Hari ini tepat dua tahun seorang wanita yang bercita-cita menjadi wanita sukses di bidang keuangan mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan. Pilihan yang berat jika dihadapkan antara keluarga dan karir. Setelah hampir belasan tahun meniti karir lalu melepaskan semuanya.

Bukan hal yang mudah untuk melepaskan sebuah jabatan dalam sebuah pekerjaan. Terlebih dulu, saya bermimpi ingin mencapai puncak tertinggi dari sebuah jabatan keuangan di perusahaan. Mungkin, hanya beberapa tahun lagi mimpi itu akan terwujud.

Namun, impian tidak akan selalu sama dengan cerita hidup. Jika dalam sebuah parodi Denny Cagur bertanya pada Najwa Shihab memilih menjadi seorang Jurnalis atau Ibu Rumah Tangga (IRT), maka Najwa Shihab dengan gamblang menjawab bahwa pertanyaan memilih membuat perempuan seolah-olah tak berdaya karena perempuan mampu melakukan banyak hal.

Di satu sisi, pernyataan Najwa Shihab adalah benar namun dengan keterbatasan dan sebuah harapan pada keluarga kecil maka saya tidak mampu menjalani antara karir dan keluarga. Terlebih pekerjaan suami yang menuntut saya hadir 24 jam baik bagi keluarga maupun profesinya.

Alhasil, resmi sudah saya menyandang gelar full timer sebagai IRT. Wanita yang biasa berpikir keras untuk mencapai efisiensi dan efektivitas keuangan perusahaan tapi semenjak menjadi IRT semua seolah mentok. Tak aneh, sebulan pertama menjalani hidup sebagai full IRT sangat menyiksa.   

Belum lagi godaan dari sosial media yang selalu menyajikan berbagai pose sahabat dengan pakaian dinas atau bekerja dengan tekunnya. Namun, sebagai wanita yang ingin mengabdi bagi suami dan anak-anak harus berusaha untuk bersabar dan menggantungkan kalkulator sebagai sahabat dalam bekerja.

Selain terdapat kegelisahan saat berhenti bekerja, seorang IRT terkadang memiliki kekuatiran masalah finansial. Sebagai orang keuangan, tentunya mengetahui bagaimana perencanaan serta anggaran yang ada di tengah keluarga.

Saat tak lagi bekerja maka anggaran keluarga terasa ketat dan berusaha untuk membiasakan diri dengan hidup sangat sederhana. Pasalnya, sumber pemasukan hanya berasal dari suami.

Tak hanya berdiam diri, maka saya berusaha bangkit dan mencoba untuk mencari penghasilan tambahan dengan menulis. Berbekal pengalaman kerja sebagai redaktur dan editor sebuah perusahaan majalah, maka saya kembali melirik blog yang pernah mati suri selama bertahun-tahun.

Awal mula merasa canggung dengan perkembangan dunia digital. Bingung harus mulai dari mana, walaupun sudah cukup lama menulis di blog tapi seolah gairah untuk menulis sangat kurang. Ketika banting setir dan fokus menjadi seorang blogger, ternyata saya menemukan dorongan untuk fokus menulis dan mereview banyak hal melalui kompetisi menulis.

Setelah menikmati pekerjaan jadi blogger ternyata usaha ini membuahkan hasil. IRT yang dulunya memiliki kesan ‘tertekan’ karena tidak bekerja lagi akhirnya menyelami dunia digital dan sedikit demi sedikit dapat mendulang rezeki.

Tak hanya sampai di situ, ternyata terjun ke dunia digital harus belajar banyak hal. Menulis, mereview, membuat brand baik terhadap diri sendiri maupun proyek yang sedang dikerjakan dari pihak ketiga.

Tanpa disadari dewasa ini, seorang blogger mau tidak mau juga belajar menjadi pelaku digital marketing yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan seorang blogger menjadi perantara promosi barang dan jasa kepada masyarakat.

Di era revolusi industri 4.0 ini, peran seorang blogger tidak lagi dipandang sebelah mata. Tak aneh, kalau sebagian orang memilih untuk melepaskan karir agar dapat bekerja sebagai blogger atau lebih luas sebagai digital marketing.

Setelah melepaskan pekerjaan dan memilih banting setir, ternyata seorang blogger memiliki keistimewaan tersendiri serta memiliki keuntungan dalam banyak hal. Habis hujan terbitlah pelangi, hal ini melukiskan kondisi seorang IRT yang berjuang mendulang rezeki serta dapat memberi perhatian penuh kepada keluarga dari rumah.

Berbicara dunia digital tidak akan ada habisnya, karena memang kehidupan sekarang berada pada fase ini. Setelah beberapa tahun fokus dunia menulis dan membagikan karya melalui sosial media, ternyata saat ini blogger dituntut untuk menjadi influencer yang profesional.

Secara tidak langsung baik perteman dari rekan seprofesi blogger atau juga pertemanan lain di sosial media membawa engagement rate sosial media terus meningkat. Oleh karena itu, pekerjaan tambahan menjadi influencer terus berdatangan. Walau masih di kelas mikro, setidaknya hal ini menjadi pemasukan tambahan bagi seorang IRT. Paling tidak mampu memenuhi kebutuhan dapur setiap bulannya.

Nah, peran sebagai influencer tidaklah mudah. Sama seperti bekerja di sebuah perusahaan, maka peran ini juga dituntut untuk profesional dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab apalagi menjaga nama baik brand yang sedang bekerjasama.

Influencer merupakan bagian dari digital marketing di mana perannya memperkenalkan, membicarakan sehingga membuat brand dari barang dan jasa tersebut menjadi populer di kalangan komunitas, follower maupun masyarakat umum lebih luasnya. Apalagi di era digital ini, maka sosial media menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan barang dan jasa.

Beberapa kali mendapatkan tawaran pekerjaan menjadi seorang influencer maka banyak hal yang harus dipelajari. Strategi bagaimana mengenalkan produk kepada masyarakat sampai kepada membuat konten terhadap produk tersebut.

Tak hanya sampai di sosial media, maka seorang blogger pun melanjutkan promosi atau memperkenalkan produk melalui tulisan di blog. Tulisan dikemas semenarik mungkin sehingga menarik banyak pembaca dan blogger berhasil memperkenalkan barang atau jasa tersebut.

Blogger dan influencer merupakan bagian dari digital marketing yang saat ini sedang naik daun. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia saat ini mengakses berbagai hal melalui ponsel.

Tak hanya di kota, di daerah maupun di pedesaan saat ini pun sudah fasih melakukan transaksi secara online. Hal ini dikarenakan digital marketing yang menyentuh seluruh aspek serta wilayah.

Berdasarkan data Statista tahun ini, pengguna ponsel di Indonesia sudah mencapai 28% dari jumlah penduduk Indonesia dan diproyeksikan hingga 2023 nanti akan mencapai 33%. Oleh karena itu, perkembangan pesat penggunaan ponsel ini dibarengi dengan penggunaan internet dalam berbagai aktivitas maupun transaksi jual-beli.

Melihat perkembangan pengguna internet setiap tahunnya maka setiap perusahaan menjajakan barang dagangannya melalui online serta melakukan pemasaran secara digital.

Digital marketing adalah pemasaran secara digital atau upaya untuk meningkatkan pemasaran melalui perangkat elektronik/internet dan semua berhubungan dengan dunia online.

Tak aneh kalau saat ini blogger yang disebut sebagai bagian content creator mendapat banyak tawaran pekerjaan secara digital dalam rangka mempromosikan atau memperkenalkan produk barang dan jasa kepada masyarakat. Bersyukurnya dari ribuan bahkan jutaan contenct creator di Indonesia, IRT ini menjadi bagian di dalamnya.

Berikut 5 (lima) cara produsen atau perusahaan menyampaikan atau mempromosikan barang dan jasa melalui digital marketing:

1. SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)

Baik perusahaan maupun seorang blogger sebagai patner dalam digital marketing setidaknya mengetahui bahwa digital marketing tidak akan terlepas dari SEO. Oleh karena itu, perlu adanya optimisasi dari sebuah website atau blog yang sedang dikelola. Selain konten yang berkualitas dan informatif maka dibutuhkan pendukung lainnya seperti foto, infografis sampai kepada video.

Konten yang berkualitas akan disukai oleh SEO sehingga menjadi peringkat awal di pencarian google. Ketika artikel yang dibuat oleh seorang blogger menempati peringkat terbaik dalam pencarian maka di sini peran blogger dalam digital marketing terlihat baik.   

Efeknya ketika rangkaian artikel memiliki peringkat yang baik maka perusahaan dapat menyampaikan produk baik barang dan jasa dengan mudah. Bagi seorang blogger saat website yang dikelola disukai oleh SEO maka akan mendatangkan berbagai penawaran dari pihak ketiga untuk menjadi seorang digital marketers. Sama halnya ketika penawaran datang maka penghasilan seorang blogger juga akan meningkat.

2. SOSIAL MEDIA MARKETING

Pada umumnya, perusahaan ataupun blogger memiliki sosial media untuk mempromosikan produk serta untuk blogger ada tulisan atau artikel yang dapat di share ke berbagai media sosial. Ketika konten yang dibuat menarik dan bermanfaat bagi konsumen maka dengan sendirinya follower akan meningkat.

Selain follower meningkat secara organik, maka seorang blogger biasanya mencari melalui sebuah komunitas yang memiliki latar belakang profesi atau hobi yang sama. Peningkatan follower dan engagement rate media sosial mampu menjadi peluru agar blogger semakin melesat sebagai influencer.

Sosial media yang dimiliki dapat meningkatkan brand awareness, traffic serta hal lain dalam rangka memasarkan produk dan jasa. Seorang blogger setidaknya memiliki 3 sosial media seperti facebook, twitter dan instagram. Di samping itu, seorang blogger yang senang membuat video dalam sebuah blog diwajibkan untuk memiliki Youtube Channel.

3. PAY – PER – CLICK (PPC)

PPC mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebuah blogger. Kebanyakan blogger saat ini sudah memasang PPC dalam blog untuk menambah penghasilan. PPC yang sering ditemui adalah Google Adwords, biasanya setiap pengunjung yang mengklik iklan yang berada pada blog maka si pemilik blog akan mendapatkan penghasilan tambahan. Hal ini juga bertujuan untuk menghasilkan SEO yang baik atau organik terhadap produsen atau perusahaan yang menjajakan barang dagangannya melalui iklan.

4. SEARCH ENGINE MARKETING (SEM)

Pada dasarnya SEM hampir sama dengan SEO, namun SEM lebih kepada penulusuran berbayar sebagai komponen utama. Seperti contoh iklan atau PPC, baik SEO maupun SEM merupakan bagian dari digital marketing yang banyak digunakan perusahaan agar memaksimalkan produk barang dan jasa melalui pencarian di internet.

5. CONTENT MARKETING

Peran seorang blogger dalam digital marketing yang paling terlihat melalui content marketing. Jika sebagian orang berkata bahwa menjadi blogger itu mudah, maka menurut saya tidak. Hal ini dikarenakan peran seorang blogger yang turun menjadi digital marketing setidaknya harus belajar banyak hal.

Mulai dari pengenalan akan produk, pembahasan yang tepat dan pas tentang produk sampai kepada membuat konten yang disukai oleh pembaca sehingga sampai akhir tulisan pembaca tidak bosan atau lari ke website atau blog lainnya.

Blogger sebagai digital marketers setidaknya mampu mengelola tulisan serta website/blog yang dimiliki agar dapat maksimal dan menarik pembaca sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, berikut 5 (lima) aset seorang blogger dalam menjalankan perannya sebagai digital marketers:

Berbicara soal website atau blog, seorang blogger harus jeli memilih nama domain terbaik. Umumnya, nama domain akan menjadi brand seorang blogger. Karena saya ingin nama menjadi brand maka saya lebih memilih nama saya sebagai blog tempat  mengerjakan berbagai konten.

Kedua, tidak kalah penting bagi seorang blogger adalah hosting. Hosting yang memiliki performa baik akan memberikan manfaat positif bagi seorang blogger. Oleh karena itu, seorang blogger harus jeli dalam memilih hosting tempat blog bernaung sehingga blogger dapat lebih mudah berkarya dan lebih mudah dalam SEO.

Sebagai seorang blogger yang sudah dipercaya oleh perusahaan atau pihak ke-3 dalam menjalankan digital marketing, maka blogger sebaiknya melakukan pengenalan terhadap barang atau jasa. Kemudian melakukan riset sederhana terhadap barang dan jasa lalu menuangkannya dalam sebuah konten yang menarik dan berkualitas.

Konten menarik umumnya disajikan dengan berbagai infografis, grafik, atau video. Berkualitas dalam arti konten mencapai titik sasaran atau pembaca serta disukai oleh SEO.

Ketika konten dibuat berkualitas maka akan memberikan kepercayaan pada pihak perusahaan untuk menggunakan blogger sebagai sarana digital marketing. Di samping menarik serta berkualitas maka konten blog atau artikel sebaiknya dibagikan atau share ke berbagai media sosial untuk menarik pembaca.

Pentingnya blogger memiliki akun media sosial karena sekaligus menjadi influencer atas konten yang telah ditulis melalui blog. Apalagi jika follower dari  setiap media sosial cukup banyak.

Oleh karena itu, blogger setidaknya meningkatkan performa dari media sosial dengan meng-update hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta menjaga agar media sosial yang dimiliki tetap positif sehingga disukai banyak follower.

Sebagai blogger setidaknya menjaga nama baik sebuah blog yang menjadi brand sendiri. Banyak blogger yang sukses dengan brand sendiri dan mencapai finansial yang cukup baik.

Di samping itu, blog yang sudah dikelola harus menghadirkan artikel setiap waktu agar dapat terus disukai oleh pembaca. Seperti halnya seorang influencer atau youtuber yang dinanti setiap pengunjung. Oleh karena itu, setidaknya blogger juga selalu menyediakan konten untuk santapan pengunjung yang datang ke blog serta membangun brand yang baik atas nama pribadi maupun blog yang sudah dibangun.

Melalui jejak online atau pun feedback dari pembaca dapat dilihat di kolom komentar. Hal ini menjadi penyemangat membuat blogger menjadi lebih baik dalam menyajikan konten. Suatu kali, pengunjung pernah mengkritik tulisan di kolom komentar, setelah dibaca ulang artikel yang dibuat memang harus ada yang diperbaiki.

Jejak pengunjung sangat bermanfaat bagi setiap blogger, di samping itu pihak ke-3 akan merasa sangat senang dengan berbagai komentar atas produk barang dan jasa sehingga dapat memperbaiki dari produk yang ditawarkan.

Sebagai IRT yang selama 2 (dua) tahun ini banyak belajar tentang dunia digital marketing maka semakin ‘sayang’ dengan blog yang sudah dibangun. Karena peran sebagai blogger sudah menjadi ‘beken’ apalagi pelakunya adalah seorang IRT.

Dalam merawat blog yang sudah dibangun maka tidak terlepas dari jasa hosting dan domain yang sudah mendukung setiap blogger untuk berkarya di dunia digital.

Jasa hosting dan domain yang terbaik saat ini yang dikenal dengan hosting murah adalah DOMAINESIA. Hanya dengan Rp99.000 maka setiap blogger sudah mendapatkan sebuah domain dengan berbagai nama pilihan yang disajikan.

Selain menyajikan domain murah serta jasa hosting murah, maka DomaiNesia juga super cepat dan memiliki 6 (enam) keunggulan yaitu:

1. SSD (Super Cepat)

DomaiNesia menghadirkan 100% Enterprise SSD dengan website yang super cepat bahkan secepat kilat. Bagi seorang blogger tentunya sangat senang dengan perangkat penyimpanan data atau website yang didirkan sangat cepat.

2. Instant Deploy

Umumnya, membangun sebuah blog atau website itu cukup ribet. Di DomaiNesia membuat sebuah blog terasa lebih mudah dan nyaman. Fitur ekslusif mampu membuat website dengan mudah dan instan.

3. Cloud Backup

Data yang dimiliki seorang blogger baik artikel maupun yang berhubungan dengan blog sangat dijaga karena DomaiNesia melakukan back up harian dalam menjaga keamanan data.

4. Garansi Uang Kembali

Hal yang menyenangkan dari DomaiNesia adalah terdapat garansi uang kembali. Jika seorang blogger kurang puas dengan website atau berbagai fasilitas ataupun layanan DomaiNesia maka terdapat garansi uang kembali. Dalam hal ini, DomaiNesia menjaga profesionalitas untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap konsumen khususnya blogger.

5. Unlimited Bandwith

Kerennya, DomaiNesia memiliki unlimited bandwith sehingga blog akan terus lancar tanpa hambatan. Apalagi di saat-saat genting berhubungan dengan deadline yang diberikan klien atau pihak ke-3 dibutuhkan kelancaran website.

6. Passionate Support

Menjadi tagline bagi DomaiNesia untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh customer dan tentunya menjadi prioritas.

Keenam hal tersebut menjadi alasan terbaik untuk memilih Hosting Indonesia bagi seorang blogger baik untuk pemula maupun profesional. Berikut 3 (tiga) jenis pelayanan yang diberikan di DomaiNesia:

0
CUSTOMER
0
DOMAIN
0
HOSTING
0
SSL
0
RESELLER
0
VM

Bicara soal domain, pertama kali terjun kembali ke dunia blogging maka saya sudah memikirkan nama domain apa yang akan dipakai untuk blog. Berasal dari nama pribadi maka berharap akan menjadi brand yang baik ke depannya. Di DomaiNesia, domain yang disajikan dapat berupa .com, .net, .org, .website, .site, dsb. Kerennya domain dibanderol dengan harga yang terjangkau apalagi jika membeli hosting maka akan mendapat domain gratis dari DomaiNesia. 

Selain murah, domain di DomaiNesia juga aman, support tanggap, aktivasi yang instan serta managed DNS. Kerennya lagi, setiap domain terdapat fitur Private Whois. Di samping itu, domain yang dipilih dapat dihubungkan dengan blog WordPress, Blogger, Tumbler dan platform website lainnya.

Hosting yang ditawarkan di DomaiNesia terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu hosting untuk kebutuhan blogger atau biasa dan hosting untuk bisnis. Keduanya berbeda, paket hosting biasa dimulai dengan harga Rp16.000/bulan sedangkan untuk hosting bisnis dimulai dengan harga Rp80.000/bulan. Tentunya dengan harga tersebut cukup terjangkau baik bagi blogger pemula, profesional maupun pelaku bisnis.

Terdapat 8 (delapan) fitur yang disajikan saat membeli hosting di DomaiNesia yaitu Enterprise-grade SSD, MailChannels Spam Filters, Garansi 99,9% Uptime, Anti Virus Mallware, 5 Pilihan Lokasi Server (Indonesia, Singapura, Amerika, Inggris dan Jepang), CloudFlare, Backup Harian, serta telah mendukung Node.Js, Ruby, PHP, dsb.

Sistem operasi yang digunakan adalah CloudLinux yang memiliki performa dan efisiensi tinggi dalam mendukung segala kebutuhan hosting. Untuk blogger yang ingin memindahkan hosting ke DomaiNesia cukup mudah dengan fasilitas backup Cpanel atau DomaiNesia dapat memindahkan seluruh akun hosting dengan gratis. Untuk dapatkan Hosting Terbaik, silahkan berkunjung ke DomaiNesia.

Virtual Private Server (VPS) merupakan komputer server yang dijalankan dengan teknologi virtualisasi pada komputer dengan hardware yang lebih tinggi dan performa lebih cepat dalam rangka mendukung hosting website. DomaiNesia memberikan tempat khusus tanpa membagi dengan pengguna lainnya. Teknologi SSD yang diberikan DomaiNesia menjadikan VPS Indonesia lebih cepat.

Di samping itu, terdapat 6 (enam) fitur yang disajikan di DomaiNesia yaitu SSD secepat kilat, Enterprise-grade Server dalam menjamin keamanan, Virtual Server Manager, Scale and Resize sesuai kebutuhan, Virtualisasi KVM seperti CouldLinux dan Softaculous Free dan Multiple Linux OS yang menghadirkan berbagai pilihan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna. Untuk lebih lengkapnya dapat berselancar di DomaiNesia.

Tak mudah bagi seorang wanita untuk memilih karir dan keluarga. Namun, dengan pertimbangan banyak hal maka saya memutuskan untuk menjadi blogger dan mengembangkan karir dari rumah. Banyak keuntungan yang didapatkan, selain dapat memperhatikan keluarga selama 24 jam, IRT juga berkesempatan mendulang rezeki menjadi seorang blogger.

Terlebih di era revolusi industri 4.0, perusahaan atau produsen membutuhkan banyak digital marketing untuk  memperkenalkan produk baik barang dan jasa melalui digital. Sebagai seorang pelaku digital maka dituntut untuk dapat berkontribusi serta menjadi digital marketers.

Seorang blogger tentunya memiliki aset yang berharga seperti website, konten, media sosial, brand dan sebagainya. Aset tersebut harus dirawat dan memiliki tempat yang tepat.

Tempat yang tepat untuk seorang blogger adalah DomaiNesia yang menyajikan hosting terbaik, murah serta memberikan banyak kelebihan. Di samping itu, untuk migrasi atau pindah juga dengan cara yang mudah atau dengan bantuan langsung dari DomaiNesia.

Sekarang, IRT tidak pernah kuatir lagi masalah finansial berkat pekerjaan sebagai seorang blogger sekaligus pelaku digital marketing. Oleh karena itu, blogger adalah profesi kekinian yang membantu IRT dalam mendulang rezeki. Blogger tentunya tidak dapat berdiri sendiri tanpa jalan bareng DomaiNesia.

Nah, buat wanita di luar sana yang masih bingung untuk mencari penghasilan tambahan, yuks jadi pelaku digital marketing. Salah satunya ya menjadi blogger dan untuk domain dan hosting #LangsungBikinAja di DomaiNesia.

REVIEW GOOGLE 4,7/5
4.7/5

No results found for Digital Marketing Life Hacks : Jembatan IRT Mendulang Rezeki


90 Comments

Fionaz isza · December 1, 2019 at 11:21 am

Informatif sekali ya kak arda, emang bener banget menulis bisa sebagai media menyalurkan hobi dan bonusnya kita sebagai IRT bisa dapetin penghasilan tambahan..
Btw di domainesia murah banget ya kak.. mupeng aq

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:36 pm

    Iya kak, murah dan cepat banget lagi.

    Lina W. Sasmita · December 6, 2019 at 3:16 am

    Selalu takjub lihat postingan Mbak Arda. Blognya selalu menyajikan ilustrasi, gambar dan foto yang atraktif sehingga nggak bosan baca.

    Btw, mungkin efek positif resign dan menjadi fulltime IRT adalah terbukanya rejeki dari ngeblog ya Mbak. Selamat.

Syanaka · December 4, 2019 at 1:49 am

Mba Arda ajarin dong bikin blog cantik kaya gini, jatuh cinta akutu sama blog mba Arda

    Nefertite Fatriyanti · December 4, 2019 at 1:57 pm

    Menulis memang implikasinya banyak ya mba, nyaman menyalurkan unek-unek, bebas mengeksplor yang positif, menyehatkan jiwa deh.
    Blognya cantik, aku belum bisa infografis, hehehe

      ardasitepu · December 5, 2019 at 3:37 pm

      Iya mbak Fatri, terima kasih sudah berkunjung.

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:36 pm

    Hai mbak e, ayuk belajar bareng.

Nia tiara · December 4, 2019 at 3:02 am

Ulasannya lengkap banget mbak, jadi pengen pake domainesia, karena saya masih bolong-bolong nulisnya. Tapi seneng nulis jadilah ngeblogger deh.

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:37 pm

    Iya mbak silahkan bergabung dengan Domanesia. Saya juga suka banget menulis mbak.

Puput · December 4, 2019 at 7:06 am

Keren, lengkap, apa yang terjadi padaku di ulas disini semua. Wlpun aku baru memulai di dunia blogger. Setidaknya kehidupanku tidak terpaku pada pekerjaan IRT

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:38 pm

    Iya itu mbak puput, semangat untuk berkarya.

Farida Pane · December 4, 2019 at 7:41 am

Menjadi bloger pun bisa menghasilkan ya. Apa lagi kalau ditambah bisnis online

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:38 pm

    Setuju mbak Farida, banyak hal yang bisa dilakukan dari rumah.

Farida Pane · December 4, 2019 at 7:43 am

Menjadi bloger pun bisa menghasilkan ya. Apa lagi kalau ditambah bisnis online

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:38 pm

    Iya mbak bener banget.

      Sumiyati Sapriasih · December 12, 2019 at 12:00 am

      Penggunaan seo wajib bagi blogger untuk mengetahui, karena sei akan menentukan tulisan teratas di search google . Thank you info nya

@nurulrahma · December 4, 2019 at 11:24 am

Mba Ardaaa ya ampyuunn ini memotivasi dan inspiring banget lhoo
IRT jaman now bisa melakukan apa aja dong yaaaa
Ga perlu kerja tetap, yg penting tetap bekerja 😀
Domainesia ngebantu kita banget yaaa

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:39 pm

    Iya mbak, kalau saya sudah menyerah tidak bisa dipaksakan kerja lagi dan memang lebih senang di rumah sekarang.

      Cindy Vania · December 6, 2019 at 6:42 am

      Aku tuh masih berjibaku sama seo. Duh rasanya sulit sekalihh..
      Trus masih harus berjuang kalau bikin infografis, hihi. Pengennya jd full time blogger professional tapi belum bisa bagi waktunya

Indah nuria · December 4, 2019 at 11:54 am

banyak yang bisa dilakukan IRT untuk menambah penghasilan keluarga ya mba. Dan memilih domain yang tepat memang penting bangeeet yaaa

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:39 pm

    Iya mbak Indah, domain yang tepat dan murah bisa didapatkan dari Domanesia.

retno · December 4, 2019 at 3:12 pm

waah lengkap banget ulasannya mbak, tampilannya pun menarik. Kereen…

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:40 pm

    Terima kasih mbak Retno sudah berkunjung ke artikel ini.

Ira Hamid · December 4, 2019 at 4:24 pm

sekarang ibu rumah tangga juga bisa “menghasilkan” yaa, Mba. Jadi bukan hanya working mom aja yang bisa punya penghasilan sendiri, ibu rumah tangga yang gak ke kantor pun bisa punya penghasilan 🙂

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:40 pm

    Harapannya selalu seperti itu mbak hehe bantu suami untuk menambah perekonomian keluarga.

Shyntako · December 4, 2019 at 5:10 pm

Sebagai blogger newbie, info ini kepake banget mbak. Noted deh untuk coba Domainesia untuk hosting blogku. Thanks rekomendasinya

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:40 pm

    Iya mbak, silahkan bergabung bersama Domanesia.

Irena Faisal · December 4, 2019 at 11:40 pm

Aku nggak sengaja kecemplung jadi blogger hehehe karena suamiku IT jadi yg buatkan fasilitas ngeblog ya dia aku ngertinya bikin konten 🙂

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:41 pm

    Wah keren banget mbak Irene, aku malah otodidak enggak ada yang ngajarin IT, pengen pintar juga kayak mbak Irena.

Riawani elyta · December 5, 2019 at 12:51 am

Domainesia bisa jadi perangkat yg mendukung bisnis era digital ya mbak

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:41 pm

    Iya bener sekali mbak, Domain nya Indonesia ya Domanesia 🙂

Shyntako · December 5, 2019 at 2:30 am

Sebagai blogger newbie, infonya sangat bermanfaat kak. Noted rekomendasinya soal Domainesia

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:42 pm

    Terima kasih ya kak sudah berkunjung ke artikel ini.

mutia nurul rahmah · December 5, 2019 at 3:33 am

wah, mantab informasinya. jadi lebih tahu dunia diigtal marketing itu seperti apa

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:42 pm

    Terima kasih mbak Mutia sudah berkunjung.

Keke Naima · December 5, 2019 at 4:38 am

Asik ya dunia digital saat ini. Memberikan peluang besar bagi siapapun yang ingin berdaya. Termasuk para IRT juga bisa berdaya melalui dunia digital

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:42 pm

    Iya mbak, karena digital IRT sangat berdaya sekali.

Helena Magdalena · December 5, 2019 at 7:49 am

Gilee, keren banget neni dari segi ulasan dan tampilannya. Ajarin akuu doongg! Masih banyak yg perlu dibenahin di blog #malahcurhat hahaha

Herva Yulyanti · December 5, 2019 at 8:02 am

Kadang aku juga masih nganan sama yang berpakaian dinas mba meski aku kerja tapi tuntutan keluarga yg pengennya aku jadi pns hahaha..ah setiap orang punya pilihan ya mba seperti mba Arda keren banget ini ulasannya detail dan lengkap

Linimasaade · December 5, 2019 at 8:54 am

Setuju banget sama penjelasan mbak Arda diatas. Teknologi sangat penting untuk memasarkan produk dan ditambah lagi website tentunya dengan domain yang bandwith kenceng.

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:43 pm

    Iya mbak pakai DomaiNesia bandwithdnya sangat kenceng 🙂

Anne Adzkia · December 5, 2019 at 1:12 pm

Terbukti banget, setelah mjd blogger mbak Arda bisa membuktikan ya dan hasilnya nggak mengkhianati usaha. Blognya keren, sering menang lomba. Saluuut.

    ardasitepu · December 5, 2019 at 3:44 pm

    Terima kasih mbak Anne sudah berkunjung untuk artikel ini.

Rahmah · December 5, 2019 at 6:48 pm

Wah nambah satu lagi nih teman seperjuangan yang akhirnya resign dan memilih jadi IRT
Toss dulu mba Arda
Yup di era 4.0 ini kalau kenal teknologi ga bakalan ketinggalan meski jadi IRT. Karena tidak semua yang bekerja di luar sana pun memahami teknologi kan hehehe

    ardasitepu · December 7, 2019 at 4:56 am

    Tos mbak, semangat berkarya terus ya.

Nurul Fitri Fatkhani · December 5, 2019 at 11:16 pm

Setuju, Mbak. Untuk mereview sebuah produk bagi blogger bukan hal yang bisa dianggap enteng. Perlu mengenal produk dengan baik, pembahasan yang tepat dan pas kemudian membuat konten yang menarik pembaca.

    ardasitepu · December 7, 2019 at 4:56 am

    Setuju mbak dan mengenalkan produk dengan baik.

emanuella · December 6, 2019 at 1:25 am

Apalagi isu tentang pengaturan kembali marketplace ya, sepertinya akan makin banyak pebisnis yang akan mengelola webnya sendiri….

    ardasitepu · December 7, 2019 at 4:55 am

    Iya mbak dan banyak yang mengelola bisnis dengan web.

Rizka Edmanda · December 6, 2019 at 1:30 am

Bikin website di domainesia memang mudah banget ta karna ada fitur instant deploy

Lidya · December 6, 2019 at 3:27 am

Aku resign kerja malah sebulan sebelum nikah mbak, yang tadinya punya uangh sendiri jadi gak punay penghasilan tetap. Untung aja kenal blog trus diajarin merview dari web luar seneng banget punya penghasilan tambahan, waktu itu di Indoensia belum ada review2 produk gitu

    ardasitepu · December 7, 2019 at 4:53 am

    Wah iya ya mbak, jadi sekarang sudah bisa dapat pekerjaan review ya mbak.

Ida · December 6, 2019 at 4:07 am

Keren mba..lengkap banget..tulisannya mewakili aku banget..sepertinya banyak blogger yg akan mengiyakan jg hehe..

    Artha · December 6, 2019 at 11:31 pm

    Ah jadi merasa punya teman senasib. Saya jadi tahu apa rahasia blog kakak jd makin keren seperti ini. Ternyata beli domain dan hosting di domainesia toh. Saya juga loh… Tertarik dg promo .com yg gak sampai 100K tapi ternyata stabil loh.

      ardasitepu · December 7, 2019 at 4:52 am

      Iya mbak enggak sampai 100 k udah bisa dapat domain yang nyaman.

Uniek Kaswarganti · December 6, 2019 at 5:30 am

Makin mantap melangkahkan kaki sebagai blogger ya mba dengan dukungan hosting yang mumpuni. Meskipun IRT, kita juga punya kebanggaan karena bisa terus beraktivitas dan menebar inspirasi.

Nia K. Haryanto · December 6, 2019 at 5:43 am

Setuju banget. Dunia digital marketing, jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, semua kalangan bisa meraup rezeki melimpah. Bahkan oleh IRT yang selama ini dipandang sebelah mata. Semoga semakin banyak yang memanfaatkan digital marketing ini ya 🙂

    ardasitepu · December 7, 2019 at 4:46 am

    Iya mbak semenjak digital marketing hadir IRT jadi punya peluang maju.

Arina Mabruroh · December 6, 2019 at 5:47 am

Pekerjaan yang berbasis digital termasuk menjadi bloger memang bisa menjadi solusi bagi IRT ya Mbak. Saya pun merasakan manfaatnya, meskipun masih lebih banyak sekadar have fun buat me time aja, nulis curcol di blog 😀

Kalau ada teman yang curhat bingung setelah resign seringnya aku saranin untuk merambah bisnis online atau ngeblog 😀

Siska Dwyta · December 6, 2019 at 5:47 am

Balada IRT memang banyak banget ya Mbak tapi setidaknya meski bekerja di rumah seorang ibu tetap bisa produktif ya dengan menjadi blogger maupun influencer.

Btw suka banget dengan postingan ini, jadi nambah ilmu juga buat saya khususnya tentang digital marketing. Thanks for sharingnya ya Mbak 🙂

    ardasitepu · December 7, 2019 at 4:45 am

    Terima kasih mbak siska, sudah berkunjung 🙂

Sugi Siswiyanti · December 9, 2019 at 10:37 am

Tulisannya lengkap banget disertai infografis menarik. Enak bacanya dan inspiratif. Makasih sudah sharing,Mbak 🙂

Putri Santoso · December 10, 2019 at 5:59 am

aku suka banget sama blog kakak…enak di baca ada infografisnya…
btw domainesia emg murah sih hehehe

PS
Peluk dari jauh
lilpjournye(dot)com

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:42 am

    Makasih mbak Putri, ayuks ke DomaiNesia untuk domain dan hostingnya.

Dyah Ummu AuRa (Author RoemahAuRa) · December 10, 2019 at 10:35 am

Informatif bener infonya kak. Ulasannya lengkap dan cakep. Jadi pengen pasang domain dan hosting juga di domainesia buat blog aku yang lain.

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:41 am

    Iya mbak, coba cek di DomaiNesia ada domain dan hosting yang terjangkau banget.

Auda · December 10, 2019 at 6:05 pm

Pemaparan yang luar biasa tersaji runut dari tulisan ini. Aku juga yg lg sakit dan tidak bs bekerja di luar rumah, memanfaatkan internet ini.

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:39 am

    Makasih mbak, dan semoga cepat sembuh ya mbak.

Gina · December 11, 2019 at 1:41 am

Ud ngeblog sekitar 5thn, tp bru 2thn belakangan ini diseriusin. Dan saat ini msih banyak belajar pentingnya SEO dalam sebuah artikel di blog

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:38 am

    Iya mbak, saya sampai hari ini juga belajar terus tentang SEO. Semoga bisa naik tingkat terus hehe

Widya Michella · December 11, 2019 at 3:04 am

Wah terima kasih banyak infonya mba arda, sangat menginspirasi bisa jadi pekerjaan tambahan buat para ibu rumah tangga yang bosen dirumah cuma jaga anak doang. Ehhe

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:36 am

    Terima kasih mbak Widya memang IRT punya banyak peluang di didunia digital ini.

Keke Naima · December 11, 2019 at 6:59 am

Blogger sebagai digital marketers, saya suka yang tulisannya soft. Memasukkan sentuhan pribadi ke dalam tulisannya. Biasanya saya mudah tertarik bila tulisannya seperti itu. Tetapi, memang skill membuat tulisan soft harus terus dilatih

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:35 am

    Iya mbak Myra, selalu belajar untuk skill ini.

Fenni Bungsu · December 11, 2019 at 12:10 pm

SEO ini memang menjadi nilai tambah bahkan boleh dikatakan utama untuk digital marketing karena bisa menjangkau banyak hal

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:35 am

    Iya bener banget mbak SEO membuat nilai tambah dan bermanfaat buat artikel yang terbit khususnya pemakai jasa digital marketing.

Andik Ceritanya · December 11, 2019 at 2:02 pm

Busyeeet lengkaap banget infonya ampe ke akar2nya. Sangat berguna untuk memulai blogger buat emak2 jaman now nih

wwww.ngopisetengahgelas.com

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:34 am

    Makasih mbak hehe, semoga bisa lebih baik lagi.

Irena Faisal · December 11, 2019 at 4:03 pm

Semenjak resign malah ngabisin uang dengan belanja online, tapi sejak jadi blogger sedikit demi sedikit bisa menghasilkan uang lagi lumayan buat jajan anak 🙂

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:33 am

    Iya mbak, saya juga belajar terus nih untuk berbuat yang terbaik di dunia digital mbak dan menambah penghasilan hehe.

alUna dan kenzio · December 11, 2019 at 4:28 pm

Sangat menginspirasi y ,makasii infonya,, blog nya terlihat cantik kak,, ajari kak aku hehehe sebagai newbie aq harus rajin2 mampir ke blog mu, dan ikutu semua tipsnya yg di atas..

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:31 am

    Hehe makasih ya mbak sudah berkunjung 🙂

artha · December 11, 2019 at 7:26 pm

saya kenal domainesia sejak tahun 2014an. CS ramah banget. jaman dulu kan saya gaptek banget. bener2 diladeni sampai masalah saya terselesaikan. eh sekarang makin oke ajah layanannya

    ardasitepu · December 12, 2019 at 4:22 am

    Iya mbak sudah 5 tahunan ya. Memang pelayanannya bagus dan masalah terselesaikan ya mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=WJGukaelgaTyJndrjWp_6NB2YJ137Z2_0eaL95IoluM
error: Content is protected !!