Sedari kecil terkenal dengan sebutan anak yang susah makan apalagi sarapan pagi. Alhasil, masuk dunia perkuliahan dapat vonis cantik dari dokter yaitu terkena maag.  Apabila penyakit ini muncul rasanya luar biasa menderita, mulai dari rasa asam sampai ke daerah mulut dan bahkan nyeri di sekitar lambung.

Setelah berangsur pulih dari penyakit yang menahun ini, saya mendisiplinkan diri untuk memulai aktivitas dengan sarapan pagi. Memang sedikit berat untuk mewajibkan diri untuk sarapan pagi, hal ini dikarenakan segudang pekerjaan dari subuh sampai tengah malam. Tak jarang juga, sarapan pagi menjadi kegiatan yang terlewatkan apalagi kalau lupa bawa bekal ke kantor.

Walaupun secara eksplisit bakal menerima konsekuensi yang fatal dengan tidak sarapan pagi, namun saya tetap berharap dapat berjuang untuk menyempatkan diri mengkonsumsi makanan sehat. Apalagi kalau sarapan dengan nasi yang terkadang membuat ‘begah’ dan tidak konsentrasi selama melakukan pekerjaan. Padahal menurut para ahli bahwa sarapan pagi dengan menu sehat sebelum jam 9 pagi memiliki dampak yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengapa sarapan terbaik itu sebelum pukul 9 pagi?  Karena di waktu sebelum pukul 9, penyerapan makanan sangat maksimal sehingga ketika melewatkan sarapan pagi yang sehat maka sistem pencernaan tidak bekerja dengan maksimal, khususnya lambung. Hal ini yang memicu terjadinya maag dan berbagai penyakit sekitar pencernaan.

7 Manfaat Sarapan Pagi

Pagi hari merupakan awal setiap manusia melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, tubuh manusia membutuhkan sumber energi baik dari karbohidrat, protein, dan sebagainya. Bayangkan kalau kita tidak mendapatkan asupan nutrisi di pagi hari maka tak jarang badan terasa lemas dan pusing.

Manfaat sarapan adalah meningkatkan daya berpikir. Hal ini sudah dibuktikan ketika saya sarapan pagi dengan tidak. Maka setelah sarapan segala pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Namun, kalau tidak sarapan pagi maka ada sedikit unsur kemalasan di dalamnya.

Ketika tubuh mendapat asupan nutrisi yang baik maka seluruh tubuh akan dijaga dengan berbagai vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Kerennya, kita tidak mudah terserang penyakit serta kondisi tubuh tidak mudah lelah.

Penyakit ini yang memang sudah langganan di tubuh saya, sehingga kalau sudah terlambat makan atau tidak sarapan pagi maka maag akan segera muncul. Bahayanya, apabila tidak ada penanganan atau tidak disiplin makan tepat waktu atau dipagi hari maka dimungkinkan akan terkena serangan maag kronis atau akut.

Ketika sarapan sehat sebelum jam 9 pagi, maka sudah pasti kegiatan nyemil yang biasa dilakukan menjadi berkurang. Akan tetapi, jika kita tidak melakukan sarapan pagi maka keinginan untuk makan cemilan serta makanan tidak sehat lainnya menjadi besar. Oleh karena itu, sudah tepat kita melakukan sarapan di pagi hari untuk mengurangi lemak perut dengan berbagai cemilan.  Selain mengurangi lemak perut tentunya resiko diabetes (gula darah) pun menjadi berkurang.

Hal ini menjadi pengalaman pribadi saya, perbedaan jelas antara sarapan pagi dan tidak. Ketika sarapan pagi dilakukan maka perasaan bahagia dan tidak mudah tersinggung. Pekerjaan dilakukan dengan sukacita serta mudah menerima masukan dan pendapat dari rekan kerja.

Kecenderungan setiap orang yang ingin diet adalah menghilangkan sarapan pagi. Padahal selama saya diet saat menurunkan berat badan sekitar 20 kg setelah melahirkan, sarapan pagi tidak boleh dilewatkan. Namun, porsi makanan yang dikurangi dari biasanya sesuai dengan kebutuhan kalori per-hari. Sarapan pagi sangat membantu proses diet yang sehat, tentunya hal ini sudah saya buktikan.

Melihat begitu banyaknya dampak positif sarapan sehat sebelum jam 9 pagi, maka sudah sebaiknya kita melihat sarapan pagi bukan sebagai keinginan tapi sebagai kebutuhan dan kewajiban. Terkhusus bagi orang seperti saya yang sudah memiliki penyakit maag yang cukup lama. Namun, masalah sarapan pagi terkadang bukan sampai tahap mau atau tidak mau tapi terkadang ke ranah sempat atau tidak sempat melakukan sarapan pagi. Berikut hal-hal umum yang pernah saya alami, melewatkan sarapan pagi:

  1. Kesibukan/Tidak Ada Waktu

Sejujurnya sebagai seorang Ibu serta sebagai pegawai kantor maka semenjak subuh sudah bergegas melakukan banyak hal. Belum lagi menyiapkan perlengkapan suami ke kantor, anak ke sekolah serta membereskan rumah. Tak jarang harus berkejar-kejaran dengan waktu untuk dapat tiba di kantor dengan tepat waktu. Alhasil, sampai di kantor langsung bekerja dan tak terasa sudah menunjukkan waktu makan siang.

2. Mudah Mual Diperjalanan

Beberapa dari orang teman mengemukakan bahwa tidak suka sarapan pagi karena akan melakukan perjalanan panjang menuju ke kantor. Di tambah dengan kemacetan panjang, berdesak-desakan di bus dan belum lagi panas terik di pagi hari dan terkadang membuat mual atau sakit perut apabila sudah makan di pagi hari.

3. Mengantuk

Dulu, pertama kali mencoba untuk rajin sarapan pagi maka di jam-jam tertentu mata dan kepala terasa berat dan ingin tidur. Mungkin mengkonsumsi karbohidrat yang cukup banyak di pagi hari.

4. Bosan

Kreativitas dibutuhkan dalam membuat sarapan pagi, hal ini untuk menghindarkan kejenuhan. Tentunya jika sarapan pagi dengan menu yang sama setiap hari maka akan menimbulkan kebosanan bagi sebagian orang.

5. Ribet

Bagi sebagian orang memiliki waktu untuk menyiapkan sarapan di pagi hari, namun di sisi lain ada yang tidak mau ribet membuat sarapan pagi. Karena kecenderungan ini membuat orang meninggalkan kegiatan sarapan pagi.

Energen Sarapan Pagi Sehat & Tidak Ribet

Memang beribu alasan dapat dilontarkan untuk menjawab pertanyaan mengapa tidak sarapan di pagi hari. Padahal seperti yang disampaikan di atas bahwa manfaat positif dari sarapan sangat mempengaruhi siklus kehidupan dalam satu hari.

Salah satu alasan yang memang menurut saya menghantui berbagai masyarakat, khususnya kaum urban yaitu ‘ribet’. Oleh karena itu, dibutuhkan jenis makanan yang cara membuatnya tidak ribet, terdiri dari berbagai varian rasa dan tentunya memenuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin dan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh.

Satu-satunya makanan sehat yang tepat menjadi sahabat sarapan pagi adalah Energen. Solusi buat urban yang enggak mau ribet dan tentunya memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan baik untuk tubuh. Tinggal seduh langsung jadi makanan sehat dan berenergi. Energen mampu memenuhi kebutuhan tubuh untuk dapat melakukan kegiatan atau aktivitas setiap hari.

Lebih Dekat Dengan Energen...

Sebenarnya jatuh cinta sama produk yang satu ini semenjak duduk di bangku kuliah. Tapi biasanya dikonsumsi malam saat bergadang mengerjakan tugas kuliah dan skripsi. Masalahnya, jarang banget dijadikan sarapan pagi. Setelah mengetahui manfaat energen sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam memulai aktivitas, maka mulai rajin mengkonsumsi energen dan selalu tersedia di kantor kalau tidak sempat menyeduh di rumah.

Nah, untuk kamu yang sudah sering banget denger energen namun belum pernah mencoba makanan sereal ini, berikut saya sajikan datanya:

Kerennya, produk ini merupakan mahakarya dari PT Mayora Indah Tbk  yang sudah berdiri sejak tahun 1977 dengan lokasi pabrik di Tangerang. Di Indonesia, Perseroan tidak hanya dikenal sebagai  perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan tetapi juga dikenal sebagai market leader yang sukses menghasilkan produk-produk yang menjadi pelopor kategorinya masing-masing. Sebagai contoh Permen Kopiko yaitu produk andalan dari Mayora dan iklannya di televisi yang sudah wara-wiri dan benar-benar menjadi ingatan. Produk yang dihasilkan Mayora juga sudah teruji dan tentunya Mayora memberikan yang terbaik.

Yuks, penuhi kebutuhan gizi dengan sarapan sebelum jam 9 pagi setiap hari. Sekarang udah enggak ribet lagi untuk hidup sehat, tentunya bersama Energen. Setiap orang tentunya ingin berprestasi dalam banyak hal termasuk di dunia pekerjaan, untuk itu mari mengawali hari dengan sarapan. Saya memilih Energen Vanila, kalau kamu suka rasa apa?

Categories: Blog

8 Comments

deddyhuang.com · February 28, 2018 at 1:05 pm

aku suka energen vanila mbak

bangfad · March 1, 2018 at 6:19 am

ulasannya lengkap 🙂 terima kasih jadi paham masalah pentingnya sarapan pagi

Hendra Suhendra · March 2, 2018 at 1:29 am

Saya energen vanilla aja deh mba, uenak

farida · March 11, 2018 at 4:28 am

wah, energen ini favorit saya sejak awal kemunculannya hingga pagi ini pun masih rutin sarapan pake energen 🙂

Rustam · March 11, 2018 at 10:27 am

Sarapan pagi memang penting ya mbak buat menjaga stamina tetap fit, sepanjang hari. Energen aku suka mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Blog

Koncer di Dunia Digital Jaman Now

Emak Shopping Tak sampai 5 (lima) menit duduk di meja kerja, tiba-tiba wanita separuh baya yang notabene adalah rekan kerja ‘merepet’ tiada henti. Usut punya usut ternyata barang pesanan online tidak sesuai harapan. Di mana Read more…

Blog

3 Impian Dalam Sewindu (40s)

Andai usia itu datang, Aku hanya tersenyum sambil membuka lembaran album dan berkata semua telah terwujud… -Menuju 2026- Sewindu lagi Ibu yang suka membaca ini akan memasuki usia 40 Tahun, di mana usia ini merupakan Read more…

Blog

Kuliner dari Negeri Sekeping Surga

DANAU TOBA Siapa yang tak kenal dengan Danau Toba? Keindahannya mampu menghipnotis mata yang memandang. Tak hanya dari dalam negeri, pelancong dari luar Indonesia pun menyatakan betapa kerennya danau yang melintasi lebih dari 5 (lima) Read more…