Anyang-Anyangan Haseo...

Rasanya belum cukup kalau anyang-anyangan itu mampir di musim hamil tua saja. Menjelang penantian untuk hamil lagi pun anyang-anyangan dapat menyambar layaknya gledek di mendungnya langit. Kebanyakan wanita berpikir kalau penyakit yang satu ini cuma datang sekali dalam siklus kehidupan, ternyata salah besar.

Dulu mikirnya ya anyang-anyangan datang mungkin karena perutnya lagi gede alhasil menekan kandung kemih. Nah, sekarang kalau perutnya sudah singset lagi maka potensi untuk anyang-anyangan datang kembali itu sangat kecil. Walah bukannya menghilang malah makin sering ‘pipis dikit-dikit’ tapi terasa sakit buang air kecil dan panas di area kewanitaan. Kalau begini terus siapa tahan???

Namun, tak dinyana semua sumber malapetaka hadir karena wanita satu anak ini doyan nahan buang air kecil. Kebiasaan buruk ini selalu terbawa semenjak di bangku kuliah sampai sekarang di bangku rumah tangga. Terkadang mikir kenapa kok bisa ya, suka banget nahan buang air kecil? Ternyata memang kebanyakan wanita khususnya emak-emak suka dengan kalimat “tanggung kerjaan belum selesai”. Alhasil, tahan menahan di area kewanitaan tersebut memicu timbulnya anyang-anyangan. 

Terlebih saat wanita penyuka cireng ini mulai kembali ke dunia modeling #halah maksudnya kuli kantor. Kembali nguli sebagai accounting yang seisi ruangannya adalah MWP (Manusia Wajah Persegi), serius, ngitung duit mulu, rapat sana-sini dan di kala senggang main Pokemon, iya kalau sempat.

Nah, kejadian ini bermula dari kegiatan rapat yang tiada hentinya. Tak terasa AC dalam ruangan mulai menusuk rusuk dan bawaannya minum mulu. Abis minum timbullah sebuah perasaan ingin ke toilet. Kalau sekali masih dimaklumi tapi kalau berkali-kali bisa di matron (mata sinetron) sama si boss sambil doi merapatkan gigi dan ngeluarin AK47. Ya mau enggak mau harus nahan pipis deh sampai rapat kelar. Bayangkan kalau rapat berlangsung sampai 3 (tiga) jam dan dilakukan berhari-hari, bisa-bisa kerjaannya nahan buang air kecil mulu. 

Karena sudah terbiasa menahan buang air kecil, maka hal ini juga terbawa-bawa saat asik mengerjakan laporan keuangan dan sering menunda buang air kecil pada waktunya. Hal ini merupakan penyebab sakit buang air kecil dan memicu anyang-anyangan datang kembali, semoga kali ini belum sampai kepada ISK (Infeksi Saluran Kemih). Walaupun demikian seorang dokter pernah berkata bahwa anyang-anyangan yang berulang di kemudian hari dapat menyebabkan ISK apalagi ketika kondisi dan menjelang usia cantik alias lansia, untungnya masih sepatu alias separuh tua hihihi.

Panjang lebar bicara soal pengalaman anyang-anyangan yang datang lagi tepatnya dibulan Januari lalu, di saat merayakan anniversary ke 4 (empat) tahun ceile…, berikut pengenalan mengenai anyang-anyangan. Biar enggak pada bingung, sebenarnya apa sih anyang-anyangan itu?

Dalam bahasa sehari-hari anyang-anyangan dapat diartikan sebagai rasa ingin buang air kecil berkali-kali dan waktu yang singkat serta menghasilkan urin yang sedikit. Bahayanya ternyata anyang-anyangan ini dapat memanifestasi menjadi ISK (Infeksi Saluran Kemih). Sebagian wanita menyepelekan jenis penyakit ini, namun jika ditelaah lebih dalam bahwa penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Celakanya lagi, menurut para ahli 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih selama hidup. Wah dapat disimpulkan bahwa penyakit ini sangat nge-tren di kalangan kaum hawa.

Gejala awal dari ISK adalah anyang-anyangan, di mana 80% kasus ini disebabkan oleh bakteri Escheria coli atau E.Coli yang umumnya hidup di saluran cerna. Secara anatomi jarak antara saluran kemih ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Struktur uretra wanita cenderung lebih pendek, yaitu hanya sekitar 2,5-4 cm dibandingkan pria panjangnya uretra sekitar 20 cm. Oleh karena itu, wanita lebih mudah terinfeksi dan mengalami gejala anyang-anyangan. Apalagi buat cewek-cewek jaman now yang ke toilet bermodalkan tisu tanpa membasuh dengan air bersih area kewanitaan sehabis buang air kecil. 

Gejala Anyang-Anyangan

Buat Mba dan Mas yang baru kenal anyang-anyangan, menurut ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya. Namun, volumenya sedikit-sedikit. “Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah  dalam penyimpanan air seni di kandung kencing.”

Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik, namun kondisi secara umum dapat dilihat:

  1. Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  2. Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  3. Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  4. Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  5. Rasa perih ketika buang air kecil.
  6. Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  7. Merasa lelah dan kurang sehat.
  8. Demam

Selain itu, infeksi ini dibagi berdasarkan bagian sistem kemih mana yang terinfeksi sehingga mengakibatkan gejala-gejala yang berbeda, seperti:

  1. Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual, muntah.
  2. Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine.
  3. Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Penyebabnya sama, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih.

Penyebab Anyang-Anyangan

Tak ada asap jika tak ada api. Nah, 50% potensi wanita terkena anyang-anyangan bahkan terulang seperti yang saya alami sampai 3 (tiga) kali semenjak hamil dulu sampai Januari lalu. Pengalaman pribadi penyebab anyang-anyangan berulang adalah karena suka menahan air kecil, kurang menjaga kebersihan dan kurang asupan air mineral akhirnya bakteri yang terkenal penyebab anyang-anyangan berkembang biak dan hidup bebas di saluran kemih. Pada umumnya 2 (dua) jenis bakteri ini menyebabkan timbulnya anyang-anyangan:

1. Bakteri E.Coli

Jenis bakteri ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bakteri Escherichia Coli mudah masuk ke saluran kemih yang menyebabkan anyang-anyangan dan potensi infeksi saluran kemih. E. Coli dapat menempel ke dinding kandung kemih dan membentuk biofilm yang kebal terhadap respon kekebalan tubuh. Oleh karena itu, sebagai cewek-cewek sudah sepatutnya menjaga kebersihan saat buang air kecil dan waspada dalam menggunakan toilet apalagi toilet umum.

2. Chlamydia

Bakteri chlamydia merupakan jenis bakteri lain yang bisa menyebabkan anyang-anyangan. Jenis bakteri ini masuk ke dalam genus Chlamydia Trachomatis karena hanya menyerang manusia dan khususnya wanita. Saat wanita terkena keputihan bakteri itu bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan wanita menjadi terkena anyang-anyangan.

Kedua jenis bakteri ini tidak mudah berkembang biak jika wanita menjaga dengan bersih daerah kewanitaannya. Sayangnya kebanyakan wanita jaman now menyepelekan hal ini, alhasil anyang-anyangan datang lagi pada waktunya. Padahal cukup sederhana menjaga kebersihan dan membuat area kewanitaan bebas dari bakteri-bakteri nakal penyebab anyang-anyangan tersebut. Berikut hal sederhana cara mencegah anyang-anyangan yang dapat dilakukan wanita super eksis termasuk saya sih #ups:

Rajin Bersih-Bersih

Area kewanitaan lebih mudah lembab dan dikerumuni oleh berbagai bakteri. Jika di lap hanya menggunakan tisu tanpa membasuh dengan air maka berbagai bakteri tetap menempel di area kewanitaan. Oleh karena itu, sangat disarankan wanita rajin bersih-bersih menggunakan air bersih dan sering mengganti pakaian dalam apalagi yang sudah lembab.

Membilas Kewanitaan Dengan Benar

Cara membilas yang benar adalah dari depan ke belakang. Hal ini bertujuan agar bakteri ataupun kuman yang di bawa dari belakang tidak mudah masuk ke daerah kewanitaan terlebih ke sauran kemih. Ketika cara membilas benar dilakukan maka potensi anyang-anyangan akan mengecil.

STOP! Menahan BAK

Kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan seorang accounting ini adalah menahan ‘pipis’ atau menahan berkemih saat lagi asik-asiknya bekerja. Tak hanya di kantor, saat di rumah pun lagi seru-serunya nge-blog maka buang air kecil menjadi terabaikan. Ternyata hal ini sangat berbahaya karena bakteri yang sudah menempel di saluran kemih akan berkoloni dan semakin banyak. Ih serem…

Jauhkan Celana Kedap Udara

Bagi seorang wanita, salah satu fashion yang tidak ketinggalan adalah celana kedap udara alias super ketat. Tak hanya di luar, sampai ke celana dalam pun ketat, alhasil minim sirkulasi udara di sekitar kewanitaan. Hal ini menyebabkan tumbuhnya jamur serta berkembangnya berbagai bakteri termasuk E.Coli. Memang sih terlihat gaya menggunakan celana ketat cuma kalau sudah terkena anyang-anyangan maka lama kelamaan akan mati gaya. So, buat cewek-cewek yang masih demen pakai skinny jeans, legging dan sejenisnya diharapkan mulai memakai celana yang bebas udara seperti sarung, eh maksudnya kulot, dll.

Gunakan Shower Hindari Bath-Up

Mandi dengan shower memberikan sensasi tersendiri. Bukan tanpa alasan banyak iklan sabun mandi mempertontonkan shower yang membersihkan seluruh tubuh dengan air mengalir sampai jauh bak bengawan Solo… apa sih! Banyak efek positif yang diberikan saat mandi dengan shower, salah satunya adalah kuman dan bakteri dapat terhanyut bersama air yang mengalir. Bandingkan dengan bath up dimana kumpulan air tanpa ada pergerakan dan bakteri serta kuman berkumpul bersatu padu bahkan reunian dalam bath-up hihihi. Hal ini menyebabkan bakteri E.Coli tetap berkembang biak dan menyebabkan munculnya kembali anyang-anyangan.

Rajin Minum Air Mineral

Minum air mineral yang cukup maka akan sangat baik untuk tubuh. Di samping lancarnya pencernaan serta metabolisme tubuh, dengan mengkonsumsi air mineral juga dapat meluluh lantakkan bakteri E.Coli dari saluran kemih. Semakin banyak minum maka semakin sering berkemih dan sisa-sisa kuman dan bakteri dapat pergi menjauh bersama air seni.

Rajin Membersihkan Toilet

Terkadang wanita menganggap toilet pribadi tidak terlalu berbahaya dibanding toilet umum. Namun, walaupun demikian kita harus rajin membersihkan toilet karena sumber penyakit tersebut dapat datang dari diri kita sendiri. Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa bakteri E.Coli terdapat di dalam tubuh manusia dan wanita sangat mudah terserang bakteri tersebut karena dari segi anatomi tubuh. So, enggak ada salahnya menyikat toilet setiap hari…

Konsumsi Suplemen Uri Cran

Menurut para ahli, salah satu jenis buah yang mampu mengikis bakteri E.Coli berkembang biak di saluran kemih adalah Cranberry. Hal ini dikarenakan cranberry mengandung proantocyanidin yang dapat mencegah E.Coli menempel di saluran kemih.

Ajaibnya Cranberry ini memiliki manfaat yang luar biasa seperti:

  1. Menghidari Infeksi Saluran Kemih
  2. Mengusir Bakteri Jahat
  3. Mencegah Kanker
  4. Menghindari Diabetes
  5. Menghindari Penyakit Sistem Pernafasan
  6. Menghindari Tumor
  7. Melindungi Kesehatan Mata
  8. Menjadikan Ginjal Bekerja dengan baik
  9. Kesehatan Kulit dan Mencerahkan Kulit Kusam
  10. Mengurangi Penyakit Kardiovaskular
  11. Menghindari Tekanan Darah Tinggi
  12. Menghindari Obesitas
  13. Menghindari Sakit Lambung
  14. Memperlancar Pencernaan
  15. Menangani Keracunan

Oleh karena begitu banyak manfaat yang dirasakan maka cranberry memiliki peran yang begitu baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Nah, kalau mencari buah cranberry di Indonesia mungkin agak sulit. Cara praktisnya adalah mengkonsumsi suplemen Prive Uri Cran yang berfungsi untuk menepis anyang-anyangan dan menjaga saluran kemih.

Ada Apa Dengan Prive Uri Cran???

Suplemen ini tentunya tidak asing lagi didengar. Warna kotak cream dipadukan dengan tulisan merah hati cetar membahana ini merupakan salah satu karya terbaik dari Combhipar. Berbentuk suplemen yang membantu memelirhara saluran kemih dan mengusir bakteri E.Coli yang nempel tidak pada tempatnya. Prive Uri Cran ini terdiri dari kapsul dan serbuk, waktu hamil dulu dan anyang-anyangan kedua saya mengkonsumsi jenis kapsul.

Namun, bulan lalu saya mengkonsumsi bentuk serbuk. Dari keduanya sih saya lebih senang serbuk, kalau diminum lebih adem dan nyess.. Tapi kembali kepada masing-masing orang yang ingin praktis dapat memilih kapsul karena langsung glek dengan air mineral, beda dengan serbuk yang harus dilarutkan terlebih dulu. Mau tau perbedaan bentuk dan komposisi dari kedua Prive Uri Cran ini, silahkan check box di bawah ini:

1. Prive Uri Cran Kapsul

2. Prive Uri Cran Serbuk

Selain membantu memelihara kesehatan saluran kemih, Prive Uri Cran juga mengandung Vitamin C berfungsi untuk memperbaiki jaringan sel kulit, sistem kekebalan tubuh, antioksidan dan kanker. Terkhusus untuk Uri Cran Plus terdiri dari Lactobacillus Achidopillus dan Bifidobacterium Bifidium yang berfungsi sebagai probiotik untuk merawat saluran pencernaan. Kalau ditanya kesan dan pesan saat menggunakan Prive Uri Cran adalah:

  1. Terbuat dari bahan alami yaitu ekstrak buah cranberry.
  2. Bekerja efektif mengatasi anyang-anyangan serta mampu mengatasi susah buang air kecil.
  3. Suplemen makanan yang baik dikonsumsi tiap hari.
  4. Bentuknya handy praktis dibawa kemana-mana.
  5. Diproduksi oleh perusahaan ternama yaitu Combhipar.
  6. Harga terjangkau untuk kapsul 1 bulan hanya sekita 150 ribuan.
  7. Tercantum masa expired jadi lebih aman dikonsumsi.
  8. Terdaftar di BPOM berarti sudah diakui pemerintah.

Buat kamu yang masih ragu kalau ekstrak cranberry mampu mengangkat Bakteri E.Coli yuks, check it out video manis berikut, ingat jangan fokus pada orangnya yang lagi ngantuk berat hehehe:

Kesimpulan

Salah satu kebiasaan buruk wanita jaman now adalah suka menahan berkemih. Apakah itu sedang sibuk, rapat atau bahkan diperjalanan maka hal ini sering terjadi. Efek dari perihal buruk tersebut adalah munculnya kembali anyang-anyangan. Suasana area kewanitaan yang lembab serta anatomi wanita yang lebih dekat ke bagian belakang sehingga memudahkan bakteri E.Coli menempel di saluran kemih.

Anyang-anyangan menyapa dengan manisnya namun tanpa disadari jika tidak ditangani maka dapat memberikan risiko seperti kerusakan ginjal serta infeksi saluran kemih. Tak jarang juga menyebabkan kematian pada wanita. Bahkan menurut penelitian 5 dari 10 wanita cantik di Indonesia memiliki risiko terkena anyang-anyangan yang berkembang menjadi Infeksi Saluran Kemih.

Selain menjaga kebersihan area kewanitaan, minum air mineral, menjaga kesehatan maka salah satu hal yang patut dilakukan adalah rajin mengkonsumsi cranberry yang sudah sangat ampuh mengusir E.Coli dari saluran kemih. Nah, beruntungnya cranberry saat ini sudah ada dalam bentuk kapsul dan serbuk. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Suplemen ini sebenarnya wajib di minum dalam keadaan maupun sedang tidak terserang anyang-anyangan.

Kalimat bijak mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Walaupun saya sudah level mengobati dengan Prive Uri Cran, sebaiknya kamu-kamu yang belum pernah mengalami anyang-anyangan silahkan nikmati suplemen ini agar tidak terkena risiko anyang-anyangan. Waduh kalau si anyang-anyangan haseo menyapa, silahkan basmi dengan Prive Uri Cran yang di dapatkan di toko-toko terdekat, apotek, toko online dan sebagainya. Kalau saya senangnya pesan online, soalnya di daerah saya lumayan jarang ada Prive Uri Cran. Selamat mencoba…

  1. Anggraini Arda Sitepu (Pengalaman Pribadi)
  2. www.uricran.co.id
  3. Medsos Prive Uri Cran
  4. www.alodokter.com
  1. Anggraini Arda Sitepu (Dokumen Pribadi)
  2. Medsos Prive Uri Cran
  3. www.uricran.co.id
  4. Google Image
  1. Anggraini Arda Sitepu (Dokumen Pribadi)
  2. Channel Youtube Uri Cran
  3. Medsos Prive Uri Cran
  4. www.uricran.co.id
  5. Google Image
  6. Video Hurd Studios 2004
  7. Song Yiruma
  1. Anggraini Arda Sitepu 

Informasi lebih lengkap mengenai produk ini, silahkan berselancar di web dan medsos uri cran:

 

Categories: Blog

18 Comments

Damar Aisyah · March 17, 2018 at 3:49 am

Anyang-anyangan ini memang mengganggu banget.Sudah begitu ternyata berisiko juga. Untungnya sekarang ada prive uricran ya, Mbak.

    ardasitepu · March 18, 2018 at 12:00 am

    Bener banget Mba, dengan Uri Cran bisa jauh-sejauhnya si E.Coli 🙂

Raisa · March 17, 2018 at 8:43 am

Dan semenjak ada prive uricran, seenggaknya sebagai traveler, aku udah nggak perlu takut kalau anyang anyangan melanda lagi.

    ardasitepu · March 18, 2018 at 12:00 am

    Setuju mba… Senang bisa jd traveler ya…

Firmansyah · March 19, 2018 at 6:29 am

Walaupun saya laki-laki, setidaknya informasi tentang ini juga harus saya ketahui dan akan bermanfaat jika sudah punya istri nanti. Hehe… Gud lak mbak… Mampir yo ke blog ku…

    ardasitepu · March 19, 2018 at 8:28 am

    Hehee wah saya doakan segera punya istri ya Mas 🙂

oRiN · March 19, 2018 at 8:01 am

Aku tuh kalo pagi2 suka beser… padahal jadwal ngojek padat merayap. Pernah gara2 nahan BAK, sampe anyang2an. Nahan pipisnya cuma beberapa jam, sakitnya berhari2. Kapoookkk

    ardasitepu · March 19, 2018 at 8:29 am

    Beneran kalau nahan pipis itu dia yang buat saya anyang-anyangan juga Mba hihi 🙂

Nurul Sufitri · March 20, 2018 at 10:14 am

Paling ga nyaman kena anyang-anyangan pas lagi traveling 🙁 Hhmm..mau nangis rasanya, bentar2 ke toilet, jadi ga menikmati suasana liburan de. Untung ekarang sudah ada solusi cepat dan mampu mengatasi anyang-anyangan ya mbak Arda 🙂 Minum uricran in sya allah lekas sembuh 🙂

    ardasitepu · March 20, 2018 at 11:02 am

    Rasanya itu kalau anyang-anyangan, sesuatu ya Mba hehe. Untung ada Prive Uri Cran 🙂

rodame · March 24, 2018 at 2:46 am

anyang-anyangan memang menganggu sekali ya kak, syukurlah ada Prive Uri-cran yang rasanya enak dan praktis bisa dibawa kemana-mana.

mpo ratne · March 24, 2018 at 5:26 pm

Asiknya mengerjakan sesuatu hingga terkadang lupa minum dan suka nahan kencing. Nahan kencing bahaya juga ya

miss dapur · March 24, 2018 at 5:29 pm

Anyang anyang biasanya terjadi pada saat Hamil. Untungnya prive uri can alami bahan nya

Yati Rachmat · May 20, 2018 at 1:19 pm

Mbak Anggraini, bunda salut lho baca postingan ini. Kagum sama tampilan dan kontennya walaupun pendek, tapi diberi gambar-gambar yang menarik dengan skill blogging yang aduhai. Bunda jadi kagum banget. SELAMAT YA ATAS KEMENANGANNYA MENYABET JUARA 3 dalam lomba Uricran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Blog

Koncer di Dunia Digital Jaman Now

Emak Shopping Tak sampai 5 (lima) menit duduk di meja kerja, tiba-tiba wanita separuh baya yang notabene adalah rekan kerja ‘merepet’ tiada henti. Usut punya usut ternyata barang pesanan online tidak sesuai harapan. Di mana Read more…

Blog

3 Impian Dalam Sewindu (40s)

Andai usia itu datang, Aku hanya tersenyum sambil membuka lembaran album dan berkata semua telah terwujud… -Menuju 2026- Sewindu lagi Ibu yang suka membaca ini akan memasuki usia 40 Tahun, di mana usia ini merupakan Read more…

Blog

Kuliner dari Negeri Sekeping Surga

DANAU TOBA Siapa yang tak kenal dengan Danau Toba? Keindahannya mampu menghipnotis mata yang memandang. Tak hanya dari dalam negeri, pelancong dari luar Indonesia pun menyatakan betapa kerennya danau yang melintasi lebih dari 5 (lima) Read more…