Tak terasa tahun ini sudah memasuki bulan Maret serta bulan depan seluruh umat Muslim di Indonesia akan memasuki bulan Ramadhan. Selama kurang lebih sebulan akan menjalani puasa serta meningkatkan ketakwaan terhadap Sang Pencipta.

Selepas itu, umat Islam akan memasuki momen Lebaran yang dinanti dan merayakan hari kemenangan bersama keluarga baik di rumah maupun pulang ke kampung halaman. Tradisi pulang kampung atau mudik merupakan kegiatan yang tidak terlepaskan setiap tahun.

Tradisi mudik selalu menyenangkan dan dinanti terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tentunya, setiap tahun orang yang mudik akan meningkat. Apalagi saat ini transportasi sudah cukup mudah dijangkau dan jalan tol sudah banyak dibuka. Sehingga mempercepat untuk mencapai tujuan ke kampung halaman.

Banyak cerita atau pengalaman menyenangkan saat mudik dan saat berada di kampung halaman. Sehingga mudik selalu menyenangkan apalagi bertemu dengan keluarga atau sahabat di kampung.

Tak hanya itu, sebagai orang yang cukup lama tinggal di perkotaan maka akan selalu rindu dengan suasana alam yang ada di pedesaan. Selain rindu dengan alam, kuliner yang khas juga selalu terngiang saat menjelang lebaran.

Malam sebelum lebaran di desa atau kampung akan terasa lebih terjalin kebersamaan baik dengan keluarga maupun tetangga dan saudara. Terlebih, mungkin sudah setahun tidak bertemu maka ada rasa kangen yang terealisasi menjelang lebaran.

Umumnya, beribadah di kampung terasa lebih menyenangkan dibanding di perantauan. Sehingga setiap tahun banyak orang atau keluarga yang berbondong-bondong untuk pulang kampung. Oleh karena itu, berikut 5 (lima) tips mudik yang menyenangkan bersama keluarga:

1. Pilih Transportasi

Hal utama yang harus dipilih sebelum persiapan mudik adalah transportasi. Transportasi apakah kendaraan pribadi atau umum. Pasalnya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai contoh ingin membawa kendaraan pribadi maka mobil harus diperiksa secara seksama, mulai dari mesin, ban, lampu dan sebagainya. Tak hanya itu, mungkin supir atau pengendara harus memiliki stamina yang baik khususnya untuk perjalanan yang cukup jauh.

Keuntungannya adalah waktu perjalanan dapat diatur. Selama perjalanan dapat berhenti di berbagai tempat. Untuk keluarga yang membawa anak kecil akan terasa lebih nyaman dibanding dengan transportasi umum. Ketika sudah menimbang kelebihan dan kekurangan maka setiap keluarga dapat memutuskan transportasi terbaik yang digunakan untuk mudik.

2. Menetapkan Biaya/Pengeluaran

Sumber: Istockphoto

Sebagai seorang ibu yang mengatur berbagai keperluan dan kebutuhan saat mudik, maka sudah mulai menyusun anggaran. Mulai menetapkan atau mendaftarkan berbagai biaya yang akan dikeluarkan selama perjalanan atau saat berada di kampung halaman dan sampai kepada kembali ke rumah.

3. Persiapkan Barang Bawaan

Sumber : Istockphoto

Persiapkan barang bawaan yang memang dibutuhkan. Terkadang barang bawaan menjadi sebuah ‘momok’ jika tidak membawa hal-hal yang dibutuhkan selama perjalanan. Barang bawaan yang sangat banyak kadang tidak membuat nyaman selama perjalanan. Oleh karena itu, harus pintar memilih hal-hal yang dianggap penting seperti pakaian secukupnya, oleh-oleh dan sebagainya.

4. Persiapan Obat-Obatan

Sumber : Istockphoto

Selain pakaian maka satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah obat-obatan. Apalagi jika terdapat anggota keluarga yang membutuhkan jenis obat tertentu. Di samping itu, obat-obat umum seperti untuk sakit kepala, mual di perjalanan, obat gangguan pencernaan dan sebagainya.

5. Membawa Uang Tunai

Sumber : Istockphoto

Membawa uang tunai yang cukup selama perjalanan adalah memberikan sebuah ketenangan. Pasalnya, lebih nyaman dan tidak harus repot mencari ATM selama di  perjalanan. Namun, lebih berhati-hari saat membawa uang tunai. Di samping itu, terdapat kebutuhan mendadak yang membutuhkan uang tunai seperti mengisi bensin, biaya makan dan sebagainya.

Demikian 5 (lima) hal yang selalu dipersiapkan menjelang mudik lebaran ke kampung halaman. Selanjutnya hal yang dipikirkan sebelum mudik adalah mencari tempat menginap selama perjalanan atau menginap saat berada di kampung halaman.

Jauh-jauh hari sudah melakukan penyewaan tempat menginap. Sebagai contoh kampung halaman kami merupakan daerah wisata seperti Berastagi. Umumnya, menjelang hari Lebaran maka hampir semua hotel penuh tak hanya itu, saat peak season harganya juga melonjak lebih tinggi.

Sehingga sebelum perjalanan mudik biasanya memesan hotel melalui aplikasi Traveloka. Aplikasi yang tidak hanya menyediakan tiket perjalanan, hiburan, tempat makan juga hotel yang direkomendasikan saat ingin menginap. Asiknya, kita dapat mencari hotel yang berada dekat dengan kampung halaman serta daftar harga.

Memilih menginap di hotel saat berada di kampung halaman juga memberikan keuntungan tersendiri. Jika keluarga pada mudik maka terkadang rumah orang tua tidak muat untuk menampung semua anggota keluarga.

Saat membawa anak-anak maka sedikit tidak nyaman jika harus tidur bersempit-sempitan. Tak hanya itu, kita juga tidak membebani saudara atau keluarga saat repot mengurus tempat tidur. Hal ini menjadi nyaman, saat acara sudah beres dan waktu tidur tinggal kembali ke hotel. Di samping itu, barang-barang atau perlengkapan mudik juga dapat disusun di hotel tanpa membebani ruangan di rumah keluarga atau saudara.

Namun, bagi sebagian orang menilai bahwa menginap di hotel akan menghabiskan dana yang cukup besar. Hal ini menjadi indah dan mudah saat memesan hotel di Traveloka apalagi saat promo ramadhan.

Senang banget setiap kali memesan hotel di Traveloka apalagi untuk waktu-waktu tertentu akan mendapat promo atau diskon. Di lain hal, berikut 5 (lima) keuntungan saat memilih layanan pencarian hotel terbaik saat mudik ke kampung halaman melalui Traveloka:

  1. Tarif Murah

Promo Lebaran dan Ramadhan yang disajikan oleh Traveloka akan mendapatkan potongan harga atau diskon yang besar bahkan mendapatkan harga termurah.

  1. Cara Pemesanan Praktis

Pemesanan yang sangat mudah, cukup klik pemesanan di aplikasi Traveloka maka berbagai kamar hotel yang nyaman dapat diraih. Traveloka akan menyajikan berbagai hotel yang ada di sekitar kampung halaman.

  1. Aman

Traveloka merupakan sebuah unicorn di Asia Tenggara yang sudah diakui. Tak hanya itu, perusahaan ini juga sudah lama berkiprah di bidang pemesanan tiket dan hotel sehingga sudah diakui dan dapat dipercaya.

  1. Pembayaran Fleksibel

Selain mudah dalam pemesanan maka pembayaran juga cukup mudah. Berbagai macam cara pembayaran diberikan melalui Traveloka seperti e-bangking, transfer ATM, pembayaran melalui minimarket, kartu kredit sampai pada Pay Later yaitu cicilan dalam membayar tagihan pemesanan hotel.

  1. Harga Hemat

Harga yang disajikan cukup hemat, murah dan tentunya harga jujur yang terdapat di aplikasi Traveloka. Tidak perlu takut ada harga yang tersembunyi.

Melihat keuntungan yang diperoleh saat memesan hotel di Traveloka maka hal ini menjadi andalan saya dan keluarga untuk memesan hotel jauh sebelum mudik ke kampung halaman. Apalagi saat liburan panjang maka secepat mungkin memesan kamar hotel agar dapat hotel terbaik dengan harga. Berkat Traveloka, setiap kali mudik akan terasa indah terkhusus promo ramadhan yang diberikan. Nginep Mana Lagi di Berastagi karena Bisa Jadi Cerita indah saat mudik nanti. Nah, kalau kamu udah persiapan menjelang mudik belum? Share di kolom komentar ya…

Categories: Blog

19 Comments

Monica Anggen · March 20, 2020 at 10:46 am

Aku kalau bepergian ke mana pun pakainya ya Traveloka dan sisanya bawa uang tunai secukupnya saja. Soalnya pakai satu aplikasi bisa memenuhi banyak kebutuhan itu jauh lebih nyaman, Kak, dan apa lagi bisa pakai pay Laternya. Pokoknya begitu tiba ditujuan langsung tuh Pay Laternya dibayar, tanpa pakai menunda lagi.

Mechta · March 20, 2020 at 11:19 am

Betul mba..mudik lebaran memang harus dipersiapkan sejak dini ya. Dengan Traveloka jadi semakin mudah dan nyaman..

    Dwina · March 21, 2020 at 6:07 am

    Saya juga kalau bwpergian pesan hotelnya via traveloka. Lebih praktis, pembayarannya mudah…dan suka.promo jadi lebih hemat.

NurulRahma · March 20, 2020 at 1:27 pm

Mbaaaa…. pengen nangis baca artikel ini, soale BNPB kan menetapkan kondisi gawat darurrat sampe kalo ga kliru akhir Mei yaaa.. Duh, Ramadan dan Lebaran terancam sepiii nih.
Semoga badai corona segera berlalu. Aku akan ingatkan sodara2ku buat mudik ke Surabaya, pakai Traveloka ofkorrss karena OTA ini kesayangan kami semua

Yasinta Astuti · March 20, 2020 at 2:29 pm

Traveloka sih aplikasi yang wajib ada di hape ya mbak, mau musim mudik atau engga hehe. Aku setuju banget nih bahasan budget ada di nomor dua setelah pemilihan transportasi, tahun ini insyaallah aku mudik nih mbak dan udah ngitung budget dari sekarang termasuk budget buat jalan dan jajan, biar hemat bisa pake Traveloka juga kan ya

Riawani elyta · March 20, 2020 at 3:28 pm

Tahun ini kayanya gak mudik dulu. Selain karena corona juga nyiapin cuti buat nguliahin anak. Semoga lebaran nanti corona sudah berlalu…yang rencana mudik bisa tetep mudik

iidYanie · March 20, 2020 at 4:46 pm

Semudah itu booking tiket hotel dari Travelok ya, jadi pengen juga booking tiket hotel pas lebaran nanti, merasakan staycation di Medan dengan keluarga kecil 🙂

    Nefertite Fatriyanti · March 21, 2020 at 4:08 am

    Aku kayanya tahun ini mudiknya nunggu Corona berlalu, biar saling jaga saja.
    Ntar deh ke webnya Traveloka, cari promo terbaru.

Diiiah · March 21, 2020 at 6:26 am

Bawa uang tunai itu wajib. Sama uang kecil untuk parkir, ke kamar kecil dan lain-lain.

Mana tahu di jalan atau di tujuan ga bisa cashless ya kan

Rizka Edmanda · March 21, 2020 at 11:50 am

Kece nih traveloka udah ada promo ramadhan aja. Jadi ga sabar pengen mudik hihi

YSalma · March 21, 2020 at 2:04 pm

Aplikasi Traveloka memang membantu banget ya untuk semua kegiatan traveling, termasuk untuk antisipasi perjalanan mudik. Salah satu aplikasi yg harus selalu ada di ponsel.

Nchie HAnie · March 21, 2020 at 5:05 pm

Akupun sama andalannya TRaveloka kalo pesen tiket, hotel dll.
Nah semoga rencana mudik lebarannya terwujud, dan segera membaik keadaaan sekarang yaaa, biar bisa berkumpul dengan sanak saudara yaa.

Lusi · March 21, 2020 at 11:21 pm

Duh udah lemes aja baca wacana larangan mudik dari wapres. Semoga nggak kejadian. Nggak kebayang gimana patah hatinya ortu kalau kami nggak pulang karena jumlah kami cuma dikit, kalau ngak ada kami sepi.

Zia · March 22, 2020 at 12:27 am

Semoga bisa mudik tahun ini dan jauh-jauh virus Corona. Makasih tipsnya ya mba. Catatan nih, kebiasaan cashless suka ga bawa uang tunai, pas butuh jadi ribet sendiri. Hehehehe

Lidya · March 22, 2020 at 1:29 am

KArena udah sering cashless aku kadang lpa bawa uang cash padahal masih dibutuhkan ya kalau pergi-pergian mudik. Gak berasa bentar lagi udah mau mudik lebaran lagi aja ya

Kurnia amelia · March 22, 2020 at 2:34 am

Pesan apapun di Traveloka semua ada ya dan baru tau nih ada promo Ramadhan pasti jauh lebih murah dari biasanya.

lendyagasshi · March 22, 2020 at 4:49 am

Senang sekali liburan mudik…kami beberapa tahun terakhir kalau mudik pakai kendaraan pribadi.
Banyak yang dilihat, diceritakan kembali dan tentu bikin happy karena nginep di banyak kota yang kami lewati dengan Traveloka.
Praktis bookingnya dan on budget.

Ida · March 22, 2020 at 4:58 am

Aku.mah ga bs mudik mba..karena sampai.skrg tinggalnya di kampung halaman hehe..

Mporatne · March 22, 2020 at 6:51 am

Sehat penting selama perjalanan lebaran di kampung, jangan memaksa diri untuk menyetir. lebih baik naik transportasi umum. Pesan pakai traveloka aja dari jauh jauh hari biar kedapetan tiket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!