Bagi seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang sehari-hari bau asap dapur dan berurusan dengan kemoceng, saat mendapat kesempatan liburan bersama keluarga tercinta adalah perasaan yang menyenangkan. Apalagi kalau sudah suntuk maka semuanya jadi tak santuy, untungnya suami sangat pengertian dengan kondisi ini.

Salah satu perjalanan yang menyenangkan adalah berlibur ke Danau Toba. Mungkin hampir semua penduduk Indonesia pernah mendengar nama danau ini. Danau yang terkenal dengan luas dan keindahannya.

Bersyukurnya, beberapa waktu lalu suami mengajak keluarga kecil untuk mengelilingi Danau Toba dan sekitarnya. Memang sudah hampir 2 (dua) tahun tidak menjejakkan kaki kemari.

Masih membekas diiingatan saat masih tinggal di Kabupaten Toba-Samosir, Danau Toba merupakan destinasi wajib yang selalu dikunjungi keluarga. Apakah sekedar untuk bertamasya atau berolahraga bersama keluarga di pantai.

Kali ini, liburan akan terasa sangat seru dan meluapkan kerinduan terhadap Danau Toba dan sekitarnya. Berikut 3 (tiga) tempat wisata di sekitar Danau Toba yang menyenangkan bersama keluarga:

1. Prapat Danau Toba

Prapat Danau Toba merupakan lokasi melihat Danau Toba secara langsung. Di sini, terdapat pelabuhan dan kapal menuju Pulau Samosir, pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan mata tak pernah bosan memandang danau.

Di samping itu, terdapat kapal boat kecil yang akan menghantarkan pengunjung untuk mengelilingi Danau Toba di sekitar wilayah Prapat. Terdapat pula tulisan icon Danau Toba, sehingga belum sah rasanya tidak berfoto di tempat ini karena langsung menghadap ke arah danau. 

Di pinggir jalan, tersedia aneka jajanan dan ‘mangga udang’ yang manis asli dari Samosir atau pun Dolok Sanggul. Rasanya tidak ingin beranjak dari tempat ini, apakah sekedar untuk menikmati keindahan, mandi di danau atau membeli aneka jajanan dan kerajinan tangan dari penduduk setempat.

2. BIS (Bukit Indah Simanjarunjung)

Salah satu tempat yang saat ini ramai diperbincangkan adalah Bukit Indah Simanjarunjung. Lokasi ini tidak jauh dari Prapat, Danau Toba. Perjalanan dari Prapat ke BIS menghabiskan waktu sekitar 20 menit.

Setibanya di BIS, maka kendaraan melewati bukit yang cukup tinggi, di atas bukit terdapat parkiran kendaraan yang luas. Kerennya, pemandangan di bukit ini sangat indah karena langsung dapat melihat luasnya Danau Toba.

BIS ini juga dirancang untuk dapat ber-swafoto bagi setiap pengunjung dengan tampilan latar yang cukup unik dan bagus. Udara di BIS sangat sejuk dan tempat ini menyajikan berbagai makanan ringan.

3. Kebun Teh Sidamanik

Tak jauh dari Danau Toba menuju Siantar maka akan melewati perkebunan teh Sidamanik. Sepanjang jalan menuju Siantar disajikan kebun teh yang hijau dan aneka jajanan.

Asiknya, jalan melewati kebun teh ini sangat mulus dan disuguhkan pemandangan yang tidak biasa. Apalagi anak-anak merasa bahagia saat berlarian di kebun teh.

Bersyukurnya cuaca juga mendukung perjalanan sehingga dapat mengeksplorasi kebun dengan menyenangkan. Perjalanan dari Bukit Indah Simanjarunjung menuju kebun teh Sidamanik menghabiskan waktu 30 menit.  

Ketiga tempat yang menyenangkan tersebut mampu menghilangkan kepenatan seorang IRT. Kerennya, dalam satu hari bisa mengunjungi ketiga tempat yang menyajikan keindahan alam Danau Toba dan Kebun Teh Sidamanik.

Jika ingin mengulang maka, liburan tahun depan rencananya akan berangkat lagi ke tempat ini dan menjelajah tempat yang belum dikunjungi seperti Pantai Bulbul, Air Terjun Gibeon dan Taman Wisata Eden 100.

Untuk mencapai Danau Toba terdapat dua cara yaitu:

  1. Melalui Medan (Bandara KualaNamo)
  2. Melalui Silangit (Bandara Silangit)

Nah, perjalanan dari Medan – Danau Toba sekarang tidak terlalu jauh karena sudah melalui tol yang hanya memakan waktu hanya 2 (dua) jam untuk tiba di Siantar. Kerennya, Siantar adalah kota yang menyenangkan, berbagai macam makanan ditemui di kota ini dan salah satunya yang paling mengasikkan adalah mie Siantar.

Di Siantar juga terdapat Taman Hewan terbesar di Sumatera Utara sehingga menyenangkan membawa anak-anak untuk berlibur dan mengenal berbagai jenis hewan. Tak hanya itu, Taman Hewan Siantar juga menyajikan permainan anak dengan harga yang cukup terjangkau.

Categories: Blog

83 Comments

Siti Mustiani · December 7, 2019 at 3:56 am

Wah Danau Toba, suatu saat pengen mampir ke danau yang paling terkenal di Indonesia ini. Menginap di OYO yang dekat dengan Danau Toba sepertinya pas banget nih, bisa jadi rekomendasi buat liburan akhir tahun 😀

    ardasitepu · December 7, 2019 at 4:55 am

    Iya kak, ke Danau Toba dan sekitarnya menyenangkan banget. Di sini jg ada OYO kak.

      Leha barqa · December 8, 2019 at 2:22 am

      Wah asyik bgt mom…. Danau Toba tuh indah dan cantik bgt sama seperti mommy yang cantik berarti hotel OYO dkt sekali dgn danau Toba ya mom

        ardasitepu · December 12, 2019 at 8:57 am

        Iya cantik banget Mom, apalagi kalau bisa jelajahi semua nya mom.

    Nurul Rahma · December 8, 2019 at 2:04 pm

    Aku baru sekali k Medan tapi blm mampir danau Toba.semoga ada rezeki bisa trip k sana.
    Oyo emanh kwereeennn ya Mbaaa
    Bikin dompet tetep genduttt

      ardasitepu · December 12, 2019 at 8:58 am

      Iya mom, memang murah dan bagus banget buat nginap.

Okti Li · December 7, 2019 at 8:49 am

Senang sekali kalau OYO sudah sampai juga di Danau Toba nih. Para pelancong bekpeker seperti saya akan banyak terbantu dong dalam memilih lokasi untuk menginap. Praktis dan sudah terintegrasi

    ardasitepu · December 12, 2019 at 8:58 am

    Benar banget mbak, kalau backpaker juga seru nginap di OYO mbak.

      Okti Li · December 13, 2019 at 2:40 pm

      Iya Mbak sudah punya gambaran dan rekomendasi nih sekarang… Tinggal nabung buat modalnya hehehe

Reyne Raea · December 7, 2019 at 10:51 am

Huhuhuhu, belum pernah ke Danau Toba, asyik banget ya ke sana.
Tapi beneran nih, OYO cepat banget menjamurnya di mana-mana, perasaan belum lama-lama amat masuk ke Indonesia, dan akhirnya sekarang ada di mana-mana.
Saya juga udah pernah nginap di hotel OYO dan memang pelayanannya asyik sih 🙂

    Anisa Deasty Malela · December 9, 2019 at 8:16 am

    Meskipun ga punya keluarga di kawasan Danau Toba, tidak menyurutkan keinginan untuk bisa jalan-jalan dan berwisata ke sana, terlebih ada layanan OYO yang mempermudah kita dalam mencari penginapan

    ardasitepu · December 12, 2019 at 8:58 am

    Iya mbak, pelayanannya keren banget.

Yeni Sovia · December 8, 2019 at 2:20 am

Oh jadi OYO itu nama aplikasi sekaligus nama hotelnya OYO juga. Gitu Bun? Soalnya aku sempet bingung hihihi. Bagus berarti ya hotelnya sekalian ngeluarin aplikasinya juga. Tempat tinggal Bunda kayaknya asri ya deket ama danau toba. Aku belum pernah ikh maen ke sana. Hmmm semoga nanti bisa maen ke sana aku ama keluarga kecilku

    ardasitepu · December 12, 2019 at 8:59 am

    Iya dulu pernah tinggal di sini, tapi sekarang udah pindah bunda.

elva s · December 8, 2019 at 3:38 am

Danau Toba merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi karena disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah.
Itu karena Indonesia sangat luar biasa cantik dengan berbagai keragaman nya.
Saya jadi pengen berkunjung ke sana juga bersama suami, apalagi sekarang nggak perlu pusing atau bingung mau mencari penginapan selama berlibur kesana.
Karena ada OYo yang menjawab semua nya, mulai dari pelayanan, harga dan fasilitas yang oke punya
Mencari penginapan ?
#PastiAdaoyo tentunya ya mba

    ardasitepu · December 12, 2019 at 8:59 am

    Iya mbak, karena OYO semuanya lancar dan anak-anak senang di sini.

Okti Li · December 8, 2019 at 9:17 am

Bukit dan kebun teh yang lokasinya tidak jauh dari Danau Toba bikin lokasi wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi ya. Penginapan yang terjangkau dan mudah ditemukan membantu kita juga kalau mau main ke sana.

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:00 am

    Iya mbak, ada beberapa lokasi wisata yang dekat dengan Danau Toba jadi bisa sekali jalan.

Maliha · December 8, 2019 at 8:20 pm

Wah banyak juga destinasi wisata yang ada sekitar di Danau Toba, pesonanya sangat indah ya, memang OYO Hotel ini sangat rekomended buat penginapan yang fasilitasnya lengkap dan liburan makin menyenangkan ya

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:00 am

    Ada beberapa destinasi wisata yang ada di sekitar Danau Toba, kalau nginapnya di OYO aja.

Nia K. Haryanto · December 8, 2019 at 10:20 pm

Duh seru banget ini liburan ke Danau Toba. Kepengen deh ih. Pastinya ya, dengan adanya Hotel OYO ini, liburan jadi gak perlu budget mahal. Terutama budget penginapannya. OYO terjangkau dan nyaman pula.

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:01 am

    Iya senang banget mbak dengan budget yang pas2an. Kalau penginapannya juga murah dengan fasilitas nyaman.

Irena Faisal · December 8, 2019 at 10:30 pm

Sudah lama ngga ke Danau Toba, kayanya mesti balik ke sana nih hehehe dan mesti nginap di OYO Hotel 🙂

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:02 am

    Hehe bener banget mbak, ayuks kemari lagi.

Rizka Edmanda · December 8, 2019 at 11:24 pm

Aku dari dulu pengen banget ke danau toba tapi belum kesampaian, kayaknya wajib nih masuk ke bucket list. Apalagi disana ada jaringan hotel murah meriah kayak OYO

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:02 am

    Murah dengan fasilitas yang kece nih.

Dyah Ummu AuRa (Author RoemahAuRa) · December 9, 2019 at 2:27 am

Wah, jadi kangen danau toba. Selama 3 tahun di medan, baru seklai berkunjung ke sini. itupun gak sempat menginap. karena kemarin menginap di tebing tinggi. Mau ngulang ke danau toba lagi eh malah kami dipindahkan ke pekanbaru. Btw OYO mantap ya dimana-mana ada.

Siska Dwyta · December 9, 2019 at 3:30 am

Enak ya Zaman sekarang , kalau mau bepergian atau liburan gitu gak musti pusing-pusing lagi cari tempat penginapan yang recommended. Karena sudah ada penginapan seperti OYO yang mudah dijangkau dan pesannya juga bisa lewat aplikasi.

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:03 am

    Bisa mbak ada aplikasinya, tinggal unduh aja.

      Siska Dwyta · December 14, 2019 at 12:47 am

      Ok Mbak. Informasinya bermanfaat banget nih. Jadi tinggal unduh aplikasinya, cari tempat penginapan bukan lagi masalah yang sulit.

lendyagasshi · December 9, 2019 at 4:12 am

Woow…
Kebun teh Sidamanik itu pernah dipakai shooting film gak siih…?
Seriuuss keren banget viewnya.
Dan OYO Hotel sudah ada di seluruh wilayah Indonesia yaa….
Bangga deeh…pariwisata Indonesia kian menguat.

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:03 am

    Kayaknya sih mbak, memang di sini kece banget pemandangannya.

Ajeng · December 9, 2019 at 4:39 am

Adeem banget kayaknya di Danau Toba dan Bukit Indah Simanjarunjung ya mbak Arda. Jadi mupeng pengin kesana, apalagi nginep di OYO jadi bikin liburan lebih hemat 🙂 Akupun sering pakai OYO kalau nyari tempat nginep, recommended sih hematnya 🙂 Thanks for sharing mbak 🙂

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:13 am

    Iya nih Bukit Indah Simanjarunjung senang banget karena pemandangannya keren banget mbak.

Nefertite Fatriyanti · December 9, 2019 at 11:04 am

Udah cukup lama bayangin danau toba, haha, pengiin ke sana.
Semoga aku satu sampai di Danau Toba dan hotel OYO jadi referensi aku deh.

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:13 am

    Iya mbak, aku juga senang banget bisa nginap di OYO ini.

Diah Agustina Wulandari · December 9, 2019 at 1:20 pm

Woow di dekat Danau Toba sudah ada penginapan OYO ya mbak, keren banget deh..

Aku juga sudah pernah beberapa kali menginap di penginapan OYO, harganya relatif ramah banget di kantong dan fasilitas juga lengkap banget. Duh, jadi kangen staycation

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:12 am

    Ada mbak di Danau Toba namanya Gapura OYO, kebetulan kemarin baru check. Kalau saya kemarin nginap di Siantar OYO Best Hotel dan bisa jalan2 di Siantar juga.

Riawani elyta · December 9, 2019 at 4:52 pm

Aku pingin bangeet ke medan. Ke danau toba, di sumatra ini aku belum pernah sampe ke sumut dan aceh untuk sumatra bag atas

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:12 am

    Iya nih mbak, ayuks main kemari pasti menyenangkan banget nih. Banyak destinasi wisatanya.

Rini Novitasari · December 9, 2019 at 5:20 pm

asiknya liburan sekeluarga di danau toba

btw si kakak mirip bgt ya sama mbak arda ini hehe,,, salam buat keluarga ya mbak

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:11 am

    Hehe iya nih si kakak jiplak mamanya hehe

      Rini Novitasari · December 14, 2019 at 2:35 am

      besarnya nnti juga jadi pinter jenius kayak mamanya tuh kayaknya mbk hihi

      Rini Novitasari · December 14, 2019 at 2:35 am

      hihi besarnya nnti juga jadi pinter jenius kayak mamanya tuh kayaknya mbk hihi

Mechta · December 9, 2019 at 10:21 pm

Waaah…Danau Toba! Mupeng banget deh ingin ke sana. Oh iya, aku juga punya hotel OYO fav lho..mau cerita juga ah..

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:10 am

    Iya mbak e, kemarin nginap di OYO jadi langsung deh cerita hehe

Linimasaade · December 9, 2019 at 11:57 pm

Asyik banget ya liburan apalagi akomodasi hotel yang sesuai keinginan diri sendiri. Oyo hotel emang cocok banget dah.

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:10 am

    OYO kalau aku rekomendasi banget mbak dengan budget pas dan bisa bawa keluarga besar lagi.

    Linimasaade · December 13, 2019 at 1:20 pm

    Low budget tapi kayak fasilitas ya mbk

Rach Alida · December 10, 2019 at 1:50 am

Aku belum pernah ke Danau Toba nih mba. PAdahal dua kali ke Medan. Kayaknya kali ke tiga harus ke Danau Toba deh 🙂

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:10 am

    Hehe silahkan berkunjung mbak, mantap nih.

indah nuria · December 10, 2019 at 5:28 am

kamarnya Oyo lumayan bagus ya mba? oku juga untuk liburan seseruan murah meriah..tapi ada yang ada kolam renangnya ngga ya mba?

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:09 am

    Yang saya tempati belum ada kolam renangnya mbak, kalau OYO Simalungun Hotel ada kolam renangnya,

Ida · December 10, 2019 at 6:52 am

Wah semoga suatu saat bisa ke sana tak perlu khawatir apa hotel ya kan ada OYO hehehe

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:09 am

    Iya bener mbak Ida, di sini nyaman banget dan kamarnya luas.

      Ida Tahmidah · December 14, 2019 at 1:38 am

      Wah asyik ya kalau luas kamarnya bisa buat beberapa orang hehe.. secara anakku ada lima bisa lebih ngirit pesen kamarnya.

Grandys · December 10, 2019 at 7:03 am

masya Allah seru banget ini liburan k Toba nya, aku pengen deh mba Arda buat kesini dan salah satu dari destinasi Bali Baru ya untuk Danau Toba ini. Tentu bisa makin nyaman dengan OYO hotel, kebetulan jg blm pernah nyoba staycation di OYO Hotel

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:09 am

    Iya mbak, silahkan berkunjung kemari pasti menyenangkan banget.

Kurnia amelia · December 10, 2019 at 10:20 am

Asyik banget udah pernah ke Danau Toba ,, duh pengen kesana deh. Btw ga usah ousing lagi ya cari penginapan dekat sana kan ada OYO.

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:08 am

    Iya di Danau Toba juga ada OYO Hotel yang langsung mengarah ke Danau Toba kak.

Leyla Hana · December 10, 2019 at 2:33 pm

Hotelnya bagus dan luas ya. Lumayan juga buat bawa sekeluarga. Aku belum pernah nginep pake Oyo nih. Kapan-kapan cobain ah.

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:08 am

    Iya mbak, hotelnya luas dan bisa bawa keluarga besar nih hehe

Syanaka · December 10, 2019 at 4:06 pm

Makasih infonya mba, sapa tau nanti ada rejeki mau main ke toba, udah gak bingung nyari penginapan

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:07 am

    Amin, silahkan berkunjung kak. Kalau nginap di OYO jauh lebih terjangkau dan fasilitasnya oke nih.

Put · December 11, 2019 at 2:11 am

Aku dah lama banget gk berkunjung ke dananu toba. Terakhir mungkin disaat usia masih 5 tahun kali ya berati sudah 22 tabun yang lalu

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:07 am

    Wah udah lama banget ya kak, ayuks berkunjung lagi kemari.

    Prita HW · December 14, 2019 at 12:07 am

    OYO emang pilihan keluarga banget ya mb, affordable tapi nyaman sekelas hotel bintang btw blm pernah ke Danau Toba, kalau Medan kotanya udh. Semoga next bs sampe sana.

artha · December 11, 2019 at 9:27 pm

ibu rumah tangga kalau diajak plesir apalagi sampai nginep di hotel…wah senangnya minta ampun. rasanya seperti liburan yg benar2 liburan. ahaha. tapi tetap selalu pilih tempat inap yg murce tapi nyaman donk

    ardasitepu · December 12, 2019 at 9:06 am

    Senang banget mbak, rasanya happy banget apalagi bareng krucils 🙂

Echi Mustika · December 12, 2019 at 1:48 am

ingin banget liburan ke danau toba tapi harga tiket selalu tidak mendukung nih mba….

Jalan-Jalan KeNai · December 12, 2019 at 1:09 pm

Ternyata dekat Danau Toba ada kebun teh juga. Kirain saya hanya pemandangan danau. Menginapnya juga gak sulit, ya. Tinggal pilih penginapan jaringan OYO aja

Nefertite Fatriyanti · December 13, 2019 at 3:27 am

danao Toba, mengenal namanya sejak masih kanak-kaaanaaak, sayang keinginan untuk ke sana belum kesampaian, hehe

Nurul Fitri Fatkhani · December 13, 2019 at 5:12 am

Kayaknya seru banget deh, liburan ke Danau Toba. Banyak tempat wisata yang menarik. Apalagi ditunjang tersedianya penginapan seperti OYO yang nyaman dengan harga yang ramah di kantong, pasti asyik ya.

Rohyati Sofjan · December 13, 2019 at 7:41 am

Wisata di Danau Toba mengesankan juga karena ada pelataran untuk bersantai dulu bersama keluarga. Ditambah ada tulisan Danau Toba bikin kita punya momen manis yang mengesankan untuk dikenang.
Nginap di Hotel Oyo nyaman juga, dan lokasinya strategis. Hatga murahnay bikin mupeng, hi hi.

Ria Nugros · December 13, 2019 at 12:59 pm

Selama ini taunya danau toba di buku pelajaran hehe penasaran sebenarnya bisa ke salah satu wisata terkenal di Indonesia ini. Mudah-mudahan suatu hari bisa kesana

Diah Woro Susanti · December 13, 2019 at 11:37 pm

Belum pernah ke danau Toba. Keliatannya bagus banget ya. Tapi kata temen aku kalau blusukan ke dalamnya lagi wowww lebih bagus. Jadi makin penasaran kan huhu

April Hamsa · December 14, 2019 at 12:19 am

Wah OYO ada di mana2 yaaa, bahkan deket Danau Toba. Itu slaah satu destinasi wisata yang pengen kukunjungi juga mbak. Dulu aku punya kaset legenda Danau Toba hahaha. Dr situ aku mengenalnya. Moga bisa ke sana suatu saat nanti. Nginepnya di jaringan OYO aja lbh hemat yaaa

Nia K. Haryanto · December 14, 2019 at 2:43 am

Kepengen deh, suatu saat bisa menginjakkan kaki di Danau Toba. Seru kayaknya ya ke sana bareng keluarga. Lihat fasilitasnya yang lengkap, mudah, dan terjangkau, ditambah sekarang hotel Kayak OYO Hotel banyak, liburan kayaknya gak perlu ngabisin duit banyak ya.

Emanuella Christianti · December 14, 2019 at 3:33 am

Waaaah senengnya ada Oyo jadi makin banyak pilihan penginapan ya. Terakhirkali saya ke Toba 2010 apa 2011 ya, karena bingung cari penginapan, akhirnya nginap di rumah kawan di Siantar. Padahal seru kalau penginapannya lebih dekat Toba ya….

Herva Yulyanti · December 14, 2019 at 11:11 pm

aku baru tahu OYO juuga ada di Sumatera kirain cuman di Jawa doang hehehe next boleh nih ke Toba bisa nginep di OYO

Ira Hamid · December 22, 2019 at 1:16 am

Wahhh lumayan banyak juga yaa objek wisata yang bisa dikunjungi di Toba. Mudah-mudahan suatu saat saya juga bisa menginjakkan kaki di Sumatera, khususnya di danau Toba, amiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!