KECERDASAN ANAK GOLDEN AGE

Kehadiran seorang anak di tengah keluarga merupakan anugerah terbesar bagi sepasang suami-istri. Anak mampu menghadirkan sejuta rasa di tengah keluarga. Apalagi melihat masa pertumbuhan mereka yang tak akan pernah terulang.

Sebagai seorang wanita, saya sangat bahagia dengan hadirnya seorang putri dan putra yang selalu mewarnai hari. Melihat tawa, tangis, canda, tingkah laku serta pelukan hangat mereka membuat dunia ini terasa sangat indah.

Oleh karena itu, salah satu hal yang tak pernah luput dari perhatian saya adalah kesehatan anak-anak. Jika si kecil sehat maka pertumbuhannya dapat berjalan dengan baik. Apalagi di masa emas atau yang disebut sebagai ‘golden age’ di mana kecerdasan berkembang secara pesat.

Tentunya, untuk menghasilkan orang dewasa yang baik, sehat serta cerdas maka hal ini harus dipupuk semenjak kecil. Hal ini bertujuan agar anak-anak kelak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, lebih bijak dalam menghadapi tantangan serta bermanfaat bagi sekitar.

Semenjak dini, saya sudah memiliki catatan perkembangan kecerdasan si kecil dan memberikan penilaian pribadi terhadap tumbuh kembang tersebut. Berharap anak-anak yang dititipkan Sang Pencipta di tengah keluarga dapat menjadi orang dewasa yang matang dalam banyak hal.

Dalam memperhatikan tumbuh kembang anak-anak, terdapat poin kecerdasan yang sangat menonjol di anak sulung yaitu kecerdasan kinestik. Menurut, Howard Gadner terdapat 8 (delapan) tipe kecerdasan anak yang dikembangkan semenjak lahir. Setiap anak memiliki keistimewaannya tersendiri, sehingga anak-anak tidak bisa disamakan satu dengan yang lain. Peran Ibu sangat dibutuhkan dalam mendukung berbagai kecerdasan yang dimiliki oleh anak tersebut.

MENSTIMULUS KECERDASAN KINESTIK ANAK

Salah satu kecerdasan yang memang saat ini terlihat jelas pada anak sulung saya adalah kinestik yaitu ketangkasan dan keseimbangan gerak. Oleh karena itu, sebutan anak aktif selalu melekat padanya.

Hampir setiap waktu melompat dan berlari baik di dalam maupun luar ruangan. Untuk melatih dan mengembangkan kecerdasan tersebut maka berikut 5 (lima) kegiatan yang selalu dilakukan:

1. Bermain Sepeda

Bermain sepeda adalah cara melatih kinestik anak, semenjak usia 2 tahun lebih, si kecil sudah meminta sepeda. Kegiatan bersepeda memiliki banyak manfaat seperti:

-Melatih motorik anak serta keseimbangan tangan, kaki serta menguatkan otot tangan dan kaki.

-Memaksimalkan kinestik si kecil saat mengayuh sepeda.

-Meningkatkan kemandirian dan rasa percaya diri anak.

-Kemampuan untuk berkonsentrasi dalam mengendarai sepeda.

-Mengatur keseimbangan saat belok kanan atau kiri.

-Melatih kecerdasan interpersonal saat bersosialisasi dengan teman-teman dalam bersepeda.

Setiap kali bermain sepeda, si kecil merasa sangat bahagia, sehingga jadwal untuk bersepeda dapat dilakukan setiap hari. Terlebih di usia emas yang memberikan kebahagiaan tersendiri dan mengayuh sepeda membuat anak tetap bugar dan sehat.

2. Bermain Pasir

Dulu saya sering memberikan pasir ajaib untuk melatih motorik di bagian tangan si kecil. Saat membentuk dan bermain pasir ajaib, si kecil juga diajak untuk menggerakan seluruh anggota tubuh.

Setelah menjelang 4 tahun, saya mulai membuat arena pasir di depan rumah agar anak bebas bermain pasir. Berikut manfaat bermain pasir dalam mendukung kecerdasan kinestik si kecil:

-Melatih gerak tangan dan motorik serta menguatkan otot di bagian tangan dan lengan.

-Melatih kreativitas anak dengan mengolah dan membentuk pasir.

-Melatih kemampuan sensori dengan merasakan bentuk pasir baik kering maupun basah.

3. Menyiram Tanaman

Kegiatan menyiram dan merawat tanaman adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain si kecil dapat merawat tanaman, si kecil juga bisa bermain air dan mengenal berbagai jenis tanaman.

Tak hanya itu, semenjak kecil anak sudah menciptakan rasa peduli terhadap lingkungan. Di samping itu, si kecil juga belajar untuk melatih kinestiknya dengan menghidupkan kran air, mengisi ember sampai kepada mangangkat gayung dan menyiram tanaman.

4. Taman Bermain

Jadwal untuk bermain di taman bermain dapat dilakukan setiap hari. Di samping anak bahagia bermain, mereka juga dapat melatih berbagai keseimbangan tubuhnya.

Permainan seperti prosotan, jungkat-jungkit, ayunan dan sebagainya mampu melatih dan mendukung kecerdasan kinestiknya. Bersyukurnya, di depan rumah terdapat arena taman bermain sehingga tidak harus pergi ke tempat umum.

5. Jalan Keseimbangan

Permainan yang terakhir adalah permainan keseimbangan. Di depan rumah terdapat kursi panjang yang kokoh. Setiap hari si kecil melewati kursi tersebut dengan berjalan lurus dan merentangkan tangan.

Hal ini sangat bermanfaat untuk melatih kecerdasan kinestik dalam menyeimbangkan tubuh si kecil. Tak hanya itu, si kecil juga akan terlatih untuk berkonsentrasi untuk setiap lintasan yang dilalui.

Kelima kegiatan di atas merupakan permainan yang hampir setiap hari dilakukan si kecil. Terkadang tanpa mengenal lelah, anak terus bermain dan hal ini yang membuat kecemasan tersendiri bagi orang tua. Pasalnya, terkadang karena kelelahan atau kondisi cuaca yang tidak baik membuat daya tahan tubuh anak menurun.

Jika si kecil sakit akibat bermain di luar ruangan dengan banyaknya bermain maka menyebabkan nafsu makannya pun menurun. Alhasil, penyakit yang datang mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan khususnya dalam menstimulasi kecerdasan anak.         

TIPS PRAKTIS ANAK SEHAT DAN KUAT DALAM MELATIH KECERDASAN

Masa bermain adalah masa yang menyenangkan karena bermain adalah hak seorang anak. Dalam bermain, anak secara tidak langsung melatih berbagai kecerdasan yang dimiliki. Seperti melatih kecerdasan kinestik yang fokus pada gerak dan aktivitas si kecil.

Sayangnya, jika terlalu lama bermain di luar ruangan si kecil cenderung mudah sakit, daya tahan tubuh tidak seperti orang dewasa. Jika sudah sakit biasanya malas makan, nah jika sudah malas makan maka pertumbuhan dan perkembangannya akan terganggu.

Oleh karena itu, berikut 5 tips agar anak tetap sehat dan kuat dalam melatih kecerdasan:

1. Jam Tidur Cukup

Jam tidur yang cukup bagi anak akan membuat anak menjadi sehat dan tidak rewel sepanjang hari. Sama seperti orang dewasa, jika jam tidur anak kurang maka anak akan mudah uring-uringan, sulit berkonsentrasi dan malas bermain.  

Di samping itu, daya tahan tubuh si kecil akan menurun karena lemas. Untuk anak umur 4-5 tahun diharapkan memiliki jam tidur sekitar 10-13 jam setiap hari. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan atau meningkatkan stamina si kecil, apalagi jika anak aktif.

2. Nutrisi Seimbang

Selain memberikan makanan yang bergizi maka anak juga harus mendapatkan nutrisi yang seimbang. Komposisi makanan seperti 50-70 persen karbohidrat, 20-30 persen lemak, dan sisanya protein.

Ketika nutrisi yang diterima anak seimbang maka anak akan sehat dan kuat serta mampu melakukan berbagai aktivitas. Di samping makan, si kecil juga diharapkan mendapat asupan buah yang berbeda jenis setiap harinya.

3. Mencuci Tangan

Bermain di luar ruangan terdapat berbagai bakteri, virus atau sebagainya yang mampu mengancam kesehatan si kecil. Oleh karena itu, setiap bermain di harapkan si kecil mecuci tangan hingga bersih.

Karena terkadang tanpa disadari, tangan dapat masuk ke mulut dan menimbulkan berbagai jenis penyakit baru yang tidak diharapkan. Kebiasaan mencuci tangan merupakan hal yang harus diterapkan kepada anak agar si kecil siaga dalam menjaga kesehatan.

4. Minum Air Mineral

Padatnya aktivitas bermain membuat si kecil kelelahan. Jika tidak memberikan perhatian lebih maka terkadang si kecil kurang asupan air mineral. Padahal, air mineral memiliki banyak manfaat untuk si kecil, apalagi saat bermain yang mengeluarkan banyak keringat.

Air mineral yang diberikan sebaiknya sudah masak sempurna dan diberikan secara berkala pada si kecil. Agar cairan yang keluar dari tubuh si kecil dapat digantikan melalui air mineral yang dikonsumsi anak.

5. Suplemen Makanan

Kendala seorang Ibu, jika anak bermain dan kelelahan terkadang daya tahan tubuhnya menurun. Di samping itu, penyakit akan mudah datang, sehingga dibutuhkan suplemen makanan yang memang pas untuk anak dalam memelihara kesehatan tubuh.

Anak aktif khususnya yang memiliki kecerdasan kinestik membutuhkan suplemen makanan yang tepat sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Di samping itu, suplemen makanan yang mampu menjaga si kecil tetap sehat, kuat dan mampu mengembangkan kecerdasannya.

MADURASA FITKIDZ SAHABAT ANAK, TENANGKAN IBU!

Kebiasaan bermain di luar ruangan dengan aktivitas yang padat membuat si kecil menjadi prioritas utama. Sehingga dengan memberikan suplemen makanan yang tepat mampu menjaga daya tahan tubuh si kecil.

Satu-satunya rahasia yang membuat si kecil tetap sehat, daya tahan tubuh kuat dalam mendukung kecerdasannya adalah Madurasa Fitkidz. Madurasa Fitkidz merupakan multivitamin dengan bahan alami yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil.

Pertama kali mengenal Madurasa Fitkidz, saya langsung percaya dengan produk yang diproduksi oleh PT Madurasa Unggulan Nusantara ini. Bahan alami seperti temulawak, sangat bermanfaat untuk memperbaiki nafsu makan si kecil. Apalagi jika sakit menyerang, maka Madurasa Fitkidz menjadi sahabat Ibu dalam menjaga agar si kecil tetap suka makan dan tidak menjadi pemilih makanan tertentu.

LEBIH DEKAT DENGAN MADURASA FITKIDZ

Mengkonsumsi madu adalah sebuah tradisi keluarga yang sudah dilakukan secara turun temurun. Masih segar diingatan, dulu Ibu saya tidak pernah lupa memberikan semua anak-anaknya madu sebelum bersekolah. Di samping itu, saat melakukan aktivitas yang padatpun, Ibu selalu mengoleskan madu ke bibir agar tidak kering dan memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Tradisi atau kebiasaan baik ini saya lanjutkan kepada anak-anak saya. Saya memililih Madurasa Fitkidz yang merupakan satu-satunya produk madu yang enak untuk dikonsumsi anak, dikemas dalam botol plastik dan hebatnya madu tidak tumpah walaupun kemasan dibalik.

Berikut 7 (tujuh) alasan kenapa Madurasa Fitkidz menjadi pilihan yang tepat dalam mendukung anak sehat, kuat dan cerdas:

1. Mengandung 7 Bahan Ajaib

Kesan pertama Fitkidz Multivitamin Anak ini adalah mengandung 7 (tujuh) bahan ajaib yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak. Bahan alami ini membantu agar anak tetap sehat, kuat dan bermanfaat dalam rangka pertumbuhan dan perkembanganya.

Bahan seperti Sari Phyllanthi, Madu, Vitamin B Kompleks, Sari Temulawak, Sari Kurma, Lysine serta Vitamin C merupakan rangkaian bahan ajaib yang membantu menjaga kesehatan anak serta memperbaiki nafsu makan si kecil.

– Madu
Mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas untuk menjada sel tubuh dari kerusakan

– Vitamin C
Menjaga daya tahan tubuh Anak

– Phyllanthi
Immunomodulator yang berperan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh anak

– Temulawak
Kurkumin dalam temulawak berfungsi sebagai anti peradangan yang akan memperkuat system kekebalan tubuh

– Sari Kurma
Memperkuat daya tahan tubuh anak terhadap penyakit

– Lysine, EPA, DHA
Membantu dalam masa pertumbuhan Anak.

– Vitamin B Kompleks
Sebagai koenzim dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi Energi.

2. Manfaat Untuk Anak

Madu pada umumnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, nilai plus untuk Madurasa Fitkidz adalah memiliki kegunaan dalam memelihara kesehatan dan memperbaiki nafsu makan. Apalagi jika si kecil terlalu aktif dan bersemangat bermain di luar ruangan maka terkadang kelelahan dan dengan memberikan madurasa tentunya daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Di samping itu, Madurasa Fitkidz ini memiliki rasa yang enak dan tidak ada rasa pahit walaupun mengandung sari temulawak, sehingga si kecil ketagihan untuk mengkonsumsi madurasa setiap hari.

3. Kemasan Praktis dan Tidak Mudah Tumpah

Kemasan pas digenggaman, berbentuk fliptop dan dibungkus dengan dusbox. Kemasannya sangat praktis dan hemat, sehingga dapat dibawa kemana pun. Apalagi saat anak pergi ke sekolah dapat diselipkan di kantong tas dan juga saat dituangkan ke sendok tidak langsung tumpah dan ditekan perlahan baru madurasa keluar.

Kemasan ini sangat aman dan nyaman digunakan oleh anak, sehingga tanpa bantuan orang dewasa, anak dapat secara mandiri menuangkan madu. Tak hanya itu, botol plastik membuat aman dan tidak pecah saat terjatuh.

4. Diproduksi oleh Perusahaan Terpercaya

Madurasa Fitkidz ini diproduksi oleh PT Madurasa Unggulan Nusantara yang sudah terpercaya selama puluhan tahun. Perusahaan ini merupakan pelopor madu dalam kemasan bermerk pertama di Indonesia. Berbagai penghargaan pun diraih mulai dari TOP Brand kategori Madu, Sertifikasi ISO dan pastinya selalu menjaga kualitas madu untuk terbaik bagi keluarga Indonesia.

5. Terdaftar di BPOM & Bersertifikasi Halal

Madurasa Fitkidz ini aman dikonsumsi karena sudah terdaftar di BPOM RI SD 181652571. Tak hanya itu, madu pilihan ini pun sudah bersertifikasi HALAL oleh Majelis Ulama Indonesia, sehingga konsumen tidak perlu ragu untuk bahan baku dan proses produksi madurasa dilakukan dengan benar. Apalagi di Indonesia memiliki konsumen mayoritas beragama Islam, sehingga sertifikasi halal menjadi hal yang penting. No.Reg HALAL MUI : 00120075390116. Tanggal produksi dan kadaluarsa juga tercantum dalam kemasan botol.

6. Harga Terjangkau

Madurasa Fitkidz ini memiliki rasa jeruk yang sangat disukai si kecil, dengan berat bersih 140g dibanderol dengan harga Rp15.000 – Rp22.000,- tergantung tempat pembelian dan berbagai promo. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan untuk 140gr biasanya cukup untuk 2 minggu.

7. Mudah Didapat

Asiknya, Madurasa Fitkidz ini sangat mudah didapatkan baik di apotik, toko obat dan toko online. Kemudahan mendapat produk ini menjadi kelebihan bagi seorang Ibu karena dapat membuat persediaan di rumah juga saat si kecil melakukan aktivitas di luar rumah.

Ketujuh hal di atas menjadi poin penting kenapa Madurasa Fitkidz menjadi pilihan saya untuk si kecil. Selain mendukung daya tahan tubuh si kecil dalam berekspresi dalam menstimulasi kecerdasan kinestiknya, madurasa ini juga mampu menambah nafsu makan si kecil.

Pada umumnya anak akan mulai susah makan di usia 2-5 tahun, namun semenjak memberikan Madurasa Fitkidz pada si kecil nafsu makannya meningkat dan saya tidak pernah kuatir lagi si kecil bermain sepuasnya di luar ruangan karena daya tahan tubuhnya sudah terlindungi. Pilih madu, ya madurasa fitkidz karena fitkidz fit itu asik. Bagaimana dengan mommy, punya produk rahasia apa nih untuk kesehatan, daya tahan tubuh serta mendukung kecerdasan si kecil??? Share di komentar ya…


69 Comments

ginanelwan · December 30, 2019 at 7:51 am

Madurasa ini menambah napsu makan,ini terbukti pada anak saya mbak. Makannnya tmbah banyak

    Gina · December 31, 2019 at 7:06 am

    Madurasa sangat baik, diberikan buat anak sebelum sekolah atau beraktivitas. Rasanya jg gak bikin eneg

      ardasitepu · January 5, 2020 at 6:22 pm

      Iya kak, aku juga suka minum madu ini haha gantian sama si kecil.

Riawani elyta · December 30, 2019 at 9:18 am

Madu memang suplemen yang ok banget ya buat menunjang tumbuh kembang anak dan jaga kesehatannya

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:23 pm

    Madu alami dan kaya vitamin dan sari temulawak ini baik untuk si kecil saya mbak.

NurulRahma · December 30, 2019 at 2:12 pm

Setiap anak tentunya demen buangeettt dgn Madurasa FitKidz ini ya Mom
Rasanya enaaakk, berkhasiat pulak.
Harganya juga ramah kantong emak jaman now 😀

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:23 pm

    Ramah banget di kantong mom, makanya selalu stok di rumah.

YSalma · December 31, 2019 at 3:25 am

Anak aktif dan cerdas agar aktivitasnya tidak terganggu karena daya tahan tubuh berkurang, sangat bisa diatasi dengan madurasa fitkidz ini ya kak.
Apalagi rasanya disukai anak-anak.

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:23 pm

    Iya dengan adanya madurasa Fitkidz ini si kecil makin semangat untuk beraktivitas.

Verry vernon · December 31, 2019 at 5:44 am

Dari dulu emang madu dah terkenal dengan khasiatny ya siat..apalg madurasa ini lbh baik kandungannya

    Mechta · January 1, 2020 at 4:05 am

    Senang ada Madurasa FitzKid yg menjadi sahabat ibu dalam mendukung tumbuh kembang ananda ya mba.. Oya, salam sayang utk putrinya yg manis..

      ardasitepu · January 5, 2020 at 6:24 pm

      Makasih mbak Mechta, salam balik dari si kecil saya hehe

    lita chan lai · January 1, 2020 at 2:40 pm

    Wah, Madurasa kids digemari juga sama ponakan saya. rasanya juga enak dan sering buat makan roti sebelum berangkat sekolah. Ternyata khasiatnya bagus ya buat anak2

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:24 pm

    Yup bener mom, khasiatnya baik untuk anak.

Nefertite Fatriyanti · December 31, 2019 at 6:07 am

Madurasa fit kidz kesukaan ponakan aku nih, rasanya kata dia seger, enggak nek.
Trus kemasannya juga memungkinkan untuk mudah dibawa.

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:25 pm

    Kemasannya praktis dan tidak mudah tumpah mbak.

Nurhilmiyah · December 31, 2019 at 6:08 am

Madurasa Fitkidz baik sekali mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak ya Kak Arda… Scr kandungannya alami, halal lagi
Mantul deh Madurasa Fitkidz ini. Nice share, Kak

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:25 pm

    Ya betul ini memang memiki 7 kandungan alami yang baik untuk si kecil mbak.

Shyntako · December 31, 2019 at 12:01 pm

Sekarang enak yaa madurasanya rasa jeruk jadi buat anakku yang kurang suka rasa ori cukup membantu sih biar nambah nafsu makan dan meningkatkan daya tahan tubuh anak

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:26 pm

    Iya bener mbak, si kecil ku jadi enggak susah makan semenjak ada madurasa fitkidz ini.

Annafi · December 31, 2019 at 10:22 pm

Setuju banget mba, madu punya banyak manfaat apalagi untuk kekebalan tubuh anak. Aku baru tahu kalo madurasa punya produk khusus anak-anak, harganya murah lagi!

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:26 pm

    Ada mbak, ini produk baru dari madurasa untuk anak-anak.

Yulinda · January 1, 2020 at 1:46 am

Wah manfaatnya banyak sekali ya mom, sudah mudah didapat, harganya terjangkau, disukai anak anak dan pastinya bikin anak sehat, pasti ibu jadi senang.

    Yuni · January 1, 2020 at 10:14 pm

    Orang tua sangat berperan dalam menstimulasi tumbuh kembang anak ya mbak. Disaat usia golden age tentunya menjadi masa yang tak boleh disia-siakan. Orang tua harus memberikan fasilitas yang cukup untuk merangsang pertumbuhan anak, seperti yang mbak Arda lakukan kepada ananda. Dan madurasa fitkids menjadi suplemen untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh buah hati ya mbak.

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:26 pm

    Manfaatnya bagus banget untuk si kecil mbak.

      Miskah khairani · January 9, 2020 at 7:23 am

      Wah makasih mba infonya. Emanh enak bgt rasanya madurasa dan pastinya kasihatnya bagus ya mba

Fenni Bungsu · January 1, 2020 at 5:36 am

Jaga keseimbangan ini bisa menstimulasi anak-anak juga ya ternyata. Soalnya kadang Ponakan daku suka main jungkat jungkit atau berdiri satu kaki, ternyata manfaatnya bagus

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:27 pm

    Iya memberikan stimulasi anak dan juga kalau minum madurasa fitkidz berarti kita menjaga daya tahan tubuh si kecil mbak.

Jiah Al Jafara · January 1, 2020 at 10:12 am

Aku pecinta Madurasa! Seneng deh ada yang buat anak juga. Kecerdasan mereka kudu diasah dan jangan lupa cukupkan nutrisinya juga

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:29 pm

    Toss mbak, aku juga suka sama madurasa mulai dari kemasan plastik dan sekarang botol untuk si kecil.

Indah Nuria · January 1, 2020 at 4:21 pm

Kandungan bahan aktifnya banyak ya mba.. selain manis madu, apakah ada tambahan gula di sini mba? I have been trying to curb sugar intake for my family

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:34 pm

    Ada mbak Glukosa tapi sedikit banget.

Shyntako · January 2, 2020 at 12:00 am

Madurasa andalan para ibu untuk bantu daya tahan tubuh anak ya apalagi lg musim ujan kaya gini kan. Plus itu ide aktifitas nya juga well noted mba. Tfs yaa

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:34 pm

    Iya kak, musim hujan cepat banget mengundang anak sakit, jadi biat fit terus ya dengan madurasa fitkidz ini kak.

Rini Novitasari · January 2, 2020 at 12:47 am

Madurasa kidz ini recomended mbak. Ponakan ku aku kasih madurasa ini emang ngefek jadi lebih nafsu makannya..

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:33 pm

    Bener mbak Rini, anakku nafsu makannya kembali berkat madurasa fitkidz ini.

Uniek Kaswarganti · January 2, 2020 at 1:40 am

Lengkap banget ya Madurasa Fitkidz ini, selain mengandung madu, ada curcumanya juga sebagai pendorong napsu makan. Penting nih untuk anak-anak yang biasanya maemnya angot-angotan. Kalau udah banyak main kan kadang lupa makan 😉

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:33 pm

    Iya bener banget mbak ini cocok buat anak aktif seperti si kecil saya euy hehe

Ida · January 2, 2020 at 3:05 am

Wah mantaps nih bisa jd rekomendasi buat yg memerlukan suplemen buat anak2nya ya soalnya pasti enak rasanya kan madu..hehe minimal manis itu pasti..

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:32 pm

    Iya mbak, rasanya enak dan manisnya sari kurma mbak.

Eka Mustika · January 2, 2020 at 4:10 am

komplit banget kandungannya Madurasa ini ya anak-anakku jika ada ada kandungan madu nya nggak pernah nolak kalau dikasih

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:32 pm

    Iya mbak, komplit kandungannya, rasanya enak, khasiatnya mantap dan harga pas di kantong hehe

Herva Yulyanti · January 2, 2020 at 4:35 am

asik nih madurasa ini, aku juga pengen banget beliin nih dan yang aku suka mudah didapat dan harganya murah ya mba

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:31 pm

    Mudah didapat dan harganya sangat terjangkau kak.

Julita Manurung · January 3, 2020 at 8:36 am

Saya sudah lama memberikan madu rasa kepada keponakan kalau dia lagi gak nafsu makan. Dan saya selalu gak pernah kecewa dengan Madu Rasa Fit Kidz

Icha Marina Elliza · January 4, 2020 at 11:25 pm

Madurasa Fitkidz ini memang bisa diandalkan banget kak Arda. Dan aku pun sudah memberikan Fitkidz buat anakku dan mereka suka sekali dengan rasa jeruk yang enak

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:30 pm

    Iya kak, rasanya enak dan tidak pahit walau ada sari temulawaknya.

    ardasitepu · January 5, 2020 at 6:30 pm

    Iya mbak rasa jeruknya enak banget.

Elsa Hayanin Lubis · January 5, 2020 at 1:35 pm

selalu sukaaa sm postingan kak ardaaa. semacam terniat gituuuu, sharing dong kak biar rajin ngedit gt hehe. infonya jg lengkap kalii ttg madu nya.

Vivi · January 6, 2020 at 1:54 am

Salfok sama putrinya. Gadis kecil yang cantik

Irena Faisal · January 8, 2020 at 6:47 am

Kenzo agak susah telan madu, lagi coba kasih fitkidz madurasa ini… semoga dia mau deh

Hadi K. · January 8, 2020 at 1:18 pm

Wah menarik nih, semuanya disajikan dengan lengkap. Eh aku baru tau kalau madurasa dibalik gitu gak tumpah btw

    Meilia wuryantati · January 9, 2020 at 6:16 am

    Suplemen emang penting’ banget buat menjaga daya tahan tubuh anak. Apalagi madu, udah terbukti. Aku pun selalu kasih madu buat anakku.. mau coba fitkidz madurasa juga deh, pasti suka nih anakku

Silvie Permatasari · January 9, 2020 at 10:08 am

Wah baru tau nih ada madurasa varian ini, biasanya aku beli madurasa yang original.

Bagus bgt nih buat anak yg susah makan kaya anakku. Duh sampe pusing sendiri, makan itu harus berantem dulu sama emaknya baru mau makan.
Nanti kucoba mba, mudah2an berhasil. Makasih sharing nya mba…

elva s · January 10, 2020 at 4:14 am

Memberi terbaik dimasa Golden Age sang anak penting banget.
Agar untuk ia dimasa mendatang, makanya aku selalu ingetin adik perempuan untuk selalu stok dirumah.
Madurasa Fitkidz nya.
Selain rasa yang disukai, bisa untuk daya tahan tubuh

Grandys · January 10, 2020 at 11:41 am

jadi aku kemarin ketemu sama keponakan-keponakan aku yg mereka tampak seger dan sehat walaupun di musim penghujan kayak gini yang rentan banget kena flu. Dan rahasianya mereka rutin konsumsi fitkidz ini

Antung apriana · January 10, 2020 at 1:03 pm

Waah jadi pengen nyobain madurasa Fitkidz ini juga saya soalnya anakku susah makan dan sekarang lagi kena batpil

Keke Naima · January 10, 2020 at 4:22 pm

Saya seneng banget, ternyata anak saya suka dengan madu sampai sekarang. Memang madu mudah untuk disukai anak karena rasanya. Menelannya pun tidak susah

Intan Daswan · January 11, 2020 at 3:12 am

Aku juga ngasih madurasa fitkidz ke anak-anak. Mereka suka banget sama rasanya. Emang banyak manfaatnya madurasa fitkidz ini ya.

lendyagasshi · January 11, 2020 at 3:54 am

Waah…iya, Fitkidz ajaib yaa…
Madunya gak tumpah dan ini bermanfaat banget untuk anak bisa mandiri minum multivitaminnya sendiri.

Akarui Cha · January 11, 2020 at 4:43 am

Ternyata madurasa ini bisa membantu meningkatkan nafsu makan ya. Baiklah. Saya coba berikan ke anak saya.

Rina Umaraisha · January 11, 2020 at 3:26 pm

Ulasannya lengkap sekali mbaak

Saya setuju, bahwa aktivitas fisik dan makanan anak berpengaruh signifikan untuk perkembangan otak dan kecerdasannya. Sebagai orang tua, simulasi yang tepat, dan konsumsi suplemen alami, tentu menjadi kewajiban, agar anak² bisa tumbuh optimal baik.

Wiwin | pratiwanggini.net · January 12, 2020 at 6:03 am

Saya udah belikan madurasa ini untuk anak kedua saya (usia 27 bulan), tapi ya gitu deh, belum mau mengkonsumsinya. Emaknya ini masih butuh perjuangan membujuknya.

Efa Butar butar · January 13, 2020 at 2:52 am

Wah sama Ka. Dulu waktu kecil, orang tua juga selalu siapin madu lalu ngolesin madu di bibir kami anak anaknya. Walaupun sekarang udah besar dan rutinitas konsumsi madu ini udah jarang aku lakuin, ortu tetep sesekali ngingetin untuk ga lupa konsumsi madu.

Memang ya madu ini manfaatnya banyak banget, apalagi setelah aku baca banyak kandungan bahan ajaibnya. Btw, ada varian untuk orang dewasa ga sih? Mau ikutan konsumsi juga kalau ada

Nurul Dwi Larasati · January 13, 2020 at 4:34 am

Nyetok madu kayak Madurasa FitKidz buat kesehatan anak itu penting. Apalagi musim hujan sudah datang kadang bikin stamina anak menurun.

Diayu · January 13, 2020 at 4:46 am

Biasanya aku dirumah pakai madurasa yg biasa kak. Kayaknya perlu stock yg ini juga deh ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!