Dewasa ini, Indonesia disebut sebagai pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Pasalnya, sejak internet hadir pada tahun 90-an, dunia digital menjadi berkembang pesat hingga hari ini.

Hadirnya internet memberikan keuntungan bagi banyak pihak khususnya pelaku usaha yang menggeser jenis usaha yang bersifat offline atau toko menjadi online. Apalagi kebanyakan masyarakat Indonesia cenderung menyukai belanja barang atau jasa secara online.

Banyak keuntungan yang diperoleh dari belanja online. Sebagai seorang yang senang melakukan online shopping, maka berikut 5 (lima) kelebihan dari berbelanja online:

  1. Mudah Dalam Pencarian Barang

Sebelum mengenal dunia internet, mungkin mencari barang yang diinginkan sedikit sulit. Sebagai contoh, saat barang yang diinginkan berada di seberang pulau maka butuh waktu yang cukup lama untuk barang tersebut sampai di tangan. Jika belanja online, semua jenis barang atau jasa yang dicari tersedia dan tinggal klik semua dapat ditampilkan baik dari harga, toko, lokasi penjual serta promo yang ditawarkan.

  1. Perbandingan Harga

Dulu, jika jarak pembelian barang cukup jauh atau di luar kota maka akan sangat sulit membandingkan harga satu dengan yang lainnya. Sekarang, tinggal sortir di layar komputer melalui jenis dan kelompok maka sudah dapat disajikan perbandingan harga dari satu jenis barang/jasa.  

  1. Promo & Gratis Ongkir

Untuk beberapa toko tertentu memberikan banyak promo dan gratis ongkos kirim. Mungkin, untuk belanja secara offline terdapat istilah tawar-menawar, menariknya beberapa online shop istilah tawar-menawar juga masih berlaku. Jika, ada event tertentu maka pada umumnya online shop akan berbondong-bondong memberikan harga yang jauh lebih murah bahkan diskon yang cukup besar.

  1. Hemat Waktu & Tenaga

Tentunya, lebih hemat waktu dan tenaga berbelanja online dibandingkan harus mengelilingi pasar untuk mencari barang yang dibutuhkan. Barang dapat dipesan langsung, tinggal klik, pembayaran maka beberapa waktu ke depan barang sudah tiba di rumah.

  1. Retur Barang Tidak Sesuai

Menariknya lagi, barang yang datang ke rumah tidak sesuai harapan maka dapat dilakukan retur. Tentunya, hal ini membuat konsumen mendapatkan barang yang sesuai dengan harapannya. Alhasil, belanja online itu mudah, murah dan sesuai dengan yang diiginkan.

Kelebihan belanja online di atas menjadi alasan kebanyakan orang yang beralih dari belanja secara konvensional menjadi belanja secara digital. Tak aneh, pelaku usaha akan meraup untung sebesar-besarnya berkat perkembangan internet di Indonesia.

Apalagi di tahun 2019 ini, Indonesia menjadi negara ke 3 (tiga) pengguna internet terbesar di dunia. Berdasarkan data internetworldstats bahwa penetrasi internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa atau sekitar 53% dari jumlah populasi jiwa di Indonesia. Dengan kata lain, jumlah pengguna internet di tanah air setara dengan 6,5% pengguna internet di Asia.  Bayangkan ratusan juta orang bersentuhan dengan internet dan banyak yang melakukan transaksi bisnis setiap harinya.

Oleh karena itu, tak aneh jika Indonesia menjadi negara lahan basah untuk mengembangkan bisnis secara online. Hadirnya bisnis online memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk mendirikan usaha sendiri secara mandiri.

Dulu, saat bisnis online belum berkembang maka untuk mendirikan sebuah usaha sangat ribet. Selain membutuhkan modal yang besar untuk penyediaan barang, pebisnis juga harus merogoh kantong lebih dalam untuk membayar sewa toko, perijinan dan sebagainya.

Saat ini, tidak perlu modal besar bisnis online shop dapat berjalan dengan mudah. Apalagi bertindak sebagai reseller yang hanya menjual kembali produk atau jasa melalui lapak sendiri di internet. Menariknya lagi, saat ini banyak e-commerce  yang menawarkan layanan gratis untuk menjalankan bisnis online.

Percepatan bisnis online di Indonesia sangat signifikan, bahkan menurut lembaga riset asal Inggris Merchant Machine, bahwa Indonesia menjadi peringkat pertama dalam pertumbuhan bisnis online. Tahun 2018, pertumbuhan bisnis online di Indonesia mencapai 78%.

Info 2

Menurut data bahwa rata-rata uang yang habis dibelanjakan oleh masyarakat di situs belanja mencapai Rp3,19 juta/orang. Sekitar 17,7% masyarakat membelanjakannya dalam bentuk memesan tiket dan hotel. Sekitar 11,9% membelanjakan uang tersebut dalam bentuk produk pakaian. Terakhir, masyarakat membelanjakan produk kesehatan dan kecantikan.  

Tak aneh, banyaknya pengguna internet yang bertujuan untuk online shopping menjadikan peluang besar untuk masyarakat sehingga berlomba-lomba untuk memulai bisnis secara online. Menurut data Bank Indonesia, sepanjang tahun 2018 transaksi e-commerce mencapai Rp77, 766 triliun. Angka ini sangat tinggi dibanding tahun 2017 yang hanya Rp30,942 triliun sekitar 151% kenaikannya.

0
Gadget (triliun)
0
Fashion (triliun)
0
Computer (Triliun)
0
Cosmetics (Triliun)
0
Electronic (Triliun)
0
Others (Triliun)

Perkembangan bisnis online di Indonesia menjadi peluang yang baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan perputaran uang secara cepat.  Alhasil, tak hanya pelaku bisnis yang memiliki modal besar, Ibu Rumah Tangga pun saat ini terjun langsung menjajakan barang dagangan secara online

Sebelum memulai bisnis, biasanya seseorang akan melakukan riset sederhana untuk memperhatikan target pembeli, peluang pasar serta permintaan terhadap barang apa yang tinggi setiap tahunnya tanpa mengenal musiman.

Oleh karena itu, terdapat 3 (tiga) hal yang biasanya dilakukan pebisnis online sebelum memutuskan berjualan:

  1. Menentukan Jenis Produk

Melihat data dari Bank Indonesia di atas terdapat berbagai jenis barang yang sering dibeli oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan urutan tertinggi maka saat gadget merupakan barang yang menjadi primadona yang dibutuhkan pasar.

Sebelum menjalankan bisnis online maka, seseorang atau kelompok harus menentukan jenis produk apa yang akan dijual. Apakah gadget, kosmetik, fashion, perlengkapan anak dan sebagainya.

Produk yang dipilih merupakan produk yang sangat dipahami bagaimana cara menjual produk tersebut sehingga menghasilkan keuntungan yang maksimal. Tidak lupa untuk mencari produk yang memang benar disukai agar peluang untuk menjualnya lebih mudah.

  1. Menentukan Cara Berjualan

Saat ini kebanyakan bisnis online pemula menjadi seoarang reseller. Pilihan ini sangat mudah karena bentuknya hanya menjual produk orang lain. Harga yang didapat tentunya lebih murah serta keuntungan merupakan selisih harga. Berbeda dengan produsen yang membuat atau memiliki produk sendiri dapat menentukan berapa keuntungan yang ingin dicapai. 

Selanjutnya, ada yang disebut sebagai dropshiper, dalam arti menjual produk orang lain tanpa harus membuat stok barang atau sebagai perantara saja. Tidak perlu pusing memikirkan packing dan pengiriman barang karena semua dilakukan oleh supplier barang.

      3.  Menentukan Media atau Tempat Berjualan

Internet menyediakan tempat seluas-luasnya bagi pebisnis online. Banyak tempat dan cara untuk menjajakan barang dagangannya. Apakah di website, marketplace, media sosial dan sebagainya. Berikut 3 (tiga) tempat untuk menjajakan barang dagangan yang sering dilakukan oleh pebisnis.

Tempat jualan yang pertama adalah website. Pebisnis mulai membangun usahanya dengan mencari layanan jasa pembuat website, berkonsultasi dan merancang website sesuai dengan yang diharapkan. Menariknya, berjualan dengan website terkesan lebih profesional, lux dan tentunya banyak kemudahan yang diterima oleh penjual  dalam menjalankan usahanya.

Selanjutnya pebisnis dapat menjajakan barang dagangannya melalui berbagai marketplace yang ada di Indonesia. Namun, sebagai penjaja barang dagangan tidak memiliki keleluasaan jika berjualan di marketplace. Belum lagi dana yang diterima tidak langsung diterima oleh penjual, sehingga memperlambat perputaran uang dalam bisnis.

Dewasa ini, banyak sekali masyarakat yang berjualan melalui media sosial. Media sosial seperti facebook yang terkadang menjalankan siaran langsung, whatsapp dalam membuat grup, instagram, twitter bahkan youtube.

Namun, cakupan pembeli tidak terlalu luas. Belum lagi sebagian masyarakat belum terlalu berani membeli barang jika dijual melalui sosial media.

Dari ketiga tempat jualan online di atas maka tempat yang paling strategis serta memberikan banyak kemudahan baik bagi penjual maupun pembeli adalah dengan memiliki website. Hadirnya website dalam mendukung bisnis online sangat baik dan memudahkan para pelaku bisnis dalam mengembangkan sayap bisnisnya.

Binis konvensional dengan bertempat fisik atau disebut toko sudah bergeser menjadi bisnis online. Dewasa ini, membuat website sendiri tidak lagi hal yang sulit. Semua sudah dimudahkan bahkan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) sendiri pun saat ini mampu membangun website sendiri untuk keperluan bisnis atau pekerjaan di dunia online.

Terdapat 6 (enam) hal yang membuat website menjadi penting untuk bisnis:

1.Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Website yang dimiliki membuat penjual dan pembeli memiliki interaksi tanpa batasan waktu. Hal ini dikarenakan website dalam memaksimalkan fitur layanan 24 jam live chat. Di samping itu, melalui website, penjual juga dapat menambahkan berbagai informasi penting serta tips yang dibutuhkan terhadap barang atau jasa yang dijual.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Seperti diketahui, banyak pembeli yang tertipu dengan kualitas barang yang dijual secara online. Nah, dengan memiliki website, penjual merasa lebih percaya diri dengan menampilkan profil perusahaan, visi, misi dan sebagainya. 

3. Hemat Biaya dan Waktu

Tak hanya bagi pembeli, ketika memiliki sebuah website penjual pun dapat menghemat biaya dan waktu dalam mengelola berbagai penjualan. Hal ini dikarenakan, penjual dapat mengoperasikan penjualan barang dan jasa kapan dan dimanapun.

4. Menjangkau Target Market Yang Luas

Melalui dunia internet, seluruh penjuru dunia dapat mengaksesnya. Sehingga saat barang yang ingin dijual di-upload di internet maka dengan seketika siapapun dapat melihat dan mencarinya. Target pasar tidak hanya sekitar pertemanan seperti jualan di media sosial namun sampai kepada luar negeri.

5. Portal Informasi/Portfolio & Katalog

Katalog yang biasanya dipakai oleh penjual mampu menghabiskan banyak dana. Belum lagi tidak baik terhadap penghijauan atau paperless. Ketika memiliki website, penjual dapat memuat katalog di halaman depan website sehingga barang yang dijajakan dapat terlihat jelas. Di samping itu, website mampu menciptakan sebuah brand dari produk yang akan dijual.

6. Optimalkan Marketing dengan SEO

Memanfaatkan teknik SEO untuk mengiklankan website yang dimiliki. Jika website penjual berada diurutan atau peringkat pertama dalam pencarian google maka secara tidak langsung masyarakat atau pasar mudah mengenal brand atau produk yang ditawarkan.

Pentingnya peranan website dalam mengembangkan bisnis online sehingga banyak penjual yang berbondong-bondong mencari jasa penyedia domain dan hosting untuk memulasi usaha. Untuk itu Qwords hadir mewujudkan tujuan pebisnis online untuk jualan dengan website yang mudah dalam pencarian google serta memiliki harga yang pas dengan kebutuhan.

Seperti diketahui bahwa saat ini dunia memasuki era industri 4.0. Segala hal yang terkait permintaan pasar akan barang dan jasa sudah beralih ke dunia online. Oleh karena itu, pebisnis online yang ingin berkembang pesat berusaha membuat website agar produk yang dijual lebih dikenal serta memudahkan dalam berbagai permintaan pasar.

Qwords merupakan jasa penyedia Hosting Indonesia yang memiliki banyak keunggulan. Sehingga mampu memenuhi segala kebutuhan pebisnis online terkhusus dalam penyediaan jasa pembuatan website dengan menyajikan domain dan hosting yang menarik.  

Berikut 8 (delapan) alasan Qwords mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pebisnis online :

Di samping itu, terdapat 10 (sepuluh) layanan unggulan yang ditawarkan Qwords dalam rangka menciptakan performa website jika beli domain di Qwords yang tangguh untuk bisnis online:

  1. Paket Hosting Ekonomis Terbaik
  2. Tidak khawatir Kapasitas Penuh
  3. Kapasitas Besar dan Kemampuan Mumpuni
  4. Website WordPress menjadi sangat cepat diakses
  5. Performa tinggi yang selalu diandalkan
  1. Reliable and Fast Cloud VPS
  2. Extra Fast with Double Speed
  3. Wide Capability Cloud VPS
  1. High Specification Server
  2. Reliable Performance Server
  3. Fast and Unmetered Bandwidth Colocation Server
  1. Bangga Pakai Domain ID
  2. Lebih dari 500+ TLDs Available
  3. Eksklusif dan Mudah Diingat
  1. Collaboration Suite dengan Fitur yang lengkap
  2. Google Suite dengan support 24/7
  3. Reseller resmi Office 365 di Indonesia
  1. Dapatkan domain dengan harga bersaing
  2. Mudah dan laris berbisnis hosting
  3. Banyak untung jadi reseller Qwords
  1. Amankan websitemu dengan mudah
  2. Keamanan website ekstra untuk website perusahaan
  3. Keamanan tertinggi disertai Greenbar
  1. Storage khusus untuk mengamankan backup website
  2. Nama domain hosting yang fleksibel
  3. Kirim backup ke rumah
  4. Garansi uptime hosting
  5. Tanda tangan digital modern dan aman
  6. Keamanan ekstra dan email spam
  1. Bebas bangun sever email
  2. CMS Billing untuk berbagai kebutuhan
  1. Bantuan ekstra untuk masalah website.
  2. Bantuan pengelolaan VPS dengan report berkala.
  3. Bantuan pengelolaan server dengan report berkala.

Demikian berbagai keuntungan saat membuat website bisnis online di Qwords. Buat kamu yang ingin memulai bisnis secara online, silahkan mengunjungi Qwords dengan pelayanan 24/7.

Untuk menjaga kepuasan pelanggan, kami memberikan garansi uang kembali yang berlaku hingga 30 hari setelah hosting aktif.

Untuk menjaga kepuasan pelanggan, kami memberikan garansi uang kembali yang berlaku hingga 30 hari setelah hosting aktif.

Website yang di hosting di Qwords lebih stabil & cepat diakses dari seluruh dunia karena network yang baik dengan kecepatan 10 Gbps serta dukungan Ultrafast SSD.

Perkembangan dunia online di dunia tidak dapat terbendung lagi. Alhasil, dunia memasuki era 4.0. Perkembangan internet telah mendukung banyak aspek dan salah satunya adalah perekonomian dalam bisnis online. Transaksi bisnis online terbilang sangat besar setiap tahunnya dan mempengaruhi gaya hidup masyarakat dan menikmati pasar online.

Hal ini menjadi peluang yang baik bagi para pebisnis baik pemula maupun yang berpengalaman. Sehingga dalam mengembangkan bisnis dibutuhkan tempat untuk memulai menjajakan barang dagangan di internet. Solusi tepat adalah memilih website dalam mengembangkan bisnis online karena memiliki banyak keunggulan dibanding berjualan di marketplace, media sosial dan sebagainya.

Oleh karena, peranan website sangat mendukung para pelaku bisnis online di Indonesia maka Qwords sebagai penyedia jasa domain dan hosting mampu membantu seluruh pelaku bisnis dalam membuat website yang keren, unggul dan tentunya mampu dikenal masyarakat umum. Alhasil, dagangan laris, untung manis dengan membuat website di Qwords. Kalau kamu ingin berbinis online apa tahun ini? Yuks, #OnlineinAja dan lihat tawaran paket cloud hosting dari Qwords. 

Categories: Blog

37 Comments

Amir · October 1, 2019 at 4:49 am

Di tempat saya, pun sudah mulai terlihat UKM memanfaatkan website untuk perkembangan usahanya. Bahkan ada salah satu UKM mengimpor produknya hingga ke Eropa

Indah Riadiani · October 3, 2019 at 7:02 am

Sepakat Mba…sekarang kalo bisnis cuman ngandelin offline aja kayanya bisa ketinggalan ya. Bisnis dari semua lini faktanya memang sudah banyak yang migrasi ke online. Tinggal pinter2 pilih jasa penyedia hosting dan domain terpercaya aja kaya Qwords. ❤️

Dwi · October 3, 2019 at 9:04 am

Whaa betul sekali. Di jaman serba digital begini, sudah saatnya memang mengonlinekan bisnis. Dan para pebisnis online pun perlu sekali punya website. Soalnya aku juga klo belanja suka liat websitenya lebih percaya aja gt.

nurulrahma · October 3, 2019 at 10:05 am

QWOrds tuh superhero banget dalam ranah digital ya Mba
Pengusaha UMKM ga perlu pusing2 cari vendor yg specialized dan capable bgt dlm hal hosting dll ini

Siti Hairul · October 3, 2019 at 10:42 am

Mau ga mau memang UMKM harus berkembang mengikuti perkembangan zaman ya mbak. Mau ga mau harus belajar penggunaan perangkat digital baik software maupun hardware

Rohyati Sofjan · October 3, 2019 at 11:35 am

Sejujurnya sebagai calon konsumen saya lebih memilik toko daring yang punya situsnya sendiri, ada semacam kepercayaan pada prodik dan usahanya. Dulu juga kala saya beli buku lebih milih toko omline yang punya web dengan tampilan yang ramah penggunaan, akses cepat dan produk lengkap. Sepertinya semua ditunjang oleh jasa penyedia hosting tepercaya yang baik.
Saya biasanya kabur kalau situs belanja daring berat loading, kerap banget gitu. Makanya penting bagi pebisnis untuk pilih web hostimg yang baik dan lengkap.

Fauziah azzahra · October 3, 2019 at 5:14 pm

Jaman sekarang emang paling enak dan lebih mudah belanja online ya mba, karena kita tinggal pilih-pilih aja, bisa ganti-ganti toko tanpa harus pindah tempat. Makanya bener banget nih mba kalau mau buka toko online kita harus cari penyedia jasa domain dan hosting terpercaya. Seperti qword ini.

mutiara fhatrina · October 4, 2019 at 1:28 am

Wah, informasinya menarik mbak, kebetulan saya lagi buka usaha kecil2an.

Dyah Ummu AuRa (Author RoemahAuRa) · October 4, 2019 at 1:40 am

Lengkapnya pelayanan dari qwords, mana harganya juga terjangkau. Saatnnya nih para pelaku bisnis yang menggunakan website untuk aktivitas bisnisnya memanfaatkan pelayanan dari qwords

Rani Provitasari · October 4, 2019 at 2:10 am

Sepakat banget deh, kenapa banyak yang lari ke online, selain mudah untuk memilihnya, ngga perlu capek keliling mall.

Sumiyati Sapriasih · October 4, 2019 at 4:39 am

jaman internet harus dimanfaatkan, salah satunyan jualan onine menggunakan website untuk mengembangkan UMKM

    yola widya · October 4, 2019 at 9:19 pm

    punya web sendiri itu penting, ibaratnya punya rumah online sendiri. jadi orang-orang juga engga susah nyari yang dibutuhkan

Sari Hati · October 4, 2019 at 5:47 am

Iya dong.. Aku salah satu ibu rumah tangga yang menfaatkan internet untuk dagang. Mayan, sambil isi waktu luang dan nambah jajan skincare wkwk

Ratna Farida · October 4, 2019 at 5:51 am

Sekarang jaman digitalic ya Kakak, apa-apa tinggal klik aja. Indonesia berarti keren yah menjadi negera nomor satu melek teknologi yah enggak seh. Hampir warganya sudah paham sama dunia online dan bahkan hampir setiap orang kalo ditanya “Beli di mana?” jawabnya.. “Online..”
Sampai anak-anak aja paham.. “Paketan datang”

Ada keuntungan kelebihannya seh ya pastinya. kalau usaha dengan menggunakan website. Yang pasti memudahkan untuk segala hal dan jangkauan. Dapat diakses oleh semua orang bukan hanya di kota kita sendiri saja. Kekurangannya kadang kita enggak ngeh kalau ternyata toko online punya tetangga sendiri

iidYanie · October 4, 2019 at 7:43 am

Website penting sekali untuk salah satu sarana promosikan bisnis online dan mengenalkan produk yang dijual, krn apa2 skrg org carinya melalui google dan websitenya duluan yg paling diperhatikan serius atau tidak org berjualan

Elsa Martina Lova · October 4, 2019 at 10:32 am

Pengguna internet tercepat tiongkok, namun untuk perkembang e-commerce indonesia juaranya ya kak. Kok aku mikirnya emang anak indonesia ini konsumtif sendiri. hehehe

Evalina · October 4, 2019 at 12:21 pm

Pada era digital ini, berjualanpun lewat online, sangat memudahkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi

Elly Nurul · October 4, 2019 at 2:53 pm

Tidak bisa dipungkiri ya.. kemajuan teknologi menuntut semuanya berjalan dengan cepat, termasuk dalam hal bisnis. Jika pebisnis tidak melek digital, maka bisnisnya tidak akan berkembang, karena semua sudah berjalan menuju pangsa pasarnya, siapa yang bisa memberikan kemudahan dalam bisnis itu yang akan dipilih

Christina A. S · October 4, 2019 at 3:41 pm

Bahkan warung-warung dirumah saya sudah mulai merambah usaha online, mulai dari jual baju sampai jual barang dagangan. Luar biasa memang perkembangan penggiat internet sekarang ini

Herva Yulyanti · October 4, 2019 at 3:42 pm

papahku jualan kacamata offline dan ga mau berkembang online akhirnya ya gulung tikar hehehe sekarang memang eranya online mba jadi sayang kalau bisnis offline sih menurutku

Kartika Nugmalia · October 4, 2019 at 3:54 pm

Memang ya, namanya bisnis kalau mau berkembang harus mau mengikuti zaman. Saat digital begini memang website sudah menjadi wadah promosi produk yang jangkauannya lebih luas. Seneng banget kalau makin banyak pedagang online punya website. Makin banyak pilihan buat belanja online nih hehehe

Yasinta · October 4, 2019 at 9:24 pm

Aku masih suka belanja atau cari info di website, gimana ya terasa beda menurutku lebih niat dan profesional daripada hanya sosial media. QWords bagus nih buat yang mau mengembangkan bisnis ya

Yanti · October 4, 2019 at 11:22 pm

Memang di Jaman Era internet kaya sekarang kita harus pintar memanfaatkan internet dagang pun harus memakal website ya mba agar bisa terus maju dan penyedia Websitenya harus dilihat bagus atau tidaknya

Rach Alida Bahaweres · October 4, 2019 at 11:40 pm

Kalau ada wesbite informasi soal apa yang kita dagagkan juga lebih terjangkau ke banyak orang ya mba. Dan insyaALlah akan memberikan dampak lebih banyak. Makin banyak untung 🙂

Ainhy Edelweiss · October 5, 2019 at 2:05 am

Kalau dulu, orang mau buka kios ntuk usaha mesti mengeluarkan budget dgn jumlah yg besar. Tapi skrg, gk perlu lagi semenjak hadir situs online dmna kt bsa buat situs online sendiri ntuk usaha

Uniek Kaswarganti · October 5, 2019 at 3:17 am

Betul banget nih, dengan punya web bisnis sendiri, maka keterhubungan dengan para pelanggan bisa terjaga dengan baik. Beda banget kalau dibandingkan dengan numpang di marketplace ya.

Kurnia amelia · October 5, 2019 at 4:34 am

Tempat taro barang dan goto-foto juga oenting ya dalam menjual barang online jadi para pelanggan tertarik untuk beli.

Lina W. Sasmita · October 5, 2019 at 5:15 am

Bahkan sampai tahun 2030 juga saya baca di beberapa situs luar, Indonesia akan menjadi pemain pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara malah Mbak.

nyi Penengah Dewanti · October 5, 2019 at 5:41 am

Alhamdulillah ya Mba website membantu pelaku UKM Indonesia jadi memiliki pengunjung dengan jaringan yang luas. AKu belum tak domainkan mba usahaku hehehe

Zahra Rabbiradlia · October 5, 2019 at 6:11 am

Bener banget. Semua keuntungan yg disebutkan sangatlah menunjang bisnis. Website memang sekeren itu ya mba.

Indah Nuria · October 5, 2019 at 7:22 am

Website dan pelayanan yang ok pasti bisa membuat customer jadi betah dan suka belanja di situ. Lengkap ya penjelasannya mba

Antung apriana · October 5, 2019 at 7:43 am

Pastinya bikin website biayanya lebih murah ya, mbak daripada nyewa toko offline. Makanya penting banget memang memilih penyedia jasa website yang sudah terbukti keunggulannya

Susie Ncuss · October 5, 2019 at 3:15 pm

Wah… 3,19 jutaan/orang itu per tahun ya mbak?
Banyak juga ya….
Tapi kalau melihat tren belanja online sendiri kayaknya memang mendekati angka segitu sih dalam setahun, hehehe

Dian · October 6, 2019 at 3:19 am

Era digital menuntut para ukm berinovasi..
Web bisnis tentu langkah yg baik agar usaha ttp berkembang

Belgie · October 6, 2019 at 9:35 am

Aku punya onlineshop udah lama bgt, masih maju mundur nih bikin website, tp pas baca ini jadi mikir 2x nih kayaknya bagus buat olshopku ini, thank you

Rach Alida Bahaweres · October 6, 2019 at 10:25 am

Aih aku tuh kalau ada yang gratis promo, beneran happy banget. Lumayan kan bisa menghemat banget dana untuk belanja online

Jeanette Agatha · October 26, 2019 at 1:34 pm

Dalam berdagang website itu sangat penting dan membantu meningkatkan penjualan. Apa lagi Customer akan lebih percaya kalau penjual mempunyai website 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!