Sebagai seorang wanita yang belasan tahun mengarungi dunia keuangan dan perpajakan memberikan pengalaman tersendiri soal dunia kerja. Sebelum menyelesaikan pendidikan di bangku perkuliahan, sudah ditawari bekerja di sebuah perusahaan majalah perpajakan. Menikmati dunia redaktur merangkap editor dan bekerja dengan deadline sepanjang masa.

Kebayangkan kalau kerja di sebuah majalah, belum lagi menjelang naik cetak perasaan gula darah selalu meningkat. Belum lagi setiap pagi dan sore hari selalu meeting terkait dengan artikel serta bahan majalah rasanya kepala bisa panas terus. Nah, mungkin karena kekurangan space di kantor, jadi meeting sering dilakukan langsung di meja masing-masing dan berhadapan dengan rekan kerja. Nggak kebayang bagaimana mungkin cari ide baru sedangkan lokasi meeting-nya tidak mendukung.

Ditambah lagi krang-kring suara telpon dari klien dengan berbagai pertanyaan seputar keuangan, perpajakan atau bahkan telpon nyasar yang seharusnya ke marketing tapi ke ruang redaktur. Benar-benar enggak kondusif, bukan ide artikel yang datang malah terkadang emosi antar redaktur yang bermunculan. Tak aneh, kalau deadline majalah untuk naik cetak sering telat. Kalau sudah begini ujung-ujungnya kena semprot lagi sama si boss.

Setelah beberapa tahun menjadi seorang redaktur majalah, akhirnya profesi pindah menjadi seorang konsultan perpajakan. Menariknya, sekarang kantor berada di daerah Kuningan. 

Walaupun terkesan elit, tapi perusahaan ini sudah lama banget berdiri sehingga punya gedung sendiri. Masalahnya, gedung tersebut dibangun dari sebelum saya lahir atau bahkan ibu saya. Jadi, kebayang kan tua-nya itu bangunan.

Bicara soal jadi konsultan perpajakan, padatnya pekerjaan itu bisa ditebak yaitu di akhir tahun, bulan Maret dan April. Karena disitulah bulan-nya masyarakat Indonesia serta seluruh perusahaan melaporkan kewajiban perpajakannya secara tahunan. Kebiasaan lembur sampai larut malam menjadi santapan sehari-sehari. Masalahnya, kebayangkan kalau meeting di lakukan ditengah larut malam di gedung yang sudah seumuran ibu saya, belum lagi yang dilihat itu-itu saja. Hiasan dinding serta aroma ruangannya juga membuat kurang mood untuk melakukan rekonsiliasi pekerjaan.

Dua pengalaman di atas mewakili pengalaman yang begitu banyak terkait meeting di kantor. Tak hanya untuk beberapa orang bahkan puluhan orang membuat meeting di kantor itu adalah suatu kejenuhan. Belum lagi topik yang dibahas kurang menarik perhatian jadi kebanyakan tidak konsentrasi dalam menghasilkan capaian perusahaan. Terkhir pengalaman yang mencekam adalah saat saya bekerja di sebuah perusahaan distributor, meeting untuk program akhir tahun dilakukan di sebuah ruangan yang kapasitasnya hanya untuk 10 orang tapi diisi dengan 25 orang ditambah AC saat itu sedang dalam perbaikan. Kebayangkan betapa panasnya dan stress-nya saat itu.

Belajar dari pengalaman rapat belasan tahun di dunia pekerjaan dengan para direksi, stakeholder, klien serta rekan kerja maka kesuksesan sebuah meeting sangat berkaitan dengan pencapaian atau tujuan sebuah perusahaan. Ketika memiliki pengalaman meeting yang kurang mengasikkan maka hasil yang dicapai juga sama. Tak aneh, kalau sebagian besar pekerja banyak yang tidak suka dengan kata rapat dan mendiskusikan suatu hal untuk kemajuan sebuah perusahaan.

Menurut saya, berikut 5 (lima) alasan untuk mencapai kesuksesan sebuah meeting:

Pengalaman saya bekerja di beberapa perusahaan yang belum memiliki ruang meeting yang kondusif. Di mana ruangan tersebut belum mampu membuat peserta rapat menikmati jalannya rapat dengan baik. Walaupun dewasa ini, setiap kantor di rancang memiliki ruang rapat baik ukuran kecil maupun besar namun tetap memiliki sebuah kejenuhan bagi peserta rapat yang mungkin sudah tahunan bekerja di perusahaan tersebut.

Apalagi jika ruang rapat yang sudah dirancang perusahaan tidak memberikan sebuah kenyamanan seperti ruang rapat yang terlalu sempit, tidak memiliki jendela kaca alias tertutup banget, penerangan yang redup serta kondisi AC yang hidup segan mati tak mau.   

Kondisi ruangan sangat menentukan keberhasilan sebuah meeting sehingga target perusahaan dapat tercapai. Ruangan yang tidak melulu di situ-situ saja dapat memberikan ide baru bagi para peserta rapat. Apalagi jika meeting dilakukan di luar kantor dengan suasana yang baru sehingga memberikan hasil yang terbaik.

Pemimpin rapat atau pemberi materai rapat merupakan salah satu poin penting dalam mensukseskan sebuah rapat. Nggak kebayang kalau keynote speaker-nya memiliki suara yang kecil, berbicara lambat serta nada suara yang sangat-sangat rendah. Mau enggak mau peserta rapat akan terlelap bahkan menguap berkali-kali.

Oleh karena itu, diharapkan seorang pemimpin rapat atau pemberi materi dapat memiliki semangat yang membara sehingga mampu membangkitkan gairah para peserta rapat untuk mencapai tujuan. Di samping itu, seorang keynote speaker juga mampu menarik perhatian peserta rapat untuk mengeluarkan ide, pendapat serta masukan yang bermanfaat bagi sebuah perusahaan atau tujuan dari pembicaraan rapat.

Alhasil, melalui keynote speaker yang mumpuni mampu memberikan hasil rapat yang positif dalam membangun karakter peserta rapat serta membuat rapat menjadi bermanfaat baik bagi para peserta maupun perusahaan. Oleh karena itu, hal ini menjadi sangat penting dalam mendukung kesuksesan sebuah rapat.

Masalah yang memang menjadi momok bagi kepribadian bangsa Indonesia adalah masalah waktu. Tak hanya di pedesaan, di kota besar pun masalah tepat waktu menjadi perbincangan yang tidak ada habisnya. Ntah kenapa kita sulit sekali untuk menghargai waktu dan orang-orang yang sudah setia tepat waktu dalam berbagai hal salah satunya adalah meeting.

Pengalaman sendiri, walaupun pernah meeting dengan stakeholder perusahaan maka sering juga mengalami keterlambatan waktu mulai. Alhasil, waktu selesai meeting juga menjadi molor. Padahal banyak kerugian yang terjadi akibat tidak tepat waktu tersebut. Mungkin, berbagai alasan dilontarkan ketika suatu rapat tidak tepat waktu, apakah macet, masih ada kerjaan, dapat telpon dari klien dan sebagainya.

Namun, perlu disadari bahwa ketika suatu rapat dimulai tepat waktu seperti yang telah dijanjikan maka akan memberikan hasil yang positif dalam kegiatan rapat. Jika terlambat dalam memulai rapat, maka peserta rapat lainnya mulai ngomel dan membuat suasan rapat tidak lagi kondusif. Jadi, usahakan untuk tepat waktu dalam memulai rapat atau dalam kegiatan apapun.  

Persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan, tanpa persiapan yang ada hanyalah kegagalan. Teori Perang Sun Tzu tersebut merupakan salah satu kalimat baik yang saya pegang sampai saat ini. Jelas, ketika kita memberikan persiapan yang baik untuk kegiatan apapun maka akan menghasilkan sebuah keberhasilan.

Dalam sebuah rapat juga diperlukan persiapan yang baik. Seperti bahan meeting yang efektif dan menarik. Bahan yang tidak ngalur ngidul kesana-kemari alhasil bingung menentukan goal yang ingin dicapai. Salah satu cara membuat rapat tidak membosankan adalah membuat bahan rapat yang panjang menjadi efektif dan menarik untuk disajikan. Misalnya dengan memberikan tampilan presentasi slide yang menarik, berwarna juga disertai dengan video yang menghipnotis secara visual peserta rapat.

Sebagai seorang keuangan yang melaporkan keuangan perusahaan setiap tahun, maka sudah pasti tentu mengetahui besaran pengeluaran untuk snack rapat. Sebaiknya dalam sebuah rapat disediakan makanan ringan yang mampu menopang asupan peserta rapat. Bayangkan kalau rapat dalam keadaan lapar, pasti tidak konsentrasi. Apalagi rapat dilakukan di pagi hari di saat beberapa peserta rapat belum sarapan dari rumah bisa-bisa kerjaan peserta hanya mengangguk agar rapat cepat selesai tanpa hasil yang pasti.

Di samping itu, jika waktu rapat menghabiskan lebih dari 2 (dua) jam sebaiknya disertai dengan ice breaker di sela-sela rapat agar menyegarkan dan mengembalikan fokus peserta rapat. Ice breaker mampu mendorong peningkatan produktivitas, menghilangkan stress dan mengembalikan mood peserta rapat.

Setelah menyadari bahwa pentingnya keberhasilan sebuah rapat tidak terlepas dari tempat yang mendukung bahkan menjadi prioritas utama, maka sebaiknya sebuah perusahaan memikirkan untuk lokasi meeting yang kondusif bagi peserta. Apalagi hal-hal yang akan disampaikan dalam rapat adalah penting dan menjadi target pencapaian perusahaan di awal tahun.

Rapat dapat dilakukan di luar kantor seperti hotel, restaurant, coffee shop bahkan coworking space. Pasti menyenangkan jika tiba-tiba di email muncul undangan rapat dan lokasinya bukan di kantor tetapi di salah satu tempat di atas. Semangat peserta rapat mulai terpupuk dan pastinya akan memberikan ide-ide yang cemerlang dengan tema rapat yang akan dibahas.

Belum lagi kalau kantor tidak memiliki ruang meeting yang mampu menampung peserta rapat sampai puluhan orang, maka rapat di luar kantor menjadi pilihan yang tepat. Karena hotel, restaurant, coffee shop, bahkan coworking space mampu menyediakan tempat yang terbaik dengan jumlah tampung peserta rapat yang cukup besar.

Sebagian besar kantor yang akan mengadakan rapat di luar kantor akan memiliki permasalahan baru yaitu bagaimana cara booking hotel, restaurant, coffee shop bahkan coworking space? Pasti repot banget, belum lagi waktu yang akan tersita untuk telpon sana-sini. Kerennya, hari gini semua sudah dimudahkan dengan platform pemesanan ruangan secara online. Cukup melalui SpotQoe.com maka semua kriteria ruang meeting yang dicari akan terpenuhi bahkan dengan harga terbaik.

SpotQoe.com merupakan platform pemesanan ruangan online dengan harga terbaik. SpotQoe memberikan kemudahan mencari, memilih dan melakukan pemesanan working space, meeting space dan event space. SpotQoe.com menawarkan beragam ruangan mulai dari hotel, restaurant, coffee shop dan coworking space

Di SpotQoe semuanya tinggal klik dan cara pemesanan ruangan atau tempat yang diinginkan pun sangat mudah dan cepat. Jika pada saat perusahaan, komunitas atau orang pribadi mendaftarkan di sebuah merchant dengan informasi yang valid dan lengkap maka semua proses juga berjalan dengan mulus.

Menariknya, metode pembayaran yang diterapkan adalah pembayaran langsung kepada merchant melalui dua sistem yaitu dengan DP dan tanpa DP, tergantung kebijakan merchant yang dituju. Pembayaran yang dilakukan langsung kepada merchant sesuai dengan tagihan atas penggunaan space dan atau fasilitas tambahan makanan dan minuman yang dipesan.

Kerennya, lokasi space yang tersedia di SpotQoe.com berada di ribuan titik di Indonesia. Jadi, tidak perlu kuatir untuk di daerahpun seperti saya yang tinggal di Medan, ternyata tempat pemesanan space melalui SpotQoe tersedia banyak sekali. 

Nah, cara pemesanannya gampang banget, check it out:

  1. Lebih mudah, kita men-download aplikasi SpotQoe di smartphone. Berikut cara mendaftar sampai kepada pemesanan sebuah ruangan meeting:

2. Atau dapat mengunjungi homepage SpotQoe.com

Caranya:

  1. Masuk ke homapage SpotQoe.com lalu isi kriteria, lokasi, jenis dan kapasitas space pada kolom yang sudah tersedia.
  2. Lakukan registerasi dengan mengetikkan nama, email serta nomor telpon yang bisa dihubungi.
  3. Memilih space dari daftar hasil pencarian.
  4. Masukkan informasi tanggal pemesanan space.
  5. Jika ingin, kita dapat masukkan tambahan fasilitas dan tambahan pemesanan makanan.
  6. Memilih tombol order untuk masuk ke halaman check out.
  7. Memastikan detail pesanan space dan check out.
  8. Konfirmasi pesanan space akan dikirim ke email pemesan.

Yuks, download aplikasinya di sini:

Setelah memesan ruangan di tempat yang dituju, pastikan pada hari-H melakukan hal berikut ini:

Setiap perusahaan yang memesan dari SpotQoe.com tentunya akan mendapatkan tarif yang lebih murah daripada pemesanan biasa ke hotel, restoran, coffee shop dan lainnya. Jadi, lebih asik kan kalau perusahaan memesan melalui aplikasi ini, sudah mudah dan murah lagi.

1. Berbagai jenis ruangan disediakan di SpotQoe, apakah untuk tempat meeting, ruang event dan sebagainya.

2. Cara memesan ruangan sangat mudah baik dengan aplikasi smartphone maupun homepage SpotQoe.com.

3. Proses verifikasi sangat cepat.

4. Jangkauan SpotQoe berada di ribuan titik di seluruh Indonesia.

5. Pembayaran mudah dan langsung dibayarkan kepada pihak merchant.

6. Tarif lebih murah dibanding pemesanan langsung ke merchant.

7. Untuk komunitas akan mendapatkan potongan harga.

8. SpotQoe menyajikan berbagai promo untuk berbagai merchant di setiap tempat dan lokasi.

9. Pihak SpotQoe cepat tanggap terkait pemesanan yang dilakukan ataupun pembatalan yang dilakukan.

10. SpotQoe merupakan bagian unit bisnis PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) yang sudah terpercaya dan mumpuni di bidangnya.

Hadirnya SpotQoe di Indonesia memberikan suasana segar bagi perusahaan maupun karyawan yang mungkin sudah bosan dengan suasana ruang meeting kantor, ruang event di kantor yang cukup kecil dan sebagainya. Karena melalui SpotQoe perusahaan maupun karyawan, orang pribadi ataupun komunitas mampu menemukan tempat baru yang tentunya mendukung dengan baik setiap kegiatan yang dilakukan.

Hebatnya, SpotQoe mampu menghubungkan pelaku bisnis dengan pemilik tempat seperti hotel, restoran, coworking space, ruang event dan sebagainya. Platform SpotQoe menyajikan kemudahan dalam mencari, memilih dan memesan ruangan di seluruh Indonesia. Asiknya, di SpotQoe semua serba mudah, murah dan cepat dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelaku bisnis.

Nah, buat blogger, startup, komunitas serta perusahaan tunggu apalagi yuks kejar target sebelum akhir tahun dengan meningkatkan kualitas hasil meeting, pencapaian dan sebagainya dengan memberikan suasana baru bagi seluruh karyawan maupun klien. Langsung aja lakukan pemesanan ruangan melalui SpotQoe.com dan nikmati fasilitas kece-nya. Manjakan semua karyawan, klien atau orang-orang yang ada di sekitar kamu dengan meeting room  dari SpotQoe. Semuanya terasa #JadiLebihMudah berkat #SpotQoe.

Informasi lebih lanjut, yuks cek and ricek media sosial SpotQoe berikut ini:

  1. Pengalaman Pribadi
  2. http://blog.spotqoe.com
  1. www.ardasitepu.com
  2. http://blog.spotqoe.com
  1. Channel Youtube SpotQoe

10 Comments

Joe Candra P · October 25, 2018 at 1:22 pm

Iya bener kak, aku dulu pas msh di perbankan sering bingung nyari t4 meeting yg pas

    ardasitepu · October 25, 2018 at 11:44 pm

    Sama, kalau udah meeting di luar kantor rasanya menyenangkan bgt 🙂

Retno Anbarini · October 27, 2018 at 9:16 am

terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali.
apakah tempat ini tersedia diskon penyewaan dalam moment tertentu?

    ardasitepu · October 29, 2018 at 2:20 am

    Setahu saya diskon atau promo untuk beberapa hotel atau tempat selalu tersedia mba. Yuks check ke website SpotQoe 🙂

Siti Faridah · October 27, 2018 at 10:26 pm

Aku juga udah instal aplikasi SpotQoe nih. Kalo aku sih udah menemukan event space di kota Semarang pakai aplikasi ini.

    ardasitepu · October 29, 2018 at 2:18 am

    Wah keren mba.. Selamat menikmati SpotQoe 🙂

Amir · October 28, 2018 at 8:26 am

Saya belum pernah meeting hehehe, gak pernah kerja kantoran soalnya, sukses untuk lombanya Mbak 🙂

Adhi Nugroho · November 3, 2018 at 4:54 pm

Bener banget. Kayanya SpotQoe memang pelopor aplikasi pemesanan ruang meeting, event, dan coworking space, ya. Ga ada lagi kayanya deh. Dengan SpotQoe kita ga peru repot browsing sana, telepon sini, atau survey lokasi. Mantep. Sukses Ito buat lombanya 🙂

    ardasitepu · November 4, 2018 at 5:27 am

    Iya to, coba deh aplikasinya. Membantu bgt 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *