Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi, sebab candi ini merupakan salah satu tempat wisata populer baik di kalangan para wisatawan lokal maupun asing. Tentunya sebagai warga Indonesia maka ada baiknya jika Anda memasukkan candi ini ke dalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi, tidak heran jika tempat ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Jawa Tengah.

Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari pada candi ini sehingga tidak hanya melihat pemandangan indahnya saja, sebab candi ini merupakan salah satu candi Budha terbesar di Indonesia, sehingga ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dari candi ini. Bahkan candi ini sendiri masuk ke dalam situs budaya UNESCO maka sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Jadi apabila Anda ingin berkunjung, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga bisa berkunjung dengan lancar walaupun Anda pertama sekali pergi ke candi ini.

Foto : Unsplash/Eugenia Clara

1. Menyewa Pemandu Wisata

Tentunya salah satu daya tarik dari candi ini adalah keindahannya, sehingga tidak heran jika banyak orang khusus datang ke candi ini untuk mengabadikan dalam bentuk foto. Jika datang ke candi ini maka sangat disayangkan jika Anda tidak mengetahui cerita di balik relief yang dimiliki. Sebab terdapat kisah menarik yang bisa Anda pelajari dari sudut pandang yang berbeda dimana bisa Anda temukan lewat candi ini. Oleh sebab itu, agar Anda bisa mendapatkan dan mengetahui seluk beluk dari candi ini, Anda dapat menggunakan jasa pemandu wisata sebagai salah satu solusi yang tepat. Apalagi setiap pemandu juga memiliki gaya tersendiri mengenai kisah candi ini, tidak heran dari candi ini maka ada banyak hal yang bisa Anda temukan dan menambah ilmu Anda. Oleh sebab itu, sudah pasti akan ada banyak pengalaman baru yang bisa Anda temukan.

2. Kunjungan Sesuai Waktu

Tentunya terdapat waktu operasional untuk pengunjung menikmati kunjungannya di candi ini, Jam operasionalnya dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jadi ada baiknya jika Anda mengunjungi pada waktu yang ditentukan sehingga tidak melewati waktu yang telah ditetapkan. Dengan cara ini maka Anda bisa melihat keindahan candi ini tanpa merasa terburu-buru.

Jangan lupa berkunjung pada bulan Juni, Juli, maupun Agustus, karena pada saat bulan tersebut maka cuaca sedang cerah-cerahnya. Jadi Anda bisa melihat keindahan dari bangunan ini menjadi sangat jelas, akan sangat direkomendasikan jika berkunjung pada saat waktu pagi. Sebab candi ini sangat cantik pada saat pagi hari, apabila Anda ingin melihat pemandangan ini maka bisa menginap di hotel sekitar untuk melihat keindahannya tepat waktu.

3. Tidak Merusak Candi

Sebagai seorang turis maka ada baiknya jika Anda menjaga lingkungan di sekitar candi. Ada beberapa peraturan terkait hal ini termasuk dilarang keras untuk merusak lingkungan sekitar membuat sampah sembarangan maupun mencoret candi. Hal ini tentunya dapat mengurangi keindahan candi sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap tampilan candi nanti.

Selain itu dilarang keras membawa makanan, senjata tajam, hewan, maupun alat musik ke bagian dalam candi. Sebagai turis yang baik maka ada baiknya jika membantu menjaga keindahan candi, mengingat semakin indah candi maka semakin banyak orang yang datang. Hal ini tentunya membuat Anda sebagai warga Indonesia menjaga bangga mengingat candi ini termasuk salah satu tempat wisata favorit di Indonesia.

4. Menghargai & Menjaga Stupa

Tentunya pada candi ini ada banyak sekali stupa maupun patung, oleh sebab itu dilarang keras untuk memanjat stupa, relief, maupun patung yang ada di komplek candi ini. Tentunya larangan seperti ini sudah banyak ditempel di sekitar candi, namun masih banyak wisatawan yang masih melanggarnya. Padahal dengan melakukan hal tersebut seperti duduk di atas stupa maka menunjukkan bahwa Anda tidak menghargai candi ini. Oleh sebab itu jangan lupa memperhatikan hal ini ketika berkunjung ke Candi Borobudur ya!

Demikian hal-hal yang harus diingat saat berkunjung ke Candi Borobudur yang merupakan situs budaya dunia. Jika kita menjaganya maka Indonesia semakin dikenal sebagai negara yang memiliki warisan budaya terbaik di dunia. Selamat berwisata ke Candi Borobudur,

Categories: Blog

22 Comments

Oom.web.id · September 1, 2019 at 1:07 pm

Candi Borobudur memang sangat indah. Tapi panasnya itu yang gak tahan, apalagi di tengah hari pada musim kemarau dijamin sangat menyiksa. Paling bagus memang kesana sewaktu pagi hari dan pada hari kerja karena tidak terlalu ramai dan matahari belum tinggi.

    Ida · September 5, 2019 at 4:17 am

    Wah sepertinya sdh lama banget ku gak ke sana ternyata suasananya masih panas aja ya.. indah banget sih kalau candi Borobudur nya..

Reyne Raea · September 3, 2019 at 9:19 am

Kangen candi Borobudur deh 🙂
Sudah 10 tahun terakhir ke sana, sudah banyak banget pastinya perubahan di sekitarnya.
Dulu kami ga nyewa pemandu sih, jadinya cuman foto-foto saja, padahal asyik ya kalau bisa nyewa pemandu, jadi lebih tahu sejarahnya dan dapat banyak ilmu buat ditulis di blog hehehe 🙂

nurulrahma · September 3, 2019 at 9:39 am

Puingiiinn ajak anakku main2 ke Candi Borobudur ini.
Apalagi berburu SUNRISE pastinya keceeee dan ngga terlalu panas ya Mak

Nefertite Fatriyanti · September 3, 2019 at 11:57 am

Kalau ke Borobudur itu yng kepiiran, bagaimana mungkin ya menyusun batu tanpa teknologi, aahahaha, nggak bsa bayangin deh, meskipun banyak certa tentang itu.
Bersyukur ya kita, enek moyang kita begitu tinggi peradabannya

lianny hendrawati · September 4, 2019 at 1:13 am

Terakhir ke Candi Borobudur waktu masih SMA. Pengin sih ke sana lagi bareng keluarga, karena anak-anak belum pernah ke Borobudur. Beberapa waktu lalu, teman-teman SMA rame2 juga pergi ke Borobudur, sayangnya aku nggak bisa ikutan 🙂

Jalan-Jalan KeNai · September 4, 2019 at 7:01 am

Iya, bener. Masih ada aja wisatawan yang melanggar padahal tulisan larangan sudan ditempel. Saya belum pernah pakai jasa guide setiap kali ke Borobudur. Mungkin kalau ke sini lagi bisa dipertimbangkan. Biar jadi tau lebih jelas tentang sejarahnya

Tetty Hermawati · September 4, 2019 at 7:11 am

udah lamaaaa banget deh pengen ke borobudur, belum sempet aja, mudah2an bisa nih tahun depan

Mpo Ratne · September 4, 2019 at 3:32 pm

Kalau mpo saran datang ke Candi borobudur pas menjelang sore sekitar jam 3.30. kalau siang panas. Tidak bisa berfoto cantik

Nia K. Haryanto · September 5, 2019 at 1:19 am

Ngomongin Candi Borobudur bikin kangen ke sana lagi. Udah lama nih gak ke sana. Pastinya ya, tips di atas sangat berguna. Aku belom pernah deh pake pemandu. Nanti kalo ke sana, kudu nyoba 🙂

Natara · September 5, 2019 at 1:32 am

Aku sih belum pernah ke candi borobudur kak, tapi kalo kata kaka ku dulu, para pengunjung candi itu baiknya tidak memegang candi sama sekali, karena khawatir merusak candi yang usia nya udah tua itu. betul kah begitu kak…?

Ujame Gaja · September 5, 2019 at 2:04 am

Terakhir ke Borobudur itu kayanya 9 tahun yang lalu deh pas jaman SMP karena kampung bapak di Jogja jadi gak terlalu jauh kalau mau ke Borobudur. Dan karena kesananya pas lebaran jadi waktu itu ruaaameeee bangeet. hihi

Indah Nuria · September 5, 2019 at 2:47 am

Memang harus disiapkan dengan baik yaaa mba.. apalagi kalau jalan sama anak – anak nih. Worth the efforts

Lusi · September 5, 2019 at 3:26 am

Nomor 1 itu paling dilupakan wisatawan Indonesia karena lebih mementingkan foto2. Kami selalu pakai 1 biar tahu sejarahnya ke tempat bersejarah dan desa wisata manapun.

Lidya · September 5, 2019 at 3:30 am

Aku penasaran dengan kunjungan ke Borobudr saat Sunrise nih tapi tiketnya lumayan mahal juga apalagi kalau perginya bareng keluarga 🙂
Terakhir ke sana waktu anakku kelas 3 sekarang dia udah kelas 8

Monica Anggen · September 5, 2019 at 4:44 am

Kemarin ke Jogja akunya tak sempat ke Borobudur, cuma sampai Prambanan aja. Padahal udah lama banget gak ke sini. Btw, menjaga tangan masing-masing untuk tak mencoret-coret/merusak candi penting banget itu karena di Prambanan saya masi juga nemuin bagian candi yang ada coretan nama pengunjung gitu.

Siska Dwyta · September 5, 2019 at 5:13 am

Belum pernah ke Candi Borobudur sih Mbak tapi pastinya saya kudu tahu hal2 penting apa saja yang harus saya perhatikan kalau mengunjungi Candi tersebut. Ya kali siapa tahu aja ada kesempatan ke sanan nantinya. Semoga.

Uniek Kaswarganti · September 5, 2019 at 5:34 am

Tadinya kupikir jalan-jalan sendiri itu lebih nyaman, irit karena ga harus nambah biaya.
Ternyataaa… menyewa pemandu itu banyak enaknya loh. Kita jadi tau banyak hal berkaitan dengan tempat wisata tersebut.

Kurnia amelia · September 5, 2019 at 5:43 am

Ya Allah baca ini jadi inget dulu pernah ke Candi Borobudur waktu SD , seru banget kesana lihat relief sama kalau dah di puncak rasanya happy banget melihat bawah dan terasa deket sama langit, jadi pengen kesana lagi deh.

lendyagasshi · September 5, 2019 at 6:06 am

Borobudur sekarang jauuh lebih keren daripada zaman pertama kali dateng (pas aku masih kecil, hahahah).
Soalnya akses masuknya sekarang keren…jalan lumayan aga jauh tapi steril dari penjaja makanan.
Jadi nyaman menikmati suasana Borobudur yang sakral.

mutia nurul rahmah · September 5, 2019 at 6:36 am

Iya, memang mesti banget kita menjaga kawasan wisata, apalagi kalau seperti borobudur ini ya

Dewi Natalia · September 5, 2019 at 2:05 pm

Pas banget bulan Desember ini aku mau ke Jogja mba. Tahun 2014 terakhir ke Jogja sih aku sudah lakuin yang semua mba tulis ini hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!