Setahun lalu sudah 2 orang sahabat yang berpulang ke Sang Pencipta. Satu diantaranya masih memiliki seorang anak yang masih kecil, imut dan butuh belaian sang Ibu. Tentunya tak hanya belaian, sang anak juga masih butuh biaya dan dana untuk melanjutkan kehidupan serta pendidikan. Padahal sang Ibu merupakan tulang punggung keluarga karena si Bapak sudah di PHK tahun lalu.

Ketika ditanya kepada kebanyakan orang apakah siap jika meninggal hari ini? Maka saya mungkin orang pertama yang menyatakan tidak siap. Alasan sederhananya adalah karena anak saya masih kecil. Si kecil masih butuh seorang Ibu yang harus mengais rezeki hari lepas hari untuk memenuhi kebutuhan keluarga, menambah pundi-pundi agar kelak anak-anak dapat mengenyam pendidikan setidaknya memperoleh gelar sarjana seperti bapak-ibunya.

Namun, kembali keputusan Sang Pencipta tidak ada satupun yang tahu. Sekarang atau nanti, cepat atau lambat semua berproses dalam sebuah misteri. Ketika semua masih dalam teka-teki semesta, apa yang harus dilakukan manusia untuk melindungi dan melanjutkan kehidupan keluarga? Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kecemasan tersebut adalah ASURANSI.


Bagi sebagian orang Asuransi adalah sebuah kata yang tidak ‘nikmat’ untuk diperbincangkan. Hal ini dikarenakan uang yang disetor mengganggu cash flow pembukuan rumah tangga serta tidak mendapatkan manfaat secara langsung. Sehingga asuransi bukanlah ‘barang’ konsumsi yang menarik bagi kebanyakan warga Indonesia. Sehingga asuransi saat ini belum menjadi prioritas masyarakat.

Tentunya, fenomena ini sangat berbeda dengan luar negeri, di mana asuransi menjadi hal utama. Maka tak aneh kalau kita pernah mendengar seorang artis mengasuransikan kaki, wajah, hidung bahkan bagian-bagian lain dari tubuhnya. Karena mereka memandang bahwa tak ada satu pun yang tahu kapan musibah menjemput. Apalagi bagian tubuh yang diasuransikan merupakan aset aktif bagi pemiliknya.

Bagi saya pribadi, asuransi merupakan investasi yang membuat kenyamanan dan keamanan menjalani hidup. Bergerak dari sini maka keluarga kecil saya memiliki 2 (dua) asuransi yaitu asuransi kesehatan serta asuransi pendidikan. Selanjutnya jenis asuransi yang saya idamkan adalah asuransi jiwa. Memang, saat ini masih memilih dan memilah, perusahaan asuransi mana yang tepat untuk keluarga saya. Bersyukurnya, keluarga besar saya tidak pernah merasa “tabu” untuk memperbincangkan masalah asuransi jiwa. Dukungan penuh dilontarkan agar saya sesegera mungkin mengeksekusi asuransi jiwa seperti apa yang akan diikuti.

Sebelum memilih asuransi yang tepat biasanya saya melakukan hal-hal berikut ini:

1. Lihat dan bandingkan kredibilitas perusahaan asuransi yang akan diikuti.

2. Mempelajari produk dan manfaatnya.

3. Melihat jumlah nominal premi yang disesuaikan dengan kemampuan agar tidak terhenti di jalan.

4. Rajin membaca testimonial dari pengguna ataupun eks pengguna perusahaan asuransi tersebut.

5. Perusahaan asuransi yang berprestasi dan diakui oleh banyak lembaga penilai.

Salah satu kriteria saya dalam memilih perusahaan asuransi jiwa adalah berapa lama perusahaan tersebut sudah berdiri di Indonesia dan apakah terpercaya? Tentunya semakin lama sebuah perusahaan asuransi berdiri maka kokohnya serta kemampuan yang dimiliki sudah mumpuni, terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik.

Di samping itu, produk yang ditawarkan, besaran premi serta cara pembayaran yang mudah dan digital juga menjadi poin yang sering diperhatikan seseorang dalam memilih perusahaan asuransi. Jika memiliki sebuah asuransi dan pembayaran premi lebih mudah alias tidak ribet maka perusahaan asuransi tersebut juga menjadi incaran masyarakat luas. Permintaan konsumen terhadap beberapa kriteria tersebut menjadi PR besar untuk perusahaan asuransi.  

Kerennya, saat ini ada perusahaan asuransi yang sudah berevolusi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi bangsa ini. Kalau ditanya sih, asuransi syariah yang tepat untuk menjadi pilihan masyarakat jaman now. Alasannya sederhana, kalau sudah berbasis syariah adalah prinsip asuransi yang saling tolong menolong (ta’awuni) dan saling melindungi (takafuli) bagi para peserta. Jadi lebih aman dan nyaman untuk mengikuti asuransi syariah dibanding lainnya, apalagi khusus untuk asuransi jiwa.

Kalau saya menyebut sebuah perusahaan asuransi yang bernama Allianz, tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga. Perusahaan asuransi yang saat ini begitu diakui di Indonesia bahkan di dunia. Menariknya, Allianz memiliki produk asuransi syariah yang bernama AlliSya Protection Plus. Asuransi jiwa plus investasi demi masa depan yang lebih indah. Nah, ingin lebih kental asuransi syariah yang kece ini, yuks kita kupas biar lebih mengenal dan tertarik untuk menjadikan asuransi ini jadi pilihan yang terbaik.

Perlindungan seumur hidup bahkan sampai usia 100 tahun. Program ini memberikan perlindungan maksimal atas kejadian yang tidak diharapkan yang dapat mempengaruhi kondisi keuangan keluarga tercinta sekaligus membantu mewujudkan impian di masa depan.

Sebelum kita menjatuhkan pilihan pada sebuah asuransi syariah maka terlebih dahulu dicari manfaat apa saja yang diberikan. Berikut manfaat yang diberikan oleh AlliSya Protection Plus:

  1. Manfaat Perlindungan Jiwa
  • Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal.

Program ini menawarkan perlindungan jiwa seumur hidup hingga usia 100 tahun. Sesuaikan besarnya perlindungan dengan kebutuhan. Pastikan keluarga mendapatkan yang terbaik sekaligus saat harus meninggal dunia.

  • Program Perlindungan Tambahan memberikan jaminan yang lebih lengkap dan luas.

Maksimalkan perlindungan jiwa bagi kita dan keluarga dengan pilihan manfaat tambahan yang komprehensif, diantaranya:

Perlindungan terhadap resiko meninggal dunia, cacat tetap total dan cacat tetap sebagian akibat dari kecelakaan.

Perlindungan terhadap 49 jenis penyakit kritis. Terdapat 2 pilihan sesuai dengan kebutuhan. Manfaat dapat dibayarkan tanpa atau akan mengurangi Maslahat Asuransi Polis Dasar.

Perlindungan terhadap 100 kondisi penyakit kritis yang komprehensif sampai dengan usia 100 tahun dari kondisi awal (Early Critical Illness) sampai kondisi paling parah (Catastropic CL).

Perlindungan terhadap cacat tetap total akibat penyakit atau kecelakaan. Terdapat 2 pilihan sesuai dengan kebutuhan. Manfaat dapat dibayarkan tanpa atau akan mengurangi Maslahaat Asuransi Polis Dasar.

Manfaat yang menawarkan pembebasan kontribusi, jika pemegang polis/pasangan pemegang polis meninggal dunia.

Manfaat yang menawarkan pembebasan kontribusi, jika pemegang polis atau pasangan pemegang polis terdiagnosa salah satu dari 49 penyakit kritis atau mengalami cacat tetap total.

Perlindungan terhadap resiko kesehatan diri dan keluarga apabila harus menjalani rawat inap di rumah sakit. Maksimal jumlah unit yang diambil 15 unit/jiwa dan 1 unit setara dengan Rp100.000

Perlindungan kesehatan yang komprehensif berupa manfaat rawat inap dan manfaat tambahan lainnya dalam bentuk reimbursement maupun cashless.

2. Manfaat Investasi

Untuk memaksimalkan investasi, sejak tahun pertama sudah diberikan Nilai Investasi yang positif dan selanjutnya, Kita dapat menggunakan nilai investasi yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan finansial di masa mendatang.

Jenis-jenis Investasi:

Menawarkan pendapatan yang stabil dan menjaga modal untuk jangka panjang melalui penempatan dana melalui mata uang rupiah, diinvestasikan ke dalam instrumen jangka pendek atau menengah seperti Deposito, Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk), atau Reksadana dan instrumen jangka panjang seperti Obligasi. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi serta resiko rendah hingga sedang.

Menawarkan pertumbuhan jangka panjang dengan stabil melalui penempatan dana dalam mata uang rupiah, diinvestasikan ke dalam jangka menengah  seperti Deposito, Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk), atau Reksadana dan instrumen saham baik langsung maupun melalui Reksadana. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi serta resiko sedang.

Menawarkan pertumbuhan jangka panjang dengan stabil melalui penempatan dana dalam mata uang rupiah, diinvestasikan ke dalam jangka menengah  seperti Deposito, Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk), atau Reksadana dan instrumen saham baik langsung maupun melalui Reksadana. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi serta resiko tinggi.

  1. Sebagian dari kontribusi yang disetorkan akan dialokasikan dan dihitung ke dalam unit dengan Harga Jual Unit yang berlaku saat itu.
  2. Harga unit terdiri dari Harga Jual Unit dan Harga Beli Unit yang selisih di antara keduanya dapat mencapai 5%. Harga unit dapat berubah dari waktu ke waktu, tergantung kinerja investasi perusahaan Asuransi.
  3. Harga unit dihitung secara harian. Perkembangan dana investasi dapat diakses melalui allianz.co.id
  4. Ujrah asuransi (Manfaat Asuransi Dasar Tambahan) dan Ujrah Adminsitrasi akan dibebankan dengan memotong unit dari saldo unit.
  5. Besarnya ujrah asuransi ditentukan berdasarkan usia dan jenis kelamin peserta serta besarnya Maslahat Asuransi yang dipilih peserta.
  6. Tidak ada ujrah penarikan maupun penebusan polis.

Berbicara soal asuransi bukanlah tabu atau hal yang tidak patut dibicarakan. Apalagi di era kekinian, banyak faktor penyebab kekuatiran akan masa depan khususnya bagi kelangsungan hidup anak-anak di masa depan. Salah satu hal yang ingin dicapai di waktu dekat adalah sebuah asuransi jiwa syariah. Salah satu asuransi syariah yang begitu banyak memberi manfaat adalah AlliSya Protection Plus, banyak manfaat yang diperoleh karena asuransi ini merupakan asuransi jiwa dan investasi. Selain melindungi jiwa, kita juga dapat melakukan investasi untuk masa depan yang lebih baik. Semoga kita semua dapat merajut masa depan yang penuh berkah melalui perusahaan asuransi ternama saat ini yaitu Allianz.

Menariknya, saat ini juga terdapat kegiatan Kado Umroh Allianz, kita dapat menjadi voters untuk cerita favorit dan hadiah menarik menanti kita semua. So, check it out…

  1. Pengalaman Pribadi.
  2. www.allianz.co.id
  1. www.ardasitepu.com
  2. www.allianz.co.id
  3. googleimage
  1. Youtube Channel Allianz
Categories: Blog

12 Comments

Ahmed Tsar · September 5, 2018 at 2:30 am

mewarisi anak cucu di kehidupan masa depannya, memang harus hati-hati. Salah satunya haru halal dan berkah. Cocok ini asuransi sekaligus investasi Allianz Syariah

Ahmed Tsar · September 6, 2018 at 2:15 am

Luar biasa artikelnya, semangat dalam memberikan informasi. Semoga pembaca makin paham akan pentingnya asuransi

    ardasitepu · September 9, 2018 at 1:23 pm

    Terima kasih mas. Pentingnya asuransi untuk kehidupan sekarang dan nanti 🙂

RIZKA · September 7, 2018 at 12:20 am

Terimakasih informasinyaa.. semakin dapat memahami bagaimana ansuransi dibutuhkan dikalangan masyarakat dan apa saja manfaatnya. Terimakasih

Anisa · September 9, 2018 at 1:04 pm

Alhamdulillah berkat artikel ini jadi pengen punya asuransi syariah Allianz.

Nureda · September 9, 2018 at 1:05 pm

Manfaat asuransi sangat penting untuk kehidupan. Thanks untuk artikelnya mba.

Riri · September 9, 2018 at 1:06 pm

Asuransi Syariah Allianz jadi pengen punya. Memang penting ya asuransi di jaman sekarang.

    ardasitepu · September 9, 2018 at 1:16 pm

    Penting banget apalagi di jaman sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *