Di samping berperan mengatur segala kebutuhan rumah tangga, seorang istri juga memiliki pekerjaan penting yaitu mengatur keuangan keluarga. Setiap bulan, terdapat pemasukan dan pengeluaran yang diatur secara bijak dan baik agar keuangan keluarga tetap stabil bahkan mampu berinvestasi.

Jika seorang istri tidak berhati-hati dalam menyusun laporan keuangan rumah tangga maka hal terburuk dapat terjadi seperti tidak mampu menabung (saving) bahkan defisit. Oleh karena itu, sebagai istri saya selalu turut campur terhadap pengeluaran yang dikeluarkan.

Apalagi pengeluaran rutin yang dikeluarkan dengan nominal yang cukup besar. Sebagai contoh perawatan aset seperti rumah, mobil, motor dan sebagainya. Jika tidak dirawat dengan baik maka aset yang dimiliki akan menjadi beban karena dana yang dikeluarkan untuk memperbaikinya akan cukup besar.

Salah satu perawatan yang dilakukan adalah dengan konsisten memperhatikan kebutuhan perawatan aset. Sebagai contoh yaitu mobil yang harus dirawat dengan baik setiap waktu atau di jadwal tertentu.

Dewasa ini, mobil bukan lagi sebuah barang yang cukup mewah. Karena mobil sudah menjadi sebuah kebutuhan terhadap keluarga. Apalagi dalam rangka memenuhi kebutuhan transportasi seluruh anggota keluarga. Seperti transportasi bekerja, mengantar anak ke sekolah, berbelanja, kunjungan dan sebagainya.

Pemakaian mobil setiap hari tentunya memaksa mesin mobil ‘bekerja’ sehingga dibutuhkan perawatan yang maksimal. Hal ini bertujuan agar mesin tetap awet, mobil jauh dari masalah apalagi di saat penting. Karena saat ini mobil menjadi patner dalam mengantarkan seluruh anggota keluarga.

Meskipun umumnya wanita dianggap sebagai ‘user’ atau kurang memperhatikan perawatan mobil namun tidak pada saya. Hal ini dikarenakan kembali kaitannya pada biaya atau pengeluaran yang membengkak jika mobil bermasalah.  

Berikut 6 (enam) langkah yang dilakukan dalam merawat mobil:

  1. Bahan Bakar Tepat

Pemilik kendaraan bermotor sebaiknya mengetahui jenis bahan bakar yang tepat. Seperti mobil yang saya pakai memakai bahan bakar Pertalite atau RON 90 dari Pertamina. Bahan bakar yang tepat akan membuat mesin lebih awet dengan kata lain bahan bakar tidak meninggalkan sisa pada mesin yang dapat merusak mesin.

  1. Memilih Oli Mobil

Pemilihan oli mobil yang tepat mampu membuat mesin awet. Ketika mesin awet maka performa mobil akan semakin baik. Pilihan terbaik saya jatuh kepada Fastron sebagai oli mobil terbaik yang memenuhi kebutuhan mesin mobil setiap hari. 

  1. Memperhatikan Air Radiator

Air radiator sebaiknya diperhatikan dengan seksama dan secara berkala. Air radiator memiliki fungsi yang baik untuk mendinginkan mesin, apalagi saat perjalanan jauh dan memiliki medan yang sulit. Ketika air radiator tetap ada maka mesin juga tidak panas dan suhunya stabil.

  1. Memeriksa Aki Mobil

Hal yang sering terlupa adalah memeriksa aki mobil. Terdapa 2 (dua) jenis aki yang dipakai yaitu aki basah dan aki kering. Nah, jika menggunakan aki basah  lebih konsisten untuk memperhatikan air aki pada level yang normal.

  1. Memanaskan Mobil

Kegiatan memanaskan mobil setiap pagi adalah baik. Hal ini bertujuan membuat mesin lebih awet.

  1. Kelengkapan Mobil

Sering memperhatikan kelengkapan mobil, seperti memeriksa ban, timing belt, busi, lampu, mencuci mobil agar jauh dari korosi dan sebagainya. Selain baik untuk kesehatan mobil, kelengkapan mobil juga memberikan keselamatan saat berkendara.

Demikian 6 (enam) kegiatan yang dilakukan dalam rangka merawat mobil. Alhasil, sejauh ini mobil jarang bermasalah dan tentunya lebih menghemat ongkos perbaikan. Apalagi semenjak memilih Fastron Oli Pertamina, maka kualitas mesin lebih baik.

 

Dari dulu saya sangat percaya setiap brand yang dikeluarkan oleh Pertamina. Di samping ada rasa bangga memakai produk-produk dalam negeri, ternyata kualitas yang diberikan juga mumpuni.

Oleh karena itu, untuk menjaga mesin mobil lebih awet maka saya memilih Fastron Techno SAE10W-40 yang merupakan pelumas mesin mobil dengan kualitas premium serta diformulasikan dari bahan dasar sintetik dan aditif pilihan. Oli ini ditujukan untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan kendaraan yang merekomendasikan pelumas kendaraan dengan kadar SAPS  (Solfated Ash, Posphorus and Sulphur) yang rendah.

Fastron Oli Pertamina tidak hanya dikenal di Indonesia akan tetapi sudah terkenal secara Internasional. Kualitasnya yang mumpuni mampu membawa oli ini meroket di kalangan otomotif. Kabar baiknya, oli Fastron mengandung Nano Guard yang mampu melindungi bagian tersempit dari bagian mesin mobil. Sehingga mesin tetap awet dan tahan lama.

Berdasarkan pengalaman menggunakan oli Fastron adalah tarikan mobil lebih enteng dan mesin sangat awet. Oli ini benar-benar mampu diandalkan, berikut 6 (enam) keunggulan Oli Fastron:

  1. Oli Fastron mampu mengurangi keausan dan menjaga mesin tetap bersih dalam menjaga kehandalan mesin.
  2. Fastron dirancang dengan teknologi sintetik base oil untuk masa pakai yang lebih lama.
  3. Formulasi yang digunakan dalam Fastron adalah aditif pilihan.
  4. Sangat mendukung penghematan bahan bakar dan teknologi gas buang.
  5. Gesekan sangat rendah sehingga meredam suara kasar dari mesin dan mengoptimalkan kemampuan mesin dalam bekerja.
  6. Tingkat penguapan rendah jadi hemat dalam penggunaan pelumas.

Semenjak memiliki mobil, saya sudah menggunakan oli Fastron sebagai sahabat mesin mobil. Apalagi teknologi Nano Guard yang menjadi andalan Fastron mampu menjangkau celah kecil sehingga mampu membersihkan dan mendinginkan mesin dengan sempurna.

Dalam hal pemakaian mobil, oli Fastron membantu putaran mesin tetap stabil serta konsisten dalam kondisi maupun cuaca. Kerennya, Fastron SAE10W-40 ini merupakan karya Pertamina Lubricants dengan teknologi yang tinggi. Sehingga menjadi pilihan yang tepat saat menggunakan Fastron sebagai oli kendaraan.

Pengalaman bersama oli Fastron membuat saya merekomendasikan pelumas ini kepada siapapun yang ingin mencari oli mobil terbaik. Nah, untuk Fastron terdiri dari 10 jenis sehingga kamu tinggal pilih mana yang sesuai:

1. Fastron EcoGreen Series OW-20

Oli ini sudah memenuhi tingkatan mutu API SN/GF-5, dengan Nano Guard Technology dan lebih unggul untuk LGCG. Keunggulan utama adalah memberikan kinerja tahan lama dalam segala kondisi baik. 

2. Fastron EcoGreen Series 5W-30

Performa sudah memenuhi tingkatan mutu API SN/GF-5. Keunggulan oli ini sangat mumpuni dalam efisiensi bahan bakar. Sama halnya dengan Fastron EcoGreen Series sebelumnya, oli ini juga memberikan perlindungan secara maksimum. 

3. Fastron Gold SAE OW-20

Jenis Fastron selanjutnya adalah Fastron Gold yang memiliki formula sangat seimbang dan memenuhi spesifikasi ketat OEM Jepang yang mensyaratkan perlindungan mesin yang handal. 

4. Fastron Gold SAE 5W-30

Oli Fastron Gold SAE 5W-30 ini sudah memenuhi spesifikasi ketat OEM seperti Mercedes Benz, BMW, VW dan Porsche. Hebatnya lagi, oli ini memiliki tingkatan mutu Internasional API SN/CF, ACEA A3/B4-08 dan A5/B5-08, MB-Approval 229.5, BMW Long Life 04 & GM Dexos 2. 

5. Fastron Gold SAE 5W-40

Seri Fastron Gold yang terakhir memiliki juga sudah memiliki spesifikasi yang ketat OEM juga. Tingkatan mutu Internasional API SN/CF, ACEA A3/B4-08 dan A5/B5-08, MB Approval 229.5, BMW Long Life 01 (Approved), VW 501 01/502 00/505 00, Porsche, Opel GM LL B 025, Renault RN0700 dan RN 0710. 

6. Fastron Platinum Racing 10W-60

Fastron Platinum Racing ini diformulasikan untuk mobil dengan kecepatan tinggi atau di arena balap. Oli memiliki kekentalan ganda dan memenuhi tingkat API SN serta mengoptimalkan kerja mesin.

7. Fastron Platinum SAE 0W-40

Oli Fastron Platinum berikutnya merupakan oli terbaik di kelasnya. Sama dengan oli sebelumnya sudah mendapatkan spesifikasi ketat OEM dan sudah bekerjasama dengan Lamborghini dan Squada Corse.

8. Fastron Techno SAE 10W-30

Oli Fastron Techno ini merupakan oli yang memberikan perlindungan maksimal dengan based oil synthetic. Sudah disesuaikan dengan tingkatan mutu API SN/GF-5 Chrysler.

9. Fastron Techno SAE 10W-40

Oli Fastron Techno yang kedua ini juga memiliki keunggulan yang sama terutama menjaga kinerja mesin. Terbuat dari aditif pilihan serta mengoptimalkan kemampuan mesin dari gesekan.

10. Fastron Techno SAE 15W-50

Oli Fastron Techno yang terakhir adalah SAE 15W-50 merukan salah satu oli terbaik dari Pertamina Lubricants sangat tahan terhadap panas dan oksidasi, menjaga mesin awet serta penguapan lebih rendah.

Berbagai jenis Fastron dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kendaraan. Fastron Techno SAE 10W-40 menjadi pilihan yang tepat untuk mobil kesayangan saya. Selama ini, oli Fastron cukup membantu saya dalam mengatur keuangan karena hemat serta membuat mobil tetap terawat, awet sehingga ongkos perbaikan sangat minim.

Di samping itu, berikut 7 (tujuh) alasan saya memilih Fastron Oli Pertamina:

1. Fastron Karya Anak Bangsa

Fastron merupakan pelumas atau oli asli produk Indonesia. Fastron merupakan karya anak bangsa yang mendunia. Oleh karena itu, alasan utama saya menggunakan Fastron dikarenakan bangga menggunakan produk dalam negeri. Tak hanya itu, dalam mendukung kemajuan bangsa maka sudah sebaiknya sebagai masyarakat membeli dan menggunakan produk yang berkualitas seperti Fastron.

2. Fastron Mengandung Nano Guard

Fastron mengandung Nano Guard yang mampu melindungi mesin di celah terkecil dan tersempit. Nano Guard lebih kecil dari molekul, oleh karena itu saat digunakan mesin selalu terasa baru serta mengehemat bahan bakar.  

3. Formulasi Fastron Terbaik

Kerennya, oli Fastron diformulasikan dari bahan aditif pilihan sehingga pelumas terbaik ini memberikan dampak yang baik untuk mesin mobil maupun lingkungan.

4. Harga Hemat

Harga oli mobil dibanderol cukup hemat dan pas dikantong. Apalagi fungsi oli Fastron yang menjaga mesin tetap awet maka harga yang ditawarkan sangat pas. Untuk 1 liter oli Fastron di banderol Rp65.000 – Rp80.000 tergantung daerah atau tempat pembelian. Biasanya saya beli di Oli Mart Pertamina. Setiap penggantian oli maka dibutuhkan 3,5 liter oli Fastron.

5. Diproduksi Perusahaan Mumpuni

Dari awal sudah jatuh cinta dengan produk ini dikarenakan diproduksi oleh perusahaan mumpuni di bidangnya yaitu PT Pertamina Lubricants. Perusahaan yang bergerak di bidang produksi pelumas terbaik. Bahkan perusahaan ini pernah mendapatkan dua penghargaan yang bergengsi yaitu Corporate Image Awards sebagai Most Admires Companies di tahun 2016. Tak aneh, jika perusahaan ini selalu menghadirkan oli terbaik dan dikenal di kalangan Internasional.

6. Fastron Mudah Didapatkan

Salah satu hal yang menyenangkan dari oli Fastron ini adalah sangat mudah di dapatkan. Mulai dari Pertamina, Oli Mart Pertamina, Bengkel Umum, Toko Offline sampai kepada Online. Karena produk ini ada di mana-mana maka tidak takut untuk kehabisan oli dan menggunakannya senantiasa.

7. Keunggulan Tiada Batas

Keunggulan yang diberikan oli Fastron ini sangat banyak seperti menjaga mesin tetap bersih, mesin dingin dalam setiap kondisi, mampu menghemat bahan bakar, membuat gesekan yang rendah, meredam suara kasar dan mengoptimalkan kemampuan mesin dalam bekerja.

Ketujuh alasan di atas menjadi motivasi saya untuk terus menggunakan oli terbaik dari Pertamina. Hal ini dikarenakan oli Fastron membuat kantong para Ibu Rumah Tangga lebih hemat, mesin mobil terjaga dan awet sepanjang waktu. Nah, udah coba oli kekinian dari Pertamina belum? Share di kolom komentar ya…


116 Comments

Thurneysen · March 13, 2020 at 7:28 pm

Wah, dengan tulisan ini, jadi paham keunggulan dan jenis-jenis dari Oli Fastron Pertamina. Terimakasih untuk informasinya Bu. Tulisannya keren dan bermanfaat.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:44 pm

    Terima kasih Pak, semoga artikelnya bermanfaat.

Riawani elyta · March 14, 2020 at 12:25 pm

Dengan fastron, mobil jadi awet ya. Trims juga tips2nya merawat mobil. Saya baru sebatas user. Paling manasin mobil doank hihi

    Dian Farida Ismyama · March 16, 2020 at 7:39 am

    Wah aku baru tahu ada 10 jenis fastron oil. Mencerahkan mba artikelnya. Lengkap penjelasan nya. Memang oil ini penting banget buat keawetan mobil

      Nurhilmiyah · March 18, 2020 at 1:13 am

      Mobil kami pun pake Oli Fastron ini juga Kak. Mobilnya pun keknya senanglah kl udah “minum” oli ini hehe… Mesin jd sehat dan oke diajak jalan ke mana pun

        ardasitepu · March 19, 2020 at 1:46 pm

        Hehe iya mbak Nur senang banget kalau mobil pakai oli terbaik.

      ardasitepu · March 19, 2020 at 1:45 pm

      Iya mbak Dian untuk Fastron ini ada 10 jenis dan sesuai kebutuhan mobil.

    Aluna dan kemzio · March 17, 2020 at 5:49 pm

    Wah lengkap banget ya keunggulan Fastron oli mesin dan jenis-jenis oli jadi aku tahu banget makasih Kak infonya berguna banget nih

      ardasitepu · March 19, 2020 at 1:46 pm

      Iya mbak Aluna banyak keunggulan yang diberikan oleh Fastron Oli Pertamina ini.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:45 pm

    Iya semakin awet buat mobil.

thya · March 14, 2020 at 2:28 pm

asik ya mba kalo pakai oli yang tepat dan memiliki mutu tinggi seperti fastron ini. kinerja mesinnya jadi lebih efisien, jadinya lebih hemat pengeluaran deh. mamak mana yg gak seneng kalo hemat begitu ya kan..

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:48 pm

    Oli dengan mutu tinggi dan memang buat kinerja mobil makin keren mbak.

Lina W. Sasmita · March 14, 2020 at 3:19 pm

Buat perempuan ternyata harus juga mengetahui sedikit banyaknya dunia perolian ya Mbak. Supaya kalau terjadi apa-apa di jalan bisa segera mengatasi dan mencari solusi.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:48 pm

    Iya mbak saya memang sudah belajar buat ngurusin mobil juga.

Chela · March 14, 2020 at 4:00 pm

Sepertinya olo ini juga dipakai bapak untuk merawat mobil yang ada di rumah mba.. sepengalaman aku nih yang sering alfa urusan ganti oli,efeknya ke daya tahan mesin jadi berkurang. Makanya sekarang ga mau telat ganti oli lagi mbaaa

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:49 pm

    Iya mbak kalau telat ganti oli membuat mobil sering sakit mbak efeknya menguras keuangan juga.

NurulRahma · March 14, 2020 at 10:09 pm

Teknologi Nano Guard ini bikin Fastron jadi oli kesayangan kita seua ya.
Mobil jadi makin awet! Asyik dah, hemat budget kalo mobil awet.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:50 pm

    Iya mbak Nano Guard ini bagus banget buat mobil semakin awet.

Gina Nelwan · March 14, 2020 at 11:02 pm

Ini bener dan saya masih pake untuk mobil saya. Oli fastron merk Pertamina, qualitasnya bagus dan terpenting harganya murah dibanding dengan oli yg lain

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:54 pm

    Kualitasnya bagus dan harga terjangkau mbak,

Grandys · March 15, 2020 at 1:18 am

kemarin juga ngobrol sama suami sih mba ini soal ganti oli mobil untuk pake fastron oli pertamina ini karena secara harga memang lebih terjangkau ya. Kalo aku malah belum bisa berkendara nih, lagi mau kursus tp kok masih nyaman pake driver daring alias grabcar atau gocar hihi

    ginanelwan · March 17, 2020 at 6:18 am

    ganti aja mbak, soalnya emang keunggulan fastron yaitu lebih murah dan emang baik untuk mesin kendaraan, lebih kenceng ngegasnya hehe

      ardasitepu · March 19, 2020 at 1:56 pm

      Iya mbak Gina kalau aku rekomendasikan banget oli Fastron ini dari punya mobil sampai sekarang pakai oli ini.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:55 pm

    Iya mbak dan memang oli ini baik untuk mobil dan mesin semakin awet.

Okti Li · March 15, 2020 at 2:04 am

Menggunakan produk asli memang lebih disarankan ya. Selain mutu kualitas terjamin, bikin kendaraan kita juga lebih terasa awet, mulus dan gak rewel.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:57 pm

    Produk asli bisa didapat di oli mart atau Pertamina langsung ya mbak.

Lia Yuliani · March 15, 2020 at 4:16 am

Jadi ternyata fastron itu oli karya anak bangsa, ya, Mbak? Bagus juga, ya, bener banget emang kalau bisa pilih oli yang tepat bikin pengeluaran terkendali, terutama urusan mobil

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:57 pm

    Fastron ini merupakan asli produk dalam negeri kak.

Tuty Queen · March 15, 2020 at 5:00 am

lengkap mbak penjelasannya… suamiku juga selalu pakai Fastron ini buat kendaraan katanya biar mesin awet hehe

    Tuty Queen · March 17, 2020 at 12:08 pm

    kalau mesin awet pastinya hemat budget untuk perawatan kendaraan kita ya kak

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:58 pm

    Iya mbak memang mesin semakin awet karena zat dan fungsi Nano Guard tersebut.

Irena Faisal · March 15, 2020 at 3:45 pm

Semenjak dikasih mobil sendiri sama suamiku, aku kudu pinter urusinnya termasuk urusan oli aku coba tanya montirku aah tentang oli fastron ini

    ardasitepu · March 19, 2020 at 1:59 pm

    Iya mbak aku juga selalu belajar untuk pintar urus mobil sendiri terkhusus dalam memilih oli terbaik.

Dewi Sulistiawaty · March 15, 2020 at 8:42 pm

Fastron mah emang bagus ya, dari dulu orangtua saya udah pake ini juga. Ternyata Mba juga punya banyak alasan ya buat pake Fastron juga 🙂

    Yanti · March 15, 2020 at 11:15 pm

    Wah jadi banyak tau keunggulan paai oli Fastron aku msti ganti oli monil biar mesin mobil jadi sehat dan cespleng saat dipakai

    Ida · March 16, 2020 at 4:20 am

    Iya rajin memelihara kendaraan kita apalagi dengan yg terbaik itu membiat kendaraan kita lebih awet ya..

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:00 pm

    Iya mbak, memang brand Pertamina ini banyak yang suka apalagi untuk mesin awet sudah jadi pilihan yang tepat.

Indah Nuria · March 15, 2020 at 10:56 pm

Memang yang paking utama adalah menjaga agar mesin tetap awet selalu ya mba

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:00 pm

    Menjaga mesin awet agar mobilnya bisa sehat terus ya mbak.

Citra · March 16, 2020 at 1:36 am

Fastron hasil karya anak bangsa dan kualitasnya luar biasa keren banget ya. Gak kalah dengan produk luar, plus hemat

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:01 pm

    Iya bener mbak produk kita enggak kalah hebat dengan produk luar negeri.

Helena · March 16, 2020 at 2:32 am

Whoaaa Salut banget dengan kaum perempuan yang paham mesin kendaraan. Aku cuma bisa pake. Kalau ke bengkel terima beres aja. Heheh

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:02 pm

    Hehe iya nih mbak berusaha selalu untuk mengerti kondisi kendaraan soalnya terkait uang keluar juga hehe

Siskahasibuan · March 16, 2020 at 3:15 am

Gagalfokus# fotonya Dan lay out nya keren Kali kak
Btw oli ini emang oke kok.. kami pakai juga hehe

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:04 pm

    Makasih kk, masih terus belajar. Wah sama dong olinya.

Eka Mustika Sari · March 16, 2020 at 5:09 am

Kalau aku masih tim manasin mobil aja Mbak tapi yang paling sering lupa itu adalah ngisi air radiator kalau soal oli produk Pertamina selalu bisa kita andalkan ya

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:08 pm

    Iya nih kalau air radiator aku juga beberapa kali lupa isi mbak.

Uniek Kaswarganti · March 16, 2020 at 5:20 am

Untuk mobil memang harus pilih oli yang bagus ya, agar kondisi mesin selalu terjaga. Siap untuk digunakan kemana-mana sewaktu-waktu.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:08 pm

    Iya mbak bener banget kalau olinya bagus mobilnya juga pasti sehat.

Zia · March 16, 2020 at 5:34 am

Akhirnya nemu tulisan yang lengkap banget seputar oli Fastron. Pokoknya pilih oli kendaraan aku cari yang terbaik, biar mesin awet dan mulus ya mba. Aku juga suka dikasih rekomendasi sama mekanik di bengkel langgananku.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:13 pm

    Iya mbak, oli ini memang sudah standar internasional jadi bisa saya rekomendasikan.

lendyagasshi · March 16, 2020 at 6:12 am

Perempuan juga wajib tau tentang otomotif yaa, kak…
Aku juga sering bawa si Siti ke bengkel buat ganti oli sama cek beberapa hal yang mesti diganti.
Perawatan lebih baik daripada membahayakan keselamatan pengendara.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:14 pm

    Iya mbak perawatan yang baik bisa membuat kendaraan juga nyaman.

lita chan lai · March 16, 2020 at 6:48 am

Saya minim banget pemahaman tentang oli dan otomotif, walaupun adik2 dan ipar2 selalu bahas mesin mobil mereka, tidak pernah mau ikut nimbrung dg pembahasannya.

kak Arda tulis disini lengkap sekali. jadi nambah wawasan untuk tahu seluk beluk
oli dan mesin otomotif. thanks…

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:18 pm

    Makasih mbak e, iya nih saya juga belajar banyak dari suami soal otomotif.

Ida Raihan · March 16, 2020 at 6:49 am

Kompliit dan jelas reviewnya Mbak. Oli fastron pertamina emang patut dijadikan pilihan ya

    artha · March 17, 2020 at 6:24 pm

    kalau saya kasih saran ke mama. beliau yg punya mobil dan bawa sendiri sih. mama kan sering kunjungi kami di luar kpta, biar enak juga kalau mobil jd enteng kan

      ardasitepu · March 19, 2020 at 2:19 pm

      Iya mbak, mobil jadi enteng dan sehat, apalagi perjalanan jauh.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:18 pm

    Iya mbak dan pilihan untuk mesin awet banget.

Dyah ummu AuRa · March 17, 2020 at 3:19 am

Sepertinya aku harus nyaranin paksu buata pake fastron untuk oli mobil kami nih. Makasih infonya kk, lengkap banget.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:19 pm

    Iya mbak Dyah yuks segera ganti oli ke Fastron.

Meilia Wuryantati · March 17, 2020 at 3:55 am

Wah tipsnya ngebantu banget nih. Oli Fastron emang pilihan tepat dan cocok yah. Belum punya mobil sih aku hehehe.. tapi rekomen banget ini buat nanti

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:21 pm

    Iya mbak rekomendasi banget nih buat mobil.

Keke Naima · March 17, 2020 at 5:40 am

Saya gak paham tentang otomotif. Tetapi, setidaknya harus tau kapan ganti oli. Selalu berusaha tepat waktu dan pilih oli yang bagus juga supaya kendaraan gak cepat rusak

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:22 pm

    Iya mbak kalau olinya tepat seperti Fastron maka kendaraan juga awet mbak.

steffifauziah · March 17, 2020 at 9:14 am

emang oli fastron selalu di hati banget yaa, mobil di rumah juga pakai ini, kata bapak bikin mesin lebih bandel dan tarikannya enak. wah emang oli sejuta umat banget ini mah.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:23 pm

    Iya mbak mesin jadi bandel bener juga oli sejuta umat hehe

Farida Pane · March 17, 2020 at 11:06 am

Emang penting banget nih, merawat kesehatan mobil. Salah satunya dengan memilih oli yang tepat

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:25 pm

    Oli yang tepat buat uang pengeluaran juga irit mbak hehe

Annafi · March 17, 2020 at 12:00 pm

Cek air radiator dan aki udah biasa dilakukan kalau mau pergi jauh, kita juga saling mengingatkan kapan harus ganti oli

    ardasitepu · March 17, 2020 at 6:24 pm

    Iya mbak kalau perjalanan jauh harus rajin cek air radiator.

    Bety Kristianto · March 18, 2020 at 2:18 pm

    Wuaaah aku salut padamu loh Mom. Di tengah segala kerempongan ngurus keluarga masih sempet aja perhatiin mobil. Dan iya bener sih kendaraan yang terawat itu menguntungkan. Makanya aku setuju investasi ke oli terbaik untuk menjaga mobil tetep awet. Fastron emang oke banget ya..

      ardasitepu · March 19, 2020 at 2:42 pm

      Iya mom aku belajar terus nih untuk urusan mobil. Semangat 🙂

Gioveny · March 17, 2020 at 10:27 pm

Urusan oli mesin memang tak boleh kaleng-kaleng ya kak. Sebisa mungkin perempuan juga mampu merawat kendaraan tak hanya naik aja hehehe

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:41 pm

    Iya bener kali kak Fastron kan bukan kaleng2 haha

lusi · March 18, 2020 at 12:06 am

fastron oil itu juaraa bangett yaa mom selain ramah lingkungan juga banyak variantnya ya

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:41 pm

    Iya juara di hati saya karena irit pengeluaran banget mbak.

Fenni Bungsu · March 18, 2020 at 5:39 am

Mesin motor itu memang harus terjaga karena terkait juga kan dengan keselamatan si pengendaranya. Makanya butuh oli seperti ini yang menjaganya

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:31 pm

    Iya mbak kalau motor saya biasa pakai Enduro dari Pertamina juga.

      Fenni Bungsu · March 20, 2020 at 9:41 am

      Pilihan yang tepat ya Kak Arda, karena Enduro dari Pertamina sudah jelas produknya itu asli, sehingga terjamin kualitasnya untuk mesin kendaraan tetap awet

Irpan · March 18, 2020 at 6:17 am

Salah fokus sama cara penyajiannya. Asyik banget membacanya, dinamis warna-warni gak monoton, saya belajar banyak tentang “penyajian”. Terima kasih mbak.

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:29 pm

    Terima kasih Mas Irpan. Sukses selalu.

Grandys Mawarni · March 18, 2020 at 9:05 am

kehadiran akan oli fastron ini bisa jadi opsi baru buatku dan suami pas ganti oli mobil nih mba Arda, terima kasih banyak untuk ulasannya yg sangat lengkap, apalagi persoalan ganti oli juga terkait dengan anggaran pengeluaran bulanan yaa

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:29 pm

    Sama2 mbak, kalau aku memang suka dengan dunia otomotif jadi senang kalau ulas gini mbak e.

Natra rahmani salim · March 18, 2020 at 11:50 am

Waah ternyt penting juga untuk aware ya kak sebagai ibu rumah tangga tentang pernak pernik mobil. Aku kira hanya beberapa macam ternyta banyak jug jenis oli fastron ini ya

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:29 pm

    Iya mbak semakin kita care maka uang pengeluaran semakin irit hehe

Nunung Yuni Anggraeni · March 18, 2020 at 11:53 pm

Salah satu cara bangga dengan produk dalam negeri ya dengan memakai oli Fastron ya Mbak. Setuju banget kalau kita harus rutin ganti oli buat mobil kita biar tetep oke. Apalagi yang dipakai kerja tiap hari kayak pak misua. 70 km pp setiap hari. Jadi harus rajin ganti oli

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:28 pm

    Iya mbak rajin ganti oli dengan Fastron dan rasakan manfaatnya pada mobil.

Rani Yulianty · March 18, 2020 at 11:53 pm

Untuk perawatan mobil, biasanya dahi agak berkerung saat waktunya service mobil, tapi memang kalau mau mesin awer mesti rajin service ya dan pilih oli yang tepat

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:27 pm

    Iya mbak kalau sudah ke bengkel pasti bicara uang keluar maka dari itu rajin merawat dengan oli terbaik agar mobil tetap maksimal.

Li Partic · March 19, 2020 at 4:55 am

Banyak bener ya jenisnya. Jadi tinggal sesuai dengan kebutuhan aja. Makasih infonya mbak

    ardasitepu · March 19, 2020 at 2:26 pm

    Jenisnya sesuai kebutuhan kalau saya pakai yang Fastron Techno mbak.

Irra · March 20, 2020 at 5:18 pm

Ternyata ini ya alasan banyak yang pakai oil fastron. Emang oil fastron ini mudah banget didapatkan di mana-mana.

    ardasitepu · March 24, 2020 at 8:29 am

    Iya kak semua rata2 pakai Fastron untuk mobil keren.

Kartika indah · March 21, 2020 at 4:39 am

Kalau di rumah hampir ga pernah pakai oli pertamina, ga tau kenapa..padahal kualitasnya bagus banget ya..kita service mobil padahal di tempat yang resmi

    ardasitepu · March 24, 2020 at 8:29 am

    Iya mbak dicoba deh oli yang kece ini.

Diayu Refina · March 21, 2020 at 8:10 am

Wah jujur aku emang the real user kak, ga paham soal kendaraan. Tapi setelah baca ini jadi nambah pengetahuan soal kendaraan

    ardasitepu · March 24, 2020 at 8:30 am

    Makasih mbak e, saya juga belajar terus.

nufazee · March 21, 2020 at 11:47 am

Baru tahu aku lah kak Fastron ini karya anak bangsa, wah bangga akutuh, digambar awal aku salfok dengan daster kaka haha

    ardasitepu · March 24, 2020 at 8:30 am

    Iya kak ini brand Indonesia asli lho.

Gadis Kecil · March 21, 2020 at 2:07 pm

Ini ulasan terlengkap dan asik dibaca sih. Banyak hal baru yang bisa di dapatkan seputar oli.

Meilia Wuryantati · March 21, 2020 at 3:24 pm

Seneng nya kalau ketemu yang cocok yah kak. Aman ga khawatir lagi buat perawatan mobil apalagi ga menguras kantong. Bagus banget… thanks kak.. rekomen ini 🙂

    ardasitepu · March 24, 2020 at 8:31 am

    Sama2 semoga bisa pakai Fastron untuk mobil nya mbak.

Icha Marina Elliza · March 22, 2020 at 12:23 am

Ya kak Arda, selain Fastron yang juara mestinya pengendara juga memperhatikan bahan bakar yang tepat. Aku tuh suka miris kalo liat mobil keluaran terbaru masih antri mau minum premium. Gak ngerti dehhh

    ardasitepu · March 24, 2020 at 8:31 am

    Iya mbak, saya pakai Pertalite dan memang yang pas dengan kondisi mobil.

Sani · March 22, 2020 at 3:05 pm

Aku pake motor metic, jd harus rajin service. Kl dah baca dengan penjelasan lengkap gini rmang pake fastron lah hehe

    ardasitepu · March 24, 2020 at 8:32 am

    Iya pakai Fastron memang membuat mesin makin awet kk.

Mporatne · March 22, 2020 at 9:13 pm

Papa mpo suka memperhatikan segala kebutuhan mobil. Kalau tipe mpo cuma enak aja, wong jadi penumpang. Papa mpo rajin catat segalanya, air radiator, oli, bensin dll.

Kalau telat bikin mahal biaya masuk bengkel

    ardasitepu · March 24, 2020 at 8:32 am

    Iya mpok tapi kudu belajar terus hehe

Devi · March 23, 2020 at 8:56 am

Baru tau nih kalo oli fastron banyak macamnya. Memang kalo udah mobil harus diperhatikan perawatannya. Jangan sampe ada yang rusak baru kita heboh ya kak.

    ardasitepu · March 24, 2020 at 8:32 am

    Banyak jenisnya mbak dan memang disesuaikan dengan kebutuhan mobil.

    Sofyanto · March 24, 2020 at 9:29 am

    Cintailah produk dalam negeri. Tulisan paket komplit. Terima kasih

zahra · March 23, 2020 at 10:00 am

jujur aku buta banget kak soal per-oli-an ini haha
baca tulisan kak arda yang lengkap dan detail setidaknya membuka wawasanku soal ini. kalo perusahaan pertamina sih memang nggak usah ditanya lagi ya soal kulitas mah two thumbs up lah ya

    ardasitepu · March 24, 2020 at 8:33 am

    Makasih mbak e. Saya juga belajar terus hehe.

Riska Ngilan · March 25, 2020 at 11:45 am

Kalau mau sepeda motor sama mobil mesinnya awet ya harus rajin ganti oli ya, Mba. Sepeda motor saya tahun nggak muda tapi mesinnya masih terawat sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!