Kehadiran seorang anak merupakan sebuah anugerah terbesar bagi sebuah keluarga. Segala upaya akan dilakukan demi melihat pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik.

Terlebih bagi seorang Ibu yang memiliki peran besar atas hal-hal yang berhubungan dengan anak. Setelah melahirkan anak ke-2, saya kembali mempelajari banyak hal terkait tumbuh kembang anak. Pasalnya, perbedaan usia dengan anak sulung terbilang jauh yaitu sekitar 4 (empat) tahun.

Oleh karenaย  itu, sebagai Ibu kembali belajar dan memperhatikan dengan baik apa yang dibutuhkan anak di masa-masa pertumbuhannya. Tak jarang, saya merasa kuatir berlebihan ketika anak terserang suatu penyakit. Jika sudah terserang penyakit maka hal terbesar yang direnggut adalah kebahagiaan si kecil. Alhasil, untuk menanggulangi atau pengobatan dini, maka menyempatkan diri untuk searching artikel kesehatan khususnya untuk anak.

Berdasarkan pengalaman, berikut beberapa penyakit yang sering dialami anak, khususnya di usia emas:

  1. Demam

Demam merupakan jenis penyakit yang paling sering dialami anak-anak khususnya balita. Suhu tubuh biasanya mencapai 38 celcius bahkan 40 celcius, hal ini biasanya terjadi dikarenakan virus atau masa pertumbuhan gigi anak. Apalagi jika pertumbuhan gigi tertentu seperti taring atau geraham.

  1. Flu

Jika terjadi perubahan musim atau cuaca, maka tak jarang anak juga dapat terserang flu. Apalagi virus yang ada dapat menginfeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Di samping itu, kondisi tubuh anak sering mengalami suhu yang tinggi, batukk dan nyeri pada sendi.

  1. Batuk

Pada umumnya, batuk disebabkan oleh bakteri yang masuk ke tubuh atau terhirup melalui saluran pernafasan. Biasanya setelah sakit flu pada anak berkembang menjadi batuk dan kadang menghabiskan waktu penyembuhan yang cukupย  lama.

  1. Diare

Hal ini beberapa kali terjadi saat anak saya berusia di bawah 2 tahun. BAB (Buang Air Besar) bersifat cair atau encer dan cenderung lebih dari 3 kali sehari. Penyakit ini dapat disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan, alergi makanan atau iritasi usus. Oleh karena itu, pemberian nutrisi atau menjaga kebersihan makanan anak menjadi fokus utama agar tidak terserang diare.

  1. Sembelit

Penyakit lainnya yang sering berkenaan dengan usus adalah sembelit. Mengingat si kecil pernah mengalaminya dan susah payah untuk BAB. Sehingga, cara ampuh untuk menanggulanginya adalah memberikan makanan yang mampu melancarkan BAB tersebut.

  1. Radang

Radang yang terjadi pada anak biasanya adalah radang tenggorokan. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri yang ada pada tenggorokan sehingga si kecil akan sulit untuk menelan makanan dan sulit untuk mencerna makanan dengan baik.

  1. Eksim

Penyakit yang sering terjadi pada kulit anak dan ditandai dengan pembengkakan dan peradangan. Tak jarang kulit terlihat merah dan disertai dengan rasa gatal.

Berbagai jenis penyakit yang muncul pada anak tersebut menimbulkan kecemasan atau rasa kuatir yang berlebihan. Apalagi, jika penyakit ini pulih dalam waktu yang cukup lama.

Sebagai seorang Ibu tentunya tidak tahan melihat anak yang berada dalam kondisi sakit. Pastinya, merelakan waktu istirahat, pekerjaan dan sebagainya demi kesembuhan si buah hati.

Tak hanya itu, jika penyakit-penyakit tersebut datang maka cara utama yang dilakukan adalah konsultasi dengan dokter atau mencari artikel yang terkait dengan penyakit tersebut. Salah satu website yang sering saya kunjungi adalah SehatQ.com. ย 

SehatQ merupakan website yang menyediakan berbagai informasi seputar kesehatan. SehatQ menjadi patner atau asisten bagi setiap keluarga Indonesia yang ingin mencari artikel kesehatan, informasi berbagai jenis penyakit, obat, tanya jawab seputar kesehatan bersama dokter, mencari klinik atau rumah sakit.

Saat si kecil masih berusia 5 (lima) bulan, si kecil mengalami batuk dan demam yang cukup tinggi. Sedangkan, semenjak lahir sampai usianya tersebut belum pernah mengkonsumsi obat. Sejujurnya, saat itu saya memiliki kekuatiran yang cukup tinggi.

Kemudian mencari beberapa artikel dari SehatQ terkait dengan batuk dan demam yang dialami si kecil. Tak hanya itu, di aplikasi ini juga terdapat forum tanya jawab seputar berbagai pertanyaan umum ataupun khusus yang akan dijawab oleh dokter dan ahli.

Di samping itu, saya juga mencari dokter spesialis anak yang ready di sekita rumah. Alhasil, sangat memudahkan untuk melakukan perjalanan ke RS terdekat di mana dokter tersebut berada dan dapat membuat janji sehingga mengetahui jadwal dokter terlebih dahulu.

Sekarang tidak perlu kuatir yang berlebihan lagi kalau anak terserang suatu penyakit. SehatQ mendampingi para Ibu untuk lebih baik dalam memonitor pertumbuhan, perkembangan ataupun terkait dengan kesehatan anak.

Yuks, download aplikasinya agar memudahkan untuk mencari berbagai informasi seputar kesehatan baik untuk orang dewasa maupun anak. Jangan lupa untuk follow semua media sosialnya untuk update informasi kesehatan.

Categories: Blog

23 Comments

nurulrahma · August 26, 2019 at 1:54 pm

SehatQ ini recommended buangeettt ya Mba
Bisa dijadikan rujukan kredibel untuk masalah kesehatan

    ardasitepu · August 26, 2019 at 4:20 pm

    Iya mbak, silahkan mencoba aplikasinya.

Tetty Hermawati · August 26, 2019 at 2:50 pm

dulu aku klo anak demam ga bisa tidur langsung panik dan bingung deh mau ngapain, sekarang anak udah tiga enak bisa lebih enjoy karena banyak akses informasi, eh skrg tambah canggih lg ya ternyata, keren

    ardasitepu · August 26, 2019 at 4:19 pm

    Setuju banget mbak, ternyata enggak perlu kuatir sekarang. Semua dimudahkan apalagi dengan aplikasi SehatQ.

Reyne Raea · August 26, 2019 at 4:06 pm

Bener banget nih, kalau punya anak itu kudu banget berteman dengan aplikasi sehatq, secaraaaa merawat anak itu bener-bener complicated banget.
Adaaaa aja masalah kesehatannya.
Daripada malah tambah bingung karena berspekulasi atau ikut mitos, mending cek di SehatQ ya ๐Ÿ™‚

    ardasitepu · August 26, 2019 at 4:18 pm

    Yup bener mbak, selamat berpatner dengan SehatQ ๐Ÿ™‚

Ipeh Alena · August 27, 2019 at 1:17 am

Iya, kalau anak sudah mulai tampak gelagat demam dan mau sakit. Saya kadang suka panik. Kalau bisa konsultasi sama dokter kaya gini via website kayanya lebih efektif ya. Jadi, bisa tahu apa harus ada pemeriksaan lanjutan atau gak

Herva Yulyanti · August 27, 2019 at 4:27 am

Setuju mba penyakit yang sering menyerang anak yah pastiseputaran itu semua hahaha…
aku juga udah coba layanan sehatq dan cobain fitur tanya dokter alhamdulilah puas banget

susie ncuss · August 27, 2019 at 7:04 am

wah, baru tau nih kalau ada website yang bisa membantu orang tua..
daripada bingung waktu anak sakit, mending langsung cus ke sehatQ ya ๐Ÿ˜€

Ainhy Edelweiss · August 27, 2019 at 7:59 am

Dengan adanya website SehatQ, calon mama kayak saya bisa meraup informasi seputar parenting yah kak, duh senengnya

YSalma · August 27, 2019 at 9:04 am

Website SehatQ ini benar-benar bisa jadi rujukan para ibu untuk menangani kesehatan keluarga ya. Ada dokter yg siap untuk tanya jawab. Keren lah.

Tuty Queen · August 27, 2019 at 9:36 am

Aku juga sudah coba web SehatQ suka dengan tampilannya yang user friendly jadi mudah cari artikel mengenai kesehatan dan bisa tanya-tanya dokter jugak ๐Ÿ™‚

Mechta · August 27, 2019 at 11:52 am

Website kesehatan seperti sehatQ ini sangat membantu kita untuk.menjaga kesehatan diri dan kelg ya mba..

Lusi · August 27, 2019 at 1:24 pm

Perlu banget situs seperti ini daripada tanya di medsos. Kalau serius bisa segera dibawa ke dokter. Kalau bisa cuma dikasih obat, bisa dicek obat bebas yg tepat.

Inda Chakim · August 27, 2019 at 6:37 pm

Para ibu, terutama ibu baru yg kdg parnoan (kayak aku), sepertinya harus menjadikan sehatQ sebagai partner ya mbk. Dah, aku mau partner an sm sehatQ juga ah. Makasih sharenya mbk Arda

Ira Hamid · August 27, 2019 at 7:56 pm

Saya pernah tanya dokter di sehatq ini dan cepat banget dijawabnya. Keren deh sehatq

April Hamsa · August 28, 2019 at 12:43 am

Wah keren websitenya, bisa nanya2 juga ke dokter gtu ya mbak?
Zaman skrng akses informasi kesehatan gampang didapat namun tetep kita kudu pintr nyari website yang terpercaya ya.

Rizka Edmanda · August 28, 2019 at 12:53 am

Jadi tenang ya kalau ada SehatQ untuk memantau tumbuh kembang anak gak perlu galau, biasanya aku suka baca naca informasi kesehatan aja sih di SehatQ

Lidya · August 28, 2019 at 3:39 am

Penyakit anak-anak memang di seputar itu aja ya mbak, demam, flu. Untungnya sekarang bisa mantau kesahatan anak di web SehatQ ya apalagi bisa tanya-tanya ke dokternya juga

Diyanika · August 28, 2019 at 5:41 am

Diare nih dulu jadi langganan anakku pas masih bayi. Hampir tiap dua bulan kena diare karena sering kecolongan memasukkan jari atau benda-benda lain ke mulutnya. Tapi, zaman now enak, ada situs seperti SehatQ.com yang bisa jadi referensi ibu muda di luar sana.

indah nuria · August 28, 2019 at 5:47 am

senang liat tampilan aplikasinya. Kayaknya user friendly banget ya mba..dan sepertinya okeee informasi yang tersedia

Umpan Ikan Nila Rawa · August 28, 2019 at 7:46 am

Terimakasih sudah berbagi informasinya, artikelnya sangat menarik..

Diah · September 1, 2019 at 2:07 am

sekarang semua bisa serba mudah ya Mbak, bahkan gratis sekalipun, jawaban dari dokter online juga biasanya lebih detail ya. Secara klo dokter praktek apalagi yg pasiennya buanyaakk biasanya pelayanannya kurang maksimal krna yg lain udah banyak ngantri juga utk dilayani, huhuhuh.
Wajib nih bookmark dan install aplikasinya. Makasih ya Mbak ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!