Mendengar kata ‘liburan’ adalah satu kata yang sangat diimpikan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang seluruh jiwa dan raganya hanya diberikan untuk keluarga. Mulai dari subuh sampai larut malam, pekerjaan rumah tidak ada habisnya.

Sibuk mengurus bayi 9 (sembilan) bulan yang lagi seru-serunya belajar merangkak dan berdiri. Tak hanya itu, perhatian juga ditujukan kepada anak sulung yang memasuki 5 (lima) tahun di mana masa keemasannya akan selesai.

Jangankan untuk liburan, terkadang ‘menyisir’ rambut pun sudah tidak ada waktu. Alhasil, sering merasa bosan dan terkadang tertekan dengan berbagai pekerjaan yang dilakukan secara berulang. Saat ditanya pada Pak Suami, kapan liburan? Maka jawabannya adalah menunggu waktu yang tepat.

Oh… Fernando Jose, berapa purnama lagi keluarga ‘cemana’ ini menanti untuk dapat melepas kepenatan? Anak-anak juga mulai bosan dan membutuhkan sedikit angin segar.

Nah, kenapa sih keluarga ‘cemana’? ‘Cemana’ adalah kata yang sering digunakan orang Medan untuk bertanya ‘Bagaimana’. Si sulung sering bertanya pada Bapaknya, kapan jadwal liburan akan terealisasi.

“Cemananya, Bapak ini? Sibuk terus enggak adanya waktu buat liburan?” Kira-kira seperti itu yang selalu dilontarkan si kakak sehingga terciptalah keluarga ‘cemana’.

Hampir dua tahun semenjak ditugaskan di kota yang baru, keluarga ‘cemana’ ini tidak pernah menginjakkan kaki ke tempat hiburan atau destinasi wisata. Pasalnya, pekerjaan yang selalu menanti dan tiada hentinya. Alhasil, kerinduan untuk berlibur pun terlalu mendalam, baik bagi saya maupun anak-anak. 

Pucuk dicinta ulam pun tiba, di sore hari yang cerah Pak Suami memberitahukan mendapat tugas ke luar kota. Jadi sekalian bisa memboyong semua anggota keluarga ‘cemana’ ikut ke luar kota dan liburan pun dimulai.

Sebagai ibu yang cermat dan rajin menabung maka dengan sigap mempersiapkan berbagai keperluan untuk liburan. Apalagi membawa 2 orang balita yang lagi lucu-lucunya.

Persiapan dilakukan mulai dari A-Z, tiga hari sebelum keberangkatan semua perlengkapan dan kebutuhan si kecil sudah siap. Tak hanya itu, jari-jari lentik saya juga membuat itenary perjalanan liburan.

Asiknya lagi, luar kota yang dituju adalah Berastagi. Karena tempat ini adalah salah satu kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri maka segera mencari hotel dan tempat bermain untuk anak-anak.

Rencana pertama adalah mulai memesan hotel di Traveloka. Sebelumnya aplikasi Traveloka sudah diunduh di smartphone dan langsung mencari hotel di Berastagi.

Di kota yang dingin dan terkenal dengan penghasil jeruk manis tersedia berbagai macam hotel. Menariknya, di Traveloka tinggal mengisi hotel di sekitar wilayah maka akan muncul bermacam-macam hotel.

Pilihan keluarga ‘cemana’ jatuh kepada Sinabung Hiils Berastagi. Berdasarkan review dari beberapa traveler serta komentar di aplikasi Traveloka maka hotel ini sangat direkomendasikan.

Asiknya, saat memesan melalui aplikasi Traveloka sangat mudah dan mendapatkan potongan harga alias diskon. Berikut cara mudah memesan hotel di Traveloka:

Tidur Nyenyak di Sinabung Hills

Hotel ini terbilang sudah cukup lama berdiri di Berastagi, namun pelayanan yang ditawarkan sangat nyaman. Apalagi dengan berbagai fasilitas yang mendukung, mulai dari restoran 24 Jam, kolam renang, lapangan yang luas, tempat bermain anak dan track untuk lari pagi.

Di samping itu, hotel juga menyuguhkan kamar tidur yang nyaman dengan kasur yang empuk. Alhasil, keluarga ‘cemana’ dapat menikmati waktu tidur dengan nyenyak.

Kamar cukup bersih dan rapi, sama dengan hotel lainnya mendapat fasilitas wifi, sarapan gratis hingga pembuat kopi/teh di dalam ruangan. Terdapat jendela yang cukup luas, sehingga cahaya matahari juga dapat masuk dengan leluasa.

Setelah belasan purnama, baru kali ini lagi bisa ‘bobo’ cantik di hotel. Rasanya nyaman banget, apalagi Berastagi adalah kota yang dingin sehingga tak perlu AC. Jika di Jakarta punya Puncak maka di Sumatera Utara, punya Berastagi sebagai kota dingin karena langsung berada di antara Gunung Sibayak dan Sinabung.

Mandi Cantik di Kolam Renang

Liburan dengan dua balita yang menggemaskan merupakan tambahan kebahagiaan. Semenjak awal sebelum melakukan perjalanan, si sulung terus meminta agar tempat menginap ada fasilitas kolam renangnya. Sinabung Hills Hotel menawarkan fasilitas kolam renang yang unik.

Kolam renang di ruang terbuka dan harus menuruni anak tangga untuk sampai ke sana. Kolam dewasa dan anak terpisah oleh jembatan kecil yang berada di tengah kolam.

Asiknya, liburan kali ini disertai dengan cuaca yang bagus dan menghangatkan. Alhasil, anak-anak pun bebas bermain di kolam hingga puas.

Di depan kolam renang terdapat mini resto dan disertai dengan tempat duduk sehingga dapat memesan makanan secara langsung. Di setiap sudut kolam renang, terdapat tempat duduk di tepi kolam renang.

Tak hanya itu, taman bunga menuju kolam juga ditata dengan indah. Nah, buat pengunjung hotel yang tidak membawa pakaian renang atau pelampung anak, di sudut kolam terdapat ruangan penyewaan dengan harga yang terjangkau.

Tawa Bahagia di Taman Bermain

Hari berikutnya harus check out dari hotel yang berjarak kurang lebih 1km dari tugu perjuangan Kota Berastagi. Keluarga ‘cemana’ tak ingin beranjak dari tempat ini. Terlebih anak-anak yang sejak awal sudah menyukai berbagai suguhan yang diberikan hotel.

Untuk melengkapi kebahagiaan anak-anak di liburan kali ini, maka kami pun menghabiskan waktu dua jam untuk menjajaki taman bermain dan rumah pohon yang ada di hotel ini. Terdapat beberapa jenis permainan anak dengan usia di atas 3 tahun.

Menariknya, tempat permainan ini berada di lapangan rumput yang luas. Jadi harus melewati kolam renang serta kembali menuruni anak tangga untuk sampai ke lapangan tersebut. Namun, beberapa permainan sudah rusak dan belum diperbaiki.

Permainan anak ini berada di ruang terbuka sehingga udara segar langsung dapat dihirup. Tak hanya itu, banyak pohon yang ditanam mengelilingi hotel sehingga hotel terlihat begitu asri.

Setelah menikmati Sinabung Hills Hotel, maka saatnya menuju Mikie Fundland. Tempat di mana saya akan melihat anak-anak tertawa ceria dengan berbagai atraksi yang disuguhkan.

Setelah memesan hotel di Traveloka maka saatnya memesan tiket funland buat anak-anak di Traveloka Xperience. Beberapa hari sebelum melakukan liburan, maka beberapa notifikasi masuk ke layar smartphone bahwa terdapat kategori baru dari Traveloka.

Kategori baru tersebut yaitu Traveloka Xperience, Eats, Antar Jemput Bandara, Asuransi dan JR Pass (Khusus Pass Kereta Jepang). Rasanya, ingin sekali menjajaki semua fitur yang ditawarkan.

Kali ini, berhubung temanya adalah liburan bareng keluarga ‘cemana’ maka kategori yang tepat adalah Traveloka Xperience. Terdapat 12 sub kategori yang ditawarkan Traveloka Xperience yaitu:

  1. Atraksi

Melalui kategori Atraksi, Traveloka Xperience menawarkan tempat permainan baik untuk anak maupun dewasa. Berbagai taman hiburan seperti taman air, museum art, taman hewan sampai kepada tiket tempat upside down.

  1. Bioskop

Kategori Bioskop menawarkan berbagai tiket untuk menonton Bioskop. Film yang ditawarkan juga up to date bahkan yang akan tayang di berbagai Bioskop.

  1. Event

Spesial di Traveloka memberikan berbagai tiket konser, show atau festival. Seperti Backstreet Boys DNA World Tour yang akan diadakan di JI Expo Kemayoran Hall B3 & C3. Great 50 Show Semarang, Tiket Konser Ekslusif Karya Semesta Iwan Fals, dsb.

  1. Hiburan

Kategori hiburan yang diberikan di Traveloka Xperience menyajikan voucher karoke, tiket kolam renang, permainan biliar dan sebagainya.

  1. Olahraga

Tak hanya hiburan, kategori olahraga juga disediakan seperti olahraga air, rafting, pass fitness dan Gym.  

  1. Spa & Kecantikan

Kategori ini adalah idaman para IRT sejagad raya yaitu Spa & Kecantikan. Kategori ini menyajikan pijat dan spa, salon, perawatan kecantikan. Nah, untuk para pria disuguhkan barbershop pilihan yang terdekat di kota kamu.

  1. Taman Bermain

Selain atraksi, Traveloka Xperience juga menyajikan tempat bermain anak serta arcade. Jadi, kalau hari-hari libur biasanya ngantri maka malas ngantri dan dapat harga lebih murah pula langsung pesan di kategori ini saja.

  1. Transportasi

Transportasi juga ditawarkan di Traveloka Xperience apakkah untuk antar jemput bandara, mengelilingi kota, antar jemput luar kota serta layanan rental kendaraan.

  1. Tur

Kategori yang menyenangkan untuk para traveler adalah kategori tur. Kategori ini ditujukan untuk tur di Indonesia maupun luar negeri.

  1. Pelengkap Perjalanan

Asiknya, saat perjalanan Traveloka Xperience juga memberikan pelengkap kebutuhan selama liburan seperti sim card, rental wifi, pemotretan profesional, penyewaan baju adat seperti Hanbok dan Kimono, dsb.

  1. Makanan & Minuman

Tak lengkap rasanya jika liburan tanpa kuliner, melalui kategori ini disajikan berbagai tempat makan dan minum serta oleh-oleh yang akan dibawa pulang. Kerennya, Traveloka Xperince juga menawarkan berbagai makanan unik di seluruh dunia.

  1. Kursus & Workshop

Sub kategori terakhir dari Traveloka Xperience adalah kursus dan workshop. Umumnya, agak kesulitan mencari kursus atau workshop yang sedang berlangsung. Apalagi yang terkait dengan workshop untuk melatih bakat anak. Melalui kategori ini, saya dapat melihat berbagai kursus, workshop dan sesi kreatif baik di dalam maupun luar negeri.

Semuanya ada di Traveloka Xperience, mulai dari hiburan, konser, perjalanan, kecantikan sampai kepada hal yang serius seperti kursus dan workshop. Kali ini saya memesan tiket atraksi atau Mikie Funland (Mikie Holiday) dari Traveloka Xperience. Berikut cara pemesanannya:

Perjalanan dari Berastagi ke Mikie Funland menghabiskan waktu sekitar 20 menit. Menariknya, perjalanan ini melewati berbagai kebun bunga, strawberry dan jeruk. Tak hanya itu, traveler dapat membeli makanan ringan wajik dan cendol Peceren yang menjadi jajanan khas Kota Berastagi.

Mikie Funland merupakan taman hiburan yang terbaik di Sumatera Utara bahkan menjadi peringkat 9 di Asia oleh Travellers Choice 2019. Lebih dari 35 atraksi dan wahana yang disajikan seperti Bon Voyage, Bubble Cab, Bumper Bee, Buterfly, Buzz Coaster, Dino Egg, Dolphin Bay, Volcano dan sebagainya.

Berhubung anggota cilik dari keluarga ‘cemana’ masih berusia balita. Maka berikut 5 (lima) permainan yang direkomendasikan:

  1. Grasshopper

Permainan ini berbentuk belalang dalam satu gondola maksimal 2 (dua) orang anak. Tersedia sabuk pengaman serta naik turunnya belalang tidak terlalu tinggi.

2. Happy Journey

Permainan ini berputar mengelilingi arena dan menaiki berbagai karakter hewan seperti belalang, siput dan sebagainya. Tersedia sabuk pengaman dan dalam satu gondola biasanya diisi oleh satu orang anak atau maksimal 2 orang anak.

3. Happy Ocean

Anak-anak akan diajak berputar mengelilingi beraneka jenis hewan laut, warna-warni gondola menarik perhatian anak-anak. Dalam satu gondola hanya dapat dinaiki 1 orang anak.

4. Kiddy Ride

Hiburan untuk anak-anak yang disertai dengan kuda lucu, pinokio, angsa dan kereta api. Permainan ini disertai dengan sabuk pengaman dan maksimal 1 anak dalam satu gondola.

5. Sea Carousel

Wahana klasik yang umum ada di taman hiburan, anak-anak akan menaiki gondola berbentuk kuda laut. Gondola akan berjalan memutar dan diiringi dengan musik anak-anak. Permainan ini dapat didampingi oleh orang tua sehingga anak-anak lebih aman. 

Berbagai permainan di Mikie Funland (Mikie Holiday) menambah keseruan liburan keluarga ‘cemana’ kali ini. Berikut keunggulan yang didapatkan saat memesan tiket Mikie Funland di Traveloka Xperience:

  1. Cepat dan Bebas Ngantri

Pemesanan tiket Mikie Funland melalui Traveloka Xperience sangat cepat. Tidak ribet atau bertele-tele untuk memesan tiket. Tentunya hal ini lebih cepat dibanding harus mengantri panjang di lokasi permainan apalagi di hari libur.

  1. Cara Pembayaran Mudah

Cara pembayaran juga sangat mudah, dapat melalui transfer bank, kartu kredit, ATM, Alfamart, Indomaret, CIMB Clicks, BCA Klikpay, Mandiri Debit. Pembayaran ini langsung dikonfirmasi kemudian tiket dikirim melalui email atau aplikasi Traveloka.

  1. Harga Lebih Mudah

Jika beli tiket langsung di Mikie Funland maka harga yang ditawarkan Rp100.000,- namun jika memesan dari Traveloka Xperience maka harga tiket hanya Rp80.000,- bisa hemat Rp20.000/orang.

  1. Tiket Langsung Didapat

Setelah melakukan pembayaran, tiket langsung diterima. Sehingga traveler dapat mengistimasi perjalanan menuju lokasi. Tak perlu takut tiket kehabisan karena sudah dikirim melalui pesan elektronik, email dan juga aplikasi Traveloka.

  1. Kemudahan Konfirmasi Tiket

Saat dilokasi, traveler tinggal menunjukkan tiket Traveloka lalu diterima dan langsung mendapatkan tanda masuk ke tempat bermain/hiburan. Pelayanannya cepat dan sangat mudah dalam konfirmasi tiket yang dipesan dari Traveloka Xperience.

Berbagai kemudahan tersebut, membuat keluarga ‘cemana’ berencana akan mengunjungi tempat ini lagi dalam waktu dekat dan pesan tiket melalui Traveloka Xperience. Setelah menikmati berbagai hiburan, saatnya kembali ke rumah. Eitss tunggu dulu, sebelum pulang belum lengkap rasanya kalau tidak membawa oleh-oleh buah segar dari Pasar Buah Berastagi.

Pasar Buah Berastagi tepat berada di depan tugu perjuangan Kota Berastagi. Tempatnya tidak terlalu luas, namun dalam pasar ini tersedia berbagai macam buah dan sayur segar khas Kota Berastagi seperti jeruk, markisa, biwa, kentang, brokoli dan sebagainya.

Tak hanya itu, terdapat berbagai toko souvernir dan jajanan. Menariknya, pengunjung juga dapat berwisata kuda dan mengelilingi kota Berastagi. Tarifnya sudah standar dan terpampang di pamflet depan pasar. Jadi, tidak perlu kuatir lagi dengan harga yang kemahalan.

Setelah menikmati perjalanan dengan ‘Sado’ atau kereta kuda dan menyicipi jagung bakar di area pasar buah, maka keluarga ‘cemana’ melanjutkan perjalanan pulang ke rumah dan kembali menghadapi dunia nyata sebagai emak-emak.  

Belasan purnama telah dilalui dan benar kata Pak Suami kalau segala sesuatu indah pada waktunya. Saat menikmati staycation di Sinabung Hills Hotel, bermain puas di Mikie Funland dan menikmati jasuke (jagung susu keju) di Pasar Buah Berastagi adalah waktu yang tepat untuk melepas kepenatan bersama orang-orang yang dikasihi.

Mungkin bagi sebagian orang perjalanan ini terlihat sederhana namun bagi seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang setiap hari berhubungan dengan sapu, sendok penggorengan, kemoceng dan sebagainya, mungkin ini adalah perjalanan yang sangat menyenangkan. Apalagi melihat tawa lebar anak-anak yang menjadi tenaga baru bagi saya untuk melayani keluarga dengan sukacita.

Perjalanan ini menjadi lengkap saat Traveloka Xperience membantu dalam pencarian hotel terbaik dan tiket Mikie Funland yang tidak perlu mengantri panjang. Buat para Ibu yang mau mempersiapkan liburan dalam waktu dekat, coba download aplikasi Traveloka di smartphone, berikut link-nya:

Nah, dalam rangka Harbelnas atau Hari Belanja Nasional, maka terdapat diskon s.d 60% untuk pemesanan di Traveloka Xperience. Periode Booking dari tanggal 7-13 oktober nanti. Jangan sampai ketinggalan diskon besar-besarannya ya.  

Siapkan diri bersama keluarga tercinta untuk memperkaya perjalanan hidup melalui berbagai suguhan liburan melalui #XperienceSeru Traveloka kali ini. Keluarga ‘cemana’ sudah mengalaminya, cemana dengan kamu? Yuks share pengalaman kamu di komentar ya.

Sampai bertemu dengan perjalanan keluarga ‘cemana’ di beberapa purnama berikutnya…


131 Comments

Nurul Rahma · October 11, 2019 at 12:49 pm

Traveloka XPerience ini ngertiin kita bangeettt ya Mbaaa. Sungguh senaaangg dgn aneka layanan yg ditawarkan

    Yuni · October 12, 2019 at 3:47 pm

    Wow keren liburannya pasti menyenangkan. Anak-anak betah, orang tua pun puas. Bener2 lengkap ya fitur traveloka Xperience ini. Selain bebas memilih destinasi wisata, kita juga diberi kebebasan untuk memilih berbagai aktivitas pendukung. Pastinya bersama Traveloka Xperience ini ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Semua aktivitas bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan produk yang ada di layanan ini. Jadi pengen nyobain traveling dengan memanfaatkan traveloka Xperience ini. TFS mbak.

      ardasitepu · October 12, 2019 at 6:21 pm

      Iya mbak Yuni, jadi bisa kemana-mana dan dapat diskon dalam perjalanan kali ini.

    ardasitepu · October 12, 2019 at 6:21 pm

    Banget mbak Nurul, kemarin dapat diskon gede banget apalagi pas Epic kemarin.

THOMAS · October 11, 2019 at 1:11 pm

Seru Banget kak liburanya, Jadi pingin balik ke kampung Toba:)

    ardasitepu · October 14, 2019 at 2:33 pm

    Wah ayuks main dong ke kampung halaman hehe

Rohyati Sofjan · October 11, 2019 at 3:17 pm

Brastagi menyimpan keunikan tersendiri, betapa banyak wilayah yang telajh dijangkaa Traveloka Xperience, jadi seru menjelaja kota tujuan dengan menyenangkan.
Mudah pula enggunaan aplikasinya.
Saya belum pernah berkunjung ke Brastagi, penasaran kayak apa tempatnya. Si kecil sekarang tumbuh jadi gadis kecil yang cantik seperti mamanya.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:48 am

    Terima kasih mbak Rohyati, kalau ada kesempatan yuks main ke Berastagi.

Riawani elyta · October 11, 2019 at 4:48 pm

Aku belum pernah ke brastagi dan sekitarnya. Meski di sumatra juga tapi masih banyak yang belum dikunjungi. Baca ini jadi mupeng kesana

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:49 am

    Kalau ada kesempatan, yuks mbak datang ke Kota Wisata ini.

Farida Pane · October 11, 2019 at 9:11 pm

wah, senang dong ya, akhirnya bisa liburan lagi. hahaha… iya, cemana itu singkatan dari ‘macem mana’ kan ya?

    ardasitepu · October 12, 2019 at 1:33 am

    Ya bener kak, macem mana atau bagaimana hehehehe

ade anita · October 12, 2019 at 3:32 am

wah… aku terakhir ke brastagi tuh pas ulang tahun ke 15 tahun… dah lama bangetttt secara aku sekarang udah mau 50 tahun. hahaha.. 35 tahun yang lalu. Eh.. tapi suasananya masih mirip mirip deh nggak banyak perubahan kayaknya di sana

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:50 am

    Enggak banyak perubahan mbak tetap asri seperti dulu.

Ujame Gaja · October 12, 2019 at 4:12 am

hahah keluarga “cemana” lucuuuu buuun hahaha. Senangnya akhirnya bisa liburan bareng keluarga ya bun. apalagi ada traveloka deuuh makin makin daaah dimudahkan segala haaal hahha

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:50 am

    Banget mbak, udah lama pengen liburan bareng hihi

Nefertite Fatriyanti · October 12, 2019 at 4:35 am

Aku selintas tadi kok baca Keluarga Cemana, ahahah, siwer mata. Wah dicatet nih, traveloka experience layaannya cukp banyak, bikin kita tenang jika mau traveling.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:51 am

    Iya mbak cemana itu singkatan dari macem mana atau bagaimana? Hehe

Efa Butar butar · October 12, 2019 at 5:51 am

Fitur terbaru Traveloka Xperience ini emang ngebantu banget ya Ka. Selain mudah cara pesannya, banyak promo dari Traveloka, penggunaannya di wahana yang dipilih juga tergolong mudah

    Lina W. Sasmita · October 15, 2019 at 3:18 am

    Pas buka-buka fitur Xperience ini masih takjub aja sih saya mah. Ternyata lengkap banget ya Mbak. Semua kelengkapan traveling dan bersenang-senang berkumpul jadi satu di sana.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:51 am

    Mudah, murah dan bebas ngantri mbak hihi

      Efa Butar butar · October 17, 2019 at 1:05 am

      Sepakat banget Ka. Aku juga udah nyobain. Hihihi. Dan emang gampang banget 🙂

Akarui Cha · October 12, 2019 at 6:08 am

Owww ternyata Berastagi itu seperti ini ya, Mba. Aduh foto kamar hotelnya nyaman banget, bikin aku pengen duduk di kasur terus perlahan-lahan berubah jadi mode rebahan. Nyaman.

Traveloka Xperience memang juara, karena mempermudah banget untuk kita mempersiapkan dan menikmati liburan yang menyenangkan.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:52 am

    Iya mbak, nyaman banget bisa berkunjung ke hotel ini. Pesan di Traveloka jauh lebih murah mbak.

handriati · October 12, 2019 at 12:19 pm

Traveloka nih memang serba ada serba bisa banget ya mba, tinggal klak klik bisaaaa hahaha…
Aku juga sering pesan tiket kreta ma booking hotel pake traveloka.
Btw, sama kayak suami nih kalau ngomong suka ada cemana cemana nya. Dia orang Jambi btw 😀

    Mechta · October 14, 2019 at 12:15 pm

    Mbaaa..hotelnya nyaman banget..ada kolam renangnya lagi! Taman bermain anak juga ok ya.. Ah, untung ada Traveloka Xperience ya.. Jalan2 jadi mudah dan praktis..

      ardasitepu · October 15, 2019 at 7:56 am

      Iya mbak Mechta, ini ada taman bermainnya dan halaman luas.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:54 am

    Iya mbak, saya juga senang pesan hotel, tiket di Traveloka dari dulu. Apalagi sekarang ada Traveloka XPerience jadi lebih mudah untuk liburan.

Okti Li · October 12, 2019 at 2:25 pm

asyik jadi banyak dapat info tentang Berastagi. Saya pertama kali dengar nama Berastagi itu saat SD, waktu main monopoli, ada tertera nama Berastagi. Penasaran banget, seperti apa…pikir saya kala itu hehehe

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:54 am

    Iya mbak bener banget, dan paling mahal kan kalau di monopoli hehe

Bety Sulistyorini · October 12, 2019 at 4:17 pm

Seru abiss deh liburan si Eda ini. Mantuulll, euy! Aku dong belom pernah ke Medan, palagi ke Berastagi. Pernahnya cuma makan jeruk Berastagi hahaha… senenbdeh kalo liburam seru, dpt tiket hotel yg murce tralala dan semua orang hepi yaaa… Traveloka emang paling pinter manjain kita…

    artha · October 13, 2019 at 11:56 pm

    liburan keluarga jd istimewa berkat traveloka xperience. senangnya bs dapat kemudahan dalam pemesanan tiket wahana rekreasi. ada diskonnya pula

      ardasitepu · October 15, 2019 at 7:56 am

      Diskonnya itu menyenangkan banget mbak Arta.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:56 am

    Haha jeruk Berastagi aku juga suka banget mbak. Traveloka sudah TOP Bgt banget deh mbak kalau urusan liburan hehe.

Fauziah azzahra · October 12, 2019 at 6:55 pm

Banyak banget ya yang bisa kita dapatkan dari traveloka xperience. Semua yang kita butuhkan saat liburan ada, jadi liburan bisa terencana dengan baik. Selain itu banyak discount potongan harga juga. Tambah menyenangkan pakai traveloka xperience.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:57 am

    Iya banget mbak, bisa dapat diskon banyak kalau pesan di Traveloka Xperience mbak.

Mpo Ratne · October 13, 2019 at 1:46 am

Kata cemana menjadi Ceria Manjakan keluarga tercintA Berkat traveloka yang membantu kita dalam kumpul keluarga dan bergembira

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:57 am

    Asik banget Mpok bisa dipanjangin gitu hehehe

Kurnia amelia · October 13, 2019 at 2:07 am

Kemarin aku perawatan hempaskan komedo lewat Traveloka Xperience mba dan seneng banyak diskonnya hehe.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:58 am

    Hempaskan komedo pakai TRaveloka Xperience, asik buat me time juga ya mbak.

Lidya · October 13, 2019 at 2:49 am

Sekarang melalui Traveloka Xprerience kita bisa membeli tiket berbagai macam aktivitas buat liburan ya termasuk makan-makan. Duh mbak aku pingin ke Medan kapan ya 🙂

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:58 am

    Berbagai macam mbak, ada 12 sub kategori yang keren2.

Elly Nurul · October 13, 2019 at 3:08 am

Duh curhatan para emak banget ini.. jadi IRT itu emangnya gampang yak mbak.. duh jangan dikira gampang, harus banget multitasking.. harus bisa ngerjain ini itu dalam waktu waktu tertentu.. kadang butuh banget me time walaupun hanya mandi dengan air hangat aja udah jadi me time.. apalagi liburan.. harus banget spy fikiran tambah fresh ya mbak.. traveloka experience mampu wujudkan itu semua

    Lidya · October 15, 2019 at 2:31 am

    Lelah juga kalau multitasking tiap hari tapi mau gimana lagi. Solusinya ya liburan aja ya pakai Traveloka Xperience gak perlu jauh yang penting happy

      ardasitepu · October 15, 2019 at 7:59 am

      Setuju mbak Lidya bisa menyenangkan multitasking dan bonusnya dapat liburan dari Pak Suami hehe

    ardasitepu · October 15, 2019 at 7:58 am

    Banget mbak, pengen liburan tapi sulit. Kemarin akhirnya bisa jalan bareng keluarga hehe

Sri Widiyastuti · October 13, 2019 at 5:16 am

Wah senangnya bisa main.di Finland. Memang ya traveloka experience ini manjain banget. Bisa puas main ini ya

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:00 am

    Iya mbak di Funland bareng anak-anak dan pakai Traveloka Xperience lebih murah.

Nia K. Haryanto · October 13, 2019 at 5:57 am

Duh, aku juga udah lama nih gak liburan bareng keluarga. Nyobain eksplor Traveloka Xperience ah, biar bisa seseruan kayak Mbak Arda.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:00 am

    Ayuklah mbak Nia biar makin seru hehe

rizka edmanda · October 13, 2019 at 6:10 am

seru banget ya brastagi aku baru tau ada tempat seasik ini di medan, kapan kapan pengen ah main kesana

Jeanette Agatha · October 13, 2019 at 6:57 am

Seru banget liburan keluarganya ,mbak.

Aku juga slalu percayakannsama Traveloka untuk masalah liburan. Apa lagi sekarang sejak ada menu Xperience. lebih lengkap lagi

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:01 am

    Lebih lengkap dengan Traveloka Xperience, apa aja ada dan lebih mudah dan murah.

Ida · October 13, 2019 at 9:22 am

Traveler makin dimanjakan nih dgn adanya Traveloka Xpererience ini makin mudah aja .hehe..

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:01 am

    Dimanjakan dan bisa jalan kemana saja dengan fitur baru ini mbak.

Dian · October 13, 2019 at 9:50 am

Traveloka Xperience ini benar benar komplit ya…

Semua kebutuhan akan travelling dan lifestyle ada disini

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:01 am

    Itu dia sekarang orang udah pada senang dengan Traveloka Xperience mbak.

Sapti nurul hidayati · October 13, 2019 at 8:44 pm

Asyiik.. Akhirnya bisa liburan juga. Traveloka xperience memudahkan semua ya. Ga perlu antri tiket, bisa langsung order plus dapat diskon pula.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:02 am

    Yup, diskon dan tanpa antri mbak. Soalnya kalau hari libur udah deh ngantri nya panjang banget.

Siti Hairul · October 13, 2019 at 11:14 pm

Wah senengnya keluarga Cemana bisa happy-happyan nih. Intip Traveloka xperience juga ah

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:02 am

    Hayukslah diintip di kota terdekat mbak.

Kanianingsih · October 13, 2019 at 11:41 pm

Jadi pengen liburan juga nih. Gampang ya mau liburan gausah antri beli tiket liburan apapun karena ada traveloka xperience

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:02 am

    Yup bener mbak, aplikasi ini mantap banget.

Amir · October 14, 2019 at 12:24 am

Baru tau ternyata Gunung Sibayak ada di Berastagi. Jadi keinget lagu nostalgia dangdut lawas berjudul lanai aku lanai haha

Agatha Revindra Widori · October 14, 2019 at 2:11 am

Aku pun kemarin dapat diskon epic nya traveloka untuk attractions dan eats nya. Traveloka memang banyak untungnya ya Mba, terimakasih sharingnya.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:04 am

    Iya mbak dapat diskon epik dan bisa liburan pakai Traveloka Xperience ini.

Dian Restu Agustina · October 14, 2019 at 2:19 am

Baca ini jadi kangen Brastagi. Enggak pernah bosan rasanya ke sini. Jeruknya yang ternama dan Pasar Buah Brastagi dengan segala sayur dan buah segarnya. Cuaca adem dan seger, bisa hilang semua penat jadinya. Apalagi kalau pesen hotel dan atraksi wisata di Traveloka Xperience juga. Mudah dan murah!
Cemana pula, pengin awak terbang ke Medan jadinya:)

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:05 am

    Iya mbak haha cemananya, jadinya ke Medan? Biar kami tunggu haha..

      Dian Restu Agustina · October 18, 2019 at 3:37 am

      Iya, kapan lah bisa ke Medan nih. Mana liburan keluarga cemana ini begitu menggoda. Lihat Kak Kinata begitu hepi berliburnya, apalagi Mamaknya, hilang penat berkat Traveloka Xperience pastinya ya..Praktis dan ekonomis buat liburan kita

Evalina · October 14, 2019 at 2:20 am

Senang sekali lihat tampilan blog nya mbak Arda selalu unik dan kreatif

lendyagasshi · October 14, 2019 at 4:31 am

Waah…yang baca kok ikutan senyam-senyum.
Happy nian, kak Arda…bareng Traveloka Xperience jadi liburannya gak tipis-tipis yaa..

    lendyagasshi · October 15, 2019 at 5:08 am

    Aku pernah ke Brastagi, kak Arda…
    Kangen sekarang mah…sama suasana tanah Sumatera yang masih alami banget.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:06 am

    Haha terima kasih mbak e.

Farhati Mardhiyah · October 14, 2019 at 4:34 am

Seru banget mau hihuran apa carinya di traveloka aja, banyak promo juga lagi, cus mau cobain travelika experience buat staycations bareng temen kuliah ah

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:07 am

    Ayuklah coba lagi fiturnya dan bisa menikmati Traveloka Xperience.

Tika Samosir · October 14, 2019 at 5:00 am

Sangat membantu dan memudahkan banget ya fitur terbaru dari Traveloka Xperience ini kak. Aku juga suka beli tiket apapun disini.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:07 am

    Wah senang kan bisa pakai Traveloka Xperience ya mbak.

Siska Dwyta · October 14, 2019 at 7:17 am

Hehe lucu deh nama keluarganya. Keluarga cemana tapi akhirnya bisa kesampaian juga ya Mbak liburannya bareng keluarga. Apalagi makin dipermudah dengan hadirnya layanan terbaru dari Traveloka ini. Saya juga kudu banget nih cobain Traveloka Xperience.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:07 am

    Habisnya si sulung suka nanya ke bapaknya, cemana cemana hehe

Rani Retnosari Mantriana · October 14, 2019 at 7:31 am

Wah pasti menyenangkan banget liburannya ya kak. Liburan memang penting juga ya kak untuk sekadar melepas penat dari padatnya aktivitas. Artikelnya juga lengkap banget, aku jadiin referensi nih untuk liburan nanti. Aku juga baru tau kalo fitur Traveloka Xperience ini lengkap banget, cukup pake Traveloka semuanya serba ada.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:08 am

    Iya mbak, ayuks liburan bareng Traveloka Xperience.

Elly Nurul · October 14, 2019 at 8:01 am

Liburan seru plus dapet paket lengkap dari traveloka xperience ya mbak.. semua bisa didapat ketika liburan mengunjungi suatu tempat, tinggal klik aplikasi traveloka cari yang dicari.. lalu muncul deh beberapa rekomendasi yang udah pasti bisa membuat liburan lebih menyenangkan

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:08 am

    Iya mbak Elly jadi mudah dan menyenangkan.

Antin Aprianti · October 14, 2019 at 8:28 am

Seru banget liburannya, Btw, Traveloka Xperience memang memudahkan ya mbak. Saya juga sudah coba Traveloka Xperience untuk refleksi, pesannya mudah eh dapet diskon pula.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:08 am

    Sudah coba ya dan dapat diskon jadi lebih menyenangkan.

Faisol Abrori · October 14, 2019 at 3:52 pm

Wah ini sepaket namanya, dapet kemudahan reservasi tiket wahana bermain secara online, ga ribet pula. Penin nyoba Traveloka Xperience juga

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:09 am

    Iya Mas Faisol bisa pesan hotel dan tiket pula di sini.

yola widya · October 14, 2019 at 10:36 pm

liburannya jadi tambah mantap pake traveloka ya mba..aku mau nyoba pesan buat kecantikannya

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:09 am

    Yup me time juga bisa mbak pakai Traveloka Xperience, saya juga mau cobain hehe

Antung Apriana · October 15, 2019 at 12:26 am

traveloka Xperience ini membantu banget buat ibu-ibu yang pengen ngajak anak main di tempat bermain bagus tapi harganya terjangkau ya, mbak. he

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:10 am

    Ya mbak Antung, harganya lebih murah di Traveloka Xperience dibanding kalau langsung ke tempatnya.

Noorma · October 15, 2019 at 12:53 am

aku terpesomna demgan infografisnya mbak Arda. suka banget, semoga sukses ya mbak. jalan jalan yang sayek bersama traveloka xpericnce

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:10 am

    Terima kasih mbak Norma. Semoga bisa pakai Traveloka Xperience juga.

Dewa Ayu Inda · October 15, 2019 at 1:18 am

aku manggut manggut baca paragraf pertama mbak, wkwk aku suka nodong suami dengan berbagai kemudahan yang ada di traveloka experience, minggu depan kita kesini ya minggu depan kita kesitu ya, udah ada jadwalnya

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:10 am

    Iya mbak Dewa, nodong suami itu berat banget hehe, akhirnya dikabulkan juga.

emanuella aka nyonyamalas · October 15, 2019 at 1:40 am

Seneng banget ya Kak, lihat anak-anak ceria banget mainnya, dari grasshoper sampai lihat kelinciiii…. Anak senang, mamak lebih senang lagi ya….

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:11 am

    Wah banget mereka loncat-loncat selama liburan haha jadi langsing deh mamanya.

Rach Alida · October 15, 2019 at 1:52 am

Ya ampun pasar buahnya sungguh menarik ini mba. Teryata memang kalau menggunakan Traveloka Xperience ini pilihan terbaik untuk berlibur bersama keluarga ya mba. Apalagi ada banyak pilihan jika untuk hiburan anak ya

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:11 am

    Banyak pilihan liburan anak-anak di Traveloka Xperience, yuks dicoba mbak.

Kurnia amelia · October 15, 2019 at 1:53 am

Asyik banget ya taman bermainnya dan emang bener sih kalau pakai Traveloka Xperience ini banyak keunggulannya,, banyak diskon plus dapat poin juga.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:12 am

    Iya mbak Funland ini terbaik ke 9 di Asia Tenggara mbak jadi bagus banget.

Herva Yulyanti · October 15, 2019 at 2:17 am

asik banget keluarga cemana liburan bareng nih seru yah aapalagi didukung sama traveloka xperience ya mba jadi makin asik liburannya

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:12 am

    Apalagi bareng Traveloka Xperience mau apa aja ada hehe

Jiah · October 15, 2019 at 3:36 am

Asyikka Keluarga Cemana bisa liburan seru bersama Traveloka Xperience! Diskonnya menggoda banget yaaa. Cocok banget buat Traveler dg budget pas-pasan, hehehe

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:12 am

    Budget pas-pasan tapi pelayanan mumpuni di Traveloka Xperience mbak.

TIAN LUSTIANA · October 15, 2019 at 3:57 am

Seru yah liburan bareng keluarga gini. Pakai Traveloka Xperience ini emang menambah kebahagiaan liburan deh, banyak spesialnya.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:13 am

    Iya mbak spesial banget apalagi bareng keluarga tercinta.

Sri Widiyastuti · October 15, 2019 at 4:45 am

Alhamdulillah ya akhirnya bisa piknik juga sekeluarga yaa, asyik pula tuh, pikniknya beneran puas ya. Gak salah deh ya, memilih traveloka xperience untuk bersenang-senang mencari tempat wisata keluarga karena memuaskan.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:13 am

    Puas banget mbak Sri dan mau jalan lagi bareng Traveloka Xperience.

Siti Hairul · October 15, 2019 at 5:14 am

Keluarga Cemana tambah happy nih mau liburan tambah gampang. Bisa beli tiketnya di Traveloka xperience. Banyak pilihan lagi

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:14 am

    Happy banget mbak dan mau lagi hehe

Rohyati Sofjan · October 15, 2019 at 5:21 am

Keluarga Cemana adalah keluarga muda yang bahagia dan milenial masa kini, senang bisa beroleh kemudahan dari beragam kemajuan teknologi. Adanya aplikasi Traveloka Xperience justru membuat contoh keluarga milenial masa kini sangat terbantu dalam mobilitasnya. Tidak bingung mau ngapain karena sudah ada panduan dari aplikasi serta kemuadhan cara pembayaran. Salut untuk Traveloka Xperience.

    ardasitepu · October 15, 2019 at 8:14 am

    Terima kasih mbak Rohyati sudah berkunjung 🙂

Rahmah · October 15, 2019 at 4:26 pm

Huhuhu senangnya bisa liburan bersama keluarga dan dengan kemudahan Trabeloka Xperience
Saya pun jadi bener bener ga bisa nunggu pengen liburan juga ke Bandung

Afifah Haq · October 16, 2019 at 8:38 am

Seru banget baca pengalaman liburannya Mbak.. Hotelnya kids friendly ya. Dapet harga tiket murah lagi di Traveloka. Aku juga kemarin ajak anak ke playground lewat aplikasi traveloka xperience.

Ria Nugros · October 16, 2019 at 7:18 pm

Untung ada Traveloka Xperience ya mba bisa dengan mudah booking Hotel dan tempat bermain anak 😀 seru sekali mba liburannya,semoga jadi makin refresh ya

danan · October 17, 2019 at 12:43 am

baru tahu ternyata brastagi banyak pilihan wahana wisata dan tiketnta bisa di beli di traveloka

Yanti · October 17, 2019 at 2:54 am

Pas banget aku mau k Semarang nih mau nengok anak langsung bsa sekalian liburan psennya di traveloka Xperience y mbaa…banyak destinasi yang menarik paket liburan skaliN

Sumiyati Sapriasih · October 17, 2019 at 11:12 pm

asyiknya yang lagi liburan, apalagi pake tiket traveloka xperience sangat banyak membantu, happy fun yas

Irena Faisal · October 18, 2019 at 12:09 am

Daaan aku ketagihan bebelian di Traveloka Xperience ini hehehe

Faradillah · October 18, 2019 at 12:47 am

Traveloka xperience sangat bantu orangtua untuk mencari liburan buat anak dan promonya luarbiasa dan kmrn aja aq pas ke Bali nyobain pake traveloka xperience

ajeng pujianti lestari · October 18, 2019 at 12:54 am

Sinabung Hill itu wahana yang ada di gunung Sinabung ya mbak? Berarti sudah amankah di sana? Kok aku ingetnya erupsi gunung sinabung. Seru ya,secara enggak langsung traveloka sudah membantu pelaku-pelaku usaha juga

Fenni Bungsu · October 18, 2019 at 4:51 am

Liburan keluarga yang membahagiakan ya Kak Arda, bisa satu keluarga ikutan apalagi dengan pemesan tiket dan pembayaran yang mudah

artha · October 18, 2019 at 9:21 pm

saya yg IRT ini diajak ke minimarket ajah hepi loh. apalagi staycation… wah rasanya jadi nyonya, leha2 gitu. kapan yaaa bisa begitu

Faradila Putri · October 18, 2019 at 11:40 pm

Wah seru banget yaa liburannya pakai Traveloka Xperience semua. Jadi jauh lebih hemat dan tentu lebih mudah. Ga usah print print tiket juga hihi

Monica Anggen · October 19, 2019 at 3:42 am

Liburan selalu menyenangkan ya, apalagi kalau bersama keluarga. Sekarang mau liburan juga mudah dan murah, tinggal lihat saja promo di Traveloka, langsung deh bisa cus liburan

Evalina · October 21, 2019 at 1:10 am

Wow, oke banget dengan Traveloka Xperience, kita bisa menikmati banyak layanan ya

Wian · October 21, 2019 at 9:51 pm

Akhirnya keluarga cemana bisa liburan juga ya mba. Hihi… fitur di traveloka sekarang makin lengkap banget dengan adanya traveloka xperience

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!