Setelah memutuskan mengikut suami untuk pindah ke luar kota, maka saya melepaskan pekerjaan yang selama ini sangat dinikmati. Pekerjaan di bidang keuangan yang sesuai dengan latar pendidikan. Namun, sebagai seorang Ibu, setinggi apapun karir yang ingin diraih, tetap keluarga menjadi yang terutama.

Masalahnya, penghasilan keluarga saat ini hanya dari satu ‘corong’ yaitu gaji bulanan suami. Tentunya, hal ini menjadi sedikit berbeda dengan sebelumnya. Mau tidak mau, sebagai pengatur keuangan rumah tangga mulai ketat untuk menyusun anggaran setiap bulannya.

Tak dipungkiri, pengeluaran akan semakin membengkak saat tinggal di kota dibanding dengan daerah. Di daerah hanya terdapat pasar tradisional sedangkan di kota terdapat berbagai jenis Mall dan jajanan selama 24 jam.

Belum lagi biaya pendidikan dan ekstrakurikuler anak yang cukup mahal. Posisi rumah dinas dan pusat pendidikan dan perbelanjaan lumayan jauh, jadi dibutuhkan jasa kendaraan online untuk mengantar anak-anak.

Semua terkait dengan biaya yang semakin menggelembung sedangkan penghasilan hanya tetap. Oleh karena itu, tidak mau berdiam diri maka saya dan suami berencana untuk berusaha. Dalam arti mencari toko/kios yang mampu menambah penghasilan dari berjualan.  

Bicara soal berjualan dan menjadi ‘bos’ untuk diri sendiri adalah cita-cita saya. Dulu, sebelum memulai perkuliahan saya berpikir untuk mencari ilmu berkaitan dengan keuangan dan perpajakan. Sehingga saat memperoleh gelar perpajakan dan mayoritas belajar tentang akuntansi, saya berharap akan menjadi pengusaha yang mampu menghasilkan dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Setelah mendapatkan gelar sarjana tersebut, belasan tahun berkutat di dunia keuangan. Mungkin saatnya, untuk berdikari memulai sebuah usaha, mengingat suami yang memiliki rotasi pekerjaan setiap 5 (lima) tahun sekali.

Salah satu usaha yang ingin ditekuni dari dulu adalah berjualan perlengkapan bayi atau baby shop. Pertama, berdasarkan pengalaman memiliki anak pertama dan kedua banyak sekali perlengkapan yang harus dibeli dan merasa bahwa perlengkapan bayi tentunya akan terus dibutuhkan setiap waktu tanpa mengenal kata musiman.

Kedua, barang untuk perlengkapan bayi sangat lama berganti model yang update. Dalam arti, model pakaian dan beberapa perlengkapan akan seperti itu terus mungkin hanya berganti diwarna dan corak saja.

Tak lama setelah memutuskan akan membuka sebuah baby shop maka sudah mendapatkan vendor serta harga yang jauh dari pasaran. Sehingga dapat memperoleh margin sekitar 30-60%.

Namun, setelah mendapatkan vendor, ada 5 (lima) kendala yang akhirnya mengurungkan niat untuk membuka toko/kios perlengkapan bayi:

  1. Harga Sewa Toko

Setelah dilakukan survei ke toko yang kosong di pasar maka harga sewa toko/kios berkisar Rp50 Juta sampai Rp75 Juta/tahun. Belum lagi jika terdapat pembayaran arus listrik, kutipan keamanan dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk sewa yang begitu mahal tentunya membutuhkan modal yang cukup tinggi.

  1. Waktu Berjualan Terbatas

Di pasar tradisional memiliki waktu berjualan yakni pukul 08.00 WIB-18.00 WIB. Ketika sudah melewati waktu, maka secara umum toko akan tutup dan pasar akan dikunci. Sehingga waktu maksimal untuk berjualan hanya sekitar 10 jam.

  1. Jarak dari Rumah

Kondisi rumah ke pasar terbilang jauh, sehingga dapat menghabiskan banyak waktu. Belum lagi, saat ini saya tidak memiliki Asisten Rumah Tangga tentunya akan sangat kerepotan untuk memberikan perhatian ke anak dan berjualan di pasar.

  1. Membutuhkan Karyawan

Dalam menyesuaikan jadwal sekolah anak serta jadwal buka toko maka dibutuhkan karyawan yang dapat stand by untuk membantu berjualan. Di samping itu, saya harus memikirkan gaji karyawan toko yang pada umumnya sesuai UMR daerah.  

  1. Jangkauan Pasar Terbatas

Kondisi toko berada di pasar tradisional dan area sedikit tertutup. Alhasil pengunjung atau pembeli belum tentu dapat menjangkau area toko/kios tersebut.

Melihat kelima kondisi di lapangan, maka membuka usaha offline membutuhkan biaya yang besar, waktu serta tenaga. akhirnya mimpi untuk menjadi ‘bos’ dengan usaha sendiri harus tertunda.

Setelah hampir setahun mengubur mimpi untuk berjualan perlengkapan bayi, maka saat ini mulai menjajakan berbagai jenis barang di dunia online. Mulai dari media sosial sampai kepada grup chatting. Namun, kembali hasilnya belum maksimal, mungkin karena belum terlalu fokus dan jangkauannya belum terlalu luas hanya sebatas teman atau follower.  

Padahal hadirnya revolusi industri 4.0 saat ini banyak membantu dalam meningkatkan penghasilan terkhusus jualan online. Namun, kembali jika hanya berjualan di sekitar media sosial tidak akan memperoleh hasil yang maksimal.

Saat ini berkembang marketplace yang membantu banyak orang termasuk Ibu Rumah Tangga (IRT) seperti saya untuk mewujudkan mimpi menjadi ‘bos’ atas usaha sendiri. Tentunya, marketplace yang mampu menjadi wadah dan memberikan kepercayaan kepada pembeli.

Menariknya, marketplace ini menjadi sasaran domestik maupun luar negeri. Jangkauan yang diberikan cukup luas sehingga barang yang akan kita jajakan di dalam mampu meraup keuntungan yang maksimal.

Marketplace yang saat ini sedang saya idamkan adalah Blibli.com. Kebanyakan penduduk Indonesia mungkin tidak asing lagi dengan marketplace ini. Beberapa kali berbelanja di sini, memberikan kepuasan sendiri.

Apalagi produk yang dibeli adalah perlengkapan bayi, sehingga ada keinginan untuk belajar berjualan produk bayi di Blibli.com. Tak hanya itu, beberapa kali saya mengintip berbagai ulasan mengenai jualan di Blibli.com.

Menariknya, marketplace ini juga menyediakan kelas webinar atau event khusus untuk merchant di Blibli.com dalam rangka meningkatkan penjualan. Tak hanya memperoleh penghasilan, para penjual juga diajari tentang berbagai strategi dalam berjualan online.

Berharap kemampuan untuk menjahit baju baby dan balita dapat dipasarkan secara online melalui Blibli.com. Apalagi membuat baju bayi yang unik dan berbeda belum terlalu ramai di pasaran.  

Salah satu kisah inspiratif dari merchant yang membakar semangat saya untuk segera memulai jualan online baik perlengkapan bayi dan hasil karya menjahit pakaian anak adalah Hanfi yang menjual berbagai perlengkapan bayi dengan brand “Klik Baby Love”. Di toko ini saya melihat berbagai jenis perlengkapan dan peralatan bayi tersedia.

Video yang disajikan membuat saya terkesan dengan menguraikan pengalaman bahwa memiliki website sekalipun belum tentu perkembangan penjualan terlalu bagus. Semenjak bergabung di Blibli.com penghasilan meningkat bahkan traffic hingga 3000%.

“Besar bersama dengan tim Blibli.com sangat menjanjikan...”

Beberapa kali melihat iklan Blibli.com di televisi dengan sajian yang menarik. Hal ini meyakinkan penjual untuk dapat bergabung di Blibli.com. Mendengar pernyataan dari Hanfi sebagai pemilik Klik Baby Love bahwa besar bersama dengan tim Blibli.com sangat menjanjikan.

Berikut 8 hal yang membuat Blibli.com menjadi istimewa sebagai marketplace terbaik saat ini:

Kategori yang disajikan di Blibli.com ada banyak jenis mulai dari Galeri Indonesia, BlibliMart, Handphone, Tablet, Fashion sampai kepada Otomotif. Kategori yang menjadi incaran saya adalah Ibu dan Anak, semoga dimasa depan dapat berjualan di kategori ini.

Kategori Ibu dan Anak yang disediakan juga dengan kualitas terjamin, sehingga sebagai penjual setidaknya dapat menyediakan bahan atau produk yang terjamin dan aman untuk bayi dan anak.

Di samping itu, kategori Ibu dan Anak menjadi incaran banyak para Ibu yang mencari keperluan dan perlengkapan anak di sini. Jadi untuk calon penjual, mau jualan apa saja dapat disesuaikan dengan 16 kategori yang ada di Blibli.com

Sebagai penjual pemula, tentunya akan sangat sulit untuk belajar teknik fotografi. Karena salah satu daya pikat pembeli adalah melihat tampilan foto yang bagus serta tidak asal-asalan.

Kebanyakan calon pembeli akan terlebih dahulu melihat foto barang yang akan dibeli. Jika fotonya saja sudah tidak menarik, maka keinginan untuk membeli pun menjadi berkurang.

Salah satu poin yang membuat tampilan di Blibli.com selalu ber-kelas adalah foto barang yang bagus dan clear. Menariknya, barang dagangan yang dijual di Blibli.com akan mendapatkan fasilitas gratis foto produk, tentunya dengan tenaga profesional.

Walaupun penjual tidak memiliki kemampuan fotografi maka tinggal menyampaikan kepada tim Blibli.com maka akan mendapatkan foto barang dagangan yang bagus secara gratis. Keistimewaan ini tentunya sangat membantu penjual.

Kemasan/box coklat dan logo Blibli.com sungguh tidak asing lagi. Beberapa kali membeli produk di marketplace ini mendapat kemasan yang bagus dan rapi.

Bagi setiap penjual tidak perlu kuatir, karena produk penjual akan dilindungi dengan box yang secara gratis disediakan oleh Blibli.com. Jadinya untung banget karena membeli box saja akan menghabiskan biaya yang cukup besar. Apalagi produk yang dijual memiliki ukuran yang besar.

Salah satu yang menarik perhatian untuk pembeli adalah gratis ongkos kirim (ongkir). Apalagi setelah tahun ini, biaya ongkir cukup naik dratis.

Fasilitas gratis biaya kirim yang disediakan oleh Blibli.com sangat meringankan pembeli dan tentunya penjual tidak perlu was-was dengan barang dagangannya yang kurang laku karena ongkir yang mahal.

Hebatnya, gratis biaya pengiriman yang diberikan oleh Blibli.com hingga ke seluruh Indonesia untuk setiap produk reguler. Jadi, untung berkali-kali baik untuk pembeli maupun sebagai penjual.

Kerjasama Blibli.com lebih dari 30 perusahaan logistik sehingga akan mempermudah proses pengiriman ke seluruh Indonesia. Jangkauan yang diberikan di Blibli.com sangat luas, tentunya dengan adanya kerjasama pihak Blibli.com dengan logistik memudahkan penjual untuk menjajakan barang dagangannya sampai ke pelosok Indonesia.

Seperti diketahui bahwa penjual belum tentu memiliki diplomasi yang baik dengan jasa pengiriman. Adanya kerjasama Blibli.com ini juga menjadi peluang besar untuk penjual membuat jaringan dengan pihak logistik untuk bekerjasama dengan baik dalam hal pengiriman barang.

Keistimewaan keenam yang membuat Blibli.com jadi pilihan marketplace terbaik adalah tim menjamin keamanan produk yang dikirim. Apalagi untuk barang-barang elektronik tentunya asuransi ini sangat dibutuhkan untuk menjaga produk sampai ke pembeli dengan baik.

Adanya asuransi pengiriman produk membuat penjual dan pembeli menjadi tenang. Karena produk yang dijual lebih memiliki kepastian dibanding dengan tidak adanya asuransi pengiriman produk.

Dalam dunia bisnis, khususnya berjualan online tentunya ada hal-hal yang terkadang bermasalah, apakah dari sisi pengiriman, pembayaran dan sebagainya. Menariknya, Blibil.com menyediakan call center khusus untuk membantu penjual.

Oleh karena itu, layanan merchant care ini sangat membantu bagi para penjual saat menghadapi kesulitan dalam berjualan. Layanan ini juga bermanfaat untuk seller baru yang ingin mengetahui lebih banyak tentang berjualan online di Blibli.com   

Blibli in store adalah program dari Blibli.com yang memberi kemudahan bagi pembeli untuk berbelanja di toko offline kemudian membawa pulang produk secara langsung. Keuntungan yang didapatkan seperti belanja online dengan cicilan 0% dengan kartu kredit dengan 16 bank.

Menariknya, metode pembayaran di Blibli in store ini adalah sangat fleksibel. Dapat juga berupa loyalty program dalam bentuk Blibli Rewards, berbagai promo menarik dari Blibli serta Customer Care yang siap melayani selama d24/7.

Inovasi terdepan yang dikeluarkan Blibli melalui in store sangat unik dan berbeda. Pengalaman ini dapat menguntungkan pembeli dan penjual khususnya dalam hal bertransaksi.

Demikian 8 (delapan) keistimewaan jual online di Blibli.com. Serasa ingin memulai strategi baru dengan berjualan dan menghasilkan pundi-pundi penghasilan.

Di samping itu, Blibli.com juga memberikan fasilitas tambahan untuk meningkatkan performa toko dengan Blibli University yaitu mendapatkan tutorial memulai bisnis, video learning, dan artikel pengembangan bisnis online. Tak hanya itu, sebagai sesama penjual tersedia wadah berupa Komunitas Blibli Seller untuk mengembangkan koneksi dan berbagi inspirasi dalam pengembangan bisnis online bersama merchant Blibli.com lainnya.

Setelah memantau pasar yang ingin dicapai dengan produk yang diproduksi atau dijual kembali di dunia online, maka sudah saatnya untuk memulai berjualan di Blibli.com. Seperti mimpi saya ingin berjualan produk perlengkapan bayi, maka hal utama yang saya perhatikan adalah kualitas produk serta kenyamanan produk untuk bayi dan anak-anak.

Kemudian mulai memasarkan produk di Blibli.com dan mendulang rezeki dengan produk yang ditawarkan ke masyarakat. Cara pertama adalah dengan membuka toko, mengisi berbagai dokumen serta menerima email verifikasi dan kemudian siap berjualan. Untuk orang pribadi, dokumen yang disiapkan adalah KTP dan NPWP.

Langkah selanjutnya mengunduh berbagai produk dan harga yang ingin ditawarkan ke masyarakat, jika ada pembeli langsung respon pesanan lalu menerima pembayaran.

Asiknya berjualan online, dapat dilakukan kapan dan manapun. Dapat dipantau dari mana saja. Tak hanya itu, tidak memerlukan pembayaran kios hingga puluhan juta rupiah, tentunya aman dan nyaman karena tidak perlu melakukan stock barang yang berlebihan. Hanya dengan memperhatikan pasar dan permintaan.  

Akhirnya, mimpi para IRT di Indonesia akan terwujud untuk membantu penghasilan keluarga dengan memulai usaha online. Meraup untung yang enggak tanggung-tanggung dengan memulai berjualan di Blibli.com.

  1. Pengalaman Pribadi
  2. blibli.com
  1. Istockphoto
  2. Unsplash
  1. ardasitepu.com diolah dengan canva
  1. Blibli.com Youtube Channel

83 Comments

Abet · July 31, 2019 at 5:25 am

Nambah info baru buat ‘lahan’ jualan online yang sebelumnya cuma di akun sosmed. Sepertinya bakal berekspansi ke blibli. Hihihi

    ardasitepu · August 1, 2019 at 6:29 am

    Iya Bet, sekarang lebih mudah kadang di sosmed kurang maksimal maka lebih baik ke marketplace Blibli.

Nchie Hanie · July 31, 2019 at 11:45 am

Jaman sekarang bekerja bisa dimana saja ga perlu kantoran aja. Salut sama BliBli nih dengan programnya , semoga kita bisa ikut berjualan onlen yang lagi ngehits dijama now. Cuss ahh Jadi Digital preneur, biar cepet jadi Bos hahhaa

    ardasitepu · August 1, 2019 at 6:29 am

    Setuju mbak biar bisa jadi bos atas usaha sendiri hihi

    niaharyanto · August 3, 2019 at 3:58 am

    Nah iya, aku jadi kepengen dagang nih gara-gara tahu kelebihan Blibli. Kepengen cepet kayaaaaa :))))

Tetty Hermawati · July 31, 2019 at 6:15 pm

e commerce emang makin banyak digunakan ya sekarang, soalnya mudaaahhh bgt dan ga khawatir kena tipu-tipu

    ardasitepu · August 1, 2019 at 6:30 am

    Blibli.com saat ini marketplace yang terpercaya di Indonesia mbak jadi aman banget.

    Lia Yuliani · August 2, 2019 at 11:26 pm

    Saya pernah jualan online, hanya saja belum sampai berjualan di marketplace. Mungkin bukan passionnya si dunia jualan baju, hehe … jadi memilih buat menekuni hobi nulis aja. Suka baca tulisannya, Mbak Arda. Detail banget dan bahasanya ringan serta mudah dipahami

      ardasitepu · August 3, 2019 at 12:15 am

      Iya mbak coba di marketplace mungkin lebih untung.

Okti Li · July 31, 2019 at 8:17 pm

Benar kendala say juga bikin foto yg oke. Secara jualan itu pastilah tergantung dari pandangan pertama terhadap barang, ya kan ..
Senang banget dong ini kalau di Blibli malah disediakan foto yang bagus hasil profesional.

    ardasitepu · August 1, 2019 at 6:31 am

    Iya mbak saya juga agak down kalau urusan foto barang haha. Untuk Blibil menyediakan fasilitas ini dengen ketentuan tertentu.

Gioveny · July 31, 2019 at 11:53 pm

Terbayang kalau jualan online di bibli tuh enak yak semuanya difasilitasi. Apalagi soal foto produk wah butuh keahlian khusus tuh supaya bisa menarik minat yg beli

    ardasitepu · August 1, 2019 at 6:37 am

    Iya mbak ada 8 keunggulan yang ditawarkan jika berjualan di Blibli.com

deddyhuang.com · August 1, 2019 at 12:15 am

ya telat aku tahu info lomba ini…. moga diperpanjang *eh

@nurulrahma · August 1, 2019 at 12:44 am

Asyik bgt jualan online di BliBli. Segalanya serba dipermudah ya Mbaaaa
Siap2 meraup profit banyaaaakk iniii 😀

    ardasitepu · August 1, 2019 at 6:37 am

    Banget mbak jadi bisa dapat profit banyak.

yola widya · August 1, 2019 at 7:07 am

aku jadi semangat jualan lagi nih gara-gara blibli. apalagi, ada fasilitas foto gratis segala

    ardasitepu · August 1, 2019 at 9:52 am

    Wah keren, ayuks semangat berwirausaha mbak.

Rani · August 1, 2019 at 8:01 am

Aku juga lagi seneng banget belanja di blibli, karena cepat banget sampainya, free ongkir pula.
Kemarin beli suatu barang dari depok, belinya siang, malam2 sudah sampai dong ke rumah saya daerah tangsel, lalu packagingnya juga rapi

    ardasitepu · August 1, 2019 at 9:52 am

    Iya ya mbak, coba jualan juga mbak biar jadi enterpreneurship.

TIAN LUSTIANA · August 1, 2019 at 8:37 am

Lewat BliBli ini semua serba mudah yah, belanja atau jualan pun mudah, seneng deh

    ardasitepu · August 1, 2019 at 9:51 am

    Iya mbak semuanya dimudahkan melalui Blibli.com

Indah Nuria · August 1, 2019 at 11:19 am

Aku juga maju mundur nih mau buka toko online nih mba. Banyak beauty products and pre-loved items yang lucu – lucu. Boleh deeh aku coba cek aaah

    ardasitepu · August 1, 2019 at 2:18 pm

    Coba deh mbak, banyak untung dan dimudahkan lagi bersama Blibli.com

Intan Daswan · August 1, 2019 at 2:01 pm

Wah, banyak plus-plusnya ya, Mbak. Jadi pengen nyoba jualan nih…

Keke Naima · August 1, 2019 at 3:50 pm

Saya juga mulai kepikiran buka toko online. Walaupun masih maju mundur merealisasikannya. Tetapi, memang foto produk di Blibli bagus-bagus

    ardasitepu · August 1, 2019 at 4:31 pm

    Iya mbak, ayuk semangat maju terus mbak hihi.

Reyne Raea · August 1, 2019 at 7:07 pm

Makin asyik nih meraup untung di blibli.
Lebih praktis dan semua disupport penuh ya, kadang kepikiran pengen buka lagi bisnis online, tapi waktu belum memungkinkan, saat ini masih nyaman jadi blogger aja dulu.

Mungkin setelah anak-anak besar, baru bisa jualan 🙂

    ardasitepu · August 2, 2019 at 2:23 am

    Iya mbak, semangat merintis dulu mbak. Ntar anak2 udah mandiri baru bisa dieksekusim

Eka Mustika · August 1, 2019 at 8:58 pm

Saya punya online shop di IG. sempat kefikiran mau buka dIblibli karena termasuk marketplace besar dan terpercaya ya. semoga dimudahkan ni moat sy punya di blibli

    ardasitepu · August 2, 2019 at 2:22 am

    Amin, semoga dimudahkan melalui Blibli.com ya mbak.

Rach Alida Bahaweres · August 1, 2019 at 10:26 pm

Aku senang kalau blibli itu karena gratis ongkir. HHehhee. Trus produknya juga bagus-bagus, mba

    ardasitepu · August 2, 2019 at 2:22 am

    Iya mbak, sudah menjadi marketplace terpercaya saat inim

Ida · August 1, 2019 at 11:21 pm

Wah asyik banget ya ada fasilitas foto produk gratis..kece nih..aku jg pengen banget nyoba ah..

Nabila Haqi · August 2, 2019 at 12:34 am

Lah, saya kalo main ke Blibli kerjaannya cuma cari barang. Belum ada rencana buat jualan, soalnya saingannya berat-berat.. Jadi kalo jadi reseller kayaknya gak mungkin. Wkwkwkw

    ardasitepu · August 2, 2019 at 2:21 am

    Hehe iya mbak, coba reseller aja di Blibli.com

Lidya · August 2, 2019 at 12:49 am

KAlau punya toko offline sendiri kendala cari karyawan itu yang susah-susah gampang ya mbak. Memang enaknya toko online aja, aku mau banget tapi masih bingung produknya, cobain blibli aj akali ya

    ardasitepu · August 2, 2019 at 2:20 am

    Iya mbak Lidya, repot banget kalau buka toko atau kios. Soalnya saya udah survei lapangan.

Nia K. Haryanto · August 2, 2019 at 1:11 am

Hari gini gak ada alasan ya untuk gak bisa berdagang. Banyak marketplace yang menyediakan dan memudahkan kita. Salah satunya Blibli ini. Duh, banyak nilai plusnya nih. Bikin kepengen dagang di Blibli deh.

    ardasitepu · August 2, 2019 at 2:20 am

    Iya mbak, saya juga usai ngulas blibli jadi pengen berdagang segera hehe.

Sumiyati Sapriasih · August 2, 2019 at 1:14 am

belanja online di blibli.com itu memang asyiknya tidak dikenakan ongkos kirim, dan harganya juga lebih murah

    ardasitepu · August 2, 2019 at 2:15 am

    Baik belanja maupun menjual sama2 menguntungkan di Blibli ya mbak.

Elly Nurul · August 2, 2019 at 1:37 am

Kadang seni dalam menjual sangat diperlukan ya mba, apalagi jaman yang serba digital seperti sekarang, dibutuhkan seni menjual termasuk menjual melalui market place yang sudah terpercaya oleh masyrakat luas, jadi sang penjual maupun pembeli sama-sama percaya untuk bertransasi ya..

    ardasitepu · August 2, 2019 at 2:15 am

    Setuju mbak, seni menjual berbagai kebutuhan secara online sangat dibutuhkan.

Visya · August 2, 2019 at 2:04 am

Sebagai penjual online Aku jg tertarik jualan di blibli. Tergiur sama foto produk gratis, packaging gratis Dan jasa pengirim yang cepat.

Nunung Nurlaela · August 2, 2019 at 2:23 am

Wah makin keren sekarang blibli ya. Sekarang jamannya serba cepat, jualan online sungguh menjanjikan. Terimakasih infonya, Mbak. Jelas banget, nih stepnya. Siapa tau nanti bisa ikutan jualan juga

    ardasitepu · August 2, 2019 at 2:24 am

    Iya mbak makin keren dan sangat membantu bagi seller.

Kurnia amelia · August 2, 2019 at 4:07 am

Blibli.com inj emang juara banget dehhh suka banget diskon cetar pernah beli sabun cair 90 ribuan jadi 25 rebu dan itu free ongkir hahahaa bahagia deh kalau belanja disini.

    ardasitepu · August 2, 2019 at 7:55 am

    Iya mbak selain belanja, jualan di Bliblim.com memberikan hasil maksimal.

Hairun Nisa · August 2, 2019 at 4:50 am

Wah ini serius gratis foto produk? Sungguh unggul ya Blibli ini. Jadi auto mikir ide jualan online. hehe

    ardasitepu · August 2, 2019 at 7:54 am

    Iya mbak Nisa. Silahkan berwirausaha 🙂

Diyanika · August 2, 2019 at 5:22 am

Baca tulisan Mbak Arda ini mengingatkanku sama perjuangan suami buka usaha offline di rumah, Mbak. Dan emang modalnya gede. Iya, kalau langsung ramai, kalau masih sepi, kudu punya stok uang yang banyak. Kalau nggak, apa kabar sama dapur? Beda cerita kalau jualannya online ya.

    ardasitepu · August 2, 2019 at 7:54 am

    Setuju mbak, kalau jualan online modal tidak besar beda dengan offline.

Leyla Hana · August 2, 2019 at 5:48 am

Aku sering banget belanja di Blibli karena gratis ongkir dan banyak diskonnya. Kemarin juga baru beli skincare di Blibli. Asik kali ya jualan di Blibli. Banyak untungnya.

    ardasitepu · August 2, 2019 at 7:53 am

    Iya mbak untung karena keunggulan di banding yg lain.

Zia · August 2, 2019 at 5:56 am

Zaman digital kayak gini emang lebih enak buat buka toko online ya. Yang pasti ada kelebihan dan kekuarangannya masing-masing dibandingnkan toko offline. Intinya persiapan tetep mateng ya mba.

    ardasitepu · August 2, 2019 at 7:53 am

    Iya mbak, persiapan yang baik bisa membuat seller makin mantap untuk berdagang.

Putrian Sitepu · August 2, 2019 at 6:44 am

Infonya bermanfaat mbakk..
Ntar aku coba deh..
Makasih mbak

lianny hendrawati · August 2, 2019 at 7:25 am

Aku baru lusa kemarin beli barang di Blibli, ini tinggal nunggu barangnya sampe rumah. Seneng sih karena ada diskon dan gratis ongkir hehe. Berjualan di Blibli juga mudah ya, apalagi ada merchant care yang pastinya sangat membantu bagi seller pemula.

    ardasitepu · August 2, 2019 at 7:51 am

    Iya mbak untuk seller pemula akan lebih dimudahkan melalui layanan merchant care.

Fauziah azzahra · August 2, 2019 at 2:32 pm

Aku baru mau belajar jualan online eh pas banget nemu artikel ini. Aku jadi tau step by step yang harus dijalani. Biar jualan maksimal dan ga asal2an. Enak ya kalo bisa jualan di blibli.com bisa dapet bungkusan dan foto gratis.

    ardasitepu · August 4, 2019 at 1:01 pm

    Itu dia asiknya mbak, banyak kemudahan dan keunggulan berjualan di Blibli.com

Ira Hamid · August 2, 2019 at 3:40 pm

Saya pernah belanja di Blibli dan memang benaran gratis ongkir, padahal saat itu belanjaan saya hanya seratusan lebih dan barang yang saya beli itu beratnya sekitaran 3 kg 🙂

    ardasitepu · August 4, 2019 at 1:00 pm

    Wah senangnya mbak, baik belanja maupun jadi penjual memang keren kalau di Blibli.com

lendyagasshi · August 3, 2019 at 2:04 am

Mudah sekali berjualan di Blibli yaa…
Langkahnya gak ribet dan pasti mendatangkan rejeki.
Melihat geliat berjualan online seperti saat ini.

    ardasitepu · August 4, 2019 at 12:58 pm

    Iya mbak membantu mendatangkan rezeki bagi wirausahawan.

April Hamsa · August 3, 2019 at 4:27 am

Oh jadi barang yang di blibli tu sebenarnya dari beberapa seller ya mbak?
Aku baru tau ada penawaran utk fasilitas foto produk. Itu kyk kita kirim foto mentah kemudian dieditin sama mereka gtukah?
Aku nih jarang buka blibli kecuali sesekali baut nyari susu anak hehee

    ardasitepu · August 4, 2019 at 12:58 pm

    Iya mbak ada fasilitas foto produk yang dibuatkan oleh pihak Blibli.com

Tika Samosir · August 4, 2019 at 1:29 am

Aku juga suka banget belanja di bliblidotcom semuaa barangnya gaus-bagus apalagi kalau ada diskon pasti mupeng banget deh.

    ardasitepu · August 4, 2019 at 12:57 pm

    Iya mbak, blibli memang banyak diskonnya. Makanya buyer dan seller senang ada di sini.

Suciarti Wahyuningtyas · August 4, 2019 at 3:54 pm

Wah… Aku baru tau ini kalau Blibli bisa untuk jualan produk kita sendiri nih. Selama ini yang ku tau hanya untuk brand-brand yang sudah terkenal, bukan untuk produk rumahan gitu.

    ardasitepu · August 4, 2019 at 3:54 pm

    Iya mbak, bisa juga brand terkenal atau buat brand sendiri.

Novitania · August 5, 2019 at 5:35 am

Wah baru tahu lho kalo gratis foto produk. Jadi pengen jualan juga deh di blibli. Kebetulan udh ngomongin soal usaha sama suami

Andiyani Achmad · August 5, 2019 at 7:55 am

Jadi blibli selain menjual barang juga bisa jadi market place buat UKM gitu ya.. rebranding kali ya?

EkaRahmawati · August 6, 2019 at 2:30 am

Jujur aku baru tahu kalau Blibli bisa juga buka toko online kayak Tokopedia gitu Bagus buat siapa aja yang mau usaha, khususnya ibu yang harus urus anak dan enggak mau cuma mengandalkan gaji dari suami ya Mba hehehe. Semangat ya Mba Arda 🙂

Grandys · August 6, 2019 at 4:12 am

Sama mbaa ak jg bersikeras banget untuk bisa melakukan usaha sendiri dan menjadi bos akan diri sendiri. Berkat penjelasan ini, ak mau ah jualan d Blibli

Nuniek KR · August 6, 2019 at 4:33 am

Penasaran banget sama fasilitas foto produk gratisnya itu lho

Nessa · August 6, 2019 at 3:24 pm

Aku pengen coba, tapi untuk produk sendiri gimana cara nya ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!