Bagi seorang wanita sudah menikah baik pekerja maupun full time di rumah alias Ibu Rumah Tangga (IRT) tidak akan terlepas dari urusan masak-memasak. Menyajikan makanan dengan gizi seimbang untuk seluruh anggota keluarga merupakan salah satu pekerjaan yang menyenangkan bagi saya.

Dalam satu hari, biasanya saya memasak sampai 2x yaitu di pagi dan sore hari. Jadwal menu pun biasanya sudah tersedia di dapur. Namun, jika bahan yang dibutuhkan untuk menu harian habis maka mau tidak mau akan ganti menu dengan bahan seadanya.

Mungkin kebanyakan Ibu setuju bahwa dapur merupakan tempat yang menyenangkan. Ibu dapat berkreasi dengan berbagai jenis makanan. Apalagi saya, yang memang suka mencoba banyak menu khususnya cemilan untuk si kecil.

Kegiatan masak-memasak tersebut tentunya tidak terlepas dari berbagai peralatan yang selalu setia menemani. Nah, salah satu peralatan yang harus ada adalah kompor.

Kompor sekarang tentunya sudah lebih canggih dibanding dulu. Saya sempat melihat Ibu memasak dengan kayu lalu berpindah ke kompor sumbu dan terakhir dengan kompor gas.

Bicara soal kompor, maka merk  dibeli Ibu adalah Rinnai. Kok Rinnai? Alasan pertama adalah Rinnai sudah terkenal dan mungkin tidak asing lagi di kalangan mayoritas Ibu di Indonesia.

Kalau Ibu bilang beli kompornya sekali, tahannya bertahun-tahun jadi lebih hemat. Kualitasnya sudah teruji dan tidak mudah rusak. Sedari itu, semenjak beralih ke kompor gas sampai sekarang 9 tahun, Ibu belum pernah ganti kompor.

Melihat ketangguhan kompor gas Ibu, maka enggak mau repot cari merk lain langsung aja beli Rinnai. Oleh karena itu, Rinnai dinobatkan jadi merk turunan di rumah.

Salah satu alasan kenapa Rinnai itu banyak dipakai oleh para Ibu Rumah Tangga adalah karena mudah didapatkan. Semenjak menikah dan ikut suami ke daerah maka suasana tentunya berbeda dengan Jakarta yang serba ada.

Jangankan Mall, toko aja jarang banget ada. Menariknya toko perabot juga menjual barang elektronik jadi seperti Toserba gitu. Padahal biasanya, toko elektronik hampir tidak pernah menjual perabot rumah tangga seperti kasur dan kursi.

Di daerah yang jauh dari kota pun menjual kompor gas merk Rinnai. Jadi, enggak mesti ke kota Medan yang menghabiskan waktu di perjalanan selama 6 Jam hanya untuk membeli sebuah kompor gas.

Hampir 6 tahun memiliki pengalaman indah dengan Rinnai. Kompor yang enggak pernah nyusahin di saat pagi, siang maupun malam hari saat dibutuhkan, kecuali saat abis gas, ya kompor enggak bisa dinyalain…

Berikut 6 (enam) alasan Rinnai menjadi pilihan wajib bagi para IRT:

  1. Kuat dan Tahan Lama (Awet). Berdasarkan pengalaman Ibu dan saya sendiri bahwa Rinnai sudah teruji selama bertahun-tahun. Bahan dari stainless steel mampu menahan beban dari alat masak yang cukup berat.

2. Mudah dibersihkan, apalagi bahan stainless steel tinggal di lap langsung kinclong kembali. Cocok banget buat ibu-ibu seperti saya yang luar biasa rempong di pagi hari. Jadi, tinggal lap maka cerahnya kompor kembali ke seperti semula. 

3. Perawatan yang baik terhadap kompor gas Rinnai akan menghasilkan api selalu biru dan merata. Hal ini membuat masakan menjadi matang secara merata dan tentunya peralatan masak juga jadi awet karena api yang biru.

4. Kompornya ringan sehingga mudah dipindahkan. Hal ini sangat mendukung saya dalam merubah susunan dapur setiap tahunnya agar tidak bosan terhadap lay-out

5. Kualitas mumpuni dibanderol dengan harga yang bersahabat. Untuk kompor gas stainless steel dua tungku dimulai dari Rp300 ribuan. Kalau di rumah saya menggunakan Rinnai 522E.

6. Mudah didapatkan baik di toko tradisional, modern bahkan toko online. Tak hanya di kota-kota besar, di daerah pun Rinnai dengan mudah didapatkan.

Melihat kualitas yang mumpuni maka sekarang atau lima puluh tahun lagi Rinnai akan selalu di hati. Berawal dari kebaikan peralatan di dapur maka nutrisi seluruh keluarga akan terpenuhi dengan baik.

Dipikir-pikir kenapa ya sampai saat ini Rinnai terus berkualitas? Ternyata brand Rinnai sendiri sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1979.

Rinnai Indonesia selalu mengusung market leader produk gas berkualitas dan aman. Tak aneh, kalau sejumlah penghargaan penah diperoleh seperti Indonesian Customer Satisfication Award (ICSA) 2008-2013, Best Brand Platinum 2012 dan 2013, No.1 Choice Award For Indonesian Women Survey 2012 dan 2013, Indonesia’s Most Favourite Women Brand 2012, iDea Rumah Award Reader’s Choice 2014 untuk kategori Kitchen Appliances dan Water Heater.

Pengalaman selama 40 tahun lebih membuktikan bahwa Rinnai memang  layak untuk tetap berada di hati para Ibu di Indonesia. Mungkin nanti anak-cucu saya juga akan terus menggunakan merk ini dan pastinya saya pribadi akan merekomendasikannya.  

Merawat kompor gas tentunya tidak sesulit yang dipikirkan. Walaupun mudah tapi harus tetap menjadi prioritas. Pasalnya, tak jarang kompor meledak dan merugikan diri sendiri. Di lain hal, jika tidak dirawat dengan baik maka kompor gas tidak akan semumpuni saat di awal pembelian.

Berikut 5 (lima) tips merawat kompor gas Rinnai agar tetap eksis sampai bertahun-tahun:

  1. Setiap selesai menggunakan kompor, semprotkan spray berisi cairan sabun di bagian bodi, kemudian lap dengan kain basah. Lalu keringkan dengan lap bersih dan kering.
  2. Lakukan pencucian tungku 3x dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar tungku tidak berubah menjadi hitam pekat dan membantu menghilangkan noda-noda yang tidak terlihat.
  3. Bersihkan kuningan kompor gas dengan kain kering dan perhatikan apakah ada sisa masakan yang jatuh ke kuningan kompor gas.
  4. Perhatikan selang kompor gas setiap kali memasak dan selesai memasak. Lap seluruh selang yang terkena kotoran dan perhatikan secara berkala apakah selang dalam keadaan baik atau tidak.
  5. Sesekali lepaskan selang dari gas dan kompor lalu check bagian bawah kompor gas. Jika ada noda yang sudah terlalu lama menempel, ambil jeruk nipis lalu oleskan secara perlahan agar noda bekas masak dapat hilang.

Nah, demikian cara merawat kompor gas Rinnai yang saya lakukan. Alhasil, ketangguhan Rinnai semakin nyata dan selalu bahagia memasak masakan istimewa untuk orang-orang terkasih. Ini kompor pilihanku  tentunya #RinnaiPilihanGenerasiNow, kalau kamu? Share di kolom komentar ya…

Happy Living with Rinnai!


50 Comments

Cerita Maria · February 24, 2019 at 7:01 am

Rinnai itu produk yang kualitasnya sdh terpercaya turun temurun. Sampai ke anak cucu dan cicit.

Nggak akan ngerasa salah pilih de kalau sudah milih Rinnai.

    ardasitepu · February 24, 2019 at 7:50 am

    Bener banget dari Ibuku mungkin nanti sampai ke cucuku mba hehe

Mugniar · February 24, 2019 at 9:49 am

Benar banget ini. Saya juga pakai Rinnai. Awet soalnya hehe

Mechta · February 24, 2019 at 10:51 pm

Wah Rinnai ini memang kompor tangguh ya, sudah terbukti pula di rumah kami.. TFS utk tips merawatnya ya mba…bisa langsung dipraktekkan nih..

    ardasitepu · February 25, 2019 at 1:32 am

    Wah sepertinya mayoritas akan pilih Rinnai hehe

Inda Chakim · February 25, 2019 at 3:44 am

Tos mbk arda. Aku juga pakai rinnai. Trus emakku juga pakek. Adek2ku yg udh nikah juga pakai kompor ini. Pokoknya rinnai top deh.

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:12 pm

    Rinnai jadi pilihan generasi jaman dulu sampai jaman sekarang ya mba.

Rohyati Sofjan · February 25, 2019 at 6:28 am

Sebenarnya kala mau beli kompor gas untuk pertama kali di pasar, pengen Rinnai, apa daya uang tak cukup jadi beli merek lain. Namun saya harap ke depan bisa beli kompor dua tabung Rinnai. Ada banyak teman, saudara, dan tetangga yang pakai rinnai. Dan kayaknya di mana-mana ber-Rinnai, kecuali saya, hu hu. Semoga kelak ada rezeki untuk beli kompor baru. Jujur, kompor satu tungku itu tak praktis. Masak jadi harus satu per satu dan lama, ha ha. Oh ya, harga Rinnai memang sekarang 300-an, bergantung jenisnya kayak gimana. Semoga tahun ini atau tahun depan bisa beli kompor baru. Biar masak lebih cepat dan nyaman. Hi hi. Rinnai juga aman bagi anak kecil yang memutar knopnya, Astri anak ipah sudah bisa masak sendiri karena gampang diputar. Kalau Palung mana berani lakukan itu di rumah sendiri. Kompor saya lumayan ribet, harus hati-hati putarnya agar nyala.

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:13 pm

    Iya mba, saya doakan segera dapat kompor Rinnai baru mba. Memang kelebihannya Rinnai selalu aman mba.

Eka Rahmawati · February 25, 2019 at 9:41 am

Ibuku juga pakai kompor Rinnai dari aku SD sampai sekarang aku kerja hehehe. Berarti emang udah kebukti kalau kompor Rinnai tuh berkualitas hehe

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:14 pm

    Berkualitas tahan bantin dan tahan lama hehe.

Keke Naima · February 25, 2019 at 10:09 am

Rinnai udah terbukti ketangguhannnya. Kalau untuk kompor seperti ini bisa bertahun-tahun, deh. Awet banget!

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:14 pm

    Awet banget mba bahkan sampai anak cucu.

Lidya · February 25, 2019 at 11:47 am

Kompor pertama yang aku miliki setelah menikah merk Rinai juga mbak, itu juga dapet dari kado sih hihihi. Dulu sebelum nikah mana pernah mikirin merk2 kompor. Gak perlu jauh2 kalau mau beli kompor ya di toko kelonting juga banyak di jual di sekitar rumah.

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:15 pm

    Salah satu asiknya bahwa Rinnai mudah ditemukan dimana saja mba.

Christina A. S · February 25, 2019 at 1:54 pm

Ibuku juga pakai Rinnai!! Tapi ya begitu saking lamanya dipake udah sampe menghitam sampe berkerak-kerak gitu
Tapi biar berkerak masakan Ibu tetap juara di lidah deh, hihi..
Ah iya satu lagi, kendala yang biasanya dihadapi ibuku itu biasanya tuh tombol putar kompornya suka lepas sendiri alhasil kalau enggak ada mas yang bantu benerin kita pake tang nyalainnya

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:15 pm

    Haha pengalaman juga ya mba muter pakai tang, sebenarnya bisa dibenerin itu mba tanpa harus pakai tang lagi, saking awetnya ya jadi sayang ganti kompor.

Siska Dwyta · February 25, 2019 at 2:00 pm

Saya juga gunakan kompor Rinnai di rumah mbak. Emang kompor gas andalan emak-emak nih. Sudah terbuktilah ketahanannya. Jadi kalau pilih Rinnai nggak bakalan rugi ya 🙂

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:16 pm

    Belinya sekali pakainya bertahun-tahun ya mba hehe.

Ira Hamid · February 25, 2019 at 2:34 pm

Wahhh kompor Rinnai-nya sama persis dengan kompor di rumah mertua. Iyaa nih nyaman banget pake rinnai, kompor gas pertama yang kupakai yaa rinnai ini 🙂

Ira · February 25, 2019 at 2:37 pm

Ya, betul banget, Mba. Rinnai gampang banget didapatkan, gak perlu ke kota besar untuk membelinya karena hampir semua toko elektronik di tempat tinggalku menjualnya 🙂

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:17 pm

    Ada di mana saja jadi enggak bingung cari Rinnai di mana.

Leyla · February 25, 2019 at 4:16 pm

Komporku warisan bumer juga Rinnai. Trus suami beli lagi ya Rinnai. Memang awet sampai puluhan tahun.

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:18 pm

    Hebat ya mba sampai puluhan tahun enggak beli kompor hihi.

Ida Tahmidah · February 25, 2019 at 7:36 pm

Wah iya Rinnai memang produk pilihan. Dari dulubtdk bs pindah ke lain bati hshe…

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:18 pm

    Sama dong mba Ida, kompor pilihan semua umat hehe.

Nunung Nurlaela · February 25, 2019 at 9:38 pm

Sama, Mbak. Saya juga pakai kompor gas Rinnai. Awet banget ya. Bahkan ibu mertua saya pun pakai rinnai sampai sekarang masih bisa digunakan. Kompor gas legend banget ini

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:27 pm

    Bener bener legend ya mba. Dari dulu sampai sekarang saya juga tahu merk kompor gas cuma Rinnai dan selebihnya enggak pernah tahu hehe.

Hidayah Sulistyowati · February 25, 2019 at 11:23 pm

Kompor gas nya sama type nya kayak punya saya, mba. Ini Rinnai kedua yang saya miliki sejak nikah. Baru beli 2 tahun ini. Sebelumnya saya pakai Rinnai yang model ada panggangan di bagian tengah. Itu bertahan sampai 20 tahunan, awet pakai banget asal dirawat ya

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:26 pm

    Wah sampai 20 tahun ya mba, Rinnai memang keren banget.

Ainhy Edelweiss · February 26, 2019 at 12:37 am

Aku pakai Rinnai loh kak. Dr nenek sampe aku emang pake Rinnai, tmn2ku juga, kayaknya pecinta Rinnai semua deh hahaha. Emang jempol soal kualitas produknya

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:26 pm

    Jempol untuk kualitas yang mumpuni dari Rinnai ya 🙂

Natara · February 26, 2019 at 12:51 am

Oo pantes berkualitas banget ya kak, ternyata emang udah berpengalaman puluhan tahun ya… Btw kompor dirumahku juga merk nya rinnai loh kak

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:25 pm

    Iya mba berpengalaman sampai 40 tahun jadi produknya sudah tidak diragukan lagi ya.

April Hamsa · February 26, 2019 at 1:24 am

Wah aku juga pakai Rinnai mbak. Ibuku juga pakai Rinnai. Udah terkenal banget ya merk ini. terkenal awet dan kuat 😀
Sparepartnya pun mudah ditemukan 😀

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:25 pm

    Bener mba, awet awet terus sampai anak cucu hihi.

Nabilla DP · February 26, 2019 at 1:28 am

Saat ngontrak di Jogja dulu aku juga langsung beli rinai mba. Awet, murah, mudah juga. Masak2 jadi lebih nyenengin karena pengaturan apinya pun juga bisa disesuaikan dengan baik 🙂

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:25 pm

    Iya bener pengaturan apinya bisa dengan mudah apalagi tetep biru merata.

Kurnia amelia · February 26, 2019 at 1:42 am

Kompor dirumahku juga Rinai kak, dari jaman ada Mama ku q9 th lalu beliau pakai kompor merek ininsoale bagus dan awet.

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:23 pm

    Iya kalau sudah dibuktikan maka akan susah ke lain hati ya mba hehe

Noorma Noofa Nooha · February 26, 2019 at 1:50 am

Kompor di rumah juha rinai mba. Kalo sering dirawat insya Allah awet sekali ya mba. Di rumah juga sejak aku SD. Baeu rusak setelah aku usia 31 thun loh. Hebat banget tu kompor

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:23 pm

    Wah udah lama banget mba pakai Rinnai, memang terbukti banget ya hihi.

Utie adnu · February 26, 2019 at 4:22 am

Toast akupun Rinnai dari smnjak nikah blum ganti awet bngt dah gitu dulu harganya msih murah ya mba,, yg okenya gampang bngt dibersihkn y mba

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:22 pm

    Setuju mba, pokoknya Rinnai memang produk awet 🙂

Diah · February 26, 2019 at 8:02 am

saya juga pakai kompor gas Rinnai lho Mbak, emang awet dan tahan lama ini. Di rumah Mamaku jg udah lama itu kompor gas Rinnai nya, di rumah Tante dan Kakak juga pakai Rinnai. Pokoknya pilihan terbaik deh, ramah di kantong pula *upsss.
Makasih tipsnya ya Mbak 🙂

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:22 pm

    Awet dan tahan lama. Rinnai memang jadi pilihan semua Ibu ya mba.

Dian Radiata · February 26, 2019 at 4:30 pm

Di rumah aku juga pakai kompor gas Rinnai, mbak.. Gara-garanya ngeliat mama juga pakai produk Rinnai, dan awet!

    ardasitepu · February 26, 2019 at 4:40 pm

    Iya kalau udah lihat kualitasnya maka kita semakin percaya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *