Dear All,

Kalau sebelumnya makmil cerita soal alasan ngeblog, tema yang disukai maka kali ini akan bercerita tentang awal mula terjun dalam sebuah komunitas. Jika kita semua punya sebuah hobi apakah itu pecinta binatang, kolektor barang sesuatu bahkan pencinta motor gede pastinya lebih asik jika memiliki sebuah komunitas. Akan lebih menyenangkan ketika kita bertemu dengan orang-orang yang sejenis dan membicarakan topik yang sama.

Menurut KBBI, komunitas adalah kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu. Tambahannya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Di dalam sebuah komunitas kita menemukan banyak sekali dampak positif yang tujuan utamanya membangun satu dengan yang lainnya.

Cerita saya pertama kali terjun ke dunia blogging itu benar-benar seperti berjalan sendiri. Cuma celingak-celinguk, lihat kanan dan kiri, sedikit takut, ragu dan sungkan untuk bertanya. Akhirnya melihat blogger lainnya sangat luwes dan sepertinya komunikasi sangat dekat, padahal mungkin mereka berada di kota yang berbeda.

Saya memberanikan diri untuk menelusuri setiap blogger yang sepertinya eksis bahkan menjadi panutan banyak blogger lainnya. Dengan polosnya makmil bertanya pada seorang blogger kok bisa ya punya teman banyak dan saling mem-follow media sosialnya. Maka dari itu saya, mendapat jawaban yang dikenang sampai saat ini yaitu “Ikutan Komunitas aja Mba, ada Blogger Perempuan dan sebagainya.”

Wah, sepertinya memang benar perkataan malu bertanya akhirnya jalan-jalan. Semula memang agak sungkan untuk bertanya sama blogger lainnya. Namun, setelah memberanikan diri bertanya maka langsung deh dapat jawaban yang cemerlang gemilang yaitu kalau mau eksis ya gabung di sebuah komunitas.

Berawal Dari Blogger Perempuan

Dari semua komunitas blog yang ada, banner yang paling sering terpampang nyata di sidebar para blogger adalah logo Blogger Perempuan. Apalagi lihat warna dasar Pink, kesannya memikat semua perempuan untuk menyatu dengan komunitas tersebut.

Setelah mengulik website-nya, ternyata untuk bergabung sangat mudah cukup isi sana-sini, langsung deh beberapa hari kemudian dapat email konfirmasi. Secara nyata sudah tergabung dalam komunitas ini, tinggal memasang logo di blog dan jadilah member Blogger Perempuan.

Nah, syarat ketentuan yang terutama itu adalah Perempuan. Wah, sebagai perempuan merasa terwakili banget punya komunitas yang member-nya saat ini lebih dari 4000 blogger di seluruh pelosok Indonesia. Wow, udah nyampe ribuan blogger yang berjenis kelamin perempuan. Betapa menyenangkan dan asiknya hidup di dunia blog ini.   

Manfaat Bergabung Di Blogger Perempuan

Seperti yang sudah di share di atas bahwa banyak sekali dampak positif yang didapatkan ketika bergabung di dalam sebuah komunitas. Apalagi bergabung di komunitas Blogger Perempuan tidak pernah dipungut biaya se-sen pun. Malah semenjak bergabung di komunitas ini, makmil sendiri merasa banyak tertolong untuk mengembangkan bakat menulis, komunikasi bahkan sosialisasi dengan berbagai penulis hebat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dari pengalaman bergabung dengan Blogger Perempuan, berikut 5 (lima) manfaat yang paling mengena:

  1. Akhirnya memiliki komunitas yang di dalamnya banyak penulis hebat dari berbagai daerah di Indonesia.
  2. Selalu mendapatkan tips yang bermanfaat untuk menambah wawasan di dunia menulis.
  3. Setiap hari dapat bacaan segar dari berbagai penulis dengan bentuk yang menarik.
  4. Menambah teman baru dari berbagai pelosok yang mungkin selama ini tidak terpikirkan.
  5. Dapat job dan penghasilan tambahan sebagai buzzer, influencer, reviewer dan sebagainya.

Di samping itu, salah satu hosting tempat blog saya saat ini juga di dapat berkat mengulik website Blogger Perempuan. So, kenapa akhirnya bergabung dengan BPN yaitu karena memberikan banyak sekali manfaat kepada saya sebagai penulis amatir. Buat yang belum bergabung, let’s join J

Categories: Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *