Berkutat di dunia akuntansi dan perpajakan merupakan hal yang menyenangkan walupun terkadang sedikit membosankan. Apalagi tumpukan deadline laporan keuangan serta persiapan data audit yang sudah memanggil-manggil dari meja kerja. Semua tak terlepas dari urusan angka, kwitansi, faktur dan sebagainya.

Setiap hari angka-angka tersebut menari indah di sekeliling pikiran. Sampai titik tertentu wanita ini akan merasa jenuh dan menaikkan bendera putih. Namun apa dikata, niat hati ingin menjadi seorang dokter akan tetapi peruntungan jatuh pada profesi keuangan yang tak jauh dari manajemen keuangan perusahaan.

Selain ketelitian, akurat, detail, disiplin, skeptis dan sedikit bumbu keegoisan maka lengkaplah karakter ini selalu melekat. Sejujurnya, karakter yang terbentuk belasan tahun ini menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi diri sendiri dan unit-unit lain yang bekerjasama di kantor. Bayangkan setiap hari selain harus berhadapan dengan angka dan uang, saya juga harus berhadapan dengan manusia wajah persegi dan mengkerut.

Memang ini menjadi balada dari semua akuntan atau orang-orang yang selalu bersinggungan dengan akuntansi dan keuangan. Belum lagi tuntutan deadline pekerjaan yang membayangi hari lepas hari. Tak aneh, kalau wajah selalu terlihat ketat layaknya kanebo kering karena ‘ga santai saat keluar dari ruangan. 

Sejujurnya, profesi ini bukanlah pekerjaan yang mudah dan harus dilalui hari demi hari. Berbagai tantangan dapat terjadi untuk mengatur keuangan dan mungkin pernah dialami:

  1. Kejujuran yang utama, bayangkan ketika seorang keuangan berlaku tidak jujur atau melakukan kecurangan terhadap penyampaian laporan keuangan baik dari pendapatan maupun pengeluaran. Otomatis, hal ini akan merugikan perusahaan dan tentunya membuat reputasi karir akan merosot bahkan di PHK. 
  1. Detail, salah satu karakter yang paling tidak menyenangkan adalah detail. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang keuangan, dikarenakan akan terbawa-bawa ke kehidupan nyata. Semua harus detail dan kalau tidak sesuai maka akan banyak sekali koreksi, termasuk kalau belahan rambut suami biasa kekanan tiba-tiba kekiri maka langsung deh banyak koreksian. 
  1. Pekerjaan yang tiada henti dan konsisten. Pekerjaan terhadap keuangan dilakukan berulang dan kadang menjenuhkan. Bayangkan saja, setiap hari harus bersinggungan dengan dokumen dan menghitung apa yang harus dihitung serta membuat laporan keuangan. Terkadang mendapat julukan dari suami wanita P7 (Pergi Pagi Pulang Pagi Penghasilan Pas-Pasan). 
  1. Skeptis yang merajalela, belasan tahun mengerjakan bagian ini membuat saya pribadi kurang percaya dan sulit untuk mengatakan setuju untuk setiap laporan pertanggung-jawaban yang dilakukan unit lain, benar-benar penuh kecurigaan. Untung ‘ga ditombak sama rekan lainnya. 
  1. Mata mudah berair, selain menghadapi rangkaian angka yang kecil dan rapat bahkan sampai 10 digit dibelakang desimal membuat mata cepat lelah dan berair. Apalagi kalau nemu selisih angka yang cukup fantastis dan siap-siap kerja rodi untuk mencari selisih tersebut maka hati mulai sedih dan mata mulai berair lagi…hu…hu…hu

Satu lagi tantangan dan kerepotan yang sering menghampiri adalah punya kalkulator segede gaban. Jujur, alat hitung-menghitung ini ‘ga asik banget di bawa kemana-mana. Sudah warna-nya pucat pasi belum lagi kalau harus ke Bank beban tas semakin berat seiring dengan beban hidup… #Halah

Memang dulu beli kalkulator saat ada promo beli 1 dapat 2, kayak beli ‘kuaci’ jaman dulu beli kuaci hadiah cincin mainan. Karena kurang nyaman alhasil kalkulatornya mulai digantung kayak raketnya Susi Susanti dan Alan Budikusuma. Kalkulator satu lagi dikasih ke rekan keuangan lain hi…hi…hi (kalau doi baca tulisan ini, siap-siap disemprot APAR)

Beruntungnya si cantik Casio datang dengan tampilan warna-warni dan mulai menghipnotis akuntan ini. Ketika searching di MatahariMall dengan kode promo CASIOBLOGOO5361, maka langsung terpampang nyata warna-warni indah Casio. Warna kalkulator sangat mempengaruhi kinerja seorang akuntan. Selain dapat cie..cie dari unit lain karena punya kalkulator yang warnanya mentereng, sejujurnya warna kalkulator ini membuat mood bekerja meningkat, makin produktif dan siap menghadapi berbagai angka-angka.

Sebelum berinisiatif mengganti kalkulator lama dengan Casio My Style maka memberanikan diri untuk ikut-ikutan tes “Know Your True Color” Semula sih ngintip beberapa postingan teman di Facebook soal warna yang cocok dengan kepribadian. Alhasil, setelah mengikuti tes warna dan kepribadian di http://www.knowyourcolor.id/ tak disangka dan tak diduga ternyata karakter warna yang sesuai itu adalah Merah. Semula mikirnya warna Pink tetapi ternyata merah. Warnanya cantik langsung memikat hati, tanpa pikir panjang maka Casio yang jadi pilihan adalah si cantik merah. By the way, perkiraannya bisa benar gitu ya, identik dengan pemimpin, tegas dan ekspresif walaupun bukan tipe pendengar yang baik karena bersifat dominan dan bossy hi..hi…hi tau aja doi!

10 Alasan Casio My Style Patner Akuntan Paling Oke!

1. Warna

Sebenarnya hidup seorang akuntan ataupun keuangan sudah flat karena hari lepas hari berhubungan dengan angka. Namun, hadirnya 10 warna-warni Casio memberikan rasa tersendiri bagi seorang akuntan. Senang aja gitu di depan meja kerja yang ‘suram’ tiba-tiba nangkring kalkulator warna apalagi warna merah yang menjadi pilihan hati, benar-benar “Colorful Calculator” yang meningkatkan mood kerja.  

2. Layar

Dibandingkan dengan kalkulator yang sudah digantung atau dipensiunkan maka layar yang ditawarkan Casio My Style lumayan besar dan nyaman di mata. Angka-angka yang disajikan di layar cukup jelas dan besar. Hal ini sangat membantu saat merekap bukti, kwitansi atau voucher keuangan atau saat menghitung ‘segepok’ uang.

3. Bentuk

Bentuknya yang imut dan pas di ukuran tangan, dengan dimensi 22,8 x 105,0 x 149,5. Tidak siku namun seperti bulatan disetiap ujungnya. Nyaman di pegang walaupun dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Ringan

Pertama kali memegang Casio My Style, ringan banget bahkan smartphone yang saya miliki lebih berat dibanding kalkulator ini. Tentunya asik dibawa kemana-mana, apalagi kalau dapat tugas negara ke Bank udah deh langsung nyemplung di tas.

5. Tampilan

Tampilannya sederhana namun menarik bahkan tidak jemu dipandang mata. Susunan mulai persentase, tax sampai kepada MRC sangat teratur dan tidak repot saat melakukan penghitungan dengan tools tersebut.

6. Tombol

Tombolnya flat, memiliki jarak dan sangat ergonomi, nyaman ketika melakukan penghitungan keuangan secara lambat maupun cepat.

7. Lengkap

Walaupun bentuknya mini, namun masalah kelengkapan sudah tepat dan standar bagi seorang keuangan. Apalagi Ibu Rumah Tangga atau karyawan lain sudah tepat untuk memiliki kalkulator jenis Casio My Style.  

8. Ketahanan

Bicara soal ketahanan memang Casio tidak ada duanya, mulai dari jaman kuliah sudah menggunakan Casio Scientific, sampai detik ini masih awet aja dan sudah dihibahkan kepada adik yang masih kuliah. Jadi memang sudah tidak diragukan lagi untuk ketahanan luar dan dalam. Apalagi Casio My Style sejak dibeli sampai sekarang mungkin sudah belasan kali dibanting si kecil namun tak ada cacat, retak bahkan eror.

9. Baterai

Jenis baterainya ada yang baterai biasa serta tenaga cahaya. Nah, kalau baterai lagi habis langsung dapat digunakan tenaga cahaya (solar). Apalagi kalau seorang akuntan, cocok banget yang tiada henti pencat-pencet kalkulator.

10. Produsen & Distributor

Casio Computer Co, Ltd memang sudah ahli dibidang produsen kalkulator, jam tangan dan berbagai jenis alat elektronik. Produsen yang sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia kalkulator memang tidak diragukan lagi. Di samping itu, patner keren yaitu PT Sahabat Utama Traco, yang merupakan distributor alat tulis premium yang sudah hits dibidangnya. Jadi tidak diragukan lagi untuk produk-produk yang dipasarkan. Untuk itu percaya banget menggunakan Produk Casio dari PT Sahabat Utama Traco.

Setelah menguraikan 10 (sepuluh) alasan saya memilih Casio My Style menjadi patner untuk mengerjakan tugas keuangan setiap harinya maka berikut tips ringan dalam membeli dan menjaga kalkulator Casio My Style:

Sebelum menentukan warna yang diinginkan sebaiknya kamu tes warna untuk menyesuaikan kepribadian dan mood kamu dalam bekerja menggunakan kalkulator. Ini ngaruh banget dan menjadi motivasi saya dalam bekerja sebagai akuntan.

Diharapkan membeli Kalkulator Casio di Online Shop yang terpercaya, kalau saya beli di MatahariMall.com atau di gerai-gerai lain seperti toko buku.

Perhatikan kondisi Kalkulator saat tiba ditangan, hal pertama yang saya check adalah tanda Hologram Casio yang berada di belakang Kalkulator. Hal ini menunjukkan Kalkulator tersebut asli langsung dari Distributor dalam hal ini PT Sahabat Utama Traco.

Kemudian check kelengkapan dari kotak tersebut, seperti manual guide, dsb.

Walaupun tahan banting, tentunya jangan sering dibanting dan simpan jauh dari noda apalagi pulpen soalnya kalau sudah tercoret agak susah membersihkannya, keindahannya jadi luntur sedikit.. hiks.

Diberi label nama, kalau seisi kantor punya jenis dan warna yang sama biar enggak ketukar walaupun bentuknya sama tapi rasanya beda… #halah

Finally, big thanks to Casio sudah hadir sebagai kalkulator warna merah cerah merona hingga hari-hari akuntan dan keuangan ini semakin menggila dengan sukacita setiap hari. Yuks ah kamu pilih warna apa?

 Salam angka,

Categories: Blog

2 Comments

deddyhuang.com · February 28, 2018 at 1:08 pm

ya ampun.. semoga uang-uang di foto itu masuk dalam rekening ku.

    ardasitepu · March 1, 2018 at 4:46 pm

    Ntar tak kirimin Koh, inbox no.rekening ya hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Blog

Koncer di Dunia Digital Jaman Now

Emak Shopping Tak sampai 5 (lima) menit duduk di meja kerja, tiba-tiba wanita separuh baya yang notabene adalah rekan kerja ‘merepet’ tiada henti. Usut punya usut ternyata barang pesanan online tidak sesuai harapan. Di mana Read more…

Blog

3 Impian Dalam Sewindu (40s)

Andai usia itu datang, Aku hanya tersenyum sambil membuka lembaran album dan berkata semua telah terwujud… -Menuju 2026- Sewindu lagi Ibu yang suka membaca ini akan memasuki usia 40 Tahun, di mana usia ini merupakan Read more…

Blog

Kuliner dari Negeri Sekeping Surga

DANAU TOBA Siapa yang tak kenal dengan Danau Toba? Keindahannya mampu menghipnotis mata yang memandang. Tak hanya dari dalam negeri, pelancong dari luar Indonesia pun menyatakan betapa kerennya danau yang melintasi lebih dari 5 (lima) Read more…