Ma, perutku sakit enggak mau keluar.” Terdengar teriakan si kecil dari kamar mandi yang sudah hampir seminggu mengeluh karena sembelit. Tak terhindarkan, si kecil lebih banyak rewel bahkan mengeluh. Mau enggak mau cerewetan sang emak pun keluar. “Makanya, kakak harus banyak minum, rajin makan sayur sama buah biar enggak susah BAB-nya.” Namun, apa boleh buat wajah lugunya terkadang mengalahkan emosi, lama kelamaan jadi kasihan melihat wajahnya yang menahankan rasa sakit.

Alhasil, si kecil pun akhirnya di bawa ke dokter spesialis anak. Kalimat bijak berkata, “Lebih baik mencegah daripada mengobati.” Kalimat ini sungguh menohok, karena biaya berobat ke spesialis anak itu menguras dompet banget. Belum lagi saat menebus resep dokter ke apotek rasanya ‘jantungan’ melihat tagihannya. Namun, apa boleh dikata daripada si kecil terus merasakan sakit dan tentunya sembelit dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

Bicara soal sembelit, sebenarnya si kecil sudah kali kedua mengalaminya. Walaupun asupan sayur dan buah sudah diberikan namun terkadang untuk urusan makanan tidak dipaksakan. Alhasil, sembelit pada anak muncul dan muncul lagi. Seperti diketahui, berikut tanda-tanda sembelit yang dialami anak-anak:

  1. Frekuensi BAB berkurang.
  2. Anak mengeluh perutnya tidak nyaman.
  3. Pada bayi, menolak susu atau MPASI karena perutnya penuh.

Jika sembelit terus menerus menghampiri si kecil tentunya akan memberikan dampak buruk bagi ususnya. Hal ini akan sangat mengkuatirkan ketika tidak diatasi dengan baik. Pengalaman ini menjadi pembelajaran bagi saya seorang Ibu untuk selalu waspada dan memberikan yang terbaik untuk menjaga pencernaan anak-anak.

Pengalaman yang berbeda dialami keponakan saya yang masih berumur 9 bulan yang lumayan ‘rajin’ mengalami diare. Saat sama-sama memeriksa penyebab sembelit dan diare ke dokter spesialis anak, maka ada satu produk yang diberikan untuk keponakan saya adalah Interlac Probiotic Drops. Penasaran dengan produk ini, akhirnya searching melalui mbah Google, tak hanya untuk diare ternyata dapat juga mengatasi sembelit pada anak. Kerennya Interlac Probiotic Drops sangat ampuh menghentikan diare keponakan. Sayangnya, Interlac jenis tersebut ditujukan untuk anak 0-3 Tahun, sedangkan si kecil saya sudah menjelang 4 (empat) tahun.

Bersyukurnya, beberapa waktu lalu blogger yang berdomisili di Medan mendapatkan kesempatan untuk menghadiri pengenalan tentang Interlac lebih jauh. Acara ini diselenggarakan pada saat Mombee Indonesia yang dilaksanakan di Central Point Medan. Kerennya, seminar edukasi kesehatan ini diisi oleh dokter Eveline yang membawa tema “Mengenal Fakta dan Cara Penanganan Sembelit Pada Bayi dan Anak. Di sini, kita lebih dalam mengenal pentingnya probiotik untuk menjaga usus buah hati kita.

Seminar dan diskusi ini membahas tuntas mengenai penanganan sembelit pada bayi dan anak. Berhubung si kecil sudah dua kali mengalami sembelit maka terdapat tips dari dokter bagaimana cara mengatasi sembelit seperti:

  1. Obat suppositoria (obat yang dimasukkan lewat anus)
  2. Asupan air
  3. Pijat perut bayi dengan gerakan tertentu
  4. Makanan berserat dari sayur dan buah
  5. Toilet training
  6. Konsumsi probiotik

Dari semua cara mengatasi sembelit, maka hal yang paling menarik perhatian saya adalah mengkonsumsi probiotik. Selama ini cuma mengenal Interlac Probiotic Drops, itu pun setelah digunakan oleh keponakan dan ampuh mengatasi diare. Namun, untuk asal-usul dan kegunaan probiotik sendiri baru dapat penjelasan melalui seminar edukasi kesehatan tersebut.

Menurut dokter Eveline, Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pengunanya (WHO). Nah, bakteri yang dimaksud harus memenuhi syarat probiotik seperti:

  • Lactobacillus
  • Bifidobacterium (WHO 2002)

Adapun syarat-syarat Probiotik adalah:

  1. Bakteri yang digunakan berasal dari manusia.
  2. Tidak bersifat patogen.
  3. Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu.
  4. Mampu menempel pada dinding usus.
  5. Menghasilkan zat antimikroba, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  6. Tahan terhadap proses produksi dalam pembuatan sediaan.
  7. Secara genetik stabil.

Probiotik yang memiliki manfaat baik untuk usus sikecil maka sudah sebaiknya para emak di Indonesia mulai merawat usus si kecil agar terhindar dari sembelit maupun diare yang berkepanjangan. Masalahnya, probiotik seperti apa yang mumpuni dan terpercaya untuk si kecil? Untuk para emak di Indonesia tidak perlu bingung untuk mencari Probiotik yang terpercaya dan sudah dibuktikan melalui pengalaman saya yaitu Interlac.

Ada Apa dengan Interlac BioGia?

Interlac merupakan produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Hebatnya, Interlac merupakan satu-satunya produk Probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis.

Sampai akhir 2016, Interlac sudah teruji klinis pada lebih 12.754 pasien di 152 uji klinis. Bahkan terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia, termasuk:

  • Bayi prematur
  • Bayi baru lahir
  • Bayi dan anak-anak
  • Remaja

Jenis-Jenis Interlac

  1. INTERLAC DROPS

Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan. Interlac Oral Drops adalah satu-satunya probiotik dengan dengan sedian oral drops di Indonesia, yang cocok untuk bayi lahir hingga berusia 1 tahun. Interlac drops ini tidak mengandung laktosa sama sekali sehingga aman untuk bayi yang intoleran laktosa. Interlac Drops cocok untuk anak 0-3 tahun dan jangan lupa dikocok sebelum pemakaian.

2. INTERLAC SACHET

Interlac Sachet dilarutkan dalam sedikit air, dianjurkan untuk menggunakan sendok. Interlac Sachet cocok untuk anak 1-5 tahun.

3. INTERLAC TABLET KUNYAH STRAWBERRY

Interlac Tablet Kunyah rasa strawberry cocok untuk anak-anak usia 6-12 tahun.

4. INTERLAC TABLET KUNYAH LEMON

Interlac Tablet Kunyah Lemon cocok untuk dewasa atau anak di atas 12 tahun.

REKOMENDASI PEMAKAIAN

Dosis : 1x sehari

Durasi pemakaian:

Diare      : 5 hari pemakaian

Konstipasi   : 2 minggu pemakaian

Gumoh         : 4 minggu pemakaian

Kolik              : 3 minggu pemakaian

Sudah jalan seminggu si kecil mengkonsumsi Interlac Tablet Kunyah Strawberry. Selain, bermanfaat untuk menyembuhkan sembelit si kecil, rajin mengkonsumsi interlac ini juga mampu merawat usus si kecil karena sebagai suplemen makanan dan tentunya aman dikonsumsi si kecil. Menariknya, produk Interlac tidak susah dicari dan dapat ditemukan di berbagai toko offline seperti Guardian, Viva Health, Baby Shops. Untuk online dapat di beli di mothercare.co.id, JD.ID serta Orami.

Buat para emak di mana pun berada, yuks rawat usus dan pencernaan buah hati kita dengan Interlac. Informasi lebih lanjut, silahkan berselancar di media sosial berikut ini:

Saya sudah membuktikan khasiatnya buat putri sulung saya, bagaimana dengan emak lainnya sudah merawat usus si kecil dengan Interlac belum???

Categories: Blog

12 Comments

Jannah Tambunan · October 29, 2018 at 3:04 am

Hai mom, kami sekeluarga juga konsumsi interlac loh, Selain rasanya yang enak, bagus juga khasiatnya untuk usus..

    ardasitepu · October 29, 2018 at 1:44 pm

    Wow keren banget dong Mom, kalau saya baru tahu produk Interlac makanya langsung senang 🙂

      Jannah Tambunan · October 30, 2018 at 10:11 am

      Maksudnya setelah acara ini mom, setelah dapat produk abis talkshow. Saya juga baru tau dan seneng juga sih setelah dpt

        ardasitepu · October 30, 2018 at 12:30 pm

        Iya Mom setelah acara dapat goodie bag bagus dari Interlac 🙂

Sari Hati · October 29, 2018 at 12:46 pm

Inovasi dari interlac ini keren bgt ya moms. Apalagi yg tablet kunyah. Aku beru nemu probiotik yg d kunyah gitu. Hehe

    ardasitepu · October 29, 2018 at 1:43 pm

    Bener Mom, makanya si kecil senang banget dapat suplemen baru 🙂

Julyanidar · October 30, 2018 at 4:01 am

Kami juga mulai konsumsi Interlac… Si kecil suka rasanya dan BAB lancar.

    ardasitepu · October 30, 2018 at 8:22 am

    Iya mom, semogasi kecil kita sehat selalu ya 🙂

Tika dwi · October 31, 2018 at 2:57 am

Ternyata bukan cuma aku yang merasa beruntung ketemu Interlac.

    ardasitepu · October 31, 2018 at 7:36 am

    Iya mba, sama2 senang ya dapat goodie bag dari Interlac 🙂

PhilipaElkington · November 6, 2018 at 10:33 pm

Salah satu cara untuk memantau kesehatan bayi adalah dengan mengetahui apakah sistem pencernaannya berfungsi dengan baik. Untuk memeriksanya kamu tidak perlu selalu pergi ke dokter, melainkan cukup dengan memperhatikan beragam perubahan warna dan tekstur dari BAB si kecil. Kebanyakan orang tua tidak familiar dengan BAB bayi yang berwarna hijau. Nah, sebelum membawanya ke dokter, kenali dulu penyebab BAB bayi berwarna hijau berikut ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *