Setiap melakukan perjalanan ke suatu tempat maka mulut ini tak habis-habis mengagumi lukisan indah yang di torehkan Sang Pencipta di bumi ini. Khususnya bumi Indonesia yang sangat kaya dengan pesona wisata.

Tak hanya orang Indonesia yang memuji keindahan alam, wisatawan mancanegara pun berbondong-bondong mengintip, menelusuri bahkan mengabadikan setiap detail keindahan tersebut. Mulai dari ujung Sabang sampai Merauke tersusun rapi keragaman tempat wisata dengan ciri khas yang dimiliki.

Tak tanggung-tanggung dari awal 2017 sampai saat ini, wisatawan mancanegara yang hadir di Indonesia terus menanjak. Berdasarkan Badan Pusat Statistik jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia bulan Juni 2017 naik 31,61% dibanding kunjungan bulan Juni 2016. Kunjungan saat ini mencapai 1,13 juta. Total jumlah kunjungan wisatawan selama Januari – Juli 2017 mencapai 6,84 Juta atau naik sekitar 22,4% dibanding tahun lalu. Alhasil, wisata di Indonesia yang laris manis menambah devisa/pemasukan negara.

Salah satu tujuan wisata yang dikunjungi baik penduduk Indonesia maupun wisatawan luar adalah Sumatera Utara. Salah satunya adalah Pesona Danau Toba yang tidak diragukan lagi keindahan alamnya. 4 dari 5 pengunjung yang hadir ke Sumatera Utara memiliki tujuan wisata ke Danau Toba yang terkenal dengan sekeping surga. Namun, kali ini saya akan mengajak kita untuk jalan-jalan dan melihat 5 Keindahan Sekeping Surga yang ada di sekitar Danau Toba. Saat ini kelima daerah ini dapat dituju melalui 2 (dua) bandara yaitu:

Bandara Kualanamu Medan

Bandara Internasional ini berada di Kabupaten Deli Serdang sekitar 26 km dari Kota Medan. Bandara ini menyediakan jalur transportasi angkutan umum seperti Bus serta Kereta Api untuk menuju kota Medan.

Bandara Silangit

Bandara ini terletak di Siborong-Borong, Tapanuli Utara. Bandara ini hanya menyediakan transportasi angkutan umum untuk menuju daerah sekitar bandara seperti ke Siborong-Borong, Tarutung,  Balige dan Prapat.

Untuk traveler yang ingin melintasi kota Medan maka sebaiknya melalui bandara Kualanamu Medan. Namun, apabila ingin langsung menikmati keindahan alam Danau Toba dengan waktu dan jarak tempuh yang lebih singkat, silahkan memilih jalur bandara Silangit.

5 Keindahan Sekeping Surga

1.DANAU SIDIHONI

Danau Sidihoni terletak di Pangururan Pulau Samosir. Terkenal dengan sebutan danau di atas danau atau danau di atas Danau Toba. Ketika menginjakkan kaki di sini maka kita melihat keindahan luar biasa ditemani sejuknya udara. Lapangan yang terhampar luas dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Danau ini jarang dikunjungi wisatawan mungkin karena jaraknya yang cukup jauh dan belum ada perawatan khusus untuk objek wisata. Di sekitar danau belum terdapat fasilitas warung dan kamar mandi/toilet. Namun, pemandangan alam yang disuguhkan sangat indah, karena di sebrang danau sudah terlihat Danau Toba yang sangat luas. Untuk masuk ke tempat wisata  ini tidak dipungut biaya.

(Jam) Medan - Danau Sidihoni
(Jam) Silangit - Danau Sidihoni

2.AIR TERJUN GIBEON

Air terjun ini mulai booming di awal tahun 2016. Air terjun yang didesain dengan konsep unik, di mana tepat di bawah air dibangun kolam renang berukuran dewasa dan untuk anak-anak. Air terjun Gibeon tidak seperti air terjun yang dijumpai pada umumnya. Karena sekitar lokasi wisata dikonsep rapi, bersih dan jauh dari ‘lumut’.

Kolam renang yang diisi dengan air langsung dari air terjun membuat kesejukan dan kejernihan air. Di samping itu, tersedia pendopo/pondok-pondok tempat wisatawan beristirahat. Tak perlu kuatir karena tersedia warung tempat menjual makanan ringan, minuman dan mie instant dengan harga yang terjangkau.

Disamping itu, tersedia juga kamar mandi yang bersih serta pancur tempat mandi. Fasilitas tersedia dengan lengkap dan parkir juga luas. Air terjun Gibeon berada di Lumban Julu sekitar 1 jam dari Prapat Danau Toba. Untuk hari libur biasanya tempat ini padat pengunjung, tak jarang pengunjung harus menunggu antrean untuk dapat masuk ke lokasi.

Dari gerbang menuju lokasi melintasi perbukitan dan jalan aspal menurun. Tiket masuk untuk semua fasilitas yang dapat dinikmati adalah :

 

(Jam) Medan - Air Terjun Gibeon

Weekdays

Dewasa : Rp12.000/orang

Anak-anak : Rp6.000/orang

Weekend

Dewasa : Rp15.000/orang

Anak-anak : Rp10.000/orang

Untuk parkir dipungut Rp5.000/mobil.

(Jam) Silangit - Air Terjun Gibeon

3.TAMAN EDEN 100

Saat masuk gerbang, kita langsung disuguhkan berbagai jenis tanaman. Keindahan berbagai jenis tanaman memang layaknya taman eden. Mulai dari jenis pohon, buah-buahan, dan bunga tersedia di tempat ini. Tak hanya itu, di taman eden juga terdapat air terjun yang sangat jernih. Jalan menuju air terjun tak seterjal biasanya, kerennya di sepanjang jalan terdapat kebun strawbery dan taman bunga. Untuk penikmat kopi tersedia warung kopi yang menyuguhkan kopi asli Sumatera Utara seperti Lintong, Gayo, Sidikalang & Mandailing dengan harga yang terjangkau. Di samping itu, terdapat konservasi orang utan yang dipelihara. Berwisata ke Taman Eden menyegarkan mata karena komplit mulai dari Air Terjun, berbagai flora dan fauna. Jangan kuatir, keindahan yang begitu sempurna ini tidak dipatok biaya untuk masuk. Namun, cukup mengisi daftar tamu dan memberikan dana bantuan/sukarela.

(Jam) Medan - Taman Eden 100
(Jam) Silangit - Taman Eden 100

4.PANTAI BUL-BUL

Masih di sekitar Danau Toba kita menuju Pantai Bul-Bul yang terkenal dengan pasir putih di sepanjang pantai. Pantai Bul-Bul berada di wilayah Balige yang terkenal dengan seribu tugu, pemakaman raja serta Pizza Andaliman. Saat ini Pantai Bul-Bul sudah mulai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Pantai yang merupakan wilayah Danau Toba ini menyediakan keindahan alam yang tak kalah dengan Danau Toba yang berada di Prapat atau Pulau Samosir.

 

Pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai menambah daya tarik wisatawan yang ingin bermain seharian di sekitar pantai. Tak hanya itu, fasilitas di tempat ini juga sudah lengkap, mulai dari warung tempat makan, toilet, tempat bermain anak, pendopo/pondok-pondok. Makanan yang tersedia juga beraneka ragam dengan menu khusus ikan bakar khas Balige.

Kerennya, untuk memasuki wilayah ini tidak dipungut biaya sama sekali. Hanya dikenakan charge untuk menyewa pondok untuk:

Weekdays: Rp30.000/pondok

Weekend : Rp50.000/pondok

Serta membayar parkir Rp5.000/mobil.

Tak hanya itu, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai permainan air, mulai dari cano, banana boat, donut dan kapal untuk mengelilingi danau. Semua tarif yang dikenakan masih terjangkau.

(Jam) Medan - Pantai Bul-Bul
(Menit) Silangit - Pantai Bul-Bul

5.BUKIT TARA BUNGA

Satu lagi pemandangan sekeping surga yang tidak kalah indahnya yaitu Bukit Tara Bunga. Bukit ini menyuguhkan pemandangan Danau Toba yang begitu luas dan indah. Udara di bukit ini juga sangat sejuk. Perjalanan menuju bukit tidak terjal namun jalanan sedikit sempit dan melewati pemandangan sawah. Tidak ada pungutan biaya untuk mencapai bukit ini. Fasilitas warung dan kamar mandi/toilet juga belum tersedia. Di samping itu, pagar pembatas juga tidak ada sehingga langsung berhadapan dengan bibir bukit.

(Jam) Medan - Bukit Tara Bunga
(Menit) Silangit - Bukit Tara Bunga

Demikian 5 keindahan sekeping surga yang berada di jalur menuju Danau Toba. Seperti pribahasa mengatakan sekali mendayung, dua tiga pulau terlampui, sama halnya dengan perjalanan wisata menuju Danau Toba maka akan dapat mengunjungi 5 objek wisata sekaligus yang begitu indah. Pada umumnya, wisata di daerah ini sangat murah baik dari tiket masuk serta makanan. Walaupun menempuh perjalanan yang cukup jauh, namun cukup puas dengan keindahan alam yang disajikan. Saya sudah menjejakkan kaki di sini, bagaimana dengan kamu?

Sumber:

  1. Badan Pusat Statistik (Data Wisatawan)
  2. Kata Data (Pertumbuhan Turis Asing)
  3. Foto Bandara (Pariwisata.ID)
  4. Dokumentasi Pribadi (Perjalanan Wisata)
Categories: All Post

12 Comments

Siti Faridah · August 17, 2017 at 1:24 am

keren sekali kak pemandangannya.

    ardasitepu · August 18, 2017 at 6:44 pm

    Makasih Mba Siti, main yuks ke Danau Toba 🙂

Nureda · August 21, 2017 at 5:22 pm

Pengen ke Daerah Danau Toba. Semoga kesampean. Thanks infonya.

Anisa · August 21, 2017 at 5:24 pm

Tujuan wisata oke nih. Mantab Mba.

elva susanti · September 3, 2017 at 8:20 am

Keren2 mbak lokasi wisatanya, kepingin bisa jalan ke sana.

Sie-thi Nurjanah · September 12, 2017 at 5:04 am

woww…pesona.kecantikan lain di sumatera utara, cantik2 pemandangannya

    ardasitepu · September 12, 2017 at 5:12 pm

    Thanks Mba Siti… Berkunjung ya 🙂

Channel Bunda · March 8, 2019 at 1:58 am

Wahh perjalanan yang menyenangkan tuh….dibaca-baca tidak terlalu mengeluarkan dana yang banyak ya….Bisa berlibur bareng-bareng dengan keluarga nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!