Awal tahun merupakan saat yang tepat untuk menulis bermacam resolusi untuk di eksekusi. Tentunya resolusi yang dibuat adalah berupa hal atau kegiatan yang positif. Sebagai seorang full timer di rumah alias Ibu Rumah Tangga (IRT), tentunya resolusi-nya berbeda dengan wanita umumnya yang bekerja di kantoran.

Meskipun setiap hari hanya mengurus kebutuhan keluarga dan rumah, namun emak dua anak ini memiliki pekerjaan sampingan yaitu sebagai narablog. Narablog atau blogger adalah pekerjaan yang memang lagi hits di era digital saat ini.

Kehadiran wanita di dunia digital memang masih belum maksimal. Alasan yang sering terlontar adalah ‘gaptek’ dan tidak mau ribet dengan urusan teknologi. Namun, tanpa disadari kehadiran dunia digital dewasa ini mampu memberikan penghasilan tambahan buat wanita yang full time di rumah.

Seperti dilansir International Telecommunication Union (ITU) bahwa secara global pengguna internet perempuan lebih rendah 12% dibanding laki-laki. Mirisnya, wanita hanya dianggap sebatas konsumen atau pengguna tanpa terjun langsung di dunia digital tersebut.

Padahal saat ini, industri dunia sudah masuk pada tahapan revolusi industri 4.0 (RI 4.0) yaitu sebuah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Ranah bisnis dan industri sudah berpaling ke dunia digital.

Sebagai wanita yang punya mimpi besar di dunia digital maka saya selalu berusaha untuk belajar. Memang peran sebagai blogger tidak sehebat dengan peran lainnya yang mampu mempengaruhi dunia digital secara signifikan.

Berawal dari hal kecil maka kelak akan mampu menangani hal yang besar. Itu juga mungkin yang dilakukan oleh kebanyakan wanita yang akhirnya berkecimpung di dunia tulisan sebagai blogger, content creator, reviewer, dsb. Harapannya kelak, wanita punya peranan penting di era digital dan menjadi pelaku utama bukan sebatas pengguna saja.

Sejauh ini sebagai blogger, saya sudah memulai beberapa hal untuk terjun langsung dan mengulik banyak hal untuk meningkatkan performa. Oleh karena itu resolusi terbesar di tahun ini adalah belajar membuat website lebih ciamik, belajar digital marketing serta desain grafis yang memang banyak sekali dibutuhkan untuk meningkatkan mutu sebuah tulisan.

Beranjak dari stigma kebanyakan orang bahwa wanita itu jarang bisa design apalagi otak-atik website. Biasanya tulisannya standar dan jarang sekali menggunakan lay out yang menarik sehingga tulisan menjadi hidup dan menarik untuk dibaca.

Pentingnya belajar hal tersebut karena seorang blogger atau content writer memiliki spesifikasi pekerjaan di dunia digital. Berikut 5 (lima) spesifikasi pekerjaan seorang blogger :

  1. Sharing Expirience/Content Maker

Sudah pasti seorang blogger memiliki pekerjaan utama adalah menulis. Menuangkan ide serta pengalaman berbentuk tulisan sehingga tulisan tersebut bermanfaat ketika dibaca banyak orang.

Di samping itu, tak jarang seorang blogger mendapat tawaran untuk membuat konten tertentu dalam rangka mempromosikan sebuah barang atau jasa.

  1. Product Review

Mengulas sebuah produk sering dilakukan oleh blogger. Hal ini bertujuan untuk menilai produk yang digunakan dan menyampaikan kepada masyarakat umum kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Menariknya, blogger juga mendapat tawaran pekerjaan dalam mengulas sebuah produk dalam benefit barter produk atau dalam bentuk fee.

  1. Brand Awarness

Blogger bekerjasama dengan berbagai jenis perusahaan untuk meningkatkan nilai merk dagang/jasa. Pekerjaan ini tentunya mendatangkan penghasilan yang lumayan untuk seorang blogger. Di samping menulis dalam blog maka blogger juga diminta untuk menjadi buzzer atau influencer di media sosial.  

  1. Backlink Placement

Untuk meningkatkan rating di google maka salah satu hal yang dilakukan seorang blogger adalah backlink placement atau mengkampanyekan link blog. Pekerjaan ini membantu para blogger untuk meningkatkan pencarian di mesin google atau juga membantu sebuah web perusahaan atau blogger lain dengan meletakkan link di tulisan yang dibuat.

  1. Blog Competition

Pekerjaan yang menantang di dunia blog adalah kompetisi menulis. Kompetisi memberikan dampak positif khususnya bagi blogger pemula seperti saya. Terlebih memenangkan perlombaan dan menerima hadiah dan menjadi pemacu untuk membuat koten lebih baik ke depannya.

Bicara soal hadiah tentunya hal tersebut menjadi penyemangat agar blogger selalu memiliki karya terbaik. Tak tanggung-tanggung saat ini para industri atau perusahaan banyak sekali membuat kompetisi blog dengan hadiah yang menarik bahkan mampu menambah pundi-pundi penghasilan seorang blogger.

Nah, kelima pekerjaan di atas sudah pasti ‘memaksa’ seorang blogger untuk memiliki inovasi setiap tahunnya. Kalau tahun lalu memiliki pengetahuan hanya di design dasar mungkin resolusi tahun 2019 lebih baik bahkan belajar sesuatu yang baru sehingga mampu membuat tampilan blog semakin keren.

Berkembangnya pengetahuan seorang blogger akan menambah nilai tersendiri. Apalagi bicara soal design grafis, website, digital marketing dan sebagainya. Pengetahuan tersebut yang mestinya dimiliki oleh blogger, content writer atau reviewer. Jelas saja mutu tulisan akan semakin baik bahkan memiliki daya pikat yang tinggi bagi perusahaan yang akan menggunakan jasa blogger.

Belajar hal baru tentang dunia digital mungkin hal sudah diidamkan semenjak akhir tahun lalu sehingga menjadi resolusi yang tepat di tahun 2019 ini. Dalam mewujudkan sebuah resolusi akan memiliki tantangan tersendiri.

Contohnya, awal bulan Januari seorang blogger menggebu-gebu untuk mewujudkan/mengeksekusi resolusi yang telah dibuat. Namun, berjalannya waktu sampai sekarang menjelang akhir Januari belum ada eksekusi terhadap resolusi tersebut. Asal jangan sampai akhir tahun tidak ada resolusi yang diwujudkan.

Bicara soal mewujudkan resolusi, hal sederhana yang dilakukan untuk lebih melek design grafis, website dan sebagainya adalah mulai searching bahan-bahan di internet dan mulai mempelajarinya. Namun, kelemahannya adalah saya hanya tahu beberapa teori namun sulit untuk menerapkan karena tidak ada yang me-lead setiap apa yang dipelajari. Sama seperti iklan bahwa teori itu lebih mudah dibanding dengan praktik nya.

Oleh karena itu, cara praktis dan terbaik untuk mewujudkan resolusi di dunia digital adalah dengan kursus ke sekolah yang memang mumpuni di dunia tersebut. Masalahnya, dewasa ini banyak sekali tempat kursus yang menawarkan pengetahuan di bidang website. Namun, tentunya sebagai blogger sudah tahu tempat kursus yang berbeda dan memiliki kelebihan di banding tempat kursus lainnya.

Tempat kursus yang membantu mewujudkan resolusi tahun ini adalah DUMET School. DUMET School memberikan pelatihan terkait Web Master, Web Programming, Digital Marketing dan Grafic Design.

Banyak alasan untuk memilih tempat kursus seperti DUMET School. Salah satunya adalah mampu menggaransi peserta sampai bisa memahami setiap jenis topik yang diambil seperti web programming dan sebagainya. Garansi ini membuat daya pikat banyak orang karena tak harus membayar lebih atau berkali-kali untuk mendapatkan ilmu dan pemahaman yang benar-benar dimengerti.         

Jadwal
Fleksibel

Bebas Memilih Jam Kursus

Semi
Private

Satu muridpun belajar di kelas tetap dimulai.

Sampai
Bisa

Periode kursus tidak dibatasi oleh waktu.

Gratis
Konsultasi

Setelah luluspun akan disupport seumur hidup.

DUMET School sudah mendapat banyak pengakuan dari banyaknya peserta kursus yang telah lulus. Bayangkan peserta yang ada mulai dari pelajar, mahasiswa, dosen, staff profesional dan pemilik bisnis. Harapannya para blogger yang ingin menambah penguasaan di berbagai bidang khususnya dunia digital dapat bergabung di sini.       

Mumpung masih bulan Januari maka DUMET School pun memberikan diskon besar-besaran. Nah, buat para blogger, content writter, reviewer yang ingin meningkatkan mutu tulisan dengan berbagai pemahaman dunia digital, yuks segera bergabung di DUMET School.

Melek digital merupakan resolusi yang ingin sekali dieksekusi tahun ini. Hal ini berkaitan dengan pekerjaan sampingan sebagai narablog yang digeluti saat ini. Untuk memudahkan pembelajaran maka satu-satunya jalan adalah mendaftarkan kursus ke DUMET School yang mumpuni dan terpercaya. Nah, untuk para narablog yang masih bingung dan mau mencoba silahkan ikuti free trial dari DUMET School. Selamat menjadi narablog paling kece di tahun 2019 ini. Informasi lebih lanjut, yuks berselancar di semua medsosnya:

Categories: Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!