAK BESAR

“Ask Not What Country Can Do For You, Ask What You Can Do For Your Country” – John F Kennedy -

Suatu kali saya bertemu dengan seorang sahabat yang dikenal dari dunia maya berasal dari Papua tepatnya di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Banyak hal yang diceritakan mulai dari kebiasaan masyarakat di sana sampai kepada mayoritas pekerjaan dan sumber pendapatan di Papua.

Rasa penasaran saya semakin menggebu sehingga melontarkan banyak pertanyaan terhadap pulau paling timur di Indonesia ini. Pasalnya, dari 5 (lima) pulau besar di Indonesia, hanya Papua yang belum pernah saya kunjungi.

Tak lama pembicaraan tentang kondisi hidup di Papua, saya pun bertanya mengenai kegiatan yang dilakukannya saat ini. Biasanya, waktu ‘kopdar’ sesama mahasiswa yang baru lulus kuliah akan berbicara soal kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan.

Sebagai lulusan perpajakan, maka saya panjang lebar berbicara soal pekerjaan yang saya nikmati dua bulan belakangan sebagai konsultan perpajakan. Sedangkan, sahabat saya berbicara tentang dunia IT karena memang lulusan informatika.

Kegiatan yang dilakukannya saat itu adalah sedang mengenalkan dunia internet ke masyarakat wilayah Sorong sekitarnya. Sontak, saya pun tertawa lebar. Dalam pikiran saya, internet kenapa diperkenalkan? Toh, semua orang sudah mengenal internet. Dia menatap aneh, mungkin karena ekspresi saya atas pekerjaan yang dilakukannya.

Ternyata saya salah, mungkin kota sebesar Jakarta semua fasilitas internet sudah tersedia dan enggak perlu ada tutorial untuk mengenalkan internet ke masyarakatnya. Nah, bagaimana dengan daerah-daerah lain yang notabene memegang dan bahkan melihat komputer/laptop saja belum pernah.

Alhasil, saya mengerti dedikasinya terhadap ilmu yang didapat mungkin bagi kota metropolitan tidak terlalu dibutuhkan. Namun, untuk daerah yang belum terjangkau maka hal ini menjadi sangat penting.

Apalagi, dunia sudah masuk ke era digital dan masyarakat tertinggal pun ingin merdeka dan merasakan hadirnya internet atau fasilitas lainnya untuk kehidupan yang lebih baik. Mulai saat itu, saya begitu menaruh perhatian kepada personal atau perusahaan yang bersedia menjangkau daerah-daerah terdepan, terluar bahkan tertinggal untuk lebih maju dan madani.

Mungkin saya salah satu dari kebanyakan orang yang selalu menuntut kenyamanan tinggal di daerah, menuntut pemerintah bahkan negara ini tentang apa yang diberikannya kepada saya sebagai masyarakat. Namun, jarang sekali berpikir tentang apa yang dapat saya perbuat untuk negeri ini.

Pertemuan dengan sahabat saya mengajarkan banyak hal tentang memberi diri untuk negeri dengan disiplin ilmu yang didapat selama kuliah. Bahkan rela mengunjungi daerah-daerah kecil di Papua.  Memberdayakan diri untuk memberikan pengarahan terhadap internet dan dunia digital kepada masyarakat. Kontribusi kecil ini tentunya memiliki dampak besar dikemudian hari untuk kemajuan sebuah peradaban.

ADA APA DENGAN DAERAH 3T?

Sejujurnya, selama ini saya selalu menutup mata atau ‘cuek’ dengan daerah-daerah kecil. Apalagi daerah-daerah yang tergolong 3T yaitu terdepan, terluar dan tertinggal.

Padahal, jika ditelisik lebih jauh bahwa di Sumatera Utara pun tempat saya dibesarkan masih banyak terdapat daerah tertinggal seperti Nias. Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia No.131 Tahun 2015:

“Daerah tertinggal adalah daerah kabupaten yang wilayah serta masyarakatnya kurang berkembang dibanding dengan daerah lain dalam skala nasional.”

Berdasarkan peraturan ini, masih terdapat 122 daerah tertinggal di Indonesia. Bayangkan, sudah hampir 74 tahun Indonesia merdeka namun masih banyak daerah yang tertinggal baik dari perekonomian, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, aksesibilitas serta keuangan daerah.

Melihat hal ini, maka muncul pertanyaan siapakah yang akan bertangung jawab untuk memajukan daerah 3T ini? Apakah ini hanya peran pemerintah semata? Ternyata, PR (Pekerjaan Rumah) ini tidak hanya dikerjakan pemerintah namun pihak swasta juga berkontribusi bahkan berlomba memberikan yang terbaik untuk negeri ini.

Kontribusi yang nyata dengan berbagai tenaga dan keahlian untuk memajukan daerah terdepan, terluar dan tertinggal. Pihak swasta yang tidak hanya memikirkan keuntungan semata tapi lebih kepada dedikasi kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan serta infrastruktur.

KORINDO HADIR MEMBANGUN NEGERI MELALUI PEMBANGUNAN DAERAH 3T

Hadirnya pihak swasta ikut serta membangun negeri merupakan wujud konkret dari sebuah komitmen perusahaan tersebut. Tanpa disadari, setiap perusahaan yang berada di wilayah tertentu secara tidak langsung memajukan berbagai sumber daya yang ada di sekitarnya.

KORINDO sebagai perusahaan yang mengembangkan bisnisnya di daerah tertinggal memberikan kontribusi dari segala aspek kehidupan. Hal utama yang telah dilakukan adalah pembangunan jalan, pembangunan perumahan, dan pengembangan besar dalam infrastruktur utama, yang diperlukan untuk pembangunan daerah.

Tak hanya itu, KORINDO juga berkomitmen untuk memberikan fasilitas kesehatan, pusat pendidikan serta mengembangkan ketrampilan penduduk setempat guna menciptakan peluang kerja.

Sejak 48 tahun silam, KORINDO telah berdiri di bumi Indonesia melakukan inovasi secara terus menerus untuk membuktikan kesetiaan dan kontribusi terhadap bumi pertiwi. Perusahaan yang bergerak di bidang produksi kelapa sawit, perkayuan dan wind tower ini selalu berusaha mencari cara untuk meningkatkan standar lingkungan dan tanggung jawab sosial.

Berikut 5 (lima) Pilar Kontribusi KORINDO terhadap daerah 3T:

PENDIDIKAN

Pendidikan adalah password menuju masa depan dan masa depan itu adalah hari ini.

  • Target : Anak-anak di daerah 3T
  • Tujuan : Mengembangkan Sumber Daya Manusia
  • Pencapaian : Pendanaan, Penyediaan Fasilitas Belajar dan Bus Sekolah.

KESEHATAN

Kesehatan adalah aset berharga yang terkadang tidak dikenali tuannya.

  • Target : Masyarakat di daerah 3T
  • Tujuan : Membangun gaya hidup sehat
  • Pencapaian : Layanan kesehatan gratis setiap dua pekan, klinik gratis di setiap blok perkebunan, penyuluhan keliling, ambulan, pemeriksaan, imunisasi serta obat-obatan gratis untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit.

EKONOMI

Ekonomi adalah studi bagaimana secara tepat mengelola sumber dayanya.

  • Target : Masyarakat di daerah 3T
  • Tujuan : Kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
  • Pencapaian : Bantuan bisnis yang produktif, seperti bisnis ternak unggas, ikan, sapi, perkebunan minyak kelapa sawit, karet, serta kepemilikan ruko atau kios.

LINGKUNGAN

Bumi bukan hanya untuk satu generasi, rawat dan cintai untuk generasi selanjutnya.

  • Target : Lingkungan di daerah 3T
  • Tujuan : ‘Green Tommorrow’ melestarikan lingkungan sekitar.
  • Pencapaian : Penanaman Pohon, pembersihan lingkungan secara rutin serta melibatkan masyarakat aktif dalam melakukan konservasi alam sekitar daerah.

INFRASTRUKTUR

Modal awal dari pemerataan ekonomi adalah infrastruktur yang baik di setiap daerah.

  • Target : Wilayah daerah 3T
  • Tujuan : Banyak wilayah yang sulit dijangkau oleh karena itu dukungan infrastruktur penting bagi penduduk.
  • Pencapaian : Memperbaiki jembatan dan jalanan, mendirikan fasilitas umum seperti fasilitas air bersih, listrik, sekolah, klinik, gereja, masjid, pasar, pertokoan, aula desa, rumah kepala suku, dll.

Kelima pilar di atas menjadi sebuah pengabdian KORINDO untuk menciptakan daerah terdepan, terluar dan tertinggal dapat diseimbangkan dengan kota berkembang bahkan kota yang maju. Apalagi, salah satu tantangan terberat saat ini adalah masalah infrastruktur di Indonesia.

Geografis yang kurang mendukung tentunya menjadi tantangan untuk KORINDO. Belum lagi jika berada di bagian terdepan yang berbatasan dengan negara lain. Sehingga, tak jarang KORINDO membangun daerah di perbatasan dengan berbagai infrastruktur.  

Semangat mengubah citra bahwa daerah terdepan menjadi teras depan negeri ini yang berfungsi dalam menyambut tamu. Alhasil, terciptalah bangunan investasi yang kondusif di daerah perbatasan seperti Boven, Digoel dan Merauke Papua. Oleh karena itu, KORINDO berhasil bangun perbatasan jadi terasnya Indonesia.

Hebatnya, perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit ini tahun lalu mendapat pernghargaan Padmamitra Award di unit bisnis KORINDO di Papua. Penghargaan ini ditujukan dalam keberhasilan penanganan program pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). KORINDO dinilai telah secara konsisten berkontribusi dengan dedikasi tinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan melalui implementasi berbagai program Social Contribution di bidang kesehatan.

UPAYA KORINDO MEMBERANTAS GIZI BURUK

Di daerah tertinggal, hal yang paling sering disoroti adalah masalah gizi buruk. Pemahaman akan pentingnya kesehatan pun cukup minim. Tak aneh, kalau masalah kesehatan dan gizi buruk sering terjadi.

Beberapa tahun lalu, kita mendengar Papua dilanda gizi buruk. Angka kematian Ibu melahirkan juga cukup tinggi. Oleh karena itu, KORINDO membangun sebuah klinik Asiki. Melalui klinik mobile, para tenaga medis dapat langsung menuju ke pelosok desa.

Klinik Asiki sendiri berada di Kabupaten Boven Digoel, Papua yang merupakan daerah tertinggal. Para tenaga medis yang disiapkan juga mampu melayani di wilayah yang harus dijangkau seperti sungai dan sebagainya.

Meningkatkan pelayanan kesehatan yang dilakukan di klinik Asiki adalah dengan menyediakan peralatan modern dan didukung dengan SDM yang profesional. Harapannya, hadirnya klinik ini mampu memberantas gizi buruk di daerah tertinggal seperti Boven Digoel. Tak hanya itu, diharapkan penyakit infeksi tropis yang ada di Papua seperti Malaria, HIV/AIDS dan TBC dapat diatasi.

Pelayanan kesehatan memang sering dilakukan oleh pihak swasta dan tentunya ini sangat membantu bagi masyarakat di daerah 3T. Hal ini dikarenakan akses menuju kabupaten atau kota sangat sulit. Dalam hal ini, saya melihat KORINDO menjemput bola dalam melakukan pelayanan.

Tak harus masuk ke dalam kompleks untuk mendapatkan fasilitas kesehatan, tapi masyarakat tinggal menunggu hadirnya tenaga medis yang sudah dipersiapkan. Tenaga medis yang tentunya punya ‘hati’ untuk membangun negeri ini melalui pelayanan kesehatan demi perubahan untuk Indonesia yang lebih  baik.

Pelayanan yang dilakukan KORINDO tentunya sangat berdampak di daerah terdepan, terluar dan tertinggal di Indonesia. Semoga hal ini terus berlanjut demi negeri ini yang lebih baik. Diharapkan juga inovasi-inovasi lain dalam membangun daerah 3T.

Peran serta pihak swasta ini menjadi gambaran bahwa setiap personal ataupun perusahaan dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa. Masalahnya, terkadang kita sulit untuk berbuat sederhana namun berdampak. Umumnya, hanya menuntut dan melakukan kritikan tanpa action yang jelas.

Kalau biasanya kita mendengar, “ada harga ada kualitas, maka untuk KORINDO, ada pelayanan ada penghargaan.” Sejumlah penghargaan yang diterima KORINDO menjadi motivasi tersendiri untuk saya dalam berkontribusi bagi negeri ini.

LALU KONTRIBUSI SAYA APA?

Sebagai bagian dari negeri ini, sudah sepatutnya saya mengenal daerah-daerah yang terdepan, terluar dan tertinggal. Pihak swasta seperti KORINDO sudah mendedikasikan bagian dari pelayanannya melalui 5 (lima) pilar yaitu Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Lingkungan dan Infrastruktur.

Nah, pertanyaannya peran dan kontribusi saya apa untuk daerah 3T ini? Sejujurnya secara personal belum pernah menjangkau daerah tersebut, namun melihat kecintaan KORINDO dalam menjaga lingkungan dalam melakukan penanaman pohon serta menjaga kebersihan, mungkin hal ini yang dapat dilakukan.

Dalam menjaga kelestarian lingkungan negeri ini, sebagai Ibu  Rumah Tangga (IRT) setidaknya saya mulai dari hal kecil yaitu memanfaatkan dan mengolah barang bekas menjadi barang bernilai serta menanam, memelihara pohon di area rumah. Semoga langkah sederhana ini bisa menjadi bagian kontribusi untuk negeri yang dicintai ini.

KORINDO membangun negeri dan saya dengan aksi kecil mengolah limbah plastik jadi barang bernilai, kalau kamu? Yuk, share di kolom komentar tentang pengalamanmu. Kalau ada yang pengalaman di daerah 3T lebih baik.

Categories: Blog

105 Comments

Raisa Hakim · May 10, 2019 at 6:00 am

Alhamdulillah ya sekarang makin terjamah daerah-daerah terpencil untuk dapat edukasi pembangunan bisnis dengan mengandalkan skill mereka mudah-mudahan kedepannya kemudahan lain semakin tersedia disana

    ardasitepu · May 10, 2019 at 3:17 pm

    Iya mbak, jadi pemerataan ekonomi, kesehatan dan pendidikan bisa dirasakan.

      Cicidesri · May 16, 2019 at 3:43 am

      Ah seneng banget baca artikelnya, sangat informatid. Kalo gak salah ini pernah mba share juga di instagram ya mba? Semoga program pembangunan desa seperti ini bisa berkelanjutan ya.

        ardasitepu · May 16, 2019 at 3:46 am

        Iya mbak, semoga program KORINDO semakin mengena di hati masyarakat khususnya di daerah 3T.

Keke Naima · May 10, 2019 at 2:54 pm

Langkah KORINDO ini udah bagus karena memperhatikan masyarakat sekitar di daerah 3T. Smeoga banyak perusahaan lain yang juga punya program seperti ini

    ardasitepu · May 10, 2019 at 3:15 pm

    Berharapnya KORINDO bisa jadi role mode ya mbak buat pihak swasta lainnya.

Yati Rachmat · May 10, 2019 at 4:59 pm

Mbak AS ini keren banget! No wonder langganan jd Pemenang Lomba Menulis. Pernah liat nama AS bercokol di daftar Pemenang (Jawara 1). Tulisan berbobot, tampilan postingan blognya ciamik pake banget. Bikin bunda berasa semakin blm bisa apa2 buat mempercantik blog baik tampilan maupun konten. Mbak AS you’ve given a very good efforts for this 3T typical areas. Baidewei, blm bisa berbuat apa2 utk daerah 3T, unless berbuat sesuatu utk fatherless children di wilayah bunda “belajar” mengajar bhs Inggris seadanya utk mereka. Itupun 2 or 3 tahun yl, mbak Arda. Sukak sama konten postingannya.

Indah Riadiani · May 11, 2019 at 1:09 am

Misi mulia KORINDO seharusnya diduplikasi perusahaan lain ya Mba. Kalau banyak perusahaan yang sepeduli itu membangun daerah 3T, Insya Allah makmur lah negeri kita.

    Siti hairul · May 11, 2019 at 11:12 pm

    Keadilan sejahtera harus diterapkan merata di Indonesia. Semoga dengan adanya program2 Korindo ini semua pelosok Indonesia bisa maju

    ardasitepu · May 13, 2019 at 4:32 pm

    Amin makmur dan sampai kepada daerah 3T ya mbak.

    Ida · May 17, 2019 at 11:30 pm

    Setuju nih..semoga makin banyak perusahaan yg care kyk gini…

      ardasitepu · May 19, 2019 at 2:05 pm

      Banyak dan menyenangkan bisa saling membantu mbak.

Nefertite Fatriyanti · May 11, 2019 at 2:13 am

KORINDO mealkukan kegiatan yang inspiratif dan bermanfaat buat masyarakat yang butuh pemberdayaan. Negara terbantu dengan perusahaan yang peduli terhadap masyarakat

    ardasitepu · May 13, 2019 at 4:33 pm

    Semoga melalui KORINDO banyak pihak swasta lain yang meniru serta bermanfaat untuk masyarakat luas ya mbak.

Mechta · May 11, 2019 at 6:24 am

Semoga dengan partisipasi dari banyak pihak tidak ada lagi daerah2 tertinggal dan pemerataan kesejahteraan masyarakat benar2 terwujud ya mba.. insya Allah

    ardasitepu · May 11, 2019 at 10:23 am

    Amin, peran serta swasta sangat dibutuhkan untuk membangun negeri ini.

    Bibi Titi Teliti · May 11, 2019 at 6:48 pm

    Kagum dengan kepedulian KORINDO dalam membantu pemerintah untuk pemerataan pendidikan serta gizi buruk di daerah 3T. Semoga masyarakat di daerah tertinggal bisa turut merasakan teknologi seperti internet juga yah mbak.

      ardasitepu · May 13, 2019 at 4:34 pm

      Iya mbak, saya juga salut apalagi sama klinik ASIKI nya.

    Yuni · May 11, 2019 at 11:25 pm

    Papua memang salah satu daerah tertinggal yang patut diupayakan agar menjadi daerah yang maju baik dari sisi pembangunan infrastruktur maupun memberikan pendidikan yang layak untuk anak-anaknya. Beberapa tahun tinggal disana saya merasakan keprihatinan terhadap kehidupan disana. Dan saya salut dg upaya KORINDO untuk memajukan Papua….semoga upaya ini terus berkelanjutan. Saya pun setuju dengan langkah mbak Arda untuk memanfaatkan limbah plastik menjadi barang yang bernilai jual, ini salah satu cara mengurangi pencemaran lingkungan disamping menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri.

      ardasitepu · May 13, 2019 at 4:34 pm

      Amin mbak, kita doakan selalu KORINDO memberikan inovatif pelayanan secara menyeluruh.

        Yuni · May 17, 2019 at 9:36 pm

        Iya mbak yang bisa kita lakukan adalah terus mendukung upaya KORINDO untuk mendukung daerah-daerah tertinggal secara berkelanjutan agar bisa lebih maju dan berkembang seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia

          ardasitepu · May 19, 2019 at 2:08 pm

          Mendukung dan mendoakan semakin banyak perusahaan selain KORINDO untuk berkontribusi di daerah timur.

Afifah Mazaya · May 11, 2019 at 7:26 pm

Kalau ada bus sekolah, anak-anak tersebut makin mudah ya untuk pulang dan pergi sekolah. Semoga makin semangat menuntut ilmu.

    ardasitepu · May 13, 2019 at 4:35 pm

    Iya mbak, apalagi di Papua kan daerahnya jauh-jauh jadi kalau ada bus jadi lebih mudah.

      Afifah Mazaya · May 16, 2019 at 7:32 am

      Kalau melihat semangat anak-anak yang sekolah dengan fasilitas terbatas dan jarak sekolah jauh, kadang jadi kesentil untuk nggak banyak alasan untuk rajin sekolah di kota besar.

Nia K. Haryanto · May 11, 2019 at 7:36 pm

Keren ya KORINDO ini. Mampu membangun berbagai fasilitas yang bagus di daeah 3T ini. Padahal untuk bisa mendatangkan alat dan bahan untuk itu pasti sangatlah susah. Semoga banyak pihak yang termotivasi KORINDO untuk memberi CSR mereka di daerah tertinggal seperti yang KORINDO lakukan. Dan dengan kerja sama bersama pemerintah, pembangunan di daerah 3T menjadi jauh lebih cepat.

    ardasitepu · May 13, 2019 at 4:35 pm

    Wah bener ya mbak, pasti susah tapi kalau sudah melayani semua jadi mudah dan terwujud ya.

    Nia K. Haryanto · May 18, 2019 at 12:28 am

    Aku juga jadi ngebayangin tenaga kerja yang dikirim ke sana. Keren, mereka penuh dedikasi ya mau kerja di pedalaman, padahal pasti susah dan berat. Kebanyakan orang lebih suka bekerja di kota.

      ardasitepu · May 19, 2019 at 2:03 pm

      Bener-bener berdedikasi tinggi mbak, membangun bangsa di area paling timur.

Lidya · May 11, 2019 at 8:54 pm

Kadang terjadi ketimpangan ya mbak di daerah maju dan terpencil seperti di Papua ini. Dengan adanya bantuan dari Korindo maka daerah 3T di sana makin terbantu sehingga bisa menikmati pemerataan baik di bidang kesehatan, sarana maupun pendidikan

    ardasitepu · May 13, 2019 at 4:36 pm

    Ketimpangan gini kerap terjadi mbak, peran serta KORINDO mampu memperbaiki dengan berbagai kegiatan CSR nya.

      Lidya · May 17, 2019 at 3:01 pm

      Semoga aja gak di lokasi ini ya Korindo membangun desa terpencil jadi banyak desa yang ikut maju bersama

        ardasitepu · May 19, 2019 at 2:10 pm

        Iya mbak membangun di banyak daerah lagi.

Desi Namora · May 12, 2019 at 12:59 am

Iya, smoga korindo tetap berpartisipasi dlm pembangunan negri ya Mak. Udah banyak bgt yg terbantu ya

    ardasitepu · May 13, 2019 at 4:37 pm

    Iya nih mak, semoga di sudut mana pun KORINDO bisa melakukan pelayanannya dengan baik ya mbak. Apalagi untuk daerah-daerah tertentu.

      Desi · May 17, 2019 at 5:20 am

      Iyap, pasti selalu dibutuhkan apalagi korindo membantu dlm banyak bidang. Termasuk pendidikan, ekonomi itu krusial bgt

        ardasitepu · May 17, 2019 at 8:17 am

        Sangat dibutuhkan mbak saat ini dalam pembangunan Indonesia.

Rani Yulianty · May 12, 2019 at 1:02 am

Saya pun masih belum bisa berkontribusi untuk negeri ini terutama untuk wilayah 3T makanya salut dengan lamgkah Korindo yang program-programnya ditujukan untuk eialayah 3T di negeri ini, dukung terus korindo

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:50 am

    Iya mbak, kita selalu belajar bisa berikan yang terbaik meskipun dalam hal kecil.

Donna Imelda · May 12, 2019 at 1:18 am

Tulisan di atas sesuai kenyataan banget, aku sering banget datang ke beberapa daerah 3T baik sebagai volunteer pendidikan maupun saat ikut projek pemetaan daerah perbatasan. Banyak hal miris yabg ditemukan dan sedih rasanya gak bisa berbuat banyak untuk mereka. Maka rasanya patutlah kasih jempol buat kiprah KORINDO di daerah-daerah tersebut. Memang harus banyak yg peduli dan berkontribusi

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:51 am

    Iya mbak, semoga jejak KORINDO selalu menjadi contoh buat banyak perusahaan yang memang mengusahakan daerah tertinggal ya mbak.

Ida · May 12, 2019 at 1:54 am

Wah bagus banget program KORINDO ini ya senoga makin banyak daerah tertinggal dpt terbantu..

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:51 am

    Kita berharap mbak Ida, program KORINDO selalu menyentuh banyak daerah.

lendyagasshi · May 12, 2019 at 1:58 am

Saking luasnya wilayah Indonesia, aku juga berpikir kalau wilayah 3T susah tersentuh pembangunan dari Pemerintah.
Semoga bersama Korindo, makin banyak daerah di Indonesia yang terbantu.

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:52 am

    Indonesia luas dan masih banyak yang memiliki daerah 3T, semoga ya KORINDO bisa tampil dengan baik selalu mbak memberikan yang terbaik.

      lendyagasshi · May 17, 2019 at 9:12 pm

      Apa Korindo membuka kesempatan untuk menjadi relawan daerah 3T..?
      Seperti program Indonesia Mengajar itu..
      Kan sepertinya seru yaa..

Sri Widiyastuti · May 12, 2019 at 2:09 am

Saya sudah beberapa kali baca tentang klinik asiki itu mbak, Alhamdulillah ada dokter yang mau datang ke rumah warga ya. Karena kesehatan.itu.pwnting banget terutama di daerah 3 T itu

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:53 am

    Haduh kalau bicara tentang kesehatan maka klinik ASIKI ini sangat menjadi berkat banget mbak. Bayangkan di daerah tertinggal gitu boro2 bicara soal kesehatan kadang makan saja susah banget.

April Hamsa · May 12, 2019 at 2:52 am

Memang yaaaa kalau swasta kyk korindo ini gak bergerak, pemerintah jg akan kewalahan. Bantuan dr swasta kyk gini lumayan lha meringankan beban pemerintah jg. Moga makin banyak pihak swasta lain yg mau support pemerintah membangun daerah2 yg msh tertinggal

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:53 am

    Itu doa kita mbak April, semoga banyak pihak swasta yang mengerti dan mencontoh langkah baik yang sudah dilakukan KORINDO.

Siska Dwyta · May 12, 2019 at 2:59 am

Salut banget dengan kontribus korindo terkait kepeduliannya terhadap daeeah 3T. Yah. Semoga banyak pihak yang ternispirasi dan termotivasi seperti kepedulian KORINDO ini ya Mbak.

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:54 am

    Iya mbak Siska, ini yang terpenting kontribusi anak bangsa dalam setiap pembangunan.

Ira Hamid · May 12, 2019 at 3:41 am

Salut pada KORINDO yang sangat memperhatikan kehidupan di wilayah-wilayah perbatasan dengan membangun banyak fasilitas yang bermanfaat untuk masyarakat

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:54 am

    Fasilitas yang bermanfaat mulai dari sekolah sampai fasilitas kesehatan.

Diah Woro Susanti · May 12, 2019 at 3:51 am

Korindo kereeen. Benar ya kita ga bisa mengharapkan pemerintah jalan sendiri untuk menuju indonesia yang lebih baik. tapi dengan kerjasama semua pihak tentu akan lebih ringan dan terintegrasi semuanya dengan lancar

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:55 am

    Itulah pentingnya kesadaran bersama dalam membangun bangsa ya mbak. Enggak semata hanya untuk kepentingan pribadi dan menuntut pemerintah saja.

Nyi Penengah Dewanti · May 12, 2019 at 4:36 am

Bismillah semoga kontribus Korindo untuk negeri ini memberikan inspirasi buat yang lainnya ya Mba Arda
Aku mendukung ini, semoga terwujud yang dicita-citakan kasihan yang terkena daerah 3T emamng

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:55 am

    Kita selalu bersyukur tidak tinggal di daerah tertinggal, maka sedari dini melakukan apa yang sederhana untuk negeri ini mbak Nyi.

Indah Nuria · May 12, 2019 at 4:11 pm

This kind of contribution is indeed well what the country needs and I sincerely hope that those areas which are in need will be helped properly

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:57 am

    Hopelly more private companies are taking action like this mbak.

emanuella aka nyonyamalas · May 12, 2019 at 4:22 pm

Semoga makin banyak perusahaan-perusahaan yang care dengan daerah 3T ini ya Kak…. Aku pun salut banget sama Kakak, lihat hasil karya tanganmu dari barang bekas, cantik cantik bangeeeetttt….

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:58 am

    Haha itu cuma berusaha mengumpulkan sampah plastik aja mbak, biar bumi ini semakin asri terkhusus bumi Indonesia.

Helena Magdalena · May 14, 2019 at 3:58 am

pembangunan daerah 3 T ini memang musti banyak dilakukan oleh berbagai pihak. Pemerintah maunya membuka banyak kesempatan kepada perusahaan swasta (karna pasti uangnya lbh banyak untuk CSR) dan pastinya bisa amat sangat membantu masyarakat yang tinggal disana

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:58 am

    Pihak swasta yang memang memberi diri melalui program CSR nya ya le.

Okti Li · May 16, 2019 at 3:41 am

Kondisinya seperti itu memang. Jangankan di daerah 3T beneran, lah di daerah saya saja ini, Cianjur bagian selatan (terluar juga kali ya karena berbatasan langsung dengan Australia, hehehe) masih banyak yang tertinggal. Tidak heran kalau di Jawa Barat, Cianjur ini jadi kabupaten terbelakang…

    ardasitepu · May 16, 2019 at 3:47 am

    Iya mbak, memang butuh usaha keras untuk memberikan yang terbaik untuk di berbagai daerah apalagi di daerah 3T ini.

Firmansyah · May 16, 2019 at 5:12 am

Rasanya pasti berat menjalani hidup di daerah 3T dengan keterbatasan yang dimiliki. Saya yang tinggal bertetangga dengan Ibu Kota Negara memang harus lebih banyak bersyukur. Semoga dengan banyaknya perusahaan swasta yang peduli dengan daerah 3T seperti KORINDO akan mempercepat perkembangan daerah 3T ya, Mbak. Aaamiin.

Susie Ncuss · May 16, 2019 at 8:33 am

Respect banget sama perusahaan seperti KORINDO yang menjalankan program utk masyarakat nggak pake nanggung. Semoga ditiru sama perusahaan lain. Aamiin

    ardasitepu · May 16, 2019 at 2:06 pm

    Iya, semoga banyak yang menjadikan ini sebagai pemacu untuk berkontribusi bagi negara.

    Rahmah · May 18, 2019 at 12:46 am

    Iya ya Mbak.
    Semoga makin banyak perusahaan seperti ini
    Nggak hanya bergerak mencari keuntungan tetapi menebar manfaat lebih banyak.

      ardasitepu · May 19, 2019 at 2:02 pm

      Tidak hanya mencari keuntungan tetapi lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

cicifera · May 16, 2019 at 9:36 am

Ih ini blog nya keren banget, jadi ga boring baca artikelnya..
Mbak arda dengan langkah kecilnya mengolah limbah sampah plastik jadi kerajinan tangan itu bagiku udah keren banget <3 aku belum berkontribusi banyak mbak xD
aku baru sebatas mengurangi penggunaan plastik dan mengurangi konsumsi minuman/ makanan sachet (reduce), memilah sampah daur ulang dan organik, memakai kembali botol bekas (reuse), belum sampe ke recycle 😀 Btw, semoga makin banyak perusahaa swasta yang membangun daerah 3T dan daerah terpencil lainnya yaa.. Aamiin

    ardasitepu · May 16, 2019 at 2:05 pm

    Amin mbak cici, semoga semakin banyak yang bisa berkontribusi bagi negara ini ya.

Hidayah Sulistyowati · May 16, 2019 at 3:40 pm

Kelima pilar Korindo untuk membantu daerah terluar, terdepan, dan tertinggal ini bikin aku kagum, salut, nyampur deh, juga bangga. Andai banyak perusahaan yang memiliki komitmen CSR yang sama, Indonesia bakal lebih merata pembangunannya ya Arda

    ardasitepu · May 16, 2019 at 4:14 pm

    Iya mbak kelima pilar benar-benar diaplikasikan ke seluruh masyarakat 3T dan berdampak luar biasa untuk pengembangannya.

Marasolehah · May 17, 2019 at 12:23 am

CSR nya KORINDO keren nih bisa dan mau mebantu daerah 3R, semoga bnyak perusahaan swasta seperti KORINDO Ini ya. Dan smoga Pemerintah smakin memeratakan kesejahteraan rakyatnya.

Rosanna Simanjuntak · May 17, 2019 at 1:39 am

Jadi ingat pengalaman saat ikut Kelas Inspirasi di SD Balikpapan.
Beberapa siswa bahkan belum tahu apa itu blogger, padahal mereka tinggal yang bisa dikatakan kota besar, Balikpapan.
Jadi, bisa membayangkan deh beberapa masyarakat Papua, yang belum pernah melihat gadget/laptop.

Setuju, mba, untuk membuat perubahan, bisa dimulai dari diri sendiri, langkah kecil.
Meski kecil kalau dieksekusi berjamaah, tentu berdampak besar.

    ardasitepu · May 17, 2019 at 8:32 am

    Iya mbak, kebayang banget deh tinggal di daerah 3T ini.

lianny hendrawati · May 17, 2019 at 2:39 am

Salut dengan pelayanan yang dilakukan oleh KORINDO di daerah 3T ini, semoga banyak perusahaan lain yg tergerak juga seperti ini.
Btw bagus sekali itu limbah plastik didaur ulang bisa menjadi produk2 yang bagus seperti tas dll ya.

    ardasitepu · May 17, 2019 at 8:32 am

    Limbah plastiknya udah sering aku olah mbak, tapi belakangan ini udah jarang.

Ika Puspita · May 17, 2019 at 3:52 am

Jadi, Korindo ini berperan sangat besar untuk masyarakat daerah teringgal ya. Apalagi dengan lima pilar yang sudah dilakukan membuat masyarakat jadi sangat terbantu. Keren nih Korindo. Semoga semangatnya bisa dicontoh institusi lain dan kita semua ya mbak

    ardasitepu · May 17, 2019 at 8:32 am

    Semangatnya bisa ditiru dan bermanfaat bagi banyak orang ya mbak.

Mutia Nurul Rahmah · May 17, 2019 at 5:57 am

Semoga program korindo ini bisa terus dilakukan berkelanjutan ya. Keren soalnya

Jiah · May 17, 2019 at 7:08 am

Aku lho Mbak ada kepikiran buat ke daerah 3 T, bantu apa gitu biar bermanfaat. Tapi terus mikir, kalau belum bisa daerah luar, daerah sendiri kudu dibantu dulu. Kaya bikin bank sampah juga. Saudaraku udah ada tuh yg manfaatin sampah plastik jd barang yg berguna

    ardasitepu · May 17, 2019 at 8:16 am

    Iya mbak Jiah, semoga bisa ya tercapai ke daerah 3T ini. Kalau untuk kegiatan memang sekarang masih merintis bank plastik buat dikreasikan lebih lanjut.

Ira · May 17, 2019 at 9:15 am

Daerah 3T memang wajib banget diperhatikan yaa, Mba. Sayangnya dulu kayaknya daerah 3T ini seperti terlupakan, syukurlah sekarang baik pemerintah maupun pihak swasta seperti KORINDO ini mulai gencar melakukan pembangunan di sana 🙂

Indah Nuria · May 17, 2019 at 9:55 am

Pemerintah memang tidak bisa bergerak sendiri mba.. harus dibantu segenap elemen masyarakat termasuk kaum bisnis. Semoga daerah 3T kita makin maju yaa

ZILQIAH · May 17, 2019 at 5:12 pm

keren banget ulasannya ini mbak
lengkap degan videonya juga
benar ya kalao mau bikin perubahan memang harus bersama2
semoga daerah 3T di Indonesia bisa mendapatkan kelayakan dari berbagai bidang ya

    ardasitepu · May 19, 2019 at 2:10 pm

    Semoga ya mbak semakin banyak yang mau terbeban untuk daerah 3T ini.

Tuty Queen · May 17, 2019 at 9:26 pm

Salut deh dengan pikar-pilarnya Korindo, secara tidak langsung membantu kinerja pemerintah juga ya mbak apalagi dalam hal bangun infrastruktur. Eh betul nggak? Hehe correct me if im wrong.

    ardasitepu · May 19, 2019 at 2:09 pm

    Bener mbak apalagi di bidang insfrastruktur menjadikan teras bukan dapur di daerah 3T ini.

Anne Adzkia · May 17, 2019 at 11:09 pm

Saya selalu amazed kalo mampir blognya mba Arda. Selain tulisannya yg bagus, enak dibaca dan informatif, tampilannya juga keren. Kapan2 share ilmunya ya mbak. Terkait daerah 3T, di Indonesia mmg masih banyak daerah tertinggal yang membutuhkan bantuan dari kita. Semoga makin menjamur perusahaan2 macam Korindo yang peduli masyarakat ya.

    ardasitepu · May 19, 2019 at 2:05 pm

    Makasih mbak e, semoga kita semakin berkembang dalam ilmu. Terkhusus memberikan yang terbaik untuk bangsa ini.

Yoanna Fayza · May 18, 2019 at 12:27 am

Korindo ini program-programnya bagus banget, selalu memperhatikan kemjauan wilayah-wilayah terpencil, semoga makin banyak perusahaan yang mengikuti jejak Korindo

    ardasitepu · May 19, 2019 at 2:04 pm

    Kemajuan di daerah terpencil, tertinggal dan terdepan mbak.

Kurnia amelia · May 18, 2019 at 12:51 am

Liat ini jadi makin bersyukur kalau di wilayahku fasilitas kesehatan sudah lengkap dan dekat, semoga saudara kita di pelosok sana juga merasakan hal yang sama ya. Makanya yuk semua lapisan masyarakat gotong royong membangun negeri.

    ardasitepu · May 19, 2019 at 2:02 pm

    Bener mbak, mari beri yang terbaik setidak nya berkontribusi dengan apa yang kita miliki baik bakat atau talenta.

Elly Nurul · May 18, 2019 at 1:44 am

Ngga harus menunggu instruksi pemerintah, pihak swasta seperti KORINDO yang jemput bola seperti ini patut mendapat apresiasi lho.. ngga mudah untuk berada di lingkungan 3T, apalagi menyediakan fasilitas kesehatan yang cukup lengkap dengan tenaga medis yang profesional, beneran jadi solusi permasalahan banga ini, masyarakat yang tinggal di lingkungan 3T juga membutuhkan pelayanan yang sama dengan yang tinggal di perkotaan

    ardasitepu · May 19, 2019 at 2:01 pm

    Iya mbak, bisa jemput bola sendiri ke masyarakat dan tidak harus ada instruksi pemerintah baru bertindak.

Uniek Kaswarganti · May 18, 2019 at 1:48 am

Korindo ini salah satu perusahaan swasta yang konsisten memberikan kontribusi bagi perkembangan daerah 3T. Salut dengan keseriusan mereka menggarap sektor kesehatan dan pendidikan.

    ardasitepu · May 19, 2019 at 2:01 pm

    Semoga makin banyak yang bisa mengikuti keseriusan KORINDO ya mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!