Kehadiran covid 19 di Indonesia menjadi dilema besar bagi masyarakat. Pasalnya, banyak sektor mengalami penurunan drastis, mulai dari industri manufaktur, pariwisata, ekonomi sampai kepada dunia seni.

Kegiatan di rumah saja selama pandemi otomatis menurunkan omset atau pendapatan setiap keluarga. Apalagi untuk pekerja lapangan yang selalu berhadapan dengan orang banyak dan mengais rezeki di luar rumah.

Pada masa ini, kita diharapkan untuk memunculkan ide baru dalam menambah penghasilan. Hal ini bertujuan untuk kelangsungan hidup dan memenuhi biaya keluarga.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan membuka usaha online yaitu berjualan pakaian. Perkembangan dunia digital menjadi jembatan untuk berusaha walau dari rumah saja.

Bersyukur kegiatan ini mampu menambah pundi-pundi keluarga. Apalagi semenjak di rumah saja, maka kegiatan jual-beli produk lebih aman dilakukan secara online dibanding harus ke pasar atau Mall.

Harapannya, usaha yang dirintis selama pandemi ini akan berkembang dan kelak menjadi supplier pakaian di daerah. Keterbatasan masa karantina di rumah membuat ide-ide baru dalam memasarkan produk atau barang yang dijual.

Home Credit

Awalnya sedikit susah untuk memulai usaha karena banyak pertimbangan seperti market, supply barang, waktu mengurus keluarga dan sebagainya. Namun, ketika memulai usaha ini dan sudah berjalan selama 7 (tujuh) bulan membuat saya yakin akan terus berkembang ke depannya.

 Berikut 5 (lima) tips untuk memulai usaha baru di masa pandemi:

  1. Kemampuan dan Bakat

Sebelum kita memulai usaha maka kita check apa yang menjadi potensi dan kemampuan. Sebagai contoh, kita mampu memasak maka mulai usaha catering atau membuat makanan ringan.

Dalam hal ini, saya menyukai pakaian terutama daster dan baju tidur, maka saya menjual pakaian tersebut. Jadi langkah awal adalah melihat serta menentukan potensi sehingga saat berusaha pun akan menjadi passion dalam kegiatan sehari-hari.  

  1. Modal Usaha

Hal kedua yang di cek adalah modal, tentunya setiap usaha yang akan dimulai membutuhkan modal. Modal baik materi maupun tenaga kerja. Untuk mendapatkan modal materi bisa dilihat kondisi keuangan dan aset yang bisa dialihkan menjadi modal. Jika ingin mengambil kredit atau hutang Bank maka hitung keuntungan serta cicilan setiap bulannya.

  1. Supplier

Cari dan pilih supplier yang tepat dan terpercaya. Di samping itu, lakukan cek harga setiap bulan untuk mendapatkan supplier yang lebih murah dengan kualitas barang yang sama.

  1. Digital Marketing

Selama pandemi, tentunya produk atau barang yang ditawarkan tidak dapat dilakukan door to door maka dilakukan secara digital. Oleh karena itu belajar untuk mempromosikan produk ke berbagai media sosial.

Jika sudah mahir membuat desain, maka berusaha untuk membuat logo dan juga website tempat jualan secara online. Update model terbaru setiap hari agar menarik konsumen.

  1. Konsisten

Tantangan sebuah usaha adalah konsisten, jika tidak dilakukan dengan konsisten secara terus menerus dengan maksimal maka usaha akan sulit untuk berkembang. Apalagi menjalankan usaha di masa pandemi harus memiliki effort lebih dibanding masa normal.  

Demikian 5 (lima) hal yang harus diperhatikan saat memulai usaha baru di masa pandemi. Berani berkreasi dan juga menggapai mimpi di masa pandemi tidaklah mudah namun ketika dilakukan dengan optimis dan doa maka yakinlah semua akan berjalan dengan mudah.

Fun Talk

Hal ini juga didapat saat mengikuti FunTalk #AyoMajuBersama yang diadakan Home Credit Indonesia melalui Live IGTV pada Rabu, 23 September 2020 lalu. Kali ini, public figur yang hadir adalah Erix Soekamti merupakan seorang seniman dan pendiri DOES University.

Acara yang berlangsung selama 40 menit tersebut menyuguhkan keseruan dan motivasi dari seniman tersebut. Acara Fun Talk dipandu oleh Bambang Susanto merupakan Creative Lead Home Credit Indonesia (Ex Base Jam).

Erix Soekamti menyampaikan bahwa di masa pandemi seperti ini kita dihadapkan pada sebuah keterbatasan. Di mana keterbatasan memberikan kreativitas pada setiap orang.

Semakin banyak tekanan dan keterbatasan maka semakin besar peluang untuk menjadi kreatif. Jika semua sudah berkecukupan maka masalah tidak akan banyak sehingga kita tidak terpaksa untuk kreatif.

Keterbatasan menciptakan banyak ide baru seperti jasa rekaman secara outdoor, membuat album premium dan hasilnya saat ini menjadi sebuah Production House, serta microphone portable yang dapat digunakan untuk vlogger.

Walau di masa pandemi, kita diharapkan untuk berani berkreasi dan wujudkan mimpi. Lakukan terlebih dahulu maka semuanya akan mendapat dukungan. Nah, buat teman-teman yang sudah mulai berkreasi dan usaha yuks share di kolom komentar…

Categories: All Post

69 Comments

winda - dajourneys.com · September 25, 2020 at 7:34 am

bener banget, dijaman sekarang semua keahlian dikeluarkan biar bisa bertahan ya mbak 🙁 banyak teman saya yang di rumahkan dan akhirnya jadi penjual makanan demi bertahan hidup

    winda - dajourneys.com · September 28, 2020 at 3:50 am

    tapi emang disaat keadaan terdesak inilah biasanya tenaga super keluar ya mbak hahhaa istilahnya apapun di lakukan asal bisa bertahan, kadang ide2 juga lebih lancar saat kepepet 🙂

nurulrahma · September 25, 2020 at 10:56 am

Masa pandemi ini, banyak peluang yg bisa banget dimanfaatkan
APAPUN, misalnya jual makanan ya
Orang2 kan jadi takut jajan/beli makan di luar yg ngga jelas higienitasnya
Nah, bisa banget tuh jadi lahan baru utk kita jual makanan ke tetangga sekitar

Dewi Natalia · September 25, 2020 at 2:25 pm

Kak Arda ini kreatif banget sih. Aku jd kepengen ikutan usaha juga deh. Yang penting kuncinya konsisten ya kak.

    Putrian Sitepu · October 2, 2020 at 3:17 am

    Bener mbak…
    Masa pandemi dilakukan dengan melakukan yang bermanfaat.
    Hehe..
    Semoga usahanya sukses mbak

Tetty Hermawati · September 25, 2020 at 10:16 pm

iy mba, kayaknya pandemi gini menuntut kita harus lebih kreatif deh, apalagi bua para pelaku usha, dan skrg banyknya pd banting stir ke bisnis kuliner ya

lianny hendrawati · September 26, 2020 at 5:34 am

Memang yang paling utama harus tahu dulu ya passion/kesukaan kita apa, itu yang bisa diarahkan untuk memulai usaha baru. Jadinya akan terasa lebih nyaman dan bisa fokus untuk mengembangkannya. Banyak yang asal-asalan buka usaha akhirnya tutup dalam waktu singkat. Makasih buat share tips nya memulai usaha baru di tengah pandemi.

Keke Naima · September 26, 2020 at 7:37 am

Sektor ekonomi memang terhantam banget dengan adanya pandemi. Tetapi, bagi yang memiliki kemauan dan kreativitas biasanya selalu ada jalan untuk tetap bisa bertahan dan maju

    Keke Naima · September 27, 2020 at 4:17 pm

    Berjualan secara online juga bis amemberi peluang. Karena sekarang banyak yang memilih belanja online demi keamanan dan kenyamanan

mega · September 26, 2020 at 8:45 am

huaa bener nih mba. dan paling penting konsisten. ini nih yang sulit untuk dilakukan, konsistensi.. thanks ya sharing2nyaa

Nurul Fitri Fatkhani · September 26, 2020 at 8:53 am

Setuju Mbak, di masa pandemi ini kita harus berani berkreasi dan mewujudkan mimpi memiliki sebuah usaha.
Semoga usaha daster dan pakaian tidurnya sukses terus ya, Mbak

nchie hanie · September 26, 2020 at 4:18 pm

Selalu salut sama yang terus berlreassi, aplagi dijaman pandemi begini. Bener banget tips diatas semoga membantu semuanya yang sedang berkarya. Aku biasanya mendampingi mereka2 yang mau usaha untuk go online.

    lendyagasshi · September 29, 2020 at 5:50 am

    Kereen teteh..
    Selalu berbagi dan bermanfaat untuk orang lain.

    Pas banget temanya yaa, kak Arda.
    Semoga kita semua bisa melewati ujian ini dengan baik.

Allaely Hardhiani · September 26, 2020 at 11:21 pm

Di saat pandemi gini memang harus terus putar otak dan harus bisa berkreasi untuk bisa bertahan hidup. Kalau nggak kreatif ya nanti bisa ketinggalan.

Ida Tahmidah · September 26, 2020 at 11:36 pm

Iya bener ya harus sesuai bakat dan minat biar kita usahanya enjoy jd pas ada hambatan lebih pantang menyerah hehe…

    Ida Tahmidah · September 29, 2020 at 2:10 am

    Btw.. suka banget ih materi materi talkshownya, menginspirasi saya jadi banyak belajar kitanya juga..

3835info · September 26, 2020 at 11:58 pm

Wah mantap banget nih mas Erix. Motivasinya membuat karya dari keterbatasan. Lecutan banget di saat Pandemi seperti ini

Rani Yulianty · September 27, 2020 at 12:19 am

Keren banget, deh, mba Arda ini, udah jago nulis sekarang pinter bisnis juga, bambah ilmu ya di acara funtalk bareng homecredit

twitter: @iffiarahman · September 27, 2020 at 1:04 am

Bener banget nih tips-tipsnya, kalau aku sih lebih kepada peningkatan skill dulu karena modalnya belum ada… Semoga pandemi ini segera usai

Linimasaade · September 27, 2020 at 1:41 am

Poin terakhir dalam berbisnis sangat penting yaitu konsisten. Berbisnis tidak selamanya mulus seperti jalan tol pas banyak tikungannya tapi dengan konsisten dan bersabar pasti bisa menggapai cuan.

Lidya · September 27, 2020 at 2:32 am

memasarkan produk secara digital penting banget sekarang ya apalagi di masa pandemi kaya sekarang. KAlau jualan tatap muka juga pasarnya kecil gak kaya online yang bisa lebih luar

Andy Hardiyanti · September 27, 2020 at 4:08 am

Yeayy..semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang kreatif dan bisa bertahan dengan situasi yang tidak pasti ini yaa mbak. Semangat terus 🙂

Sri Widiyastuti · September 27, 2020 at 4:14 am

Iya mbak, di masa pandemi ini kita harus punya keberanian untuk bekreasi dan menggapai mimpi ya.

Kalau saya, karena bisanya menulis, jadi aku putuskan untuk menajamkan pena eh tulisan saya dan belajar lagi mengoptimasi blog. Karena hanya inilah yang bisa saya lakukan dan alhamdulillah selama pandemi justru target belajar saya bisa tercapai.

nyi Penengah Dewanti · September 27, 2020 at 4:52 am

Cobaan kita nggak sendirian ya Mba, ada temenne di masa pandemi ini alhamdulillah
semoga kita bisa bertahan dan terus bangkit. Semangat jualan

lendyagasshi · September 27, 2020 at 5:56 am

Kereen yaa..
Saat melompat lebih tinggi dengan segala potensi yang dimiliki. Walau sedang pandemi, ini sungguh bukan penghalang untuk tetap kreatif.

Dessy Achieriny · September 27, 2020 at 10:36 am

Mulai usaha baru memang penuh pertimbangan, banyak rasa takutnya. Gimana nanti dll.. ikut FunTalk dengan narasumber yang memotivasi setidaknya bisa jadi bahan pencerahan ya..

Mugniar · September 27, 2020 at 3:21 pm

Nah setuju, memang 5 hal yang perlu diusahakan untuk berkarya agar bisa menggapai mimpi. Kalau sudah 1, 2, 3, dan 4 maka yang nomor 5 …. harus konsisten, benar2 diupayakn sekeras2nya. Sebab kalao gak konsisten ya percuma ya Mbak.

Uniek Kaswarganti · September 27, 2020 at 4:24 pm

Di masa pandemi ini memang kreativitas dan daya juang harus dimaksimalkan agar mendapatkan kesempatan lebih di mana-mana. Tapi aku bingung mba mau punya bisnis sendiri apa ya yang berkaitan dengan bakat.

Siska Dwyta · September 27, 2020 at 4:56 pm

Ternyata banyak hikmah juga ya yang bisa kita petik di masa pandemi. Termasuk dalam mencari penghasilan asal pandai2nya kita menangkap peluang yang ada ya Mbak

nurulrahma · September 28, 2020 at 12:07 am

Erix Soekamti sungguh WOW!!
Mind-blowing banget nih pemikiran dan eksekusinya.
Keren!
Semoga bisa ditiru generasi (berjiwa) muda lainnya

Jiah Al Jafara · September 28, 2020 at 4:51 am

Setuju banget dengan 5 tips yang Mbak Arda sebut. Terakhir buat konsisten itu yang PR banget. Kadang tergoda hal lain atau bosan. Makanya di awal kudu niat betul

gina · September 28, 2020 at 5:17 am

Pandemi ini scr pribadi membuat saya lebih getol nyari duit, untungnya kita diuntungkan karena memiliki kemampuan menggunakan teknologi (melek teknologi) yang membuka jalur sumber rejeki

riawani elyta · September 28, 2020 at 6:59 am

setuju mbak di masa ini harus kreatif karena di tengah perekonomian sulit. harus pinter2 nyiasatin

Icha Marina Elliza · September 28, 2020 at 7:48 am

Memang terkadang keterbatasan tidak melulu menjadi batu sandungan ya kak Arda. Terkadang malah bisa menjadi jalan agar kita berpikir kreatif untuk mendapatkan solusi

Li Partic · September 28, 2020 at 9:45 am

Itu yang disebut the Power of kepepet ya mbak. Serba terbatas malah bisa menghasilkan peluang. Kreatif!

Mechta · September 28, 2020 at 11:55 am

Di saat pandemi ini kita memang dituntut utk meningkatkan kreativitas dan berinovasi ya mba.. Salut dg mba Arda yg pintar berkreasi. Tasnya cantiiik..

Ria Nugros · September 28, 2020 at 3:20 pm

acara funtalk ini keren ya jadi dapat insight baru. Di masa pandemi ini kita memang harus bisa lebih kreatif dalam menjalani usaha

Yanti Ani · September 28, 2020 at 3:55 pm

Aku juga ikut acaranya ini mba, benar-benar menginspirasi ya, mesti tetap berkreasi apalagi situasi pandemi sekarang ini. Keterbatasan ladang kreatifitas

demia · September 28, 2020 at 6:50 pm

waaa aku nggak ngikutin niiih minggu lalu, jadi pengen meluncur aah nyari IGTV nyaaa heheheh, minggu sebelumnya aku ngikutinpas wiilgoz yang jadi pembicara hihihi

Ig: @ibukafabillah · September 29, 2020 at 12:00 am

Selain berani berkarya ditengah pandemi yang penting yg harus disiapkan adalah modal dan peningkatan skill

Zia · September 29, 2020 at 12:21 am

Masa pandemi ini pasti ngga mudah untuk semua. Sektor-sektor industri pun berjuang keras. Banyak UMKMyang sudah mulai menggeliat apalagi dengan menerapkan strategi yang benar bisa bangkit lagi. Acara seperti #FunTalk ini bagus banget. Anyway makasih sharing tipsnya ya mba.

Sri Widiyastuti · September 29, 2020 at 2:19 am

Iya mbak, pandemi ini membuat lumpuh semua lini yaa. hanya orang-orang yang berani dan kreatif saja yang insyaAllah mampu bertahan dalam masa sulit ini yaa. keren deh ini acara homcredit. bisa menghadirkan narsum yang inspiratif banget

Rach Alida · September 29, 2020 at 4:20 am

Konsistensi ini oenting ya mba dan memanfaatkan digitalisasi saat sekarang ini juga membantu usaha makin maju dan sukses

nyi Penengah Dewanti · September 29, 2020 at 5:22 am

Semangat kita Mba. Apapun yang dilakukan dan berjuang untuk tetap bertahan di tengah pandemi ini luar biasa. Tapi kita nggak sendirian.

andyhardiyanti · September 29, 2020 at 5:32 am

Masa pandemi ini mengajarkan kita banyak hal. Salah satunya ya bagaimana agar tetap produktif meski sedang dalam kondisi yang serba terbatas.

indah nuria · September 29, 2020 at 6:00 am

memang ini masa yang perlu banyak penyesuaian supaya kita bisa tetap survive yaaa…semangat selalu yaaa

Noorma · September 29, 2020 at 8:34 am

Harus diakui bahwa pandemi Covid 19 memang telah meruntuhkan perekonomian masyarakat Indonesia, salah satu solusinya memang kita harus senantias kreatif dalam mensikapi keadaan yang tidak menentu ini.

Ria Nugros · September 29, 2020 at 2:18 pm

setuju mba dalam menjalankan bisnis usaha memang dibutuhkan konsisten tapi ya itu kelihatannya mudah tapi susah dilaksanakan hehehe, apalagi kalau lagi gak mood bisa mempengaruhi konsistensi juga

Simbok li · September 30, 2020 at 12:47 pm

Aku baru semangat ikut² lomba ni mom, kadang hal baru yang baru saya tahu dan saya mau belajar untuk itu. Apalagi kemarin ada mom arda juga ikut dalam lomba podcast, semakin semangat mom saya ikutan lomba lainnya. Yeay!

Wenda · September 30, 2020 at 1:37 pm

Makasih banyak kak tipsnya, konsistensi tuh yang kurang pada diriku nih, karena banyak malesnya bener bener musti semangat terus, ikutan fun talk salah satunya tuh bikin semangat berkarya lagi ya apalagi ketemu mas Erix duh bener bener menginspirasi bgt

NurS · September 30, 2020 at 3:40 pm

Kerenn mom, saya paling susah itu konsisten. Usaha sering ganti- ganti, tapi mulai sekarang mau coba konsisten untuk mulsi usaha makanan. Moga pandemi cepat berlalu

Puput Febriina · September 30, 2020 at 6:17 pm

Kata-kata mas Erix bener banget nih, di saat pandemi ini kita malah lebih kreatif dan emang harus lebih kreatif.

Rani Yulianty · September 30, 2020 at 7:32 pm

Makin kagum aja nih sama mba Arda, udah pinter nulis blog, juara terus, sekarang pinter bisnis juga, di masa pandemi memang mesti kreatif ya biar bisa tetap survive

Taumy Alif · September 30, 2020 at 10:50 pm

Untungnya kemarin juga sempat ikut Fun Talk nya jadi lumayan dalam memberikan semangat dalam menggapai mimpi. Apalagi narsumnya Bang Erix. Keren

Dian · September 30, 2020 at 10:58 pm

Inspiratif sekali mbak arda,
Memang harusnya oabdemi tdk menghalangi kita untuk tetap aktif brekreasi ya mbak

Mutia Erlisa Karamoy · October 1, 2020 at 12:09 am

Pandemi virus yang entah kapan akan berakhir ini memang bikin kita harus lebih kreatif lagi ya buat bertahan melewati masa sulit, salut buat pelaku UKM yang kini makin kreatif

Melina Sekarsari · October 1, 2020 at 12:11 am

Pandemik bikin aku harus lebih giat bekerja nih, Kak. Sekarang judulnya, jualan apapun yang bisa dijual. Sepanjang itu halal, tentunya.

Kami juga mulai membuka usaha jamu nih dari rumah. Barangkali Kak Arda mau coba. Ealah, malah jualan, hahaha …

Tapi setuju loh, kreativitas seringkali datang tanpa kita sadari, di waktu dan kondisi yang sepertinya serba mepet. Mungkin ini yang kerap disebut The Power of Kepepet. Tiba-tiba saja kita bisa karena keadaan.

Li Partic · October 1, 2020 at 1:00 am

Karena keterbatasan jadi kreatif bisa jualan kesukaan kita alias passion ya mbak. Btw yang kamu jual tas apa kain mbak?

Chairina · October 1, 2020 at 1:39 am

semuanya itu bagaimana kita niat dan usahanya ya mba. Kalau kita beneran serius melaju sesuatu pasti akan sukses.

Angrumaoshi · October 1, 2020 at 2:09 am

5 modal penting itu harus ada dan dijaga ya supaya tetap menyala.

Ada Resensi · October 1, 2020 at 2:23 am

Di masa pandemi sekarang, banyak orang yang mengeluarkan jurus “the power of kepepet” ya. Yang tadinya merasa nggak bisa, ternyata bisa.

Nia Haryanto · October 1, 2020 at 2:50 am

Keren banget Mas Erix ini. Bisa menggapai mimpi, kreatif, dan produktif di tengah keterbatasan kayak sekarang ya. Kudu dicontoh nih sama aku yang banyak alasan. Untuk bisa produktif bisa kapan saja ya. Bahkan keterbatan harusnya bikin kta kreatif dan inovatif.

Yanti Ani · October 1, 2020 at 3:13 am

Aku juga ikutan acara ini mba, sangat memotivasi dan bikin kreatif.

Irra Octaviany · October 1, 2020 at 4:05 am

penting banget nih untuk tetap kreatif selama pandemi ini. konsistensi juga diperlukan apabila ingin usaha kita sukses. materi yang sangat menarik banget untuk disimak

Eka budianthi · October 1, 2020 at 6:45 pm

Bener bgt!! Dimasa pandemik begini kita dituntut untuk seba survive dan maju terus dengan ide2 yg out pf the box. Kalo ga begitu akan selalu stuck. Semoga masa pandemi ini segera berakhir

Jenary Tarigan · October 2, 2020 at 3:05 am

Mantap Nora.. semangat terus, Tuhan pasti buka jalan bagi yang mau berusaha

Naqiyyah Syam · October 2, 2020 at 4:32 pm

Keren banget nih Mbak memulai berbisnis di era pandemi ini pastinya kalau kita konsisten untuk promosi, maka akan mengalir deras pundi-pundi penghasilan

Qoty Intan Zulnida · October 8, 2020 at 2:42 am

Benar sekali bunda. Sebelum memulai usaha baiknya di cek dulu dimana dan apa passion kita, sehingga ketika suatu saat muncul masalah pun kita tetap bisa survive karena memang passion ya disitu. Sukses terus yaa bund usahanya

Anisa Deasty Malela · October 8, 2020 at 5:27 am

Saat sekarang ini kita harus berani untuk ambil resiko dan mulai berbisnis sesuai dengan passion yang diiringi tekad untuk sukses ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!