Tak Perlu ke Venezuela

Keindahan Indonesia sudah tidak diragukan lagi, tidak hanya mata domestik yang berdecak kagum, dunia internasional pun terpana bahkan berbondong-bondong membedah surga tersembunyi di negeri ini. Tak aneh, kalau saya selalu membanggakan dan mengabadikan setiap km perjalanan di bagian nusantara ini.

Salah satu perjalanan yang begitu mempesona adalah Air Soda Tapanuli Utara. Konon ceritanya, bahwa air soda yang luas hanya ada 2 (dua) di dunia ini. Pertama terdapat di Venezuela dan satu lagi berada di Desa Parbubu, Tarutung, Tapanuli Utara.

Dalam hati mengapa mesti jauh-jauh melancong ke Venezuela, wisata yang langka sekalipun, sudah disediakan Sang Pencipta di bumi pertiwi ini. Meski sudah 3 (tiga) tahun berada di kabupaten Toba Samosir, namun belum ada kesempatan untuk menjelajah ke kabupaten tetangga yaitu Tapanuli Utara. Dewasa ini, Tarutung terkenal dengan wisata rohani yaitu Salib Kasih. Sebuah tempat di mana pemberita Injil ke Tanah Batak yaitu Ludwig Ingwer Nommensen yang berdoa di atas bukit dan menghadap ke kota Tarutung.

Pagi itu, tepat di hari libur saya mengajak seluruh anggota keluarga untuk merasakan lembutnya air soda yang begitu menggoda. Cerita dari para tetangga bahwa saat berenang di kolam soda, badan jadi terasa lebih ringan dan rasanya takjub melihat sekumpulan soda bekerja sama keluar dari sumbernya dan membuai para pengunjung yang datang.

Perjalanan ini di mulai dari Balige (arah Medan) menuju Tarutung. Waktu tempuh Balige – Tarutung sekitar 1 jam. Setibanya di pusat kota Tarutung, maka membutuhkan waktu sekitar 10 menit menuju lokasi. Ajaibnya, di daerah ini sangat langka dengan kata macet jadi perhitungan waktu akan sesuai.

 

Sepanjang perjalanan menuju lokasi Air Soda, kita akan disambut oleh padi-padi menguning yang sangat indah di tatapan mata. Di sekitar lokasi terdapat petenun-petenun cantik yang mulai beraksi dengan keahlian mumpuni untuk membuat ulos dan kain adat batak. Jadi, bagi kaum hawa yang mau cuci mata melihat keindahan tenunan dengan harga yang lebih murah dari pasar maka dapat singgah ke tempat ini.

Atraksi Gelembung Soda Parbubu

Tiba di wisata air soda maka semua pengunjung akan disambut dengan lapangan parkir yang lumayan luas. Saat menuju kolam soda, kita harus memasuki sebuah rumah sederhana layaknya warung makan. Karena lokasi wisata yang mendunia ini hanya dikelola oleh orang pribadi/keluarga, memang masih terkesan sederhana dalam pengelolaan.

Menariknya, lokasi wisata ini sama sekali tidak dipungut biaya alias free. Pengunjung dapat mandi sepuasnya dan selama mungkin. Saat menginjak kaki di kolam, maka semburan air soda langsung menusuk lembut ke pori-pori sehingga pengalaman ini sulit dilupakan. Kehangatan air soda mengalahkan dinginnya udara di desa ini.

Cerita masyarakat lokal, jika berendam di air soda dapat menghilangkan kelelahan tubuh dan air soda dapat berfungsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit kulit ringan. Sama halnya dengan rematik serta pegal di beberapa bagian tubuh.

Walaupun berbentuk soda, air yang terkena tubuh tidak lengket dan cukup dibilas. Di samping itu, air soda ini memiliki rasa yang cukup unik terasa sedikit asin dan khas di lidah. Namun, saat memasuki kolam harap memperhatikan langkah karena dasar kolam soda adalah bebatuan bukan lantai keramik.

Gelembung-gelembung soda akan menari-nari disukujur tubuh yang membuat keanehan tersendiri dan pengalaman langka ini tidak didapatkan dimanapun kecuali di kolam air soda. Tak aneh, banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara menyerbu tempat ini. Terkadang jumlah wisatawan ‘membludak’ hingga menutupi keindahan seluruh area kolam soda. Alhasil, kolam soda yang langka di dunia ini menjadi salah satu icon di kota Tarutung

Seruput Kopi di Tepi Kolam Soda

Pengelola tempat ini hanya satu keluarga, sehingga tempat menunggu juga tidak terlalu banyak sekitar 10 meja, apalagi hari libur maka beberapa pengunjung tidak mendapatkan tempat. Pengelola tidak memungut biaya, hanya cukup memesan makanan ringan seperti aneka macam mie, makanan ringan, serta minuman dengan harga bersahabat.  

Di samping itu, tersedia ban yang disewakan untuk anak-anak yang ingin berenang di kolam. Tak usah kuatir, semua harga yang ditawarkan di tempat ini cukup murah dan hampir sama dengan harga pasar. Toko-toko souvernir, pakaian mandi, permainan air anak juga tersedia.

Satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah menyeruput kopi ala toba sambil menatap kolam yang dikelilingi padi maka sungguh wisata ini sangat besinergi dengan alam. Berbagai jenis kopi mulai dari kopi sidikalang, kopi lintong juga tersedia di tempat ini yang rasanya juga sudah diacungi jempol.

Biru Soda Menggoda

Birunya air soda memikat setiap rasa untuk berendam dengan waktu yang cukup lama. Namun, setiap pengunjung diharapkan membawa tetes mata karena jika air terkena mata maka dapat menyebabkan mata sedikit perih.

Disamping itu, jika pengunjung datang membawa anak kecil harap diperhatikan dan dalam pengawasan karena kondisi lantai kolam yang licin, serta dasar kolam yang bebatuan. Dasar kolam juga cukup dalam, sehingga tidak aman untuk jangkauan anak kecil.

Setelah seharian menikmati biru soda di Desa Parbubu, tibalah matahari terbenam dan semilir angin dingin mulai menusuk tubuh. Kami kembali berkemas dan meninggalkan keindahan yang langka bahkan hanya ada 2 (dua) di dunia ini.

Berdasarkan pengalaman kali ini, maka terdapat beberapa kredit plus untuk wisata ini:

  1. Air Soda tempat wisata yang langka di dunia jadi beruntung banget ada di Indonesia dan berkunjung kemari.
  2. Bebas biaya masuk alias gratis, tentunya hal ini berbeda dengan lokasi wisata umumnya di Indonesia yang berbayar.
  3. Cukup mudah dijangkau, jalanan lurus dan tidak ada tantangan dalam berkendara.
  4. Makanan, minuman serta fasilitas lainnya dengan harga yang relatif murah.
  5. Parkir cukup luas dan tarif seiklasnya.
  6. Fasilitas lain seperti meja dan tempat duduk, toilet, kamar ganti semuanya free.
  7. Suasana nyaman dan menyatu dengan alam.

Kredit negatif dan harus dibenahi untuk tempat wisata ini:

  1. Tempat duduk untuk menunggu masih minim.
  2. Kebersihan kurang dijaga.
  3. Terbatasnya toilet dan kamar ganti.

Nah, tertarik untuk ke lokasi wisata air soda yang hanya ada satu di Indonesia ini? Kamu dapat melalui Bandara Silangit yang baru-baru ini diresmikan oleh Pak Presiden sebagai Bandara Internasional. Dari bandara cukup menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam menuju surga tersembunyi di Tapanuli Utara. Kalau berkunjung ajak saya juga ya…

Artikel ini diikutsertakan dalam Gramedia Blog Competition #GramediaHolidaySeason

Categories: Blog

14 Comments

Firmansyah · January 8, 2018 at 2:01 am

Wah, baru denger nih wisata air soda…. Ada ya di Indonesia.
Asyik juga ya mbak berendam di sana … 🙂

love from Jogja · January 8, 2018 at 6:16 am

Wah keren mbak, uniknya itu dimiliki keluarga. Wah bisa kaya banget nih yang punya…

    ardasitepu · January 8, 2018 at 11:48 am

    Bener mba haha…milik keluarga 🙂

Nissa AMS · January 8, 2018 at 7:13 am

Waa.. Seruu kayaknya ya mba ardaa.. Sayang jauh sekalii haruz ke sumatra utaraa.. Btw itu sodanya bisa diminum? Hehhee

    ardasitepu · January 8, 2018 at 11:48 am

    Wah sayang sodanya cuma bisa di cecap mba hihi. Next berkunjung ya 🙂

Kang Masroer · January 8, 2018 at 2:08 pm

Wih keren Mbak.. Sayang, jauh di mato hehee..

    ardasitepu · January 11, 2018 at 1:10 pm

    Wah hehehe next kalau ada kesempatan main ke Sumatera ya Mas 🙂

deddyhuang.com · January 9, 2018 at 12:36 am

aku beneran pengen ke venezuela sih mbak kalo disuruh pilih :p

April Tupai · January 13, 2018 at 6:52 am

Baca ini jadi pengin berendam di air soda. Salam kenal Mbak. Mampir blogku jg yuk.

    ardasitepu · January 14, 2018 at 5:30 pm

    Wah salam kenal, silahkan berendam mba datang ya ke Taput, saya tunggu 🙂

Lucky Caesar · January 13, 2018 at 6:28 pm

Aaaakkk aku pengen bangeet mbak wisataa air soda. Masukk list dulu, semogaaa suatu saat bisa terwujud. Aamiin. . lamaa banget eh ndak berkunjung ke sini. hehehe

    ardasitepu · January 14, 2018 at 5:31 pm

    Hehehe bener ya Mba, ditunggu lho 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Blog

Koncer di Dunia Digital Jaman Now

Emak Shopping Tak sampai 5 (lima) menit duduk di meja kerja, tiba-tiba wanita separuh baya yang notabene adalah rekan kerja ‘merepet’ tiada henti. Usut punya usut ternyata barang pesanan online tidak sesuai harapan. Di mana Read more…

Blog

3 Impian Dalam Sewindu (40s)

Andai usia itu datang, Aku hanya tersenyum sambil membuka lembaran album dan berkata semua telah terwujud… -Menuju 2026- Sewindu lagi Ibu yang suka membaca ini akan memasuki usia 40 Tahun, di mana usia ini merupakan Read more…

Blog

Kuliner dari Negeri Sekeping Surga

DANAU TOBA Siapa yang tak kenal dengan Danau Toba? Keindahannya mampu menghipnotis mata yang memandang. Tak hanya dari dalam negeri, pelancong dari luar Indonesia pun menyatakan betapa kerennya danau yang melintasi lebih dari 5 (lima) Read more…