Jika ada yang bertanya, kapan terakhir kamu liburan? Maka jawabannya adalah 3 (tiga) tahun lalu. Sejujurnya, agak sedih semenjak hadirnya anak pertama sampai sekarang belum pernah menikmati liburan lagi bersama keluarga. Tanpa dipungkiri, pekerjaan suami yang menuntut untuk selalu full time tanpa ada sisa satu haripun untuk dapat liburan.

Di samping itu, kondisi sebagai seorang wanita yang memang penuh mengurus rumah tangga dan kebutuhan anak-anak. Apalagi usai melahirkan beberapa bulan lalu, maka hal yang berat untuk dapat liburan membawa si kecil.

Namun, dari hati yang paling dalam rasanya ingin banget sesekali keluar dari kejenuhan setiap hari berkutat dengan pekerjaan rumah tangga. Menikmati keindahan alam, menginap di hotel dan bermain pasir bersama anak-anak di tepi pantai.

Impian ini setidaknya dapat terwujud, walaupun hanya sekali dalam tahun ini. Hal ini tentunya akan memberikan semangat yang baru untuk berkarya bagi rumah tangga, anak-anak atau pekerjaan sebagai nara blog yang digeluti saat ini.

Liburan yang diinginkan tidak harus ke luar negeri, cukup di dalam negeri saja namun sudah memberikan sepercik kebahagiaan bagi Ibu Rumah Tangga yang sudah menimbun cita-cita menjadi wanita karir. Jika ditanya, maka salah satu destinasi impian saya adalah ke negeri sekeping surga, di mana banyak menyimpan harta karun keindahan alam karya Sang Pencipta.

Walaupun dulu pernah ke tempat ini, harapannya dapat kembali mengulang memori keindahan yang sampai saat ini sulit untuk dilupakan. Sekeping surga yang berada di sekitar wilayah Toba-Samosir. Nah, liburan kali ini berharap dapat menjelajah 5 (lima) tempat wisata sekeping surga:

1. Danau Sidihoni Samosir

Danau Sidihoni merupakan danau yang terletak di Pangururan Pulau Samosir. Danau ini terkenal dengan sebutan danau di atas danau. Karena berada di atas Danau Toba. Bayangkan, pemandangan yang sungguh indah bagai lukisan yang terbentang luas dengan kesejukan udara yang menyapa. Terlihat lapangan rumput yang terhampar luas dan dapat dijadikan sebagai tempat aktivitas bermain bahkan sebagai tempat berkemah bersama keluarga tercinta.

2. Air Terjun Gibeon

Air terjun yang dikonsep dengan kolam renang dan taman bermain anak. Muara air terjun langsung ke kolam renang sehingga terdapat kesan yang tak biasa. Lokasi wisata ini sangat bersih dan jauh dari lumut walaupun berada di antara bukit.

Tak hanya itu, kolam renang yang disediakan juga berbagai jenis baik untuk dewasa maupun anak-anak. Tersedia juga pondok-pondok tempat melepas lelah bersama keluarga. Menariknya, untuk keluarga yang ingin membawa anak-anak juga mendapat fasilitas taman bermain yang lengkap.

3. Taman Eden 100

Taman Eden sudah pasti identik dengan berbagai jenis tanaman yang unik dan jarang ditemui. Taman Eden 100 ini ditanami berbagai jenis tanam-tanaman dan buah-buahan. Tak hanya itu, di tempat ini juga tersedia air terjun yang sangat jernih.

Tersedia pula warung kopi yang terkenal dengan berbagai kopi asli seperti Lintong, Gayo, Sidikalang dan Mandailing. Mungkin, tempat ini jadi pilihan yang tepat untuk suami yang suka menyeruput kopi asli.

4. Pantai Bul-Bul

Pantai Bul-Bul adalah pantai yang terkenal dengan keindahannya dan pasir putih yang terbentang di sepanjang bibir pantai. Pantai ini berada di wilayah Balige yang terkenal dengan Pizza andaliman yang merupakan rempah asli tanah Batak.

Pantai ini juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari penginapan, pondok/pendopo melepas lelah sampai kepada sajian makanan.

5. Bukit Tara Bunga

Tempat yang terakhir ingin dikunjungi adalah Bukit Tara Bunga, setidaknya pemandangan di sini mampu menghilangkan rasa jenuh. Terlihat keindahan Danau Toba dari ujung ke ujung, tak hanya itu tempat ini sangat nyaman bersama keluarga untuk bersantai.

Demikian 5 (lima) tempat yang sangat indah dan ingin dikunjungi dalam waktu dekat. Semoga dapat terwujud dalam beberapa bulan ke depan dan berusaha untuk mewujudkannya. Hal ini dikarenakan, IRT yang sudah sangat butuh liburan dan melancarkan peredaran darah yang mulai tersendat dengan kejenuhan.

Dalam mewujudkan impian tersebut, maka mulai dari sekarang IRT ini mempersiapkan hal-hal yang diperlukan, sehingga pada hari-H tidak kerepotan. Nah, dikarenakan liburan kali ini tidak sama dengan honey moon, alias membawa pasukan maka persiapannya pun lumayan komplit.

Berikut 4 (empat) hal yang harus dipersiapkan menuju negeri sekeping surga:

1. Rencana Perjalanan/Informasi Panduan Wisata

Hal pertama yang dipersiapkan dalam merencanakan sebuah wisata adalah rencana perjalanan atau panduan wisata. Daftar ini bertujuan untuk mengurutkan daerah yang akan dijelajahi. Mengingat, impian saya kembali ke 5 (ima) daerah negeri sekeping surga maka harus ditentukan daerah mana yang terlebih dahulu didatangi dan hal-hal apa yang perlu dipersiapkan.

Kebutuhan rencana perjalanan juga mampu menghemat waktu atau mengurangi jalan-jalan ‘enggak’ jelas. Hal ini tentunya membuat kualitas dan kuantitas menuju daerah wisata menjadi baik. Tak hanya itu, mencari tahu daerah wisata dari internet juga memudahkan untuk sarana dan prasarana yang nantinya akan digunakan di tempat wisata tersebut.  

2. Memilih Hotel/Penginapan

Sebulan atau beberapa minggu melakukan pemesanan di tempat wisata adalah persiapan yang baik. Hal ini merupakan cara yang aman, jika di waktu tertentu hotel dan penginapan menjadi penuh.

Apalagi jika membawa keluarga dan terkhusus anak-anak tentunya harus menginap di sebuah ruangan bukannya di mobil atau tenda. Melakukan pemesanan kamar hotel/penginapan di awal sebelum keberangkatan terkhusus di hari libur merupakan sebuah strategi persiapan yang sangat menghemat waktu.

3. Barang Bawaan Keluarga

Persiapan barang bawaan keluarga menjadi penting. Hal ini dikarenakan temanya adalah Family Trip. Mau tidak mau, semua harus dipersiapkan dengan matang terutama barang bawaan apalagi perlengkapan si kecil.

Tentunya tidak berharap perjalanan wisata menjadi tidak menyenangkan karena perlengkapan si kecil ketinggalan. Belum lagi di daerah wisata tersebut tidak menyediakan barang yang sejenis.

4. Pemilihan Kendaraan

Perjalanan menuju daerah wisata impian memiliki jarak lebih dari 120 km. Hal ini tentunya perjalanan yang cukup jauh, namun karena akses perjalanan udara dari Bandara Kuala Namo Medan ke Bandara Silangit juga dekat jadi sangat mahal jika harus naik pesawat. Alhasil, saya dan keluarga lebih memilih kendaraan pribadi.

Hal ini dikarenakan lebih mudah menentukan waktu berhenti karena membawa anggota keluarga. Tak hanya itu, dengan kendaraan pribadi jadwal untuk membuat rute perjalanan apalagi mengelilingi Danau Toba sampai Samosir lebih mudah.

Categories: Blog

20 Comments

Rohyati Sofjan · September 23, 2019 at 7:24 am

5 destinasi wisata yang Mbak Arda paparkan indah sekali. Benar, seperti sekeping surga. Semoga bisa berlibur bersama keluarga ke sana. Tips persiapan perjalanan sangat membantu, saya bisa tahu juga.
Asuransi perjalanan ternyata penting, ya. Bagus jika membekali diri juga dengan asuransi perjalanan.
Saya pengen keliling Garut, ada banyak tempat yang ingin dijelajahi.

Gurukecil · September 23, 2019 at 8:50 am

Rasanya gegoleran di pantai Bul Bul asyik juga nih mbak… Saya juga sebenarnya mengidamkan untuk bisa piknik bersama keluarga kecil gitu.. melancong ke tempat di luar pulau jawa. Dan penting juga ya adanya asuransi perjalanan.pakai Tokio Marine perjalanan jadi bebas cemas deh…

nurulrahma · September 23, 2019 at 11:11 am

Asuransi mutlak dibutuhkan siapa aja, terutama yg mau ngetrip ya Mbaaa
Yuk yuk aahh, mulai atur budget untuk biaya trip plus alokasi budget insurance 😀

Jeanette Agatha · September 24, 2019 at 2:18 am

Senangnya sudah ada asuransi untuk perjalanan, Jadi akan merasa tenang selama perjalanan liburan ya, mbak 🙂

Apura · September 24, 2019 at 4:34 am

Berpergian apa lagi bareng keluarga memang banyak yang harus dipertimbangkan. Kalau ada asuransi perjalanan seperti ini, rasanya jadi lebih nyaman dan tenang deh

Mechta · September 24, 2019 at 5:12 am

Ahaaay…cantik2nyaaa… Bener-bener sekeping surga y mba. Duh semoga aku pun bisa menjejakkan kaki ke sana suatu saat nanti.. Aamiin..

Jiah · September 24, 2019 at 7:09 am

Kalau mau liburan bareng keluarga dan anak2 memang kudu nyiapin banyak hal termasuk asuransi juga. Buat jaga2 ya tapi semoga liburan tetap nyaman dan aman sampai pulang ke rumah

Okti Li · September 24, 2019 at 10:22 am

Liburan biar gak diikuti rasa takut emang harus persiapan segalanya, termasuk jaga jaga seandainya kemungkinan buruk terjadi menimpa kita. Selamat berlibur. Semoga tercapai.

Dian Radiata · September 24, 2019 at 12:35 pm

Aku belum pernah ke Sumatra Selatan.. Liat foto-foto 5 destinasi yang diposting mbak Arda di sini bikin makin pengen liburan ke Sumatra Utara.. Btw, kalo kita sudah mempersiapkan asuransi perjalanan, liburan juga makin tenang ya mbak.. Selamat berlibur, mbaaak..

Dizaz · September 24, 2019 at 3:42 pm

Tempat-tempat wisata suguhan alamnya sangat luar biasa indah.
Dengan adanya asuransi perjalanan, travelling jadi nyaman dan merasa lebih aman ya.

Ainhy Edelweiss · September 25, 2019 at 12:05 am

Aku salfok sama danau Samosirnya itu loh mirip2 di New Zealand hehehe. Udh lama jg nih gk traveling, ets tp lbh enak traveling kalau pake asuransi yah

Yuni · September 25, 2019 at 12:17 am

Wow lihat 5 destinasi tujuan wisata rasanya menarik sekali, cocok untuk destinasi wisata keluarga mba. Dan ibu rumah tangga harus sekali waktu refreshing, sejenak melupakan kesibukan rumah tangga yang tak pernah ada habisnya. Dan tokio marine ini asuransi yang aman dan terpercaya ya mbak….jadi tertarik ingin memilikinya. Terimakasih sharing informasi nya mba…..

Ida · September 25, 2019 at 12:51 am

Wah asyik nih… Traveling pke asuransi jd lbh aman dan nyaman ya di perjalanan…

Yanti Ani · September 25, 2019 at 1:28 am

Sumatera Utara semua nih mba, aku baru di pantai Bul-Bul saja, next time mau tempat lainnya juga

Kurnia amelia · September 25, 2019 at 3:01 am

Wah di toba -Samosir ternyata banyak tempat indah ya , aku pengen banget tuh ke danaunya , pemandangan masih asri banget,

susie ncuss · September 25, 2019 at 3:49 am

jadi kangen danau tobaaa…. pingin balik lagiii =D
Memang kalau lagi traveling itu jadi merasa tenang kalau tercover asuransi ya, mbak..

Yoanna Fayza · September 25, 2019 at 1:18 pm

Waah indahnya kebangetan, kelihatan adem dan teduh banget mba. Semoga suatu saat saya bisa menjejak sampai ke pulau samosir, Aamiiin..

nyi Penengah Dewanti · September 25, 2019 at 4:07 pm

Asuransi perjalanan memang penting banget ya Mba Arda
wahh sekarang ada new travel patner ya, asiknya
jadi liburannya tanpa rasa khawatir ya

Diah Woro Susanti · September 28, 2019 at 3:15 am

Aaak liat foto pantai bul-bul jd mendadak pengen liburan euy. Cakep banget ya mbaa. Liburannya jd lebih tenang kalau ada asuransi deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!