Setelah memutuskan menjadi IRT alias fulltimer maka semua pekerjaan rumah tangga menjadi aktivitas yang tidak tertinggalkan. Kadang merasa jenuh namun kadang terasa sukacita karena IRT merupakan sebuah anugerah bagi seorang wanita.

Selain dapat mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangga maka menjadi seorang IRT juga memiliki nilai lebih dalam memperhatikan perkembangan anak-anak. Apalagi saat anak membutuhkan ibu di masa pertumbuhan, pengenalan edukasi dini dan sebagainya.

Rutinitas yang dilakukan setiap harinya dalam mengerjakan pekerjaan rumah memberikan motivasi tersendiri salah satunya adalah agar rumah semakin kinclong dan seisi rumah bebas dari sakit penyakit. Jika rumah bersih maka hati seorang ibu menjadi nyaman. Berikut ini 3 (tiga) jenis pekerjaan IRT yang selalu dikerjakan dengan kebahagiaan:

  1. Memasak

Walaupun dilakukan 2x setiap hari yaitu di pagi dan sore hari namun kegiatan memasak adalah pekerjaan yang menyenangkan. Mengingat setiap anggota keluarga harus sarapan setiap pagi dan mendapat nutrisi yang baik maka kegiatan ini selalu dilakukan dengan sukacita. Rasanya menyenangkan bisa menyajikan berbagai hidangan makanan serta disantap oleh seluruh anggota keluarga.

Di samping itu, dengan memasak di rumah maka keluarga akan jauh dari penyedap, bahan pengawet serta lebih higienis dibanding jika setiap makan harus memberi makanan dari luar rumah yang tidak diketahui kebersihannya.

  1. Menyuci

Pekerjaan selanjutnya yang paling menarik adalah menyuci pakaian. Walaupun sekarang lebih banyak dibantu dengan mesin cuci, namun pekerjaan ini selalu menyenangkan. Pasalnya, baju suami dan anak cukup banyak setiap harinya maka sudah pasti harus lebih rajin agar tidak menumpuk. Memang kendalanya akhir-akhir ini sedikit alergi dengan detergen tertentu. Namun, semua tetap disyukuri karena menurut dunia kesehatan bahwa anak yang sehat juga dapat dipengaruhi oleh kebersihan pakaian yang digunakan.

  1. Menggosok

Nah, selanjutnya usai menyuci maka timbullah gosokan. Pekerjaan menggosok bisa dilakukan sambil nonton atau mendengarkan musik. Asiknya, kalau cucian kering langsung dilipat maka tidak susah payah lagi menggosoknya. Kalau pakaian suami dan si kecil rapi maka makmil ini pun senang dan pede, soalnya suka sedih kalau melihat ada pakaian yang dipakai dalam keadaan kusut walaupun sedikit.

So, kegiatan rumah tangga di atas menjadi pekerjaan yang membahagiakan. Walaupun dilakukan setiap hari namun karena memiliki motivasi tertentu untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga maka setiap hari pekerjaan tersebut pasti beres. Setuju enggak mak???

Categories: Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *