Perkembangan dunia digital membawa banyak perubahan di dunia, salah satunya adalah e-commerce. Dampak positif yang dihasilkan pun membuat dunia bisnis semakin maju dan merambah ke dunia maya. Alhasil pertumbuhan toko online di Indonesia melaju pesat. Semenjak online shopping mulai trend di Indonesia, para smart shopper sudah beralih ke pembelian secara online. Pasalnya, setiap orang menjadi mudah menjangkau barang dan jasa yang diinginkan dan dibutuhkan. Berbeda dengan kondisi beberapa tahun lalu.

Sebagai contoh yang pernah dialami yaitu saya menginginkan sebuah barang yang hanya tersedia di Pulau Jawa, karena berada di Medan maka terasa sulit untuk memiliki barang tersebut. Sehingga membutuhkan waktu yang lama serta dana yang cukup mahal hingga barang tersebut sampai ke Medan. Namun, bandinkan dengan sekarang tinggal klik maka barang dalam bentuk, jenis serta dimanapun dapat diraih. Barang tiba di rumah dengan tempo sesingkat-singkatnya dan harganya juga sama dengan sebrang pulau.

Oleh karena itu, dewasa ini banyak sekali keuntungan bagi penjual dalam menjajakan barang dagangannya secara online serta pembeli dalam memiliki barang yang diinginkan atau dibutuhkan. Maka tak aneh jika masyarakat saat ini berbondong-bondong lebih memilih belanja online dibanding ke toko atau butik. Di samping itu, berikut beberapa alasan pembeli beralih ke online shopping:

Berbelanja di dunia maya menyegarkan mata calon pembeli untuk memilih, mencari model/jenis barang yang diinginkan. Pembeli merasa tidak ketinggalan jaman karena barang yang ditawarkan selalu update dan mengikuti trend yang berjalan.

Jika belanja ke Pasar Tradisional, Toko dan Mall membutuhkan waktu dan tenaga. Belum lagi terkena macet menuju toko yang diinginkan. Tak jarang pula pengeluaran semakin membengkak saat mata mulai lapar untuk mementingkan keinginan daripada kebutuhan.

Oleh karena itu, kebanyakan orang memilih belanja online langsung dari rumah, kantor atau di mana saja. Sederhana dapat langsung dari smartphone dan pembayaran dengan internet atau mobile banking, tak perlu menghabiskan waktu yang cukup lama serta dapat mengendalikan pengeluaran yang tak terduga.

Sebagai wanita merasakan bagaimana berjuang berbelanja di pasar saat menawar harga. Berjalan dari satu toko ke toko lain, ketika sudah deal membeli suatu barang, eh ternyata barang di toko sebelah jauh lebih murah. Biasanya rasa kecewa berkepanjangan bahkan dibawa sampai ke rumah.

Apabila berbelanja online, kita dapat seaching  harga di toko online lain dengan mudah serta mendapatkan harga yang termurah dan sesuai dengan pilihan. Apalagi saat ini, beberapa pedagang online sudah berkumpul dalam satu Toko Retail, maka sangat mudah membandingkan harga.

Seperti saya yang tinggal di Medan, beberapa barang tertentu tidak ada dan hanya tersedia di kota besar dan utamanya di Jabodetabek. Kan tidak mungkin membeli ke Jakarta langsung atau titip teman untuk dibelikan.

Nah, dengan hadirnya toko online, memudahkan kita untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dan tidak tersedia di daerah. Tak perlu repot-repot membeli barang tersebut ke daerah tujuan. 

Bayangkan hampir di semua toko online memiliki diskon  dan harga promo untuk beberapa produk. Tentunya diskon ini tidak sama dengan supermarket yang menaikkan harga dulu baru didiskon. Apalagi jika wanita berbelanja dan melihat diskon langsung deh luluh. Begitu juga dengan menggunakan kartu ATM atau dengan pembayaran melalui bank tertentu maka banyak sekali diskon yang didapat.

Kalau berbelanja ke pasar mau tidak mau pasti mengeluarkan ongkos atau uang untuk bensin. Nah, untuk beberapa toko online menyediakan fasilitas gratis ongkir. Tak aneh, dari Sabang – Merauke pun terkadang dapat free ongkir, menyenangkan bukan? Oleh karena itu, saat ini banyak orang berbelanja dengan jari cantik dan duduk manis di depan PC, Laptop atau Smartphone.

Meledaknya minat masyarakat Indonesia berbelanja di dunia maya dilandasi beberapa alasan di atas. Apalagi 5 (lima) tahun belakangan aneka online shop pun sudah menebar iklan di televisi nasional.

Pengalaman pribadi sangat senang berbelanja online dibanding ke pasar atau mall. Pasalnya, beberapa kali kecewa saat berbelanja ke pasar tradisional dan Mall tidak menemukan barang yang dicari. Sudah bersusah payah, berpanas-panasan ternyata barang yang dituju tidak diperjualbelikan atau kadang kehabisan stock.

Sebagai Ibu yang saat ini menjalani kehamilan 6 (enam) bulan membutuhkan beberapa barang untuk mendukung proses kehamilan. Salah satunya adalah Maternity Belt yaitu sabuk penyangga perut saat hamil. Setelah beberapa kali jalan dan mencari ke toko-toko yang ada di pasar, ternyata tidak ada yang sesuai dengan jenis yang dituju bahkan di beberapa tempat tidak menjual barang tersebut.

Alhasil, maternity belt yang dicari ditemukan saat berselancar di dunia maya. Tentunya di toko online tempat distributor sabuk penyangga perut saat hamil. Tiba saat di pembayaran maka mulai bingung karena harus membayar melalui kartu kredit, transfer mobile/internet banking atau ATM. Berhubung hanya memiliki ATM tanpa mobile banking, maka mau tidak mau harus menuju ke ATM untuk melakukan pembayaran dengan waktu yang sudah dibatasi.

Sudah pasti repot dong, disaat barang yang dicari sudah tersedia sekarang bingung masalah pembayaran. Jika dalam waktu tertentu tidak dilakukan pembayaran maka otomatis barang yang sudah dipesan akan dibatalkan. Apalagi maternity belt yang dibutuhkan tinggal satu-satunya di toko online tersebut. Mau enggak mau harus kembali berjuang keluar rumah untuk menuju ATM. Masalahnya, ATM juga tidak ada yang dekat rumah dan harus ke pasar atau kota dulu. Apalagi sedang hamil jadi harus ditemani suami lagi untuk sampai ke ATM.

Setiba di ATM repotnya lagi adalah ngantri dengan berbagai orang yang mungkin kita tahu maksud dan tujuannya. Apalagi saat pencat-pencet kartu pin ATM kadang suka ‘parno’ sendiri kalau-kalau ada orang yang melihat dan menyalahgunakan. Terlebih ada lagi kehebohan kejahatan, hipnotis dan sebagainya. Tak jarang karena lupa atau sebagainya kartu ATM tertelan di mesin dan kembali harus mengurus kartu ke Bank dan repotnya jadi nambah, alhasil kondisi seperti ini dapat dikatakan terjebak di kotak anjungan tunai.

Tak mau lagi repot dengan pembayaran ini dan itu, apalagi untuk belanja secara online maka saya pun percaya diri ke Bank Mandiri untuk mengurus Mandiri Online. Hanya 15 menit, akun di Mandiri Online sudah dibuat oleh mba-mba costumer services yang ramah dan penuh senyum tersebut. Syaratnya pun mudah hanya Buku Tabungan, ATM, smartphone serta nomor kartu yang akan didaftarkan. Lalu download aplikasinya di smartphone kemudian kita dapat melakukan berbagai macam transaksi. Yuks check 10 langkah pembuatan aplikasi mandiri online berikut ini:

Sejujurnya, mandiri online jauh lebih sederhana, akurat dan tentunya aman. Fiturnya yang sederhana dapat dengan mudah digunakan oleh siapapun pengguna yang awam dalam menggunakan aplikasi smartphone. 

1. Transfer

a. Ke rekening Mandiri.

b. Ke Bank Lain Dalam Negeri

c. Ke e-cash.

2. Bayar

a. Internet

b.Telekomunikasi

c. Pendidikan

d. Kabel TV

e. Penerimaan Negara

f. Angsuran

g. PAM

h. Asuransi

i. Multipayment

j. Tiket

k. Kartu Kredit

l. Lainnya (Baznas Infaq, m. Dompet Dhuafa Zakat, Kompas, dll)

n. PLN

3. Beli

Voucher HP

PLN Prabayar

4. E-Cash

Upgrade Layanan e-cash

Isi Ulang e-cash

5. E-Money

Lihat/Perbarui Saldo

Isi Ulang e-money

Atur Daftar Kartu e-money

6. Transaksi Tertunda

Semua transaksi yang belum di setujui untuk dilakukan pembayaran/pembelian/transfer, dsb.

Kerennya, melalui mandiri online juga kita dapat membuka rekening baru yaitu Mandiri Deposito dan Mandiri Tabungan Rencana. Jadi enggak mesti repot jalan ke Bank lagi.

Setelah mengenal aplikasi mandiri online secara seksama, maka jari tangan ini mulai menari-nari untuk melakukan semua pembayaran yang selama ini tertunda. Salah satunya adalah bayar belanja online sekarang dengan mudah tinggal klik pembayaran dapat dilakukan dengan mudah.

 

Setelah melakukan transaksi di mandiri online melalui website, maka pembayaran lalu dapat melalui aplikasi di smartphone. Keamanan data sangat terjamin serta langkah demi langkah pembayaran sangat mudah melalui aplikasi. Berikut cara pembayaran barang yang telah dibeli dari toko online.

Semenjak mandiri online hadir di smartphone ibu hamil yang saat ini berjuang tidak lagi repot dan jadimandiri. Tidak lagi harus diantar suami kesana kemari untuk melakukan pembayaran atas barang belanjaan yang dibeli melalui online. Apalagi masa-masa ini lagi senang-senangnya belanja online untuk membeli perlengkapan persiapan lahiran, perlengkapan kebutuhan bayi serta berbagai nutrisi kesehatan. Saya sudah merasakan mudahnya berbelanja online dengan mandiri online. Kalau kamu bagaimana??? 

Categories: Blog

4 Comments

Nureda · September 9, 2018 at 12:59 pm

Jadi mudah pakai mandiri online, jadi pengen download aplikasinya.

    ardasitepu · September 9, 2018 at 1:13 pm

    Mudah banget bisa belanja dengan mudah tanpa ribet 🙂

Riri · September 9, 2018 at 1:00 pm

Ga perlu ngerepotin suami lagi buat ke ATM, jadi mudah belanja online ya mba.

    ardasitepu · September 9, 2018 at 1:13 pm

    Iya kadang repotin suami kalau harus ke ATM lagi mba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *