Ibu Rumah Tangga (IRT) penuh waktu adalah pekerjaan yang digeluti saat ini. Kegiatan yang menyenangkan dari subuh hingga larut malam, pekerjaan tidak ada hentinya. Apalagi saat ini memiliki anak-anak di usia balita dengan kecerdasan kinestik yang cukup baik.

Pekerjaan yang begitu banyak terkadang membuat IRT lupa dengan berbagai berita yang up to date. Jangankan untuk membaca berita, menyisir rambut pun kadang tidak sempat. Oleh karena itu, terkadang IRT ini sedikit ‘bingung’ kalau sosial media heboh tentang suatu berita.

Di tengah kesibukan mengurus kebutuhan keluarga terkhusus anak-anak, maka saya berharap memiliki waktu sendiri untuk dapat membaca berita yang happening agar tidak ketinggalan laju pergerakan dunia baik nyata maupun maya. Kebutuhan ini sudah sangat lama didambakan karena selama ini dirasa kurang banyak mengetahui hal-hal yang terjadi baik di masayarakat, negara maupun perubahan dunia.

Sehingga IRT ini membutuhkan sebuah portal atau platform berita yang kekinian dengan bahasa sederhana dan tentunya up date. Selain menambah pengetahuan, membaca berita juga memberikan input bagi pemikiran yang jenuh dengan pekerjaan rutinitas.

Biasanya, malam hari adalah waktu yang tepat untuk seorang IRT membuka berbagai berita di saat seluruh anggota keluarga terlelap. Mungkin tak hanya berita, akan tetapi berbagai tips seputar kecantikan, kesehatan atau yang berhubungan dengan dunia Ibu dan Anak.

Bicara soal berita terkini maka portal yang menarik dan menjadi sahabat IRT untuk menghilangkan kesan ‘kudet’ adalah INDOZONE. Indozone merupakan platform berita dengan berbagai kategori yang disajikan.

Menariknya, berita atau pun artikel yang disajikan selalu up date. Apalagi untuk kanal news yang setiap menit terdapat berita baru.

Di samping, portal berita ini up date juga bebas dari hoaks. Tagline Kamu Harus Tau! Secara tidak langsung mengajak pembaca untuk membuka berita atau artikel demi artikel yang ada di dalam Indozone.

Menariknya, tidak harus repot atau mengubek-ubek portal ini karena sudah disediakan guide atau kanal yang sesuai dengan berita atau artikel yang ingin dicari. Tak tanggung-tanggung terdapat lebih dari 15 kanal atau pun kategori berita atau artikel yang disajikan di Indozone.

Oleh karena itu, Indozone menjadi pilihan yang tepat bagi IRT yang ingin selalu up date dengan berbagai situasi yang terjadi di masyarakat, public figur, bangsa dan negara atau pun kondisi luar negeri.  

Salah satu kanal yang paling disukai dari Indozone adalah kanal beauty dan infografik. Hampir setiap hari menanti berita atau artikel terkini dari kanal ini.

Pertama, dikarenakan setiap hari berurusan dengan dapur dan mengurus anak-anak sehingga hal-hal yang berkaitan dengan perawatan tubuh menjadi kurang. Tak hanya itu, kanal beauty menampilkan artikel yang sederhana dan enak untuk dibaca di saat santai.

Berbagai tips disajikan di kanal ini mulai dari perawatan tubuh, makanan yang mampu mempercantik kulit, sampai kepada hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga. Di samping itu, salah satu kanal yang disukai adalah infografik.

Sebagai manusia infografis, hadirnya kanal infografik di Indozone merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang IRT yang merangkap sebagai penulis blog. Hampir setiap hari mengintip kanal ini dengan tujuan dapat belajar membuat infografik dan dapat diterapkan dalam blog.

Pasalnya, sebagai blogger yang tidak memiliki latar belakang sebagai design atau website maka sedikit sulit untuk membuat sajian tulisan menjadi bagus. Harus ada usaha yang lebih agar tulisan yang disajikan baik, enak dibaca dan tentunya bermanfaat.

Semenjak sebulan belakangan mulai menyediakan waktu untuk membaca berita online, maka portal yang saya kunjungi adalah Indozone. Walaupun masih menjadi pelanggan sebulan, setidaknya ada beberapa kelebihan yang didapatkan dari Indozone:

  1. Berita Up To Date

Salah satu hal yang menyenangkan dari Indozone adalah sajian berita yang up to date. Di samping terkini, Indozone juga up date di semua kanal yang disajikan. Sehingga memudahkan IRT untuk mengikuti perkembangan berita dan berita yang sedang terjadi.

  1. Bahasa Sederhana

Walaupun sajian Indozone dalam bentuk berita atau artikel tapi bahasa yang digunakan adalah bahasa sederhana yang mudah dimengerti. Apalagi bagi IRT yang memiliki pikiran yang menumpuk sehingga bahasa yang sederhana sangat mudah diserap.

  1. Full Kategori

Kategori atau kanal yang disajikan bervariasi mulai dari berita, fakta atau mitos, game, food, beauty, otomotif, sport dan sebagainya. Pembaca dapat memilih kanal mana yang disukai dan langsung menuju artikel yang diinginkan.

  1. VideoGrafik & Infografik

Kanal berita, artikel dan informasi ini menyajikan videografik dan infografik. Hal ini cukup menarik sebagai portal berita yang tidak biasa menyampaikan berita dalam bentuk video ataupun infografis.

  1. Kanal FYI (For Your Information)

Kanal ini jarang ditemui di portal berita lainnya. Menariknya, Indozone melihat kebutuhan milenial akan tampilan berita yang to the point dengan ilustrasi dan gambar. Memang beberapa milenial atau gen-Z saat ini tidak terlalu suka dengan artikel yang panjang karena kurangnya waktu untuk membaca artikel tersebut.

Di samping kelebihan, terdapat 5 (lima) hal yang harus dikoreksi maupun sebagai masukan terhadap portal favorit IRT milenial saat ini:

  1. Tampilan Home Page

Saat membuka situs ini melalui laptop atau komputer maka terasa sangat penuh atau menumpuk. Terdapat Highlight, News, Berita Terkini, Insight dan Popular. Semua berada di halaman depan sehingga terkesan penuh dan terkadang buat pusing.

Saran : Cukup hanya 3 poin yang berada di halaman muka seperti Highlight, Berita Terkini dan Popular.

  1. Berita & Artikel Kurang 200 Kata

Sebagai IRT yang ingin menggali beberapa informasi, sangat disayangkan beberapa artikel masih di bawah 200 kata sehingga kurang mendapatkan tujuan dari artikel tersebut. Ibaratnya, hanya pemaparan namun tidak ditutup dengan klimaks sebuah berita atau artikel. Apalagi membahas tentang beauty, maka sangat disayangkan bahasan terlalu sedikit.

Saran: Minimal 300 kata dan disertai dengan poin-poin agar lebih memudahkan pembaca serta ditarik kesimpulan sekitar 1-2 paragraf.

  1. Font Tulisan Terlalu Halus

Kesempatan untuk membaca berita adalah di malam hari menjelang istirahat. Namun, sajian font yang terlalu halus membuat mata sedikit perih dan membutuhkan tenaga ekstra untuk membaca kata demi kata.

Saran: Untuk jenis tulisan dipilih yang sedikit tebal dan ukuran font diperbesar sedikit.

  1. Gambar Pendukung Artikel

Beberapa artikel yang pernah dibaca memiliki kualitas gambar yang kurang baik dan tidak mendukung isi artikel.

Saran: Setidaknya, gambar yang disajikan adalah baik dari segi kualitas dan mendukung isi artikel karena gambar merupakan jendela dari sebuah artikel.

  1. Judul Berita/Artikel Berjalan

Sejujurnya, saya tidak terlalu suka sebuah website berita memiliki judul berita atau artikel yang berjalan atau melayang-layang. Secara tidak langsung mengganggu konsentrasi saat membaca.

Saran: Judul berita atau artikel berjalan ditiadakan.

Melihat kelebihan dan kekurangan dari Indozone, maka secara garis besar dapat saya katakan IRT Milenial sangat terbantu dengan hadirnya portal berita ini. Pasalnya, selama ini sedikit sulit mencari website atau portal berita yang terkini, up date terus, mendukung bacaan yang menarik serta disajikan dalam bentuk video, infografis ataupun FYI. Sebagai IRT yang sudah lupa mengurus hal-hal kebutuhan diri, maka kanal beauty adalah favorit saya serta menantikan infografik terbaru untuk belajar menyajikan berita dan data dengan baik sebagai blogger. Kalau kamu suka kanal apa?


26 Comments

Christina AS · October 31, 2019 at 11:37 am

Indozone lengkap juga ya, belum pernah singgah disini juga nih. Kayaknya menarik ya, apalagi lebih menonjolkan infografis. untuk 200 kata sih aku setuju dengan minimal kata ini meski kalau disini mungkin intinya jadi bergeser yaa hihi..

    Mechta · November 1, 2019 at 3:08 pm

    Wah kumplit juga ternyata Indozone ini ya.. Aku kok blm pernah mampir sblmnya. TFS mba.., tak kepoin dulu deh..

Ciani · November 1, 2019 at 12:01 am

Setuju, IRT juga butuh update biar lebih berbobot ga cuma ghibahin artis sama tetangga aja, ups

Riawani elyta · November 1, 2019 at 12:32 am

Aku suka indozone krn artikelnya pendek2 n padat. Btw congrat yaa udah menang

    Cindy Vania · November 1, 2019 at 2:12 pm

    Aku ni termasuk suka banget bacain Indozone karena bahasanya simple dan gak terlalu panjang.
    Soalnya kadang pengen baca berita yg cepet gitu kalo nungguin anak kaan.. Hehehe

iidYanie · November 1, 2019 at 6:39 am

Suka banget dengan taglinenya Indozone ini, “kamu harus tau”, memang informatif isi infografisnya saya & suka pantengin IGnya juga 🙂

Ujame gaja · November 1, 2019 at 6:52 am

Whihi siapa aja disini yang suka buka indozone baik di IG atau pun web? *angkattangan* hhaahaha pokoknya sebelum mulai kerja akun pertama yang dicek ya pasti indozone ini, beritanya terkini up to date lah pokoknya

Okti Li · November 1, 2019 at 6:59 am

Kalau artikel sudah minim, baca jadi lebih cepat dong ya. Tapi kalau masih ada seliweran iklan, tetep saja saya mah gak nyaman bacanya. Hehehe…

Keke Naima · November 1, 2019 at 1:18 pm

Saya baru tau kalau Indozine ada website-nya. Kirain cuma di akun IG. Berita-berita di sana banyak yang ringan, ya

Rini Novitasari · November 1, 2019 at 4:06 pm

wah ini,,indozone salah satu list bacaanku tiap hari. tapi jujur daku kurang nyaman sama warna merah di logonya. ,, kenapa yaaa 😀

Anne Adzkia · November 1, 2019 at 4:30 pm

Asik nih, buat emak2 yang butuh update berita supaya nggak bengong saat diajak ngobrol, bisa mengases indozone. Gimana, kabar selebriti lengkap kan? wkwkwk

Lusi · November 1, 2019 at 9:45 pm

Iya sih, aku juga cari berita via hp, nggak sempat lagi sambil buka2 koran karena sambil wara wiri juga. Thanks infonya ttg Indozone. Baru denger. Aku cek ya.

YSalma · November 1, 2019 at 10:43 pm

IRT itu harus up to date biar ga suntuk dengan aktivitas rumahan yg seperti ga pernah selesai. Pilihan pada Indozone ga salah ya, lengkap dan bahasanya jelas hingga mudah dipahami.

Nurul Fitri Fatkhani · November 1, 2019 at 10:52 pm

Saya baru tau dengan platform Indozone, fiturnya lengkap juga ya, cocok untuk keperluan ibu rumah tangga yang harus selalu up to date

Kurnia amelia · November 1, 2019 at 11:51 pm

Infografiknya itu lho yang bisa membuat kita ga bosen baca hehe dan memang sih IRT jharus up to date tentang dunia saat ini.

Elly Nurul · November 2, 2019 at 1:35 am

IRT juga harus melek teknologi sehingga bisa selalu update informasi terbaru ya mbak, seneng deh sekarang ada Indozone.. sebagai kanal pusat informasi IRT seperti aku ini yang memang kebanyakan dirumah tapi harus tetep update dengan informasi terbaru yang ada diuar sana.. tampilannya juga enak dilihat dan dibaca ya mbak ini penting buat aku yang berkacamata nih..

Lidya · November 2, 2019 at 2:40 am

IRT jangan cuma tau pekerjaan rumah aja ya tapi harus luas juga wawasannya. Justru aku gak pernah baca atau nonton acara selebriti mbak hihihi. Meluncur ke indozone ah biar selalu update

Siska Dwyta · November 2, 2019 at 2:52 am

Saya malah baru tahu platform Indozone ini. Banyak kelebihannya ya Mbak. Cuss pengen kepo langsung platformnya. Btw bener banget nih kata Mbak. IRT juga butuh sajian berita apalagi yang nggak punya TV kayak saya.

Ida · November 2, 2019 at 2:56 am

Wah mantap nih mau coba buka ah semoga tidak berat bukanya ..suka males.kalau.udah ada.video iklan yg ayatollah n bacanya oke next page..hehe

Yuni · November 2, 2019 at 3:06 am

Indozone lengkap ya mbak. Bagi IRT millenial butuh banget informasi up to date. Termasuk rubrik beauty, pastinya sangat diburu para wanita dari berbagai kalangan.

novitania · November 2, 2019 at 3:41 am

bener nih kak, IRT juga harus tahu berita kekinian ya kak. jangan sampe ketinggalan. kudet nanti, terus juga kanal beuaty itu yang utama, biar si papih tetap cintak #eaaaa

Barracuda · November 2, 2019 at 3:57 am

makasih infonya mbak,.

nyi Penengah Dewanti · November 2, 2019 at 5:11 am

Indozone ini kanal berita yang mantep mba, aku kadang juga suka akesenya
soalnya banya info berita dan tips untuk sehari2, aku suka yang bagian mitos2 itu hahaha seru dan jadi banyak pengalamannya

Indah Nuria · November 2, 2019 at 6:25 am

Portal berita sekarang makin banyak yaa mba.. dan kalau ngg unik orang jadi maes bacanya

Sri Al Hidayati · November 2, 2019 at 7:11 am

Bener banget biasanya penting update info bagi irt seperti saya ini. Hehe. Indozone keren banget yak.. suka banget infografis mbak arda ^^

Indorsie · November 4, 2019 at 7:49 pm

Review yang sangat menarik mbak. Selamat sudah jadi pemenang..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!