Masa kecil merupakan waktu yang menyenangkan bagi anak. Apalagi di masa pertumbuhan dan perkembangannya. Di masa ini, anak juga bebas bermain baik di dalam maupun luar ruangan. Namun, hal ini menjadi berbeda jika si kecil terserang penyakit.

Selain mengganggu perkembangan kecerdasannya, si kecil juga merasakan ketidaknyamanan. Penyakit dapat menyerang bagian dalam maupun luar tubuh. Seperti kejadian akhir-akhir ini, si sulung mengalami gatal dan kemerahan pada tangannya. 

Semula saya tidak merasa kuatir karena merasa digigit serangga atau infeksi karena terjatuh. Ternyata lama-kelamaan tangannya seperti bersisik, ruam dan kemerahan. Tentunya hal ini menjadi kekuatiran tersendiri bagi saya, pasalnya tidak pernah terjadi sebelumnya.

Menurut informasi dokter bahwa gejala kulit memerah yang dialami si kakak dikarenakan alergi terhadap makanan tertentu sehingga muncul kemerahan dan terasa gatal, umumnya disebut sebagai dermatitis atopik. Selanjutnya, rasa gatal dan digaruk menjadi radang khususnya di bagian tangan.

Umumnya, gejala dermatitis atopik terjadi pada anak-anak dan tidak tertutup kemungkinan orang dewasa. Dermatitis Atopik merupakan sejenis eksim yang terjadi dikarenakan peradangan pada kulit. Ciri-ciri dermatitis atopik ini adalah kulit merah, kering, terasa gatal, sakit, pecah-pecah dan terkadang mengeluarkan cairan atau darah.

Jika tidak segera diatasi maka akan menimbulkan dampak yang buruk apalagi jika dialami oleh anak-anak. Seperti pengalaman si sulung yang terkena dermatitis atopik maka bagian kulit terasa gatal, perih dan jika digaruk terus maka akan menimbulkan infeksi.

Setelah ditelusuri ternyata, dermatitis atopik yang dialami si kecil merupakan hasil dari riwayat keluarga yang pernah mengalami hal ini. Tak jauh dari si kecil, saya pun terkena ruam dan gatal di sekitar kaki. Lama-kelamaan kaki memerah dan membengkak. Ternyata saya tidak tahan terhadap bahan atau jenis material sendal tertentu. Sehingga terjadi alergi pada sekitar kaki.

Oleh karena itu, berdasarkan rekomendasi dokter untuk segera dilakukan pencegahan atau mengulangi terjadinya gejala tersebut. Berikut 5 (lima) pencegahan yang dilakukan agar terhindar dari dermatitis atopik:

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bukan Pemicu Alergi

Bagi anak yang mendapat riwayat alergi dari orang tua maka makanan sehat dan tepat merupakan  cara pencegahan awal. Selama ini si kecil mengkonsumsi udang tidak bermasalah, ternyata belakangan kuantitas yang dikonsumsi sangat banyak sehingga memicu alergi seperti gatal dan merah pada bagian tubuh tertentu. 

2. Menggunakan Bahan atau Material Yang Tepat

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa untuk bahan atau material tertentu sangat sensitif pada kulit saya, alhasil pemilihan jenis pakaian, sendal dan sepatu merupakan hal yang baik. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi gatal atau ruam pada tubuh khususnya kaki.

3. Membersihkan Pakain dan Perlengkapan Tidur

Selain rajin menyuci pakaian dengan bersih maka deterjen yang digunakan juga sebaiknya mendukung. Pasalnya, beberapa kali ada komposisi deterjen yang tidak sesuai dengan kulit sehingga memicu dermatitis. Tak hanya pakaian, tempat tidur sebaiknya sesering mungkin dibersihkan agar tidak menimbulkan penyakit kulit lainnya.

4. Mengawasi Kegiatan Anak Terlebih Outdoor

Kegiatan outdoor yang dilakukan anak mampu melatih kecerdasannya. Namun, jika aktivitas yang dilakukan terlalu ekstrim atau lingkungan yang tidak mendukung maka akan menimbulkan gatal-gatal yang jika digaruk secara berlebihan akan membuat gejala atau penyakit kulit yang baru.

5. Membersihkan Rumah Secara Rutin

Sebaiknya membersihkan rumah secara rutin agar kesehatan keluarga dapat terjaga khususnya kulit yaitu bagian terluar dari tubuh.

Di samping pencegahan, terdapat pengobatan yang dilakukan untuk mengembalikan kulit sehat si kecil. Sejauh ini saya hanya percaya pada Atopiclair dari rekomendasi terpercaya untuk memulihkan dermatitis Atopik. 

LEBIH DEKAT DENGAN ATOPICLAIR

Atopiclair terdiri dari jenis yaitu Atopiclair Cream dan Atopiclair Lotion. Atopiclair berfungsi memperbaiki kulit yang bekerja dengan cara melapisi jaringan yang terluka, melembabkan dan mengurangi sensitifitas jaringan yang meradang serta membantu mengurangi rasa terbakar, gatal dan nyeri dengan cara melindungi kulit dari iritasi berlanjut.

KEMASAN

Atopiclair sendiri terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu cream dan lotion. Atopiclair Cream dikemas dalam bentuk tube dengan netto 40 ml. Tutup berbentuk bulat dan diputar saat ingin dibuka. Atopiclair Lotion dikemas dalam bentuk botol plastik dengan netto 120ml. Kedua bentuk ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan saat penggunaan.

KOMPOSISI

Atopiclair tidak mengandung bahan susu atau bahan lain yang berasal dari hewan. Komposisi yang digunakan adalah Aqua, Ethylhexyl palmitate, Butyrospermum parkii butter, Pentylene glycol, Acachidyl alcohol dan sebagainya. Bahan ini diformulasikan agar mampu mengatasi dermatitis atopik.

TEKSTUR & ATURAN PAKAI

Tekstur Atopiclair Cream berbentuk cream atau salep pada umumnya berwarna peach. Saat dioleskan ke kulit terasa lembut dan kental. Atopiclair Lotion berbentuk cairan lotion yang lembut. Untuk aturan pemakaian 3x sehari dan dioles secara tipis pada permukaan kulit yang diinginkan sambil dipijat lembut agar Atopiclair dapat meresap.

HARGA & KETERSEDIAAN

Untuk Atopiclair Cream dengan 40 ml dibanderol dengan harga Rp165.000 – Rp180.000. Atopiclair Lotion 120 ml dibanderol dengan harga Rp250.000 – Rp280.000. Kedua produk ini di dapatkan di Apotik, Toko Obat, serta toko online. Sebelum membeli perhatikan kemasan apakah masih bagus, tertutup rapat dan tidak rusak. 

PRODUSEN

Produk ini diproduksi oleh Alliance Pharma S.r.l Milano, Italy dan diimpor di Indonesia oleh PT Transfarma Medica Indah, Jakarta – Indonesia. Atopiclair sudah mendapatkan ijin dari KEMENKES RI AKL : 216037181126. Oleh karena itu, nyaman dan aman menggunakan produk yang sudah diuji melalui KEMENKES.

KHASIAT

Khasiat atau hasil setelah menggunakan produk ini yaitu untuk kulit anak semula bersisik, kulit kemerahan, gatal dan kering mulai lembut dan sembuh. Pemakaian dilakukan selama 4 hari berturut-turut dengan dosis yang sudah ditetapkan.

Tak hanya si kecil, kaki saya yang semula memerah, gatal dan bersisik juga sudah tidak gatal, merah dan bersisik lagi. Pemakaian yang konsisten serta sesuai dengan aturan pakai maka akan menghasilkan khasiat yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit atau yang sering dihadapi yaitu dermatitis atopik.

5 ALASAN MENGGUNAKAN ATOPICLAIR UNTUK PEMULIHAN KULIT

Pertama kali mengenal Atopiclair maka saya memutuskan untuk selalu membuat persediaan di rumah dengan tujuan jika dermatitis atopik kembali hadir tinggal mengoleskan cream atau lotionnya. Di samping itu, lotion juga aman dipakai sehari-hari untuk melembabkan kulit.

Berikut 5 (lima) alasan utama Atopiclair menjadi pilihan saya:

  1. Terbukti Ampuh Mengurangi Gatal & Kulit Kering

Pemakaian yang teratur membuat dermatitis atopik yang dialami si kecil dan saya menjadi sembuh. Kulit kembali normal, lembab dan juga mengatasi kulit kering dan bersisik.

  1. Menghidrasi Kulit

Menghidrasi kulit sama pentingnya menghidrasi tubuh. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan menjauhkan dari berbagai penyakit kulit. Di samping itu, kulit akan lebih kenyal dan lembut. Atopiclair mampu menghidrasi kulit secara maksimal dan memberikan efek positif untuk kulit sehat.

  1. Memelihara Kesehatan Fungsi Barrier Kulit

Memelihara kesehatan barrier kulit adalah penting karena mampu melindungi kulit dari berbagai macam faktor yang mampu merusak kulit. Atopiclair mampu melapisi jaringan dan mengurangi sensifitas jaringan yang meradang sehingga Barrier Kulit tetap terjaga.

  1. Tanpa Bahan Pewangi

Atopiclair merupakan produk yang tidak mengandung bahan pewangi atau parfum. Tentunya produk tanpa parfum sangat menjaga kesehatan kulit apalagi pemakaian dalam waktu yang panjang.

  1. Hypoallergenic

Hypoallergenic merupakan meminimalisasi munculnya alergi. Sehingga atopiclair sangat cocok untuk semua jenis kulit seperti kulit bayi, anak dan dewasa.

Pengalaman mengalami dermatitis atopik pada si kecil dan saya pribadi membuat saya lebih peka terhadap kondisi kulit yang dialami. Untuk mengatasinya saya menggunakan Atopiclair khususnya yang cream karena lebih nyaman digunakan untuk Jinakkan Monster Gatal. Nah, kalau kamu pernah mengalami hal serupa tidak? Share di kolom komentar ya…


58 Comments

NurulRahma · March 22, 2020 at 10:40 am

Wahh, untung ada Atipiclair ini ya Mbaaa
Aman buat anak2 dan bisa hempaskan Dermatitis Atopik

Lusi · March 22, 2020 at 11:07 pm

Buat alergi udara dingin bisa nggak tu? Kalau dingin kulit suka kering bersisik gatal.

Mugniar · March 23, 2020 at 1:53 am

Dermatitis atopik butuh cara khusus menanganinya ya. Atopiclair ini membantu banget mengatasinya ya. Noted, siapa tahu ada yang butuh.

Zia · March 23, 2020 at 2:23 am

Atopiclair ampuh ya atasi gatal-gatal. Banyak banget yang punya Dermatitis atopik. Ternyata urusan salep juga cocok-cocokan ya, syukurlah mba Atopiclair cocok, hasilnya bagus, dari bruntus jadi alus lagi.

    Citra · March 24, 2020 at 7:11 am

    Boleh dicoba ini aku paling sensitif kulit, apalagi kalau sudah digigit nyamuk atau serangga bisa membekas di kulit….

Keke Naima · March 23, 2020 at 5:51 am

Saya termasuk yang alergi dan kenanya ke kulit. Kalau udah kena gak nyaman banget. Apalagi kalau area kulit yang kena meluas. Jadi memang harus punya stok obat buat menyembuhkan

herva yulyanti · March 23, 2020 at 6:21 am

Anak-anakku dapat warisan yang ga enak karena DA dariku mba, beberapa waktu lalu juga ujug2 ajah pipi kering kasian gatal dan perih eh aku juga kabuh lagi DAnya karena kena deterjen wes olesin atopiclair cream sembuh deh

    herva yulyanti · March 26, 2020 at 4:27 am

    alhamdulilah setealh pake Atopiclair crema udah sembuh makanya sekarang sedia terus nih di rumah semoga DA kalau kambuh bisa segera teratasi

Icha Marina Elliza · March 23, 2020 at 6:24 am

Atopiclair ini cocok buat bayi dan anak ya kak Arda. Nanti dicoba dipakai ke Zia ah.. soalnya lututnya ada semacam alergi atopik juga..

Yeni Sovia · March 23, 2020 at 6:50 am

Anak aku Erysha kayaknya tipe dermatitis ini deh kulitnya. Soalnya pernah waktu kami baru pindah dari Bandung yang dingin ke Tangerang Selatan yang panassssss banget. Sampai bikin dia mgalamin biang keringat parah dan sampai terkelupas-kelupas di badan dan kepala. Sampai harus di botakin. Akhirnya ke dokter deh. Tapi sekarang ada atopiclair ya buat memulihkan kondisi kulit. Aku baru tahu nih

Dizaz · March 23, 2020 at 7:13 am

Dermatitis atopik ini perlu stok salap yang cocok selalu tersedia ya kak.
Dengan adanya Atopiclair jadi sangat membantu sekali, tibum gejala bisa langsung dioleskan ya.

Reyne Raea · March 23, 2020 at 8:59 am

Pengen nyobain Atopiclair ini deh Mba, anak-anak saya keduanya selalu alergi lulitnya, merah-merah.
Kalau saya mah, pas kena sinar matahari, dijamin tangannya mengerika timbul bintik merah dan gatal minta ampun 🙂

Aya · March 23, 2020 at 10:02 am

Aku juga punya dermatitis atopik kak. Trus aku juga udah coba nih Atopiclair yang cream. Lumayan cocok di aku dan anakku. Lebih cepet kering dan gatalnya berkurang loh

    Icha Marina Elliza · March 29, 2020 at 3:33 am

    Aman kan ya Mba buat ibu hamil dan menyusui? Bayi di usia berapa yang udah boleh dipake kak?

Mechta · March 23, 2020 at 11:59 am

Wah trims infonya mba.. akhir2 ini kaki sering gatal2 kering semacam eksim bgtu.. mau cb Atopiclair juga ah. BTW, gemes lihat foto2 si kakak..pinter bergaya dia..

Yuni · March 23, 2020 at 2:49 pm

Terimakasih informasinya mbak…selama ini aku sering mengalami gatal-gatal di kaki, mungkin alergi detergent…tapi belum nemu obat yang pas. Gatal suka kambuh lagi. Melihat khasiat atopiclair seperti nya pas banget untuk menyembuhkan gatal-gatal di kaki. Jadi pengen nyobain obat ini. TFS mbak.

Lidya · March 23, 2020 at 3:34 pm

Aku alergi banget sama debu mbak, jadi kalau kotor aja sedikit lgs deh kulit gak enak, makanay suka sering mandi. Nah buat mengatasi gatel ini kayanya aku harus sedia atopiclair ya. Nanti aku cobain deh mbak kayanya bakalan cocok buat aku juga

Siti Hairul · March 23, 2020 at 3:55 pm

Aku ya punya alergi mbak Arda. Dan nurun ke anakku. Kalau alerginya kumat bisa sampai bengkak-bengkak mukanya karena alergi.

Okti Li · March 23, 2020 at 4:40 pm

Kulit sensitif saya ini sepertinya harus mencobanya juga. Gatal dan panas kalau sudah kambuh bikin ga enak banget deh. Semoga nanti setelah pakai Atopiclair bisa sembuh juga.

Afifah · March 24, 2020 at 12:04 am

Gatal tuh bikin nggak nyaman, ya. Walau nggak sakit, tetap perlu ditangani supaya aktivitas bisa berjalan lancar.

Nia Haryanto · March 24, 2020 at 12:17 am

Alhamdulillah, aku pun udah ngerasain manfaat Atopiclair ini. Walopun telat tahu, sekarang jadi gak bingung lagi ngatasin gatal kulit dan kemerahan karena alergi. Mana melembapkan kulit juga ya. Gak kayak obat kulit lain yang malah bikin kulit terbakar karena sensasi panas saat nyembuhin si gatal

April Hamsa · March 24, 2020 at 1:02 am

Memang kalau anak terkena dermatitis atopik kasian ya nak jadi gatal2 gtu. Bahkan sampai rewel. Saya sendiri punya trauma soal ini krn penyakit ini bisa jd bisul dan agak susah penanganannya. Makanya pas anak kena dermatitis atopik mesti segera diatasi pakai krim atau lotion kyk Atopiclair ini ya mbak

Bonitnotz · March 24, 2020 at 1:16 am

Atopiclar ini tersedia di minimarket juga ga ya? Atau hanya dijual di apotik saja?

Ainhy Edelweiss · March 24, 2020 at 2:25 am

Hubby aku sering banget peradangan kulitnya di bagian lengan mba, udah obatin ini itu kadang masih balik apalg stlh makan udang, mungkin alergi kali yah, pengen coba ini mudah2an cocok

Tuty Queen · March 24, 2020 at 2:46 am

cocok nih buat ibuku dan ponakanku yang seeing kambuh alerginya apalagi ibuku kasian banget dekat jari2 kaki suka tumbuh gatalnya jadi mengganggu banget

Bundabiya.com · March 24, 2020 at 3:13 am

wah keren banget ini bisa sembuh dalam 4 hari aja, dulu anakku sempet agak kering gini kulitnya tapi sayang waktu itu aku belum kenal atopiclair.

Uniek Kaswarganti · March 24, 2020 at 4:12 am

Tentu rasanya menderita banget ya mba ketika gatal menyerang. Penting banget punya sediaan cream atau lotion Atopiclair ini agar kulit lekas sembuh dan tidak terganggu dermatitis atopik lagi.

Dyah ummu AuRa · March 24, 2020 at 4:21 am

Aku dulu sering banget kalau mudim pans kena biang keringan eh musim hujan malah biduran. kayaknya ini juga termasuk dematitis atopik ya kk?

Ida · March 24, 2020 at 4:55 am

Jadi inget anakku kedua pernah alergi jg jd kayak.eksim gitu..lama sembuhnya..coba kalau tau ada obat ini ya..pasti cpt ya..

Ujame Gaja · March 24, 2020 at 5:27 am

Aku pakai ini, bund Arda. Sepulang dari Jepang kemarin, aku alergi dingin. Dan dokterku menyarankan pakai Atopiclar. Alhamdulillah sembuuuuuh

Heni Puspita · March 24, 2020 at 5:45 am

Anak saya pernah bermasalah kulitnya dulu waktu kecil. Lebih ke alergi udara panas. Salah satu penanganannya dengan pakai produk yang tepat seperti ini Mbak.

nyi Penengah Dewanti · March 24, 2020 at 5:45 am

Aku baru tahu obat kulit ini mba Arda, untuk melindungi berbagai masalah ya ternyata termasuk gatal-gatal pada anak. Harganya juga lumayan pantaslah khasiatnya mantep

Lina W. Sasmita · March 24, 2020 at 5:49 am

Ternyata bisa juga untuk mengobati gatal karena alergi ya. Pas juga nih buat anak dan suami saya kadang mereka berdua suka kena alergi yang membuat kulitnya merah dan gatal.

Indah nuria · March 24, 2020 at 5:49 am

Kalau kulit kering dan bermasalah memang ngg enak bangeet.. harus ada obatnya segera

Bella agmia · March 24, 2020 at 8:50 am

Dulu cari perawatan untuk kulit eksim susah banget soalnya kalo gak sesuai sama penanganan malah gak sembuh. Terus jaman dulu kan asal banget oles sesuatu tanpa tau diagonsis kulitnya kenapa.. aku salah satunya nih karena faktor keturunan juga tapi pas dewasa gak begitu sering kena. Tahu ada merek ini noted kalo kakakku kambuh lagi derma atau eksimnya hehe thks for sharing

    Dian · March 25, 2020 at 1:52 am

    Harganya terjangkau ya mbak…
    Klo ada atopiclair ini ibu jadi tenang, anak bebas gatal

Kanianingsih · March 24, 2020 at 2:29 pm

Makasih mba sharingnya. Ingin coba ah. Saya juga tangan suka gatal karena pemakaian sabun kalau dihgaruk2 terus sampai lecet 🙁

Rahmah · March 24, 2020 at 3:30 pm

Harganya lumayan untuk hasil yang sempurna
Saya pun senang kalau kemudian anak-anak terbebsa dari eksim yang bikin mamak pusing dan khawatir

lendyagasshi · March 24, 2020 at 5:30 pm

Betapa pentingnya menjaga kebersihan yaa, kak Arda.
Aku jadi ingat waktu anak pertamaku punya kulit yang sensitif. Jadi orangtuanya harus bener-bener apik.
Syukurlah…
Sekarang ada Atopiclair yang meredakan gatal karena alergi.

Nia tiara · March 25, 2020 at 4:27 am

Ulasanya bermanfaat banget nih mbak. O iya kalau bisa digunakan sehari-hari, berarti bs juga, berfungsi sebagai hand body kah?

    Nuraini · March 26, 2020 at 2:18 am

    Iya kak terlihat jelas perbedaanya sebelum menggunakan Atopiclair dan sesudah menggunakanya ya. Sekarang saya ngak bakalan salah lagi memilih salep untuk atasi gatal saat Alergi. Thanks kak infonya

Dian Restu Agustina · March 25, 2020 at 4:03 pm

Suamiku penderita Dermatitis Atopik, tak heran anakku pun ada DA. Karena Atopiclair gejalanya pun bisa reda…Pas nih jadi sedia sewaktu-waktu kamubh DA-nya

Kartika indah · March 25, 2020 at 5:45 pm

Untuk pemakaian sehari hari bagi kulit usia 75thn, amankah? Mama mertua sudah mulai gatal2 kulitnya

iidYanie · March 26, 2020 at 2:35 am

Atopiclair yah, noted. kayaknya ini cocok buat penyakit eksim suami saya, kalau gatalnya suka kambuh, digaruknya gak selese2 smpe berdarah, btw makasi infonya ya kak arda 🙂

Visya Al Biruni · March 26, 2020 at 2:59 am

Messy anak dengan dermatitis atopik adalah sebuah challenge yah mom. Aku salut dengan para ibu2 tangguh tersebut termasuk mom Arda. Semoga sehat2 terus si kakak. 🙂

Rach Alida · March 26, 2020 at 4:25 am

Sungguh tak nyaman ya berada dalam kondisi seperti ini mba. Dan rekomendasi mba Arda kayaknya adalah pilihan terbaik ya mba yang harus dipilih

muna arifah · March 26, 2020 at 4:55 am

Wah bisa dicoba nih buat gatel sampe ruam karena alergi,. Walau harganya agak mehong hehe..
Btw salfok sama foto terakhir si kecil bun, ikut pake lipstik emaknya ya hihihi

Rizka Edmanda · March 26, 2020 at 11:48 pm

Ini kayaknya bagus ya untuk kulit sensitif, aku rekomendasikam ke teman teman juga deh

Grandys Mawarni · March 27, 2020 at 9:16 am

kemarin ada saudaraku jg yg mengalami DA ini anaknya, karena after baca artikelnya mba Arda, aku kasih info dengan share artikel mba. Dan memang perlahan hari demi hari membaik

Sani · March 29, 2020 at 12:30 pm

Woww hasilnya nyata ya
Putih mempesona hehe
Keren product atopiclair emang top

Sofyanto · March 29, 2020 at 1:02 pm

Ortu harus peka terhadap apa yang terjadi terhadap perubahan kulit si anak. Banyak belajar dari artikel ini. Terima kasih yo mba

zikria · March 29, 2020 at 3:34 pm

Wih, seriusan tampilan blognya kece, sehingga akunya malah fokus ke desain webnya daripada produknya, ehhehehe. Kak sepertinya aku juga kena penyakit ini, karena gatal-gatalnya itu gk sembuh padahal dah pake bedak ular malaysia.

Nufazee · March 29, 2020 at 10:00 pm

Anak-anak memang rentan dermatitis atopik ya kak, anakku lagi duh pengawasan main di luar nomor satu pokoknya, tapi syukur ada atopiclair

Li Partic · March 29, 2020 at 11:29 pm

Wow lumayan cepat juga ya mbak. Dalam 4 hari bisa sembuh. Thanks for sharing.

Nurhilmiyah · March 30, 2020 at 1:59 am

Atopiclair ini bisa juga buat orang dewasa kan Kak? Nanti sekalian terpaksa keluar belanja sembako yang sudah habis, saya singgahlah ke apotek. Mau beli Atopiclair ini dulu, makasih infonya Kak Arda… bujur

Nining pujianti · March 31, 2020 at 1:12 am

Wah…terima kasih infonya kak. Ternyata reaksi obatnya cepat sekali ya dlm mengatasi dermatitis. Note…untuk jaga-jaga di rumah

Devi · March 31, 2020 at 3:54 am

Dermatitis atopik memang sering dialami anak-anak kak. Biasanya karena ada bakat alergi. Pas banget untuk selalu sedia atopiclair ini sebagai pengobatan dan perawatan jika ada anggota keluarga yang terkena ruam kulit karena alergi.

Vivi · March 31, 2020 at 2:30 pm

Kebetulan nih, anak sulung saya kalo digigit semut, pasti de bengkak dan gatal, tapi kalo digaruk sakit.
mungkin ini bisa jadi solusi ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!