Kilas balik sekitar 15 tahun lalu, saat duduk di bangku kuliah laptop merupakan barang tersier. Jarang terlihat anak kuliah yang nenteng laptop, paling beberapa orang yang memang memiliki perekonomian cukup tinggi.

Seiring waktu berjalan dan berkembang pesatnya dunia digital maka laptop menjadi barang yang sangat dibutuhkan. Saat ini hampir semua anak kuliah, pekerja bahkan kebanyakan Ibu Rumah Tangga memiliki laptop.

Fungsi laptop pun menjadi universal, tak hanya sekedar untuk mengerjakan tugas dengan Microsoft Office. Tapi fungsinya sudah menjadi sahabat bagi setiap profesi dalam mengerjakan berbagai kegiatan.

Apakah seorang designer,  toko online  bahkan seorang blogger  sangat membutuhkan laptop untuk mendukung profesi tersebut. Maka tak aneh di pasar, muncul berbagai jenis laptop dari berbagai brand yang ada.

Dulu, saya hanya mengenal beberapa brand laptop yang memang kental di anak kuliahan. Namun, satu-satunya brand laptop yang menemani saya dari seorang Mahasiswa, Redaktur Majalah, Konsultan Perpajakan sampai sekarang menjadi IRT yang berprofesi sebagai blogger adalah ASUS.

Merk ASUS dikenalkan oleh seorang sahabat yang memang suka dengan perkembangan dunia teknologi. Sedari itu, laptop pertama saya saat mengerjakan skripsi adalah ASUS. Saat itu, harganya memang lumayan mahal namun sampai saat ini laptop tersebut masih on dan digunakan Ibu yang berprofesi sebagai Kepala Sekolah Dasar.

Setelah melewati rentang waktu yang cukup lama, dapat dikatakan bahwa laptop yang pernah dimiliki sekitar 5 (lima) dan semuanya merk ASUS. Mulai dari ASUS Tipe UL, Tipe X540L, Tipe X540 LJ, ASUS Transformer dan terakhir ASUS X555QA. Sekarang di rumah, laptop ASUS yang masih eksis tinggal ASUS X555QA sisanya sudah dihibahkan pada keluarga karena kebutuhan kuliah, kerja dan sebagainya.

Banyak alasan untuk menggunakan laptop dari brand ASUS. Pertama yang memang sangat mengena di saya adalah laptopnya benar-benar tahan banting. Oleh karena itu, saat keluarga tidak mengerti atau butuh informasi dalam membeli laptop baru maka saya merekomendasikan merk tersebut. Laptop yang mungkin pertama di Indonesia mampu memberikan garansi sampai 2 tahun.

Sebagai seorang freelancer dimana pekerjaan semakin padat menjelang pelaporan SPT (Surat Pemberitahuan) Perpajakan baik untuk orang pribadi maupun perusahaan kecil yang menjadi klien maka dibutuhkan laptop yang memang benar-benar ringan, tipis dan ringkas agar mudah dibawa kemana-mana saat bertemu dengan klien. Ya, tentunya kembali ke brand andalan saya dan keluarga yaitu ASUS.

Menjelang sebulan tepatnya 17 Januari lalu, ASUS meluncurkan 3 (tiga) jenis laptop ultra tipis dan yang menjadi pertama di Indonesia. Karya ini benar-benar hasil sepenuh hati dengan fitur yang sangat mumpuni.

Mengusung tema “it’s the world’s smallest 13,14,15-inch laptops” maka sudah selayaknya ASUS mendapatkan apreasiasi yang sangat tinggi di kalangan penikmat teknologi di Indonesia. Tak hanya itu, laptop ini tentunya menjadi idaman bagi semua kalangan termasuk emak-emak seperti saya.

Hadirnya laptop super ringkas ini dapat membantu semua profesi agar lebih mobilitas dan semakin percaya diri dalam menjalankan semua tugas yang diemban. Laptop ini sangat nyaman untuk dibawa kemana-mana dan cocok bagi kaum milenial untuk lebih produktif.

Kesan frameless NanoEdge Display yang seperti tanpa bingkai (bezel ultra tipis) membuat saya terkesima dengan kecanggihan teknologi jaman now. Membayangkan kalau dulu, layar laptop segede gaban alias bezel lebar jadi kesannya ‘gemuk’ dan beratnya minta ampun.

Hadirnya trio Zenbook yang elegan dijamin mampu menghipnotis setiap mata yang memandang. Keinginan untuk memilikinya juga semakin tinggi untuk mendukung kreativitas yang tanpa batas.

Seperti kita ketahui bahwa ASUS berasal dari empat huruf terakhir ‘PEGASUS’, kuda bersayap dalam mitologi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan. ASUS menjelmakan kekuatan, kemurnian dan jiwa petualang dari makhluk mengagumkan ini dan membubung tinggi menuju puncak dengan setiap produk yang diciptakannya.

Jiwa petualang ASUS sudah tidak diragukan lagi, terlebih untuk inovasi melalui ZenBook UX333, UX433 dan UX533. Melahirkan 3 (tiga) jenis layar dengan spesifikasi mumpuni di setiap jenisnya.

Sebagai  produsen laptop yang sudah diakui khususnya masyarakat Indonesia, maka ASUS berinovasi membuat laptop semakin tipis dan ringkas. Melalui teknologi eksklusif NanoEdge Display membuat 4 (empat) bezel pada semua sisi laptop hanya 2,8 milimeter hingga 5,9 milimeter.

Oleh karena itu, laptop ini khususnya ZenBook UX333 screen body to ratio sangat tinggi bahkan sampai 95%. Pandangan mata semakin luas, terlihat bebas tanpa batas. Kerennya, ZenBook UX333 ini sampai 14% lebih kecil dibanding lembaran kertas A4.

ZenBoook Classic UX333 (13 inci), UX433 (14 inci) dan UX533 (15 inci) ini mengusung resolusi Full HD dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi, tajam dan jernih. Sudut penglihatan lebar (viewing angle) sampai dengan 178 derajat. Ditambah dengan fitur ekslusif teknologi Splendid dan ASUS Tru2Live Video yang mengoptimalkan parameter layar untuk memastikan kenyamanan mata pengguna dan peforma warna untuk konten apapun.

Inovasi menarik yang ditawarkan ASUS melalui laptop ini adalah sistem face recognition (sistem pengenal wajah) yang terintegrasi dengan Windows Hello. Di mana pengguna dapat masuk tanpa password atau PIN akan tetapi dengan sistem pengenalan wajah.

Design laptop sistem pengenalan wajah tersebut menggunakan kamera 3D Infra Merah HD khusus yang dapat memindai wajah secara akurat. Hebatnya, ZenBook masih dapat mengenali pengguna meski menggunakan topi atau kacamata. Oleh karena itu, ZenBook Classic ini lebih aman dan mudah digunakan.

Salah satu fitur paling kece yang ditawarkan ZenBook Classic ini adalah NumberPad yaitu tombol numpad yang terintegrasi dengan touchpad untuk UX333 dan UX433. Sementara ZenBook UX533 mengusung layar 15 inci dilengkapi dengan numpad fisik.

Saya memiliki ASUS seri X540L memiliki layar 15,6 inci dengan numpad fisik. Sejujurnya ini penting banget buat akuntan seperti profesi saya. Dulu, sebelum ada numpad fisik sering pakai numpad portable yang dicolokkan ke kabel USB.

Kerennya, untuk laptop ukuran 13 dan 14 inci saat ini bisa lebih nyaman bekerja dengan numberpad dari touchpad. Benar-benar fitur yang diberikan melalui ZenBook sangat maksimal dan sangat dibutuhkan untuk beragam profesi terlebih keuangan/akuntan.  

Fitur keren selanjutnya adalah teknologi Ergolift membuat bodi ketiga jenis ZenBook ini menjadi terangkat dan membentuk sudut 3 derajat. Sehingga semakin ergonomis, nyaman untuk mengetik serta ruang di bawah menjaga suhu tetap adem.

Apalagi untuk blogger yang kerjaannya ngetik siang dan malam, ASUS kembali menghadirkan full-size backlit keyboard. Hal ini sangat membantu saya/pengguna yang sering terkena neuropati atau jari kesemutan/keram.

ZenBook Classic ini menggunakan key travel sejauh 1,4 milimeter, setiap tombolnya sangat nyaman ketika ditekan. Ditambah dengan LED backlit maka dalam keadaan gelap ataupun listrik padam dapat tetap mengetik dengan nyaman. Apalagi untuk pekerja deadliner, pasti deh selamat dengan ZenBook Classic ini.

Di samping itu, laptop ASUS UX333, UX433 serta UX533 ini hadir dengan konektivitas super lengkap. Hadir dengan dual-band WIFI 802.11ac (2×2) untuk koneksi cepat dan stabil. ASUS WIFI Master Technology memberikan kelancaran tingkat tinggi dalam men-download, kualitas streaming yang lebih baik dan jangkauan jaringan yang luas dan stabil.

Konektivitas nirkabel dengan Bluetooth 5.0 benar-benar terbaru, jaringan kabel disokong serangkaian port seperti USB Type-A dan Type-C, HDMI, hingga combo-audio jack untuk kebutuhan data, audio dan video. Untuk audio yang dipilih adalah Harman Kardon dengan ASUS SonicMaster, jadi kebayang begitu jernih dan kerennya suara tanpa distorsi yang ditampilkan dari laptop ini.

Setelah mengenal design dan fitur yang tidak diragukan lagi maka hal lain yang perlu diketahui saat mengenal ZenBook Classic adalah dapur pacu. ZenBook Classic ini memiliki dapur pacu yang mumpuni.

Dimulai dari prosesor Intel Core generasi ke-8. Prosesor ini merupakan investasi besar dalam pengalaman dekstop untuk bermain game, hiburan, atau komputasi serbaguna.

ZenBook ini terdiri dari beberapa pilihan prosesor seperti Intel Core i5 8265U hingga kecepatan 3,4 GHZ atau Intel Core i7 8565U hingga kecepatan 4,6Hz. Di samping itu, ZenBook Classic ini dipacu dengan RAM berkapasitas hingga 16GB dengan teknologi LPDDR3, cocok banget buat pengguna yang hobi mengedit foto atau bermain game.

ZenBook Classic ini juga disematkan GPU NVIDIA dimana GPU tersebut semakin powerfull dan menambah peforma grafis. Hal ini membuat laptop memiliki visual yang jauh lebih baik.

Khusus untuk ZenBook UX533 disematkan GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q sehingga dapat diandalkan dalam menjalankan berbagai aplikasi seperti video editor dan tentunya mampu menjalankan berbagai game dengan baik.

ZenBook UX333 dan UX433 disematkan GPU NVIDIA MX150 yang mumpuni dan memenuhi kebutuhan bekerja dan hiburan. Kerennya, GPU ini mampu menghemat daya dan dapat menggunakan laptop seharian. Performanya semakin mumpuni berkat NVMe SSD sebesar 512GB. NVMe SSD memiliki kecepatan membaca dan menulis yang lebih cepat dibandingkan SSD SATA standar.

Dukungan dapur pacu yang terakhir adalah baterai yang mumpuni. Baterai berkapasitas tinggi dan tahan lama yaitu Li-Polymer Battery 50 Wh-73 Wh sehingga mampu bertahan lebih dari 14 Jam dalam penggunaan normal.

Jujur baru kali ini saya mendengar ada laptop dengan standar militer. Mungkin hanya produk ASUS, terkhusus ZenBook Classic UX333, UX433 dan UX533. Laptop mumpuni ini sudah memenuhi standar militer MIL-STD-810G yang menuntut keandalan dan daya tahan, menjalani uji coba yang berat mencakup pengoperasian di lingkungan yang keras, termasuk ketinggian yang ekstrem, suhu dan kelembaban. Jadi mau jatuh, terbanting atau tidak sengaja diduduki maka laptop ini akan tetap aman.

Dari ulasan di atas, maunya semua jenis ZenBook Classic pengen dimiliki biar keluarga ASUS makin ramai di rumah. Nah, untuk kebutuhan saya menjelang pelaporan SPT Tahunan adalah ZenBook UX433.

Pertama, layarnya sudah tepat tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil apalagi sudah dengan teknologi Nano Edge Display.  Ukuran 14 inci, sudah dapat melihat rangkaian Ms.Excel yang berisi laporan keuangan dengan nyaman dan detail.

Kedua, teknologi numpad di touchpad. Dulu paling susah kalau kemana-mana untuk bekerja dari laptop apalagi khususnya untuk hitung-hitungan angka yang begitu banyak. Hadirnya, teknologi numpad di UX433 akan memudahkan untuk seorang akuntan bekerja. Tinggal klik tombol di touchpad maka numpad tersebut akan muncul. Canggih bukan?

Ketiga, ergolift yang diusung UX433 membuat saya tidak terlalu menekan layar sampai kandas agar mendapatkan posisi terbaik. Ergolift ini membuat posisi terangkat 3 derajat, benar-benar nyaman dan membuat mata tidak mudah lelah dan tulang belakang dapat posisi yang sempurna, tidak melulu bungkuk dalam bekerja.

Keempat, wifi, bluetooth serta intel core yang disematkan di UX433 sudah terbaru bahkan generasi 8. Hal ini sangat dibutuhkan dalam memproses data keuangan yang berjubel. Apalagi jika sudah masuk rekonsiliasi keuangan maka data yang dibuka bisa buat laptop lemot. Tapi tidak untuk keluarga ZenBook terbaru ini.

Kelima, standar militer dan garansi 2 (dua) tahun. Untuk emak-emak rempong yang memiliki anak dengan kinestik di atas rata-rata maka laptop standar militer menjadi pilihan yang tepat. Tak aneh kalau laptop di rumah sering terjatuh dari atas meja bahkan pernah diduduki si kecil. Bukan ASUS namanya kalau tidak tahan banting, apalagi UX433 sudah dapat sertifikat standar militer.

Belum lagi kalau udah di kantor pajak, suka ngantri dan tak sengaja laptop terbanting dari tangan. Karena garansinya 2 tahun jadi aman-aman saja, beneran sampai saat ini belum pernah masuk bengkel alias servis karena memang masih on dan peformanya tidak menurun paling lecet-lecet dikit.

Penilaian Terhadap ASUS ZenBook Classic Skala 5

0
DESAIN
0
FITUR
0
PERFORMA
0
HARGA

Nah, untuk kamu semua pilih mana dari ketiga jenis ZenBook keren ini. Laptop Ultraportable yang sempurna untuk para profesional. Berikut daftar toko yang dapat dikunjungi:

Thanks ASUS setiap tahun terus menginspirasi, menghasilkan karya dari hati dan berinovasi tiada henti. Belajar dari sini, saya juga akan terus menghasilkan karya tulisan terbaik atau profesi yang digeluti saat ini dan pastinya berinovasi yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan bangsa.

Siap-siap nabung buat beli ZenBook UX433…

  1. www.asus.com
  2. www.istockphoto.com
  1. www.ardasitepu.com
Categories: Blog

62 Comments

Hendra Suhendra · February 16, 2019 at 4:46 pm

Desainnya keren banget inih, tipis plus kaya fitur canggih…. Mantap nih kalo punya laptop ini

    ardasitepu · February 16, 2019 at 5:32 pm

    Pengen banget punya laptop ini, semoga tercapai di tahun ini euy 🙂

Lidya · February 18, 2019 at 5:36 am

Spek ASUS ZenBook seri terbaru ini bisa dibilang tinggi juga ya apalag idibaderol dengan harga segitu yg bisa membantu produktivitas kerja usernya

    ardasitepu · February 18, 2019 at 10:54 am

    Iya mba ada kualitas ada harga, maknyess pengen banget punya ASUS ZenBook ini hehe

Ira Hamid · February 18, 2019 at 8:51 am

Laptopnya keren banget, Mba. Spesifikasinya idaman semua orang. Hmmm saya kapan bisa punya laptop sekeren ini yaa?

Ira · February 18, 2019 at 8:56 am

dua jempol buat asus yang selalu berinovasi mengeluarkan laptop terbaik di kelasnya. Wahhhh mupeng banget dengan laptopnya

    ardasitepu · February 18, 2019 at 10:53 am

    Iya mba ASUS memang luar biasa, pengen banget punya 1 🙂

Ujame Gaja · February 18, 2019 at 12:30 pm

Woow, Speechless sih. Desain tipis ramping enak banget pasti dibawa kemana-mana. Dilihat dari spesifikasi nya mantep punya. Core i5 dan ram 16 GB pas buat buka software berat akay adobe pasti lancar jaya..

    ardasitepu · February 18, 2019 at 12:37 pm

    Lancar jaya mba, apalagi buat suka desain cucok bangetsss

deddyhuang.com · February 18, 2019 at 2:25 pm

aku pun juga pengen laptop ini mbak arda.. ringkas sekali.

    ardasitepu · February 18, 2019 at 3:07 pm

    Whua Koh kita harus nabung bung, pengennya saya sampai kebawa mimpi hiks

Andika Ramadhana · February 18, 2019 at 5:01 pm

Waaaah, laptop ini emang keren banget sih, gahar!
Btw, artikelnya bagus, desain oke dan membahas secara tuntas.
Singgah juga ya mba, saya juga mengulan ZenBook Classic tersebut Mejuah-juah

Allaely Hardhiani · February 18, 2019 at 11:24 pm

Laptop di rumah juga ASUS tapi udah lama banget dan kadang nge hang. Pengin banget bisa ganti laptop baru tapi dananya belum ada. Semoga aja nanti bisa dapat ASUS Zenbook sbg gantinya. Speknya kece banget soalnya.

    ardasitepu · February 19, 2019 at 3:09 am

    Amin, semoga disegerakan dapat laptop baru ya 🙂

Siska Dwyta · February 19, 2019 at 2:11 am

Mupeng baca spesifikasi dari ZenBook UX433 ini. Udah gitu desainnya wow banget. Ah, kalau bicara Asus mah tak diragukan lagi. Memang menjadi laptop idaman oara blogger seperti saya. Apalagi tampilannya tipis, ringan dan praktis dibawa kemana-mana

    ardasitepu · February 19, 2019 at 3:08 am

    Iya untuk yg satu ini ringkas banget mba cocok untuk semua profesi 🙂

Sri Al Hidayati · February 19, 2019 at 5:30 am

Keren memang yaa ASUS ini. Selalu terdepan. Standar militernya itu jadi ga perlu khawatir rusak saat kondisi ekstrim. Salam kenal ya kak. wah keren penjelasannya lengkap, suka grafisnya, dan font nya.

    ardasitepu · February 19, 2019 at 5:56 am

    Terima kasih mba Sri. Pokoknya kalau mau laptop ringkas dan canggih silahkan ke ASUS ZenBook mantap 🙂

Idah Ceris · February 19, 2019 at 8:32 am

Demi apaa aku pingin nyoba numpad yang terintegrasi dengan touchpad. Hihihi. Asus innovasinya tiada hentiiiii memang.

    ardasitepu · February 19, 2019 at 9:01 am

    Luar biasa, aku aja pengen banget mba Indah 🙂

Mechta · February 19, 2019 at 8:39 am

Wah..memang keren banget ya Asus yg satu ini.. oya, review-nya lengkap.banget ya mba..semoga sukses .

    ardasitepu · February 19, 2019 at 9:01 am

    Makasih Mba Mechta, semoga artikelnya bermanfaat 🙂

Jiah · February 19, 2019 at 1:25 pm

Mantap betul ASUS ini ngeluarin 3 size di waktu bersamaan. Sekarang ini laptop memang hampir jadi barang wajib. Sekarang serba online dan alangkah bagusnya kalau punya peralatan yang mumpuni

    ardasitepu · February 19, 2019 at 2:01 pm

    Mumpuni banget sih kalau ASUS ZenBook ini mba, mupengggggg 🙂

Indah Nuria · February 19, 2019 at 1:50 pm

Aku jadi tergoda niih mba.. seru pisan kaau punya gadget kereen ini yaa mba. Specnya oke.. tampilan kinclong

    ardasitepu · February 19, 2019 at 2:00 pm

    Ayo mba Indah miliki segera hehe, kalau saya mah nabung dulu hiks…

Keke Naima · February 19, 2019 at 2:39 pm

Setiap kali melihat postingan tentang Zenbook, saya selalu ngebatin, mudah-mudahan suatu saat nanti punya laptop ini. Udah langsung suka sejak pertama kali lihat laptop ini

    ardasitepu · February 19, 2019 at 2:48 pm

    Wah jangan sampai ngebatin mba hehe, kita doakan dan nabung biar segera segera punya yang kayak gini hehe

Nchie Hanie · February 19, 2019 at 3:14 pm

Ahh, ku mau Zenbook Classic atulaaah. Ku jatuh cintaaa.. galoow jadinya pen yang mana nih #2109GantiLeptop

Hidayah Sulistyowati · February 19, 2019 at 3:15 pm

Teknologi numpad di touchpad ini keren juga ya, ngebantuin banget bagi yang punya profesi sebagai akuntan. Aku sempat kerja 20 tahunan sebagai akuntan, trus mual lihat angka-angka, hahaha…
Asus milikku udah tahun lama, X200 dan udah minta diganti.

    ardasitepu · February 20, 2019 at 3:06 am

    Wah X200 lama banget mba, yuk ganti yg baru 🙂

Siti hairul · February 19, 2019 at 10:40 pm

Meskipun di rumah udah punya 3 laptop Asus tapi tetep pengen punya Zenbook seri ini. Keren sih laptopnya. Menjawab semua kebutuhan blogger hari ini

    ardasitepu · February 20, 2019 at 3:07 am

    Semua profesi butuh laptop ZenBook Classic mba. Keren sangat…

Isti Adzah Rohyati · February 20, 2019 at 12:06 am

Cakep amat ya Zenbook ini. Layarnya maksimal banget dah kayak hp jaman sekarang. Btw, Mbak ini font buat komennya apa ya namanya? Aku suka liatnya. 🙂

    ardasitepu · February 20, 2019 at 3:16 am

    Hai mba layarnya keren karena nanoedge display technology. Font komennya : Andada 🙂

lendyagasshi · February 20, 2019 at 12:31 am

Iyaya…jaman dulu kalo liat mahasiswa bawa laptop ((padahal beraaatt banget)) uda berasa keren sejagad.
Hhaha~
Sekarang anak SMP pun uda bawa laptop kecil nan ringan.

ASUS ini bisa jadi pilihan…yang muda, yang berkarya~

    ardasitepu · February 20, 2019 at 2:36 am

    Yg muda yg berkarya dengan ASUS go…

Linimasaade · February 20, 2019 at 12:57 am

Mbakkk aku speechless lat tulisannya lengkap banget masa. Asus keren banget mbak mupeng aku

    ardasitepu · February 20, 2019 at 2:36 am

    Makasih mba. Semoga kesampean punya ASUS 🙂

Yoanna Fayza · February 20, 2019 at 1:29 am

Selalu suka dengan produk-produknya Asus, spek dan performanya keren semua. Memang kalau buat ibu-ibu yang punya anak kecil, punya laptop tahan banting ala militer itu wajib yaa :))

    ardasitepu · February 20, 2019 at 2:36 am

    Bener mba standae militer soalnya krucil udah aktif banget 🙂

Rizka Edmanda · February 20, 2019 at 1:53 am

Wah mba arda ini bener bener pengguna setia asus ya, semoga kesampaian dapetin asus terbaru yang kece itu, akupun mupeng pengen punya

    ardasitepu · February 20, 2019 at 2:35 am

    Amin amin punya ASUS baru, lama2 koleksi laptop ASUS aja mba aku hehe

Uniek Kaswarganti · February 20, 2019 at 2:17 am

Kalau aku naksir yang UX333 mba…. apalagi yang warna Red Burgundy, alamaaakkk… cantiknya.
ZenBook yang seri ini ringkas banget, bisa masuk tas gemas yang biasa kutenteng kesana kemari. Ringan pas bawanya, jadi enggak cape bahunya pas bawa tas tenteng tersebut.
Tapi overall, semua seri baru dari ZenBook ini mantap banget lah untuk dipilih.

    ardasitepu · February 20, 2019 at 2:35 am

    Iya mba UX333 juga keren yg Red Burgundy ya hoho semoga langsung punya.

Kurnia amelia · February 20, 2019 at 2:27 am

Keren banget mba infofgrafisnya duh pengen belajar deh hehe. Btw emang produk Asus bagu-bagus sih ya mulai dari dapur pacunya samapi designya juga oke punya.

    ardasitepu · February 20, 2019 at 2:34 am

    Iya mba ASUS punya cita rasa tinggi dan diidamkan semua orang 🙂

Nyi Penengah · February 20, 2019 at 2:48 am

Asus seperti semua orang tahu produk yang keve danbbohai speknya. Mantep dan nggak perlu diragukan. Pengen punya satu buat membantu kerjaanku aamiin hahahah gemes soalny

    ardasitepu · February 20, 2019 at 6:14 am

    Speknya bohai hehe asik dong mba, semoga punya satu deh gemes kan.

Elly Nurul · February 20, 2019 at 2:54 am

Selalu suka sama novasi asus beneran tiada henti dan selalu mengerluarkan produk yang menjadi kebutuhan dari para pelanggannya.. ngga heran banyak yang pakai asus.. keren

    ardasitepu · February 20, 2019 at 6:14 am

    Di daerahku juga brand nya cuma ASUS habis aku komporin sih mba.

Ainhy Edelweiss · February 20, 2019 at 5:01 am

duuhh mupeng banget dengan spesifikasi Asus nya. Bener nih sebagai freelancer butuh banget laptop dengan kualitas mumpuni

    ardasitepu · February 20, 2019 at 6:15 am

    Freelancer yang mondar-mandir, kalau bisa punya laptop tipis dan mumpuni rasanya asik banget hiihihi

April Hamsa · February 20, 2019 at 11:46 am

Mbak “key travel” itu maksudnya apa ya?
Speknya oke ya apalagi yang spek miler itu, jd tahan banting ya, tapi oga2 sih makainya baik2 aja gak penah sampai terjatuh,
Desain dan speknya sih gak usah ditanya kyknya udah smepurna walau kyknya asus bakal bikin pembaruan2 lg hehe

    ardasitepu · February 20, 2019 at 1:30 pm

    Iya mba standar militer dan pastinya inovasi ASUS selalu baru setiap waktu hehe

Lubnah Lukman · February 20, 2019 at 7:36 pm

Sumpahhh aku tuh suka banget dengan ulasan mba arda ini, ulasan lengkap banget, daan menarik banget untuk saya baca sampai habis hehehe, dan berakhir pengen juga laptop asus nih… semoga kesampaian juga yah mba aku punya laptopo gini, aminnnn

    ardasitepu · February 20, 2019 at 7:55 pm

    Amin mba semoga punya satu yg beginian buat nambah kekuatan ngeblog 🙂

Katerina · February 23, 2019 at 4:17 am

ASUS laptop idaman kita semua 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!