Hal pertama yang dirasakan dalam rangka peraayaan HUT RI yang ke 73 tahun pada tanggal 17 agustus 2018 kemarin adalah perasaan bersyukur kepada Sang Pencipta. Sudah puluhan tahun bangsa Indonesia merasakan betapa nikmatnya menghirup udara segar tanpa perlawanan dengan penjajah. Sudah sepatutnya, rakyat yang hidup di jaman now mengucapkan terima kasih atas kemerdekaan yang dipersembahkan oleh para Pahlawan. Tugas utama kita sebagai bangsa yang besar adalah mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan tentunya prestasi untuk meningkatkan martabat bangsa.

Meraih kemerdekaan tidaklah mudah, banyak hal yang dikorbankan oleh para pendahulu. Kemerdekaan sendiri merupakan hak setiap bangsa, namun jika dilihat masih banyak negara dalam kondisi perang, dalam permusuhan, tidak berdaulat terhadap negaranya dan rakyat tersiksa baik siang maupun malam. Sekarang bangsa Indonesia sudah bebas dari penjajahan, pembangunan dapat berjalan, pemerintahan berjalan dengan baik serta masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari tanpa tekanan perang.

Dalam KBBI, defenisi kemerdekaan adalah keadaan yang berdiri sendiri (bebas, lepas dan tidak terjajah lagi). Namun, pertanyaan apakah bangsa Indonesia yang besar ini sudah bebas dari penjajahan??? Penjajah saat ini tidak berbentuk suatu negara lagi yang invasi ke Indonesia dan melakukan peperangan dengan senjata serta menguasai pemerintahan. Namun, di era kekinian ini, tanpa disadari bangsa Indonesia dijajah oleh digitalisasi. Produk digital ini merupakan hasil karya manusia yang membuat rakyat terjebak bahkan terjajah dengan berkembang pesatnya fenomena internet di Indonesia.

Hampir seluruh wilayah Indonesia sudah memiliki akses internet. Mulai dari muda sampai tua sudah mulai mumpuni menggunakan internet. Jika masyarakat tidak bijak dalam menyikapi dunia digital maka penjajahan di era digital akan terus menyelimuti bangsa Indonesia. Apalagi saat ini, unsur-unsur politik pun sudah digerakkan melalui semua media sosial. Sehingga menyebabkan terjadinya perpecahan bangsa baik dari suku, agama, golongan dan antar kelompok. Menurut saya salah satu paling tren yang membuat masyarakat Indonesia masih dijajah di dunia internet adalah suka menyebar berita HOAX. Tanpa disadari berita-berita palsu ini membuat perpecahan bahkan tak sedikit masyarakat harus berurusan dengan jeruji besi karena penyebaran berita-berita palsu di media sosial.

1. Bebas Mengakses Internet/Informasi Dari Dunia Digital.

Kemerdekaan di dunia digital yang pertama adalah setiap bangsa Indonesia bebas mengakses internet. Tak hanya di kota besar, di daerah pun saat ini sudah memiliki akses internet bahkan dengan jaringan 4G. Tidak ada larangan untuk mengakses informasi di dunia digital. Semua informasi mudah didapatkan. Kalau dulu, berita di dapatkan cukup lama melalui media televisi ke daerah tertentu. Namun, saat ini sekejap informasi yang berada di Ibu Kota dapat diterima di daerah melalui internet. Tidak ada lagi kesulitan dalam mendapatkan berbagai informasi, tips, dunia kesehatan, pendidikan, keuangan sampai kepada berita politik. Semua ada di dunia digital.

2. Bebas Memiliki Media Sosial.

Saat ini terdapat kalimat media sosial yaitu “medos membuat yang jauh terasa dekat”. Semua kalangan now memiliki berbagai jenis medsos mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Linked, Youtube, dsb. Semua media sosial ini diperuntukkan untuk pertemanan, tempat mengekspresikan1 diri, bertukar berita dengan kerabat yang jauh bahkan tempat untuk bersosialiasi dalam sebuah kelompok media. Sebagai contoh, melalui media sosial saat ini saya memiliki komunitas blogger yang dapat saling bertukar informasi, menambah persaudaraan dan tentunya ilmu dalam dunia menulis. Semua jenis media sosial ini bebas dimiliki/dibuat oleh setiap orang tanpa ada larangan ataupun paksaan.

3. Bebas Dari Berita Hoax.

Salah satu kecemasan masyarakat saat ini adalah munculnya berbagai berita hoax, seperti yang telah dikemukakan di atas. Merdeka di era digital itu salah satunya adalah masyarakat semakin bijak dalam memilah setiap informasi yang beredar. Tidak dengan mudah mengunyah dan menelan semua informasi sehingga menimbulkan perpecahan, perseteruan dan merugikan banyak pihak. Begitu juga dengan masyarakat Indonesia tidak mudah terhasut dengan berita dan informasi negatif yang beredar. Ketika masyarakat semakin bijak dalam memakai hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa masyarakat sudah merdeka di era digital.

4. Bebas Berinovasi & Mengembangkan Usaha.

Dewasa ini, banyak kalangan baik muda dan tua berinovasi melalui dunia digital. Seperti gerakan sosial yang membantu daerah pedalaman, membuat teknologi bersifat aplikasi online, munculnya start up baru dan pendiri-pendiri usaha baru di bidang barang dan jasa. Merdeka di dunia digital merupakan kegiatan positif yang menghasilkan inovasi serta pengembangan berbagai usaha melalui media online. Terlebih lagi saat ini, pengembangan usaha sudah merambah ke dunia digital daripada toko offline. Maka tak heran pengembang usaha juga sangat bebas menikmati hadirnya dunia digital di Indonesia.

5. Bebas Berbelanja Barang dan Jasa.

Merdeka di dunia digital yang terakhir adalah bebas berbelanja secara online. Sebelum perkembangan teknologi digital di Indonesia atau online shopping belum begitu nyata di internet maka untuk mendapatkan suatu barang di daerah tertentu membutuhkan waktu dan dana yang cukup besar. Namun, saat ini bagi kaum hawa yang sebagian besar konsumen belanja online merasa bebas mendapatkan barang yang dibutuhkan di pulau sebrang dengan dana yang sama dan waktu yang singkat.

Banyaknya permintaan konsumen melalui internet maka tidak aneh saat ini berkembang pesat toko online baik barang dan jasa. Hal ini tentunya memberikan kemudahan kepada setiap konsumen. Tak perlu jauh-jauh ke toko yang dituju, hanya dengan smartphone kita dapat membeli barang di mana pun dan kapanpun. Melalui era digital, masyarakat Indonesia benar-benar bebas dan sangat dimudahkan.

Sebagai seorang wanita yang pada umumnya suka berbelanja, maka salah satu kebebasan berbelanja secara online adalah pengalaman merayakan kemerdekaan yang menyenangkan. Kalau dulu ‘terjajah’ oleh jarak, waktu dan dana, sekarang semuanya didapatkan dengan mudah. Apalagi jika barang/jasa yang dibeli tersebut dapat dibayar dengan cara mengkredit.

Di internet saat ini semua jenis barang dijual, mulai dari kebutuhan sehari-hari, alat rumah tangga, produk kecantikan, mobil bahkan sampai kepada kredit motor. Sehingga semua kalangan dan kebutuhan masyarakat dapat dijangkau melalui dunia digital. Bicara soal kredit motor, satu-satunya situs yang menawarkan Kredit Motor lebih mudah dengan DP dan cicilan yang bersahabat adalah MOLADIN.

Hal ini juga merupakan sebuah kemerdekaan di era digital yaitu bebas menemukan situs kredit motor yang sudah pasti saat ini dibutuhkan banyak kalangan. Terlebih lagi di kemerdekaan yang ke-73 tahun Indonesia, maka Moladin pun turut serta dalam memerdekakan masyarakat dengan memberikan diskon DP sampai dengan 73%. Seperti yang saya alami, di rumah ada satu motor namun sebagai Ibu Rumah Tangga yang juga punya mobilitas tinggi dimulai dari mengantarkan anak, berbelanja, dan sebagainya pasti membutuhkan motor untuk kendaraan. Namun, jika motor dipakai oleh sang suami untuk bekerja maka sangat sulit menjangkau semua pekerjaan dengan cepat dan baik.

Oleh karena itu, dibutuhkan satu motor untuk memenuhi aktivitas seorang Ibu yang memiliki segudang kegiatan ini. Sayangnya, selama ini DP yang ditawarkan oleh dealer cukup tinggi. Alhasil, gagal untuk mengkredit sebuah motor lagi. Namun, setelah melihat situs dari Moladin yang memberikan diskon DP sampai dengan 73% maka perasaan hati mulai nyaman dan tinggal mencari cicilan untuk memiliki motor tersebut.

Di Moladin sendiri, terdapat jenis motor yang diidamkan yaitu Yamaha Lexi Standar. Tentunya karena modelnya yang keren, nyaman dan tentunya cocok untuk seorang Ibu Rumah Tangga seperti saya. Di samping itu, menurut Moladin berikut kelebihan dan spesifikasi dari motor tersebut.

Lampu depan menggunakan sistem pencahayaan LED sehingga lebih terang serta didesain dengan ukuran besar memberikan kesan mewah dan elegan.

Full digital speedometer yang modern dan informatif bagi pengendara.

Ruang pijakan kaki yang luas dan nyaman dengan dua posisi kaki berkendara.

Bagasi dengan kapasitas 12,8 Liter.

Membuat lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Semakin praktis dengan “Electric Power Socket” untuk mengisi daya gadget pengendara. *Handphone dan kabel charger tidak termasuk dalam paket penjualan.

Mesin 125cc dengan teknologi Blue Core yang membuat motor Irit, Halus, dan Nyaman.

Teknologi VVA menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin.

Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Semakin lengkap didukungSmart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Untuk memberi tanda dalam situasi darurat (sesuai UU no 22 tahun 2009 peraturan berlalulintas pasal 121 ayat 1)

Untuk memberi tanda dalam situasi darurat (sesuai UU no 22 tahun 2009 peraturan berlalulintas pasal 121 ayat 1)

Tanki bensin besar dengan kapasitas 4,2 Liter akan siap menemani kemanapun kamu pergi.

Smart Side Stand Switch menjaga keamanan pengendara sehingga tidak lupa menaikkan side stand setelah parkir.

Suspensi belakang tabung dengan berwarna emas memberikan kesan elegan dan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan stabil di berbagai kondisi jalan.

Smart Key System merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless). Fitur ini membuat berkendara semakin praktis dan aman karena disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Untuk motor impian tersebut, Moladin menawarkan DP Mulai dari Rp900.000,-an. DP yang sangat murah dan tentunya hanya ada di Moladin. Untuk cicilan selama 35 Bulan hanya Rp920.000. Tentunya terjangkau dan tidak mengganggu cash flow keuangan rumah tangga. Hal ini mungkin tidak didapatkan di situs kredit motor lainnya. Semoga bisa terwujud segera karena Promo ini hanya sampai dengan 31Agustus 2018. Sebelum kehabisan promo, maka segera mengajukan proposal ke suami tercinta. Nah, buat teman-teman yang berada di Jawa Barat, Banten dan Jakarta sekitarnya segera kunjungi situs Moladin dan pilih motor idaman kamu, selama promo masih berlangsung, diskon DP sampai dengan 73% lho!

Kemerdekaan itu adalah hak setiap bangsa baik di dunia nyata maupun di dunia digital. Sebagai masyarakat tentunya kita dapat bijak dalam menyikapi perkembangan digital yang begitu maju pesat agar tidak mudah terpecah belah. Di samping itu, kemerdekaan di era kekinian ini tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat Indonesia, dengan bebas mendapatkan informasi, berita, berusaha, berinovasi serta kebebasan untuk mendapatkan barang dan jasa melalui media online. Setiap pelaku usaha juga saat ini berlomba-lomba memberikan kemerdekaan kepada pembeli dengan memberikan diskon yang cukup tinggi. Oleh karena itu, salah satu pengalaman kemerdekaan di dunia digital yang dirasakan adalah ketika Moladin mampu memberikan diskon DP untuk kredit motor hingga 73%, membebaskan seluruh masyarakat yang selama ini masih berandai-andai memiliki motor baru karena terkendala DP. Jadi, tunggu apalagi segera mengeksekusi motor syantik yang ada di Moladin. Ingat Motor, Ingat MOLADIN!

Informasi lebih lanjut mengenai Moladin, yuks follow media sosial Moladin:

  1. Pengalaman Pribadi.
  2. www.moladin.com
  1. www.ardasitepu.com
  2. www.moladin.com
  3. www.apjii.co.id
  4. googleimage
  1. Youtube Moladin
Categories: Blog

14 Comments

Joe Candra P · August 31, 2018 at 5:37 pm

salam merdekaaaaaa, ingat motor! ingat Moladin

Nureda · September 9, 2018 at 1:09 pm

Ini penting, kali aja dalam dekat bisa mesen motor di Moladin.

Riri · September 9, 2018 at 1:10 pm

Diskon DP nya gede amat… Moladin memang keren.

RIZKA · September 11, 2018 at 12:53 pm

Salam merdekaaaaa….. terimakasih sudah berbagi

septi dwi lestari · October 2, 2018 at 12:24 am

saya mahu bertanya bagaimana sih menulis artikel yang berkualitas itu? apalagi buat artikel untuk lomba blog seperti ini? agar menang .

    ardasitepu · October 2, 2018 at 12:30 am

    Dear Mba tety,

    Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, cara saya menulis artikel pertama adalah pahami topik yang akan ditulis, kedua menulis lah dengan bahagia tanpa tekanan. ketiga kalau untuk lomba pastikan penuhi semua syarat dan prasyarat dari perlombaan, terakhir doakan yang kamu tulis dan mulailah menulis. Semangat mba 🙂

ardasitepu · October 1, 2018 at 9:08 am

Terima kasih atas informasiny 🙂

ardasitepu · October 1, 2018 at 9:08 am

Terima kasih atas informasinya 🙂

rilis Pemenang Festifal Blog “Merdeka di Era Digital” Moladin - WARTA BATAVIA · October 1, 2018 at 6:38 am

[…] Merdeka di Era Digital Bersama Moladin! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *