Dunia benar-benar sedang memasuki era digital. Digitalisasi di semua aspek sudah kita rasakan, termasuk di bidang pendidikan, bidang yang saat ini saya tekuni. Menjadi seorang pengajar di era digital, memiliki tantangan tersendiri. Anak-anak sudah memiliki karakter yang berbeda. Ya bisa dibilang ini adalah masa di mana anak-anak jauh lebih akrab dengan gadget-nya dibanding dengan buku pelajarannya.

Di satu sisi, saya melihat ini merupakan sebuah transformasi budaya. Anak-anak semakin mudah untuk belajar, tanpa harus belajar dengan membawa banyak buku ataupun alat bantu yang merepotkan. Namun di sisi lain, bila kita sebagai orang tua atau pun pengajar tidak bisa mengarahkan anak-anak kita dengan baik, maka gadget mereka justru akan menjadi sebuah distraksi yang membahayakan.

Disini saya tidak akan menganalisis tentang sisi baik dan sisi buruk digitalisasi di dunia pendidikan, melainkan akan mereview sebuah produk yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Baik bagi siswa ataupun pengajar seperti saya. Ruangguru.com hadir sebagai penyedia jasa bimbel online terpercaya dan terkemuka di Indonesia.

Pertama kali mendengar bimbel online Ruangguru, saya langsung tertarik untuk mencoba melihat fitur apa saja yang disediakan oleh ruangguru.com untuk siswa maupun untuk pengajar. Dan setelah melihatnya, WOW! Ini adalah inovasi yang hampir sempurna untuk sebuah platform pendidikan. Semua pelajaran di setiap jenjang dengan lengkap tersedia.

Saya sebagai guru merasa beberapa rangkuman materi yang dibuat sangat membantu saya untuk mengajarkan beberapa materi. Salah satu yang menarik adalah fitur RuangVideo dalam aplikasi Ruangguru. Sesuai dengan namanya, di ruangguru.com kita akan dapat menggunakan media belajar dalam bentuk video. Video belajar ini praktis, cocok untuk anak-anak yang lebih mudah menangkap materi dari bentuk audio visual.

Rangkuman dari video belajar dalam fitur Ruang Video yang ditonton, merupakan pengembangan berdasarkan silabus kurikulum Kemendikbud. Saya sudah melihatnya dan ternyata sesuai. Selain itu juga, videonya juga bisa diunduh dalam bentuk flash card agar bisa dipakai lagi saat belajar mandiri.

Selain video belajar, ada juga video inspiratif dari para lulusan universitas top. Saya sebagai seorang pengajar sangat merasa bahwa anak-anak sekarang juga membutuhkan video motivasi dan inspiratif dari kakak-kakak hebat, bukan hanya membutuhkan video tentang materi.

Video yang saya ceritakan barusan tidak hanya bisa kamu dapatkan di aplikasinya, beberapa video menarik juga bisa kita akses di official Youtube Ruang Guru. Saya sebagai pengajar, sangat terbantu dengan inovasi bimbel online ini. Karena membuat saya lebih bisa mengembangkan materi dengan mudah dan belajar pun terasa lebih santai.

Saya pun yakin, bagi sebagian siswa belajar menggunakan video akan sangat membantu. Waktu videonya yang singkat, namun merangkum materi yang banyak. Akhir kata, saya sangat merekomendasikan para pembaca untuk mencoba aplikasi ruangguru.com, terutama konten-kontennya yang berbentuk video.

Selamat belajar!

Categories: Blog

37 Comments

Joe Candra · May 22, 2019 at 7:56 pm

Asik bgt belajar zaman sekarang bs online. Ada videonya pula, zaman kita dulu blm ada yess, kak. Hehehe

    ardasitepu · May 23, 2019 at 1:12 am

    Iya bener banget bang. Jaman dulu masih manual buku hehe.

Okti Li · May 24, 2019 at 10:24 pm

Semakin canggih teknologi, cara belajar pun sudah bukan sekedar CBSA lagi, tapi lebih dari itu.
Yang suka bikin trenyuh itu anak didik di kampung saya. Mereka banyak yg gak punya gaget. Sepatu seragam saja kadang sudah rusak tetap dipakai. Jadi di jaman serba canggih ini tetap saja masih mengandalkan buku paket dan penjelasan guru.

Rohyati Sofjan · May 25, 2019 at 6:36 am

Belajar secara daring merupakan alternatif bagi mereka yang membutuhkan les tambahan tanpa harus keluar rumah. Itu bisa menghemat waktu dan tenaga berikut ongkos.
Fitur yang ditawarkan Ruangguru akan sangat membantu pembelajar. Lebih canggih dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

    Jiah · May 27, 2019 at 11:24 am

    Zaman dulu ya sampai ngumpulin buanyak banget soal dari tahun2 lalu. Habis gitu kadang gak ngerti penyelesaiannya ya. Pakai Ruang Guru enak banget

Beautyasti1 · May 25, 2019 at 1:25 pm

Mba arda seorang guru mata pelajaran apa dan di jenjang apa mba? Btw ruangguru ini tempat murid belajar online jadi kapan pun dan dimanapun bisa terus belajar ya mba

Tetty Hermawati · May 25, 2019 at 4:14 pm

jadi inget zaman kuliah dulu, sering bikin video pendidikan dan video pembelajaran buat tugas kuliah. Media pembelajaran skrg makin keren aja

Rach Alida · May 26, 2019 at 12:40 am

Mba, kalau mau ke aplikasi ruang guru apakah ada bayaran khusus ? Selain lihat di youtube. Aku tertraik pelajari buat anakku

Farida Pane · May 26, 2019 at 2:26 am

Jaman sekarang memang lbh menarik kalau belajarnya lewat video ya, kak

Rosanna Simanjuntak · May 26, 2019 at 6:37 am

Aku baru tahu tentang startup digital pendidikan ini dan aku langsung klik link dari tempat mba lho.

Bahkan sudah ada aplikasinya ya

Ternyata aplikasi ini juga sudah diakui dan telah mendapat berbagai penghargaan!

Bertambah lagi nih referensi aplikasi

Hidayah Sulistyowati · May 26, 2019 at 4:35 pm

Belajar melalui video gini justru mempermudah siswa menerima materi dengan lebih jelas. Bisa diputar ulang sesuai keingnan, bagian mana yang masih kurang jelas,

Yuni · May 26, 2019 at 6:34 pm

Jadi pengen daftar di ruang guru mbak, seperti sangat membantu proses belajar anak ya… terlebih bagi anak yang akan menghadapi UN. Materi yang disajikan lengkap dan terstruktur. TFS mbak.

Desri Desri · May 26, 2019 at 9:52 pm

aku jadi inget jaman masih kuliah, waktu ruangguru.com ini baru launching dan fiturnya belum sebagus sekarang, bener-bener mengandalkan mereka banget nih untuk melihat contoh pembelajaran apa yang bakalan aku bawa ke kelas. Sekarang ruangguru.com udah bagus banget dan tampilannya menarik.

Elly Nurul · May 26, 2019 at 11:02 pm

Ngga meluluk ketika seseorang anak memegang gadget itu hal buruk, tak dipungkiri internet membuat kita semua mudah menjelajah ilmu pengetahun, termasuk salah satunya belajar melalui video.. ini bisa jadi solusi banget buat anak anak yang dominal belajarnya secara visual, termasuk anak saya mbak

herva yulyanti · May 27, 2019 at 2:08 am

Ponakanku lebih milih bimbel online ruang guru mba pertimbangan transport dan keamanan juga jadi salah satu pertimbangan utamanya. Zaman aku sih belum ada bimbel online begini aku sampe pulang jam 9 atau 10 malam mengejar bimbel sepulang sekolah huhuhu perjuangan banget waktu sekolah

Keke Naima · May 27, 2019 at 5:35 am

Banyak yang merekomendasikan Ruang Guru. Saya jadi tertarik untuk menggunakan bimbel online ini. Anak saya udah minta ikut bimbel kalau tahun ajaran sudah mulai

Dewi Sulistiawaty · May 27, 2019 at 7:10 am

Ruang Guru ini bagus menurutku. Cara ngajarnya bikin anak-anak mudah menangkap pelajarannya. Ya itu, karena ada videonya, trus bisa dijelasin juga dengan gambar-gambar 3 dimensi gitu 🙂

Idah Ceris · May 27, 2019 at 7:37 am

Aku sudah lama dengar tentang ruang guru ini, tapi belum pernah mencoba aplikasinya, mbak. kalau seorang guru saja bilang bermanfaat, sudah pasti ini aplikasi rekomended, ya.

indah nuria · May 27, 2019 at 9:58 am

satu cara dan metode belajar yang memang menyenangkan ya mba. I bet many kids would love to try it. I am intrigued to see the videos

Jiah · May 27, 2019 at 11:22 am

Zaman sekarang serba mudah. Jadi enggak ada alasan buat gak belajar ya. S

Mechta · May 27, 2019 at 1:16 pm

Jadi belajar di bimbel ini menggunakan video-video yg atraktif ya.. anak2 milenial mungkin cocok dengan jenis pembelajaran begini ya..tidak seperti anak jadul yg tergantung pada pembelajaran tatap muka langsung hehe..

rizka edmanda · May 27, 2019 at 2:00 pm

adik ipar aku kemarin ikutan ruang guru juga diajakin sa temannya, karena dia anaknya mager suka malas keluar rumah untuk ikut les alhamdulillah sejak ada ruang guru belajar bisa darimana aja

Eka Rahmawati · May 27, 2019 at 2:06 pm

Beruntungnya para pelajar sekarang, kalo mau belajar engga perlu repot pakai bimbel. Semua bisa pakai digital
. Andai pas saya sekolah dulu sudah ada ruangguru.com hehe

Ida · May 27, 2019 at 3:38 pm

Wah pke guru online gini.cucok buat anak kedua nih gaya belajarnya nyambung banget sama tampilan2 di youtube nih..

Nabilla DP · May 27, 2019 at 3:51 pm

Adekku juga pake ruang guru nih mba buat dia belajar jelang masuk kelas 3 SMA. Katanya emang enak banget buat belajar dan aku juga ikut seneng karena pas doi daftar kebetulan ada diskon hahaha

Kurnia amelia · May 27, 2019 at 4:26 pm

Seneng banget ya sekarang Ruang Guru banyak fiturnya jadj kita bisa lebih mudah belajar dirumah dan secara online.

Rahmah · May 27, 2019 at 4:40 pm

Beberapa waktu lalu saya coba melamar pekerjaan di Ruang Guru
Kayaknya kualifikasi saya masih kurang sehingga belum ada kabar diterima atau nggak.

Diyanika · May 27, 2019 at 9:38 pm

Nah, kemarin aku habis ikutan pelatihan khusus guru yang ingin membuat video belajar. Tujuannya ya agar guru memang siap untuk melalui industri 4.0. Kalau guru nggak mau bergerak lebih, ya, bakalan tertinggal.

Dian Radiata · May 27, 2019 at 9:43 pm

Aku termasuk salah satu emak yang terbantu banget dengan adanya ruang guru ini. Membantu banget buat bahan belajar anakku yang kelas 6 SD.

Nia K. Haryanto · May 27, 2019 at 9:48 pm

Duaanakku, tahun pelajaran nanti lulus. Ke SMA dan kuliah. Jadinya aku kepengen mereka bisa dapet nilai yang bagus. Apalagi yang sulung, mau tes ke PTN. Kayaknya kudu belajar di Ruang Guru juga deh. Biar mereka pede dan siap. pelajari dulu sama eemaknya ah…

Lidya · May 27, 2019 at 10:16 pm

Anakku mulai menggunakan ruang guru jua nih mbak buat media belajar, Insya Allah kelas 8 ini aku mau bayar langganannya deh biar dia bisa lebih fokus belajar & banyak yang didapatkan karea dia termasuk ana yang belajar sendiri lewat media online

Susie Ncuss · May 27, 2019 at 10:38 pm

Berguna banget nih buat keponakanku yg udah sekolah.
Semoga inovasi ruang guru makin banyak ya demi dunia belajar yg lebih menyenangkan.

April Hamsa · May 28, 2019 at 12:19 am

Aku sering liat iklan Ruang Guru ini.
Cocok lha buat ortu yang anak2nya udah usia SD ke atas supaya bisa mengarahkan anak2 belajar jg pakai Ruang Guru ini. Secara anak zaman now gak bisa lepas dr gadget dna lbh cepet belajar dgn liat video ya mbak.

Kartika Nugmalia · May 28, 2019 at 12:36 am

waaah…ini sih asik banget buat belajar anak anak. Orang tua pasti terbantu banget dengan penjelasan model video seperti ini. salut deh buat Ruang Guru yang berhasil membuat materi pelajaran sekolah lebih menyenangkan untuk dipelajari. yeaaayyy

Uniek Kaswarganti · May 28, 2019 at 12:39 am

Anak2 jaman sekarang malah lebih cepet mudeng ya mba kalau belajarnya pake video. Soalnya dalam keseharian mereka dekat sekali dengan paparan audio visual, ya lewat channel youtube maupun aplikasi game yang mereka mainkan.

lendyagasshi · May 28, 2019 at 1:55 am

Kudet mamak…
Aku gak pernah bisa belajar pakai HP.
Tapi mungkin zaman anakku bisa…Karena anak sekarang, dunia nya dekat dengan digital.

Donna Imelda · May 29, 2019 at 12:12 am

Anak2ku juga belajar dengan media digital, kita beli aplikasi atau modul pembelajarannya yang bisa mereka pelajari secara mandiri di rumah selain belajar secara offline di bimbel. Membantu banget dan isinya sudah disesuaikan dengan kurikulum di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!