Suatu sore si kecil mulai mengusap-usap bagian hidung dan merasa tidak nyaman dengan kondisi hidungnya. Alhasil, saya pun berusaha memeriksa apa yang terjadi. Ternyata, si kecil mengalami pilek, jelas saja dua hari sebelumnya si kecil terkena hujan saat menghadiri sebuah acara.

Jangankan seorang bayi, orang dewasa saja merasa tidak nyaman jika harus mengalami hidung tersumbat. Apalagi umumnya, hidung tersumbat disebabkan oleh flu atau alergi.

Kondisi hidung tersumbat disebabkan oleh penumpukan cairan hidung atau ingus di hidung bayi. Penumpukan ini menyebabkan pembuluh darah dan jaringan hidung yang berdekatan mengalami pembengkakan.

Sehingga bayi yang belum tahu harus mengeluarkan cairan hidung akan merasa sedikit sakit dan sulit bernafas. Oleh karena itu, umumnya Ibu peka akan kondisi ini dan mulai melakukan tindakan agar si kecil tidak larut dalam kesakitan.

Pada umumnya, si kecil lebih mudah mengalami hidung tersumbat dikarenakan rentan terhadap polusi udara. Terlebih aktivitas yang telalu banyak di luar rumah, paru-paru si kecil yang masih dalam proses tumbuh kembang, si kecil bernafas lebih cepat dari orang dewasa serta metabolisme yang belum maksimal untuk mengeluarkan racun. Oleh karena itu, Ibu setidaknya memperhatikan kondisi si kecil terlebih dalam masa pertumbuhan.

Berikut 3 (tiga) hal yang dilakukan Ibu saat melihat kondisi bayi dengan hidung tersumbat:

  1. Cukupi kebutuhan cairan, dalam hal ini saya memberikan kecukupan ASI dan jika dalam kondisi masih pilek maka pemberian ASI semakin sering dilakukan.
  2. Lakukan penguapan, cara sederhana namun sangat efektif agar si kecil dapat bernafas lebih baik dan nyaman dengan kondisi hidung.
  3. Membantu bayi membuang ingus dengan mencairkannya dengan nasal hygiene.

Pengalaman membantu bayi membuang ingus sudah beberapa kali dilakukan. Namun, cara yang saya lakukan kurang tepat yaitu menyedot yang akhirnya si kecil kurang nyaman. Tak berapa lama kemudian, si kecil merasa kurang nyaman pada telinga dan menggaruk sampai dua hari lebih. Alhasil, saya tidak lagi menggunakan cara menyedot dengan bantuan alat.

Bersyukurnya, beberapa waktu lalu saya mengikuti TalkShow tentang ‘Tips Mengatasi Hidung Tersumbat” oleh dr. Argenius Manurung pada saat Mombee 2019. TalkShow yang berlangsung selama 1 jam dan memberikan banyak pemahaman baru kepada saya mengenai merawat hidung si kecil. Karena merawat lebih baik daripada mengobati.

Selama ini, saya hanya berpikir kalau hidung si kecil tersumbat maka solusinya adalah disedot dan hidung tidak butuh perawatan. Padahal, hidung si kecil harus dibersihkan setiap hari. Hal ini untuk mendukung pernafasan yang baik dan bebas dari bakteri atau virus yang menyerang.

Perawatan adalah hal yang penting agar si kecil tidak langsung dihadapkan dengan berbagai jenis obat-obatan kimia. Oleh karena itu, setiap ibu harus merawat hidung si kecil dan membersihkannya dengan cara yang tepat.

Salah satu cara yang tepat untuk melakukan perawatan hidung si kecil dan juga ketika si kecil sudah mengalami hidung tersumbat adalah dengan cara Respimer Baby Nasal Hygiene. Produk yang sudah teruji secara klinis dan sesuai dengan pH tubuh bayi.

“Respimer adalah air laut alami yang digunakan sebagai pembersih hidung dan alternatif pengobatan yang efektif dan alami untuk melegakan gejala gangguan hidung dan sinus.”

Berdasarkan penjelasan dr. Argenius Manurung, budaya cuci hidung adalah sangat baik. Apalagi untuk anak yang masih rentan terkena virus atau bakteri.

Budaya mencuci hidung berasal dari tradisi medis Ayurveda. Ayurveda merupakan salah satu metode pengobatan tertua di dunia, yang mulai dipraktikan di India sejak ribuan tahun lalu. Kemudian diadopsi oleh pengobatan Barat pada akhir abad ke-19 dan sejak itu, terus mendapatkan popularitas di seluruh dunia karena manfaatnya.

Oleh karena itu, menurut dr.Argenius sangat baik bagi anak maupun orang dewasa mencuci hidung karena memberikan manfaat seperti:

  1. Membersihkan hidung dari debu, polusi dan kotoran lainnya.
  2. Mengencerkan lendir yang kental.
  3. Membersihkan dari penyebab radang sehingga mengurangi gejala alergi dan salesma.
  4. Menjaga kelembapan rongga hidung.

Nah, budaya yang baik ini tentunya langsung saya terapkan untuk si kecil agar sembuh atau bebas dari hidung tersumbat. Bersyukurnya, sekarang ada cara mencuci hidung yang praktis, aman dan nyaman untuk si kecil karena terbuat dari bahan alami air laut yaitu Respimer Baby Nasal Hygiene.

Respimer Baby sendiri terdiri dari 2 (dua) varian yaitu : Respimer Baby Nasal Hygiene dan Respimer Baby Decongestant. Di mana kedua varian ini merupakan produk andalan respimer yang memiliki manfaat yang baik dalam perawatan hidung si kecil.

Respimer Baby Nasal Hygiene terdiri dari air laut, 80 mineral + trace element, 0,9% NaCl. Memiliki konsentrasi garam mirip dengan cairan tubuh manusia atau 0,9 NaCl.

Ukuran yang disajikan adalah 115 ml dengan harga Rp290.000 – Rp310.000. Bentuknya spray sangat lembut saat diaplikasikan ke hidung si kecil.

Respimer Baby Nasal Hygiene ini:

  1. Ideal untuk membersihkan hidung sehari-hari.
  2. Membantu mengeluarkan ingus dan membantu proses penyembuhan saat flu ringan.
  3. Cocok digunakan sejak bayi usia 0 bulan.

Produk ini dikemas dalam dusbox dengan warna dasar putih dan pink serta dalam kemasan terdapat botol berbahan plastik dan juga penutup seperti spray (comfort tip) berwarna biru. Aturan pakai yaitu 2-4x/hari, sehingga membuat hidung si kecil lebih bersih dan membantu aliran pernafasan lebih baik.

Hebatnya, Respimer Baby ini sudah menggunakan teknologi Power Assembly, yang memberikan semprotan yang berkelanjutan tanpa mengandung gas propelan. Karena gas propelan sudah dilarang karena sangat berbahaya karena mudah terbakar.

Varian yang kedua adalah Respimer Baby Decongestant terdiri dari air laut, 80 mineral + trace element, 2,2 % NaCl. Memiliki konsentrasi lebih tinggi dibanding pH tubuh (2,2 % NaCl). Cairan yang ideal untuk membersihkan dan melegakan hidung pasien yang alergi terhadap udara dingin atau pasien yang mengalami infeksi saluran pernafasan. Cocok digunakan untuk mencairkan ingus saat flu berat.

Ukuran yang disajikan adalah 60 ml dengan harga Rp240.000 – Rp260.000. Bentuknya spray sangat lembut saat diaplikasikan ke hidung si kecil.

Respimer Baby Decongestant ini:

  1. Ideal untuk membantu proses penyembuhan pada flu berat.
  2. Membantu melegakan hidung bayi dan mengeluarkan mucus dari hidung bayi yang tersumbat.
  3. Bisa digunakan sejak bayi usia 1 bulan ke atas.

Produk ini dikemas dalam dusbox dengan warna dasar putih dan orange serta dalam kemasan terdapat botol berbahan plastik dan juga penutup seperti spray (comfort tip) berwarna biru. Aturan pakai yaitu 2-3x/hari. Repimer Baby Decongestant lebih lembut dan lebih mudah ditoleransi oleh bayi dan anak-anak.

Salah satu hal yang menyenangkan menggunakan produk ini adalah cara yang mudah dan sederhana. Berikut cara menggunakan Respimer Baby:

  1. Letakkan bayi dalam posisi tidur dengan kepala menghadap ke samping, gunakan tangan untuk bantu memegang kepala bayi. Pastikan posisi kepala bagian atas lebih tinggi dibanding dagu.
  2. Secara lembut masukkan tip Respimer ke lubang hidung yang di atas, tekan spray 2-3 detik. Cairan dan lendir biasanya akan ke luar dari lubang hidung satunya, ini tanda cara pakai sudah benar.
  3. Miringkan kepala bayi ke arah sebaliknya dan ukangi proses ke lubang hidung satunya.
  4. Tegakkan bayi ke posisi duduk dan bersihkan hidung bayi dari ingus dan cairan.
  5. Bilas tip Respimer Baby dengan air hangat.

Pertama kali mengenal produk ini, saya langsung jatuh cinta dan langsung mengaplikasikan pada si kecil yang sedang mengalami hidung tersumbat. Berikut 10 alasan mengapa produk ini menjadi andalan untuk merawat hidung si kecil:

  1. 100% sea water diambil dari tempat terbaik di dunia yaitu St.Malo, Prancis.
  2. Mengandung 80 mineral yang baik untuk kesehatan hidung.
  3. Tidak mengandung gas propelan (gas propelan digunakan produk kompetitor mudah terbakar dan berbahaya).
  4. Comfort tip yang didesain khusus untuk kenyamanan bayi dan anak.
  5. Kemasan steril (tertutup) lebih higienis karena mudah dibersihkan, tidak mudah tumpah ketika tip nya berada posisi di atas.
  6. Lebih cepat mengatasi hidung tersumbat.
  7. Mengurangi resiko komplikasi dan penggunaan obat-obatan.
  8. Sudah terdaftar di Kemenkes RI AKL 20704514325
  9. Terdapat expired date sehingga aman digunakan dalam batas waktu yang ditetapkan.
  10. Produk andalan dan menjadi no.1 di Eropa.

10 alasan tersebut membuat saya yakin bahwa produk ini mampu merawat kesehatan dan kebersihan hidung si kecil. Nah, bagaimana mom, apakah si kecil pernah mengalami hidung tersumbat? Kalau pernah yuks lakukan budaya mencuci hidung si kecil dengan Respimer Baby Nasal Hygine. Ingat, merawat lebih baik daripada mengobati…

Categories: Blog

82 Comments

Putrian Sitepu · November 28, 2019 at 12:37 pm

Bagus ya mbak untuk anak-anak..
Ntar saya rekomendasikan deh buat ponakan saya.. hihi

Anggraifo Junianta Sitepu · November 29, 2019 at 5:17 am

GoodLuck

Andre sinaga · November 30, 2019 at 4:35 am

Bagus untuk dipublikasikan

nurulrahma · December 1, 2019 at 12:17 am

Whoaaa, ini bisa banget aku rekomen ke ortu2 muda sekitar rumah
terutama yg punya balita aktif kan yaaa

    Lina W. Sasmita · December 1, 2019 at 10:06 pm

    Sebagai orang dewasa, kami yang muslim diwajibkan mencuci hidung 5x sehari bahkan kalau bisa lebih. Tapi bagi anak kecil belum diwajibkan sehingga masih rentan hidungnya terkena kotor penuh debu, virus dan bakteri. Adanya Respimer ini sungguh merupakan terobosan baru.

    Yanti Ani · December 2, 2019 at 3:10 am

    Kalau si kecil pilek kasihan banget ya kak. Untung deh Respimer bisa membantu. Thanks ya sudah sharing

Riawani elyta · December 1, 2019 at 12:34 am

Semoga produk ini tersedia merata di seluruh apotek di indonesia. Manfaatnya bagus banget

Linimasaade · December 1, 2019 at 1:12 am

Baru tahu kalau ada merk respimer. Untuk expirednya berapa tahun mbk?

Rach Alida · December 1, 2019 at 1:45 am

Baru tahu ada perawatan alami untuk hidung si kecil. Memudahkan sekali dan lebih menyenangkan jaga kebersihan hidung anak pakai cara ini ya mba

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:50 am

    Iya mbak tinggal semprot dan aman untuk bayi.

Nurhilmiyah · December 1, 2019 at 3:11 am

Luar biasa ya Kak,, Respimer ini, 100% sea water, bs digunakan untuk orang dewasa juga. Jadi pingin beli buat di rumah. Scr anak² saya aja ada 4, plus kamu ortunya. Thank you for sharing, Sista…

Julita · December 1, 2019 at 6:02 am

Infonya sangat bermanfaat sekali bu. Beruntung banget ya, ibu bisa ikut talkshownya. Jadi bisa dapat ilmu yang banyak dari dokter yang semarga dengan saya juga hehehee…

www.irsyadmuhammad.com · December 1, 2019 at 11:54 am

Yang saya lumayan kagum bahwa produk ini memang dibuat dengan sangat higienis, bahkan kandungannya dibuat mirip seperti cairan tubuh manusia. Jd aman banget buat si kecil

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:49 am

    Iya mbak sesuai dengan pH tubuh bayi.

Rizka Edmanda · December 1, 2019 at 1:45 pm

kayaknya penting banget ya siap sedia ini dirumah supaya kalau anak tiba tiba kena hidung sumbat bisa langsung dikasi

Zahra Rabbiradlia · December 1, 2019 at 10:31 pm

Wah penasaran banget sama produk ini mba. Setiap kali anakku flu, aku kerepotan sekali. dengan adanya respimer baby nasal ini , sepertinya membantu sekali ya

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:49 am

    Iya mom bisa dibeli di Toko online.

Dyah Ummu AuRa (Author RoemahAuRa) · December 2, 2019 at 1:48 am

Sekarang jadi sedikit tenang jika anak pilek dan hidungnya buntu. Bisa pake respimer baby nasal ini ya kk. Kalau dulu anak-anak bayi harus ke rumah sakit buat nebu kalau mereka pilek.

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:48 am

    Respimer ini jadi solusi banget mbak.

Icha Marina Elliza · December 2, 2019 at 3:22 am

Karena ini kandungannya air laut jadinya alami ya kak , bukan obat-obatan. Aku suka karena aku salah satu emak yang meminimalisir penggunaan obat buat anak

Ida · December 2, 2019 at 3:33 am

Wah bagus nih bisa direkomendasikan ke para ibu muda nih..hehe…

Bocah udik · December 2, 2019 at 4:30 am

Awalnya ragu tentang Respimer ini. Masa sih anak kecik, hidungnya dibasuh. Apa dia ga kesakitan. Kan bisa masuk hidung.

Tapi setelah baca ulang dan ulang lagi, manfaatnya bagus banget. Khasiatnya juga. Bisa diterapkan atau dikasih saran ke kakak saya untuk anak anaknya. Terima kasih infonya kak.

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:47 am

    Iya mbak memang aman, saya sudah rasakan.

Julita · December 2, 2019 at 5:13 am

Respimer sudah ada dimana saja nih, apakah di indomaret/alfamart sudah ada??

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:47 am

    Belum ada mbak, kalau mau beli online banyak mbak.

Rahmah · December 2, 2019 at 5:42 am

Wah mba Arda udah coba Respimer
Saya belum dan berharap ada sosialisasinya di Surabaya
Apalagi sekarang lagi punya bayi 2 bulan ini

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:47 am

    Iya mbak ntar lagi berkunjung sepertinya ke Surabaya.

      Rahmah · December 4, 2019 at 5:10 am

      Dan semoga ketika berkunjung, saya sudah di Surabaya hehe
      Soalnya sekarang masih dipingit belum boleh kemana mana awa bayi 2 bulan

Uniek Kaswarganti · December 2, 2019 at 5:45 am

Duh, coba ya jaman dulu udah ada respimer gini kan aku ga harus sedot-sedot hidung bayi huhuuu.. udah jorok, bikin anak takut pulak 🙁 Padahal hidung kan juga butuh dibersihkan secara benar ya. Alhamdulillah sekarang semua udah serba komplit ya perawatan baby gini.

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:46 am

    Iya mbak sekarang sudah serba canggih dan alami.

Siti Hairul · December 2, 2019 at 5:49 am

Wah acaranya seru banget. Apalagi sambil ajak si kecil ya mbak Arda. Semoga event ini mampir di Jogja juga

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:46 am

    Iya mbak senang bawa si kecil kemarin.

indah nuria · December 2, 2019 at 6:11 am

kalau anak – anak sakit kita memang gimanaa gitu rasanya yaaa mba..aku pun sediih. Untung banyak obatnya sekarang

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:46 am

    Enggak perlu pakai obat mbak pakai Respimer aja.

Lidya · December 2, 2019 at 10:43 am

kasihan ya kalau bayi tersumbat hidungnya, masih kecil belum bisa mengeluarkan kotoran paling bisa nangis ya karen agak nyaman. Untung deh ada respimer baby nasal yang bisa membantu bayi kalau lagi flu atau mampet hidungnya

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:46 am

    Iya mereka cuma bisa nangis makanya saya rajin merawat hidungnya.

Keke Naima · December 2, 2019 at 12:00 pm

Lega deh ini kalau udah ada solusinya. Karena memang kasihan banget kalau hidung anak udah tersumbat

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:45 am

    Iya mbak susah bernafas jadi kasihan.

Ira Hamid · December 2, 2019 at 4:49 pm

Sepertinya saya harus punya produknya di rumah nih buat bayiku

Farida Pane · December 2, 2019 at 9:04 pm

Betul ini. Larutan garam dengan komposisi yang pas akan membantu mengencerkan ingus dan membersihkan hidung

Farida Pane · December 2, 2019 at 9:06 pm

Betul ini. Larutan garam dengan komposisi yang pas akan membantu mengencerkan ingus dan membersihkan hidung

Farida Pane · December 2, 2019 at 9:07 pm

Betul ini. Larutan garam dengan komposisi yang pas akan membantu mengencerkan ingus dan membersihkan hidung

Farida Pane · December 2, 2019 at 9:08 pm

Betul ini. Larutan garam dengan komposisi yang pas akan membantu mengencerkan ingus dan membersihkan hidung

Farida Pane · December 2, 2019 at 9:10 pm

Larutan garam dengan komposisi yang pas memang dapat membantu mengencerkan ingus dan membersihkan hidung

Farida Pane · December 2, 2019 at 11:28 pm

Betul ini. Larutan garam dengan komposisi yang pas akan membantu mengencerkan ingus dan membersihkan hidung

Farida Pane · December 2, 2019 at 11:29 pm

Betul ini. Larutan garam dengan komposisi yang pas akan membantu mengencerkan ingus dan membersihkan hidung

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:44 am

    Iya mbak ini terbuat dari 100% air laut alami.

lianny hendrawati · December 3, 2019 at 12:38 am

Bayi kalau sedang flu dan hidung tersumbat bawaannya rewel ya, kasihan nggak bisa bernafas dengan lega.
Kalau dulu aku pakai sedotan untuk mengeluarkan ingus itu, kadang suka khawatir juga terlalu keras menyedotnya. Pakai produk ini lebih praktis ya.

    ardasitepu · December 3, 2019 at 2:44 am

    Bener mom baik banget untuk hidung tersumbat.

Mugniar · December 3, 2019 at 4:01 am

Ada yang pake gas propelan yang bisa terbakar untuk spray hidung, Mbak? Ya ampun, tega ya. Syukurlah sekarang sudah tahu produk yang aman ini, ya.

    Mechta · December 3, 2019 at 7:06 am

    Wah recomended y mba utk solusi hidung tersumbat pada bayi. Mau infokan ini ke kakak yg masih punya baby ah.. TFS mba..

Desy zulfiani · December 3, 2019 at 6:55 am

Saya sendiri sepertinya membutuhkan alat ini krn hidung saya sering mampet hehe,,, tapi ini khusus baby yah,, nice ini foto mbak arda

Jiah · December 3, 2019 at 8:05 am

Respimer, baru tahu ini. Aku kasihan kalau ada anak yang hidungnya kesumbat gitu. Aku yang udah gedhe aja gak nyaman. Aku juga tahunya Bu Ibu pada nyedot hidung bayinya. Kalau pakai Respimer, jadi lebih baik ya

ade anita · December 3, 2019 at 9:24 am

aku tuh ragu pas masukin corongnya ke dalam hidung sih. Takut kecolok kedalaman gitu. duh.. bayanginnya aja udah ngilu, nulis doang gini.

Arina Mabruroh · December 3, 2019 at 11:02 am

Produk ini membantu banget ya saat anak flu, cara pakainya juga mudah. Kadang sampai nggak tega lihatnya apalagi kalau hidung sampai tersumbat juga. Namanya anak-anak memang rentan kena flu kan…

iidYanie · December 3, 2019 at 12:27 pm

Ini produk memang oke banget sejak ada Respimer saya jadi gak galau lagi buat membersihkan hidung tersumbat si kecil, karena mudah cara pakainya & aman lagi buat dipakai sehari-hari 🙂

Nurul Fitri Fatkhani · December 3, 2019 at 2:49 pm

Paling gak tega kalau ada si kecil yang sakit. Jadi kita harus hati-hati dalam menjaga anak-anak ya, Mbak

Mporatne · December 3, 2019 at 6:00 pm

Resprimer membantu meringkan hidung tersumbat. Inilah yang akan membuat rewel berkurang. Walau harga cukup mahal tapi demi kesehatan dan kecerian sang anak. Harga tersebut tidak jadi masalah

Linimasaade · December 3, 2019 at 7:59 pm

Hidung emang sensitif banget. Untungnya respimer hadir ibu-ibu tanpa khawatir nih untuk mendapatkan perlindungan lebih.

Nurul Fitri Fatkhani · December 3, 2019 at 10:24 pm

Paling sedih kalau lihat si kecil sakit ya, Mbak. Apalagi kalau sampe dia susah napas gara-gara mampet. Untung deh sekarang ada respimer baby, jadi gak perlu khawatir lagi ya…

    ardasitepu · December 4, 2019 at 4:33 am

    Iya mbak Nurul, pakai Respimer saya enggak perlu kuatir lagi.

Yuni · December 4, 2019 at 12:20 am

Kadang suka gak tega mbak lihat anak kecil rewel saat terserang batpil. Orang tua juga sering panik duluan. Aku lihat produk ini recommended banget aman untuk anak kecil ya. Semoga obat ini tersebar merata jadi tidak bingung lagi saat anak terserang batpil. TFS ya mbak.

    ardasitepu · December 4, 2019 at 4:33 am

    Iya mbak sebaiknya kita bisa jaga kesehatan hidung dengan Respimer ini.

Siska Dwyta · December 4, 2019 at 2:33 am

Kalau si kecil mengalami hidung tersumbat jadi nggak perlu khawatir dan panik lagi nih karena sudah ada produk respimer baby Nasal Hygiene ini yang bisa membantu mengatasainya

    ardasitepu · December 4, 2019 at 4:32 am

    Iya mbak siska. Ini bener cocok untuk anak-anak saya.

Helena Magdalena · December 4, 2019 at 3:10 am

Kalau utk flu, terus pake respimer langsung sembuh atau nunggu bebrapa waktu dulu, Neni? Lagi musim hujan gini, si Sola lagi kena flu huhuhu

    ardasitepu · December 4, 2019 at 4:31 am

    Iya ini buat perawatan tapi kalau respimer untuk membersihkan dan menjaga kesehatan hidung si kecil.

Ujame Gaja · December 4, 2019 at 4:00 am

Jadi inget ponakanku, kalo pilek bawaannya rewel banget dan kasian..
Sebelum ke dokter penanganan pertama mungkin pakai respimer ini yaaa, bund Arda.
Ku coba rekomendasikan ah…

    ardasitepu · December 4, 2019 at 4:31 am

    Iya mbak, penanganan pertama pakai Respimer dan lebih baik melakukan perawatan hidung mom.

Chahaya Simanjuntak · December 4, 2019 at 1:09 pm

Izin share link ini ke adek aku yang punya baby yak.

zikria · December 4, 2019 at 10:30 pm

wih.. keren ya kak ..dah muncul aja produk.begini. adekku setelah oprasi hidung dia qajib beraihkan hidung pake NACl.. setiap aq lihat repot banget krn make split besar. tapi ya lebih murah lah dari respimer hahahahha gile ya produknya ya kak..harga nya sesuatuhhahaa

    Diah Alsa · December 7, 2019 at 5:45 am

    kita yg dewasa aja tersiksa banget ya Mbak kalau flu, apalagi bayik. Bln kemarin si bayi juga flu berat, susah banget nafasnya, sampe malas nyusu karena gak nyaman. Mau cari produk ini juga ahh, secara flu itu rentan banget mampir ke anak-anak, huhuh.
    Makasih sharingnya ya Mbak 🙂

mutia nurul rahmah · December 10, 2019 at 6:55 am

praktis banget ya produk ini, mudah pula penggunaanya. mesti banget ada di p3k ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!